Courser in English | LEARNING THEORIES |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 52 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai teori-teori belajar serta penerapannya dalam kegiatan pembelajaran. Kajian perkuliahan meliputi ; 1) Ruang lingkup dan batasan teori deskriptif dan prespektif. 2) Teori-teori belajar meliputi: (a) teori Behavioristik, (b) Teori Kognitif, (c) Teori Konstruktivistik, (d) Teori belajar Sosio-kultural (Konstruktivisme), (e) Teori Humanistik, (f) Teori belajar Pemrosesan Informasi, (g) Teori Kecerdasan Ganda, (h) Neuroscience. 3) Penerapan teori-teori Belajar ke dalam praktek pembelajaran.
Mata kuliah ini selain memuat pesan substantif sebagaimana lazimnya setiap mata kuliah, pendekatan perkuliahan mengombinasikan metode ekspositori oleh dosen dengan tugas terstruktur oleh mahasiswa yang berupa makalah presentasi(secara kelompok) dan tugas terapan (secara individu). Mahasiswa dituntut untuk mempresentasikan tulisannya dalam interaksi kelas dengan sesama rekan mahasiswa dan dosen. Ragam kegiatan yang kaya ini dimaksudkan untuk menampilkan lingkungan belajar yang menawarkan kesempatan untuk mengalami kegiatan serta proses belajar yang utuh, mulai dari acquiring knowledge, refining knowledge, dan applying knowledge contextually. Kesempatan untuk menemukan, menilai dan menggunakan informasi secara bermakna di samping menuliskan pikiran secara koheren dan jernih, diharapkan dapat digunakan dalam pengembangan dan pengelolaan program-program pembelajaran dalam konteks persekolahan khususnya, dan pendidikan (diklat) pada umumnya.
Learning Outcomes- Memiliki sikap dan presepsi positif terhadap teori-teori belajar serta penerapannya dalam praktek-praktek pembelajaran.
- Memperoleh, mengintegrasikan, memperluas dan menggunakan teori-teori belajar dalam aktivitas pembelajaran
- Buku Ajar teori-teori belajar
- Fosnot, C.T. 1996. Constructivism: Theory, perspectives, and practice. New York: Theacher Colledge, Columbia University.
- Gardner, H. 1999. Intelligence reframed. New York: Basic Books
- Reigeluth, C.M. 1983. Instructional-design theories and models: An overview of their current status. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
- Slavin, R.E., 1991. Educational psychology. Third edition. New York: Allyn & Bacon
- Snelbecker, G.E. 1974. Learning theory, instructional theory, and psychoeducational design. New York: McGraw-Hills
- Moll, L. C. 1990. Vygotsky and education: instructional implications and applications of sociohistorical psychology. Victoria: Cambridge University Press
Details ...
Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai teori-teori belajar serta penerapannya dalam kegiatan pembelajaran. Kajian perkuliahan meliputi ; 1) Ruang lingkup dan batasan teori deskriptif dan prespektif. 2) Teori-teori belajar meliputi: (a) teori Behavioristik, (b) Teori Kognitif, (c) Teori Konstruktivistik, (d) Teori belajar Sosio-kultural (Konstruktivisme), (e) Teori Humanistik, (f) Teori belajar Pemrosesan Informasi, (g) Teori Kecerdasan Ganda, (h) Neuroscience. 3) Penerapan teori-teori Belajar ke dalam praktek pembelajaran.
Mata kuliah ini selain memuat pesan substantif sebagaimana lazimnya setiap mata kuliah, pendekatan perkuliahan mengombinasikan metode ekspositori oleh dosen dengan tugas terstruktur oleh mahasiswa yang berupa makalah presentasi(secara kelompok) dan tugas terapan (secara individu). Mahasiswa dituntut untuk mempresentasikan tulisannya dalam interaksi kelas dengan sesama rekan mahasiswa dan dosen. Ragam kegiatan yang kaya ini dimaksudkan untuk menampilkan lingkungan belajar yang menawarkan kesempatan untuk mengalami kegiatan serta proses belajar yang utuh, mulai dari acquiring knowledge, refining knowledge, dan applying knowledge contextually. Kesempatan untuk menemukan, menilai dan menggunakan informasi secara bermakna di samping menuliskan pikiran secara koheren dan jernih, diharapkan dapat digunakan dalam pengembangan dan pengelolaan program-program pembelajaran dalam konteks persekolahan khususnya, dan pendidikan (diklat) pada umumnya.
Learning Outcomes- Memiliki sikap dan presepsi positif terhadap teori-teori belajar serta penerapannya dalam praktek-praktek pembelajaran.
