Metodologi Penelitian, Curriculum : 2016


Courser in EnglishRESEARCH METHODOLOGY
ProgramManajemen Pendidikan
SKS3 SKS
RPS49 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji ruang lingkup penelitian manajemen pendidikan, jenis-jenis penelitian manajemen pendidikan, desain dan langkah penelitian manajemen pendidikan, dan sistematika penelitian (proposal dan pelaporan).

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menyusun proposal penelitian manajemen pendidikan dengan menggunakan metode Kuantitatif, Kualitatif, Penelitian Kebijakan,  R&D, atau Mixed Method.

References

  • Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
  • Creswell, J. 2015. Riset Pendidikan. Jakarta: Pustaka Pelajar.
  • Fraenkel & Wallen, How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey & Sons, 1993.
  • Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset, 1988.
  • Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., Marketing Research, 4th edition, New York: Jhon Willey & Sons, 1998.
  • Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
  • Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.
  • Nugroho, R. 2013. Penelitian Kebijakan. Jakarta: Pustaka Pelajar.
  • Singarimbun, M. & Effendi, S., Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES, 1987.
  • Soeratno, Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka, 1987.
  • Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  • Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta
  • Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif
  • Wiriatama, Rochiati., Metode Penelitian
  • Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji ruang lingkup penelitian manajemen pendidikan, jenis-jenis penelitian manajemen pendidikan, desain dan langkah penelitian manajemen pendidikan, dan sistematika penelitian (proposal dan pelaporan).

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menyusun proposal penelitian manajemen pendidikan dengan menggunakan metode Kuantitatif, Kualitatif, Penelitian Kebijakan,  R&D, atau Mixed Method.

References

  • Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
  • Creswell, J. 2015. Riset Pendidikan. Jakarta: Pustaka Pelajar.
  • Fraenkel & Wallen, How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey & Sons, 1993.
  • Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset, 1988.
  • Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., Marketing Research, 4th edition, New York: Jhon Willey & Sons, 1998.
  • Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
  • Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.
  • Nugroho, R. 2013. Penelitian Kebijakan. Jakarta: Pustaka Pelajar.
  • Singarimbun, M. & Effendi, S., Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES, 1987.
  • Soeratno, Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka, 1987.
  • Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  • Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta
  • Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif
  • Wiriatama, Rochiati., Metode Penelitian
  • Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini memuat kajian tentang Pendekatan Ilmiah, Jenis-jenis Penelitian, Masaslah Penelitian, Metode-metode Penelitian dalam bidang Pendidikan, Subjek Penelitian, Instrumen Penelitian, Analisis Data dan Interpretasinya. Kegiatan perkuliahan terdiri atas beberapa bentuk, yakni: kuliah, penugasan, presentasi dan diskusi di kelas, dan seminar.

Learning Outcomes

Berperilaku benar dan berbudaya sebagai hasil dari internalisasi dan aktualisasi nilai dan norma yang tercermin dalam kehidupan spiritual dan sosial melalui proses pembelajaran. Memiliki perilaku dan tata nilai yang berkarakter atau jati diri bangsa dan negara Indonesia. Memiliki sikap dan tata nilai terinternalisasi selama proses belajar, baik terstruktur maupun tidak dalam pembelajaran.

Kemampuan melakukan unjuk kerja dengan menggunakan konsep, teori, metode, bahan, dan/atau instrumen, yang diperoleh melalui pembelajaran metodologi penelitian  Berpengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran Metodologi penelitian . Mewujudkan transformasi potensi yang ada dalam setiap mahasiswa menjadi kompetensi atau kemampuan yang aplikatif dan bermanfaat dalam pembelajaran Metodologi penelitian  untuk mengembangkan IPTEKS melalui riset inter/multi disiplin, inovasi, teruji.   

Menguasai  konsep, teori, metode, dan/atau falsafah bidang ilmu tertentu secara sistematis yang diperoleh melalui penalaran dalam proses pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran metodologi penelitian . Melakukan transformasi informasi yang telah diproses dan diorganisasikan untuk memperoleh pemahaman, pengetahuan, dan pengalaman yang terakumulasi untuk memiliki suatu kemampuan dalam metodologi penelitian .  

