Courser in English | CURRICULUM DEVELOPMENT MANAGEMENT |
Program | Manajemen Pendidikan |
SKS | 2 SKS |
RPS | 44 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
1. Pengantar Manajemen Pengembangan Kurikulum
2. Manajemen Kurikulum dan Pengembangannya (1).
3. Manajemen Kurikulum dan Pengembangannya (2).
4. Kurikulum dan Landasan Pendidikan.
5. Kurikulum Filsafat Anak dan Masyarakat.
6. Kurikulum dan Teori Belajar.
7. Pengembangan Kurikulum.
8. UTS
9. Organisasi Kurikulum.
10. Isi dan Urutan Kurikulum.
11. Kurikulum Berbasis Kompetensi.
12. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Pengembangan Silabus.
13. Manajemen Kurikulum Sekolah dan PerguruanTinggi (1).
14. Manajemen Kurikulum Sekolah dan PerguruanTinggi (2).
15. Pengembangan Kurikulum 2013.
16. UAS
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Manajemen Pengembangan Kurikulum, mahasiswa mampu:
CPMK 1 :
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (P1).
CPMK 2 :
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika. (S2, P2, KU2).
CPMK 3 :
Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan. (S3, KK1, KK3).
ReferencesLawton, Denis – Gordon, Peter – Ing, Maggie – Gibby, Bill – Pring, Richard – and Moore, Terry. 1978. Theory and Practice of Curriculum Studies. London, Henley and Boston: Routledge & Kegan Paul.
Abdullah, Ghufron dkk. 2021. Manajemen Pengembangan Kurikulum (Edisi Revisi). Yogyakarta: CV MAHAT Magna Raharja Tama..
Anon. 1953. Webster’s New Internasional Dictionary. Second Edition (unbridged).
Springfield, Mass: G.C. Merrian Company.
. Pembelajaran Altof di Sekolah. Paket Pelatihan ALFHE Decentralized Basic Education 2- USAID.
. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Semarang: CV Duta Nusindo.
Apple, Michael W. 1979. Ideology and Curriculum. London: Routledge & Kegan Paul.
Arcaro, Jerme S. 2005. Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustak Pelajar.
Bakker, S.J., J.W.M. 1984. Filsafat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarra: YayasanKanisius.
Darmaningtyas. 2005. Pendidikan Rusak-Rusakan. Yoyakarta: PT LkiS Pelangi Aksara.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1983. Program Akta Mengajar V-B Komponen Dasar Kependidikan Buku II: Modul Pengembangan Kurikulum dan Sistem Instruksional. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Dewantara, Ki Hadjar. 1962. Karja 1 (Pendidikan). Yogyakarta: Percetakan Taman Siswa.
Drijarkara S.J., N. 1961. Pendidikan dan Peralihan Sosio-Budaya. Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MLPI) di Bogor tanggal 26 s/d 28 Agustus 1961.
Drost, S.J., J. 2006. Dari KBK (Kurikulum Bertujuan Kompetensi) sampai MBS (Manajemen Berbasis Sekolah): Esai-esai Pendidikan. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
. 1999. Proses Pembelajaran sebagai Proses Pendidikan. Jakarta:
PT. Gramedia Widasarana Indonesia.
Gredler, Margaret E. Bell. 1991. Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: Rajawali Pers. Hedwig, Rinda. 2007. Sistem Penjaminan Mutu di Perguruan Tinggi: Monitoring &
Evaluasi Internal. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Holt, John. 2004. Belajar Sepanjang Masa: Bagaimana Anak-anak Mulai Membaca, Menulis, Menghitung, dan Mengamati Dunia Tanpa Diajari. Yogyakarta: Diglossia.
Kusdaryani, Wiwik & Trimo. 2009. Landasan Kependidikan. Semarang: IKIP PGRI Press.
Lawton, Denis – Peter Gordon, Maaggie Ing, Bill Gibby, Richard Pring and Terry Moore. 1978. Theory and Practice of Curriculum Studies. London: Routledge & Kegan Paul.
Moore, T. W. 1982. Philosophy of Education: An Introduction. London: Routledge & Kegan Paul.
Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Sebuah Panduan Praktis.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. 1961. Asas-Asas Currikulum. Bandung: Keluarga Mahasiswa BAPEMSI. Masution. 2006. Berbagai Pendekatan dlam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta:
Bumi Aksara.
Notonagoro. 1982. Beberapa Hal Mengenai Falsafah Pancasila. Pengantar Dr.
Soerjono Soekamto SH., MA. Jakarta: CV Rajawali.
Peraturan Pemrintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan (Pengganti PP No. 19/2005).
Permendikbud No. 54 tahun 2013 tentang Stadar Kompetensi Lulusan (SKL). Permendikbud No. 64 tahun 2013 tentang Standar isi.
Permendikbud No. 65 tahun 2013 tentang Standar Proses. Permendikbud No. 66 tahun 2013 tentang Standar Penilaian.
Permendikbud No. 68 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMP/MTs.
Permendikbud No. 81A tahun 2013 tentang Implementasi KTSP (Pengganti Lampiran Permendikbud 81A/2013 yang mengatur KTSP).
Raynolds, Larry J. 2005. Kiat Sukses Manajemen Berbasis Sekolah: Pedoman Bagi Praktisi
Pendidikan. Jakarta: CV Diva Pustaka.