- Memperoleh, mengintegrasikan, memperluas dan menggunakan teori-teori belajar dalam aktivitas pembelajaran
- Buku Ajar teori-teori belajar
- Fosnot, C.T. 1996. Constructivism: Theory, perspectives, and practice. New York: Theacher Colledge, Columbia University.
- Gardner, H. 1999. Intelligence reframed. New York: Basic Books
- Reigeluth, C.M. 1983. Instructional-design theories and models: An overview of their current status. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
- Slavin, R.E., 1991. Educational psychology. Third edition. New York: Allyn & Bacon
- Snelbecker, G.E. 1974. Learning theory, instructional theory, and psychoeducational design. New York: McGraw-Hills
- Moll, L. C. 1990. Vygotsky and education: instructional implications and applications of sociohistorical psychology. Victoria: Cambridge University Press
Details ...
Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai teori-teori belajar serta penerapannya dalam kegiatan pembelajaran. Kajian perkuliahan meliputi ; 1) Ruang lingkup dan batasan teori deskriptif dan prespektif. 2) Teori-teori belajar meliputi: (a) teori Behavioristik, (b) Teori Kognitif, (c) Teori Konstruktivistik, (d) Teori belajar Sosio-kultural (Konstruktivisme), (e) Teori Humanistik, (f) Teori belajar Pemrosesan Informasi, (g) Teori Kecerdasan Ganda, (h) Neuroscience. 3) Penerapan teori-teori Belajar ke dalam praktek pembelajaran.
Mata kuliah ini selain memuat pesan substantif sebagaimana lazimnya setiap mata kuliah, pendekatan perkuliahan mengombinasikan metode ekspositori oleh dosen dengan tugas terstruktur oleh mahasiswa yang berupa makalah presentasi(secara kelompok) dan tugas terapan (secara individu). Mahasiswa dituntut untuk mempresentasikan tulisannya dalam interaksi kelas dengan sesama rekan mahasiswa dan dosen. Ragam kegiatan yang kaya ini dimaksudkan untuk menampilkan lingkungan belajar yang menawarkan kesempatan untuk mengalami kegiatan serta proses belajar yang utuh, mulai dari acquiring knowledge, refining knowledge, dan applying knowledge contextually. Kesempatan untuk menemukan, menilai dan menggunakan informasi secara bermakna di samping menuliskan pikiran secara koheren dan jernih, diharapkan dapat digunakan dalam pengembangan dan pengelolaan program-program pembelajaran dalam konteks persekolahan khususnya, dan pendidikan (diklat) pada umumnya.
Learning Outcomes- Memiliki sikap dan presepsi positif terhadap teori-teori belajar serta penerapannya dalam praktek-praktek pembelajaran.
- Memperoleh, mengintegrasikan, memperluas dan menggunakan teori-teori belajar dalam aktivitas pembelajaran
- Buku Ajar teori-teori belajar
- Fosnot, C.T. 1996. Constructivism: Theory, perspectives, and practice. New York: Theacher Colledge, Columbia University.
- Gardner, H. 1999. Intelligence reframed. New York: Basic Books
- Reigeluth, C.M. 1983. Instructional-design theories and models: An overview of their current status. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
- Slavin, R.E., 1991. Educational psychology. Third edition. New York: Allyn & Bacon
- Snelbecker, G.E. 1974. Learning theory, instructional theory, and psychoeducational design. New York: McGraw-Hills
- Moll, L. C. 1990. Vygotsky and education: instructional implications and applications of sociohistorical psychology. Victoria: Cambridge University Press
Details ...
Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai teori-teori belajar serta penerapannya dalam kegiatan pembelajaran. Kajian perkuliahan meliputi ; 1) Ruang lingkup dan batasan teori deskriptif dan prespektif. 2) Teori-teori belajar meliputi: (a) teori Behavioristik, (b) Teori Kognitif, (c) Teori Konstruktivistik, (d) Teori belajar Sosio-kultural (Konstruktivisme), (e) Teori Humanistik, (f) Teori belajar Pemrosesan Informasi, (g) Teori Kecerdasan Ganda, (h) Neuroscience. 3) Penerapan teori-teori Belajar ke dalam praktek pembelajaran.
