Pendidikan Berbahasa Indonesia Kelas Rendah, Curriculum : 2015


Courser in EnglishINDONESIAN LANGUAGE EDUCATION FOR LOW CLASS
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS53 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa , pendekatan dan metode pembelajaran  bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, untuk merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.

 

Learning Outcomes

Keterampilan Khusus

3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima  bidang studi utama di sekolah dasar.

Pengetahuan

3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) .b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3. c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4)

Sikap

a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

 

b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

 

 c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

 

d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa

 

 

References

1.Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. 2012. Yogjakarta: Ombak Dua.

 

2.Tarigan, Djago dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka

 

3.       Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

4.       Doman, Glenn  dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain) . Jakarta: PT Tigaraksa Satria.

5.       Mar’at, Samsunuwiyati .2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.

6.       Permendikbud 103,104


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa , pendekatan dan metode pembelajaran  bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, untuk merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.

 

Learning Outcomes

Keterampilan Khusus

3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima  bidang studi utama di sekolah dasar.

Pengetahuan

3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) .b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3. c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4)

Sikap

a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

 

b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

 

 c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

 

d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa

 

 

References

1.Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. 2012. Yogjakarta: Ombak Dua.

 

2.Tarigan, Djago dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka

 

3.       Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

4.       Doman, Glenn  dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain) . Jakarta: PT Tigaraksa Satria.

5.       Mar’at, Samsunuwiyati .2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.

6.       Permendikbud 103,104


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa , pendekatan dan metode pembelajaran bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, untuk merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.

Learning Outcomes

Keterampilan Khusus :

3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima  bidang studi utama di sekolah dasar.

 

Pengetahuan               :

3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3)

3b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3)

3c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4)

 

Sikap                          :

a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

 c. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa

References

Tarigan, Djago dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka

 

Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi Aksara.

 

Doman, Glenn  dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain). Jakarta: PT Tigaraksa Satria.

 

Mar’at, Samsunuwiyati.2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa , pendekatan dan metode pembelajaran bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, untuk merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.

Learning Outcomes

Keterampilan Khusus :

3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima  bidang studi utama di sekolah dasar.

 

Pengetahuan               :

3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3)

3b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3)

3c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4)

 

Sikap                          :

a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

 c. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa

References

Tarigan, Djago dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka

 

Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi Aksara.

 

Doman, Glenn  dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain). Jakarta: PT Tigaraksa Satria.

 

Mar’at, Samsunuwiyati.2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa , pendekatan dan metode pembelajaran

                                                                          bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, untuk merancang

                                                                          pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan 

                                                                          menyenangkan.

Learning Outcomes

Keterampilan Khusus

3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima  bidang studi utama di sekolah dasar.

Pengetahuan

3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) .b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3. c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4)

Sikap

a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

 

b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

 

 c. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

 

d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa

References

  1. Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. 2012.  

        Yogjakarta. Ombak Dua.

      2. Tarigan, Djago dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas  

        Rendah. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka

       3. Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi    

        Aksara.

       4. Doman, Glenn  dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain). Jakarta: PT Tigaraksa Satria.

       5. Mar’at, Samsunuwiyati .2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa , pendekatan dan metode pembelajaran

                                                                          bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, untuk merancang

                                                                          pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan 

                                                                          menyenangkan.

Learning Outcomes

Keterampilan Khusus

3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima  bidang studi utama di sekolah dasar.

Pengetahuan

3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) .b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3. c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4)

Sikap

a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

 

b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

 

 c. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

 

d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa

References

  1. Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. 2012.  

        Yogjakarta. Ombak Dua.

      2. Tarigan, Djago dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas  

        Rendah. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka

       3. Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi    

        Aksara.

       4. Doman, Glenn  dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain). Jakarta: PT Tigaraksa Satria.

       5. Mar’at, Samsunuwiyati .2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa , pendekatan dan metode pembelajaran

                                                                          bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, untuk merancang

                                                                          pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan 

                                                                          menyenangkan.

