Metodologi Penelitian, Curriculum : 2016


Courser in EnglishRESEARCH METHODOLOGY
ProgramManajemen Pendidikan
SKS3 SKS
RPS49 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji ruang lingkup penelitian manajemen pendidikan, jenis-jenis penelitian manajemen pendidikan, desain dan langkah penelitian manajemen pendidikan, dan sistematika penelitian (proposal dan pelaporan)

Learning Outcomes

CPMK1:

Mengidentifikasi dan mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis  bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya  untuk memecahkan masalah dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.

CPMK2:

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan berdasarkan analisis informasi dan data yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan atau kebutuhan masyarakat melalui internalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

CPMK 3:

Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin serta mendokumentasikan data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

References

Arikunto, Suharsimi,2002. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta,

Creswell, J. 2015. Riset Pendidikan. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Fraenkel & Wallen,2003.How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey & Sons

Hadi, Sutrisno, 2006. Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset,

Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., 1998. Marketing Research, 4th edition, New York: Jhon Willey & Sons, 

Kerlinger, F.N., 2008. Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press,.

Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Nugroho, R. 2013. Penelitian Kebijakan. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Singarimbun, M. & Effendi, S.,1987. Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES,  

Soeratno, 2011.Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka,

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta

Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif. Wiriatama, Rochiati., Metode Penelitian

Moleong, L.J. 2003. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji ruang lingkup penelitian manajemen pendidikan, jenis-jenis penelitian manajemen pendidikan, desain dan langkah penelitian manajemen pendidikan, dan sistematika penelitian (proposal dan pelaporan)

Learning Outcomes

CPMK1:

Mengidentifikasi dan mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis  bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya  untuk memecahkan masalah dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.

CPMK2:

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan berdasarkan analisis informasi dan data yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan atau kebutuhan masyarakat melalui internalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

CPMK 3:

Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin serta mendokumentasikan data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

References

Arikunto, Suharsimi,2002. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta,

Creswell, J. 2015. Riset Pendidikan. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Fraenkel & Wallen,2003.How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey & Sons

Hadi, Sutrisno, 2006. Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset,

Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., 1998. Marketing Research, 4th edition, New York: Jhon Willey & Sons, 

Kerlinger, F.N., 2008. Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press,.

Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Nugroho, R. 2013. Penelitian Kebijakan. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Singarimbun, M. & Effendi, S.,1987. Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES,  

Soeratno, 2011.Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka,

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta

Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif. Wiriatama, Rochiati., Metode Penelitian

Moleong, L.J. 2003. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji ruang lingkup penelitian manajemen pendidikan, jenis-jenis penelitian manajemen pendidikan, desain dan langkah penelitian manajemen pendidikan, dan sistematika penelitian (proposal dan pelaporan)

Learning Outcomes

CPMK1:

Mengidentifikasi dan mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis  bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya  untuk memecahkan masalah dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.

CPMK2:

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan berdasarkan analisis informasi dan data yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan atau kebutuhan masyarakat melalui internalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

CPMK 3:

Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin serta mendokumentasikan data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

References

Arikunto, Suharsimi,2002. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta,

Creswell, J. 2015. Riset Pendidikan. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Fraenkel & Wallen,2003.How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey & Sons

Hadi, Sutrisno, 2006. Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset,

Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., 1998. Marketing Research, 4th edition, New York: Jhon Willey & Sons, 

Kerlinger, F.N., 2008. Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press,.

Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Nugroho, R. 2013. Penelitian Kebijakan. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Singarimbun, M. & Effendi, S.,1987. Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES,  

Soeratno, 2011.Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka,

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta

Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif. Wiriatama, Rochiati., Metode Penelitian

Moleong, L.J. 2003. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah yang mengkaji dasar, metode, dan pelaksanaan penelitian manajemen pendidikan kuantitatif, kualitatif, penelitian kebijakan, mix method, dan R&D.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran : Mahasiswa dapat menjelaskan dapat menjelaskan ruang lingkup penelitian manajemen pendidikan, jenis-jenis penelitian manajemen pendidikan, desain-desain penelitian manajemen pendidikan, dan mampu menyusun proposal penelitian tesis.

