Manajemen Pengembangan Kurikulum , Curriculum : 2016


Courser in EnglishCURRICULUM DEVELOPMENT MANAGEMENT
ProgramManajemen Pendidikan
SKS2 SKS
RPS44 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan bekal calon manajer pendidikan dengan:

Memberikan bekal pendidik/guru, calon manajer pendidikan/kepala sekolah dengan: (1) Manajemen kurikulum dan pengembangannya, (2) Kurikulum dan landasan pendidikan, (3) Kurikulum filsafat anak dan masyarakat, (4) Kurikulum dan teori belajar, (5) Pengembangan kurikulum, (6) Organisasi kurikulum, (7) Isi dan urutan kurikulum, (8) Kurikulum berbasis kompetensi, (9) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Pengembangan Silabus, (10) Manajemen Kurikulum sekolah dan perguruan tinggi, (11) Pengembangan Kurikulum 2013, dan (12) Perubahan Kurikulum Dalam Praksis Pendidikan 2020.  

Learning Outcomes

  1. Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (P1)
  2. Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik  yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika (S2,P2, KU2)
  3. Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan. (S3,KK1,KK3)
  4. Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan (KK5).

References

Lawton, Denis – Gordon, Peter – Ing, Maggie – Gibby, Bill – Pring, Richard – and Moore, Terry. 1978. Theory and Practice of Curriculum Studies. London, Henley and Boston: Routledge & Kegan Paul.

 

Abdullah, Ghufron dkk. 2021. Manajemen Pengembangan Kurikulum (Edisi Revisi). Yogyakarta: CV MAHAT  Magna Raharja Tama..


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan bekal calon manajer pendidikan dengan:

Memberikan bekal pendidik/guru, calon manajer pendidikan/kepala sekolah dengan: (1) Manajemen kurikulum dan pengembangannya, (2) Kurikulum dan landasan pendidikan, (3) Kurikulum filsafat anak dan masyarakat, (4) Kurikulum dan teori belajar, (5) Pengembangan kurikulum, (6) Organisasi kurikulum, (7) Isi dan urutan kurikulum, (8) Kurikulum berbasis kompetensi, (9) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Pengembangan Silabus, (10) Manajemen Kurikulum sekolah dan perguruan tinggi, (11) Pengembangan Kurikulum 2013, dan (12) Perubahan Kurikulum Dalam Praksis Pendidikan 2020.  

Learning Outcomes

  1. Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (P1)
  2. Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik  yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika (S2,P2, KU2)
  3. Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan. (S3,KK1,KK3)
  4. Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan (KK5).

References

Lawton, Denis – Gordon, Peter – Ing, Maggie – Gibby, Bill – Pring, Richard – and Moore, Terry. 1978. Theory and Practice of Curriculum Studies. London, Henley and Boston: Routledge & Kegan Paul.

 

Abdullah, Ghufron dkk. 2021. Manajemen Pengembangan Kurikulum (Edisi Revisi). Yogyakarta: CV MAHAT  Magna Raharja Tama..


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan bekal calon manajer pendidikan dengan:

Memberikan bekal pendidik/guru, calon manajer pendidikan/kepala sekolah dengan: (1) Manajemen kurikulum dan pengembangannya, (2) Kurikulum dan landasan pendidikan, (3) Kurikulum filsafat anak dan masyarakat, (4) Kurikulum dan teori belajar, (5) Pengembangan kurikulum, (6) Organisasi kurikulum, (7) Isi dan urutan kurikulum, (8) Kurikulum berbasis kompetensi, (9) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Pengembangan Silabus, (10) Manajemen Kurikulum sekolah dan perguruan tinggi, (11) Pengembangan Kurikulum 2013, dan (12) Perubahan Kurikulum Dalam Praksis Pendidikan 2020.  

Learning Outcomes

  1. Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (P1)
  2. Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik  yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika (S2,P2, KU2)
  3. Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan. (S3,KK1,KK3)
  4. Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan (KK5).

References

Lawton, Denis – Gordon, Peter – Ing, Maggie – Gibby, Bill – Pring, Richard – and Moore, Terry. 1978. Theory and Practice of Curriculum Studies. London, Henley and Boston: Routledge & Kegan Paul.

 

Abdullah, Ghufron dkk. 2021. Manajemen Pengembangan Kurikulum (Edisi Revisi). Yogyakarta: CV MAHAT  Magna Raharja Tama..


