Evaluasi Pembelajaran, Curriculum : 2015


Courser in EnglishLEARNING EVALUATION
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS41 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

matakuliah ini berisi tentang evaluasi pembelajaran di SD

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...
Course Descriptions

matakuliah ini berisi tentang evaluasi pembelajaran di SD 

Learning Outcomes

mahasiswa bisa menjelaskan pentingnya evaluasi pembelajaran, membuat dan menganalisis buir soal evaluasi pembelajaran di SD. 

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah  evaluasi pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana prosespengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang,melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran melalui kegiatan mendiskripsikan pengertian dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, menjelaskan karakteristik penilaian berbasis kelas, memahami dan membuat instrumen HOTS, memahami dan membuat instrumen HOTS, mengembangan Instrumen Non Tes, menganalisis kualitas instrument, mengolah skor penilaian dan implementasi penilaian pembelajaran. Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis, empiric dan praktik oleh karena itu akandigunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based, dan project based learningserta menekankan pada upaya kolaboratif.

Learning Outcomes

CPMK1

Memahami pengertian, peranan, dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran  dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)

 

CPMK2

Menelaah dan mengkaji   karakteristik penilaian berbasis kelas dengan  mandiri dan kreatif kreatif  (P5, KK4, S8)

CPMK3

Menelaah  instrumen HOTS dengan kritis (P5, KU1, KK5, KK7, S8)

CPMK4

Memahami dan membuat instrumen HOTS  kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

CPMK5

Mengembangan  instrument Non Tessecara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

CPMK6

Menganalisis kualitas instrument penilaian pembelajaran  dengan  kritis dan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S8, S9)

CPMK7

Mengolah skor penilaian pembelajaran  dengan  kritis dan penuh tanggung jawab(P1, KU2, KK7, S8, S9)

CPMK8

Melaksanakan praktik penilaian pembelajaran secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan penilaian dalam kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

References

  1. Aloysius Yosef Soegeng. Maryadi. 2015. Evaluasi Hasil Belajar: Pengetahuan dan Teknik. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
  2. Widoyoko, Eko Putro. 2016. Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda
  4. Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  5. Abdullah, Shodiq. 2012. Evaluasi Pembelajaran: Konsep dasar, Teori, dan Aplikasi. Semarang: Pustaka Rizki Putra
  6. Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Bumi Aksara


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah  evaluasi pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana prosespengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang,melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran melalui kegiatan mendiskripsikan pengertian dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, menjelaskan karakteristik penilaian berbasis kelas, memahami dan membuat instrumen HOTS, memahami dan membuat instrumen HOTS, mengembangan Instrumen Non Tes, menganalisis kualitas instrument, mengolah skor penilaian dan implementasi penilaian pembelajaran. Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis, empiric dan praktik oleh karena itu akandigunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based, dan project based learningserta menekankan pada upaya kolaboratif.

Learning Outcomes

CPMK1

Memahami pengertian, peranan, dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran  dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)

 

CPMK2

Menelaah dan mengkaji   karakteristik penilaian berbasis kelas dengan  mandiri dan kreatif kreatif  (P5, KK4, S8)

CPMK3

Menelaah  instrumen HOTS dengan kritis (P5, KU1, KK5, KK7, S8)

CPMK4

Memahami dan membuat instrumen HOTS  kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

CPMK5

Mengembangan  instrument Non Tessecara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

CPMK6

Menganalisis kualitas instrument penilaian pembelajaran  dengan  kritis dan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S8, S9)

CPMK7

Mengolah skor penilaian pembelajaran  dengan  kritis dan penuh tanggung jawab(P1, KU2, KK7, S8, S9)

CPMK8

Melaksanakan praktik penilaian pembelajaran secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan penilaian dalam kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

References

  1. Aloysius Yosef Soegeng. Maryadi. 2015. Evaluasi Hasil Belajar: Pengetahuan dan Teknik. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
  2. Widoyoko, Eko Putro. 2016. Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda
  4. Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  5. Abdullah, Shodiq. 2012. Evaluasi Pembelajaran: Konsep dasar, Teori, dan Aplikasi. Semarang: Pustaka Rizki Putra
  6. Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Bumi Aksara


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah  evaluasi pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana prosespengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang,melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran melalui kegiatan mendiskripsikan pengertian dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, menjelaskan karakteristik penilaian berbasis kelas, memahami dan membuat instrumen HOTS, memahami dan membuat instrumen HOTS, mengembangan Instrumen Non Tes, menganalisis kualitas instrument, mengolah skor penilaian dan implementasi penilaian pembelajaran. Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis, empiric dan praktik oleh karena itu akandigunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based, dan project based learningserta menekankan pada upaya kolaboratif.

