Courser in English | EDUCATIONAL QUALITY MANAGEMENT |
Program | Manajemen Pendidikan |
SKS | 2 SKS |
RPS | 55 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Deskripsi MK : Mata kuliah ini membahas konsep mutu, evaluasi mutu, jaminan mutu dan manajemen mutu terpadu dalam konteks pendidikan. Standar mutu pendidikan, organisasi dan kepemimpinan mutu pendidikan, alat dan teknik peningkatan mutu, perencanaan strategis mutu pendidikan. Mengkaji mutu pendidikan dan permasalahannya sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik dalam sistem pendidikan nasional, sehingga mampu mengidentifikasi, menganalisis dan menetapkan prioritas kebutuhan peningkatan mutu bidang pendidikan serta mengembangkan desain dan implemenmtasi total quality management (TQM) dalam pendidikan serta evaluasi dan umpan balik untuk perbaikan mutu pendidikan dengan mempertimbangkan realitas politik, ekonomi, dan sosial.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Progdi:
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan kedalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan inter disiplin atau multi disiplin.
- Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas.
- Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan.
- Mampu memberikan layanan konsultasi manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah dalam bidang manajemen pendidikan.
- Mengembangkan teori, konsep, dan prinsip perilaku organisasi untuk melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan
Capaian Pembelajaran MK: Mampumelaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multi disiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu pendidikan..
- Sikap :Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahlian secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
- Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pendidikan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
- Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan
- Pengetahuan: Mengembangkan teori, konsep, dan pengambilan keputusan, manajemen peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan secara sistematis
References
Pustaka minimal:
UU No 20 Th. 2003 Sisdiknas
UU No 14 Th. 2005 Guru dan Dosen.
PP No. 12 Th 2005 – SNP
Evans, James R & Lindsay, William M; 2008; The management and Control of Quality, 7th edition, South-western, Masson, OH-USA
Lupiyoadi, Rambat, Hamdanai A 2006; ManajemenPemasaranJasa,Edisi 2, PenerbitSalembaEmpat Jakarta
Sallis,Edward; 2008: Total Quality Management in Education, alih bahasa Achmad Ali Riyadi dan Fahrurrrozi, Cetakan VIII, Penerbit IRCiSo Jogjakarta
Tjiptono, F dan Chandra, G; 2007: Service, Quality & Satisfaction, Edisi 2 Penerbit Andi, Yogyakarta
Tjiptono, Fandy; 2008; Service Management: mewujudkanlayanan prima, Penerbit Andi Yogyakarta
Witkin, B.R. 1984. Assessing Needs in Educationnal ang Social Programs San Francisco, California Jossey-Bass Publishers
Details ...
Mata kuliah ini membahas konsep mutu, evaluasi mutu, jaminan mutu dan manajemen mutu terpadu dalam konteks pendidikan. Standar mutu pendidikan, organisasi dan kepemimpinan mutu pendidikan, alat dan teknik peningkatan mutu, perencanaan strategis mutu pendidikan. Mengkaji mutu pendidikan dan permasalahannya sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik dalam sistem pendidikan nasional, sehingga mampu mengidentifikasi, menganalisis dan menetapkan prioritas kebutuhan peningkatan mutu bidang pendidikan serta mengembangkan desain dan implemenmtasi total quality management (TQM) dalam pendidikan serta evaluasi dan umpan balik untuk perbaikan mutu pendidikan dengan mempertimbangkan realitas politik, ekonomi, dan sosial.
Learning OutcomesMampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multidisiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu pendidikan.
Sikap :Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahlian secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pendidikan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan
Pengetahuan : Mengembangkan teori, konsep, dan pengambilan keputusan, manajemen mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan secara sistematis.