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan bekal calon manajer pendidikan dengan:

Memberikan bekal pendidik/guru, calon manajer pendidikan/kepala sekolah dengan: (1) Manajemen kurikulum dan pengembangannya, (2) Kurikulum dan landasan pendidikan, (3) Kurikulum filsafat anak dan masyarakat, (4) Kurikulum dan teori belajar, (5) Pengembangan kurikulum, (6) Organisasi kurikulum, (7) Isi dan urutan kurikulum, (8) Kurikulum berbasis kompetensi, (9) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Pengembangan Silabus, (10) Manajemen Kurikulum sekolah dan perguruan tinggi, (11) Pengembangan Kurikulum 2013, dan (12) Perubahan Kurikulum Dalam Praksis Pendidikan 2020.  

Learning Outcomes

  1. Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (P1)
  2. Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik  yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika (S2,P2, KU2)
  3. Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan. (S3,KK1,KK3)
  4. Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan (KK5).

References

Lawton, Denis – Gordon, Peter – Ing, Maggie – Gibby, Bill – Pring, Richard – and Moore, Terry. 1978. Theory and Practice of Curriculum Studies. London, Henley and Boston: Routledge & Kegan Paul.

 

Abdullah, Ghufron dkk. 2021. Manajemen Pengembangan Kurikulum (Edisi Revisi). Yogyakarta: CV MAHAT  Magna Raharja Tama..


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan bekal calon manajer pendidikan dengan:

Memberikan bekal pendidik/guru, calon manajer pendidikan/kepala sekolah dengan: (1) Manajemen kurikulum dan pengembangannya, (2) Kurikulum dan landasan pendidikan, (3) Kurikulum filsafat anak dan masyarakat, (4) Kurikulum dan teori belajar, (5) Pengembangan kurikulum, (6) Organisasi kurikulum, (7) Isi dan urutan kurikulum, (8) Kurikulum berbasis kompetensi, (9) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Pengembangan Silabus, (10) Manajemen Kurikulum sekolah dan perguruan tinggi, (11) Pengembangan Kurikulum 2013, dan (12) Perubahan Kurikulum Dalam Praksis Pendidikan 2020.  

Learning Outcomes

  1. Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan  pengembangan  pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional (P1)
  2. Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik  yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika (S2,P2, KU2)
  3. Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan. (S3,KK1,KK3)
  4. Merancang model kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan (KK5).

References

Lawton, Denis – Gordon, Peter – Ing, Maggie – Gibby, Bill – Pring, Richard – and Moore, Terry. 1978. Theory and Practice of Curriculum Studies. London, Henley and Boston: Routledge & Kegan Paul.

 

Abdullah, Ghufron dkk. 2021. Manajemen Pengembangan Kurikulum (Edisi Revisi). Yogyakarta: CV MAHAT  Magna Raharja Tama..


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan bekal pendidik/guru, calon manajer pendidikan/kepala sekolah dengan: (1) Manajemen kurikulum dan pengembangannya, (2) Kurikulum dan landasan pendidikN, (3) Kurikulum filsafat anak dan masyarakat, (4) Kurikulum dan teori belajar, (5) Pengembangan kurikulum, (6) Organisasi kurikulum, (7) Isi dan urutan kurikulum, (8) Kurikulum berbasis kompetensi, (9) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Pengembangan Silabus, (10) Manajemen Kurikulum sekolah dan perguruan tinggi, dan (11) Pengembangan Kurikulum 2013

Learning Outcomes

  1. Sikap
  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 

  1. Penguasaan pengetahuan
  1. menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi dalam perencanaan strategik untuk memecahkan masalah dan isu-isu dalam manajemen pendidikan;
  2. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori organizational strategic readiness dalam mengelola dan melakukan tindakan pembinaan profesional melalui pendekatan multidisiplin;
  3. menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori kebijakan dalam manajemen pendidikan;
  4. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori pembiayaan pendidikan dalam manajemen pendidikan;
  5. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian sumber daya pendidikan dengan menerapkan berbagai alternatif strategi dan pendekatan mutidisiplin;
  6. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori otonomi penyelenggaraan pendidikan; dan
  7. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori akuntabilitas, transparansi, responsibilitas, dan integritas dalam manajemen pendidikan.

 

  1. Keterampilan umum
  1. mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi;
  2. mampu mengembangkan validasi akademik dalam memecahkan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahlian dalam bidang manajemn pendidikan;
  3. mampu mengembangkan gagasan secara bertanggung jawab berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
  4. mampu mengidentifikasi dan mengembangkan bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitian dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin;
  5. mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan manajemen pendidikan berdasarkan kajian, analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
  6. mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
  7. mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
  8. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; dan
  9. mampu mengembangkan jejaring kerja dengan kolega, sejawt, di tingkat lokal, regional, nasional dan internasional.

