Metodologi Penelitian, Curriculum : 2016


Courser in EnglishRESEARCH METHODOLOGY
ProgramManajemen Pendidikan
SKS3 SKS
RPS49 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Kajian mata kuliah ini  meliputi konsep, karakteristik, dan teknik  metode ilmiah, alamiah, penelitian dan pengembangan serta penelitian dengan metode gabungan (mixed methode), dan dapat mengembangkan dan mengimplementasikannya dalam menyelesaikan/ memecahkan masalah melalui kegiatan penelitian yang diujudkan dalam tesis.

Learning Outcomes

A. Sikap dan Tata Nilai

  1. Percaya akan keagungan Tuhan atas alam dan seisinya.
  2. Berkarya dengan menjunjung tinggi norma dan etika.
  3. Bekerja dengan teliti, sungguh-sungguh, dan dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban bangsa.
  4. Menghargai keberagaman pandangan/pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  5. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  7. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

 

B. Keterampilan Umum

  1. Mampu  Mampu mengidentifikasi masalah-masalah strategis yang menjadi obyek penelitian, dan memposisikan ke dalam peta penelitian.
  2. Mampu melaksanakan dan mengembangkan penelitian manajemen pendidikan dengan pendekatan multi disipliner pada  lingkup nasional dan internasional.

 

C. Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai teori, konsep, dan prinsip serta teknis implementasinya dalam penelitian manajemen pendidikan pada satuan pendidikan formal pada jenjang pendidikan dasar dan menengah maupun non formal.
  2. Mengembangkan teori, konsep, dan prinsip serta teknis implementasinya dalam penelitian manajemen pendidikan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan pasar.
  3. Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pendidikan dengan menerapkan keahlian bidang manajemen pendidikan pada satuan pendidikan formal maupun non formal.

 

D. Keterampilan Khusus

  1. Melaksanakan penelitian manajemen pendidikan pada satuan pendidikan formal pada jenjang pendidikan dasar dan menengah dan non formal
  2. Melaksanakan penelitian manajemen pendidikan pada lembaga pendidikan, messo, makro, dan lembaga lainnya.

References

  1. Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
  2. Fraenkel & Wallen, How to Design and Evaluate Research in Education, New York: Jhon Willey & Sons, 1993.
  3. Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset, 1988.
  4. Haker, A. David; Kumara, V. & Day, George S., Marketing Research, 4th edition, New York: Jhon Willey & Sons, 1998.
  5. Kerlinger, F.N., Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.
  6. Kusnaedi. 2008. Model-Model Persamaan Struktural. Bandung: Penerbit Alfabeta.
  7. Moleong, L.J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
  8. Singarimbun, M. & Effendi, S., Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES, 1987.
  9. Soeratno, Metodologi Riset Khusus, Jakarta: Karunika – Universitas Terbuka, 1987.
  10. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
  11. Tyler & Bogdan. 1994. Asas-Asas Penelitian Kualitatif
  12. Wiriatama, Rochiati., Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.


Details ...