Courser in English | LEARNING EVALUATION |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 41 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep dasar evaluasi pembelajaran sekolah dasar; pengembangan indikator dan kisi-kisi soal, pengembangan soal HOTS, uji validitas, reliabilitas, dan daya beda, pengembangan penilaian portofolio, pengembangan instrumen penilaian, dan analisis soal.
Learning Outcomes1. Capaian sikap: Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik serta mampu menunjukkan
sikap bertanggung jawab dan mandiri dalam evaluasi pembelajaran di sekolah dasar.
2. Capaian Pengetahuan: Mahasiswa menguasai konsep pembelajaran di Sekolah Dasar untuk mengembangkan ide, dan hasil
pemikirannya sesuai dengan evaluasi pembelajaran di sekolah dasar.
3. Capaian Keterampilan: Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil ide, pemikiran, dan argumennya secara bertanggung jawab kepada masyarakat mengenai evaluasi pembelajaran di sekolah dasar.
References
Panduan penilaian K13 Permendikbud No 23 Tahun 2016 untuk Sekolah Dasar
Purwati, E., dkk. 2008. Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar. (Bahan Ajar). Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Hasan, H.2008. Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Arikunto, S. 2000. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep dasar evaluasi pembelajaran sekolah dasar; pengembangan indikator dan kisi-kisi soal, pengembangan soal HOTS, uji validitas, reliabilitas, dan daya beda, pengembangan penilaian portofolio, pengembangan instrumen penilaian, dan analisis soal.
Learning Outcomes1. Capaian sikap: Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik serta mampu menunjukkan
sikap bertanggung jawab dan mandiri dalam evaluasi pembelajaran di sekolah dasar.
2. Capaian Pengetahuan: Mahasiswa menguasai konsep pembelajaran di Sekolah Dasar untuk mengembangkan ide, dan hasil
pemikirannya sesuai dengan evaluasi pembelajaran di sekolah dasar.
3. Capaian Keterampilan: Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil ide, pemikiran, dan argumennya secara bertanggung jawab kepada masyarakat mengenai evaluasi pembelajaran di sekolah dasar.
References
Panduan penilaian K13 Permendikbud No 23 Tahun 2016 untuk Sekolah Dasar
Purwati, E., dkk. 2008. Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar. (Bahan Ajar). Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Hasan, H.2008. Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Arikunto, S. 2000. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep dasar evaluasi pembelajaran sekolah dasar; pengembangan indikator dan kisi-kisi soal, pengembangan soal HOTS, uji validitas, reliabilitas, dan daya beda, pengembangan penilaian portofolio, pengembangan instrumen penilaian, dan analisis soal.
Learning Outcomes1. Capaian sikap: Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik serta mampu menunjukkan
sikap bertanggung jawab dan mandiri dalam evaluasi pembelajaran di sekolah dasar.
2. Capaian Pengetahuan: Mahasiswa menguasai konsep pembelajaran di Sekolah Dasar untuk mengembangkan ide, dan hasil
pemikirannya sesuai dengan evaluasi pembelajaran di sekolah dasar.
3. Capaian Keterampilan: Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil ide, pemikiran, dan argumennya secara bertanggung jawab kepada masyarakat mengenai evaluasi pembelajaran di sekolah dasar.
References
Panduan penilaian K13 Permendikbud No 23 Tahun 2016 untuk Sekolah Dasar
Purwati, E., dkk. 2008. Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar. (Bahan Ajar). Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Hasan, H.2008. Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Arikunto, S. 2000. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep dasar evaluasi pembelajaran sekolah dasar; pengembangan indikator dan kisi-kisi soal, pengembangan soal HOTS, uji validitas, reliabilitas, dan daya beda, pengembangan penilaian portofolio, pengembangan instrumen penilaian, dan analisis soal.
Learning Outcomes1. Capaian sikap: Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik serta mampu menunjukkan
sikap bertanggung jawab dan mandiri dalam evaluasi pembelajaran di sekolah dasar.