 

  1. Keterampilan khusus
  1. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan perencanaan strategik, analisis kohort, analisis proyeksi dan analisis kebutuhan untuk semua jenjang pendidikan;
  2. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan konsep kepemimpinan dan perilaku organisasi, membuat struktur organisasi, memformulasi tim, mengelola stres, konflik, memotivasi, membangun komitmen dan etika organisasi, mewujudkan keadilan, mengambil keputusan serta membangun kinerja optimal untuk jenjang pendidikan;
  3. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan analisis kebijakan, telaah kritis, dan mensimulasikan proses kebijakan pendidikan dasar, menengah dan tinggi dengan mempertimbangkan aspek-aspek kebenaran keilmuan, psikologi, teknologi informasi dan komunikasi, serta hasil-hasil penelitian yang relevan;
  4. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan analisis pembiayaan pendidikan;
  5. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan kegiatan kepemimpinan dan supervisi pendidikan secara profesional;
  6. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan konsep otonomi pendidikan;
  7. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan evaluasi peraturan perundang-undangan dan memecahkan masalah dalam manajemen pendidikan;
  8. mampu mempengaruhi, memberikan motivasi, memberdayakan tim, mengkomunikasikan, mengelola konflik dan melakukan negosiasi dengan berbagai pihak (guru, masyarakat, perusahaan, pemerintah daerah dan pemerintah pusat) dalam penyelenggaraan sistem pendidikan yang efektif dan efisiesn; dan
  9. mampu memonitoring dan mengevaluasi penyelenggaraan pendidikan untuk melakukan perbaikan dan pengembangan pendidikan.

References

Daftar Buku Wajib:

Lawton, Denis – Gordon, Peter – Ing, Maggie – Gibby, Bill – Pring, Richard – and Moore, Terry. 1978. Theory and Practice of Curriculum Studies. London, Henley and Boston: Routledge & Kegan Paul.

 

Abdullah, Ghufron – Ngasbun Egar - Soegeng Ysh., A.Y. –. 2019. Manajemen Pengembangan Kurikulum.Yogyakarta: CV MAHAT  Magna Raharja Tama..

 

 

Daftar Buku Bacaan:

Anon. 1953. Webster’s New Internasional Dictionary. Second Edition (unbridged). Springfield, Mass: G.C. Merrian Company.

_______________. Pembelajaran Altof di Sekolah. Paket Pelatihan ALFHE Decentralized Basic Education 2- USAID.

_______________.  2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Semarang: CV Duta Nusindo.

Apple, Michael W. 1979. Ideology and Curriculum. London: Routledge & Kegan Paul.

Arcaro, Jerme S. 2005. Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustak Pelajar.

Bakker, S.J., J.W.M. 1984. Filsafat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarra: YayasanKanisius.

Darmaningtyas. 2005. Pendidikan Rusak-Rusakan. Yoyakarta: PT LkiS Pelangi Aksara.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1983. Program Akta Mengajar V-B Komponen Dasar Kependidikan Buku II: Modul Pengembangan Kurikulum dan Sistem Instruksional. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Dewantara, Ki Hadjar. 1962. Karja 1 (Pendidikan). Yogyakarta: Percetakan Taman Siswa.

Drijarkara S.J., N. 1961. Pendidikan dan Peralihan Sosio-Budaya. Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MLPI) di Bogor tanggal 26 s/d 28 Agustus 1961.

Drost, S.J., J. 2006. Dari KBK (Kurikulum Bertujuan Kompetensi) sampai MBS (Manajemen Berbasis Sekolah): Esai-esai Pendidikan. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

_______________. 1999. Proses Pembelajaran sebagai Proses Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widasarana Indonesia.

Gredler, Margaret E. Bell. 1991. Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: Rajawali Pers.

Hedwig, Rinda. 2007. Sistem Penjaminan Mutu di Perguruan Tinggi: Monitoring & Evaluasi Internal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan bekal pendidik/guru, calon manajer pendidikan/kepala sekolah dengan: (1) Manajemen kurikulum dan pengembangannya, (2) Kurikulum dan landasan pendidikN, (3) Kurikulum filsafat anak dan masyarakat, (4) Kurikulum dan teori belajar, (5) Pengembangan kurikulum, (6) Organisasi kurikulum, (7) Isi dan urutan kurikulum, (8) Kurikulum berbasis kompetensi, (9) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Pengembangan Silabus, (10) Manajemen Kurikulum sekolah dan perguruan tinggi, dan (11) Pengembangan Kurikulum 2013