Romiszowski, A.J. 1981. Designing Instructional Systems: Decition Making in Course Planning and Curriculum Design. New York: Kogan.
Sallis, Edward. 2006. Total Quality Management in Eduction: Manajemen Mutu Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD.
Siahaan, Amiruddin – Khairuddin – H. Irwan Nasution. 2006. Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Jakarta: Ciputa Press Group.
Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: FIP IKIP PGRI Semarang.
Suparno, S.J., Paul. 2004. Guru Demokratis di Era Reformasi Pendidikan. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Syah, Muhibbin. 2005. Pasikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Tilaar, H.A.R. 2005. Manifesto Pendidikan Nasional: Tinjauan dari Perspektif Postmodernisme dan Studi Kultural. Jakarta; Penerbit Buku Kompas.
. 2006. Standardisasi Pendidikan Nasional: Suatu Tinjauan Kritis.
Jakarta: Rineka Cipta.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional & Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosesn. Dilengkapi: Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Visimedia.
Undang-Undang otonomi Daerah 1999: UU No. 29 Tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah, UU No. 25 Tahun 1999 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah, UU No. 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggara Negara yang Bersih dan Bebas KKN. Jakarta: Restu Agung.
Undang-Undang R.I No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. 2006. Jakarta: Cipta Jaya.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Widiastono, Tonny D. (Editor). 2004. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=m5b dCYQAAAAJ&sortby=pubdate&citation_for_view=m5bdCYQAAAAJ:mB3voiENL ucC
Details ...
1. Pengantar Manajemen Pengembangan Kurikulum
2. Manajemen Kurikulum dan Pengembangannya (1).
3. Manajemen Kurikulum dan Pengembangannya (2).
4. Kurikulum dan Landasan Pendidikan.
5. Kurikulum Filsafat Anak dan Masyarakat.
6. Kurikulum dan Teori Belajar.
7. Pengembangan Kurikulum.
8. UTS
9. Organisasi Kurikulum.
10. Isi dan Urutan Kurikulum.
11. Kurikulum Berbasis Kompetensi.
12. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Pengembangan Silabus.
13. Manajemen Kurikulum Sekolah dan PerguruanTinggi (1).
14. Manajemen Kurikulum Sekolah dan PerguruanTinggi (2).
15. Pengembangan Kurikulum 2013.
16. UAS
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Manajemen Pengembangan Kurikulum, mahasiswa mampu:
CPMK 1 :
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (P1).
CPMK 2 :
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika. (S2, P2, KU2).
CPMK 3 :
Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan. (S3, KK1, KK3).
ReferencesLawton, Denis – Gordon, Peter – Ing, Maggie – Gibby, Bill – Pring, Richard – and Moore, Terry. 1978. Theory and Practice of Curriculum Studies. London, Henley and Boston: Routledge & Kegan Paul.
Abdullah, Ghufron dkk. 2021. Manajemen Pengembangan Kurikulum (Edisi Revisi). Yogyakarta: CV MAHAT Magna Raharja Tama..
Anon. 1953. Webster’s New Internasional Dictionary. Second Edition (unbridged).
Springfield, Mass: G.C. Merrian Company.
. Pembelajaran Altof di Sekolah. Paket Pelatihan ALFHE Decentralized Basic Education 2- USAID.
. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Semarang: CV Duta Nusindo.
Apple, Michael W. 1979. Ideology and Curriculum. London: Routledge & Kegan Paul.
Arcaro, Jerme S. 2005. Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustak Pelajar.
Bakker, S.J., J.W.M. 1984. Filsafat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarra: YayasanKanisius.
Darmaningtyas. 2005. Pendidikan Rusak-Rusakan. Yoyakarta: PT LkiS Pelangi Aksara.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1983. Program Akta Mengajar V-B Komponen Dasar Kependidikan Buku II: Modul Pengembangan Kurikulum dan Sistem Instruksional. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Dewantara, Ki Hadjar. 1962. Karja 1 (Pendidikan). Yogyakarta: Percetakan Taman Siswa.
Drijarkara S.J., N. 1961. Pendidikan dan Peralihan Sosio-Budaya. Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MLPI) di Bogor tanggal 26 s/d 28 Agustus 1961.
Drost, S.J., J. 2006. Dari KBK (Kurikulum Bertujuan Kompetensi) sampai MBS (Manajemen Berbasis Sekolah): Esai-esai Pendidikan. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
. 1999. Proses Pembelajaran sebagai Proses Pendidikan. Jakarta:
PT. Gramedia Widasarana Indonesia.
Gredler, Margaret E. Bell. 1991. Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: Rajawali Pers. Hedwig, Rinda. 2007. Sistem Penjaminan Mutu di Perguruan Tinggi: Monitoring &
Evaluasi Internal. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Holt, John. 2004. Belajar Sepanjang Masa: Bagaimana Anak-anak Mulai Membaca, Menulis, Menghitung, dan Mengamati Dunia Tanpa Diajari. Yogyakarta: Diglossia.
Kusdaryani, Wiwik & Trimo. 2009. Landasan Kependidikan. Semarang: IKIP PGRI Press.
Lawton, Denis – Peter Gordon, Maaggie Ing, Bill Gibby, Richard Pring and Terry Moore. 1978. Theory and Practice of Curriculum Studies. London: Routledge & Kegan Paul.
Moore, T. W. 1982. Philosophy of Education: An Introduction. London: Routledge & Kegan Paul.
Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Sebuah Panduan Praktis.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. 1961. Asas-Asas Currikulum. Bandung: Keluarga Mahasiswa BAPEMSI. Masution. 2006. Berbagai Pendekatan dlam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta:
Bumi Aksara.
Notonagoro. 1982. Beberapa Hal Mengenai Falsafah Pancasila. Pengantar Dr.
Soerjono Soekamto SH., MA. Jakarta: CV Rajawali.
Peraturan Pemrintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan (Pengganti PP No. 19/2005).
Permendikbud No. 54 tahun 2013 tentang Stadar Kompetensi Lulusan (SKL). Permendikbud No. 64 tahun 2013 tentang Standar isi.
Permendikbud No. 65 tahun 2013 tentang Standar Proses. Permendikbud No. 66 tahun 2013 tentang Standar Penilaian.
Permendikbud No. 68 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMP/MTs.
Permendikbud No. 81A tahun 2013 tentang Implementasi KTSP (Pengganti Lampiran Permendikbud 81A/2013 yang mengatur KTSP).
Raynolds, Larry J. 2005. Kiat Sukses Manajemen Berbasis Sekolah: Pedoman Bagi Praktisi
Pendidikan. Jakarta: CV Diva Pustaka.
Romiszowski, A.J. 1981. Designing Instructional Systems: Decition Making in Course Planning and Curriculum Design. New York: Kogan.
Sallis, Edward. 2006. Total Quality Management in Eduction: Manajemen Mutu Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD.
Siahaan, Amiruddin – Khairuddin – H. Irwan Nasution. 2006. Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Jakarta: Ciputa Press Group.
Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: FIP IKIP PGRI Semarang.
Suparno, S.J., Paul. 2004. Guru Demokratis di Era Reformasi Pendidikan. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Syah, Muhibbin. 2005. Pasikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Tilaar, H.A.R. 2005. Manifesto Pendidikan Nasional: Tinjauan dari Perspektif Postmodernisme dan Studi Kultural. Jakarta; Penerbit Buku Kompas.
. 2006. Standardisasi Pendidikan Nasional: Suatu Tinjauan Kritis.
Jakarta: Rineka Cipta.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional & Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosesn. Dilengkapi: Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Visimedia.
Undang-Undang otonomi Daerah 1999: UU No. 29 Tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah, UU No. 25 Tahun 1999 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah, UU No. 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggara Negara yang Bersih dan Bebas KKN. Jakarta: Restu Agung.
Undang-Undang R.I No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. 2006. Jakarta: Cipta Jaya.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Widiastono, Tonny D. (Editor). 2004. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=m5b dCYQAAAAJ&sortby=pubdate&citation_for_view=m5bdCYQAAAAJ:mB3voiENL ucC
Details ...
1. Pengantar Manajemen Pengembangan Kurikulum
2. Manajemen Kurikulum dan Pengembangannya (1).
3. Manajemen Kurikulum dan Pengembangannya (2).
4. Kurikulum dan Landasan Pendidikan.
5. Kurikulum Filsafat Anak dan Masyarakat.
6. Kurikulum dan Teori Belajar.
7. Pengembangan Kurikulum.
8. UTS
9. Organisasi Kurikulum.
10. Isi dan Urutan Kurikulum.
11. Kurikulum Berbasis Kompetensi.
12. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Pengembangan Silabus.
13. Manajemen Kurikulum Sekolah dan PerguruanTinggi (1).
14. Manajemen Kurikulum Sekolah dan PerguruanTinggi (2).
15. Pengembangan Kurikulum 2013.
16. UAS
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Manajemen Pengembangan Kurikulum, mahasiswa mampu:
CPMK 1 :
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (P1).
CPMK 2 :
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika. (S2, P2, KU2).
CPMK 3 :
Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan. (S3, KK1, KK3).
ReferencesLawton, Denis – Gordon, Peter – Ing, Maggie – Gibby, Bill – Pring, Richard – and Moore, Terry. 1978. Theory and Practice of Curriculum Studies. London, Henley and Boston: Routledge & Kegan Paul.
Abdullah, Ghufron dkk. 2021. Manajemen Pengembangan Kurikulum (Edisi Revisi). Yogyakarta: CV MAHAT Magna Raharja Tama..
Anon. 1953. Webster’s New Internasional Dictionary. Second Edition (unbridged).
Springfield, Mass: G.C. Merrian Company.
. Pembelajaran Altof di Sekolah. Paket Pelatihan ALFHE Decentralized Basic Education 2- USAID.
. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Semarang: CV Duta Nusindo.
Apple, Michael W. 1979. Ideology and Curriculum. London: Routledge & Kegan Paul.
Arcaro, Jerme S. 2005. Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustak Pelajar.
Bakker, S.J., J.W.M. 1984. Filsafat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarra: YayasanKanisius.
Darmaningtyas. 2005. Pendidikan Rusak-Rusakan. Yoyakarta: PT LkiS Pelangi Aksara.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1983. Program Akta Mengajar V-B Komponen Dasar Kependidikan Buku II: Modul Pengembangan Kurikulum dan Sistem Instruksional. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Dewantara, Ki Hadjar. 1962. Karja 1 (Pendidikan). Yogyakarta: Percetakan Taman Siswa.
