Pendidikan Berbahasa Indonesia Kelas Rendah, Curriculum : 2015


Courser in EnglishINDONESIAN LANGUAGE EDUCATION FOR LOW CLASS
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS53 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa , pendekatan dan metode pembelajaran bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, untuk merancang  pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.

Learning Outcomes

Keterampilan Khusus

3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima  bidang studi utama di sekolah dasar.

Pengetahuan

3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) .b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3. c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4)

Sikap

a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

 

b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

 

 c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

 

d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa

References

1.Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. 2012.  

        Yogjakarta. Ombak Dua.

 

2. Tarigan, Djago dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas   

        Rendah. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka

 

3. Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi     

        Aksara.

 

4. Doman, Glenn  dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain). Jakarta: PT Tigaraksa Satria.

 

5. Mar’at, Samsunuwiyati .2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa , pendekatan dan metode pembelajaran bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, untuk merancang  pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.

Learning Outcomes

Keterampilan Khusus

3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima  bidang studi utama di sekolah dasar.

Pengetahuan

3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) .b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3. c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4)

Sikap

a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

 

b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

 

 c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

 

d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa

References

1.Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. 2012.  

        Yogjakarta. Ombak Dua.

 

2. Tarigan, Djago dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas   

        Rendah. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka

 

3. Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi     

        Aksara.

 

4. Doman, Glenn  dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain). Jakarta: PT Tigaraksa Satria.

 

5. Mar’at, Samsunuwiyati .2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa , pendekatan dan metode pembelajaran bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, untuk merancang  pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.

Learning Outcomes

Keterampilan Khusus

3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima  bidang studi utama di sekolah dasar.

Pengetahuan

3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) .b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3. c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4)

Sikap

a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

 

b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

 

 c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

 

d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa

References

1.Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. 2012.  

        Yogjakarta. Ombak Dua.

 

2. Tarigan, Djago dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas   

        Rendah. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka

 

3. Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi     

        Aksara.

 

4. Doman, Glenn  dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain). Jakarta: PT Tigaraksa Satria.

 

5. Mar’at, Samsunuwiyati .2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa , pendekatan dan metode pembelajaran bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, untuk merancang  pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.

Learning Outcomes

Keterampilan Khusus

3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima  bidang studi utama di sekolah dasar.

Pengetahuan

3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) .b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3. c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4)

Sikap

a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

 

b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

 

 c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

 

d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa

References

1.Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. 2012.  

        Yogjakarta. Ombak Dua.

 

2. Tarigan, Djago dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas   

        Rendah. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka

 

3. Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi     

        Aksara.

 

4. Doman, Glenn  dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain). Jakarta: PT Tigaraksa Satria.

 

5. Mar’at, Samsunuwiyati .2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa , pendekatan dan metode pembelajaran bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, untuk merancang  pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.

Learning Outcomes

Keterampilan Khusus

3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima  bidang studi utama di sekolah dasar.

Pengetahuan

3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) .b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3. c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4)

Sikap

a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

 

b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

 

 c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

 

d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa

References

1.Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. 2012.  

        Yogjakarta. Ombak Dua.

 

2. Tarigan, Djago dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas   

        Rendah. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka

 

3. Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi     

        Aksara.

 

4. Doman, Glenn  dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain). Jakarta: PT Tigaraksa Satria.

 

5. Mar’at, Samsunuwiyati .2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa , pendekatan dan metode pembelajaran bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, untuk merancang  pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.

Learning Outcomes

Keterampilan Khusus

3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima  bidang studi utama di sekolah dasar.

Pengetahuan

3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) .b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3. c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4)

Sikap

a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

 

b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

 

 c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

 

d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa

References

1.Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. 2012.  

        Yogjakarta. Ombak Dua.

 

2. Tarigan, Djago dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas   

        Rendah. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka

 

3. Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi     

        Aksara.

 

4. Doman, Glenn  dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain). Jakarta: PT Tigaraksa Satria.

 

5. Mar’at, Samsunuwiyati .2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa , pendekatan dan metode pembelajaran bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, untuk merancang  pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.

Learning Outcomes

Keterampilan Khusus

3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima  bidang studi utama di sekolah dasar.

Pengetahuan

3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) .b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3. c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4)

Sikap

a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

 

b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

 

 c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

 

d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa

References

1.Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. 2012.  

        Yogjakarta. Ombak Dua.

 

2. Tarigan, Djago dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas   

        Rendah. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka

 

3. Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi     

        Aksara.

 

4. Doman, Glenn  dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain). Jakarta: PT Tigaraksa Satria.

 

5. Mar’at, Samsunuwiyati .2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.


Details ...