Mata kuliah ini selain memuat pesan substantif sebagaimana lazimnya setiap mata kuliah, pendekatan perkuliahan mengombinasikan metode ekspositori oleh dosen dengan tugas terstruktur oleh mahasiswa yang berupa makalah presentasi(secara kelompok) dan tugas terapan (secara individu). Mahasiswa dituntut untuk mempresentasikan tulisannya dalam interaksi kelas dengan sesama rekan mahasiswa dan dosen. Ragam kegiatan yang kaya ini dimaksudkan untuk menampilkan lingkungan belajar yang menawarkan kesempatan untuk mengalami kegiatan serta proses belajar yang utuh, mulai dari acquiring knowledge, refining knowledge, dan applying knowledge contextually. Kesempatan untuk menemukan, menilai dan menggunakan informasi secara bermakna di samping menuliskan pikiran secara koheren dan jernih, diharapkan dapat digunakan dalam pengembangan dan pengelolaan program-program pembelajaran dalam konteks persekolahan khususnya, dan pendidikan (diklat) pada umumnya.
Learning Outcomes- Memiliki sikap dan presepsi positif terhadap teori-teori belajar serta penerapannya dalam praktek-praktek pembelajaran.
- Memperoleh, mengintegrasikan, memperluas dan menggunakan teori-teori belajar dalam aktivitas pembelajaran
- Buku Ajar teori-teori belajar
- Fosnot, C.T. 1996. Constructivism: Theory, perspectives, and practice. New York: Theacher Colledge, Columbia University.
- Gardner, H. 1999. Intelligence reframed. New York: Basic Books
- Reigeluth, C.M. 1983. Instructional-design theories and models: An overview of their current status. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
- Slavin, R.E., 1991. Educational psychology. Third edition. New York: Allyn & Bacon
- Snelbecker, G.E. 1974. Learning theory, instructional theory, and psychoeducational design. New York: McGraw-Hills
- Moll, L. C. 1990. Vygotsky and education: instructional implications and applications of sociohistorical psychology. Victoria: Cambridge University Press
Details ...
Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai teori-teori belajar serta penerapannya dalam kegiatan pembelajaran. Kajian perkuliahan meliputi ; 1) Ruang lingkup dan batasan teori deskriptif dan prespektif. 2) Teori-teori belajar meliputi: (a) teori Behavioristik, (b) Teori Kognitif, (c) Teori Konstruktivistik, (d) Teori belajar Sosio-kultural (Konstruktivisme), (e) Teori Humanistik, (f) Teori belajar Pemrosesan Informasi, (g) Teori Kecerdasan Ganda, (h) Neuroscience. 3) Penerapan teori-teori Belajar ke dalam praktek pembelajaran.
Mata kuliah ini selain memuat pesan substantif sebagaimana lazimnya setiap mata kuliah, pendekatan perkuliahan mengombinasikan metode ekspositori oleh dosen dengan tugas terstruktur oleh mahasiswa yang berupa makalah presentasi(secara kelompok) dan tugas terapan (secara individu). Mahasiswa dituntut untuk mempresentasikan tulisannya dalam interaksi kelas dengan sesama rekan mahasiswa dan dosen. Ragam kegiatan yang kaya ini dimaksudkan untuk menampilkan lingkungan belajar yang menawarkan kesempatan untuk mengalami kegiatan serta proses belajar yang utuh, mulai dari acquiring knowledge, refining knowledge, dan applying knowledge contextually. Kesempatan untuk menemukan, menilai dan menggunakan informasi secara bermakna di samping menuliskan pikiran secara koheren dan jernih, diharapkan dapat digunakan dalam pengembangan dan pengelolaan program-program pembelajaran dalam konteks persekolahan khususnya, dan pendidikan (diklat) pada umumnya.
Learning Outcomes- Memiliki sikap dan presepsi positif terhadap teori-teori belajar serta penerapannya dalam praktek-praktek pembelajaran.
- Memperoleh, mengintegrasikan, memperluas dan menggunakan teori-teori belajar dalam aktivitas pembelajaran
- Buku Ajar teori-teori belajar
- Fosnot, C.T. 1996. Constructivism: Theory, perspectives, and practice. New York: Theacher Colledge, Columbia University.
- Gardner, H. 1999. Intelligence reframed. New York: Basic Books
- Reigeluth, C.M. 1983. Instructional-design theories and models: An overview of their current status. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
- Slavin, R.E., 1991. Educational psychology. Third edition. New York: Allyn & Bacon
- Snelbecker, G.E. 1974. Learning theory, instructional theory, and psychoeducational design. New York: McGraw-Hills
- Moll, L. C. 1990. Vygotsky and education: instructional implications and applications of sociohistorical psychology. Victoria: Cambridge University Press
Details ...
Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai teori-teori belajar serta penerapannya dalam kegiatan pembelajaran. Kajian perkuliahan meliputi ; 1) Ruang lingkup dan batasan teori deskriptif dan prespektif. 2) Teori-teori belajar meliputi: (a) teori Behavioristik, (b) Teori Kognitif, (c) Teori Konstruktivistik, (d) Teori belajar Sosio-kultural (Konstruktivisme), (e) Teori Humanistik, (f) Teori belajar Pemrosesan Informasi, (g) Teori Kecerdasan Ganda, (h) Neuroscience. 3) Penerapan teori-teori Belajar ke dalam praktek pembelajaran.
Mata kuliah ini selain memuat pesan substantif sebagaimana lazimnya setiap mata kuliah, pendekatan perkuliahan mengombinasikan metode ekspositori oleh dosen dengan tugas terstruktur oleh mahasiswa yang berupa makalah presentasi(secara kelompok) dan tugas terapan (secara individu). Mahasiswa dituntut untuk mempresentasikan tulisannya dalam interaksi kelas dengan sesama rekan mahasiswa dan dosen. Ragam kegiatan yang kaya ini dimaksudkan untuk menampilkan lingkungan belajar yang menawarkan kesempatan untuk mengalami kegiatan serta proses belajar yang utuh, mulai dari acquiring knowledge, refining knowledge, dan applying knowledge contextually. Kesempatan untuk menemukan, menilai dan menggunakan informasi secara bermakna di samping menuliskan pikiran secara koheren dan jernih, diharapkan dapat digunakan dalam pengembangan dan pengelolaan program-program pembelajaran dalam konteks persekolahan khususnya, dan pendidikan (diklat) pada umumnya.
Learning Outcomes- Memiliki sikap dan presepsi positif terhadap teori-teori belajar serta penerapannya dalam praktek-praktek pembelajaran.
- Memperoleh, mengintegrasikan, memperluas dan menggunakan teori-teori belajar dalam aktivitas pembelajaran
- Buku Ajar teori-teori belajar
- Fosnot, C.T. 1996. Constructivism: Theory, perspectives, and practice. New York: Theacher Colledge, Columbia University.
- Gardner, H. 1999. Intelligence reframed. New York: Basic Books
- Reigeluth, C.M. 1983. Instructional-design theories and models: An overview of their current status. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
- Slavin, R.E., 1991. Educational psychology. Third edition. New York: Allyn & Bacon
- Snelbecker, G.E. 1974. Learning theory, instructional theory, and psychoeducational design. New York: McGraw-Hills
- Moll, L. C. 1990. Vygotsky and education: instructional implications and applications of sociohistorical psychology. Victoria: Cambridge University Press
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: Belajar dan pembelajaran, pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pembelajaran, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, motivasi dan aktivitas dalam belajar, teori belajar aliran psikologi behaviouristik, konstruktivistik, sibernetik, humanistik, kognitif, revolusi-sosio-kultural, pengolahan informasi, perkembangan
Learning OutcomesKeterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Keterampilan Khusus
Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
Penguasaan Pengetahuan
Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa dapat memahami, memilih, dan mendemonstrasikan penggunaan Teori-teori belajar dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan media pembelajaran baik fisual maupun fisik
References 1. Ratna wilis Dahar. 2010. Teori-teori belajar. Erlangga: Jakarta
2. Herman Hudoyo..1990.Strategi Belajar Matematika. IKIP Malang Press : Jakarta
2. Tim Pengembang MKPBM.2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. UPI Press : Bandung.
3. Ismail dkk.2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. UT : Jakarta
4. DR. C. Asari Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Rienika cipta: Jakarta
5. Drs. Ahmad Rohani. M.Pd.2004. Pengelolaan Pengajaran. Renika Cipta: Jakarta
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: Belajar dan pembelajaran, pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pembelajaran, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, motivasi dan aktivitas dalam belajar, teori belajar aliran psikologi behaviouristik, konstruktivistik, sibernetik, humanistik, kognitif, revolusi-sosio-kultural, pengolahan informasi, perkembangan
Learning OutcomesKeterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Keterampilan Khusus
Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
Penguasaan Pengetahuan
Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa dapat memahami, memilih, dan mendemonstrasikan penggunaan Teori-teori belajar dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan media pembelajaran baik fisual maupun fisik