Learning Outcomes

CPMK1

Memahami pengertian, peranan, dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran  dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)

 

CPMK2

Menelaah dan mengkaji   karakteristik penilaian berbasis kelas dengan  mandiri dan kreatif kreatif  (P5, KK4, S8)

CPMK3

Menelaah  instrumen HOTS dengan kritis (P5, KU1, KK5, KK7, S8)

CPMK4

Memahami dan membuat instrumen HOTS  kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

CPMK5

Mengembangan  instrument Non Tessecara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

CPMK6

Menganalisis kualitas instrument penilaian pembelajaran  dengan  kritis dan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S8, S9)

CPMK7

Mengolah skor penilaian pembelajaran  dengan  kritis dan penuh tanggung jawab(P1, KU2, KK7, S8, S9)

CPMK8

Melaksanakan praktik penilaian pembelajaran secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan penilaian dalam kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

References

  1. Aloysius Yosef Soegeng. Maryadi. 2015. Evaluasi Hasil Belajar: Pengetahuan dan Teknik. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
  2. Widoyoko, Eko Putro. 2016. Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda
  4. Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  5. Abdullah, Shodiq. 2012. Evaluasi Pembelajaran: Konsep dasar, Teori, dan Aplikasi. Semarang: Pustaka Rizki Putra
  6. Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Bumi Aksara


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah  evaluasi pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana prosespengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang,melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran melalui kegiatan mendiskripsikan pengertian dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, menjelaskan karakteristik penilaian berbasis kelas, memahami dan membuat instrumen HOTS, memahami dan membuat instrumen HOTS, mengembangan Instrumen Non Tes, menganalisis kualitas instrument, mengolah skor penilaian dan implementasi penilaian pembelajaran. Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis, empiric dan praktik oleh karena itu akandigunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based, dan project based learningserta menekankan pada upaya kolaboratif.

Learning Outcomes

CPMK1

Memahami pengertian, peranan, dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran  dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)

 

CPMK2

Menelaah dan mengkaji   karakteristik penilaian berbasis kelas dengan  mandiri dan kreatif kreatif  (P5, KK4, S8)

CPMK3

Menelaah  instrumen HOTS dengan kritis (P5, KU1, KK5, KK7, S8)

CPMK4

Memahami dan membuat instrumen HOTS  kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

CPMK5

Mengembangan  instrument Non Tessecara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

CPMK6

Menganalisis kualitas instrument penilaian pembelajaran  dengan  kritis dan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S8, S9)

CPMK7

Mengolah skor penilaian pembelajaran  dengan  kritis dan penuh tanggung jawab(P1, KU2, KK7, S8, S9)

CPMK8

Melaksanakan praktik penilaian pembelajaran secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan penilaian dalam kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

References

  1. Aloysius Yosef Soegeng. Maryadi. 2015. Evaluasi Hasil Belajar: Pengetahuan dan Teknik. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
  2. Widoyoko, Eko Putro. 2016. Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda
  4. Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  5. Abdullah, Shodiq. 2012. Evaluasi Pembelajaran: Konsep dasar, Teori, dan Aplikasi. Semarang: Pustaka Rizki Putra
  6. Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Bumi Aksara


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah  evaluasi pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana prosespengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang,melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran melalui kegiatan mendiskripsikan pengertian dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, menjelaskan karakteristik penilaian berbasis kelas, memahami dan membuat instrumen HOTS, memahami dan membuat instrumen HOTS, mengembangan Instrumen Non Tes, menganalisis kualitas instrument, mengolah skor penilaian dan implementasi penilaian pembelajaran. Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis, empiric dan praktik oleh karena itu akandigunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based, dan project based learningserta menekankan pada upaya kolaboratif.

