Courser in English | EDUCATIONAL QUALITY MANAGEMENT |
Program | Manajemen Pendidikan |
SKS | 2 SKS |
RPS | 55 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kema mpuan dalam menganalisis permasalahan statistik yang muncul dalam kegiata n pembelajaran disekolah ataupun dalam penelitian pendidikan. Sehingga diharap kan dapat menjadi dasar bagi mahasiswa sebagai uji statistik yang layak untuk dijadikan bahan uji dalam penelitian tesis.
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah statistika, mahasiswa mampu:
CPM K1 |
Mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitian, memposisikan dalam peta penelitian, dan menganalisis hasil sintesis teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan dalam pengembangan sistem pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang secara efektif, efisien, dan mandiri melalui pendekatan interdisiplin/ multi disiplin. ( P5, KU4, S9) |
CPM K 2 |
Mengidentifikasi dan menganalisis bidang keilmuan yang menjadi objek penelitian pengembangan dan memposisikan ke dalam suatu skema penyelesaian masalah yang lebih menyeluruh dan bersifat interdisiplin dan multidisiplin sebagai bentuk implementasi pengelolaan pembelajaran pada tingkat pendidikan tinggi. ESD (P6, KK2) |
CPM K 3 |
Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin serta mendokumentasikan data hasil penelitian dalam menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. (KU8, KK4) |
A. Azwar Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
B. Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.
C. Kerlinger, F.N., 1998. Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
D. Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.
E. Muh. Prayito, Nizaruddin dan Andani. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match Dan Problem Posing Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Imajinaer volume 3 Noomor 3, ISSN 258-264
F. Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
G. Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
H. Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta
I. Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press
J. Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.
K. Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3 rd edition.
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kema mpuan dalam menganalisis permasalahan statistik yang muncul dalam kegiata n pembelajaran disekolah ataupun dalam penelitian pendidikan. Sehingga diharap kan dapat menjadi dasar bagi mahasiswa sebagai uji statistik yang layak untuk dijadikan bahan uji dalam penelitian tesis.
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah statistika, mahasiswa mampu:
CPM K1 |
Mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitian, memposisikan dalam peta penelitian, dan menganalisis hasil sintesis teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan dalam pengembangan sistem pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang secara efektif, efisien, dan mandiri melalui pendekatan interdisiplin/ multi disiplin. ( P5, KU4, S9) |
CPM K 2 |
Mengidentifikasi dan menganalisis bidang keilmuan yang menjadi objek penelitian pengembangan dan memposisikan ke dalam suatu skema penyelesaian masalah yang lebih menyeluruh dan bersifat interdisiplin dan multidisiplin sebagai bentuk implementasi pengelolaan pembelajaran pada tingkat pendidikan tinggi. ESD (P6, KK2) |
CPM K 3 |
Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin serta mendokumentasikan data hasil penelitian dalam menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. (KU8, KK4) |
A. Azwar Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
B. Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.
C. Kerlinger, F.N., 1998. Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
D. Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.
E. Muh. Prayito, Nizaruddin dan Andani. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match Dan Problem Posing Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Imajinaer volume 3 Noomor 3, ISSN 258-264
F. Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
G. Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
H. Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta
I. Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press
J. Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.
K. Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3 rd edition.
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kema mpuan dalam menganalisis permasalahan statistik yang muncul dalam kegiata n pembelajaran disekolah ataupun dalam penelitian pendidikan. Sehingga diharap kan dapat menjadi dasar bagi mahasiswa sebagai uji statistik yang layak untuk dijadikan bahan uji dalam penelitian tesis.
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah statistika, mahasiswa mampu:
CPM K1 |
Mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitian, memposisikan dalam peta penelitian, dan menganalisis hasil sintesis teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan dalam pengembangan sistem pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang secara efektif, efisien, dan mandiri melalui pendekatan interdisiplin/ multi disiplin. ( P5, KU4, S9) |
CPM K 2 |
Mengidentifikasi dan menganalisis bidang keilmuan yang menjadi objek penelitian pengembangan dan memposisikan ke dalam suatu skema penyelesaian masalah yang lebih menyeluruh dan bersifat interdisiplin dan multidisiplin sebagai bentuk implementasi pengelolaan pembelajaran pada tingkat pendidikan tinggi. ESD (P6, KK2) |
CPM K 3 |
Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin serta mendokumentasikan data hasil penelitian dalam menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. (KU8, KK4) |
A. Azwar Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
B. Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.
