Manajemen Mutu Pendidikan , Curriculum : 2016


Courser in EnglishEDUCATIONAL QUALITY MANAGEMENT
ProgramManajemen Pendidikan
SKS2 SKS
RPS55 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah manajemen mutu pendidikan membahas konsep mutu, filosofi mutu, penjaminan mutu dan manajemen mutu terpadu dalam konteks satuan Pendidikan,  Standar mutu pendidikan, organisasi mutu pendidikan, Instrumen dan teknik peningkatan mutu, perencanaan strategis mutu pendidikan. Mengkaji mutu Pendidikan dan permasalahannya sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik dalam Pendidikan Nasional, sehingga mahasiswa mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan Pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multidisiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu Pendidikan

Learning Outcomes

CPMK1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (P1).

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik  yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika. (S2, P2,  KU2).

CPMK3

Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan. (S3, KK1, KK3).

CPMK4

Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; (KK5).

References

  1. UU No 20 Th. 2003 Sisdiknas
  2. UU No 14 Th. 2005 Guru dan Dosen.
  3. PP No. 12 Th 2005 – SNP
  4. Evans, James R & Lindsay, William M; 2008; The management and Control of Quality, 7th edition, South-western, Masson, OH-USA
  5. Lupiyoadi, Rambat, Hamdanai A 2006; Manajemen Pemasaran Jasa,Edisi 2, Penerbit Salemba Empat Jakarta
  6. Sallis,Edward; 2008: Total Quality Management in Education, alih bahasa Achmad Ali Riyadi dan Fahrurrrozi, Cetakan VIII, Penerbit IRCiSo Jogjakarta
  7. Tjiptono, F dan Chandra, G; 2007: Service, Quality & Satisfaction, Edisi 2 Penerbit Andi, Yogyakarta
  8. Tjiptono, Fandy; 2008; Service Management: mewujudkan layanan prima, Penerbit Andi Yogyakarta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah manajemen mutu pendidikan membahas konsep mutu, filosofi mutu, penjaminan mutu dan manajemen mutu terpadu dalam konteks satuan Pendidikan,  Standar mutu pendidikan, organisasi mutu pendidikan, Instrumen dan teknik peningkatan mutu, perencanaan strategis mutu pendidikan. Mengkaji mutu Pendidikan dan permasalahannya sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik dalam Pendidikan Nasional, sehingga mahasiswa mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan Pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multidisiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu Pendidikan

Learning Outcomes

CPMK1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (P1).

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik  yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika. (S2, P2,  KU2).

CPMK3

Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan. (S3, KK1, KK3).

CPMK4

Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; (KK5).

References

  1. UU No 20 Th. 2003 Sisdiknas
  2. UU No 14 Th. 2005 Guru dan Dosen.
  3. PP No. 12 Th 2005 – SNP
  4. Evans, James R & Lindsay, William M; 2008; The management and Control of Quality, 7th edition, South-western, Masson, OH-USA
  5. Lupiyoadi, Rambat, Hamdanai A 2006; Manajemen Pemasaran Jasa,Edisi 2, Penerbit Salemba Empat Jakarta
  6. Sallis,Edward; 2008: Total Quality Management in Education, alih bahasa Achmad Ali Riyadi dan Fahrurrrozi, Cetakan VIII, Penerbit IRCiSo Jogjakarta
  7. Tjiptono, F dan Chandra, G; 2007: Service, Quality & Satisfaction, Edisi 2 Penerbit Andi, Yogyakarta
  8. Tjiptono, Fandy; 2008; Service Management: mewujudkan layanan prima, Penerbit Andi Yogyakarta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah manajemen mutu pendidikan membahas konsep mutu, filosofi mutu, penjaminan mutu dan manajemen mutu terpadu dalam konteks satuan Pendidikan,  Standar mutu pendidikan, organisasi mutu pendidikan, Instrumen dan teknik peningkatan mutu, perencanaan strategis mutu pendidikan. Mengkaji mutu Pendidikan dan permasalahannya sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik dalam Pendidikan Nasional, sehingga mahasiswa mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan Pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multidisiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu Pendidikan

Learning Outcomes

CPMK1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (P1).

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik  yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika. (S2, P2,  KU2).

CPMK3

Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan. (S3, KK1, KK3).

CPMK4

Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; (KK5).