Drijarkara S.J., N. 1961. Pendidikan dan Peralihan Sosio-Budaya. Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MLPI) di Bogor tanggal 26 s/d 28 Agustus 1961.
Drost, S.J., J. 2006. Dari KBK (Kurikulum Bertujuan Kompetensi) sampai MBS (Manajemen Berbasis Sekolah): Esai-esai Pendidikan. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
. 1999. Proses Pembelajaran sebagai Proses Pendidikan. Jakarta:
PT. Gramedia Widasarana Indonesia.
Gredler, Margaret E. Bell. 1991. Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: Rajawali Pers. Hedwig, Rinda. 2007. Sistem Penjaminan Mutu di Perguruan Tinggi: Monitoring &
Evaluasi Internal. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Holt, John. 2004. Belajar Sepanjang Masa: Bagaimana Anak-anak Mulai Membaca, Menulis, Menghitung, dan Mengamati Dunia Tanpa Diajari. Yogyakarta: Diglossia.
Kusdaryani, Wiwik & Trimo. 2009. Landasan Kependidikan. Semarang: IKIP PGRI Press.
Lawton, Denis – Peter Gordon, Maaggie Ing, Bill Gibby, Richard Pring and Terry Moore. 1978. Theory and Practice of Curriculum Studies. London: Routledge & Kegan Paul.
Moore, T. W. 1982. Philosophy of Education: An Introduction. London: Routledge & Kegan Paul.
Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Sebuah Panduan Praktis.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. 1961. Asas-Asas Currikulum. Bandung: Keluarga Mahasiswa BAPEMSI. Masution. 2006. Berbagai Pendekatan dlam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta:
Bumi Aksara.
Notonagoro. 1982. Beberapa Hal Mengenai Falsafah Pancasila. Pengantar Dr.
Soerjono Soekamto SH., MA. Jakarta: CV Rajawali.
Peraturan Pemrintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan (Pengganti PP No. 19/2005).
Permendikbud No. 54 tahun 2013 tentang Stadar Kompetensi Lulusan (SKL). Permendikbud No. 64 tahun 2013 tentang Standar isi.
Permendikbud No. 65 tahun 2013 tentang Standar Proses. Permendikbud No. 66 tahun 2013 tentang Standar Penilaian.
Permendikbud No. 68 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMP/MTs.
Permendikbud No. 81A tahun 2013 tentang Implementasi KTSP (Pengganti Lampiran Permendikbud 81A/2013 yang mengatur KTSP).
Raynolds, Larry J. 2005. Kiat Sukses Manajemen Berbasis Sekolah: Pedoman Bagi Praktisi
Pendidikan. Jakarta: CV Diva Pustaka.
Romiszowski, A.J. 1981. Designing Instructional Systems: Decition Making in Course Planning and Curriculum Design. New York: Kogan.
Sallis, Edward. 2006. Total Quality Management in Eduction: Manajemen Mutu Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD.
Siahaan, Amiruddin – Khairuddin – H. Irwan Nasution. 2006. Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Jakarta: Ciputa Press Group.
Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: FIP IKIP PGRI Semarang.
Suparno, S.J., Paul. 2004. Guru Demokratis di Era Reformasi Pendidikan. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Syah, Muhibbin. 2005. Pasikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Tilaar, H.A.R. 2005. Manifesto Pendidikan Nasional: Tinjauan dari Perspektif Postmodernisme dan Studi Kultural. Jakarta; Penerbit Buku Kompas.
. 2006. Standardisasi Pendidikan Nasional: Suatu Tinjauan Kritis.
Jakarta: Rineka Cipta.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional & Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosesn. Dilengkapi: Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Visimedia.
Undang-Undang otonomi Daerah 1999: UU No. 29 Tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah, UU No. 25 Tahun 1999 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah, UU No. 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggara Negara yang Bersih dan Bebas KKN. Jakarta: Restu Agung.
Undang-Undang R.I No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. 2006. Jakarta: Cipta Jaya.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Widiastono, Tonny D. (Editor). 2004. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=m5b dCYQAAAAJ&sortby=pubdate&citation_for_view=m5bdCYQAAAAJ:mB3voiENL ucC
Details ...
1. Pengantar Manajemen Pengembangan Kurikulum
2. Manajemen Kurikulum dan Pengembangannya (1).
3. Manajemen Kurikulum dan Pengembangannya (2).
4. Kurikulum dan Landasan Pendidikan.
5. Kurikulum Filsafat Anak dan Masyarakat.
6. Kurikulum dan Teori Belajar.
7. Pengembangan Kurikulum.
8. UTS
9. Organisasi Kurikulum.
10. Isi dan Urutan Kurikulum.
11. Kurikulum Berbasis Kompetensi.
12. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Pengembangan Silabus.
13. Manajemen Kurikulum Sekolah dan PerguruanTinggi (1).
14. Manajemen Kurikulum Sekolah dan PerguruanTinggi (2).
15. Pengembangan Kurikulum 2013.
16. UAS
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Manajemen Pengembangan Kurikulum, mahasiswa mampu:
CPMK 1 :
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (P1).
CPMK 2 :
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika. (S2, P2, KU2).
CPMK 3 :
Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan. (S3, KK1, KK3).
ReferencesLawton, Denis – Gordon, Peter – Ing, Maggie – Gibby, Bill – Pring, Richard – and Moore, Terry. 1978. Theory and Practice of Curriculum Studies. London, Henley and Boston: Routledge & Kegan Paul.
