Courser in English | LEARNING EVALUATION |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 41 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
matakuliah ini berisi tentang evaluasi pembelajaran di SD
Learning Outcomes-
References-
Details ...
matakuliah ini berisi tentang evaluasi pembelajaran di SD
Learning Outcomesmahasiswa bisa menjelaskan pentingnya evaluasi pembelajaran, membuat dan menganalisis buir soal evaluasi pembelajaran di SD.
References-
Details ...
Mata kuliah evaluasi pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana prosespengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang,melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran melalui kegiatan mendiskripsikan pengertian dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, menjelaskan karakteristik penilaian berbasis kelas, memahami dan membuat instrumen HOTS, memahami dan membuat instrumen HOTS, mengembangan Instrumen Non Tes, menganalisis kualitas instrument, mengolah skor penilaian dan implementasi penilaian pembelajaran. Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis, empiric dan praktik oleh karena itu akandigunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based, dan project based learningserta menekankan pada upaya kolaboratif.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Memahami pengertian, peranan, dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)
|
CPMK2 |
Menelaah dan mengkaji karakteristik penilaian berbasis kelas dengan mandiri dan kreatif kreatif (P5, KK4, S8) |
CPMK3 |
Menelaah instrumen HOTS dengan kritis (P5, KU1, KK5, KK7, S8) |
CPMK4 |
Memahami dan membuat instrumen HOTS kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8) |
CPMK5 |
Mengembangan instrument Non Tessecara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8) |
CPMK6 |
Menganalisis kualitas instrument penilaian pembelajaran dengan kritis dan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S8, S9) |
CPMK7 |
Mengolah skor penilaian pembelajaran dengan kritis dan penuh tanggung jawab(P1, KU2, KK7, S8, S9) |
CPMK8 |
Melaksanakan praktik penilaian pembelajaran secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan penilaian dalam kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9) |
- Aloysius Yosef Soegeng. Maryadi. 2015. Evaluasi Hasil Belajar: Pengetahuan dan Teknik. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
- Widoyoko, Eko Putro. 2016. Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda
- Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Abdullah, Shodiq. 2012. Evaluasi Pembelajaran: Konsep dasar, Teori, dan Aplikasi. Semarang: Pustaka Rizki Putra
- Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Bumi Aksara
Details ...
Mata kuliah evaluasi pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana prosespengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang,melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran melalui kegiatan mendiskripsikan pengertian dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, menjelaskan karakteristik penilaian berbasis kelas, memahami dan membuat instrumen HOTS, memahami dan membuat instrumen HOTS, mengembangan Instrumen Non Tes, menganalisis kualitas instrument, mengolah skor penilaian dan implementasi penilaian pembelajaran. Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis, empiric dan praktik oleh karena itu akandigunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based, dan project based learningserta menekankan pada upaya kolaboratif.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Memahami pengertian, peranan, dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)
|
CPMK2 |
Menelaah dan mengkaji karakteristik penilaian berbasis kelas dengan mandiri dan kreatif kreatif (P5, KK4, S8) |
CPMK3 |
Menelaah instrumen HOTS dengan kritis (P5, KU1, KK5, KK7, S8) |
CPMK4 |
Memahami dan membuat instrumen HOTS kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8) |
CPMK5 |
Mengembangan instrument Non Tessecara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8) |
CPMK6 |
Menganalisis kualitas instrument penilaian pembelajaran dengan kritis dan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S8, S9) |
CPMK7 |
Mengolah skor penilaian pembelajaran dengan kritis dan penuh tanggung jawab(P1, KU2, KK7, S8, S9) |
CPMK8 |
Melaksanakan praktik penilaian pembelajaran secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan penilaian dalam kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9) |
- Aloysius Yosef Soegeng. Maryadi. 2015. Evaluasi Hasil Belajar: Pengetahuan dan Teknik. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
- Widoyoko, Eko Putro. 2016. Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda
- Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Abdullah, Shodiq. 2012. Evaluasi Pembelajaran: Konsep dasar, Teori, dan Aplikasi. Semarang: Pustaka Rizki Putra
- Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Bumi Aksara
Details ...