C. Kerlinger, F.N., 1998. Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
D. Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.
E. Muh. Prayito, Nizaruddin dan Andani. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match Dan Problem Posing Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Imajinaer volume 3 Noomor 3, ISSN 258-264
F. Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
G. Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
H. Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta
I. Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press
J. Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.
K. Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3 rd edition.
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kema mpuan dalam menganalisis permasalahan statistik yang muncul dalam kegiata n pembelajaran disekolah ataupun dalam penelitian pendidikan. Sehingga diharap kan dapat menjadi dasar bagi mahasiswa sebagai uji statistik yang layak untuk dijadikan bahan uji dalam penelitian tesis.
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah statistika, mahasiswa mampu:
CPM K1 |
Mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitian, memposisikan dalam peta penelitian, dan menganalisis hasil sintesis teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan dalam pengembangan sistem pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang secara efektif, efisien, dan mandiri melalui pendekatan interdisiplin/ multi disiplin. ( P5, KU4, S9) |
CPM K 2 |
Mengidentifikasi dan menganalisis bidang keilmuan yang menjadi objek penelitian pengembangan dan memposisikan ke dalam suatu skema penyelesaian masalah yang lebih menyeluruh dan bersifat interdisiplin dan multidisiplin sebagai bentuk implementasi pengelolaan pembelajaran pada tingkat pendidikan tinggi. ESD (P6, KK2) |
CPM K 3 |
Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin serta mendokumentasikan data hasil penelitian dalam menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. (KU8, KK4) |
A. Azwar Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
B. Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.
C. Kerlinger, F.N., 1998. Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
D. Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.
E. Muh. Prayito, Nizaruddin dan Andani. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match Dan Problem Posing Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Imajinaer volume 3 Noomor 3, ISSN 258-264
F. Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
G. Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
H. Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta
I. Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press
J. Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.
K. Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3 rd edition.
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kema mpuan dalam menganalisis permasalahan statistik yang muncul dalam kegiata n pembelajaran disekolah ataupun dalam penelitian pendidikan. Sehingga diharap kan dapat menjadi dasar bagi mahasiswa sebagai uji statistik yang layak untuk dijadikan bahan uji dalam penelitian tesis.
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah statistika, mahasiswa mampu:
CPM K1 |
Mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitian, memposisikan dalam peta penelitian, dan menganalisis hasil sintesis teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan dalam pengembangan sistem pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang secara efektif, efisien, dan mandiri melalui pendekatan interdisiplin/ multi disiplin. ( P5, KU4, S9) |
CPM K 2 |
Mengidentifikasi dan menganalisis bidang keilmuan yang menjadi objek penelitian pengembangan dan memposisikan ke dalam suatu skema penyelesaian masalah yang lebih menyeluruh dan bersifat interdisiplin dan multidisiplin sebagai bentuk implementasi pengelolaan pembelajaran pada tingkat pendidikan tinggi. ESD (P6, KK2) |
CPM K 3 |
Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin serta mendokumentasikan data hasil penelitian dalam menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. (KU8, KK4) |
A. Azwar Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
B. Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.
C. Kerlinger, F.N., 1998. Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
D. Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.
E. Muh. Prayito, Nizaruddin dan Andani. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match Dan Problem Posing Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Imajinaer volume 3 Noomor 3, ISSN 258-264
F. Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
G. Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
H. Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta
I. Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press
J. Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.
K. Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3 rd edition.
Details ...