Capaian Mata Kuliah: Mahasiswa dapat menyusun proposal penelitian tesis sesuai dengan selingkung di Program Pascasarjana Universitas PGRI Semarang.

References

  • Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
  • Creswell, J. 2015. Riset Pendidikan. Jakarta: Pustaka Pelajar.
  • Fraenkel & Wallen, How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey & Sons, 1993.
  • Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset, 1988.
  • Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., Marketing Research, 4th edition, New York: Jhon Willey & Sons, 1998.
  • Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
  • Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.
  • Nugroho, R. 2013. Penelitian Kebijakan. Jakarta: Pustaka Pelajar.
  • Singarimbun, M. & Effendi, S., Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES, 1987.
  • Soeratno, Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka, 1987.
  • Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  • Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta
  • Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif
  • Wiriatama, Rochiati., Metode Penelitian
  • Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah yang mengkaji dasar, metode, dan pelaksanaan penelitian manajemen pendidikan kuantitatif, kualitatif, penelitian kebijakan, mix method, dan R&D.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran : Mahasiswa dapat menjelaskan dapat menjelaskan ruang lingkup penelitian manajemen pendidikan, jenis-jenis penelitian manajemen pendidikan, desain-desain penelitian manajemen pendidikan, dan mampu menyusun proposal penelitian tesis.

Capaian Mata Kuliah: Mahasiswa dapat menyusun proposal penelitian tesis sesuai dengan selingkung di Program Pascasarjana Universitas PGRI Semarang.

References

  • Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
  • Creswell, J. 2015. Riset Pendidikan. Jakarta: Pustaka Pelajar.
  • Fraenkel & Wallen, How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey & Sons, 1993.
  • Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset, 1988.
  • Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., Marketing Research, 4th edition, New York: Jhon Willey & Sons, 1998.
  • Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
  • Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.
  • Nugroho, R. 2013. Penelitian Kebijakan. Jakarta: Pustaka Pelajar.
  • Singarimbun, M. & Effendi, S., Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES, 1987.
  • Soeratno, Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka, 1987.
  • Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  • Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta
  • Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif
  • Wiriatama, Rochiati., Metode Penelitian
  • Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah yang mengkaji dasar, metode, dan pelaksanaan penelitian manajemen pendidikan kuantitatif, kualitatif, penelitian kebijakan, mix method, dan R&D.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran : Mahasiswa dapat menjelaskan dapat menjelaskan ruang lingkup penelitian manajemen pendidikan, jenis-jenis penelitian manajemen pendidikan, desain-desain penelitian manajemen pendidikan, dan mampu menyusun proposal penelitian tesis.

Capaian Mata Kuliah: Mahasiswa dapat menyusun proposal penelitian tesis sesuai dengan selingkung di Program Pascasarjana Universitas PGRI Semarang.

References

  • Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
  • Creswell, J. 2015. Riset Pendidikan. Jakarta: Pustaka Pelajar.
  • Fraenkel & Wallen, How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey & Sons, 1993.
  • Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset, 1988.
  • Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., Marketing Research, 4th edition, New York: Jhon Willey & Sons, 1998.
  • Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
  • Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.
  • Nugroho, R. 2013. Penelitian Kebijakan. Jakarta: Pustaka Pelajar.
  • Singarimbun, M. & Effendi, S., Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES, 1987.
  • Soeratno, Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka, 1987.
  • Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  • Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta
  • Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif
  • Wiriatama, Rochiati., Metode Penelitian
  • Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah yang mengkaji dasar, metode, dan pelaksanaan penelitian manajemen pendidikan kuantitatif, kualitatif, penelitian kebijakan, mix method, dan R&D.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran : Mahasiswa dapat menjelaskan dapat menjelaskan ruang lingkup penelitian manajemen pendidikan, jenis-jenis penelitian manajemen pendidikan, desain-desain penelitian manajemen pendidikan, dan mampu menyusun proposal penelitian tesis.