Learning Outcomes

  1. Sikap
  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 

  1. Penguasaan pengetahuan
  1. menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi dalam perencanaan strategik untuk memecahkan masalah dan isu-isu dalam manajemen pendidikan;
  2. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori organizational strategic readiness dalam mengelola dan melakukan tindakan pembinaan profesional melalui pendekatan multidisiplin;
  3. menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori kebijakan dalam manajemen pendidikan;
  4. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori pembiayaan pendidikan dalam manajemen pendidikan;
  5. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian sumber daya pendidikan dengan menerapkan berbagai alternatif strategi dan pendekatan mutidisiplin;
  6. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori otonomi penyelenggaraan pendidikan; dan
  7. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori akuntabilitas, transparansi, responsibilitas, dan integritas dalam manajemen pendidikan.

 

  1. Keterampilan umum
  1. mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi;
  2. mampu mengembangkan validasi akademik dalam memecahkan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahlian dalam bidang manajemn pendidikan;
  3. mampu mengembangkan gagasan secara bertanggung jawab berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
  4. mampu mengidentifikasi dan mengembangkan bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitian dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin;
  5. mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan manajemen pendidikan berdasarkan kajian, analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
  6. mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
  7. mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
  8. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; dan
  9. mampu mengembangkan jejaring kerja dengan kolega, sejawt, di tingkat lokal, regional, nasional dan internasional.

 

  1. Keterampilan khusus
  1. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan perencanaan strategik, analisis kohort, analisis proyeksi dan analisis kebutuhan untuk semua jenjang pendidikan;
  2. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan konsep kepemimpinan dan perilaku organisasi, membuat struktur organisasi, memformulasi tim, mengelola stres, konflik, memotivasi, membangun komitmen dan etika organisasi, mewujudkan keadilan, mengambil keputusan serta membangun kinerja optimal untuk jenjang pendidikan;
  3. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan analisis kebijakan, telaah kritis, dan mensimulasikan proses kebijakan pendidikan dasar, menengah dan tinggi dengan mempertimbangkan aspek-aspek kebenaran keilmuan, psikologi, teknologi informasi dan komunikasi, serta hasil-hasil penelitian yang relevan;
  4. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan analisis pembiayaan pendidikan;
  5. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan kegiatan kepemimpinan dan supervisi pendidikan secara profesional;
  6. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan konsep otonomi pendidikan;
  7. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan evaluasi peraturan perundang-undangan dan memecahkan masalah dalam manajemen pendidikan;
  8. mampu mempengaruhi, memberikan motivasi, memberdayakan tim, mengkomunikasikan, mengelola konflik dan melakukan negosiasi dengan berbagai pihak (guru, masyarakat, perusahaan, pemerintah daerah dan pemerintah pusat) dalam penyelenggaraan sistem pendidikan yang efektif dan efisiesn; dan
  9. mampu memonitoring dan mengevaluasi penyelenggaraan pendidikan untuk melakukan perbaikan dan pengembangan pendidikan.

References

Daftar Buku Wajib:

Lawton, Denis – Gordon, Peter – Ing, Maggie – Gibby, Bill – Pring, Richard – and Moore, Terry. 1978. Theory and Practice of Curriculum Studies. London, Henley and Boston: Routledge & Kegan Paul.

 

Abdullah, Ghufron – Ngasbun Egar - Soegeng Ysh., A.Y. –. 2019. Manajemen Pengembangan Kurikulum.Yogyakarta: CV MAHAT  Magna Raharja Tama..

 

 

Daftar Buku Bacaan:

Anon. 1953. Webster’s New Internasional Dictionary. Second Edition (unbridged). Springfield, Mass: G.C. Merrian Company.

_______________. Pembelajaran Altof di Sekolah. Paket Pelatihan ALFHE Decentralized Basic Education 2- USAID.

_______________.  2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Semarang: CV Duta Nusindo.

Apple, Michael W. 1979. Ideology and Curriculum. London: Routledge & Kegan Paul.

Arcaro, Jerme S. 2005. Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustak Pelajar.

Bakker, S.J., J.W.M. 1984. Filsafat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarra: YayasanKanisius.

Darmaningtyas. 2005. Pendidikan Rusak-Rusakan. Yoyakarta: PT LkiS Pelangi Aksara.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1983. Program Akta Mengajar V-B Komponen Dasar Kependidikan Buku II: Modul Pengembangan Kurikulum dan Sistem Instruksional. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Dewantara, Ki Hadjar. 1962. Karja 1 (Pendidikan). Yogyakarta: Percetakan Taman Siswa.

Drijarkara S.J., N. 1961. Pendidikan dan Peralihan Sosio-Budaya. Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MLPI) di Bogor tanggal 26 s/d 28 Agustus 1961.

