Pendidikan Berbahasa Indonesia Kelas Rendah, Curriculum : 2015


Courser in EnglishINDONESIAN LANGUAGE EDUCATION FOR LOW CLASS
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS53 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang teori pemerolehan bahasa, pendekatan pembelajaran bahasa Indonesia, metode pembelajaran Bahasa Indonesia, cakupan materi bahasa Indonesia dan penyusunan RPP untuk merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang teori pemerolehan bahasa, pendekatan pembelajaran bahasa Indonesia, metode pembelajaran Bahasa Indonesia, cakupan materi bahasa Indonesia dan penyusunan RPP untuk merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.

Learning Outcomes

  1. Pemerolehan bahasa anak: pengertian, tiga teori pemerolehan bahasa anak, strategi pemerolehan bahasa anak, faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa anak, ragam bahasa anak, bahasa indonesia  bahasa ke dua.
  2. Pendekatan pembelajaran bahasa Indonesia: pengertian pendekatan, , jenis-jenis pendekatan pembelajaran Bahasa.
  3. Metode pembelajaran bahasa Indonesia: pengertian metode pembelajaran bahasa, jenis metode membaca menulis permulaan (metode eja, metode SAS, metode global).
  4. Cakupan materi bahasa Indonesia: kebahasaan kelas rendah, apresiasi sastra anak.
  5. Penyusunan RPP: standar isi, standar proses, pembelajaran tematik, standar penilaian, sistematika RPP kelas rendah.

References

Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. 2012. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. Yogyakarta:. Ombak Dua.

Tarigan, Djago dkk. 2002. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta. Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang teori pemerolehan bahasa, pendekatan pembelajaran bahasa Indonesia, metode pembelajaran Bahasa Indonesia, cakupan materi bahasa Indonesia dan penyusunan RPP untuk merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang teori pemerolehan bahasa, pendekatan pembelajaran bahasa Indonesia, metode pembelajaran Bahasa Indonesia, cakupan materi bahasa Indonesia dan penyusunan RPP untuk merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.

Learning Outcomes

  1. Pemerolehan bahasa anak: pengertian, tiga teori pemerolehan bahasa anak, strategi pemerolehan bahasa anak, faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa anak, ragam bahasa anak, bahasa indonesia  bahasa ke dua.
  2. Pendekatan pembelajaran bahasa Indonesia: pengertian pendekatan, , jenis-jenis pendekatan pembelajaran Bahasa.
  3. Metode pembelajaran bahasa Indonesia: pengertian metode pembelajaran bahasa, jenis metode membaca menulis permulaan (metode eja, metode SAS, metode global).
  4. Cakupan materi bahasa Indonesia: kebahasaan kelas rendah, apresiasi sastra anak.
  5. Penyusunan RPP: standar isi, standar proses, pembelajaran tematik, standar penilaian, sistematika RPP kelas rendah.

References

Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. 2012. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. Yogyakarta:. Ombak Dua.

Tarigan, Djago dkk. 2002. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta. Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang teori pemerolehan bahasa, pendekatan pembelajaran bahasa Indonesia, metode pembelajaran Bahasa Indonesia, cakupan materi bahasa Indonesia dan penyusunan RPP untuk merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang teori pemerolehan bahasa, pendekatan pembelajaran bahasa Indonesia, metode pembelajaran Bahasa Indonesia, cakupan materi bahasa Indonesia dan penyusunan RPP untuk merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.

Learning Outcomes

  1. Pemerolehan bahasa anak: pengertian, tiga teori pemerolehan bahasa anak, strategi pemerolehan bahasa anak, faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa anak, ragam bahasa anak, bahasa indonesia  bahasa ke dua.
  2. Pendekatan pembelajaran bahasa Indonesia: pengertian pendekatan, , jenis-jenis pendekatan pembelajaran Bahasa.
  3. Metode pembelajaran bahasa Indonesia: pengertian metode pembelajaran bahasa, jenis metode membaca menulis permulaan (metode eja, metode SAS, metode global).
  4. Cakupan materi bahasa Indonesia: kebahasaan kelas rendah, apresiasi sastra anak.
  5. Penyusunan RPP: standar isi, standar proses, pembelajaran tematik, standar penilaian, sistematika RPP kelas rendah.

References

Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. 2012. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. Yogyakarta:. Ombak Dua.

Tarigan, Djago dkk. 2002. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta. Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang teori pemerolehan bahasa, pendekatan pembelajaran bahasa Indonesia, metode pembelajaran Bahasa Indonesia, cakupan materi bahasa Indonesia dan penyusunan RPP untuk merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang teori pemerolehan bahasa, pendekatan pembelajaran bahasa Indonesia, metode pembelajaran Bahasa Indonesia, cakupan materi bahasa Indonesia dan penyusunan RPP untuk merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.

Learning Outcomes

  1. Pemerolehan bahasa anak: pengertian, tiga teori pemerolehan bahasa anak, strategi pemerolehan bahasa anak, faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa anak, ragam bahasa anak, bahasa indonesia  bahasa ke dua.
  2. Pendekatan pembelajaran bahasa Indonesia: pengertian pendekatan, , jenis-jenis pendekatan pembelajaran Bahasa.
  3. Metode pembelajaran bahasa Indonesia: pengertian metode pembelajaran bahasa, jenis metode membaca menulis permulaan (metode eja, metode SAS, metode global).
  4. Cakupan materi bahasa Indonesia: kebahasaan kelas rendah, apresiasi sastra anak.
  5. Penyusunan RPP: standar isi, standar proses, pembelajaran tematik, standar penilaian, sistematika RPP kelas rendah.

References

Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. 2012. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. Yogyakarta:. Ombak Dua.

