Manajemen Mutu Pendidikan , Curriculum : 2016


Courser in EnglishEDUCATIONAL QUALITY MANAGEMENT
ProgramManajemen Pendidikan
SKS2 SKS
RPS55 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas konsep mutu, evaluasi mutu, jaminan mutu dan manajemen mutu terpadu dalam konteks Pendidikan. Standar mutu pendidikan, organisasi dan kepemimpinan mutu Pendidikan, alat dan teknik peningkatan mutu, perencanaan strategis mutu Pendidikan. Mengkaji mutu Pendidikan dan permasalahannya sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik dalam Pendid Nasional, sehingga mampu mengidentifikasi, menganalisis dan menetapkan prioritas kebutuhan peningkatan mutu bidang Pendidikan serta mengembangkan desain dan implemenmtasi total quality management (TQM) dalam pendidikan serta evaluasi dan umpan balik untuk perbaikan mutu Pendidikan dengan mempertimbangkan realitas politik, ekonomi, dan Pendidikan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Progdi:

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  2. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.
  3. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam Pendidikan dan komunitas penelitian yang lebih luas.
  4. Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan.
  5. Mampu memberikan layanan konsultasi manajemen Pendidikan untuk memecahkan masalah dalam bidang manajemen pendidikan.
  6. Mengembangkan teori, konsep, dan prinsip perilaku organisasi untuk melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan

Capaian Pembelajaran MK: Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan Pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multidisiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu Pendidikan.

 

  1. Sikap: Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahlian secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
  2. Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah Pendidikan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
  3. Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya Pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan Pendidikan
  4. Pengetahuan: Mengembangkan teori, konsep dan pengambilan keputusan, manajemen peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan secara sistematis.

 

References

UU No 20 Th. 2003 Sisdiknas

UU No 14 Th. 2005 Guru dan Dosen.

PP No. 12 Th 2005 – SNP

Evans, James R & Lindsay, William M; 2008; The management and Control of Quality, 7th edition, South-western, Masson, OH-USA

Lupiyoadi, Rambat, Hamdanai A 2006; Manajemen Pemasaran Jasa,Edisi 2, Penerbit Salemba Empat Jakarta

Sallis,Edward; 2008: Total Quality Management in Education, alih bahasa Achmad Ali Riyadi dan Fahrurrrozi, Cetakan VIII, Penerbit IRCiSo Jogjakarta

     Tjiptono, F dan Chandra, G; 2007: Service, Quality & Satisfaction, Edisi 2 Penerbit Andi, Yogyakarta

     Tjiptono, Fandy; 2008; Service Management: mewujudkan layanan prima, Penerbit Andi Yogyakarta

Witkin, B.R. 1984. Assessing Needs in Educationnal ang Social Programs San Francisco, California Jossey-Bass Publishers

 


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas aspek-aspek kualitas, teori-teori kualitas, pemanfaatan manajemen dalam pencapaian kualitas, sistem manajemen kualitas di bidang pendidikan, eksistensi lembaga penjaminan mutu-implementasi dan kendalanya, dan beberapa kebijakan pemerintah dalam peningkatan mutu pendidikan

 

Learning Outcomes

 

  1. Sikap

     a. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

     b. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;

     c. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri untuk peningkatan mutu pendidikan secara terpadu.

  1. Keterampilan Umum   
  1. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik untuk peningkatan mutu pendidikan;
  2. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis untuk peningkatan mutu pendidikan secara terpadu.
  1. Keterampilan Khusus

     Menguasai ketrampilan mengimplementasikan manajemen kualitas terpadu dalam bidang pendidikan sesuai dengan peranannya.

  1. Penguasaan Pengetahuan

      Menguasai konsep dasar kualitas dan manajemen kualitas secara terpadu di bidang pendidikan

References

Wajib:

Nurkolis. 2005. Manajemen Berbasis Sekolah. Teori, Model dan Aplikasi. Jakarta: Grasindo.

Sallis. E.  2006. Total Quality Management in Education, Manajemen Mutu Pendidikan. Terjemahan oleh  Ahmad Ali Riyadi dan Fahrurrozi. Yogyakarta: IRCiSoD.

Soegito, A.T. 2011. Kepemimpinan Manajemen Berbasis Sekolah. Semarang: Unnes Press.

---------------.  2011. Total Quality Management (TQM) di Perguruan Tinggi. Semarang: Unnes Press.

 

Anjuran:

Nasution. 2001. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Umaedi. 1999. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Vincent Gaspersz. 2001. Total Quality Management (Terjemahan). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas aspek-aspek kualitas, teori-teori kualitas, pemanfaatan manajemen dalam pencapaian kualitas, sistem manajemen kualitas di bidang pendidikan, eksistensi lembaga penjaminan mutu-implementasi dan kendalanya, dan beberapa kebijakan pemerintah dalam peningkatan mutu pendidikan

 

Learning Outcomes

 

  1. Sikap

     a. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

     b. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;

     c. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri untuk peningkatan mutu pendidikan secara terpadu.