Drost, S.J., J. 2006. Dari KBK (Kurikulum Bertujuan Kompetensi) sampai MBS (Manajemen Berbasis Sekolah): Esai-esai Pendidikan. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

_______________. 1999. Proses Pembelajaran sebagai Proses Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widasarana Indonesia.

Gredler, Margaret E. Bell. 1991. Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: Rajawali Pers.

Hedwig, Rinda. 2007. Sistem Penjaminan Mutu di Perguruan Tinggi: Monitoring & Evaluasi Internal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan bekal pendidik/guru, calon manajer pendidikan/kepala sekolah dengan: (1) Manajemen kurikulum dan pengembangannya, (2) Kurikulum dan landasan pendidikN, (3) Kurikulum filsafat anak dan masyarakat, (4) Kurikulum dan teori belajar, (5) Pengembangan kurikulum, (6) Organisasi kurikulum, (7) Isi dan urutan kurikulum, (8) Kurikulum berbasis kompetensi, (9) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Pengembangan Silabus, (10) Manajemen Kurikulum sekolah dan perguruan tinggi, dan (11) Pengembangan Kurikulum 2013

Learning Outcomes

  1. Sikap
  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 

  1. Penguasaan pengetahuan
  1. menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi dalam perencanaan strategik untuk memecahkan masalah dan isu-isu dalam manajemen pendidikan;
  2. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori organizational strategic readiness dalam mengelola dan melakukan tindakan pembinaan profesional melalui pendekatan multidisiplin;
  3. menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori kebijakan dalam manajemen pendidikan;
  4. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori pembiayaan pendidikan dalam manajemen pendidikan;
  5. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian sumber daya pendidikan dengan menerapkan berbagai alternatif strategi dan pendekatan mutidisiplin;
  6. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori otonomi penyelenggaraan pendidikan; dan
  7. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori akuntabilitas, transparansi, responsibilitas, dan integritas dalam manajemen pendidikan.

 

  1. Keterampilan umum
  1. mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi;
  2. mampu mengembangkan validasi akademik dalam memecahkan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahlian dalam bidang manajemn pendidikan;
  3. mampu mengembangkan gagasan secara bertanggung jawab berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
  4. mampu mengidentifikasi dan mengembangkan bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitian dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin;
  5. mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan manajemen pendidikan berdasarkan kajian, analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
  6. mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
  7. mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
  8. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; dan
  9. mampu mengembangkan jejaring kerja dengan kolega, sejawt, di tingkat lokal, regional, nasional dan internasional.

 

  1. Keterampilan khusus
  1. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan perencanaan strategik, analisis kohort, analisis proyeksi dan analisis kebutuhan untuk semua jenjang pendidikan;
  2. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan konsep kepemimpinan dan perilaku organisasi, membuat struktur organisasi, memformulasi tim, mengelola stres, konflik, memotivasi, membangun komitmen dan etika organisasi, mewujudkan keadilan, mengambil keputusan serta membangun kinerja optimal untuk jenjang pendidikan;
  3. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan analisis kebijakan, telaah kritis, dan mensimulasikan proses kebijakan pendidikan dasar, menengah dan tinggi dengan mempertimbangkan aspek-aspek kebenaran keilmuan, psikologi, teknologi informasi dan komunikasi, serta hasil-hasil penelitian yang relevan;
  4. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan analisis pembiayaan pendidikan;
  5. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan kegiatan kepemimpinan dan supervisi pendidikan secara profesional;
  6. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan konsep otonomi pendidikan;
  7. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan evaluasi peraturan perundang-undangan dan memecahkan masalah dalam manajemen pendidikan;
  8. mampu mempengaruhi, memberikan motivasi, memberdayakan tim, mengkomunikasikan, mengelola konflik dan melakukan negosiasi dengan berbagai pihak (guru, masyarakat, perusahaan, pemerintah daerah dan pemerintah pusat) dalam penyelenggaraan sistem pendidikan yang efektif dan efisiesn; dan
  9. mampu memonitoring dan mengevaluasi penyelenggaraan pendidikan untuk melakukan perbaikan dan pengembangan pendidikan.

References

Daftar Buku Wajib:

Lawton, Denis – Gordon, Peter – Ing, Maggie – Gibby, Bill – Pring, Richard – and Moore, Terry. 1978. Theory and Practice of Curriculum Studies. London, Henley and Boston: Routledge & Kegan Paul.

 

Abdullah, Ghufron – Ngasbun Egar - Soegeng Ysh., A.Y. –. 2019. Manajemen Pengembangan Kurikulum.Yogyakarta: CV MAHAT  Magna Raharja Tama..