Melakukan tugas dan tanggungjawab sebagai konsekuensi seorang mahasiswa yang telah memiliki kemampuan dan pengetahuan pendukungnya melalui konsep, teori, metode, dan/atau falsafah bidang ilmu tertentu secara sistematis yang diperoleh melalui penalaran dalam proses pembelajaran untuk berperan dalam masyarakat secara benar dan beretika sesuai metodologi penelitian .  

References

  1. Alan, Peshkin, & Corrine, Glesne. (1992). Becoming qualitative researchers: An Introduction. Longman.
  2. Ary, Donald., Jacobs, Lucy Chesar., & Razaviech, Asghar. (1979). Introduction to research in education. New York: Holt, Rinehart and Winston.
  3. Bogdan, Robert C., & Biklen, Sari Khopp. (1982). Qualitative research for education. Boston: Allyn and Bacon.
  4. Borg, Walter R., & Gall, Meredith Damein. (1983). Educational research. New York: Longman.
  5. Fraenkel, Jack R., & Wallen, Norman E. (1990). How to design and evaluate research in education. New York: McGraw-Hill Publishing Company.
  6. Gay, L.R. (1981). Educational research. Columbus, Ohio: Abell & Howell Company.
  7. Geoffrey E. Mils. (2000). Action research: A guide for teacher research.
  8. Sprintal, Richard C., Schmutte, Gregry T., & Sirois Lee, Lee. (1991). Understanding educational research. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall.
  9. Tuckman, W. Bruce. (1972). Conducting educational research. New York: Harcourt Brace Jovanovich, Inc.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Metodologi Penelitian merupakan mata kuliah dasar program pascasarjana dan sifatnya wajib ditempuh bagi mahasiswa S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji ruang lingkup penelitian manajemen pendidikan; jenis dan desain penelitian; langkah dan desain penelitian kuantitatif, kualitatif, campuran, kebijakan, R&D; menentukan indentifikasi masalah, menyusun instrument penelitian kuantitatif dan kualitatif; mengumpulkan data penelitian; dan analisis data penelitian kuantitatif dan kualitatif. Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian tesis

Learning Outcomes

CPMK1

Mengidentifikasi dan mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis  bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya  untuk memecahkan masalah dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin (P3, KU4).

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan berdasarkan analisis informasi dan data yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan atau kebutuhan masyarakat melalui internalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8, P4).

CPMK3

Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin serta mendokumentasikan data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi (KU8, KK4).

References

  1. Creswell, J. 2015. Riset Pendidikan (terjemahan). Jakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Hoy, W.K dan Miskel, C.G. 2014. Administrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Machali, Imam dan Hidayat, Ara. 2016. The Handbook of Educational Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.
  4. Nugroho, R. 2013. Penelitian Kebijakan. Jakarta: Pustaka Pelajar.  
  5. Sugiyono. 201 Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
  6. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kebijakan. Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Metodologi Penelitian merupakan mata kuliah dasar program pascasarjana dan sifatnya wajib ditempuh bagi mahasiswa S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji ruang lingkup penelitian manajemen pendidikan; jenis dan desain penelitian; langkah dan desain penelitian kuantitatif, kualitatif, campuran, kebijakan, R&D; menentukan indentifikasi masalah, menyusun instrument penelitian kuantitatif dan kualitatif; mengumpulkan data penelitian; dan analisis data penelitian kuantitatif dan kualitatif. Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian tesis

Learning Outcomes

CPMK1

Mengidentifikasi dan mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis  bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya  untuk memecahkan masalah dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin (P3, KU4).

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan berdasarkan analisis informasi dan data yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan atau kebutuhan masyarakat melalui internalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8, P4).

CPMK3

Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin serta mendokumentasikan data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi (KU8, KK4).

References

  1. Creswell, J. 2015. Riset Pendidikan (terjemahan). Jakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Hoy, W.K dan Miskel, C.G. 2014. Administrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Machali, Imam dan Hidayat, Ara. 2016. The Handbook of Educational Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.
  4. Nugroho, R. 2013. Penelitian Kebijakan. Jakarta: Pustaka Pelajar.  
  5. Sugiyono. 201 Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
  6. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kebijakan. Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Metodologi Penelitian merupakan mata kuliah dasar program pascasarjana dan sifatnya wajib ditempuh bagi mahasiswa S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji ruang lingkup penelitian manajemen pendidikan; jenis dan desain penelitian; langkah dan desain penelitian kuantitatif, kualitatif, campuran, kebijakan, R&D; menentukan indentifikasi masalah, menyusun instrument penelitian kuantitatif dan kualitatif; mengumpulkan data penelitian; dan analisis data penelitian kuantitatif dan kualitatif. Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian tesis

Learning Outcomes

CPMK1

Mengidentifikasi dan mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis  bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya  untuk memecahkan masalah dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin (P3, KU4).