  1. Keterampilan Umum   
  1. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik untuk peningkatan mutu pendidikan;
  2. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis untuk peningkatan mutu pendidikan secara terpadu.
  1. Keterampilan Khusus

     Menguasai ketrampilan mengimplementasikan manajemen kualitas terpadu dalam bidang pendidikan sesuai dengan peranannya.

  1. Penguasaan Pengetahuan

      Menguasai konsep dasar kualitas dan manajemen kualitas secara terpadu di bidang pendidikan

References

Wajib:

Nurkolis. 2005. Manajemen Berbasis Sekolah. Teori, Model dan Aplikasi. Jakarta: Grasindo.

Sallis. E.  2006. Total Quality Management in Education, Manajemen Mutu Pendidikan. Terjemahan oleh  Ahmad Ali Riyadi dan Fahrurrozi. Yogyakarta: IRCiSoD.

Soegito, A.T. 2011. Kepemimpinan Manajemen Berbasis Sekolah. Semarang: Unnes Press.

---------------.  2011. Total Quality Management (TQM) di Perguruan Tinggi. Semarang: Unnes Press.

 

Anjuran:

Nasution. 2001. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Umaedi. 1999. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Vincent Gaspersz. 2001. Total Quality Management (Terjemahan). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas aspek-aspek kualitas, teori-teori kualitas, pemanfaatan manajemen dalam pencapaian kualitas, sistem manajemen kualitas di bidang pendidikan, eksistensi lembaga penjaminan mutu-implementasi dan kendalanya, dan beberapa kebijakan pemerintah dalam peningkatan mutu pendidikan

 

Learning Outcomes

 

  1. Sikap

     a. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

     b. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;

     c. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri untuk peningkatan mutu pendidikan secara terpadu.

  1. Keterampilan Umum   
  1. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik untuk peningkatan mutu pendidikan;
  2. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis untuk peningkatan mutu pendidikan secara terpadu.
  1. Keterampilan Khusus

     Menguasai ketrampilan mengimplementasikan manajemen kualitas terpadu dalam bidang pendidikan sesuai dengan peranannya.

  1. Penguasaan Pengetahuan

      Menguasai konsep dasar kualitas dan manajemen kualitas secara terpadu di bidang pendidikan

References

Wajib:

Nurkolis. 2005. Manajemen Berbasis Sekolah. Teori, Model dan Aplikasi. Jakarta: Grasindo.

Sallis. E.  2006. Total Quality Management in Education, Manajemen Mutu Pendidikan. Terjemahan oleh  Ahmad Ali Riyadi dan Fahrurrozi. Yogyakarta: IRCiSoD.

Soegito, A.T. 2011. Kepemimpinan Manajemen Berbasis Sekolah. Semarang: Unnes Press.

---------------.  2011. Total Quality Management (TQM) di Perguruan Tinggi. Semarang: Unnes Press.

 

Anjuran:

Nasution. 2001. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Umaedi. 1999. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Vincent Gaspersz. 2001. Total Quality Management (Terjemahan). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas konsep mutu, evaluasi mutu, jaminan mutu dan manajemen mutu terpadu dalam konteks pendidikan. Standar mutu pendidikan, organisasi dan kepemimpinan mutu pendidikan, alat dan teknik peningkatan mutu, perencanaan strategis mutu pendidikan. Mengkaji mutu pendidikan dan permasalahannya sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik dalam sistem pendidikan nasional, sehingga mampu mengidentifikasi, menganalisis dan menetapkan prioritas kebutuhan peningkatan mutu bidang pendidikan serta mengembangkan desain dan implemenmtasi total quality management (TQM) dalam pendidikan serta evaluasi dan umpan balik untuk perbaikan mutu pendidikan dengan mempertimbangkan realitas politik, ekonomi, dan sosial.

Learning Outcomes

Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multidisiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu pendidikan.

Sikap :Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahlian secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila

Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pendidikan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.

Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan

Pengetahuan : Mengembangkan teori, konsep, dan pengambilan keputusan, manajemen peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan secara sistematis.