ReferencesUU No 20 Th. 2003 Sisdiknas
UU No 14 Th. 2005 Guru dan Dosen. PP No. 12 Th 2005 – SNP
UU No. 23 Th. 2014 tentang Pemerintah daerah
Permendikbud RI No. 28 Tahun 2016 tentang Sistem penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah
Dirjen Pendidikan dasar dan Menengah. 2016. Pedoman Umum Sistem penjaminan Mutu Pendidikan dasar dan menengah. Jakarta:Kemdikbud
Dirjen Pendidikan dasar dan Menengah. 2016. Petunjuk Pelaksanaan penjaminan Mutu oleh satuan Pendidikan. Jakarta:Kemdikbud
Evans, James R & Lindsay, William M; 2008; The management and Control of Quality, 7th edition, South-western, Masson, OH-USA Lupiyoadi, Rambat, Hamdanai A 2006; Manajemen Pemasaran Jasa,Edisi 2, Penerbit Salemba Empat Jakarta
Nasution. 2001. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Jakarta: Ghalia Indonesia
Nurkholis. 2005. Manajemen Berbasis Sekolah Teori, Model, dan aplikasi. jakarta: Grasindo
Sallis,Edward; 2008: Total Quality Management in Education, alih bahasa Achmad Ali Riyadi dan Fahrurrrozi, Cetakan VIII, Penerbit IRCiSo Jogjakarta
Tjiptono, F dan Chandra, G; 2007: Service, Quality & Satisfaction, Edisi 2 Penerbit Andi, Yogyakarta Tjiptono, Fandy; 2008; Service Management: mewujudkan layanan prima, Penerbit Andi Yogyakarta
Witkin, B.R. 1984. Assessing Needs in Educationnal ang Social Programs San Francisco, California Jossey-Bass Publishers
Details ...
Mata kuliah ini membahas konsep mutu, evaluasi mutu, jaminan mutu dan manajemen mutu terpadu dalam konteks pendidikan. Standar mutu pendidikan, organisasi dan kepemimpinan mutu pendidikan, alat dan teknik peningkatan mutu, perencanaan strategis mutu pendidikan. Mengkaji mutu pendidikan dan permasalahannya sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik dalam sistem pendidikan nasional, sehingga mampu mengidentifikasi, menganalisis dan menetapkan prioritas kebutuhan peningkatan mutu bidang pendidikan serta mengembangkan desain dan implemenmtasi total quality management (TQM) dalam pendidikan serta evaluasi dan umpan balik untuk perbaikan mutu pendidikan dengan mempertimbangkan realitas politik, ekonomi, dan sosial.
Learning OutcomesMampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multidisiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu pendidikan.
Sikap :Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahlian secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pendidikan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan
Pengetahuan : Mengembangkan teori, konsep, dan pengambilan keputusan, manajemen mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan secara sistematis.
ReferencesUU No 20 Th. 2003 Sisdiknas
UU No 14 Th. 2005 Guru dan Dosen. PP No. 12 Th 2005 – SNP
UU No. 23 Th. 2014 tentang Pemerintah daerah
Permendikbud RI No. 28 Tahun 2016 tentang Sistem penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah
Dirjen Pendidikan dasar dan Menengah. 2016. Pedoman Umum Sistem penjaminan Mutu Pendidikan dasar dan menengah. Jakarta:Kemdikbud
Dirjen Pendidikan dasar dan Menengah. 2016. Petunjuk Pelaksanaan penjaminan Mutu oleh satuan Pendidikan. Jakarta:Kemdikbud
Evans, James R & Lindsay, William M; 2008; The management and Control of Quality, 7th edition, South-western, Masson, OH-USA Lupiyoadi, Rambat, Hamdanai A 2006; Manajemen Pemasaran Jasa,Edisi 2, Penerbit Salemba Empat Jakarta
Nasution. 2001. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Jakarta: Ghalia Indonesia
Nurkholis. 2005. Manajemen Berbasis Sekolah Teori, Model, dan aplikasi. jakarta: Grasindo
Sallis,Edward; 2008: Total Quality Management in Education, alih bahasa Achmad Ali Riyadi dan Fahrurrrozi, Cetakan VIII, Penerbit IRCiSo Jogjakarta
Tjiptono, F dan Chandra, G; 2007: Service, Quality & Satisfaction, Edisi 2 Penerbit Andi, Yogyakarta Tjiptono, Fandy; 2008; Service Management: mewujudkan layanan prima, Penerbit Andi Yogyakarta
Witkin, B.R. 1984. Assessing Needs in Educationnal ang Social Programs San Francisco, California Jossey-Bass Publishers
Details ...