Mata kuliah manajemen mutu pendidikan membahas konsep mutu, filosofi mutu, penjaminan mutu dan manajemen mutu terpadu dalam konteks satuan Pendidikan, Standar mutu pendidikan, organisasi mutu pendidikan, Instrumen dan teknik peningkatan mutu, perencanaan strategis mutu pendidikan. Mengkaji mutu Pendidikan dan permasalahannya sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik dalam Pendidikan Nasional, sehingga mahasiswa mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan Pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multidisiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu Pendidikan
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah manajemen mutu pendidikan,mahasiswa mampu: |
||
CPMK1 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (P1). |
|
|
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika. (S2, P2, KU2). |
|
|
CPMK3 |
Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan. (S3, KK1, KK3). |
|
|
CPMK4 |
Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; (KK5). |
|
- UU No 20 Th. 2003 Sisdiknas
- UU No 14 Th. 2005 Guru dan Dosen.
- PP No. 12 Th 2005 – SNP
- Evans, James R & Lindsay, William M; 2008; The management and Control of Quality, 7th edition, South-western, Masson, OH-USA
- Lupiyoadi, Rambat, Hamdanai A 2006; Manajemen Pemasaran Jasa,Edisi 2, Penerbit Salemba Empat Jakarta
- Sallis,Edward; 2008: Total Quality Management in Education, alih bahasa Achmad Ali Riyadi dan Fahrurrrozi, Cetakan VIII, Penerbit IRCiSo Jogjakarta
- Tjiptono, F dan Chandra, G; 2007: Service, Quality & Satisfaction, Edisi 2 Penerbit Andi, Yogyakarta
8. Tjiptono, Fandy; 2008; Service Management: mewujudkan layanan prima, Penerbit Andi Yogyakarta
Details ...
Mata kuliah manajemen mutu pendidikan membahas konsep mutu, filosofi mutu, penjaminan mutu dan manajemen mutu terpadu dalam konteks satuan Pendidikan, Standar mutu pendidikan, organisasi mutu pendidikan, Instrumen dan teknik peningkatan mutu, perencanaan strategis mutu pendidikan. Mengkaji mutu Pendidikan dan permasalahannya sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik dalam Pendidikan Nasional, sehingga mahasiswa mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan Pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multidisiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu Pendidikan
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah manajemen mutu pendidikan,mahasiswa mampu: |
||
CPMK1 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (P1). |
|
|
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika. (S2, P2, KU2). |
|
|
CPMK3 |
Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan. (S3, KK1, KK3). |
|
|
CPMK4 |
Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; (KK5). |
|
- UU No 20 Th. 2003 Sisdiknas
- UU No 14 Th. 2005 Guru dan Dosen.
- PP No. 12 Th 2005 – SNP
- Evans, James R & Lindsay, William M; 2008; The management and Control of Quality, 7th edition, South-western, Masson, OH-USA
- Lupiyoadi, Rambat, Hamdanai A 2006; Manajemen Pemasaran Jasa,Edisi 2, Penerbit Salemba Empat Jakarta
- Sallis,Edward; 2008: Total Quality Management in Education, alih bahasa Achmad Ali Riyadi dan Fahrurrrozi, Cetakan VIII, Penerbit IRCiSo Jogjakarta
- Tjiptono, F dan Chandra, G; 2007: Service, Quality & Satisfaction, Edisi 2 Penerbit Andi, Yogyakarta
8. Tjiptono, Fandy; 2008; Service Management: mewujudkan layanan prima, Penerbit Andi Yogyakarta
Details ...
Mata kuliah manajemen mutu pendidikan membahas konsep mutu, filosofi mutu, penjaminan mutu dan manajemen mutu terpadu dalam konteks satuan Pendidikan, Standar mutu pendidikan, organisasi mutu pendidikan, Instrumen dan teknik peningkatan mutu, perencanaan strategis mutu pendidikan. Mengkaji mutu Pendidikan dan permasalahannya sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik dalam Pendidikan Nasional, sehingga mahasiswa mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan Pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multidisiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu Pendidikan
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah manajemen mutu pendidikan,mahasiswa mampu: |
||
CPMK1 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (P1). |
|
|
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika. (S2, P2, KU2). |
|
|
CPMK3 |
Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan. (S3, KK1, KK3). |
|
|
CPMK4 |
Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; (KK5). |
|
- UU No 20 Th. 2003 Sisdiknas
- UU No 14 Th. 2005 Guru dan Dosen.
