Courser in English | LEARNING EVALUATION |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 41 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini berisi konsep dasar evaluasi pembelajaran, ranah belajar, pengembangan indikator, pengembangan instrumen, uji validitas, reliabelitas, daya beda soal, dan uji taraf kesukaran soal.
Learning Outcomesmahasiswa dapat membuat soal yang baik dan bisa menguji validitas, reliabelitas, dayabeda, dan taraf kesukaran soal.
ReferencesAbdullahShodiq,2012, Evaluasi Pembelajaran, Semarang Pustaka Rizki putra
Zainal Arifin, 2009, Evaluasi Pembelajaran, Siliwangi PT Remaja Rosdakarya
Details ...
Mata kuliah ini berisi konsep dasar evaluasi pembelajaran, ranah belajar, pengembangan indikator, pengembangan instrumen, uji validitas, reliabelitas, daya beda soal, dan uji taraf kesukaran soal.
Learning Outcomesmahasiswa dapat membuat soal yang baik dan bisa menguji validitas, reliabelitas, dayabeda, dan taraf kesukaran soal.
ReferencesAbdullahShodiq,2012, Evaluasi Pembelajaran, Semarang Pustaka Rizki putra
Zainal Arifin, 2009, Evaluasi Pembelajaran, Siliwangi PT Remaja Rosdakarya
Details ...
Evaluasi Pembelajaran adalah materi perkuliahan yang menekankan materi, teori, konsep, prosedur penilaian hasil belajar yang meliputi proses PBM, tujuan pengajaran perencanaan pengajaran, konsep-konsep penilaian hasil belajar, teknik-teknik dan prosedur penilaian hasil belajar, penyusunan instrumen penilaian hasil belajar, teknik dan prosedur pemberian skor dan nilai hasil belajar diagnosis kesulitan belajar dan program layan bimbingan belajar.
Learning OutcomesMenghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melaksanakan model-model evaluasi dan evaluasi produk pembelajaran secara signifikan di Satuan Pendidikan Sekolah Dasar.
ReferencesArikunto Suharsimi, 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi), Jakarta. Bumi Aksara.
Arikunto Suharsimi, 2007. Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta. Bumi Aksara. Ali Muhamad, 2007. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung. Sinar Baru Algresindo.
Danim Sudarwan, 2008. Media Komunikasi Pendidikan, Jakarta. Bumi Aksara. Dimyati Mujiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta. Rineka Cipta Djamarah, 2006. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta. Rineka Cipta.
Djamarah, 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta, Rineka Cipta.
Hamalik Omar, 2008. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta. Bmi Aksara Hamalik Omar, 2005. Proses Belajar Mengajar, Jakarta. Bumi Aksara
Hamalik, 2006. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta. Bumi Aksara.
Hamzah, 2007. Perencanaan Pembelajaran, Jakarta. Bumi Aksara
Idris Jamaludin, 2007. Sekolah Efektif dan Guru Efektif, Jogjakarta. Suluh Press Isjoni , 2007. Bersinergi dalam Perubahan, Menciptakan Pendidikan Berkualitas di Era Global, Jogjakarta. Pustaka Pelajar
Idi Abdulah, 2007. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, Jogjakarta. Aruzz Media.
Rohani Ahmad, 2004. Pengelolaan Pengajaran, Jakarta. Rineka Cipta
Sardiman, 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Siahaan Amirudin at all. Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah, Ciputat. Quantum Teaching.
Sudarto at all, 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan, Semarang.FIP IKIP PGRI Semarang Suwarno Wiji, 2006. Dasat-dasar 1Zmu Pendidikan, Jogjakarta. Arus Media
Sudiana Nana, 2008.Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung. Sinar Baru Algresindo
Suyati Tri at all, 2011. Profesi Keguruan, Semarang. IKIP PGRI Semarang Press Seifert Kelvin, 2007. Manajemen Pembelajaran dan Instruksi Pendidikan, Jogjakarta. IRCiSoD
Suryosubroto, 2002. Proses Belajar Mengajar, Jakarta. Rineka Cipta
Nasution,2006. Mengajar Dengan Sukses, Jakarta. Bumi Aksara
Nasution, 2006. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta. Bumi Aksara.
Popham James at all, 2005. Teknik Mengajar Secara Sistematis, Jakarta. Rineka Cipta Warkitri At All, 2000. Penilaian Pencapaian Hasil Belajar, Jakarta. Karunika Jakarta.
Details ...
Evaluasi Pembelajaran adalah materi perkuliahan yang menekankan materi, teori, konsep, prosedur penilaian hasil belajar yang meliputi proses PBM, tujuan pengajaran perencanaan pengajaran, konsep-konsep penilaian hasil belajar, teknik-teknik dan prosedur penilaian hasil belajar, penyusunan instrumen penilaian hasil belajar, teknik dan prosedur pemberian skor dan nilai hasil belajar diagnosis kesulitan belajar dan program layan bimbingan belajar.
Learning OutcomesMenghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melaksanakan model-model evaluasi dan evaluasi produk pembelajaran secara signifikan di Satuan Pendidikan Sekolah Dasar.
ReferencesArikunto Suharsimi, 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi), Jakarta. Bumi Aksara.
Arikunto Suharsimi, 2007. Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta. Bumi Aksara. Ali Muhamad, 2007. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung. Sinar Baru Algresindo.
