Courser in English | LEARNING EVALUATION |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 41 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah evaluasi pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana prosespengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang,melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran melalui kegiatan mendiskripsikan pengertian dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, menjelaskan karakteristik penilaian berbasis kelas, memahami dan membuat instrumen HOTS, memahami dan membuat instrumen HOTS, mengembangan Instrumen Non Tes, menganalisis kualitas instrument, mengolah skor penilaian dan implementasi penilaian pembelajaran. Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis, empiric dan praktik oleh karena itu akandigunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based, dan project based learningserta menekankan pada upaya kolaboratif.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Memahami pengertian, peranan, dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)
|
CPMK2 |
Menelaah dan mengkaji karakteristik penilaian berbasis kelas dengan mandiri dan kreatif kreatif (P5, KK4, S8) |
CPMK3 |
Menelaah instrumen HOTS dengan kritis (P5, KU1, KK5, KK7, S8) |
CPMK4 |
Memahami dan membuat instrumen HOTS kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8) |
CPMK5 |
Mengembangan instrument Non Tessecara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8) |
CPMK6 |
Menganalisis kualitas instrument penilaian pembelajaran dengan kritis dan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S8, S9) |
CPMK7 |
Mengolah skor penilaian pembelajaran dengan kritis dan penuh tanggung jawab(P1, KU2, KK7, S8, S9) |
CPMK8 |
Melaksanakan praktik penilaian pembelajaran secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan penilaian dalam kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9) |
- Aloysius Yosef Soegeng. Maryadi. 2015. Evaluasi Hasil Belajar: Pengetahuan dan Teknik. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
- Widoyoko, Eko Putro. 2016. Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda
- Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Abdullah, Shodiq. 2012. Evaluasi Pembelajaran: Konsep dasar, Teori, dan Aplikasi. Semarang: Pustaka Rizki Putra
- Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Bumi Aksara
Details ...
Mata kuliah evaluasi pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana prosespengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang,melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran melalui kegiatan mendiskripsikan pengertian dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, menjelaskan karakteristik penilaian berbasis kelas, memahami dan membuat instrumen HOTS, memahami dan membuat instrumen HOTS, mengembangan Instrumen Non Tes, menganalisis kualitas instrument, mengolah skor penilaian dan implementasi penilaian pembelajaran. Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis, empiric dan praktik oleh karena itu akandigunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based, dan project based learningserta menekankan pada upaya kolaboratif.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Memahami pengertian, peranan, dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)
|
CPMK2 |
Menelaah dan mengkaji karakteristik penilaian berbasis kelas dengan mandiri dan kreatif kreatif (P5, KK4, S8) |
CPMK3 |
Menelaah instrumen HOTS dengan kritis (P5, KU1, KK5, KK7, S8) |
CPMK4 |
Memahami dan membuat instrumen HOTS kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8) |
CPMK5 |
Mengembangan instrument Non Tessecara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8) |
CPMK6 |
Menganalisis kualitas instrument penilaian pembelajaran dengan kritis dan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S8, S9) |
CPMK7 |
Mengolah skor penilaian pembelajaran dengan kritis dan penuh tanggung jawab(P1, KU2, KK7, S8, S9) |
CPMK8 |
Melaksanakan praktik penilaian pembelajaran secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan penilaian dalam kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9) |
- Aloysius Yosef Soegeng. Maryadi. 2015. Evaluasi Hasil Belajar: Pengetahuan dan Teknik. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
- Widoyoko, Eko Putro. 2016. Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda
- Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Abdullah, Shodiq. 2012. Evaluasi Pembelajaran: Konsep dasar, Teori, dan Aplikasi. Semarang: Pustaka Rizki Putra
- Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Bumi Aksara
Details ...