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan berdasarkan analisis informasi dan data yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan atau kebutuhan masyarakat melalui internalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8, P4).

CPMK3

Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin serta mendokumentasikan data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi (KU8, KK4).

References

  1. Creswell, J. 2015. Riset Pendidikan (terjemahan). Jakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Hoy, W.K dan Miskel, C.G. 2014. Administrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Machali, Imam dan Hidayat, Ara. 2016. The Handbook of Educational Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.
  4. Nugroho, R. 2013. Penelitian Kebijakan. Jakarta: Pustaka Pelajar.  
  5. Sugiyono. 201 Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
  6. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kebijakan. Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Metodologi Penelitian merupakan mata kuliah dasar program pascasarjana dan sifatnya wajib ditempuh bagi mahasiswa S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji ruang lingkup penelitian manajemen pendidikan; jenis dan desain penelitian; langkah dan desain penelitian kuantitatif, kualitatif, campuran, kebijakan, R&D; menentukan indentifikasi masalah, menyusun instrument penelitian kuantitatif dan kualitatif; mengumpulkan data penelitian; dan analisis data penelitian kuantitatif dan kualitatif. Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian tesis

Learning Outcomes

CPMK1

Mengidentifikasi dan mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis  bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya  untuk memecahkan masalah dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin (P3, KU4).

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan berdasarkan analisis informasi dan data yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan atau kebutuhan masyarakat melalui internalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8, P4).

CPMK3

Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin serta mendokumentasikan data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi (KU8, KK4).

References

  1. Creswell, J. 2015. Riset Pendidikan (terjemahan). Jakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Hoy, W.K dan Miskel, C.G. 2014. Administrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Machali, Imam dan Hidayat, Ara. 2016. The Handbook of Educational Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.
  4. Nugroho, R. 2013. Penelitian Kebijakan. Jakarta: Pustaka Pelajar.  
  5. Sugiyono. 201 Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
  6. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kebijakan. Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Metodologi Penelitian merupakan mata kuliah dasar program pascasarjana dan sifatnya wajib ditempuh bagi mahasiswa S2 Manajemen Pendidikan dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini mengkaji ruang lingkup penelitian manajemen pendidikan; jenis dan desain penelitian; langkah dan desain penelitian kuantitatif, kualitatif, campuran, kebijakan, R&D; menentukan indentifikasi masalah, menyusun instrument penelitian kuantitatif dan kualitatif; mengumpulkan data penelitian; dan analisis data penelitian kuantitatif dan kualitatif. Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian tesis

Learning Outcomes

CPMK1

Mengidentifikasi dan mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis  bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya  untuk memecahkan masalah dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin (P3, KU4).

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan berdasarkan analisis informasi dan data yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan atau kebutuhan masyarakat melalui internalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8, P4).

CPMK3

Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin serta mendokumentasikan data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi (KU8, KK4).

References

  1. Creswell, J. 2015. Riset Pendidikan (terjemahan). Jakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Hoy, W.K dan Miskel, C.G. 2014. Administrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Machali, Imam dan Hidayat, Ara. 2016. The Handbook of Educational Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.
  4. Nugroho, R. 2013. Penelitian Kebijakan. Jakarta: Pustaka Pelajar.  
  5. Sugiyono. 201 Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
  6. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kebijakan. Bandung: Alfabeta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji ruang lingkup penelitian manajemen pendidikan, jenis-jenis penelitian manajemen pendidikan, desain dan langkah penelitian manajemen pendidikan, dan sistematika penelitian (proposal dan pelaporan)

Learning Outcomes

CPMK1:

Mengidentifikasi dan mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis  bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya  untuk memecahkan masalah dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.

