Courser in English | Numeral Learning in Elementary School |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 39 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika materi bilangan di SD/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI dan praktik mengajar materi bilangan di SD/MI
Learning Outcomes
CPL KU 1 Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau imlementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannnya. |
|
||
SIKAP:
KETRAMPILAM UMUM:
KETRAMPULAN KHUSUS:
PENGETAHUAN:
|
|
||
CP-MK |
|
||
CP-MK 1 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran bilangan berdasarkan peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relefan. |
|
|
CP-MK 2 |
Mahasiswa mampu menentukan sumber belajar, Lembar kerja siswa, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi bilangan serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. |
|
|
Wahyuningtyas, D.Y. (2016). Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika
Kurikulum 2013
Buku Siswa & Buku Guru Kelas 1 - 6 Kurikulum 2013
Details ...
Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika materi bilangan di SD/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI dan praktik mengajar materi bilangan di SD/MI
Learning Outcomes
CPL KU 1 Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau imlementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannnya. |
|
||
SIKAP:
KETRAMPILAM UMUM:
KETRAMPULAN KHUSUS:
PENGETAHUAN:
|
|
||
CP-MK |
|
||
CP-MK 1 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran bilangan berdasarkan peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relefan. |
|
|
CP-MK 2 |
Mahasiswa mampu menentukan sumber belajar, Lembar kerja siswa, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi bilangan serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. |
|
|
Wahyuningtyas, D.Y. (2016). Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika
Kurikulum 2013
Buku Siswa & Buku Guru Kelas 1 - 6 Kurikulum 2013
Details ...
Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika materi bilangan di SD/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI dan praktik mengajar materi bilangan di SD/MI
Learning Outcomes
CPL KU 1 Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau imlementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannnya. |
|
||
SIKAP:
KETRAMPILAM UMUM:
KETRAMPULAN KHUSUS:
PENGETAHUAN:
|
|
||
CP-MK |
|
||
CP-MK 1 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran bilangan berdasarkan peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relefan. |
|
|
CP-MK 2 |
Mahasiswa mampu menentukan sumber belajar, Lembar kerja siswa, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi bilangan serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. |
|
|
Wahyuningtyas, D.Y. (2016). Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika
Kurikulum 2013
Buku Siswa & Buku Guru Kelas 1 - 6 Kurikulum 2013
Details ...
Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika materi bilangan di SD/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI dan praktik mengajar materi bilangan di SD/MI
Learning Outcomes
CPL KU 1 Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau imlementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannnya. |
|
||
SIKAP:
KETRAMPILAM UMUM:
KETRAMPULAN KHUSUS:
PENGETAHUAN:
|
|
||
CP-MK |
|
||
CP-MK 1 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran bilangan berdasarkan peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relefan. |
|
|
CP-MK 2 |
Mahasiswa mampu menentukan sumber belajar, Lembar kerja siswa, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi bilangan serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. |
|
|
Wahyuningtyas, D.Y. (2016). Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika
Kurikulum 2013
Buku Siswa & Buku Guru Kelas 1 - 6 Kurikulum 2013
Details ...
Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika materi bilangan di SD/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI dan praktik mengajar materi bilangan di SD/MI
Learning Outcomes
CPL KU 1 Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau imlementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannnya. |
|
||
SIKAP:
KETRAMPILAM UMUM:
KETRAMPULAN KHUSUS:
PENGETAHUAN:
|
|
||
CP-MK |
|
||
CP-MK 1 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran bilangan berdasarkan peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relefan. |
|
|
CP-MK 2 |
Mahasiswa mampu menentukan sumber belajar, Lembar kerja siswa, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi bilangan serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. |
|
|
Wahyuningtyas, D.Y. (2016). Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika
Kurikulum 2013
Buku Siswa & Buku Guru Kelas 1 - 6 Kurikulum 2013
Details ...
Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika materi bilangan di SD/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI dan praktik mengajar materi bilangan di SD/MI
Learning Outcomes
CPL KU 1 Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau imlementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannnya. |
|
||
SIKAP:
KETRAMPILAM UMUM:
KETRAMPULAN KHUSUS:
PENGETAHUAN:
|
|
||
CP-MK |
|
||
CP-MK 1 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran bilangan berdasarkan peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relefan. |
|
|
CP-MK 2 |
Mahasiswa mampu menentukan sumber belajar, Lembar kerja siswa, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi bilangan serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. |
|
|
Wahyuningtyas, D.Y. (2016). Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika
Kurikulum 2013
Buku Siswa & Buku Guru Kelas 1 - 6 Kurikulum 2013
Details ...
Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika materi bilangan di SD/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI dan praktik mengajar materi bilangan di SD/MI
Learning Outcomes
CPL KU 1 Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau imlementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannnya. |
|
||
SIKAP:
KETRAMPILAM UMUM:
KETRAMPULAN KHUSUS:
PENGETAHUAN:
|
|
||
CP-MK |
|
||
CP-MK 1 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran bilangan berdasarkan peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relefan. |
|
|
CP-MK 2 |
Mahasiswa mampu menentukan sumber belajar, Lembar kerja siswa, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi bilangan serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. |
|
|
Wahyuningtyas, D.Y. (2016). Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika
Kurikulum 2013
Buku Siswa & Buku Guru Kelas 1 - 6 Kurikulum 2013
Details ...
Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika materi bilangan di SD/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI dan praktik mengajar materi bilangan di SD/MI
Learning Outcomes
CPL KU 1 Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau imlementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannnya. |
|
||
SIKAP:
KETRAMPILAM UMUM:
KETRAMPULAN KHUSUS:
PENGETAHUAN:
|
|
||
CP-MK |
|
||
CP-MK 1 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran bilangan berdasarkan peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relefan. |
|
|
CP-MK 2 |
Mahasiswa mampu menentukan sumber belajar, Lembar kerja siswa, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi bilangan serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. |
|
|
Wahyuningtyas, D.Y. (2016). Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika
Kurikulum 2013
Buku Siswa & Buku Guru Kelas 1 - 6 Kurikulum 2013
Details ...
Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika materi bilangan di SD/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI dan praktik mengajar materi bilangan di SD/MI
Learning Outcomes
CPL KU 1 Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau imlementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannnya. |
|
||
SIKAP:
KETRAMPILAM UMUM:
KETRAMPULAN KHUSUS:
PENGETAHUAN:
|
|
||
CP-MK |
|
||
CP-MK 1 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran bilangan berdasarkan peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relefan. |
|
|
CP-MK 2 |
Mahasiswa mampu menentukan sumber belajar, Lembar kerja siswa, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi bilangan serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. |
|
|
Wahyuningtyas, D.Y. (2016). Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika
Kurikulum 2013
Buku Siswa & Buku Guru Kelas 1 - 6 Kurikulum 2013
Details ...
Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika materi bilangan di SD/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI dan praktik mengajar materi bilangan di SD/MI
Learning Outcomes
CPL KU 1 Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau imlementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannnya. |
|
||
SIKAP:
KETRAMPILAM UMUM:
KETRAMPULAN KHUSUS:
PENGETAHUAN:
|
|
||
CP-MK |
|
||
CP-MK 1 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran bilangan berdasarkan peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relefan. |
|
|
CP-MK 2 |
Mahasiswa mampu menentukan sumber belajar, Lembar kerja siswa, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi bilangan serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. |
|
|
Wahyuningtyas, D.Y. (2016). Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika
Kurikulum 2013
Buku Siswa & Buku Guru Kelas 1 - 6 Kurikulum 2013
Details ...
Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika materi bilangan di SD/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI dan praktik mengajar materi bilangan di SD/MI
Learning Outcomes
CPL KU 1 Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau imlementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannnya. |
|
||
SIKAP:
KETRAMPILAM UMUM:
KETRAMPULAN KHUSUS:
PENGETAHUAN:
|
|
||
CP-MK |
|
||
CP-MK 1 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran bilangan berdasarkan peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relefan. |
|
|
CP-MK 2 |
Mahasiswa mampu menentukan sumber belajar, Lembar kerja siswa, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi bilangan serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. |
|
|
Wahyuningtyas, D.Y. (2016). Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika
Kurikulum 2013
Buku Siswa & Buku Guru Kelas 1 - 6 Kurikulum 2013
Details ...
Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika materi bilangan di SD/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI dan praktik mengajar materi bilangan di SD/MI
Learning Outcomes
CPL KU 1 Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau imlementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannnya. |
|
||
SIKAP:
KETRAMPILAM UMUM:
KETRAMPULAN KHUSUS:
PENGETAHUAN:
|
|
||
CP-MK |
|
||
CP-MK 1 |
Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran bilangan berdasarkan peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relefan. |
|
|
CP-MK 2 |
Mahasiswa mampu menentukan sumber belajar, Lembar kerja siswa, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi bilangan serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. |
|
|
Wahyuningtyas, D.Y. (2016). Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika
Kurikulum 2013
Buku Siswa & Buku Guru Kelas 1 - 6 Kurikulum 2013
Details ...