2. Capaian Pengetahuan: Mahasiswa menguasai konsep pembelajaran di Sekolah Dasar untuk mengembangkan ide, dan hasil
pemikirannya sesuai dengan evaluasi pembelajaran di sekolah dasar.
3. Capaian Keterampilan: Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil ide, pemikiran, dan argumennya secara bertanggung jawab kepada masyarakat mengenai evaluasi pembelajaran di sekolah dasar.
References
Panduan penilaian K13 Permendikbud No 23 Tahun 2016 untuk Sekolah Dasar
Purwati, E., dkk. 2008. Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar. (Bahan Ajar). Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Hasan, H.2008. Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Arikunto, S. 2000. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep dasar evaluasi pembelajaran sekolah dasar; pengembangan indikator dan kisi-kisi soal, pengembangan soal HOTS, uji validitas, reliabilitas, dan daya beda, pengembangan penilaian portofolio, pengembangan instrumen penilaian, dan analisis soal.
Learning Outcomes1. Capaian sikap: Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik serta mampu menunjukkan
sikap bertanggung jawab dan mandiri dalam evaluasi pembelajaran di sekolah dasar.
2. Capaian Pengetahuan: Mahasiswa menguasai konsep pembelajaran di Sekolah Dasar untuk mengembangkan ide, dan hasil
pemikirannya sesuai dengan evaluasi pembelajaran di sekolah dasar.
3. Capaian Keterampilan: Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil ide, pemikiran, dan argumennya secara bertanggung jawab kepada masyarakat mengenai evaluasi pembelajaran di sekolah dasar.
References
Panduan penilaian K13 Permendikbud No 23 Tahun 2016 untuk Sekolah Dasar
Purwati, E., dkk. 2008. Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar. (Bahan Ajar). Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Hasan, H.2008. Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Arikunto, S. 2000. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep dasar evaluasi pembelajaran sekolah dasar; pengembangan indikator dan kisi-kisi soal, pengembangan soal HOTS, uji validitas, reliabilitas, dan daya beda, pengembangan penilaian portofolio, pengembangan instrumen penilaian, dan analisis soal.
Learning Outcomes1. Capaian sikap: Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik serta mampu menunjukkan
sikap bertanggung jawab dan mandiri dalam evaluasi pembelajaran di sekolah dasar.
2. Capaian Pengetahuan: Mahasiswa menguasai konsep pembelajaran di Sekolah Dasar untuk mengembangkan ide, dan hasil
pemikirannya sesuai dengan evaluasi pembelajaran di sekolah dasar.
3. Capaian Keterampilan: Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil ide, pemikiran, dan argumennya secara bertanggung jawab kepada masyarakat mengenai evaluasi pembelajaran di sekolah dasar.
References
Panduan penilaian K13 Permendikbud No 23 Tahun 2016 untuk Sekolah Dasar
Purwati, E., dkk. 2008. Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar. (Bahan Ajar). Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Hasan, H.2008. Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Arikunto, S. 2000. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep dasar evaluasi pembelajaran sekolah dasar; pengembangan indikator dan kisi-kisi soal, pengembangan soal HOTS, uji validitas, reliabilitas, dan daya beda, pengembangan penilaian portofolio, pengembangan instrumen penilaian, dan analisis soal.
Learning Outcomes1. Capaian sikap: Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik serta mampu menunjukkan
sikap bertanggung jawab dan mandiri dalam evaluasi pembelajaran di sekolah dasar.
2. Capaian Pengetahuan: Mahasiswa menguasai konsep pembelajaran di Sekolah Dasar untuk mengembangkan ide, dan hasil
pemikirannya sesuai dengan evaluasi pembelajaran di sekolah dasar.
3. Capaian Keterampilan: Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil ide, pemikiran, dan argumennya secara bertanggung jawab kepada masyarakat mengenai evaluasi pembelajaran di sekolah dasar.