Mata kuliah ini membahas konsep mutu, evaluasi mutu, jaminan mutu dan manajemen mutu terpadu dalam konteks pendidikan. Standar mutu pendidikan, organisasi dan kepemimpinan mutu pendidikan, alat dan teknik peningkatan mutu, perencanaan strategis mutu pendidikan. Mengkaji mutu pendidikan dan permasalahannya sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik dalam sistem pendidikan nasional, sehingga mampu mengidentifikasi, menganalisis dan menetapkan prioritas kebutuhan peningkatan mutu bidang pendidikan serta mengembangkan desain dan implemenmtasi total quality management (TQM) dalam pendidikan serta evaluasi dan umpan balik untuk perbaikan mutu pendidikan dengan mempertimbangkan realitas politik, ekonomi, dan sosial.
Learning OutcomesMampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multidisiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu pendidikan.
- Sikap :Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahlian secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
- Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pendidikan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
- Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan
- Pengetahuan : Mengembangkan teori, konsep, dan pengambilan keputusan, manajemen peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan secara sistematis.
UU No 20 Th. 2003 Sisdiknas
UU No 14 Th. 2005 Guru dan Dosen.
PP No. 12 Th 2005 – SNP
Evans, James R & Lindsay, William M; 2008; The management and Control of Quality, 7th edition, South-western, Masson, OH-USA
Lupiyoadi, Rambat, Hamdanai A 2006; Manajemen Pemasaran Jasa,Edisi 2, Penerbit Salemba Empat Jakarta
Sallis,Edward; 2008: Total Quality Management in Education, alih bahasa Achmad Ali Riyadi dan Fahrurrrozi, Cetakan VIII, Penerbit IRCiSo Jogjakarta
Tjiptono, F dan Chandra, G; 2007: Service, Quality & Satisfaction, Edisi 2 Penerbit Andi, Yogyakarta
Tjiptono, Fandy; 2008; Service Management: mewujudkan layanan prima, Penerbit Andi Yogyakarta
Witkin, B.R. 1984. Assessing Needs in Educationnal ang Social Programs San Francisco, California Jossey-Bass Publishers
Details ...
Mata kuliah ini membahas konsep mutu, evaluasi mutu, jaminan mutu dan manajemen mutu terpadu dalam konteks pendidikan. Standar mutu pendidikan, organisasi dan kepemimpinan mutu pendidikan, alat dan teknik peningkatan mutu, perencanaan strategis mutu pendidikan. Mengkaji mutu pendidikan dan permasalahannya sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik dalam sistem pendidikan nasional, sehingga mampu mengidentifikasi, menganalisis dan menetapkan prioritas kebutuhan peningkatan mutu bidang pendidikan serta mengembangkan desain dan implemenmtasi total quality management (TQM) dalam pendidikan serta evaluasi dan umpan balik untuk perbaikan mutu pendidikan dengan mempertimbangkan realitas politik, ekonomi, dan sosial.
Learning OutcomesMampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multidisiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu pendidikan.
- Sikap :Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahlian secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
- Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pendidikan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
- Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan
- Pengetahuan : Mengembangkan teori, konsep, dan pengambilan keputusan, manajemen peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan secara sistematis.
UU No 20 Th. 2003 Sisdiknas
UU No 14 Th. 2005 Guru dan Dosen.
PP No. 12 Th 2005 – SNP
Evans, James R & Lindsay, William M; 2008; The management and Control of Quality, 7th edition, South-western, Masson, OH-USA
Lupiyoadi, Rambat, Hamdanai A 2006; Manajemen Pemasaran Jasa,Edisi 2, Penerbit Salemba Empat Jakarta
Sallis,Edward; 2008: Total Quality Management in Education, alih bahasa Achmad Ali Riyadi dan Fahrurrrozi, Cetakan VIII, Penerbit IRCiSo Jogjakarta
Tjiptono, F dan Chandra, G; 2007: Service, Quality & Satisfaction, Edisi 2 Penerbit Andi, Yogyakarta
Tjiptono, Fandy; 2008; Service Management: mewujudkan layanan prima, Penerbit Andi Yogyakarta
Witkin, B.R. 1984. Assessing Needs in Educationnal ang Social Programs San Francisco, California Jossey-Bass Publishers
Details ...
