Courser in English | LEARNING THEORIES |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 52 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: Belajar dan pembelajaran, pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pembelajaran, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, motivasi dan aktivitas dalam belajar, teori belajar aliran psikologi behaviouristik, konstruktivistik, sibernetik, humanistik, kognitif, revolusi-sosio-kultural, pengolahan informasi, perkembangan
Learning OutcomesKeterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Keterampilan Khusus
Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
Penguasaan Pengetahuan
Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa dapat memahami, memilih, dan mendemonstrasikan penggunaan Teori-teori belajar dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan media pembelajaran baik fisual maupun fisik
References 1. Ratna wilis Dahar. 2010. Teori-teori belajar. Erlangga: Jakarta
2. Herman Hudoyo..1990.Strategi Belajar Matematika. IKIP Malang Press : Jakarta
2. Tim Pengembang MKPBM.2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. UPI Press : Bandung.
3. Ismail dkk.2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. UT : Jakarta
4. DR. C. Asari Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Rienika cipta: Jakarta
5. Drs. Ahmad Rohani. M.Pd.2004. Pengelolaan Pengajaran. Renika Cipta: Jakarta
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: Belajar dan pembelajaran, pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pembelajaran, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, motivasi dan aktivitas dalam belajar, teori belajar aliran psikologi behaviouristik, konstruktivistik, sibernetik, humanistik, kognitif, revolusi-sosio-kultural, pengolahan informasi, perkembangan
Learning OutcomesKeterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Keterampilan Khusus
Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
Penguasaan Pengetahuan
Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa dapat memahami, memilih, dan mendemonstrasikan penggunaan Teori-teori belajar dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan media pembelajaran baik fisual maupun fisik
References 1. Ratna wilis Dahar. 2010. Teori-teori belajar. Erlangga: Jakarta
2. Herman Hudoyo..1990.Strategi Belajar Matematika. IKIP Malang Press : Jakarta
2. Tim Pengembang MKPBM.2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. UPI Press : Bandung.
3. Ismail dkk.2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. UT : Jakarta
4. DR. C. Asari Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Rienika cipta: Jakarta
5. Drs. Ahmad Rohani. M.Pd.2004. Pengelolaan Pengajaran. Renika Cipta: Jakarta
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: Belajar dan pembelajaran, pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pembelajaran, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, motivasi dan aktivitas dalam belajar, teori belajar aliran psikologi behaviouristik, konstruktivistik, sibernetik, humanistik, kognitif, revolusi-sosio-kultural, pengolahan informasi, perkembangan
Learning OutcomesKeterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Keterampilan Khusus
Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
Penguasaan Pengetahuan
Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa dapat memahami, memilih, dan mendemonstrasikan penggunaan Teori-teori belajar dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan media pembelajaran baik fisual maupun fisik
References 1. Ratna wilis Dahar. 2010. Teori-teori belajar. Erlangga: Jakarta
2. Herman Hudoyo..1990.Strategi Belajar Matematika. IKIP Malang Press : Jakarta
2. Tim Pengembang MKPBM.2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. UPI Press : Bandung.
3. Ismail dkk.2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. UT : Jakarta
4. DR. C. Asari Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Rienika cipta: Jakarta
5. Drs. Ahmad Rohani. M.Pd.2004. Pengelolaan Pengajaran. Renika Cipta: Jakarta
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: Belajar dan pembelajaran, pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pembelajaran, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, motivasi dan aktivitas dalam belajar, teori belajar aliran psikologi behaviouristik, konstruktivistik, sibernetik, humanistik, kognitif, revolusi-sosio-kultural, pengolahan informasi, perkembangan
Learning OutcomesKeterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Keterampilan Khusus
Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
Penguasaan Pengetahuan
Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa dapat memahami, memilih, dan mendemonstrasikan penggunaan Teori-teori belajar dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan media pembelajaran baik fisual maupun fisik