 

 

Daftar Buku Bacaan:

Anon. 1953. Webster’s New Internasional Dictionary. Second Edition (unbridged). Springfield, Mass: G.C. Merrian Company.

_______________. Pembelajaran Altof di Sekolah. Paket Pelatihan ALFHE Decentralized Basic Education 2- USAID.

_______________.  2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Semarang: CV Duta Nusindo.

Apple, Michael W. 1979. Ideology and Curriculum. London: Routledge & Kegan Paul.

Arcaro, Jerme S. 2005. Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustak Pelajar.

Bakker, S.J., J.W.M. 1984. Filsafat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarra: YayasanKanisius.

Darmaningtyas. 2005. Pendidikan Rusak-Rusakan. Yoyakarta: PT LkiS Pelangi Aksara.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1983. Program Akta Mengajar V-B Komponen Dasar Kependidikan Buku II: Modul Pengembangan Kurikulum dan Sistem Instruksional. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Dewantara, Ki Hadjar. 1962. Karja 1 (Pendidikan). Yogyakarta: Percetakan Taman Siswa.

Drijarkara S.J., N. 1961. Pendidikan dan Peralihan Sosio-Budaya. Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MLPI) di Bogor tanggal 26 s/d 28 Agustus 1961.

Drost, S.J., J. 2006. Dari KBK (Kurikulum Bertujuan Kompetensi) sampai MBS (Manajemen Berbasis Sekolah): Esai-esai Pendidikan. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

_______________. 1999. Proses Pembelajaran sebagai Proses Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widasarana Indonesia.

Gredler, Margaret E. Bell. 1991. Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: Rajawali Pers.

Hedwig, Rinda. 2007. Sistem Penjaminan Mutu di Perguruan Tinggi: Monitoring & Evaluasi Internal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan bekal pendidik/guru, calon manajer pendidikan/kepala sekolah dengan: (1) Manajemen kurikulum dan pengembangannya, (2) Kurikulum dan landasan pendidikN, (3) Kurikulum filsafat anak dan masyarakat, (4) Kurikulum dan teori belajar, (5) Pengembangan kurikulum, (6) Organisasi kurikulum, (7) Isi dan urutan kurikulum, (8) Kurikulum berbasis kompetensi, (9) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Pengembangan Silabus, (10) Manajemen Kurikulum sekolah dan perguruan tinggi, dan (11) Pengembangan Kurikulum 2013

Learning Outcomes

  1. Sikap
  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 

  1. Penguasaan pengetahuan
  1. menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi dalam perencanaan strategik untuk memecahkan masalah dan isu-isu dalam manajemen pendidikan;
  2. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori organizational strategic readiness dalam mengelola dan melakukan tindakan pembinaan profesional melalui pendekatan multidisiplin;
  3. menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori kebijakan dalam manajemen pendidikan;
  4. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori pembiayaan pendidikan dalam manajemen pendidikan;
  5. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian sumber daya pendidikan dengan menerapkan berbagai alternatif strategi dan pendekatan mutidisiplin;
  6. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori otonomi penyelenggaraan pendidikan; dan
  7. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori akuntabilitas, transparansi, responsibilitas, dan integritas dalam manajemen pendidikan.

 

  1. Keterampilan umum
  1. mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi;
  2. mampu mengembangkan validasi akademik dalam memecahkan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahlian dalam bidang manajemn pendidikan;
  3. mampu mengembangkan gagasan secara bertanggung jawab berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
  4. mampu mengidentifikasi dan mengembangkan bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitian dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin;
  5. mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan manajemen pendidikan berdasarkan kajian, analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
  6. mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
  7. mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
  8. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; dan
  9. mampu mengembangkan jejaring kerja dengan kolega, sejawt, di tingkat lokal, regional, nasional dan internasional.

 

