Courser in English | INDONESIAN LANGUAGE EDUCATION FOR LOW CLASS |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 53 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa , pendekatan dan metode pembelajaran bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, untuk merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.
Learning Outcomes
Keterampilan Khusus |
3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
||
Pengetahuan |
3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) .b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3. c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4) |
||
Sikap |
a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
||
|
b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
||
|
c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
|
1.Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. 2012.
Yogjakarta. Ombak Dua.
2. Tarigan, Djago dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas
Rendah. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka
3. Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi
Aksara.
4. Doman, Glenn dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain). Jakarta: PT Tigaraksa Satria.
5. Mar’at, Samsunuwiyati .2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.
Details ...
Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa , pendekatan dan metode pembelajaran bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, untuk merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.
Learning Outcomes
Keterampilan Khusus |
3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
||
Pengetahuan |
3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) .b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3. c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4) |
||
Sikap |
a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
||
|
b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
||
|
c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
|
1.Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. 2012.
Yogjakarta. Ombak Dua.
2. Tarigan, Djago dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas
Rendah. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka
3. Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi
Aksara.
4. Doman, Glenn dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain). Jakarta: PT Tigaraksa Satria.
5. Mar’at, Samsunuwiyati .2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.
Details ...
Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa , pendekatan dan metode pembelajaran bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, untuk merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.
Learning Outcomes
Keterampilan Khusus |
3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
||
Pengetahuan |
3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) .b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3. c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4) |
||
Sikap |
a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
||
|
b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
||
|
c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
|
1.Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. 2012.
Yogjakarta. Ombak Dua.
2. Tarigan, Djago dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas
Rendah. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka
3. Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi
Aksara.
4. Doman, Glenn dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain). Jakarta: PT Tigaraksa Satria.
5. Mar’at, Samsunuwiyati .2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.
Details ...
Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa , pendekatan dan metode pembelajaran bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, untuk merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.
Learning Outcomes
Keterampilan Khusus |
3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
||
Pengetahuan |
3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) .b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3. c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4) |
||
Sikap |
a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
||
|
b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
||
|
c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
|
1.Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. 2012.
Yogjakarta. Ombak Dua.
2. Tarigan, Djago dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas
Rendah. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka
3. Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi
Aksara.
4. Doman, Glenn dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain). Jakarta: PT Tigaraksa Satria.
5. Mar’at, Samsunuwiyati .2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.
Details ...
Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa , pendekatan dan metode pembelajaran bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, untuk merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.
Learning Outcomes
Keterampilan Khusus |
3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
||
Pengetahuan |
3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) .b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3. c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4) |
||
Sikap |
a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
||
|
b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
||
|
c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
|
1.Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. 2012.
Yogjakarta. Ombak Dua.
2. Tarigan, Djago dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas
Rendah. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka
3. Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi
Aksara.
4. Doman, Glenn dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain). Jakarta: PT Tigaraksa Satria.
5. Mar’at, Samsunuwiyati .2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.
Details ...
Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa , pendekatan dan metode pembelajaran bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, untuk merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.
Learning Outcomes
Keterampilan Khusus |
3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
||
Pengetahuan |
3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) .b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3. c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4) |
||
Sikap |
a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
||
|
b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
||
|
c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
|
1.Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. 2012.
Yogjakarta. Ombak Dua.
2. Tarigan, Djago dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas
Rendah. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka
3. Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi
Aksara.
4. Doman, Glenn dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain). Jakarta: PT Tigaraksa Satria.
5. Mar’at, Samsunuwiyati .2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.
Details ...
Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa , pendekatan dan metode pembelajaran bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, untuk merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.
Learning Outcomes
Keterampilan Khusus |
3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
||
Pengetahuan |
3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) .b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3. c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4) |
||
Sikap |
a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
||
|
b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
||
|
c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
|
1.Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. 2012.
Yogjakarta. Ombak Dua.
2. Tarigan, Djago dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas
Rendah. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka
3. Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi
Aksara.
4. Doman, Glenn dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain). Jakarta: PT Tigaraksa Satria.
5. Mar’at, Samsunuwiyati .2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.
Details ...
Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa , pendekatan dan metode pembelajaran bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, untuk merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.
Learning Outcomes
Keterampilan Khusus |
3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
||
Pengetahuan |
3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) .b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3. c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4) |
||
Sikap |
a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
||
|
b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
||
|
c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
|
1.Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. 2012.
Yogjakarta. Ombak Dua.
2. Tarigan, Djago dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas
Rendah. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka
3. Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi
Aksara.
4. Doman, Glenn dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain). Jakarta: PT Tigaraksa Satria.
5. Mar’at, Samsunuwiyati .2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.
Details ...
Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa , pendekatan dan metode pembelajaran bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, untuk merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.
Learning Outcomes
Keterampilan Khusus |
3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
||
Pengetahuan |
3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) .b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3. c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4) |
||
Sikap |
a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
||
|
b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
||
|
c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
|
1.Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. 2012.
Yogjakarta. Ombak Dua.
2. Tarigan, Djago dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas
Rendah. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka
3. Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi
Aksara.
4. Doman, Glenn dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain). Jakarta: PT Tigaraksa Satria.
5. Mar’at, Samsunuwiyati .2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.
Details ...
Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa , pendekatan dan metode pembelajaran bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, untuk merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.
Learning Outcomes
Keterampilan Khusus |
3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
||
Pengetahuan |
3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) .b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3. c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4) |
||
Sikap |
a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
||
|
b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
||
|
c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
|
1.Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. 2012.
Yogjakarta. Ombak Dua.
2. Tarigan, Djago dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas
Rendah. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka
3. Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta. Bumi
Aksara.
4. Doman, Glenn dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain). Jakarta: PT Tigaraksa Satria.
5. Mar’at, Samsunuwiyati .2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.
Details ...
Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa , pendekatan dan metode pembelajaran bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, untuk merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.
Learning Outcomes
Keterampilan Khusus |
3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
Pengetahuan |
3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) .b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3. c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4) |
Sikap |
a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
|
b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
|
c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
|
d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa |
References
1.Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. 2012. Yogjakarta: Ombak Dua.
2.Tarigan, Djago dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka
3. Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
4. Doman, Glenn dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain) . Jakarta: PT Tigaraksa Satria.
5. Mar’at, Samsunuwiyati .2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.
6. Permendikbud 103,104
Details ...
Mata kuliah ini berisi teori pemerolehan bahasa , pendekatan dan metode pembelajaran bahasa, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah, untuk merancang pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas Rendah yang aktif Inovatif dan menyenangkan.
Learning Outcomes
Keterampilan Khusus |
3. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar. |
Pengetahuan |
3a. Menganalisis materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.(C3) .b. Menerapkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C3) 3. c. Menyusun materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar (C4) |
Sikap |
a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
|
b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
|
c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
|
d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa |
References
1.Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. Belajar Bahasa di Kelas Rendah. 2012. Yogjakarta: Ombak Dua.
2.Tarigan, Djago dkk. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. 2002. Jakarta. Universitas Terbuka
3. Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
4. Doman, Glenn dan Janet Doman . 2006. How To Teach Your Baby To Read (Bagaimana Mengajar Bayi Anda Membaca Sambil Bermain) . Jakarta: PT Tigaraksa Satria.
5. Mar’at, Samsunuwiyati .2005.Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung. Refika Aditama.
6. Permendikbud 103,104
Details ...