Mata kuliah evaluasi pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana prosespengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang,melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran melalui kegiatan mendiskripsikan pengertian dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, menjelaskan karakteristik penilaian berbasis kelas, memahami dan membuat instrumen HOTS, memahami dan membuat instrumen HOTS, mengembangan Instrumen Non Tes, menganalisis kualitas instrument, mengolah skor penilaian dan implementasi penilaian pembelajaran. Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis, empiric dan praktik oleh karena itu akandigunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based, dan project based learningserta menekankan pada upaya kolaboratif.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Memahami pengertian, peranan, dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)
|
CPMK2 |
Menelaah dan mengkaji karakteristik penilaian berbasis kelas dengan mandiri dan kreatif kreatif (P5, KK4, S8) |
CPMK3 |
Menelaah instrumen HOTS dengan kritis (P5, KU1, KK5, KK7, S8) |
CPMK4 |
Memahami dan membuat instrumen HOTS kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8) |
CPMK5 |
Mengembangan instrument Non Tessecara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8) |
CPMK6 |
Menganalisis kualitas instrument penilaian pembelajaran dengan kritis dan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S8, S9) |
CPMK7 |
Mengolah skor penilaian pembelajaran dengan kritis dan penuh tanggung jawab(P1, KU2, KK7, S8, S9) |
CPMK8 |
Melaksanakan praktik penilaian pembelajaran secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan penilaian dalam kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9) |
- Aloysius Yosef Soegeng. Maryadi. 2015. Evaluasi Hasil Belajar: Pengetahuan dan Teknik. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
- Widoyoko, Eko Putro. 2016. Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda
- Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Abdullah, Shodiq. 2012. Evaluasi Pembelajaran: Konsep dasar, Teori, dan Aplikasi. Semarang: Pustaka Rizki Putra
- Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Bumi Aksara
Details ...
Matakuliah ini membahas tentang hakikat evaluasi pembelajaran yang meliputi konsep dasar evaluasi, tujuan, fungsi dan peranan serta prinsip-prinsip evaluasi. Langkah-langkah pengembangan evaluasi pembelajaran, praktek penulisan butir soal, pengolahan data hasil evaluasi, analisis kualitas tes meliputi (validitas dan reliabilitas) dan kualitas butir soal(tingkat kesulitan, daya beda dan keberfungsian distrakter), pemanfaatan hasil kegiatan evaluasi pembelajaran (feed back untuk perbaikan program dan proses pembelajaran, diagnostik kesulitan belajar dan penempatan posisi siswa dalam kelas).
Learning Outcomescapaian pembelajaran lulusan mata kuliah:
1. memahami dan menguasai konsep dasar dan fungsi evaluasi pembelajaran sekolah dasar, serta memahami cara penggunaan evaluasi pembelajaran di sekolah dasar
2. mengimplementasikannya dalam evaluasi pembelajaran di sekolah dasar
lulusan prodi:
1. menguasai dan melaksanakan model-model evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran di sekolah dasar
2. mampu merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi pelaksanaan program yang berada di bawah tanggung jawabnya dengan memanfaatkan pengetahuan dan bidang keahliannya
3. memiliki kemampuan merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi sesuai dengan bidang studi keahliannya
4. menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
5. menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar
6. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
7. mampu menganalisis, merekonstruksi, dan memodifikasi materi bahan ajar ke dalam materi evaluasi
8. menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar secara mandiri
References
1. Aloysius Yosef Soegeng. Maryadi. 2015. Evaluasi Hasil Belajar: Pengetahuan dan Teknik. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
2. Widoyoko, Eko Putro. 2016. Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
3. Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda
4. Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
5. Abdullah, Shodiq. 2012. Evaluasi Pembelajaran: Konsep dasar, Teori, dan Aplikasi. Semarang: Pustaka Rizki Putra
6. Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Bumi Aksara
Details ...
Matakuliah ini membahas tentang hakikat evaluasi pembelajaran yang meliputi konsep dasar evaluasi, tujuan, fungsi dan peranan serta prinsip-prinsip evaluasi. Langkah-langkah pengembangan evaluasi pembelajaran, praktek penulisan butir soal, pengolahan data hasil evaluasi, analisis kualitas tes meliputi (validitas dan reliabilitas) dan kualitas butir soal(tingkat kesulitan, daya beda dan keberfungsian distrakter), pemanfaatan hasil kegiatan evaluasi pembelajaran (feed back untuk perbaikan program dan proses pembelajaran, diagnostik kesulitan belajar dan penempatan posisi siswa dalam kelas).