  1. Keterampilan khusus
  1. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan perencanaan strategik, analisis kohort, analisis proyeksi dan analisis kebutuhan untuk semua jenjang pendidikan;
  2. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan konsep kepemimpinan dan perilaku organisasi, membuat struktur organisasi, memformulasi tim, mengelola stres, konflik, memotivasi, membangun komitmen dan etika organisasi, mewujudkan keadilan, mengambil keputusan serta membangun kinerja optimal untuk jenjang pendidikan;
  3. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan analisis kebijakan, telaah kritis, dan mensimulasikan proses kebijakan pendidikan dasar, menengah dan tinggi dengan mempertimbangkan aspek-aspek kebenaran keilmuan, psikologi, teknologi informasi dan komunikasi, serta hasil-hasil penelitian yang relevan;
  4. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan analisis pembiayaan pendidikan;
  5. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan kegiatan kepemimpinan dan supervisi pendidikan secara profesional;
  6. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan konsep otonomi pendidikan;
  7. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan evaluasi peraturan perundang-undangan dan memecahkan masalah dalam manajemen pendidikan;
  8. mampu mempengaruhi, memberikan motivasi, memberdayakan tim, mengkomunikasikan, mengelola konflik dan melakukan negosiasi dengan berbagai pihak (guru, masyarakat, perusahaan, pemerintah daerah dan pemerintah pusat) dalam penyelenggaraan sistem pendidikan yang efektif dan efisiesn; dan
  9. mampu memonitoring dan mengevaluasi penyelenggaraan pendidikan untuk melakukan perbaikan dan pengembangan pendidikan.

References

Daftar Buku Wajib:

Lawton, Denis – Gordon, Peter – Ing, Maggie – Gibby, Bill – Pring, Richard – and Moore, Terry. 1978. Theory and Practice of Curriculum Studies. London, Henley and Boston: Routledge & Kegan Paul.

 

Abdullah, Ghufron – Ngasbun Egar - Soegeng Ysh., A.Y. –. 2019. Manajemen Pengembangan Kurikulum.Yogyakarta: CV MAHAT  Magna Raharja Tama..

 

 

Daftar Buku Bacaan:

Anon. 1953. Webster’s New Internasional Dictionary. Second Edition (unbridged). Springfield, Mass: G.C. Merrian Company.

_______________. Pembelajaran Altof di Sekolah. Paket Pelatihan ALFHE Decentralized Basic Education 2- USAID.

_______________.  2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Semarang: CV Duta Nusindo.

Apple, Michael W. 1979. Ideology and Curriculum. London: Routledge & Kegan Paul.

Arcaro, Jerme S. 2005. Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustak Pelajar.

Bakker, S.J., J.W.M. 1984. Filsafat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarra: YayasanKanisius.

Darmaningtyas. 2005. Pendidikan Rusak-Rusakan. Yoyakarta: PT LkiS Pelangi Aksara.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1983. Program Akta Mengajar V-B Komponen Dasar Kependidikan Buku II: Modul Pengembangan Kurikulum dan Sistem Instruksional. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Dewantara, Ki Hadjar. 1962. Karja 1 (Pendidikan). Yogyakarta: Percetakan Taman Siswa.

Drijarkara S.J., N. 1961. Pendidikan dan Peralihan Sosio-Budaya. Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MLPI) di Bogor tanggal 26 s/d 28 Agustus 1961.

Drost, S.J., J. 2006. Dari KBK (Kurikulum Bertujuan Kompetensi) sampai MBS (Manajemen Berbasis Sekolah): Esai-esai Pendidikan. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

_______________. 1999. Proses Pembelajaran sebagai Proses Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widasarana Indonesia.

Gredler, Margaret E. Bell. 1991. Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: Rajawali Pers.

Hedwig, Rinda. 2007. Sistem Penjaminan Mutu di Perguruan Tinggi: Monitoring & Evaluasi Internal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan bekal pendidik/guru, calon manajer pendidikan/kepala sekolah dengan: (1) Manajemen kurikulum dan pengembangannya, (2) Kurikulum dan landasan pendidikN, (3) Kurikulum filsafat anak dan masyarakat, (4) Kurikulum dan teori belajar, (5) Pengembangan kurikulum, (6) Organisasi kurikulum, (7) Isi dan urutan kurikulum, (8) Kurikulum berbasis kompetensi, (9) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Pengembangan Silabus, (10) Manajemen Kurikulum sekolah dan perguruan tinggi, dan (11) Pengembangan Kurikulum 2013

Learning Outcomes

  1. Sikap
  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 

  1. Penguasaan pengetahuan
  1. menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi dalam perencanaan strategik untuk memecahkan masalah dan isu-isu dalam manajemen pendidikan;
  2. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori organizational strategic readiness dalam mengelola dan melakukan tindakan pembinaan profesional melalui pendekatan multidisiplin;
  3. menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori kebijakan dalam manajemen pendidikan;
  4. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori pembiayaan pendidikan dalam manajemen pendidikan;
  5. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian sumber daya pendidikan dengan menerapkan berbagai alternatif strategi dan pendekatan mutidisiplin;
  6. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori otonomi penyelenggaraan pendidikan; dan
  7. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori akuntabilitas, transparansi, responsibilitas, dan integritas dalam manajemen pendidikan.