Capaian Mata Kuliah: Mahasiswa dapat menyusun proposal penelitian tesis sesuai dengan selingkung di Program Pascasarjana Universitas PGRI Semarang.

References

  • Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
  • Creswell, J. 2015. Riset Pendidikan. Jakarta: Pustaka Pelajar.
  • Fraenkel & Wallen, How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey & Sons, 1993.
  • Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset, 1988.
  • Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., Marketing Research, 4th edition, New York: Jhon Willey & Sons, 1998.
  • Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
  • Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.
  • Nugroho, R. 2013. Penelitian Kebijakan. Jakarta: Pustaka Pelajar.
  • Singarimbun, M. & Effendi, S., Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES, 1987.
  • Soeratno, Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka, 1987.
  • Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  • Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta
  • Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif
  • Wiriatama, Rochiati., Metode Penelitian
  • Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah yang mengkaji dasar, metode, dan pelaksanaan penelitian manajemen pendidikan kuantitatif, kualitatif, penelitian kebijakan, mix method, dan R&D.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran : Mahasiswa dapat menjelaskan dapat menjelaskan ruang lingkup penelitian manajemen pendidikan, jenis-jenis penelitian manajemen pendidikan, desain-desain penelitian manajemen pendidikan, dan mampu menyusun proposal penelitian tesis.

Capaian Mata Kuliah: Mahasiswa dapat menyusun proposal penelitian tesis sesuai dengan selingkung di Program Pascasarjana Universitas PGRI Semarang.

References

  • Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
  • Creswell, J. 2015. Riset Pendidikan. Jakarta: Pustaka Pelajar.
  • Fraenkel & Wallen, How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey & Sons, 1993.
  • Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset, 1988.
  • Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., Marketing Research, 4th edition, New York: Jhon Willey & Sons, 1998.
  • Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
  • Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.
  • Nugroho, R. 2013. Penelitian Kebijakan. Jakarta: Pustaka Pelajar.
  • Singarimbun, M. & Effendi, S., Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES, 1987.
  • Soeratno, Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka, 1987.
  • Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  • Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta
  • Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif
  • Wiriatama, Rochiati., Metode Penelitian
  • Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

 


Details ...
Course Descriptions

Kajian mata kuliah ini  meliputi konsep, karakteristik, dan teknik  metode ilmiah, alamiah, penelitian dan pengembangan serta penelitian dengan metode gabungan (mixed methode), dan dapat mengembangkan dan mengimplementasikannya dalam menyelesaikan/ memecahkan masalah melalui kegiatan penelitian yang diujudkan dalam tesis.

Learning Outcomes

Sikap dan Tata Nilai

  1. Percaya akan keagungan Tuhan atas alam dan seisiny
  2. Berkarya dengan menjunjung tinggi norma dan etika.
  3. Bekerja dengan teliti, sungguh-sungguh, dan dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban bangsa.
  4. Menghargai keberagaman pandangan/pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  5. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  7. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

Keterampilan Umum

  1. Mampu  Mampu mengidentifikasi masalah-masalah strategis yang menjadi obyek penelitian, dan memposisikan ke dalam peta penelitian.
  2. Mampu melaksanakan dan mengembangkan penelitian manajemen pendidikan dengan pendekatan multi disipliner pada  lingkup nasional dan internasional.

 

Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai teori, konsep, dan prinsip serta teknis implementasinya dalam penelitian manajemen pendidikan pada satuan pendidikan formal pada jenjang pendidikan dasar dan menengah maupun non formal.
  2. Mengembangkan teori, konsep, dan prinsip serta teknis implementasinya dalam penelitian manajemen pendidikan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan pasar.
  3. Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pendidikan dengan menerapkan keahlian bidang manajemen pendidikan pada satuan pendidikan formal maupun non formal.

Keterampilan Khusus

  1. Melaksanakan penelitian manajemen pendidikan pada satuan pendidikan formal pada jenjang pendidikan dasar dan menengah dan non formal
  2. Melaksanakan penelitian manajemen pendidikan pada lembaga pendidikan, messo, makro, dan lembaga lainnya.

