Pembelajaran Bilangan di SD, Curriculum : 2015


Courser in EnglishNumeral Learning in Elementary School
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS3 SKS
RPS39 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika materi bilangan di SD/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI dan praktik mengajar materi bilangan di SD/MI

Learning Outcomes

CPL KU 1

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau imlementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannnya.

 

SIKAP:

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

 

KETRAMPILAM UMUM:

  1. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus  dalam  bidang  pengetahuan  tersebut  secara  mendalam,  serta  mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah  prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

 

KETRAMPULAN KHUSUS:

        1. Mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
        2. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
        3. memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
        4. Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
        5. Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
        6. Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;
        7. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;
        8. Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;
        9. Mampu menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
        10. Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain.

 

PENGETAHUAN:

    1. Mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
    2. Memahami konsep dasar bimbingan dan konseling di sekolah dasar sesuai dengan karakteristik peserta didik;
    3. Memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
    4. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
    5. Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;
    6. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
    7. Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
    8. Menguasai sistem penilaian, evaluasi proses, hasil belajar dan tindak lanjut dalam pembelajaran;
    9. Menguasai ilmu komunikasi yang efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain;

 

 

CP-MK

 

CP-MK 1

Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran bilangan berdasarkan peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relefan.

 

CP-MK 2

Mahasiswa mampu menentukan sumber belajar, Lembar kerja siswa, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi bilangan serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.

 

 

 

References

Wahyuningtyas, D.Y.  (2016). Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika

Kurikulum 2013

Buku Siswa & Buku Guru Kelas 1 - 6 Kurikulum 2013


Details ...
Course Descriptions

Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika materi bilangan di SD/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI dan praktik mengajar materi bilangan di SD/MI

Learning Outcomes

CPL KU 1

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau imlementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannnya.

 

SIKAP:

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

 

KETRAMPILAM UMUM:

  1. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus  dalam  bidang  pengetahuan  tersebut  secara  mendalam,  serta  mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah  prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

 

KETRAMPULAN KHUSUS:

        1. Mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
        2. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
        3. memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
        4. Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
        5. Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
        6. Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;
        7. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;
        8. Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;
        9. Mampu menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
        10. Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain.

 

PENGETAHUAN:

    1. Mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
    2. Memahami konsep dasar bimbingan dan konseling di sekolah dasar sesuai dengan karakteristik peserta didik;
    3. Memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
    4. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
    5. Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;
    6. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
    7. Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
    8. Menguasai sistem penilaian, evaluasi proses, hasil belajar dan tindak lanjut dalam pembelajaran;
    9. Menguasai ilmu komunikasi yang efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain;

 

 

CP-MK

 

CP-MK 1

Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran bilangan berdasarkan peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relefan.

 

CP-MK 2

Mahasiswa mampu menentukan sumber belajar, Lembar kerja siswa, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi bilangan serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.

 

 

 

References

Wahyuningtyas, D.Y.  (2016). Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika

Kurikulum 2013

Buku Siswa & Buku Guru Kelas 1 - 6 Kurikulum 2013


Details ...
Course Descriptions

Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika materi bilangan di SD/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI dan praktik mengajar materi bilangan di SD/MI

Learning Outcomes

CPL KU 1

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau imlementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannnya.

 

SIKAP:

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

 

KETRAMPILAM UMUM:

  1. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus  dalam  bidang  pengetahuan  tersebut  secara  mendalam,  serta  mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah  prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

 

KETRAMPULAN KHUSUS:

        1. Mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
        2. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
        3. memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
        4. Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
        5. Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
        6. Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;
        7. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;
        8. Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;
        9. Mampu menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
        10. Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain.

 

PENGETAHUAN:

    1. Mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
    2. Memahami konsep dasar bimbingan dan konseling di sekolah dasar sesuai dengan karakteristik peserta didik;
    3. Memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
    4. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
    5. Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;
    6. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
    7. Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
    8. Menguasai sistem penilaian, evaluasi proses, hasil belajar dan tindak lanjut dalam pembelajaran;
    9. Menguasai ilmu komunikasi yang efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain;

 

 

CP-MK

 

CP-MK 1

Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran bilangan berdasarkan peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relefan.

 

CP-MK 2

Mahasiswa mampu menentukan sumber belajar, Lembar kerja siswa, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi bilangan serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.

 

 

 

References

Wahyuningtyas, D.Y.  (2016). Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika

Kurikulum 2013

Buku Siswa & Buku Guru Kelas 1 - 6 Kurikulum 2013


Details ...
Course Descriptions

Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika materi bilangan di SD/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI dan praktik mengajar materi bilangan di SD/MI

Learning Outcomes

CPL KU 1

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau imlementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannnya.