Mata kuliah ini membahas konsep mutu, evaluasi mutu, jaminan mutu dan manajemen mutu terpadu dalam konteks pendidikan. Standar mutu pendidikan, organisasi dan kepemimpinan mutu pendidikan, alat dan teknik peningkatan mutu, perencanaan strategis mutu pendidikan. Mengkaji mutu pendidikan dan permasalahannya sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik dalam sistem pendidikan nasional, sehingga mampu mengidentifikasi, menganalisis dan menetapkan prioritas kebutuhan peningkatan mutu bidang pendidikan serta mengembangkan desain dan implemenmtasi total quality management (TQM) dalam pendidikan serta evaluasi dan umpan balik untuk perbaikan mutu pendidikan dengan mempertimbangkan realitas politik, ekonomi, dan sosial.
Learning OutcomesMK: Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multidisiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu pendidikan.
- Sikap :Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahlian secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
- Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pendidikan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
- Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan
- Pengetahuan : Mengembangkan teori, konsep, dan pengambilan keputusan, manajemen peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan secara sistematis.
UU No 20 Th. 2003 Sisdiknas
UU No 14 Th. 2005 Guru dan Dosen.
PP No. 12 Th 2005 – SNP
Evans, James R & Lindsay, William M; 2008; The management and Control of Quality, 7th edition, South-western, Masson, OH-USA
Lupiyoadi, Rambat, Hamdanai A 2006; Manajemen Pemasaran Jasa,Edisi 2, Penerbit Salemba Empat Jakarta
Sallis,Edward; 2008: Total Quality Management in Education, alih bahasa Achmad Ali Riyadi dan Fahrurrrozi, Cetakan VIII, Penerbit IRCiSo Jogjakarta
Tjiptono, F dan Chandra, G; 2007: Service, Quality & Satisfaction, Edisi 2 Penerbit Andi, Yogyakarta
Details ...
Mata kuliah ini membahas konsep mutu, evaluasi mutu, jaminan mutu dan manajemen mutu terpadu dalam konteks pendidikan. Standar mutu pendidikan, organisasi dan kepemimpinan mutu pendidikan, alat dan teknik peningkatan mutu, perencanaan strategis mutu pendidikan. Mengkaji mutu pendidikan dan permasalahannya sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik dalam sistem pendidikan nasional, sehingga mampu mengidentifikasi, menganalisis dan menetapkan prioritas kebutuhan peningkatan mutu bidang pendidikan serta mengembangkan desain dan implemenmtasi total quality management (TQM) dalam pendidikan serta evaluasi dan umpan balik untuk perbaikan mutu pendidikan dengan mempertimbangkan realitas politik, ekonomi, dan sosial.
Learning OutcomesMampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multidisiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu pendidikan.
Sikap :Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahlian secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pendidikan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan
Pengetahuan : Mengembangkan teori, konsep, dan pengambilan keputusan, manajemen peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan secara sistematis.
ReferencesUU No 20 Th. 2003 Sisdiknas
UU No 14 Th. 2005 Guru dan Dosen.
PP No. 12 Th 2005 – SNP
Evans, James R & Lindsay, William M; 2008; The management and Control of Quality, 7th edition, South-western, Masson, OH-USA Lupiyoadi, Rambat, Hamdanai A 2006; Manajemen Pemasaran Jasa,Edisi 2, Penerbit Salemba Empat Jakarta
Sallis,Edward; 2008: Total Quality Management in Education, alih bahasa Achmad Ali Riyadi dan Fahrurrrozi, Cetakan VIII, Penerbit IRCiSo Jogjakarta
Tjiptono, F dan Chandra, G; 2007: Service, Quality & Satisfaction, Edisi 2 Penerbit Andi, Yogyakarta Tjiptono, Fandy; 2008; Service Management: mewujudkan layanan prima, Penerbit Andi Yogyakarta
Witkin, B.R. 1984. Assessing Needs in Educationnal ang Social Programs San Francisco, California Jossey-Bass Publishers
Details ...