Mata kuliah evaluasi pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana prosespengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang,melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran melalui kegiatan mendiskripsikan pengertian dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, menjelaskan karakteristik penilaian berbasis kelas, memahami dan membuat instrumen HOTS, memahami dan membuat instrumen HOTS, mengembangan Instrumen Non Tes, menganalisis kualitas instrument, mengolah skor penilaian dan implementasi penilaian pembelajaran. Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis, empiric dan praktik oleh karena itu akandigunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based, dan project based learningserta menekankan pada upaya kolaboratif.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Memahami pengertian, peranan, dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)
|
CPMK2 |
Menelaah dan mengkaji karakteristik penilaian berbasis kelas dengan mandiri dan kreatif kreatif (P5, KK4, S8) |
CPMK3 |
Menelaah instrumen HOTS dengan kritis (P5, KU1, KK5, KK7, S8) |
CPMK4 |
Memahami dan membuat instrumen HOTS kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8) |
CPMK5 |
Mengembangan instrument Non Tessecara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8) |
CPMK6 |
Menganalisis kualitas instrument penilaian pembelajaran dengan kritis dan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S8, S9) |
CPMK7 |
Mengolah skor penilaian pembelajaran dengan kritis dan penuh tanggung jawab(P1, KU2, KK7, S8, S9) |
CPMK8 |
Melaksanakan praktik penilaian pembelajaran secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan penilaian dalam kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9) |
- Aloysius Yosef Soegeng. Maryadi. 2015. Evaluasi Hasil Belajar: Pengetahuan dan Teknik. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
- Widoyoko, Eko Putro. 2016. Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda
- Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Abdullah, Shodiq. 2012. Evaluasi Pembelajaran: Konsep dasar, Teori, dan Aplikasi. Semarang: Pustaka Rizki Putra
- Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Bumi Aksara
Details ...
Mata kuliah evaluasi pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana prosespengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang,melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran melalui kegiatan mendiskripsikan pengertian dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, menjelaskan karakteristik penilaian berbasis kelas, memahami dan membuat instrumen HOTS, memahami dan membuat instrumen HOTS, mengembangan Instrumen Non Tes, menganalisis kualitas instrument, mengolah skor penilaian dan implementasi penilaian pembelajaran. Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis, empiric dan praktik oleh karena itu akandigunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based, dan project based learningserta menekankan pada upaya kolaboratif.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Memahami pengertian, peranan, dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)
|
CPMK2 |
Menelaah dan mengkaji karakteristik penilaian berbasis kelas dengan mandiri dan kreatif kreatif (P5, KK4, S8) |
CPMK3 |
Menelaah instrumen HOTS dengan kritis (P5, KU1, KK5, KK7, S8) |
CPMK4 |
Memahami dan membuat instrumen HOTS kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8) |
CPMK5 |
Mengembangan instrument Non Tessecara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8) |
CPMK6 |
Menganalisis kualitas instrument penilaian pembelajaran dengan kritis dan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S8, S9) |
CPMK7 |
Mengolah skor penilaian pembelajaran dengan kritis dan penuh tanggung jawab(P1, KU2, KK7, S8, S9) |
CPMK8 |
Melaksanakan praktik penilaian pembelajaran secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan penilaian dalam kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9) |
- Aloysius Yosef Soegeng. Maryadi. 2015. Evaluasi Hasil Belajar: Pengetahuan dan Teknik. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
- Widoyoko, Eko Putro. 2016. Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda
- Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Abdullah, Shodiq. 2012. Evaluasi Pembelajaran: Konsep dasar, Teori, dan Aplikasi. Semarang: Pustaka Rizki Putra
- Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Bumi Aksara
Details ...
Mata kuliah evaluasi pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana prosespengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang,melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran melalui kegiatan mendiskripsikan pengertian dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, menjelaskan karakteristik penilaian berbasis kelas, memahami dan membuat instrumen HOTS, memahami dan membuat instrumen HOTS, mengembangan Instrumen Non Tes, menganalisis kualitas instrument, mengolah skor penilaian dan implementasi penilaian pembelajaran. Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis, empiric dan praktik oleh karena itu akandigunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based, dan project based learningserta menekankan pada upaya kolaboratif.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Memahami pengertian, peranan, dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)
|
CPMK2 |
Menelaah dan mengkaji karakteristik penilaian berbasis kelas dengan mandiri dan kreatif kreatif (P5, KK4, S8) |
CPMK3 |
Menelaah instrumen HOTS dengan kritis (P5, KU1, KK5, KK7, S8) |
CPMK4 |
Memahami dan membuat instrumen HOTS kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8) |
CPMK5 |
Mengembangan instrument Non Tessecara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8) |
CPMK6 |
Menganalisis kualitas instrument penilaian pembelajaran dengan kritis dan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S8, S9) |
CPMK7 |
Mengolah skor penilaian pembelajaran dengan kritis dan penuh tanggung jawab(P1, KU2, KK7, S8, S9) |
CPMK8 |
Melaksanakan praktik penilaian pembelajaran secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan penilaian dalam kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9) |
- Aloysius Yosef Soegeng. Maryadi. 2015. Evaluasi Hasil Belajar: Pengetahuan dan Teknik. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
- Widoyoko, Eko Putro. 2016. Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda
- Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Abdullah, Shodiq. 2012. Evaluasi Pembelajaran: Konsep dasar, Teori, dan Aplikasi. Semarang: Pustaka Rizki Putra
- Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Bumi Aksara
Details ...