References

  1. UU No 20 Th. 2003 Sisdiknas
  2. UU No 14 Th. 2005 Guru dan Dosen.
  3. PP No. 12 Th 2005 – SNP
  4. Evans, James R & Lindsay, William M; 2008; The management and Control of Quality, 7th edition, South-western, Masson, OH-USA
  5. Lupiyoadi, Rambat, Hamdanai A 2006; Manajemen Pemasaran Jasa,Edisi 2, Penerbit Salemba Empat Jakarta
  6. Sallis,Edward; 2008: Total Quality Management in Education, alih bahasa Achmad Ali Riyadi dan Fahrurrrozi, Cetakan VIII, Penerbit IRCiSo Jogjakarta
  7. Tjiptono, F dan Chandra, G; 2007: Service, Quality & Satisfaction, Edisi 2 Penerbit Andi, Yogyakarta
  8. Tjiptono, Fandy; 2008; Service Management: mewujudkan layanan prima, Penerbit Andi Yogyakarta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah manajemen mutu pendidikan membahas konsep mutu, filosofi mutu, penjaminan mutu dan manajemen mutu terpadu dalam konteks satuan Pendidikan,  Standar mutu pendidikan, organisasi mutu pendidikan, Instrumen dan teknik peningkatan mutu, perencanaan strategis mutu pendidikan. Mengkaji mutu Pendidikan dan permasalahannya sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik dalam Pendidikan Nasional, sehingga mahasiswa mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan Pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multidisiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu Pendidikan

Learning Outcomes

CPMK1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (P1).

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik  yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika. (S2, P2,  KU2).

CPMK3

Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan. (S3, KK1, KK3).

CPMK4

Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; (KK5).

References

  1. UU No 20 Th. 2003 Sisdiknas
  2. UU No 14 Th. 2005 Guru dan Dosen.
  3. PP No. 12 Th 2005 – SNP
  4. Evans, James R & Lindsay, William M; 2008; The management and Control of Quality, 7th edition, South-western, Masson, OH-USA
  5. Lupiyoadi, Rambat, Hamdanai A 2006; Manajemen Pemasaran Jasa,Edisi 2, Penerbit Salemba Empat Jakarta
  6. Sallis,Edward; 2008: Total Quality Management in Education, alih bahasa Achmad Ali Riyadi dan Fahrurrrozi, Cetakan VIII, Penerbit IRCiSo Jogjakarta
  7. Tjiptono, F dan Chandra, G; 2007: Service, Quality & Satisfaction, Edisi 2 Penerbit Andi, Yogyakarta
  8. Tjiptono, Fandy; 2008; Service Management: mewujudkan layanan prima, Penerbit Andi Yogyakarta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah manajemen mutu pendidikan membahas konsep mutu, filosofi mutu, penjaminan mutu dan manajemen mutu terpadu dalam konteks satuan Pendidikan,  Standar mutu pendidikan, organisasi mutu pendidikan, Instrumen dan teknik peningkatan mutu, perencanaan strategis mutu pendidikan. Mengkaji mutu Pendidikan dan permasalahannya sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik dalam Pendidikan Nasional, sehingga mahasiswa mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan Pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multidisiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu Pendidikan

Learning Outcomes

CPMK1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (P1).

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik  yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika. (S2, P2,  KU2).

CPMK3

Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan. (S3, KK1, KK3).

CPMK4

Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; (KK5).

References

  1. UU No 20 Th. 2003 Sisdiknas
  2. UU No 14 Th. 2005 Guru dan Dosen.
  3. PP No. 12 Th 2005 – SNP
  4. Evans, James R & Lindsay, William M; 2008; The management and Control of Quality, 7th edition, South-western, Masson, OH-USA
  5. Lupiyoadi, Rambat, Hamdanai A 2006; Manajemen Pemasaran Jasa,Edisi 2, Penerbit Salemba Empat Jakarta
  6. Sallis,Edward; 2008: Total Quality Management in Education, alih bahasa Achmad Ali Riyadi dan Fahrurrrozi, Cetakan VIII, Penerbit IRCiSo Jogjakarta
  7. Tjiptono, F dan Chandra, G; 2007: Service, Quality & Satisfaction, Edisi 2 Penerbit Andi, Yogyakarta
  8. Tjiptono, Fandy; 2008; Service Management: mewujudkan layanan prima, Penerbit Andi Yogyakarta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah manajemen mutu pendidikan membahas konsep mutu, filosofi mutu, penjaminan mutu dan manajemen mutu terpadu dalam konteks satuan Pendidikan,  Standar mutu pendidikan, organisasi mutu pendidikan, Instrumen dan teknik peningkatan mutu, perencanaan strategis mutu pendidikan. Mengkaji mutu Pendidikan dan permasalahannya sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik dalam Pendidikan Nasional, sehingga mahasiswa mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan Pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multidisiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu Pendidikan

Learning Outcomes

CPMK1

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (P1).