CPMK2:

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan berdasarkan analisis informasi dan data yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan atau kebutuhan masyarakat melalui internalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

CPMK 3:

Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin serta mendokumentasikan data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

References

Arikunto, Suharsimi,2002. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta,

Creswell, J. 2015. Riset Pendidikan. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Fraenkel & Wallen,2003.How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey & Sons

Hadi, Sutrisno, 2006. Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset,

Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., 1998. Marketing Research, 4th edition, New York: Jhon Willey & Sons, 

Kerlinger, F.N., 2008. Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press,.

Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Nugroho, R. 2013. Penelitian Kebijakan. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Singarimbun, M. & Effendi, S.,1987. Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES,  

Soeratno, 2011.Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka,

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta

Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif. Wiriatama, Rochiati., Metode Penelitian

Moleong, L.J. 2003. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji ruang lingkup penelitian manajemen pendidikan, jenis-jenis penelitian manajemen pendidikan, desain dan langkah penelitian manajemen pendidikan, dan sistematika penelitian (proposal dan pelaporan)

Learning Outcomes

CPMK1:

Mengidentifikasi dan mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis  bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya  untuk memecahkan masalah dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.

CPMK2:

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan berdasarkan analisis informasi dan data yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan atau kebutuhan masyarakat melalui internalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

CPMK 3:

Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin serta mendokumentasikan data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

References

Arikunto, Suharsimi,2002. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta,

Creswell, J. 2015. Riset Pendidikan. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Fraenkel & Wallen,2003.How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey & Sons

Hadi, Sutrisno, 2006. Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset,

Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., 1998. Marketing Research, 4th edition, New York: Jhon Willey & Sons, 

Kerlinger, F.N., 2008. Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press,.

Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Nugroho, R. 2013. Penelitian Kebijakan. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Singarimbun, M. & Effendi, S.,1987. Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES,  

Soeratno, 2011.Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka,

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta

Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif. Wiriatama, Rochiati., Metode Penelitian

Moleong, L.J. 2003. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji ruang lingkup penelitian manajemen pendidikan, jenis-jenis penelitian manajemen pendidikan, desain dan langkah penelitian manajemen pendidikan, dan sistematika penelitian (proposal dan pelaporan)

Learning Outcomes

CPMK1:

Mengidentifikasi dan mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis  bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya  untuk memecahkan masalah dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.

CPMK2:

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan berdasarkan analisis informasi dan data yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan atau kebutuhan masyarakat melalui internalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

CPMK 3:

Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin serta mendokumentasikan data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

References

Arikunto, Suharsimi,2002. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta,

Creswell, J. 2015. Riset Pendidikan. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Fraenkel & Wallen,2003.How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey & Sons

Hadi, Sutrisno, 2006. Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset,

Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., 1998. Marketing Research, 4th edition, New York: Jhon Willey & Sons, 

Kerlinger, F.N., 2008. Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press,.

Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Nugroho, R. 2013. Penelitian Kebijakan. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Singarimbun, M. & Effendi, S.,1987. Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES,  

Soeratno, 2011.Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka,

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta

Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif. Wiriatama, Rochiati., Metode Penelitian

Moleong, L.J. 2003. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji ruang lingkup penelitian manajemen pendidikan, jenis-jenis penelitian manajemen pendidikan, desain dan langkah penelitian manajemen pendidikan, dan sistematika penelitian (proposal dan pelaporan)

Learning Outcomes

CPMK1:

Mengidentifikasi dan mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis  bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya  untuk memecahkan masalah dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.

CPMK2:

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan berdasarkan analisis informasi dan data yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan atau kebutuhan masyarakat melalui internalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

CPMK 3:

Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin serta mendokumentasikan data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

References

Arikunto, Suharsimi,2002. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta,

Creswell, J. 2015. Riset Pendidikan. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Fraenkel & Wallen,2003.How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey & Sons

Hadi, Sutrisno, 2006. Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset,

Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., 1998. Marketing Research, 4th edition, New York: Jhon Willey & Sons, 

Kerlinger, F.N., 2008. Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press,.

Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Nugroho, R. 2013. Penelitian Kebijakan. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Singarimbun, M. & Effendi, S.,1987. Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES,  

Soeratno, 2011.Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka,

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta

Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif. Wiriatama, Rochiati., Metode Penelitian

Moleong, L.J. 2003. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya


Details ...