Tarigan, Djago dkk. 2002. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta. Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang teori pemerolehan bahasa, pendekatan pembelajaran bahasa Indonesia, metode pembelajaran Bahasa Indonesia, cakupan materi bahasa Indonesia dan penyusunan RPP untuk merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang teori pemerolehan bahasa, pendekatan pembelajaran bahasa Indonesia, metode pembelajaran Bahasa Indonesia, cakupan materi bahasa Indonesia dan penyusunan RPP untuk merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.

Learning Outcomes

  1. Pemerolehan bahasa anak: pengertian, tiga teori pemerolehan bahasa anak, strategi pemerolehan bahasa anak, faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa anak, ragam bahasa anak, bahasa indonesia  bahasa ke dua.
  2. Pendekatan pembelajaran bahasa Indonesia: pengertian pendekatan, , jenis-jenis pendekatan pembelajaran Bahasa.
  3. Metode pembelajaran bahasa Indonesia: pengertian metode pembelajaran bahasa, jenis metode membaca menulis permulaan (metode eja, metode SAS, metode global).
  4. Cakupan materi bahasa Indonesia: kebahasaan kelas rendah, apresiasi sastra anak.
  5. Penyusunan RPP: standar isi, standar proses, pembelajaran tematik, standar penilaian, sistematika RPP kelas rendah.

References

Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. 2012. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. Yogyakarta:. Ombak Dua.

Tarigan, Djago dkk. 2002. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta. Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang teori pemerolehan bahasa, pendekatan pembelajaran bahasa Indonesia, metode pembelajaran Bahasa Indonesia, cakupan materi bahasa Indonesia dan penyusunan RPP untuk merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang teori pemerolehan bahasa, pendekatan pembelajaran bahasa Indonesia, metode pembelajaran Bahasa Indonesia, cakupan materi bahasa Indonesia dan penyusunan RPP untuk merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.

Learning Outcomes

  1. Pemerolehan bahasa anak: pengertian, tiga teori pemerolehan bahasa anak, strategi pemerolehan bahasa anak, faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa anak, ragam bahasa anak, bahasa indonesia  bahasa ke dua.
  2. Pendekatan pembelajaran bahasa Indonesia: pengertian pendekatan, , jenis-jenis pendekatan pembelajaran Bahasa.
  3. Metode pembelajaran bahasa Indonesia: pengertian metode pembelajaran bahasa, jenis metode membaca menulis permulaan (metode eja, metode SAS, metode global).
  4. Cakupan materi bahasa Indonesia: kebahasaan kelas rendah, apresiasi sastra anak.
  5. Penyusunan RPP: standar isi, standar proses, pembelajaran tematik, standar penilaian, sistematika RPP kelas rendah.

References

Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. 2012. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. Yogyakarta:. Ombak Dua.

Tarigan, Djago dkk. 2002. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta. Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang teori pemerolehan bahasa, pendekatan pembelajaran bahasa Indonesia, metode pembelajaran Bahasa Indonesia, cakupan materi bahasa Indonesia dan penyusunan RPP untuk merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang teori pemerolehan bahasa, pendekatan pembelajaran bahasa Indonesia, metode pembelajaran Bahasa Indonesia, cakupan materi bahasa Indonesia dan penyusunan RPP untuk merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.

Learning Outcomes

  1. Pemerolehan bahasa anak: pengertian, tiga teori pemerolehan bahasa anak, strategi pemerolehan bahasa anak, faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa anak, ragam bahasa anak, bahasa indonesia  bahasa ke dua.
  2. Pendekatan pembelajaran bahasa Indonesia: pengertian pendekatan, , jenis-jenis pendekatan pembelajaran Bahasa.
  3. Metode pembelajaran bahasa Indonesia: pengertian metode pembelajaran bahasa, jenis metode membaca menulis permulaan (metode eja, metode SAS, metode global).
  4. Cakupan materi bahasa Indonesia: kebahasaan kelas rendah, apresiasi sastra anak.
  5. Penyusunan RPP: standar isi, standar proses, pembelajaran tematik, standar penilaian, sistematika RPP kelas rendah.

References

Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. 2012. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. Yogyakarta:. Ombak Dua.

Tarigan, Djago dkk. 2002. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta. Universitas Terbuka


Details ...
Course Descriptions

Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang teori pemerolehan bahasa, pendekatan pembelajaran bahasa Indonesia, metode pembelajaran Bahasa Indonesia, cakupan materi bahasa Indonesia dan penyusunan RPP untuk merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang teori pemerolehan bahasa, pendekatan pembelajaran bahasa Indonesia, metode pembelajaran Bahasa Indonesia, cakupan materi bahasa Indonesia dan penyusunan RPP untuk merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.

Learning Outcomes

  1. Pemerolehan bahasa anak: pengertian, tiga teori pemerolehan bahasa anak, strategi pemerolehan bahasa anak, faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa anak, ragam bahasa anak, bahasa indonesia  bahasa ke dua.
  2. Pendekatan pembelajaran bahasa Indonesia: pengertian pendekatan, , jenis-jenis pendekatan pembelajaran Bahasa.
  3. Metode pembelajaran bahasa Indonesia: pengertian metode pembelajaran bahasa, jenis metode membaca menulis permulaan (metode eja, metode SAS, metode global).
  4. Cakupan materi bahasa Indonesia: kebahasaan kelas rendah, apresiasi sastra anak.
  5. Penyusunan RPP: standar isi, standar proses, pembelajaran tematik, standar penilaian, sistematika RPP kelas rendah.

References

Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. 2012. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. Yogyakarta:. Ombak Dua.

Tarigan, Djago dkk. 2002. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta. Universitas Terbuka


Details ...