 

SIKAP:

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

 

KETRAMPILAM UMUM:

  1. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus  dalam  bidang  pengetahuan  tersebut  secara  mendalam,  serta  mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah  prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

 

KETRAMPULAN KHUSUS:

        1. Mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
        2. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
        3. memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
        4. Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
        5. Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
        6. Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;
        7. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;
        8. Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;
        9. Mampu menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
        10. Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain.

 

PENGETAHUAN:

    1. Mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
    2. Memahami konsep dasar bimbingan dan konseling di sekolah dasar sesuai dengan karakteristik peserta didik;
    3. Memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
    4. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
    5. Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;
    6. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
    7. Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
    8. Menguasai sistem penilaian, evaluasi proses, hasil belajar dan tindak lanjut dalam pembelajaran;
    9. Menguasai ilmu komunikasi yang efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain;

 

 

CP-MK

 

CP-MK 1

Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran bilangan berdasarkan peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relefan.

 

CP-MK 2

Mahasiswa mampu menentukan sumber belajar, Lembar kerja siswa, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi bilangan serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.

 

 

 

References

Wahyuningtyas, D.Y.  (2016). Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika

Kurikulum 2013

Buku Siswa & Buku Guru Kelas 1 - 6 Kurikulum 2013


Details ...
Course Descriptions

Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika materi bilangan di SD/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI dan praktik mengajar materi bilangan di SD/MI

Learning Outcomes

CPL KU 1

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau imlementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannnya.

 

SIKAP:

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

 

KETRAMPILAM UMUM:

  1. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus  dalam  bidang  pengetahuan  tersebut  secara  mendalam,  serta  mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah  prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

 

KETRAMPULAN KHUSUS:

        1. Mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
        2. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
        3. memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
        4. Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
        5. Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
        6. Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;
        7. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;
        8. Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;
        9. Mampu menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
        10. Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain.

 

PENGETAHUAN:

    1. Mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
    2. Memahami konsep dasar bimbingan dan konseling di sekolah dasar sesuai dengan karakteristik peserta didik;
    3. Memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
    4. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
    5. Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;
    6. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
    7. Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
    8. Menguasai sistem penilaian, evaluasi proses, hasil belajar dan tindak lanjut dalam pembelajaran;
    9. Menguasai ilmu komunikasi yang efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain;

 

 

CP-MK

 

CP-MK 1

Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran bilangan berdasarkan peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relefan.

 

CP-MK 2

Mahasiswa mampu menentukan sumber belajar, Lembar kerja siswa, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi bilangan serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.

 

 

 

References

Wahyuningtyas, D.Y.  (2016). Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika

Kurikulum 2013

Buku Siswa & Buku Guru Kelas 1 - 6 Kurikulum 2013


Details ...
Course Descriptions

Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika materi bilangan di SD/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI dan praktik mengajar materi bilangan di SD/MI

Learning Outcomes

CPL KU 1

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau imlementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannnya.

 

SIKAP:

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

 

KETRAMPILAM UMUM:

  1. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus  dalam  bidang  pengetahuan  tersebut  secara  mendalam,  serta  mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah  prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

 

KETRAMPULAN KHUSUS:

        1. Mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
        2. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
        3. memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
        4. Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
        5. Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
        6. Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;
        7. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;
        8. Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;
        9. Mampu menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
        10. Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain.

 

PENGETAHUAN:

    1. Mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
    2. Memahami konsep dasar bimbingan dan konseling di sekolah dasar sesuai dengan karakteristik peserta didik;
    3. Memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
    4. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
    5. Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;
    6. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
    7. Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
    8. Menguasai sistem penilaian, evaluasi proses, hasil belajar dan tindak lanjut dalam pembelajaran;
    9. Menguasai ilmu komunikasi yang efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain;

 

 

CP-MK

 

CP-MK 1

Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran bilangan berdasarkan peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relefan.

 

CP-MK 2

Mahasiswa mampu menentukan sumber belajar, Lembar kerja siswa, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi bilangan serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.

 

 

 

References

Wahyuningtyas, D.Y.  (2016). Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika

Kurikulum 2013

Buku Siswa & Buku Guru Kelas 1 - 6 Kurikulum 2013


Details ...
Course Descriptions

Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika materi bilangan di SD/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI dan praktik mengajar materi bilangan di SD/MI

Learning Outcomes

CPL KU 1

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau imlementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannnya.