Danim Sudarwan, 2008. Media Komunikasi Pendidikan, Jakarta. Bumi Aksara. Dimyati Mujiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta. Rineka Cipta Djamarah, 2006. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta. Rineka Cipta.
Djamarah, 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta, Rineka Cipta.
Hamalik Omar, 2008. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta. Bmi Aksara Hamalik Omar, 2005. Proses Belajar Mengajar, Jakarta. Bumi Aksara
Hamalik, 2006. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta. Bumi Aksara.
Hamzah, 2007. Perencanaan Pembelajaran, Jakarta. Bumi Aksara
Idris Jamaludin, 2007. Sekolah Efektif dan Guru Efektif, Jogjakarta. Suluh Press Isjoni , 2007. Bersinergi dalam Perubahan, Menciptakan Pendidikan Berkualitas di Era Global, Jogjakarta. Pustaka Pelajar
Idi Abdulah, 2007. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, Jogjakarta. Aruzz Media.
Rohani Ahmad, 2004. Pengelolaan Pengajaran, Jakarta. Rineka Cipta
Sardiman, 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Siahaan Amirudin at all. Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah, Ciputat. Quantum Teaching.
Sudarto at all, 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan, Semarang.FIP IKIP PGRI Semarang Suwarno Wiji, 2006. Dasat-dasar 1Zmu Pendidikan, Jogjakarta. Arus Media
Sudiana Nana, 2008.Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung. Sinar Baru Algresindo
Suyati Tri at all, 2011. Profesi Keguruan, Semarang. IKIP PGRI Semarang Press Seifert Kelvin, 2007. Manajemen Pembelajaran dan Instruksi Pendidikan, Jogjakarta. IRCiSoD
Suryosubroto, 2002. Proses Belajar Mengajar, Jakarta. Rineka Cipta
Nasution,2006. Mengajar Dengan Sukses, Jakarta. Bumi Aksara
Nasution, 2006. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta. Bumi Aksara.
Popham James at all, 2005. Teknik Mengajar Secara Sistematis, Jakarta. Rineka Cipta Warkitri At All, 2000. Penilaian Pencapaian Hasil Belajar, Jakarta. Karunika Jakarta.
Details ...
Evaluasi Pembelajaran adalah materi perkuliahan yang menekankan materi, teori, konsep, prosedur penilaian hasil belajar yang meliputi proses PBM, tujuan pengajaran perencanaan pengajaran, konsep-konsep penilaian hasil belajar, teknik-teknik dan prosedur penilaian hasil belajar, penyusunan instrumen penilaian hasil belajar, teknik dan prosedur pemberian skor dan nilai hasil belajar diagnosis kesulitan belajar dan program layan bimbingan belajar.
Learning OutcomesMenghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan melaksanakan model-model evaluasi dan evaluasi produk pembelajaran secara signifikan di Satuan Pendidikan Sekolah Dasar.
ReferencesArikunto Suharsimi, 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi), Jakarta. Bumi Aksara.
Arikunto Suharsimi, 2007. Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta. Bumi Aksara. Ali Muhamad, 2007. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung. Sinar Baru Algresindo.
Danim Sudarwan, 2008. Media Komunikasi Pendidikan, Jakarta. Bumi Aksara. Dimyati Mujiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta. Rineka Cipta Djamarah, 2006. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta. Rineka Cipta.
Djamarah, 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta, Rineka Cipta.
Hamalik Omar, 2008. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta. Bmi Aksara Hamalik Omar, 2005. Proses Belajar Mengajar, Jakarta. Bumi Aksara
Hamalik, 2006. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta. Bumi Aksara.
Hamzah, 2007. Perencanaan Pembelajaran, Jakarta. Bumi Aksara
Idris Jamaludin, 2007. Sekolah Efektif dan Guru Efektif, Jogjakarta. Suluh Press Isjoni , 2007. Bersinergi dalam Perubahan, Menciptakan Pendidikan Berkualitas di Era Global, Jogjakarta. Pustaka Pelajar
Idi Abdulah, 2007. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, Jogjakarta. Aruzz Media.
Rohani Ahmad, 2004. Pengelolaan Pengajaran, Jakarta. Rineka Cipta
Sardiman, 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Siahaan Amirudin at all. Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah, Ciputat. Quantum Teaching.
Sudarto at all, 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan, Semarang.FIP IKIP PGRI Semarang Suwarno Wiji, 2006. Dasat-dasar 1Zmu Pendidikan, Jogjakarta. Arus Media
Sudiana Nana, 2008.Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung. Sinar Baru Algresindo
Suyati Tri at all, 2011. Profesi Keguruan, Semarang. IKIP PGRI Semarang Press Seifert Kelvin, 2007. Manajemen Pembelajaran dan Instruksi Pendidikan, Jogjakarta. IRCiSoD
Suryosubroto, 2002. Proses Belajar Mengajar, Jakarta. Rineka Cipta
Nasution,2006. Mengajar Dengan Sukses, Jakarta. Bumi Aksara
Nasution, 2006. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta. Bumi Aksara.
Popham James at all, 2005. Teknik Mengajar Secara Sistematis, Jakarta. Rineka Cipta Warkitri At All, 2000. Penilaian Pencapaian Hasil Belajar, Jakarta. Karunika Jakarta.
Details ...