Abdullah, Ghufron dkk. 2021. Manajemen Pengembangan Kurikulum (Edisi Revisi). Yogyakarta: CV MAHAT Magna Raharja Tama..
Anon. 1953. Webster’s New Internasional Dictionary. Second Edition (unbridged).
Springfield, Mass: G.C. Merrian Company.
. Pembelajaran Altof di Sekolah. Paket Pelatihan ALFHE Decentralized Basic Education 2- USAID.
. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Semarang: CV Duta Nusindo.
Apple, Michael W. 1979. Ideology and Curriculum. London: Routledge & Kegan Paul.
Arcaro, Jerme S. 2005. Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustak Pelajar.
Bakker, S.J., J.W.M. 1984. Filsafat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarra: YayasanKanisius.
Darmaningtyas. 2005. Pendidikan Rusak-Rusakan. Yoyakarta: PT LkiS Pelangi Aksara.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1983. Program Akta Mengajar V-B Komponen Dasar Kependidikan Buku II: Modul Pengembangan Kurikulum dan Sistem Instruksional. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Dewantara, Ki Hadjar. 1962. Karja 1 (Pendidikan). Yogyakarta: Percetakan Taman Siswa.
Drijarkara S.J., N. 1961. Pendidikan dan Peralihan Sosio-Budaya. Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MLPI) di Bogor tanggal 26 s/d 28 Agustus 1961.
Drost, S.J., J. 2006. Dari KBK (Kurikulum Bertujuan Kompetensi) sampai MBS (Manajemen Berbasis Sekolah): Esai-esai Pendidikan. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
. 1999. Proses Pembelajaran sebagai Proses Pendidikan. Jakarta:
PT. Gramedia Widasarana Indonesia.
Gredler, Margaret E. Bell. 1991. Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: Rajawali Pers. Hedwig, Rinda. 2007. Sistem Penjaminan Mutu di Perguruan Tinggi: Monitoring &
Evaluasi Internal. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Holt, John. 2004. Belajar Sepanjang Masa: Bagaimana Anak-anak Mulai Membaca, Menulis, Menghitung, dan Mengamati Dunia Tanpa Diajari. Yogyakarta: Diglossia.
Kusdaryani, Wiwik & Trimo. 2009. Landasan Kependidikan. Semarang: IKIP PGRI Press.
Lawton, Denis – Peter Gordon, Maaggie Ing, Bill Gibby, Richard Pring and Terry Moore. 1978. Theory and Practice of Curriculum Studies. London: Routledge & Kegan Paul.
Moore, T. W. 1982. Philosophy of Education: An Introduction. London: Routledge & Kegan Paul.
Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Sebuah Panduan Praktis.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. 1961. Asas-Asas Currikulum. Bandung: Keluarga Mahasiswa BAPEMSI. Masution. 2006. Berbagai Pendekatan dlam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta:
Bumi Aksara.
Notonagoro. 1982. Beberapa Hal Mengenai Falsafah Pancasila. Pengantar Dr.
Soerjono Soekamto SH., MA. Jakarta: CV Rajawali.
Peraturan Pemrintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan (Pengganti PP No. 19/2005).
Permendikbud No. 54 tahun 2013 tentang Stadar Kompetensi Lulusan (SKL). Permendikbud No. 64 tahun 2013 tentang Standar isi.
Permendikbud No. 65 tahun 2013 tentang Standar Proses. Permendikbud No. 66 tahun 2013 tentang Standar Penilaian.
Permendikbud No. 68 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMP/MTs.
Permendikbud No. 81A tahun 2013 tentang Implementasi KTSP (Pengganti Lampiran Permendikbud 81A/2013 yang mengatur KTSP).
Raynolds, Larry J. 2005. Kiat Sukses Manajemen Berbasis Sekolah: Pedoman Bagi Praktisi
Pendidikan. Jakarta: CV Diva Pustaka.
Romiszowski, A.J. 1981. Designing Instructional Systems: Decition Making in Course Planning and Curriculum Design. New York: Kogan.
Sallis, Edward. 2006. Total Quality Management in Eduction: Manajemen Mutu Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD.
Siahaan, Amiruddin – Khairuddin – H. Irwan Nasution. 2006. Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Jakarta: Ciputa Press Group.
Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: FIP IKIP PGRI Semarang.
Suparno, S.J., Paul. 2004. Guru Demokratis di Era Reformasi Pendidikan. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Syah, Muhibbin. 2005. Pasikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Tilaar, H.A.R. 2005. Manifesto Pendidikan Nasional: Tinjauan dari Perspektif Postmodernisme dan Studi Kultural. Jakarta; Penerbit Buku Kompas.
. 2006. Standardisasi Pendidikan Nasional: Suatu Tinjauan Kritis.
Jakarta: Rineka Cipta.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional & Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosesn. Dilengkapi: Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Visimedia.
Undang-Undang otonomi Daerah 1999: UU No. 29 Tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah, UU No. 25 Tahun 1999 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah, UU No. 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggara Negara yang Bersih dan Bebas KKN. Jakarta: Restu Agung.
Undang-Undang R.I No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. 2006. Jakarta: Cipta Jaya.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Widiastono, Tonny D. (Editor). 2004. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=m5b dCYQAAAAJ&sortby=pubdate&citation_for_view=m5bdCYQAAAAJ:mB3voiENL ucC
Details ...