CPMK2

Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik  yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika. (S2, P2,  KU2).

CPMK3

Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan. (S3, KK1, KK3).

CPMK4

Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan; (KK5).

References

  1. UU No 20 Th. 2003 Sisdiknas
  2. UU No 14 Th. 2005 Guru dan Dosen.
  3. PP No. 12 Th 2005 – SNP
  4. Evans, James R & Lindsay, William M; 2008; The management and Control of Quality, 7th edition, South-western, Masson, OH-USA
  5. Lupiyoadi, Rambat, Hamdanai A 2006; Manajemen Pemasaran Jasa,Edisi 2, Penerbit Salemba Empat Jakarta
  6. Sallis,Edward; 2008: Total Quality Management in Education, alih bahasa Achmad Ali Riyadi dan Fahrurrrozi, Cetakan VIII, Penerbit IRCiSo Jogjakarta
  7. Tjiptono, F dan Chandra, G; 2007: Service, Quality & Satisfaction, Edisi 2 Penerbit Andi, Yogyakarta
  8. Tjiptono, Fandy; 2008; Service Management: mewujudkan layanan prima, Penerbit Andi Yogyakarta


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas konsep mutu, evaluasi mutu, jaminan mutu dan manajemen mutu terpadu dalam konteks Pendidikan. Standar mutu pendidikan, organisasi dan kepemimpinan mutu Pendidikan, alat dan teknik peningkatan mutu, perencanaan strategis mutu Pendidikan. Mengkaji mutu Pendidikan dan permasalahannya sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik dalam Pendid Nasional, sehingga mampu mengidentifikasi, menganalisis dan menetapkan prioritas kebutuhan peningkatan mutu bidang Pendidikan serta mengembangkan desain dan implemenmtasi total quality management (TQM) dalam pendidikan serta evaluasi dan umpan balik untuk perbaikan mutu Pendidikan dengan mempertimbangkan realitas politik, ekonomi, dan Pendidikan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Progdi:

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  2. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.
  3. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam Pendidikan dan komunitas penelitian yang lebih luas.
  4. Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan.
  5. Mampu memberikan layanan konsultasi manajemen Pendidikan untuk memecahkan masalah dalam bidang manajemen pendidikan.
  6. Mengembangkan teori, konsep, dan prinsip perilaku organisasi untuk melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan

Capaian Pembelajaran MK: Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan Pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multidisiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu Pendidikan.

 

  1. Sikap: Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahlian secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
  2. Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah Pendidikan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
  3. Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya Pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan Pendidikan
  4. Pengetahuan: Mengembangkan teori, konsep dan pengambilan keputusan, manajemen peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan secara sistematis.

 

References

UU No 20 Th. 2003 Sisdiknas

UU No 14 Th. 2005 Guru dan Dosen.

PP No. 12 Th 2005 – SNP

Evans, James R & Lindsay, William M; 2008; The management and Control of Quality, 7th edition, South-western, Masson, OH-USA

Lupiyoadi, Rambat, Hamdanai A 2006; Manajemen Pemasaran Jasa,Edisi 2, Penerbit Salemba Empat Jakarta

Sallis,Edward; 2008: Total Quality Management in Education, alih bahasa Achmad Ali Riyadi dan Fahrurrrozi, Cetakan VIII, Penerbit IRCiSo Jogjakarta

     Tjiptono, F dan Chandra, G; 2007: Service, Quality & Satisfaction, Edisi 2 Penerbit Andi, Yogyakarta

     Tjiptono, Fandy; 2008; Service Management: mewujudkan layanan prima, Penerbit Andi Yogyakarta

Witkin, B.R. 1984. Assessing Needs in Educationnal ang Social Programs San Francisco, California Jossey-Bass Publishers