- PP No. 12 Th 2005 – SNP
- Evans, James R & Lindsay, William M; 2008; The management and Control of Quality, 7th edition, South-western, Masson, OH-USA
- Lupiyoadi, Rambat, Hamdanai A 2006; Manajemen Pemasaran Jasa,Edisi 2, Penerbit Salemba Empat Jakarta
- Sallis,Edward; 2008: Total Quality Management in Education, alih bahasa Achmad Ali Riyadi dan Fahrurrrozi, Cetakan VIII, Penerbit IRCiSo Jogjakarta
- Tjiptono, F dan Chandra, G; 2007: Service, Quality & Satisfaction, Edisi 2 Penerbit Andi, Yogyakarta
8. Tjiptono, Fandy; 2008; Service Management: mewujudkan layanan prima, Penerbit Andi Yogyakarta
Details ...
Mata kuliah manajemen mutu pendidikan membahas konsep mutu, filosofi mutu, penjaminan mutu dan manajemen mutu terpadu dalam konteks satuan Pendidikan, Standar mutu pendidikan, organisasi mutu pendidikan, Instrumen dan teknik peningkatan mutu, perencanaan strategis mutu pendidikan. Mengkaji mutu Pendidikan dan permasalahannya sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik dalam Pendidikan Nasional, sehingga mahasiswa mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan Pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multidisiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu Pendidikan
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah manajemen mutu pendidikan,mahasiswa mampu: |
||
CPMK1 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (P1). |
|
|
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika. (S2, P2, KU2). |
|
|
CPMK3 |
Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan. (S3, KK1, KK3). |
|
|
CPMK4 |
Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; (KK5). |
|
- UU No 20 Th. 2003 Sisdiknas
- UU No 14 Th. 2005 Guru dan Dosen.
- PP No. 12 Th 2005 – SNP
- Evans, James R & Lindsay, William M; 2008; The management and Control of Quality, 7th edition, South-western, Masson, OH-USA
- Lupiyoadi, Rambat, Hamdanai A 2006; Manajemen Pemasaran Jasa,Edisi 2, Penerbit Salemba Empat Jakarta
- Sallis,Edward; 2008: Total Quality Management in Education, alih bahasa Achmad Ali Riyadi dan Fahrurrrozi, Cetakan VIII, Penerbit IRCiSo Jogjakarta
- Tjiptono, F dan Chandra, G; 2007: Service, Quality & Satisfaction, Edisi 2 Penerbit Andi, Yogyakarta
8. Tjiptono, Fandy; 2008; Service Management: mewujudkan layanan prima, Penerbit Andi Yogyakarta
Details ...
Mata kuliah manajemen mutu pendidikan membahas konsep mutu, filosofi mutu, penjaminan mutu dan manajemen mutu terpadu dalam konteks satuan Pendidikan, Standar mutu pendidikan, organisasi mutu pendidikan, Instrumen dan teknik peningkatan mutu, perencanaan strategis mutu pendidikan. Mengkaji mutu Pendidikan dan permasalahannya sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik dalam Pendidikan Nasional, sehingga mahasiswa mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan Pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multidisiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu Pendidikan
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah manajemen mutu pendidikan,mahasiswa mampu: |
||
CPMK1 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (P1). |
|
|
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika. (S2, P2, KU2). |
|
|
CPMK3 |
Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan. (S3, KK1, KK3). |
|
|
CPMK4 |
Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; (KK5). |
|
- UU No 20 Th. 2003 Sisdiknas
- UU No 14 Th. 2005 Guru dan Dosen.