References 1. Ratna wilis Dahar. 2010. Teori-teori belajar. Erlangga: Jakarta
2. Herman Hudoyo..1990.Strategi Belajar Matematika. IKIP Malang Press : Jakarta
2. Tim Pengembang MKPBM.2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. UPI Press : Bandung.
3. Ismail dkk.2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. UT : Jakarta
4. DR. C. Asari Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Rienika cipta: Jakarta
5. Drs. Ahmad Rohani. M.Pd.2004. Pengelolaan Pengajaran. Renika Cipta: Jakarta
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: Belajar dan pembelajaran, pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pembelajaran, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, motivasi dan aktivitas dalam belajar, teori belajar aliran psikologi behaviouristik, konstruktivistik, sibernetik, humanistik, kognitif, revolusi-sosio-kultural, pengolahan informasi, perkembangan
Learning OutcomesKeterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Keterampilan Khusus
Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
Penguasaan Pengetahuan
Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa dapat memahami, memilih, dan mendemonstrasikan penggunaan Teori-teori belajar dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan media pembelajaran baik fisual maupun fisik
References 1. Ratna wilis Dahar. 2010. Teori-teori belajar. Erlangga: Jakarta
2. Herman Hudoyo..1990.Strategi Belajar Matematika. IKIP Malang Press : Jakarta
2. Tim Pengembang MKPBM.2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. UPI Press : Bandung.
3. Ismail dkk.2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. UT : Jakarta
4. DR. C. Asari Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Rienika cipta: Jakarta
5. Drs. Ahmad Rohani. M.Pd.2004. Pengelolaan Pengajaran. Renika Cipta: Jakarta
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: Belajar dan pembelajaran, pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pembelajaran, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, motivasi dan aktivitas dalam belajar, teori belajar aliran psikologi behaviouristik, konstruktivistik, sibernetik, humanistik, kognitif, revolusi-sosio-kultural, pengolahan informasi, perkembangan
Learning OutcomesKeterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Keterampilan Khusus
Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
Penguasaan Pengetahuan
Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa dapat memahami, memilih, dan mendemonstrasikan penggunaan Teori-teori belajar dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan media pembelajaran baik fisual maupun fisik
References 1. Ratna wilis Dahar. 2010. Teori-teori belajar. Erlangga: Jakarta
2. Herman Hudoyo..1990.Strategi Belajar Matematika. IKIP Malang Press : Jakarta
2. Tim Pengembang MKPBM.2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. UPI Press : Bandung.
3. Ismail dkk.2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. UT : Jakarta
4. DR. C. Asari Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Rienika cipta: Jakarta
5. Drs. Ahmad Rohani. M.Pd.2004. Pengelolaan Pengajaran. Renika Cipta: Jakarta
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: Belajar dan pembelajaran, pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pembelajaran, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, motivasi dan aktivitas dalam belajar, teori belajar aliran psikologi behaviouristik, konstruktivistik, sibernetik, humanistik, kognitif, revolusi-sosio-kultural, pengolahan informasi, perkembangan
Learning OutcomesKeterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Keterampilan Khusus
Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
Penguasaan Pengetahuan
Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa dapat memahami, memilih, dan mendemonstrasikan penggunaan Teori-teori belajar dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan media pembelajaran baik fisual maupun fisik
References 1. Ratna wilis Dahar. 2010. Teori-teori belajar. Erlangga: Jakarta
2. Herman Hudoyo..1990.Strategi Belajar Matematika. IKIP Malang Press : Jakarta
2. Tim Pengembang MKPBM.2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. UPI Press : Bandung.
3. Ismail dkk.2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. UT : Jakarta
4. DR. C. Asari Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Rienika cipta: Jakarta
5. Drs. Ahmad Rohani. M.Pd.2004. Pengelolaan Pengajaran. Renika Cipta: Jakarta
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: Belajar dan pembelajaran, pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pembelajaran, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, motivasi dan aktivitas dalam belajar, teori belajar aliran psikologi behaviouristik, konstruktivistik, sibernetik, humanistik, kognitif, revolusi-sosio-kultural, pengolahan informasi, perkembangan
Learning OutcomesKeterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Keterampilan Khusus
Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
Penguasaan Pengetahuan
Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa dapat memahami, memilih, dan mendemonstrasikan penggunaan Teori-teori belajar dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan media pembelajaran baik fisual maupun fisik