1. Pengantar Manajemen Pengembangan Kurikulum
2. Manajemen Kurikulum dan Pengembangannya (1).
3. Manajemen Kurikulum dan Pengembangannya (2).
4. Kurikulum dan Landasan Pendidikan.
5. Kurikulum Filsafat Anak dan Masyarakat.
6. Kurikulum dan Teori Belajar.
7. Pengembangan Kurikulum.
8. UTS
9. Organisasi Kurikulum.
10. Isi dan Urutan Kurikulum.
11. Kurikulum Berbasis Kompetensi.
12. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Pengembangan Silabus.
13. Manajemen Kurikulum Sekolah dan PerguruanTinggi (1).
14. Manajemen Kurikulum Sekolah dan PerguruanTinggi (2).
15. Pengembangan Kurikulum 2013.
16. UAS
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Manajemen Pengembangan Kurikulum, mahasiswa mampu:
CPMK 1 :
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (P1).
CPMK 2 :
Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika. (S2, P2, KU2).
CPMK 3 :
Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan. (S3, KK1, KK3).
ReferencesLawton, Denis – Gordon, Peter – Ing, Maggie – Gibby, Bill – Pring, Richard – and Moore, Terry. 1978. Theory and Practice of Curriculum Studies. London, Henley and Boston: Routledge & Kegan Paul.
Abdullah, Ghufron dkk. 2021. Manajemen Pengembangan Kurikulum (Edisi Revisi). Yogyakarta: CV MAHAT Magna Raharja Tama..
Anon. 1953. Webster’s New Internasional Dictionary. Second Edition (unbridged).
Springfield, Mass: G.C. Merrian Company.
. Pembelajaran Altof di Sekolah. Paket Pelatihan ALFHE Decentralized Basic Education 2- USAID.
. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Semarang: CV Duta Nusindo.
Apple, Michael W. 1979. Ideology and Curriculum. London: Routledge & Kegan Paul.
Arcaro, Jerme S. 2005. Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustak Pelajar.
Bakker, S.J., J.W.M. 1984. Filsafat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarra: YayasanKanisius.
Darmaningtyas. 2005. Pendidikan Rusak-Rusakan. Yoyakarta: PT LkiS Pelangi Aksara.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1983. Program Akta Mengajar V-B Komponen Dasar Kependidikan Buku II: Modul Pengembangan Kurikulum dan Sistem Instruksional. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Dewantara, Ki Hadjar. 1962. Karja 1 (Pendidikan). Yogyakarta: Percetakan Taman Siswa.
Drijarkara S.J., N. 1961. Pendidikan dan Peralihan Sosio-Budaya. Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MLPI) di Bogor tanggal 26 s/d 28 Agustus 1961.
Drost, S.J., J. 2006. Dari KBK (Kurikulum Bertujuan Kompetensi) sampai MBS (Manajemen Berbasis Sekolah): Esai-esai Pendidikan. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
. 1999. Proses Pembelajaran sebagai Proses Pendidikan. Jakarta:
PT. Gramedia Widasarana Indonesia.
Gredler, Margaret E. Bell. 1991. Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: Rajawali Pers. Hedwig, Rinda. 2007. Sistem Penjaminan Mutu di Perguruan Tinggi: Monitoring &
Evaluasi Internal. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Holt, John. 2004. Belajar Sepanjang Masa: Bagaimana Anak-anak Mulai Membaca, Menulis, Menghitung, dan Mengamati Dunia Tanpa Diajari. Yogyakarta: Diglossia.
Kusdaryani, Wiwik & Trimo. 2009. Landasan Kependidikan. Semarang: IKIP PGRI Press.
Lawton, Denis – Peter Gordon, Maaggie Ing, Bill Gibby, Richard Pring and Terry Moore. 1978. Theory and Practice of Curriculum Studies. London: Routledge & Kegan Paul.
Moore, T. W. 1982. Philosophy of Education: An Introduction. London: Routledge & Kegan Paul.
Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Sebuah Panduan Praktis.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. 1961. Asas-Asas Currikulum. Bandung: Keluarga Mahasiswa BAPEMSI. Masution. 2006. Berbagai Pendekatan dlam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta:
Bumi Aksara.
Notonagoro. 1982. Beberapa Hal Mengenai Falsafah Pancasila. Pengantar Dr.
Soerjono Soekamto SH., MA. Jakarta: CV Rajawali.
Peraturan Pemrintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan (Pengganti PP No. 19/2005).
Permendikbud No. 54 tahun 2013 tentang Stadar Kompetensi Lulusan (SKL). Permendikbud No. 64 tahun 2013 tentang Standar isi.
Permendikbud No. 65 tahun 2013 tentang Standar Proses. Permendikbud No. 66 tahun 2013 tentang Standar Penilaian.
Permendikbud No. 68 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMP/MTs.
Permendikbud No. 81A tahun 2013 tentang Implementasi KTSP (Pengganti Lampiran Permendikbud 81A/2013 yang mengatur KTSP).
Raynolds, Larry J. 2005. Kiat Sukses Manajemen Berbasis Sekolah: Pedoman Bagi Praktisi
Pendidikan. Jakarta: CV Diva Pustaka.
Romiszowski, A.J. 1981. Designing Instructional Systems: Decition Making in Course Planning and Curriculum Design. New York: Kogan.