- PP No. 12 Th 2005 – SNP
- Evans, James R & Lindsay, William M; 2008; The management and Control of Quality, 7th edition, South-western, Masson, OH-USA
- Lupiyoadi, Rambat, Hamdanai A 2006; Manajemen Pemasaran Jasa,Edisi 2, Penerbit Salemba Empat Jakarta
- Sallis,Edward; 2008: Total Quality Management in Education, alih bahasa Achmad Ali Riyadi dan Fahrurrrozi, Cetakan VIII, Penerbit IRCiSo Jogjakarta
- Tjiptono, F dan Chandra, G; 2007: Service, Quality & Satisfaction, Edisi 2 Penerbit Andi, Yogyakarta
8. Tjiptono, Fandy; 2008; Service Management: mewujudkan layanan prima, Penerbit Andi Yogyakarta
Details ...
Mata kuliah manajemen mutu pendidikan membahas konsep mutu, filosofi mutu, penjaminan mutu dan manajemen mutu terpadu dalam konteks satuan Pendidikan, Standar mutu pendidikan, organisasi mutu pendidikan, Instrumen dan teknik peningkatan mutu, perencanaan strategis mutu pendidikan. Mengkaji mutu Pendidikan dan permasalahannya sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik dalam Pendidikan Nasional, sehingga mahasiswa mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan Pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multidisiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu Pendidikan
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah manajemen mutu pendidikan,mahasiswa mampu: |
||
CPMK1 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (P1). |
|
|
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika. (S2, P2, KU2). |
|
|
CPMK3 |
Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan. (S3, KK1, KK3). |
|
|
CPMK4 |
Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; (KK5). |
|
- UU No 20 Th. 2003 Sisdiknas
- UU No 14 Th. 2005 Guru dan Dosen.
- PP No. 12 Th 2005 – SNP
- Evans, James R & Lindsay, William M; 2008; The management and Control of Quality, 7th edition, South-western, Masson, OH-USA
- Lupiyoadi, Rambat, Hamdanai A 2006; Manajemen Pemasaran Jasa,Edisi 2, Penerbit Salemba Empat Jakarta
- Sallis,Edward; 2008: Total Quality Management in Education, alih bahasa Achmad Ali Riyadi dan Fahrurrrozi, Cetakan VIII, Penerbit IRCiSo Jogjakarta
- Tjiptono, F dan Chandra, G; 2007: Service, Quality & Satisfaction, Edisi 2 Penerbit Andi, Yogyakarta
8. Tjiptono, Fandy; 2008; Service Management: mewujudkan layanan prima, Penerbit Andi Yogyakarta
Details ...
Mata kuliah manajemen mutu pendidikan membahas konsep mutu, filosofi mutu, penjaminan mutu dan manajemen mutu terpadu dalam konteks satuan Pendidikan, Standar mutu pendidikan, organisasi mutu pendidikan, Instrumen dan teknik peningkatan mutu, perencanaan strategis mutu pendidikan. Mengkaji mutu Pendidikan dan permasalahannya sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik dalam Pendidikan Nasional, sehingga mahasiswa mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan Pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multidisiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu Pendidikan
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah manajemen mutu pendidikan,mahasiswa mampu: |
||
CPMK1 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (P1). |
|
|
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika. (S2, P2, KU2). |
|
|
CPMK3 |
Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan. (S3, KK1, KK3). |
|
|
CPMK4 |
Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; (KK5). |
|
- UU No 20 Th. 2003 Sisdiknas
- UU No 14 Th. 2005 Guru dan Dosen.
- PP No. 12 Th 2005 – SNP
- Evans, James R & Lindsay, William M; 2008; The management and Control of Quality, 7th edition, South-western, Masson, OH-USA
- Lupiyoadi, Rambat, Hamdanai A 2006; Manajemen Pemasaran Jasa,Edisi 2, Penerbit Salemba Empat Jakarta
- Sallis,Edward; 2008: Total Quality Management in Education, alih bahasa Achmad Ali Riyadi dan Fahrurrrozi, Cetakan VIII, Penerbit IRCiSo Jogjakarta
- Tjiptono, F dan Chandra, G; 2007: Service, Quality & Satisfaction, Edisi 2 Penerbit Andi, Yogyakarta
8. Tjiptono, Fandy; 2008; Service Management: mewujudkan layanan prima, Penerbit Andi Yogyakarta
Details ...