 

SIKAP:

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

 

KETRAMPILAM UMUM:

  1. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus  dalam  bidang  pengetahuan  tersebut  secara  mendalam,  serta  mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah  prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

 

KETRAMPULAN KHUSUS:

        1. Mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
        2. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
        3. memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
        4. Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
        5. Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
        6. Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;
        7. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;
        8. Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;
        9. Mampu menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
        10. Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain.

 

PENGETAHUAN:

    1. Mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
    2. Memahami konsep dasar bimbingan dan konseling di sekolah dasar sesuai dengan karakteristik peserta didik;
    3. Memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
    4. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
    5. Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;
    6. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
    7. Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
    8. Menguasai sistem penilaian, evaluasi proses, hasil belajar dan tindak lanjut dalam pembelajaran;
    9. Menguasai ilmu komunikasi yang efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain;

 

 

CP-MK

 

CP-MK 1

Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran bilangan berdasarkan peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relefan.

 

CP-MK 2

Mahasiswa mampu menentukan sumber belajar, Lembar kerja siswa, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi bilangan serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.

 

 

 

References

Wahyuningtyas, D.Y.  (2016). Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika

Kurikulum 2013

Buku Siswa & Buku Guru Kelas 1 - 6 Kurikulum 2013


Details ...
Course Descriptions

Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika materi bilangan di SD/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI dan praktik mengajar materi bilangan di SD/MI

Learning Outcomes

CPL KU 1

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau imlementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannnya.

 

SIKAP:

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

 

KETRAMPILAM UMUM:

  1. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus  dalam  bidang  pengetahuan  tersebut  secara  mendalam,  serta  mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah  prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

 

KETRAMPULAN KHUSUS:

        1. Mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
        2. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
        3. memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
        4. Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
        5. Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
        6. Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;
        7. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;
        8. Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;
        9. Mampu menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
        10. Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain.

 

PENGETAHUAN:

    1. Mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
    2. Memahami konsep dasar bimbingan dan konseling di sekolah dasar sesuai dengan karakteristik peserta didik;
    3. Memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
    4. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
    5. Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;
    6. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
    7. Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
    8. Menguasai sistem penilaian, evaluasi proses, hasil belajar dan tindak lanjut dalam pembelajaran;
    9. Menguasai ilmu komunikasi yang efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain;

 

 

CP-MK

 

CP-MK 1

Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran bilangan berdasarkan peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relefan.

 

CP-MK 2

Mahasiswa mampu menentukan sumber belajar, Lembar kerja siswa, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi bilangan serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.

 

 

 

References

Wahyuningtyas, D.Y.  (2016). Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika

Kurikulum 2013

Buku Siswa & Buku Guru Kelas 1 - 6 Kurikulum 2013


Details ...
Course Descriptions

Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika materi bilangan di SD/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI dan praktik mengajar materi bilangan di SD/MI

Learning Outcomes

CPL KU 1

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau imlementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannnya.

 

SIKAP:

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

 

KETRAMPILAM UMUM:

  1. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus  dalam  bidang  pengetahuan  tersebut  secara  mendalam,  serta  mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah  prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

 

KETRAMPULAN KHUSUS:

        1. Mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
        2. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
        3. memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
        4. Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
        5. Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
        6. Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;
        7. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;
        8. Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;
        9. Mampu menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
        10. Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain.

 

PENGETAHUAN:

    1. Mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
    2. Memahami konsep dasar bimbingan dan konseling di sekolah dasar sesuai dengan karakteristik peserta didik;
    3. Memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
    4. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
    5. Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;
    6. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
    7. Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
    8. Menguasai sistem penilaian, evaluasi proses, hasil belajar dan tindak lanjut dalam pembelajaran;
    9. Menguasai ilmu komunikasi yang efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain;

 

 

CP-MK

 

CP-MK 1

Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran bilangan berdasarkan peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relefan.

 

CP-MK 2

Mahasiswa mampu menentukan sumber belajar, Lembar kerja siswa, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi bilangan serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.

 

 

 

References

Wahyuningtyas, D.Y.  (2016). Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika

Kurikulum 2013

Buku Siswa & Buku Guru Kelas 1 - 6 Kurikulum 2013


Details ...
Course Descriptions

Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika materi bilangan di SD/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI dan praktik mengajar materi bilangan di SD/MI

Learning Outcomes

CPL KU 1

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau imlementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannnya.

 

SIKAP:

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

 

KETRAMPILAM UMUM:

  1. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus  dalam  bidang  pengetahuan  tersebut  secara  mendalam,  serta  mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah  prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

 

KETRAMPULAN KHUSUS:

        1. Mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
        2. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
        3. memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
        4. Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
        5. Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
        6. Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;
        7. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;
        8. Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;
        9. Mampu menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
        10. Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain.