Sallis, Edward. 2006. Total Quality Management in Eduction: Manajemen Mutu Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD.
Siahaan, Amiruddin – Khairuddin – H. Irwan Nasution. 2006. Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Jakarta: Ciputa Press Group.
Sudharto, dkk. 2009. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: FIP IKIP PGRI Semarang.
Suparno, S.J., Paul. 2004. Guru Demokratis di Era Reformasi Pendidikan. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Syah, Muhibbin. 2005. Pasikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Tilaar, H.A.R. 2005. Manifesto Pendidikan Nasional: Tinjauan dari Perspektif Postmodernisme dan Studi Kultural. Jakarta; Penerbit Buku Kompas.
. 2006. Standardisasi Pendidikan Nasional: Suatu Tinjauan Kritis.
Jakarta: Rineka Cipta.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional & Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosesn. Dilengkapi: Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Visimedia.
Undang-Undang otonomi Daerah 1999: UU No. 29 Tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah, UU No. 25 Tahun 1999 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah, UU No. 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggara Negara yang Bersih dan Bebas KKN. Jakarta: Restu Agung.
Undang-Undang R.I No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. 2006. Jakarta: Cipta Jaya.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Widiastono, Tonny D. (Editor). 2004. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=m5b dCYQAAAAJ&sortby=pubdate&citation_for_view=m5bdCYQAAAAJ:mB3voiENL ucC
Details ...
Mata kuliah ini memberikan bekal calon manajer pendidikan dengan:
Memberikan bekal pendidik/guru, calon manajer pendidikan/kepala sekolah dengan: (1) Manajemen kurikulum dan pengembangannya, (2) Kurikulum dan landasan pendidikan, (3) Kurikulum filsafat anak dan masyarakat, (4) Kurikulum dan teori belajar, (5) Pengembangan kurikulum, (6) Organisasi kurikulum, (7) Isi dan urutan kurikulum, (8) Kurikulum berbasis kompetensi, (9) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Pengembangan Silabus, (10) Manajemen Kurikulum sekolah dan perguruan tinggi, (11) Pengembangan Kurikulum 2013, dan (12) Perubahan Kurikulum Dalam Praksis Pendidikan 2020.
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Manajemen Pengembangan Kurikulum, mahasiswa mampu: |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Daftar Buku Wajib:
Lawton, Denis – Gordon, Peter – Ing, Maggie – Gibby, Bill – Pring, Richard – and Moore, Terry. 1978. Theory and Practice of Curriculum Studies. London, Henley and Boston: Routledge & Kegan Paul.
Abdullah, Ghufron dkk. 2021. Manajemen Pengembangan Kurikulum (Edisi Revisi). Yogyakarta: CV MAHAT Magna Raharja Tama..
Details ...
Mata kuliah ini memberikan bekal calon manajer pendidikan dengan:
Memberikan bekal pendidik/guru, calon manajer pendidikan/kepala sekolah dengan: (1) Manajemen kurikulum dan pengembangannya, (2) Kurikulum dan landasan pendidikan, (3) Kurikulum filsafat anak dan masyarakat, (4) Kurikulum dan teori belajar, (5) Pengembangan kurikulum, (6) Organisasi kurikulum, (7) Isi dan urutan kurikulum, (8) Kurikulum berbasis kompetensi, (9) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Pengembangan Silabus, (10) Manajemen Kurikulum sekolah dan perguruan tinggi, (11) Pengembangan Kurikulum 2013, dan (12) Perubahan Kurikulum Dalam Praksis Pendidikan 2020.
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Manajemen Pengembangan Kurikulum, mahasiswa mampu: |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Daftar Buku Wajib:
Lawton, Denis – Gordon, Peter – Ing, Maggie – Gibby, Bill – Pring, Richard – and Moore, Terry. 1978. Theory and Practice of Curriculum Studies. London, Henley and Boston: Routledge & Kegan Paul.
Abdullah, Ghufron dkk. 2021. Manajemen Pengembangan Kurikulum (Edisi Revisi). Yogyakarta: CV MAHAT Magna Raharja Tama..
Details ...
Mata kuliah ini memberikan bekal calon manajer pendidikan dengan:
Memberikan bekal pendidik/guru, calon manajer pendidikan/kepala sekolah dengan: (1) Manajemen kurikulum dan pengembangannya, (2) Kurikulum dan landasan pendidikan, (3) Kurikulum filsafat anak dan masyarakat, (4) Kurikulum dan teori belajar, (5) Pengembangan kurikulum, (6) Organisasi kurikulum, (7) Isi dan urutan kurikulum, (8) Kurikulum berbasis kompetensi, (9) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Pengembangan Silabus, (10) Manajemen Kurikulum sekolah dan perguruan tinggi, (11) Pengembangan Kurikulum 2013, dan (12) Perubahan Kurikulum Dalam Praksis Pendidikan 2020.
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Manajemen Pengembangan Kurikulum, mahasiswa mampu: |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Daftar Buku Wajib:
Lawton, Denis – Gordon, Peter – Ing, Maggie – Gibby, Bill – Pring, Richard – and Moore, Terry. 1978. Theory and Practice of Curriculum Studies. London, Henley and Boston: Routledge & Kegan Paul.
Abdullah, Ghufron dkk. 2021. Manajemen Pengembangan Kurikulum (Edisi Revisi). Yogyakarta: CV MAHAT Magna Raharja Tama..