References 1. Ratna wilis Dahar. 2010. Teori-teori belajar. Erlangga: Jakarta
2. Herman Hudoyo..1990.Strategi Belajar Matematika. IKIP Malang Press : Jakarta
2. Tim Pengembang MKPBM.2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. UPI Press : Bandung.
3. Ismail dkk.2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. UT : Jakarta
4. DR. C. Asari Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Rienika cipta: Jakarta
5. Drs. Ahmad Rohani. M.Pd.2004. Pengelolaan Pengajaran. Renika Cipta: Jakarta
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: Belajar dan pembelajaran, pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pembelajaran, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, motivasi dan aktivitas dalam belajar, teori belajar aliran psikologi behaviouristik, konstruktivistik, sibernetik, humanistik, kognitif, revolusi-sosio-kultural, pengolahan informasi, perkembangan
Learning OutcomesKeterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Keterampilan Khusus
Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
Penguasaan Pengetahuan
Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa dapat memahami, memilih, dan mendemonstrasikan penggunaan Teori-teori belajar dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan media pembelajaran baik fisual maupun fisik
References 1. Ratna wilis Dahar. 2010. Teori-teori belajar. Erlangga: Jakarta
2. Herman Hudoyo..1990.Strategi Belajar Matematika. IKIP Malang Press : Jakarta
2. Tim Pengembang MKPBM.2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. UPI Press : Bandung.
3. Ismail dkk.2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. UT : Jakarta
4. DR. C. Asari Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Rienika cipta: Jakarta
5. Drs. Ahmad Rohani. M.Pd.2004. Pengelolaan Pengajaran. Renika Cipta: Jakarta
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: Belajar dan pembelajaran, pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pembelajaran, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, motivasi dan aktivitas dalam belajar, teori belajar aliran psikologi behaviouristik, konstruktivistik, sibernetik, humanistik, kognitif, revolusi-sosio-kultural, pengolahan informasi, perkembangan
Learning OutcomesKeterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Keterampilan Khusus
Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
Penguasaan Pengetahuan
Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa dapat memahami, memilih, dan mendemonstrasikan penggunaan Teori-teori belajar dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan media pembelajaran baik fisual maupun fisik
References 1. Ratna wilis Dahar. 2010. Teori-teori belajar. Erlangga: Jakarta
2. Herman Hudoyo..1990.Strategi Belajar Matematika. IKIP Malang Press : Jakarta
2. Tim Pengembang MKPBM.2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. UPI Press : Bandung.
3. Ismail dkk.2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. UT : Jakarta
4. DR. C. Asari Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Rienika cipta: Jakarta
5. Drs. Ahmad Rohani. M.Pd.2004. Pengelolaan Pengajaran. Renika Cipta: Jakarta
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: Belajar dan pembelajaran, pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pembelajaran, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, motivasi dan aktivitas dalam belajar, teori belajar aliran psikologi behaviouristik, konstruktivistik, sibernetik, humanistik, kognitif, revolusi-sosio-kultural, pengolahan informasi, perkembangan
Learning OutcomesKeterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Keterampilan Khusus
Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
Penguasaan Pengetahuan
Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa dapat memahami, memilih, dan mendemonstrasikan penggunaan Teori-teori belajar dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan media pembelajaran baik fisual maupun fisik
References 1. Ratna wilis Dahar. 2010. Teori-teori belajar. Erlangga: Jakarta
2. Herman Hudoyo..1990.Strategi Belajar Matematika. IKIP Malang Press : Jakarta
2. Tim Pengembang MKPBM.2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. UPI Press : Bandung.
3. Ismail dkk.2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. UT : Jakarta
4. DR. C. Asari Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Rienika cipta: Jakarta
5. Drs. Ahmad Rohani. M.Pd.2004. Pengelolaan Pengajaran. Renika Cipta: Jakarta
Details ...
Mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan tentang: Belajar dan pembelajaran, pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pembelajaran, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, motivasi dan aktivitas dalam belajar, teori belajar aliran psikologi behaviouristik, konstruktivistik, sibernetik, humanistik, kognitif, revolusi-sosio-kultural, pengolahan informasi, perkembangan
Learning OutcomesKeterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Keterampilan Khusus
Menguasai secara mendalam tentang prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
Penguasaan Pengetahuan
Menerapkan prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa dapat memahami, memilih, dan mendemonstrasikan penggunaan Teori-teori belajar dalam pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan media pembelajaran baik fisual maupun fisik
References 1. Ratna wilis Dahar. 2010. Teori-teori belajar. Erlangga: Jakarta
2. Herman Hudoyo..1990.Strategi Belajar Matematika. IKIP Malang Press : Jakarta
2. Tim Pengembang MKPBM.2003. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. UPI Press : Bandung.
3. Ismail dkk.2006. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. UT : Jakarta
4. DR. C. Asari Budiningsih. Belajar dan Pembelajaran. Rienika cipta: Jakarta
5. Drs. Ahmad Rohani. M.Pd.2004. Pengelolaan Pengajaran. Renika Cipta: Jakarta
Details ...