Learning Outcomescapaian pembelajaran lulusan mata kuliah:
1. memahami dan menguasai konsep dasar dan fungsi evaluasi pembelajaran sekolah dasar, serta memahami cara penggunaan evaluasi pembelajaran di sekolah dasar
2. mengimplementasikannya dalam evaluasi pembelajaran di sekolah dasar
lulusan prodi:
1. menguasai dan melaksanakan model-model evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran di sekolah dasar
2. mampu merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi pelaksanaan program yang berada di bawah tanggung jawabnya dengan memanfaatkan pengetahuan dan bidang keahliannya
3. memiliki kemampuan merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi sesuai dengan bidang studi keahliannya
4. menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
5. menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar
6. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
7. mampu menganalisis, merekonstruksi, dan memodifikasi materi bahan ajar ke dalam materi evaluasi
8. menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar secara mandiri
References
1. Aloysius Yosef Soegeng. Maryadi. 2015. Evaluasi Hasil Belajar: Pengetahuan dan Teknik. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
2. Widoyoko, Eko Putro. 2016. Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
3. Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda
4. Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
5. Abdullah, Shodiq. 2012. Evaluasi Pembelajaran: Konsep dasar, Teori, dan Aplikasi. Semarang: Pustaka Rizki Putra
6. Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Bumi Aksara
Details ...
Matakuliah ini membahas tentang hakikat evaluasi pembelajaran yang meliputi konsep dasar evaluasi, tujuan, fungsi dan peranan serta prinsip-prinsip evaluasi. Langkah-langkah pengembangan evaluasi pembelajaran, praktek penulisan butir soal, pengolahan data hasil evaluasi, analisis kualitas tes meliputi (validitas dan reliabilitas) dan kualitas butir soal(tingkat kesulitan, daya beda dan keberfungsian distrakter), pemanfaatan hasil kegiatan evaluasi pembelajaran (feed back untuk perbaikan program dan proses pembelajaran, diagnostik kesulitan belajar dan penempatan posisi siswa dalam kelas).
Learning Outcomescapaian pembelajaran lulusan mata kuliah:
1. memahami dan menguasai konsep dasar dan fungsi evaluasi pembelajaran sekolah dasar, serta memahami cara penggunaan evaluasi pembelajaran di sekolah dasar
2. mengimplementasikannya dalam evaluasi pembelajaran di sekolah dasar
lulusan prodi:
1. menguasai dan melaksanakan model-model evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran di sekolah dasar
2. mampu merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi pelaksanaan program yang berada di bawah tanggung jawabnya dengan memanfaatkan pengetahuan dan bidang keahliannya
3. memiliki kemampuan merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi sesuai dengan bidang studi keahliannya
4. menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
5. menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar
6. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
7. mampu menganalisis, merekonstruksi, dan memodifikasi materi bahan ajar ke dalam materi evaluasi
8. menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar secara mandiri
References
1. Aloysius Yosef Soegeng. Maryadi. 2015. Evaluasi Hasil Belajar: Pengetahuan dan Teknik. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
2. Widoyoko, Eko Putro. 2016. Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
3. Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda
4. Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
5. Abdullah, Shodiq. 2012. Evaluasi Pembelajaran: Konsep dasar, Teori, dan Aplikasi. Semarang: Pustaka Rizki Putra
6. Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Bumi Aksara
Details ...
Matakuliah ini membahas tentang hakikat evaluasi pembelajaran yang meliputi konsep dasar evaluasi, tujuan, fungsi dan peranan serta prinsip-prinsip evaluasi. Langkah-langkah pengembangan evaluasi pembelajaran, praktek penulisan butir soal, pengolahan data hasil evaluasi, analisis kualitas tes meliputi (validitas dan reliabilitas) dan kualitas butir soal(tingkat kesulitan, daya beda dan keberfungsian distrakter), pemanfaatan hasil kegiatan evaluasi pembelajaran (feed back untuk perbaikan program dan proses pembelajaran, diagnostik kesulitan belajar dan penempatan posisi siswa dalam kelas).
Learning Outcomescapaian pembelajaran lulusan mata kuliah:
1. memahami dan menguasai konsep dasar dan fungsi evaluasi pembelajaran sekolah dasar, serta memahami cara penggunaan evaluasi pembelajaran di sekolah dasar
2. mengimplementasikannya dalam evaluasi pembelajaran di sekolah dasar
lulusan prodi:
1. menguasai dan melaksanakan model-model evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran di sekolah dasar
2. mampu merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi pelaksanaan program yang berada di bawah tanggung jawabnya dengan memanfaatkan pengetahuan dan bidang keahliannya
3. memiliki kemampuan merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi sesuai dengan bidang studi keahliannya
4. menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
5. menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar
6. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
7. mampu menganalisis, merekonstruksi, dan memodifikasi materi bahan ajar ke dalam materi evaluasi
8. menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar secara mandiri
References
1. Aloysius Yosef Soegeng. Maryadi. 2015. Evaluasi Hasil Belajar: Pengetahuan dan Teknik. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
2. Widoyoko, Eko Putro. 2016. Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
3. Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda
4. Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
5. Abdullah, Shodiq. 2012. Evaluasi Pembelajaran: Konsep dasar, Teori, dan Aplikasi. Semarang: Pustaka Rizki Putra
6. Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Bumi Aksara
Details ...