References
Panduan penilaian K13 Permendikbud No 23 Tahun 2016 untuk Sekolah Dasar
Purwati, E., dkk. 2008. Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar. (Bahan Ajar). Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Hasan, H.2008. Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Arikunto, S. 2000. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep dasar evaluasi pembelajaran sekolah dasar; pengembangan indikator dan kisi-kisi soal, pengembangan soal HOTS, uji validitas, reliabilitas, dan daya beda, pengembangan penilaian portofolio, pengembangan instrumen penilaian, dan analisis soal.
Learning Outcomes1. Capaian sikap: Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik serta mampu menunjukkan
sikap bertanggung jawab dan mandiri dalam evaluasi pembelajaran di sekolah dasar.
2. Capaian Pengetahuan: Mahasiswa menguasai konsep pembelajaran di Sekolah Dasar untuk mengembangkan ide, dan hasil
pemikirannya sesuai dengan evaluasi pembelajaran di sekolah dasar.
3. Capaian Keterampilan: Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil ide, pemikiran, dan argumennya secara bertanggung jawab kepada masyarakat mengenai evaluasi pembelajaran di sekolah dasar.
References
Panduan penilaian K13 Permendikbud No 23 Tahun 2016 untuk Sekolah Dasar
Purwati, E., dkk. 2008. Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar. (Bahan Ajar). Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Hasan, H.2008. Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Arikunto, S. 2000. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...
Mata kuliah ini berisi konsep dasar evaluasi pembelajaran, ranah belajar, pengembangan indikator, pengembangan instrumen, uji validitas, reliabelitas, daya beda soal, dan uji taraf kesukaran soal.
Learning Outcomesmahasiswa dapat membuat soal yang baik dan bisa menguji validitas, reliabelitas, dayabeda, dan taraf kesukaran soal.
ReferencesAbdullahShodiq,2012, Evaluasi Pembelajaran, Semarang Pustaka Rizki putra
Zainal Arifin, 2009, Evaluasi Pembelajaran, Siliwangi PT Remaja Rosdakarya
Details ...
Mata kuliah ini berisi konsep dasar evaluasi pembelajaran, ranah belajar, pengembangan indikator, pengembangan instrumen, uji validitas, reliabelitas, daya beda soal, dan uji taraf kesukaran soal.
Learning Outcomesmahasiswa dapat membuat soal yang baik dan bisa menguji validitas, reliabelitas, dayabeda, dan taraf kesukaran soal.
ReferencesAbdullahShodiq,2012, Evaluasi Pembelajaran, Semarang Pustaka Rizki putra
Zainal Arifin, 2009, Evaluasi Pembelajaran, Siliwangi PT Remaja Rosdakarya
Details ...
Mata kuliah ini berisi konsep dasar evaluasi pembelajaran, ranah belajar, pengembangan indikator, pengembangan instrumen, uji validitas, reliabelitas, daya beda soal, dan uji taraf kesukaran soal.
Learning Outcomesmahasiswa dapat membuat soal yang baik dan bisa menguji validitas, reliabelitas, dayabeda, dan taraf kesukaran soal.
ReferencesAbdullahShodiq,2012, Evaluasi Pembelajaran, Semarang Pustaka Rizki putra
Zainal Arifin, 2009, Evaluasi Pembelajaran, Siliwangi PT Remaja Rosdakarya
Details ...
Mata kuliah ini berisi konsep dasar evaluasi pembelajaran, ranah belajar, pengembangan indikator, pengembangan instrumen, uji validitas, reliabelitas, daya beda soal, dan uji taraf kesukaran soal.
Learning Outcomesmahasiswa dapat membuat soal yang baik dan bisa menguji validitas, reliabelitas, dayabeda, dan taraf kesukaran soal.
ReferencesAbdullahShodiq,2012, Evaluasi Pembelajaran, Semarang Pustaka Rizki putra
Zainal Arifin, 2009, Evaluasi Pembelajaran, Siliwangi PT Remaja Rosdakarya
Details ...