Mata kuliah manajemen mutu pendidikan membahas konsep mutu, filosofi mutu, penjaminan mutu dan manajemen mutu terpadu dalam konteks satuan Pendidikan, Standar mutu pendidikan, organisasi mutu pendidikan, Instrumen dan teknik peningkatan mutu, perencanaan strategis mutu pendidikan. Mengkaji mutu Pendidikan dan permasalahannya sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik dalam Pendidikan Nasional, sehingga mahasiswa mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan Pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multidisiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu Pendidikan
Learning Outcomes
CPMK1 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (P1). |
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika. (S2, P2, KU2). |
CPMK3 |
Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan. (S3, KK1, KK3). |
CPMK4 |
Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; (KK5). |
References
- UU No 20 Th. 2003 Sisdiknas
- UU No 14 Th. 2005 Guru dan Dosen.
- PP No. 12 Th 2005 – SNP
- Evans, James R & Lindsay, William M; 2008; The management and Control of Quality, 7th edition, South-western, Masson, OH-USA
- Lupiyoadi, Rambat, Hamdanai A 2006; Manajemen Pemasaran Jasa,Edisi 2, Penerbit Salemba Empat Jakarta
- Sallis,Edward; 2008: Total Quality Management in Education, alih bahasa Achmad Ali Riyadi dan Fahrurrrozi, Cetakan VIII, Penerbit IRCiSo Jogjakarta
- Tjiptono, F dan Chandra, G; 2007: Service, Quality & Satisfaction, Edisi 2 Penerbit Andi, Yogyakarta
- Tjiptono, Fandy; 2008; Service Management: mewujudkan layanan prima, Penerbit Andi Yogyakarta
Details ...
Mata kuliah manajemen mutu pendidikan membahas konsep mutu, filosofi mutu, penjaminan mutu dan manajemen mutu terpadu dalam konteks satuan Pendidikan, Standar mutu pendidikan, organisasi mutu pendidikan, Instrumen dan teknik peningkatan mutu, perencanaan strategis mutu pendidikan. Mengkaji mutu Pendidikan dan permasalahannya sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik dalam Pendidikan Nasional, sehingga mahasiswa mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan Pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multidisiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu Pendidikan
Learning Outcomes
CPMK1 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (P1). |
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika. (S2, P2, KU2). |
CPMK3 |
Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan. (S3, KK1, KK3). |
CPMK4 |
Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; (KK5). |
References
- UU No 20 Th. 2003 Sisdiknas
- UU No 14 Th. 2005 Guru dan Dosen.
- PP No. 12 Th 2005 – SNP
- Evans, James R & Lindsay, William M; 2008; The management and Control of Quality, 7th edition, South-western, Masson, OH-USA
- Lupiyoadi, Rambat, Hamdanai A 2006; Manajemen Pemasaran Jasa,Edisi 2, Penerbit Salemba Empat Jakarta
- Sallis,Edward; 2008: Total Quality Management in Education, alih bahasa Achmad Ali Riyadi dan Fahrurrrozi, Cetakan VIII, Penerbit IRCiSo Jogjakarta
- Tjiptono, F dan Chandra, G; 2007: Service, Quality & Satisfaction, Edisi 2 Penerbit Andi, Yogyakarta
- Tjiptono, Fandy; 2008; Service Management: mewujudkan layanan prima, Penerbit Andi Yogyakarta
Details ...
Mata kuliah manajemen mutu pendidikan membahas konsep mutu, filosofi mutu, penjaminan mutu dan manajemen mutu terpadu dalam konteks satuan Pendidikan, Standar mutu pendidikan, organisasi mutu pendidikan, Instrumen dan teknik peningkatan mutu, perencanaan strategis mutu pendidikan. Mengkaji mutu Pendidikan dan permasalahannya sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik dalam Pendidikan Nasional, sehingga mahasiswa mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan Pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multidisiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu Pendidikan
Learning Outcomes
CPMK1 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (P1). |
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika. (S2, P2, KU2). |
CPMK3 |
Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan. (S3, KK1, KK3). |
CPMK4 |
Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; (KK5). |
References
- UU No 20 Th. 2003 Sisdiknas
- UU No 14 Th. 2005 Guru dan Dosen.