Mata kuliah evaluasi pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana prosespengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang,melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran melalui kegiatan mendiskripsikan pengertian dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, menjelaskan karakteristik penilaian berbasis kelas, memahami dan membuat instrumen HOTS, memahami dan membuat instrumen HOTS, mengembangan Instrumen Non Tes, menganalisis kualitas instrument, mengolah skor penilaian dan implementasi penilaian pembelajaran. Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis, empiric dan praktik oleh karena itu akandigunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based, dan project based learningserta menekankan pada upaya kolaboratif.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Memahami pengertian, peranan, dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)
|
CPMK2 |
Menelaah dan mengkaji karakteristik penilaian berbasis kelas dengan mandiri dan kreatif kreatif (P5, KK4, S8) |
CPMK3 |
Menelaah instrumen HOTS dengan kritis (P5, KU1, KK5, KK7, S8) |
CPMK4 |
Memahami dan membuat instrumen HOTS kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8) |
CPMK5 |
Mengembangan instrument Non Tessecara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8) |
CPMK6 |
Menganalisis kualitas instrument penilaian pembelajaran dengan kritis dan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S8, S9) |
CPMK7 |
Mengolah skor penilaian pembelajaran dengan kritis dan penuh tanggung jawab(P1, KU2, KK7, S8, S9) |
CPMK8 |
Melaksanakan praktik penilaian pembelajaran secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan penilaian dalam kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9) |
- Aloysius Yosef Soegeng. Maryadi. 2015. Evaluasi Hasil Belajar: Pengetahuan dan Teknik. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
- Widoyoko, Eko Putro. 2016. Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda
- Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Abdullah, Shodiq. 2012. Evaluasi Pembelajaran: Konsep dasar, Teori, dan Aplikasi. Semarang: Pustaka Rizki Putra
- Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Bumi Aksara
Details ...
Mata kuliah evaluasi pembelajaran merupakan mata kuliah 2 sks yang merupakan wahana prosespengembangan potensi calon guru untuk membangun keahlian merancang,melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran melalui kegiatan mendiskripsikan pengertian dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran, menjelaskan karakteristik penilaian berbasis kelas, memahami dan membuat instrumen HOTS, memahami dan membuat instrumen HOTS, mengembangan Instrumen Non Tes, menganalisis kualitas instrument, mengolah skor penilaian dan implementasi penilaian pembelajaran. Objek kajian mata kuliah ini meliputi kajian teoritis, empiric dan praktik oleh karena itu akandigunakan model-model pembelajaran yang bersifat eksplotarif, problem based, dan project based learningserta menekankan pada upaya kolaboratif.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Memahami pengertian, peranan, dan kedudukan evaluasi pendidikan di dalam kurikulum dan pembelajaran dengan penuh tanggung jawab (P3, KU2, KK5, S9)
|
CPMK2 |
Menelaah dan mengkaji karakteristik penilaian berbasis kelas dengan mandiri dan kreatif kreatif (P5, KK4, S8) |
CPMK3 |
Menelaah instrumen HOTS dengan kritis (P5, KU1, KK5, KK7, S8) |
CPMK4 |
Memahami dan membuat instrumen HOTS kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8) |
CPMK5 |
Mengembangan instrument Non Tessecara kritis, kreatif dan mandiri (P5, KU2, KK7, S8) |
CPMK6 |
Menganalisis kualitas instrument penilaian pembelajaran dengan kritis dan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S8, S9) |
CPMK7 |
Mengolah skor penilaian pembelajaran dengan kritis dan penuh tanggung jawab(P1, KU2, KK7, S8, S9) |
CPMK8 |
Melaksanakan praktik penilaian pembelajaran secara mandiri dengan memperhatikan regulasi dan kebijakan pelaksanaan penilaian dalam kurikulum sekolah dasar yang berlaku dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK7, S9) |
- Aloysius Yosef Soegeng. Maryadi. 2015. Evaluasi Hasil Belajar: Pengetahuan dan Teknik. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
- Widoyoko, Eko Putro. 2016. Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda
- Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Abdullah, Shodiq. 2012. Evaluasi Pembelajaran: Konsep dasar, Teori, dan Aplikasi. Semarang: Pustaka Rizki Putra
- Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Bumi Aksara
Details ...