Matakuliah ini membahas tentang hakikat evaluasi pembelajaran yang meliputi konsep dasar evaluasi, tujuan, fungsi dan peranan serta prinsip-prinsip evaluasi. Langkah-langkah pengembangan evaluasi pembelajaran, praktek penulisan butir soal, pengolahan data hasil evaluasi, analisis kualitas tes meliputi (validitas dan reliabilitas) dan kualitas butir soal(tingkat kesulitan, daya beda dan keberfungsian distrakter), pemanfaatan hasil kegiatan evaluasi pembelajaran (feed back untuk perbaikan program dan proses pembelajaran, diagnostik kesulitan belajar dan penempatan posisi siswa dalam kelas).
Learning Outcomescapaian pembelajaran lulusan mata kuliah:
1. memahami dan menguasai konsep dasar dan fungsi evaluasi pembelajaran sekolah dasar, serta memahami cara penggunaan evaluasi pembelajaran di sekolah dasar
2. mengimplementasikannya dalam evaluasi pembelajaran di sekolah dasar
lulusan prodi:
1. menguasai dan melaksanakan model-model evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran di sekolah dasar
2. mampu merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi pelaksanaan program yang berada di bawah tanggung jawabnya dengan memanfaatkan pengetahuan dan bidang keahliannya
3. memiliki kemampuan merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi sesuai dengan bidang studi keahliannya
4. menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
5. menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar
6. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
7. mampu menganalisis, merekonstruksi, dan memodifikasi materi bahan ajar ke dalam materi evaluasi
8. menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar secara mandiri
References
1. Aloysius Yosef Soegeng. Maryadi. 2015. Evaluasi Hasil Belajar: Pengetahuan dan Teknik. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
2. Widoyoko, Eko Putro. 2016. Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
3. Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda
4. Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
5. Abdullah, Shodiq. 2012. Evaluasi Pembelajaran: Konsep dasar, Teori, dan Aplikasi. Semarang: Pustaka Rizki Putra
6. Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Bumi Aksara
Details ...
Matakuliah ini membahas tentang hakikat evaluasi pembelajaran yang meliputi konsep dasar evaluasi, tujuan, fungsi dan peranan serta prinsip-prinsip evaluasi. Langkah-langkah pengembangan evaluasi pembelajaran, praktek penulisan butir soal, pengolahan data hasil evaluasi, analisis kualitas tes meliputi (validitas dan reliabilitas) dan kualitas butir soal(tingkat kesulitan, daya beda dan keberfungsian distrakter), pemanfaatan hasil kegiatan evaluasi pembelajaran (feed back untuk perbaikan program dan proses pembelajaran, diagnostik kesulitan belajar dan penempatan posisi siswa dalam kelas).
Learning Outcomescapaian pembelajaran lulusan mata kuliah:
1. memahami dan menguasai konsep dasar dan fungsi evaluasi pembelajaran sekolah dasar, serta memahami cara penggunaan evaluasi pembelajaran di sekolah dasar
2. mengimplementasikannya dalam evaluasi pembelajaran di sekolah dasar
lulusan prodi:
1. menguasai dan melaksanakan model-model evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran di sekolah dasar
2. mampu merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi pelaksanaan program yang berada di bawah tanggung jawabnya dengan memanfaatkan pengetahuan dan bidang keahliannya
3. memiliki kemampuan merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi sesuai dengan bidang studi keahliannya
4. menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
5. menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar
6. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
7. mampu menganalisis, merekonstruksi, dan memodifikasi materi bahan ajar ke dalam materi evaluasi
8. menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar secara mandiri
References
1. Aloysius Yosef Soegeng. Maryadi. 2015. Evaluasi Hasil Belajar: Pengetahuan dan Teknik. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
2. Widoyoko, Eko Putro. 2016. Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
3. Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda
4. Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
5. Abdullah, Shodiq. 2012. Evaluasi Pembelajaran: Konsep dasar, Teori, dan Aplikasi. Semarang: Pustaka Rizki Putra
6. Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Bumi Aksara
Details ...