- PP No. 12 Th 2005 – SNP
- Evans, James R & Lindsay, William M; 2008; The management and Control of Quality, 7th edition, South-western, Masson, OH-USA
- Lupiyoadi, Rambat, Hamdanai A 2006; Manajemen Pemasaran Jasa,Edisi 2, Penerbit Salemba Empat Jakarta
- Sallis,Edward; 2008: Total Quality Management in Education, alih bahasa Achmad Ali Riyadi dan Fahrurrrozi, Cetakan VIII, Penerbit IRCiSo Jogjakarta
- Tjiptono, F dan Chandra, G; 2007: Service, Quality & Satisfaction, Edisi 2 Penerbit Andi, Yogyakarta
- Tjiptono, Fandy; 2008; Service Management: mewujudkan layanan prima, Penerbit Andi Yogyakarta
Details ...
Mata kuliah manajemen mutu pendidikan membahas konsep mutu, filosofi mutu, penjaminan mutu dan manajemen mutu terpadu dalam konteks satuan Pendidikan, Standar mutu pendidikan, organisasi mutu pendidikan, Instrumen dan teknik peningkatan mutu, perencanaan strategis mutu pendidikan. Mengkaji mutu Pendidikan dan permasalahannya sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik dalam Pendidikan Nasional, sehingga mahasiswa mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan Pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multidisiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu Pendidikan
Learning Outcomes
CPMK1 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (P1). |
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika. (S2, P2, KU2). |
CPMK3 |
Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan. (S3, KK1, KK3). |
CPMK4 |
Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; (KK5). |
- UU No 20 Th. 2003 Sisdiknas
- UU No 14 Th. 2005 Guru dan Dosen.
- PP No. 12 Th 2005 – SNP
- Evans, James R & Lindsay, William M; 2008; The management and Control of Quality, 7th edition, South-western, Masson, OH-USA
- Lupiyoadi, Rambat, Hamdanai A 2006; Manajemen Pemasaran Jasa,Edisi 2, Penerbit Salemba Empat Jakarta
- Sallis,Edward; 2008: Total Quality Management in Education, alih bahasa Achmad Ali Riyadi dan Fahrurrrozi, Cetakan VIII, Penerbit IRCiSo Jogjakarta
- Tjiptono, F dan Chandra, G; 2007: Service, Quality & Satisfaction, Edisi 2 Penerbit Andi, Yogyakarta
- Tjiptono, Fandy; 2008; Service Management: mewujudkan layanan prima, Penerbit Andi Yogyakarta
Details ...
Mata kuliah manajemen mutu pendidikan membahas konsep mutu, filosofi mutu, penjaminan mutu dan manajemen mutu terpadu dalam konteks satuan Pendidikan, Standar mutu pendidikan, organisasi mutu pendidikan, Instrumen dan teknik peningkatan mutu, perencanaan strategis mutu pendidikan. Mengkaji mutu Pendidikan dan permasalahannya sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik dalam Pendidikan Nasional, sehingga mahasiswa mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan Pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multidisiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu Pendidikan
Learning Outcomes
CPMK1 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (P1). |
CPMK2 |
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika. (S2, P2, KU2). |
CPMK3 |
Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan. (S3, KK1, KK3). |
CPMK4 |
Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; (KK5). |
- UU No 20 Th. 2003 Sisdiknas
- UU No 14 Th. 2005 Guru dan Dosen.
- PP No. 12 Th 2005 – SNP
- Evans, James R & Lindsay, William M; 2008; The management and Control of Quality, 7th edition, South-western, Masson, OH-USA
- Lupiyoadi, Rambat, Hamdanai A 2006; Manajemen Pemasaran Jasa,Edisi 2, Penerbit Salemba Empat Jakarta
- Sallis,Edward; 2008: Total Quality Management in Education, alih bahasa Achmad Ali Riyadi dan Fahrurrrozi, Cetakan VIII, Penerbit IRCiSo Jogjakarta
- Tjiptono, F dan Chandra, G; 2007: Service, Quality & Satisfaction, Edisi 2 Penerbit Andi, Yogyakarta
- Tjiptono, Fandy; 2008; Service Management: mewujudkan layanan prima, Penerbit Andi Yogyakarta
Details ...