 

PENGETAHUAN:

    1. Mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
    2. Memahami konsep dasar bimbingan dan konseling di sekolah dasar sesuai dengan karakteristik peserta didik;
    3. Memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
    4. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
    5. Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;
    6. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
    7. Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
    8. Menguasai sistem penilaian, evaluasi proses, hasil belajar dan tindak lanjut dalam pembelajaran;
    9. Menguasai ilmu komunikasi yang efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain;

 

 

CP-MK

 

CP-MK 1

Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran bilangan berdasarkan peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relefan.

 

CP-MK 2

Mahasiswa mampu menentukan sumber belajar, Lembar kerja siswa, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi bilangan serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.

 

 

 

References

Wahyuningtyas, D.Y.  (2016). Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika

Kurikulum 2013

Buku Siswa & Buku Guru Kelas 1 - 6 Kurikulum 2013


Details ...
Course Descriptions

Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika materi bilangan di SD/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI dan praktik mengajar materi bilangan di SD/MI

Learning Outcomes

CPL KU 1

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau imlementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannnya.

 

SIKAP:

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

 

KETRAMPILAM UMUM:

  1. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus  dalam  bidang  pengetahuan  tersebut  secara  mendalam,  serta  mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah  prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

 

KETRAMPULAN KHUSUS:

        1. Mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
        2. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
        3. memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
        4. Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
        5. Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
        6. Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;
        7. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;
        8. Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;
        9. Mampu menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
        10. Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain.

 

PENGETAHUAN:

    1. Mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
    2. Memahami konsep dasar bimbingan dan konseling di sekolah dasar sesuai dengan karakteristik peserta didik;
    3. Memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
    4. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
    5. Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;
    6. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
    7. Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
    8. Menguasai sistem penilaian, evaluasi proses, hasil belajar dan tindak lanjut dalam pembelajaran;
    9. Menguasai ilmu komunikasi yang efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain;

 

 

CP-MK

 

CP-MK 1

Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran bilangan berdasarkan peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relefan.

 

CP-MK 2

Mahasiswa mampu menentukan sumber belajar, Lembar kerja siswa, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi bilangan serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.

 

 

 

References

Wahyuningtyas, D.Y.  (2016). Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika

Kurikulum 2013

Buku Siswa & Buku Guru Kelas 1 - 6 Kurikulum 2013


Details ...
Course Descriptions

Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini meliputi: peta konsep materi bilangan, pendalaman materi bilangan di SD/MI, problematika materi bilangan di SD/MI, mendesain perangkat pembelajaran bilangan di SD/MI dan praktik mengajar materi bilangan di SD/MI

Learning Outcomes

CPL KU 1

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural, menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau imlementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannnya.

 

SIKAP:

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

 

KETRAMPILAM UMUM:

  1. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus  dalam  bidang  pengetahuan  tersebut  secara  mendalam,  serta  mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah  prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

 

KETRAMPULAN KHUSUS:

        1. Mampu mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
        2. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
        3. memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
        4. Mampu menerapkan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
        5. Mampu menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
        6. Mampu menggunakan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, di sekolah dasar;
        7. Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu;
        8. Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran;
        9. Mampu menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar;
        10. Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain.

 

PENGETAHUAN:

    1. Mengidentifikasi karakteristik peserta didik di sekolah dasar, dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, psikologis, emosional, dan intelektual;
    2. Memahami konsep dasar bimbingan dan konseling di sekolah dasar sesuai dengan karakteristik peserta didik;
    3. Memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan;
    4. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik di sekolah dasar;
    5. Menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar di sekolah dasar;
    6. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran di sekolah dasar.
    7. Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran di sekolah dasar;
    8. Menguasai sistem penilaian, evaluasi proses, hasil belajar dan tindak lanjut dalam pembelajaran;
    9. Menguasai ilmu komunikasi yang efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain;

 

 

CP-MK

 

CP-MK 1

Mahasiswa mampu menyusun perencanaan pembelajaran bilangan berdasarkan peraturan pemerintah dan literatur terbaru yang relefan.

 

CP-MK 2

Mahasiswa mampu menentukan sumber belajar, Lembar kerja siswa, media pembelajaran dan evaluasi yang tepat untuk materi bilangan serta menerapkannya dalam pembelajaran untuk siswa sekolah dasar.

 

 

 

References

Wahyuningtyas, D.Y.  (2016). Pembelajaran Bilangan untuk PGSD. Malang: Ediide Infografika

Kurikulum 2013

Buku Siswa & Buku Guru Kelas 1 - 6 Kurikulum 2013


Details ...