Matakuliah ini membahas tentang hakikat evaluasi pembelajaran yang meliputi konsep dasar evaluasi, tujuan, fungsi dan peranan serta prinsip-prinsip evaluasi. Langkah-langkah pengembangan evaluasi pembelajaran, praktek penulisan butir soal, pengolahan data hasil evaluasi, analisis kualitas tes meliputi (validitas dan reliabilitas) dan kualitas butir soal(tingkat kesulitan, daya beda dan keberfungsian distrakter), pemanfaatan hasil kegiatan evaluasi pembelajaran (feed back untuk perbaikan program dan proses pembelajaran, diagnostik kesulitan belajar dan penempatan posisi siswa dalam kelas).
Learning Outcomescapaian pembelajaran lulusan mata kuliah:
1. memahami dan menguasai konsep dasar dan fungsi evaluasi pembelajaran sekolah dasar, serta memahami cara penggunaan evaluasi pembelajaran di sekolah dasar
2. mengimplementasikannya dalam evaluasi pembelajaran di sekolah dasar
lulusan prodi:
1. menguasai dan melaksanakan model-model evaluasi proses dan evaluasi produk pembelajaran di sekolah dasar
2. mampu merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi pelaksanaan program yang berada di bawah tanggung jawabnya dengan memanfaatkan pengetahuan dan bidang keahliannya
3. memiliki kemampuan merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi sesuai dengan bidang studi keahliannya
4. menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
5. menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar
6. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
7. mampu menganalisis, merekonstruksi, dan memodifikasi materi bahan ajar ke dalam materi evaluasi
8. menguasai kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar secara mandiri
References
1. Aloysius Yosef Soegeng. Maryadi. 2015. Evaluasi Hasil Belajar: Pengetahuan dan Teknik. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
2. Widoyoko, Eko Putro. 2016. Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
3. Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda
4. Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
5. Abdullah, Shodiq. 2012. Evaluasi Pembelajaran: Konsep dasar, Teori, dan Aplikasi. Semarang: Pustaka Rizki Putra
6. Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Bumi Aksara
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep dasar evaluasi pembelajaran sekolah dasar; pengembangan indikator dan kisi-kisi soal, pengembangan soal HOTS, uji validitas, reliabilitas, dan daya beda, pengembangan penilaian portofolio, pengembangan instrumen penilaian, dan analisis soal.
Learning Outcomes1. Capaian sikap: Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik serta mampu menunjukkan
sikap bertanggung jawab dan mandiri dalam evaluasi pembelajaran di sekolah dasar.
2. Capaian Pengetahuan: Mahasiswa menguasai konsep pembelajaran di Sekolah Dasar untuk mengembangkan ide, dan hasil
pemikirannya sesuai dengan evaluasi pembelajaran di sekolah dasar.
3. Capaian Keterampilan: Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil ide, pemikiran, dan argumennya secara bertanggung jawab kepada masyarakat mengenai evaluasi pembelajaran di sekolah dasar.
References
Panduan penilaian K13 Permendikbud No 23 Tahun 2016 untuk Sekolah Dasar
Purwati, E., dkk. 2008. Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar. (Bahan Ajar). Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Hasan, H.2008. Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Arikunto, S. 2000. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep dasar evaluasi pembelajaran sekolah dasar; pengembangan indikator dan kisi-kisi soal, pengembangan soal HOTS, uji validitas, reliabilitas, dan daya beda, pengembangan penilaian portofolio, pengembangan instrumen penilaian, dan analisis soal.
Learning Outcomes1. Capaian sikap: Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik serta mampu menunjukkan
sikap bertanggung jawab dan mandiri dalam evaluasi pembelajaran di sekolah dasar.
2. Capaian Pengetahuan: Mahasiswa menguasai konsep pembelajaran di Sekolah Dasar untuk mengembangkan ide, dan hasil
pemikirannya sesuai dengan evaluasi pembelajaran di sekolah dasar.
3. Capaian Keterampilan: Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil ide, pemikiran, dan argumennya secara bertanggung jawab kepada masyarakat mengenai evaluasi pembelajaran di sekolah dasar.
References
Panduan penilaian K13 Permendikbud No 23 Tahun 2016 untuk Sekolah Dasar
Purwati, E., dkk. 2008. Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar. (Bahan Ajar). Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Hasan, H.2008. Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Arikunto, S. 2000. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Details ...