References

Anonim. Pedoman Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Malang: Universitas Negeri Malang, 2002.

Anonim. Pedoman Penulisan Tesis. Semarang: PPs IKIP PGRI Semarang, 2012.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta, 1992.

Fraenkel & Wallen. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: Jhon Willey & Sons, 1993.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.

Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.

Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif

Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition.


Details ...
Course Descriptions

Pembelajaran pada mata kuliah ini berisi tentang pengembangan pengetahuan penyusunan proposal penelitian Manajemen Pendidikan dengan menggunakan metode kualitatif, kuantitatif, mix method, dan R&D. Pengembangan pengetahuan dan pemahaman didasari dari kajian 1) pemilihan judul,penelitian, latar belakang masalah, identifikasi, batasan, dan rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian. 2) Kajian teori,: konsep, prinsip, proposisi, teori. Cara merujuk teori, sumber teori/ kajian, penulisan kutipan, hasil penelitian relevan, dan kerangka berpikir. 3)Metode penelitian: jenis penelitian, tempat dan waktu (setting), populasi dan sampel, teknik sampling, metode pengumpulan data, teknik analisis data, dan teknikpengecekan  keabsahan data (meliputi penelitian kuantitatif dan kualitatif). 4)Kajian jenis penelitian kuantitatif: deskriptif, korelasional, dan kausal efek. 5) Kajian jenis penelitian kuantitatif: eksperimen, dan ekspost fakto (kausal komparatif), 6) Kajian jenis penelitian kualitatif: Naturalistik fenomenologis, dan studi kasus. 7) Kajian jenis penelitian kualitatif: gruonded theory,  etnography, dan naratif . 8) Kajian jenis penelitian gabungan (mixed methode): concurrent dan sequential. 9) Kajian jenis penelitian R&D (Research and Development): Model Borg&Gall, model ADDIE, dan model 4D. 10) Teknik analis data semua jenis penelitian dan penulisan laporan penelitian.

Learning Outcomes

Sikap : Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila; menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

Pengetahuan: Menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi dalam perencanaan strategik untuk memecahkan masalah dan isu-isu  dalam manajemen pendidikan; menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori di dalam manajemen pendidikan melalui pendekatan multidisiplin; 

Ketrampilan: mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi; mampu mengidentifikasi dan mengembangkan bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitian dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin; mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan manajemen pendidikan berdasarkan kajian, analisis atau eksperimental terhdp informasi dan data; mampu menuangkan pemikiran logis dalam menyusun rancangan penelitian dan melaksanakannya dengan berbagai metode dan pendekatan kualitatif, kuantitatif, mix method, dan research and development (R & D).

 

References

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2013. Manajemen Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Fraenkel & Wallen, 2004. How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey

Kerlinger, F.N.,2001. Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.

Hadi, Sutrisno. 2008. Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset.

Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., Marketing Research, 4th edition, New York: Jhon Willey & Sons.  

Moleong, L.J. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Singarimbun, M. & Effendi, S., Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES.

Soeratno, Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka.

 

 

 

Tyler & Bogdan. 2004. Asas-Asas Penelitian Kualitatif.  


Details ...
Course Descriptions

Kajian mata kuliah ini  meliputi konsep, karakteristik, dan teknik  metode ilmiah, alamiah, penelitian dan pengembangan serta penelitian dengan metode gabungan (mixed methode), dan dapat mengembangkan dan mengimplementasikannya dalam menyelesaikan/ memecahkan masalah melalui kegiatan penelitian yang diujudkan dalam tesis.

Learning Outcomes

A. Sikap dan Tata Nilai

  1. Percaya akan keagungan Tuhan atas alam dan seisinya.
  2. Berkarya dengan menjunjung tinggi norma dan etika.
  3. Bekerja dengan teliti, sungguh-sungguh, dan dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban bangsa.
  4. Menghargai keberagaman pandangan/pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  5. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  7. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

 

B. Keterampilan Umum

  1. Mampu  Mampu mengidentifikasi masalah-masalah strategis yang menjadi obyek penelitian, dan memposisikan ke dalam peta penelitian.
  2. Mampu melaksanakan dan mengembangkan penelitian manajemen pendidikan dengan pendekatan multi disipliner pada  lingkup nasional dan internasional.