Learning Outcomes

CPMK1

Memahami pengertian, peranan, dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran  dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)

 

CPMK2

Menelaah dan mengkaji   karakteristik penilaian berbasis kelas dengan  mandiri dan kreatif kreatif  (P5, KK4, S8)

CPMK3

Menelaah  instrumen HOTS dengan kritis (P5, KU1, KK5, KK7, S8)

CPMK4

Memahami dan membuat instrumen HOTS  kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

CPMK5

Mengembangan  instrument Non Tessecara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

CPMK6

Menganalisis kualitas instrument penilaian pembelajaran  dengan  kritis dan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S8, S9)

CPMK7

Mengolah skor penilaian pembelajaran  dengan  kritis dan penuh tanggung jawab(P1, KU2, KK7, S8, S9)

CPMK8

Melaksanakan praktik penilaian pembelajaran secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan penilaian dalam kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

References

  1. Aloysius Yosef Soegeng. Maryadi. 2015. Evaluasi Hasil Belajar: Pengetahuan dan Teknik. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
  2. Widoyoko, Eko Putro. 2016. Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda
  4. Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  5. Abdullah, Shodiq. 2012. Evaluasi Pembelajaran: Konsep dasar, Teori, dan Aplikasi. Semarang: Pustaka Rizki Putra
  6. Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Bumi Aksara


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah  evaluasi pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana prosespengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang,melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran melalui kegiatan mendiskripsikan pengertian dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, menjelaskan karakteristik penilaian berbasis kelas, memahami dan membuat instrumen HOTS, memahami dan membuat instrumen HOTS, mengembangan Instrumen Non Tes, menganalisis kualitas instrument, mengolah skor penilaian dan implementasi penilaian pembelajaran. Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis, empiric dan praktik oleh karena itu akandigunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based, dan project based learningserta menekankan pada upaya kolaboratif.

Learning Outcomes

CPMK1

Memahami pengertian, peranan, dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran  dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)

 

CPMK2

Menelaah dan mengkaji   karakteristik penilaian berbasis kelas dengan  mandiri dan kreatif kreatif  (P5, KK4, S8)

CPMK3

Menelaah  instrumen HOTS dengan kritis (P5, KU1, KK5, KK7, S8)

CPMK4

Memahami dan membuat instrumen HOTS  kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

CPMK5

Mengembangan  instrument Non Tessecara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

CPMK6

Menganalisis kualitas instrument penilaian pembelajaran  dengan  kritis dan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S8, S9)

CPMK7

Mengolah skor penilaian pembelajaran  dengan  kritis dan penuh tanggung jawab(P1, KU2, KK7, S8, S9)

CPMK8

Melaksanakan praktik penilaian pembelajaran secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan penilaian dalam kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

References

  1. Aloysius Yosef Soegeng. Maryadi. 2015. Evaluasi Hasil Belajar: Pengetahuan dan Teknik. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
  2. Widoyoko, Eko Putro. 2016. Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda
  4. Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  5. Abdullah, Shodiq. 2012. Evaluasi Pembelajaran: Konsep dasar, Teori, dan Aplikasi. Semarang: Pustaka Rizki Putra
  6. Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Bumi Aksara


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah  evaluasi pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana prosespengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang,melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran melalui kegiatan mendiskripsikan pengertian dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, menjelaskan karakteristik penilaian berbasis kelas, memahami dan membuat instrumen HOTS, memahami dan membuat instrumen HOTS, mengembangan Instrumen Non Tes, menganalisis kualitas instrument, mengolah skor penilaian dan implementasi penilaian pembelajaran. Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis, empiric dan praktik oleh karena itu akandigunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based, dan project based learningserta menekankan pada upaya kolaboratif.

Learning Outcomes

CPMK1

Memahami pengertian, peranan, dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran  dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)

 

CPMK2

Menelaah dan mengkaji   karakteristik penilaian berbasis kelas dengan  mandiri dan kreatif kreatif  (P5, KK4, S8)

CPMK3

Menelaah  instrumen HOTS dengan kritis (P5, KU1, KK5, KK7, S8)

CPMK4

Memahami dan membuat instrumen HOTS  kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

CPMK5

Mengembangan  instrument Non Tessecara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8)

CPMK6

Menganalisis kualitas instrument penilaian pembelajaran  dengan  kritis dan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S8, S9)

CPMK7

Mengolah skor penilaian pembelajaran  dengan  kritis dan penuh tanggung jawab(P1, KU2, KK7, S8, S9)

CPMK8

Melaksanakan praktik penilaian pembelajaran secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan penilaian dalam kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9)

References

  1. Aloysius Yosef Soegeng. Maryadi. 2015. Evaluasi Hasil Belajar: Pengetahuan dan Teknik. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
  2. Widoyoko, Eko Putro. 2016. Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda
  4. Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  5. Abdullah, Shodiq. 2012. Evaluasi Pembelajaran: Konsep dasar, Teori, dan Aplikasi. Semarang: Pustaka Rizki Putra
  6. Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Bumi Aksara


Details ...