Learning Outcomes

Keterampilan Khusus

3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima  bidang studi utama di sekolah dasar.

Pengetahuan

3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) .b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3. c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4)

Sikap

a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

 

b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

 

 c. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

 

d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa

References

  1. Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. 2012.  

        Yogjakarta. Ombak Dua.

      2. Tarigan, Djago dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas  

        Rendah. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka

       3. Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi    

        Aksara.

       4. Doman, Glenn  dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain). Jakarta: PT Tigaraksa Satria.

       5. Mar’at, Samsunuwiyati .2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa , pendekatan dan metode pembelajaran

                                                                          bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, untuk merancang

                                                                          pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan 

                                                                          menyenangkan.

Learning Outcomes

Keterampilan Khusus

3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima  bidang studi utama di sekolah dasar.

Pengetahuan

3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) .b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3. c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4)

Sikap

a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

 

b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

 

 c. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

 

d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa

References

  1. Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. 2012.  

        Yogjakarta. Ombak Dua.

      2. Tarigan, Djago dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas  

        Rendah. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka

       3. Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi    

        Aksara.

       4. Doman, Glenn  dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain). Jakarta: PT Tigaraksa Satria.

       5. Mar’at, Samsunuwiyati .2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa , pendekatan dan metode pembelajaran

                                                                          bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, untuk merancang

                                                                          pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan 

                                                                          menyenangkan.

Learning Outcomes

Keterampilan Khusus

3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima  bidang studi utama di sekolah dasar.

Pengetahuan

3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) .b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3. c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4)

Sikap

a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

 

b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

 

 c. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

 

d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa

References

  1. Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. 2012.  

        Yogjakarta. Ombak Dua.

      2. Tarigan, Djago dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas  

        Rendah. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka

       3. Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi    

        Aksara.

       4. Doman, Glenn  dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain). Jakarta: PT Tigaraksa Satria.

       5. Mar’at, Samsunuwiyati .2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa , pendekatan dan metode pembelajaran

                                                                          bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, untuk merancang

                                                                          pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan 

                                                                          menyenangkan.

Learning Outcomes

Keterampilan Khusus

3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima  bidang studi utama di sekolah dasar.

Pengetahuan

3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) .b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3. c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4)

Sikap

a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

 

b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

 

 c. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

 

d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa

References

  1. Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. 2012.  

        Yogjakarta. Ombak Dua.

      2. Tarigan, Djago dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas  

        Rendah. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka

       3. Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi    

        Aksara.

       4. Doman, Glenn  dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain). Jakarta: PT Tigaraksa Satria.

       5. Mar’at, Samsunuwiyati .2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa , pendekatan dan metode pembelajaran

                                                                          bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, untuk merancang

                                                                          pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan 

                                                                          menyenangkan.

Learning Outcomes

Keterampilan Khusus

3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima  bidang studi utama di sekolah dasar.

Pengetahuan

3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) .b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3. c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4)

Sikap

a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

 

b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

 

 c. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

 

d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa

References

  1. Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. 2012.  

        Yogjakarta. Ombak Dua.

      2. Tarigan, Djago dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas  

        Rendah. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka

       3. Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi    

        Aksara.

       4. Doman, Glenn  dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain). Jakarta: PT Tigaraksa Satria.

       5. Mar’at, Samsunuwiyati .2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa , pendekatan dan metode pembelajaran

                                                                          bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, untuk merancang

                                                                          pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan 

                                                                          menyenangkan.

Learning Outcomes

Keterampilan Khusus

3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima  bidang studi utama di sekolah dasar.

Pengetahuan

3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) .b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3. c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4)

Sikap

a. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

 

b. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

 

 c. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

 

d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa

References

  1. Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. 2012.  

        Yogjakarta. Ombak Dua.

      2. Tarigan, Djago dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas  

        Rendah. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka

       3. Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi    

        Aksara.

       4. Doman, Glenn  dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain). Jakarta: PT Tigaraksa Satria.

       5. Mar’at, Samsunuwiyati .2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.

 


Details ...