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas konsep mutu, evaluasi mutu, jaminan mutu dan manajemen mutu terpadu dalam konteks Pendidikan. Standar mutu pendidikan, organisasi dan kepemimpinan mutu Pendidikan, alat dan teknik peningkatan mutu, perencanaan strategis mutu Pendidikan. Mengkaji mutu Pendidikan dan permasalahannya sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik dalam Pendid Nasional, sehingga mampu mengidentifikasi, menganalisis dan menetapkan prioritas kebutuhan peningkatan mutu bidang Pendidikan serta mengembangkan desain dan implemenmtasi total quality management (TQM) dalam pendidikan serta evaluasi dan umpan balik untuk perbaikan mutu Pendidikan dengan mempertimbangkan realitas politik, ekonomi, dan Pendidikan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Progdi:

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  2. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.
  3. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam Pendidikan dan komunitas penelitian yang lebih luas.
  4. Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan.
  5. Mampu memberikan layanan konsultasi manajemen Pendidikan untuk memecahkan masalah dalam bidang manajemen pendidikan.
  6. Mengembangkan teori, konsep, dan prinsip perilaku organisasi untuk melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan

Capaian Pembelajaran MK: Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan Pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multidisiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu Pendidikan.

 

  1. Sikap: Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahlian secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
  2. Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah Pendidikan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
  3. Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya Pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan Pendidikan
  4. Pengetahuan: Mengembangkan teori, konsep dan pengambilan keputusan, manajemen peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan secara sistematis.

 

References

UU No 20 Th. 2003 Sisdiknas

UU No 14 Th. 2005 Guru dan Dosen.

PP No. 12 Th 2005 – SNP

Evans, James R & Lindsay, William M; 2008; The management and Control of Quality, 7th edition, South-western, Masson, OH-USA

Lupiyoadi, Rambat, Hamdanai A 2006; Manajemen Pemasaran Jasa,Edisi 2, Penerbit Salemba Empat Jakarta

Sallis,Edward; 2008: Total Quality Management in Education, alih bahasa Achmad Ali Riyadi dan Fahrurrrozi, Cetakan VIII, Penerbit IRCiSo Jogjakarta

     Tjiptono, F dan Chandra, G; 2007: Service, Quality & Satisfaction, Edisi 2 Penerbit Andi, Yogyakarta

     Tjiptono, Fandy; 2008; Service Management: mewujudkan layanan prima, Penerbit Andi Yogyakarta

Witkin, B.R. 1984. Assessing Needs in Educationnal ang Social Programs San Francisco, California Jossey-Bass Publishers

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas konsep mutu, evaluasi mutu, jaminan mutu dan manajemen mutu terpadu dalam konteks Pendidikan. Standar mutu pendidikan, organisasi dan kepemimpinan mutu Pendidikan, alat dan teknik peningkatan mutu, perencanaan strategis mutu Pendidikan. Mengkaji mutu Pendidikan dan permasalahannya sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik dalam Pendid Nasional, sehingga mampu mengidentifikasi, menganalisis dan menetapkan prioritas kebutuhan peningkatan mutu bidang Pendidikan serta mengembangkan desain dan implemenmtasi total quality management (TQM) dalam pendidikan serta evaluasi dan umpan balik untuk perbaikan mutu Pendidikan dengan mempertimbangkan realitas politik, ekonomi, dan Pendidikan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Progdi:

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  2. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.
  3. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam Pendidikan dan komunitas penelitian yang lebih luas.
  4. Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan.
  5. Mampu memberikan layanan konsultasi manajemen Pendidikan untuk memecahkan masalah dalam bidang manajemen pendidikan.
  6. Mengembangkan teori, konsep, dan prinsip perilaku organisasi untuk melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan

Capaian Pembelajaran MK: Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan Pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multidisiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu Pendidikan.

 

  1. Sikap: Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahlian secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
  2. Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah Pendidikan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
  3. Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya Pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan Pendidikan
  4. Pengetahuan: Mengembangkan teori, konsep dan pengambilan keputusan, manajemen peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan secara sistematis.

 

References

UU No 20 Th. 2003 Sisdiknas

UU No 14 Th. 2005 Guru dan Dosen.