References

UU No 20 Th. 2003 Sisdiknas

UU No 14 Th. 2005 Guru dan Dosen. PP No. 12 Th 2005 – SNP

Evans, James R & Lindsay, William M; 2008; The management and Control of Quality, 7th edition, South-western, Masson, OH-USA Lupiyoadi, Rambat, Hamdanai A 2006; Manajemen Pemasaran Jasa,Edisi 2, Penerbit Salemba Empat Jakarta

Sallis,Edward; 2008: Total Quality Management in Education, alih bahasa Achmad Ali Riyadi dan Fahrurrrozi, Cetakan VIII, Penerbit IRCiSo Jogjakarta

Tjiptono, F dan Chandra, G; 2007: Service, Quality & Satisfaction, Edisi 2 Penerbit Andi, Yogyakarta Tjiptono, Fandy; 2008; Service Management: mewujudkan layanan prima, Penerbit Andi Yogyakarta

Witkin, B.R. 1984. Assessing Needs in Educationnal ang Social Programs San Francisco, California Jossey-Bass Publishers


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas konsep mutu, evaluasi mutu, jaminan mutu dan manajemen mutu terpadu dalam konteks pendidikan. Standar mutu pendidikan, organisasi dan kepemimpinan mutu pendidikan, alat dan teknik peningkatan mutu, perencanaan strategis mutu pendidikan. Mengkaji mutu pendidikan dan permasalahannya sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik dalam sistem pendidikan nasional, sehingga mampu mengidentifikasi, menganalisis dan menetapkan prioritas kebutuhan peningkatan mutu bidang pendidikan serta mengembangkan desain dan implemenmtasi total quality management (TQM) dalam pendidikan serta evaluasi dan umpan balik untuk perbaikan mutu pendidikan dengan mempertimbangkan realitas politik, ekonomi, dan sosial.

Learning Outcomes

Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multidisiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu pendidikan.

Sikap :Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahlian secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila

Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pendidikan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.

Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan

Pengetahuan : Mengembangkan teori, konsep, dan pengambilan keputusan, manajemen peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan secara sistematis.

References

UU No 20 Th. 2003 Sisdiknas

UU No 14 Th. 2005 Guru dan Dosen. PP No. 12 Th 2005 – SNP

Evans, James R & Lindsay, William M; 2008; The management and Control of Quality, 7th edition, South-western, Masson, OH-USA Lupiyoadi, Rambat, Hamdanai A 2006; Manajemen Pemasaran Jasa,Edisi 2, Penerbit Salemba Empat Jakarta

Sallis,Edward; 2008: Total Quality Management in Education, alih bahasa Achmad Ali Riyadi dan Fahrurrrozi, Cetakan VIII, Penerbit IRCiSo Jogjakarta

Tjiptono, F dan Chandra, G; 2007: Service, Quality & Satisfaction, Edisi 2 Penerbit Andi, Yogyakarta Tjiptono, Fandy; 2008; Service Management: mewujudkan layanan prima, Penerbit Andi Yogyakarta

Witkin, B.R. 1984. Assessing Needs in Educationnal ang Social Programs San Francisco, California Jossey-Bass Publishers


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas konsep mutu, evaluasi mutu, jaminan mutu dan manajemen mutu terpadu dalam konteks pendidikan. Standar mutu pendidikan, organisasi dan kepemimpinan mutu pendidikan, alat dan teknik peningkatan mutu, perencanaan strategis mutu pendidikan. Mengkaji mutu pendidikan dan permasalahannya sebagai upaya peletakan dasar teori dan praktik dalam sistem pendidikan nasional, sehingga mampu mengidentifikasi, menganalisis dan menetapkan prioritas kebutuhan peningkatan mutu bidang pendidikan serta mengembangkan desain dan implemenmtasi total quality management (TQM) dalam pendidikan serta evaluasi dan umpan balik untuk perbaikan mutu pendidikan dengan mempertimbangkan realitas politik, ekonomi, dan sosial.

Learning Outcomes

Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multidisiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu pendidikan.

Sikap :Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahlian secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila

Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pendidikan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.

Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan

Pengetahuan : Mengembangkan teori, konsep, dan pengambilan keputusan, manajemen peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan secara sistematis.

References

UU No 20 Th. 2003 Sisdiknas

UU No 14 Th. 2005 Guru dan Dosen. PP No. 12 Th 2005 – SNP

Evans, James R & Lindsay, William M; 2008; The management and Control of Quality, 7th edition, South-western, Masson, OH-USA Lupiyoadi, Rambat, Hamdanai A 2006; Manajemen Pemasaran Jasa,Edisi 2, Penerbit Salemba Empat Jakarta

Sallis,Edward; 2008: Total Quality Management in Education, alih bahasa Achmad Ali Riyadi dan Fahrurrrozi, Cetakan VIII, Penerbit IRCiSo Jogjakarta

Tjiptono, F dan Chandra, G; 2007: Service, Quality & Satisfaction, Edisi 2 Penerbit Andi, Yogyakarta Tjiptono, Fandy; 2008; Service Management: mewujudkan layanan prima, Penerbit Andi Yogyakarta

Witkin, B.R. 1984. Assessing Needs in Educationnal ang Social Programs San Francisco, California Jossey-Bass Publishers


Details ...