Details ...
Mata kuliah ini memberikan bekal calon manajer pendidikan dengan:
Memberikan bekal pendidik/guru, calon manajer pendidikan/kepala sekolah dengan: (1) Manajemen kurikulum dan pengembangannya, (2) Kurikulum dan landasan pendidikan, (3) Kurikulum filsafat anak dan masyarakat, (4) Kurikulum dan teori belajar, (5) Pengembangan kurikulum, (6) Organisasi kurikulum, (7) Isi dan urutan kurikulum, (8) Kurikulum berbasis kompetensi, (9) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Pengembangan Silabus, (10) Manajemen Kurikulum sekolah dan perguruan tinggi, (11) Pengembangan Kurikulum 2013, dan (12) Perubahan Kurikulum Dalam Praksis Pendidikan 2020.
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Manajemen Pengembangan Kurikulum, mahasiswa mampu: |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Daftar Buku Wajib:
Lawton, Denis – Gordon, Peter – Ing, Maggie – Gibby, Bill – Pring, Richard – and Moore, Terry. 1978. Theory and Practice of Curriculum Studies. London, Henley and Boston: Routledge & Kegan Paul.
Abdullah, Ghufron dkk. 2021. Manajemen Pengembangan Kurikulum (Edisi Revisi). Yogyakarta: CV MAHAT Magna Raharja Tama..
Details ...
Mata kuliah ini memberikan bekal calon manajer pendidikan dengan:
Memberikan bekal pendidik/guru, calon manajer pendidikan/kepala sekolah dengan: (1) Manajemen kurikulum dan pengembangannya, (2) Kurikulum dan landasan pendidikan, (3) Kurikulum filsafat anak dan masyarakat, (4) Kurikulum dan teori belajar, (5) Pengembangan kurikulum, (6) Organisasi kurikulum, (7) Isi dan urutan kurikulum, (8) Kurikulum berbasis kompetensi, (9) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Pengembangan Silabus, (10) Manajemen Kurikulum sekolah dan perguruan tinggi, (11) Pengembangan Kurikulum 2013, dan (12) Perubahan Kurikulum Dalam Praksis Pendidikan 2020.
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Manajemen Pengembangan Kurikulum, mahasiswa mampu: |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Daftar Buku Wajib:
Lawton, Denis – Gordon, Peter – Ing, Maggie – Gibby, Bill – Pring, Richard – and Moore, Terry. 1978. Theory and Practice of Curriculum Studies. London, Henley and Boston: Routledge & Kegan Paul.
Abdullah, Ghufron dkk. 2021. Manajemen Pengembangan Kurikulum (Edisi Revisi). Yogyakarta: CV MAHAT Magna Raharja Tama..
Details ...
Mata kuliah ini memberikan bekal calon manajer pendidikan dengan:
Memberikan bekal pendidik/guru, calon manajer pendidikan/kepala sekolah dengan: (1) Manajemen kurikulum dan pengembangannya, (2) Kurikulum dan landasan pendidikan, (3) Kurikulum filsafat anak dan masyarakat, (4) Kurikulum dan teori belajar, (5) Pengembangan kurikulum, (6) Organisasi kurikulum, (7) Isi dan urutan kurikulum, (8) Kurikulum berbasis kompetensi, (9) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Pengembangan Silabus, (10) Manajemen Kurikulum sekolah dan perguruan tinggi, (11) Pengembangan Kurikulum 2013, dan (12) Perubahan Kurikulum Dalam Praksis Pendidikan 2020.
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Manajemen Pengembangan Kurikulum, mahasiswa mampu: |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Daftar Buku Wajib:
Lawton, Denis – Gordon, Peter – Ing, Maggie – Gibby, Bill – Pring, Richard – and Moore, Terry. 1978. Theory and Practice of Curriculum Studies. London, Henley and Boston: Routledge & Kegan Paul.
Abdullah, Ghufron dkk. 2021. Manajemen Pengembangan Kurikulum (Edisi Revisi). Yogyakarta: CV MAHAT Magna Raharja Tama..
Details ...
Mata kuliah ini memberikan bekal calon manajer pendidikan dengan:
Memberikan bekal pendidik/guru, calon manajer pendidikan/kepala sekolah dengan: (1) Manajemen kurikulum dan pengembangannya, (2) Kurikulum dan landasan pendidikan, (3) Kurikulum filsafat anak dan masyarakat, (4) Kurikulum dan teori belajar, (5) Pengembangan kurikulum, (6) Organisasi kurikulum, (7) Isi dan urutan kurikulum, (8) Kurikulum berbasis kompetensi, (9) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Pengembangan Silabus, (10) Manajemen Kurikulum sekolah dan perguruan tinggi, (11) Pengembangan Kurikulum 2013, dan (12) Perubahan Kurikulum Dalam Praksis Pendidikan 2020.
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Manajemen Pengembangan Kurikulum, mahasiswa mampu: |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Daftar Buku Wajib:
Lawton, Denis – Gordon, Peter – Ing, Maggie – Gibby, Bill – Pring, Richard – and Moore, Terry. 1978. Theory and Practice of Curriculum Studies. London, Henley and Boston: Routledge & Kegan Paul.
Abdullah, Ghufron dkk. 2021. Manajemen Pengembangan Kurikulum (Edisi Revisi). Yogyakarta: CV MAHAT Magna Raharja Tama..
Details ...