PP No. 12 Th 2005 – SNP

Evans, James R & Lindsay, William M; 2008; The management and Control of Quality, 7th edition, South-western, Masson, OH-USA

Lupiyoadi, Rambat, Hamdanai A 2006; Manajemen Pemasaran Jasa,Edisi 2, Penerbit Salemba Empat Jakarta

Sallis,Edward; 2008: Total Quality Management in Education, alih bahasa Achmad Ali Riyadi dan Fahrurrrozi, Cetakan VIII, Penerbit IRCiSo Jogjakarta

     Tjiptono, F dan Chandra, G; 2007: Service, Quality & Satisfaction, Edisi 2 Penerbit Andi, Yogyakarta

     Tjiptono, Fandy; 2008; Service Management: mewujudkan layanan prima, Penerbit Andi Yogyakarta

Witkin, B.R. 1984. Assessing Needs in Educationnal ang Social Programs San Francisco, California Jossey-Bass Publishers

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas konsep mutu, evaluasi mutu, jaminan mutu dan manajemen mutu terpadu dalam konteks Pendidikan. Standar mutu pendidikan, organisasi dan kepemimpinan mutu Pendidikan, alat dan teknik peningkatan mutu, perencanaan strategis mutu Pendidikan. Mengkaji mutu Pendidikan dan permasalahannya sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik dalam Pendid Nasional, sehingga mampu mengidentifikasi, menganalisis dan menetapkan prioritas kebutuhan peningkatan mutu bidang Pendidikan serta mengembangkan desain dan implemenmtasi total quality management (TQM) dalam pendidikan serta evaluasi dan umpan balik untuk perbaikan mutu Pendidikan dengan mempertimbangkan realitas politik, ekonomi, dan Pendidikan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Progdi:

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  2. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.
  3. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam Pendidikan dan komunitas penelitian yang lebih luas.
  4. Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan.
  5. Mampu memberikan layanan konsultasi manajemen Pendidikan untuk memecahkan masalah dalam bidang manajemen pendidikan.
  6. Mengembangkan teori, konsep, dan prinsip perilaku organisasi untuk melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan

Capaian Pembelajaran MK: Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan Pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multidisiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu Pendidikan.

 

  1. Sikap: Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahlian secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
  2. Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah Pendidikan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
  3. Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya Pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan Pendidikan
  4. Pengetahuan: Mengembangkan teori, konsep dan pengambilan keputusan, manajemen peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan secara sistematis.

 

References

UU No 20 Th. 2003 Sisdiknas

UU No 14 Th. 2005 Guru dan Dosen.

PP No. 12 Th 2005 – SNP

Evans, James R & Lindsay, William M; 2008; The management and Control of Quality, 7th edition, South-western, Masson, OH-USA

Lupiyoadi, Rambat, Hamdanai A 2006; Manajemen Pemasaran Jasa,Edisi 2, Penerbit Salemba Empat Jakarta

Sallis,Edward; 2008: Total Quality Management in Education, alih bahasa Achmad Ali Riyadi dan Fahrurrrozi, Cetakan VIII, Penerbit IRCiSo Jogjakarta

     Tjiptono, F dan Chandra, G; 2007: Service, Quality & Satisfaction, Edisi 2 Penerbit Andi, Yogyakarta

     Tjiptono, Fandy; 2008; Service Management: mewujudkan layanan prima, Penerbit Andi Yogyakarta

Witkin, B.R. 1984. Assessing Needs in Educationnal ang Social Programs San Francisco, California Jossey-Bass Publishers

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas konsep mutu, evaluasi mutu, jaminan mutu dan manajemen mutu terpadu dalam konteks Pendidikan. Standar mutu pendidikan, organisasi dan kepemimpinan mutu Pendidikan, alat dan teknik peningkatan mutu, perencanaan strategis mutu Pendidikan. Mengkaji mutu Pendidikan dan permasalahannya sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik dalam Pendid Nasional, sehingga mampu mengidentifikasi, menganalisis dan menetapkan prioritas kebutuhan peningkatan mutu bidang Pendidikan serta mengembangkan desain dan implemenmtasi total quality management (TQM) dalam pendidikan serta evaluasi dan umpan balik untuk perbaikan mutu Pendidikan dengan mempertimbangkan realitas politik, ekonomi, dan Pendidikan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Progdi:

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  2. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.
  3. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam Pendidikan dan komunitas penelitian yang lebih luas.
  4. Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan.
  5. Mampu memberikan layanan konsultasi manajemen Pendidikan untuk memecahkan masalah dalam bidang manajemen pendidikan.
  6. Mengembangkan teori, konsep, dan prinsip perilaku organisasi untuk melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan

Capaian Pembelajaran MK: Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan Pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multidisiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu Pendidikan.