References 1. Ratna wilis Dahar. 2010. Teori-teori belajar. Erlangga: Jakarta
2. Herman Hudoyo..1990.Strategi Belajar Matematika. IKIP Malang Press : Jakarta
2. Tim Pengembang MKPBM.2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. UPI Press : Bandung.
3. Ismail dkk.2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. UT : Jakarta
4. DR. C. Asari Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Rienika cipta: Jakarta
5. Drs. Ahmad Rohani. M.Pd.2004. Pengelolaan Pengajaran. Renika Cipta: Jakarta
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: Belajar dan pembelajaran, pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pembelajaran, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, motivasi dan aktivitas dalam belajar, teori belajar aliran psikologi behaviouristik, konstruktivistik, sibernetik, humanistik, kognitif, revolusi-sosio-kultural, pengolahan informasi, perkembangan
Learning OutcomesKeterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Keterampilan Khusus
Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
Penguasaan Pengetahuan
Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa dapat memahami, memilih, dan mendemonstrasikan penggunaan Teori-teori belajar dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan media pembelajaran baik fisual maupun fisik
References 1. Ratna wilis Dahar. 2010. Teori-teori belajar. Erlangga: Jakarta
2. Herman Hudoyo..1990.Strategi Belajar Matematika. IKIP Malang Press : Jakarta
2. Tim Pengembang MKPBM.2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. UPI Press : Bandung.
3. Ismail dkk.2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. UT : Jakarta
4. DR. C. Asari Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Rienika cipta: Jakarta
5. Drs. Ahmad Rohani. M.Pd.2004. Pengelolaan Pengajaran. Renika Cipta: Jakarta
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: Belajar dan pembelajaran, pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pembelajaran, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, motivasi dan aktivitas dalam belajar, teori belajar aliran psikologi behaviouristik, konstruktivistik, sibernetik, humanistik, kognitif, revolusi-sosio-kultural, pengolahan informasi, perkembangan
Learning OutcomesKeterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Keterampilan Khusus
Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
Penguasaan Pengetahuan
Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa dapat memahami, memilih, dan mendemonstrasikan penggunaan Teori-teori belajar dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan media pembelajaran baik fisual maupun fisik
References 1. Ratna wilis Dahar. 2010. Teori-teori belajar. Erlangga: Jakarta
2. Herman Hudoyo..1990.Strategi Belajar Matematika. IKIP Malang Press : Jakarta
2. Tim Pengembang MKPBM.2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. UPI Press : Bandung.
3. Ismail dkk.2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. UT : Jakarta
4. DR. C. Asari Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Rienika cipta: Jakarta
5. Drs. Ahmad Rohani. M.Pd.2004. Pengelolaan Pengajaran. Renika Cipta: Jakarta
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: Belajar dan pembelajaran, pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pembelajaran, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, motivasi dan aktivitas dalam belajar, teori belajar aliran psikologi behaviouristik, konstruktivistik, sibernetik, humanistik, kognitif, revolusi-sosio-kultural, pengolahan informasi, perkembangan
Learning OutcomesKeterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Keterampilan Khusus
Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
Penguasaan Pengetahuan
Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa dapat memahami, memilih, dan mendemonstrasikan penggunaan Teori-teori belajar dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan media pembelajaran baik fisual maupun fisik
References 1. Ratna wilis Dahar. 2010. Teori-teori belajar. Erlangga: Jakarta
2. Herman Hudoyo..1990.Strategi Belajar Matematika. IKIP Malang Press : Jakarta
2. Tim Pengembang MKPBM.2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. UPI Press : Bandung.
3. Ismail dkk.2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. UT : Jakarta
4. DR. C. Asari Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Rienika cipta: Jakarta
5. Drs. Ahmad Rohani. M.Pd.2004. Pengelolaan Pengajaran. Renika Cipta: Jakarta
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: Belajar dan pembelajaran, pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pembelajaran, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, motivasi dan aktivitas dalam belajar, teori belajar aliran psikologi behaviouristik, konstruktivistik, sibernetik, humanistik, kognitif, revolusi-sosio-kultural, pengolahan informasi, perkembangan
Learning OutcomesKeterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Keterampilan Khusus
Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
Penguasaan Pengetahuan
Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa dapat memahami, memilih, dan mendemonstrasikan penggunaan Teori-teori belajar dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan media pembelajaran baik fisual maupun fisik
References 1. Ratna wilis Dahar. 2010. Teori-teori belajar. Erlangga: Jakarta
2. Herman Hudoyo..1990.Strategi Belajar Matematika. IKIP Malang Press : Jakarta
2. Tim Pengembang MKPBM.2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. UPI Press : Bandung.
3. Ismail dkk.2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. UT : Jakarta
4. DR. C. Asari Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Rienika cipta: Jakarta
5. Drs. Ahmad Rohani. M.Pd.2004. Pengelolaan Pengajaran. Renika Cipta: Jakarta
Details ...