 

C. Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai teori, konsep, dan prinsip serta teknis implementasinya dalam penelitian manajemen pendidikan pada satuan pendidikan formal pada jenjang pendidikan dasar dan menengah maupun non formal.
  2. Mengembangkan teori, konsep, dan prinsip serta teknis implementasinya dalam penelitian manajemen pendidikan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan pasar.
  3. Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pendidikan dengan menerapkan keahlian bidang manajemen pendidikan pada satuan pendidikan formal maupun non formal.

 

D. Keterampilan Khusus

  1. Melaksanakan penelitian manajemen pendidikan pada satuan pendidikan formal pada jenjang pendidikan dasar dan menengah dan non formal
  2. Melaksanakan penelitian manajemen pendidikan pada lembaga pendidikan, messo, makro, dan lembaga lainnya.

References

  1. Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
  2. Fraenkel & Wallen, How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey & Sons, 1993.
  3. Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset, 1988.
  4. Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., Marketing Research, 4th edition, New York: Jhon Willey & Sons, 1998.
  5. Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
  6. Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.
  7. Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
  8. Singarimbun, M. & Effendi, S., Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES, 1987.
  9. Soeratno, Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka, 1987.
  10. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  11. Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif
  12. Wiriatama, Rochiati., Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.


Details ...
Course Descriptions

Kajian mata kuliah ini  meliputi konsep, karakteristik, dan teknik  metode ilmiah, alamiah, penelitian dan pengembangan serta penelitian dengan metode gabungan (mixed methode), dan dapat mengembangkan dan mengimplementasikannya dalam menyelesaikan/ memecahkan masalah melalui kegiatan penelitian yang diujudkan dalam tesis.

Learning Outcomes

A. Sikap dan Tata Nilai

  1. Percaya akan keagungan Tuhan atas alam dan seisinya.
  2. Berkarya dengan menjunjung tinggi norma dan etika.
  3. Bekerja dengan teliti, sungguh-sungguh, dan dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban bangsa.
  4. Menghargai keberagaman pandangan/pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  5. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  7. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

 

B. Keterampilan Umum

  1. Mampu  Mampu mengidentifikasi masalah-masalah strategis yang menjadi obyek penelitian, dan memposisikan ke dalam peta penelitian.
  2. Mampu melaksanakan dan mengembangkan penelitian manajemen pendidikan dengan pendekatan multi disipliner pada  lingkup nasional dan internasional.

 

C. Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai teori, konsep, dan prinsip serta teknis implementasinya dalam penelitian manajemen pendidikan pada satuan pendidikan formal pada jenjang pendidikan dasar dan menengah maupun non formal.
  2. Mengembangkan teori, konsep, dan prinsip serta teknis implementasinya dalam penelitian manajemen pendidikan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan pasar.
  3. Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pendidikan dengan menerapkan keahlian bidang manajemen pendidikan pada satuan pendidikan formal maupun non formal.

 

D. Keterampilan Khusus

  1. Melaksanakan penelitian manajemen pendidikan pada satuan pendidikan formal pada jenjang pendidikan dasar dan menengah dan non formal
  2. Melaksanakan penelitian manajemen pendidikan pada lembaga pendidikan, messo, makro, dan lembaga lainnya.

References

  1. Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
  2. Fraenkel & Wallen, How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey & Sons, 1993.
  3. Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset, 1988.
  4. Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., Marketing Research, 4th edition, New York: Jhon Willey & Sons, 1998.
  5. Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
  6. Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.
  7. Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
  8. Singarimbun, M. & Effendi, S., Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES, 1987.
  9. Soeratno, Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka, 1987.
  10. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  11. Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif
  12. Wiriatama, Rochiati., Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.


Details ...