 

  1. Sikap: Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahlian secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
  2. Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah Pendidikan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
  3. Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya Pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan Pendidikan
  4. Pengetahuan: Mengembangkan teori, konsep dan pengambilan keputusan, manajemen peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan secara sistematis.

 

References

UU No 20 Th. 2003 Sisdiknas

UU No 14 Th. 2005 Guru dan Dosen.

PP No. 12 Th 2005 – SNP

Evans, James R & Lindsay, William M; 2008; The management and Control of Quality, 7th edition, South-western, Masson, OH-USA

Lupiyoadi, Rambat, Hamdanai A 2006; Manajemen Pemasaran Jasa,Edisi 2, Penerbit Salemba Empat Jakarta

Sallis,Edward; 2008: Total Quality Management in Education, alih bahasa Achmad Ali Riyadi dan Fahrurrrozi, Cetakan VIII, Penerbit IRCiSo Jogjakarta

     Tjiptono, F dan Chandra, G; 2007: Service, Quality & Satisfaction, Edisi 2 Penerbit Andi, Yogyakarta

     Tjiptono, Fandy; 2008; Service Management: mewujudkan layanan prima, Penerbit Andi Yogyakarta

Witkin, B.R. 1984. Assessing Needs in Educationnal ang Social Programs San Francisco, California Jossey-Bass Publishers

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas konsep mutu, evaluasi mutu, jaminan mutu dan manajemen mutu terpadu dalam konteks Pendidikan. Standar mutu pendidikan, organisasi dan kepemimpinan mutu Pendidikan, alat dan teknik peningkatan mutu, perencanaan strategis mutu Pendidikan. Mengkaji mutu Pendidikan dan permasalahannya sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik dalam Pendid Nasional, sehingga mampu mengidentifikasi, menganalisis dan menetapkan prioritas kebutuhan peningkatan mutu bidang Pendidikan serta mengembangkan desain dan implemenmtasi total quality management (TQM) dalam pendidikan serta evaluasi dan umpan balik untuk perbaikan mutu Pendidikan dengan mempertimbangkan realitas politik, ekonomi, dan Pendidikan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Progdi:

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  2. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.
  3. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam Pendidikan dan komunitas penelitian yang lebih luas.
  4. Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan.
  5. Mampu memberikan layanan konsultasi manajemen Pendidikan untuk memecahkan masalah dalam bidang manajemen pendidikan.
  6. Mengembangkan teori, konsep, dan prinsip perilaku organisasi untuk melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan

Capaian Pembelajaran MK: Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan Pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multidisiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu Pendidikan.

 

  1. Sikap: Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahlian secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
  2. Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah Pendidikan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
  3. Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya Pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan Pendidikan
  4. Pengetahuan: Mengembangkan teori, konsep dan pengambilan keputusan, manajemen peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan secara sistematis.

 

References

UU No 20 Th. 2003 Sisdiknas

UU No 14 Th. 2005 Guru dan Dosen.

PP No. 12 Th 2005 – SNP

Evans, James R & Lindsay, William M; 2008; The management and Control of Quality, 7th edition, South-western, Masson, OH-USA

Lupiyoadi, Rambat, Hamdanai A 2006; Manajemen Pemasaran Jasa,Edisi 2, Penerbit Salemba Empat Jakarta

Sallis,Edward; 2008: Total Quality Management in Education, alih bahasa Achmad Ali Riyadi dan Fahrurrrozi, Cetakan VIII, Penerbit IRCiSo Jogjakarta

     Tjiptono, F dan Chandra, G; 2007: Service, Quality & Satisfaction, Edisi 2 Penerbit Andi, Yogyakarta

     Tjiptono, Fandy; 2008; Service Management: mewujudkan layanan prima, Penerbit Andi Yogyakarta

Witkin, B.R. 1984. Assessing Needs in Educationnal ang Social Programs San Francisco, California Jossey-Bass Publishers

 


Details ...