 

  1. Keterampilan umum
  1. mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi;
  2. mampu mengembangkan validasi akademik dalam memecahkan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahlian dalam bidang manajemn pendidikan;
  3. mampu mengembangkan gagasan secara bertanggung jawab berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
  4. mampu mengidentifikasi dan mengembangkan bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitian dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin;
  5. mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan manajemen pendidikan berdasarkan kajian, analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
  6. mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
  7. mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
  8. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; dan
  9. mampu mengembangkan jejaring kerja dengan kolega, sejawt, di tingkat lokal, regional, nasional dan internasional.

 

  1. Keterampilan khusus
  1. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan perencanaan strategik, analisis kohort, analisis proyeksi dan analisis kebutuhan untuk semua jenjang pendidikan;
  2. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan konsep kepemimpinan dan perilaku organisasi, membuat struktur organisasi, memformulasi tim, mengelola stres, konflik, memotivasi, membangun komitmen dan etika organisasi, mewujudkan keadilan, mengambil keputusan serta membangun kinerja optimal untuk jenjang pendidikan;
  3. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan analisis kebijakan, telaah kritis, dan mensimulasikan proses kebijakan pendidikan dasar, menengah dan tinggi dengan mempertimbangkan aspek-aspek kebenaran keilmuan, psikologi, teknologi informasi dan komunikasi, serta hasil-hasil penelitian yang relevan;
  4. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan analisis pembiayaan pendidikan;
  5. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan kegiatan kepemimpinan dan supervisi pendidikan secara profesional;
  6. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan konsep otonomi pendidikan;
  7. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan evaluasi peraturan perundang-undangan dan memecahkan masalah dalam manajemen pendidikan;
  8. mampu mempengaruhi, memberikan motivasi, memberdayakan tim, mengkomunikasikan, mengelola konflik dan melakukan negosiasi dengan berbagai pihak (guru, masyarakat, perusahaan, pemerintah daerah dan pemerintah pusat) dalam penyelenggaraan sistem pendidikan yang efektif dan efisiesn; dan
  9. mampu memonitoring dan mengevaluasi penyelenggaraan pendidikan untuk melakukan perbaikan dan pengembangan pendidikan.

References

Daftar Buku Wajib:

Lawton, Denis – Gordon, Peter – Ing, Maggie – Gibby, Bill – Pring, Richard – and Moore, Terry. 1978. Theory and Practice of Curriculum Studies. London, Henley and Boston: Routledge & Kegan Paul.

 

Abdullah, Ghufron – Ngasbun Egar - Soegeng Ysh., A.Y. –. 2019. Manajemen Pengembangan Kurikulum.Yogyakarta: CV MAHAT  Magna Raharja Tama..

 

 

Daftar Buku Bacaan:

Anon. 1953. Webster’s New Internasional Dictionary. Second Edition (unbridged). Springfield, Mass: G.C. Merrian Company.

_______________. Pembelajaran Altof di Sekolah. Paket Pelatihan ALFHE Decentralized Basic Education 2- USAID.

_______________.  2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Semarang: CV Duta Nusindo.

Apple, Michael W. 1979. Ideology and Curriculum. London: Routledge & Kegan Paul.

Arcaro, Jerme S. 2005. Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustak Pelajar.

Bakker, S.J., J.W.M. 1984. Filsafat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarra: YayasanKanisius.

Darmaningtyas. 2005. Pendidikan Rusak-Rusakan. Yoyakarta: PT LkiS Pelangi Aksara.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1983. Program Akta Mengajar V-B Komponen Dasar Kependidikan Buku II: Modul Pengembangan Kurikulum dan Sistem Instruksional. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Dewantara, Ki Hadjar. 1962. Karja 1 (Pendidikan). Yogyakarta: Percetakan Taman Siswa.

Drijarkara S.J., N. 1961. Pendidikan dan Peralihan Sosio-Budaya. Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MLPI) di Bogor tanggal 26 s/d 28 Agustus 1961.

Drost, S.J., J. 2006. Dari KBK (Kurikulum Bertujuan Kompetensi) sampai MBS (Manajemen Berbasis Sekolah): Esai-esai Pendidikan. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

_______________. 1999. Proses Pembelajaran sebagai Proses Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widasarana Indonesia.

Gredler, Margaret E. Bell. 1991. Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: Rajawali Pers.

Hedwig, Rinda. 2007. Sistem Penjaminan Mutu di Perguruan Tinggi: Monitoring & Evaluasi Internal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan bekal pendidik/guru, calon manajer pendidikan/kepala sekolah dengan: (1) Manajemen kurikulum dan pengembangannya, (2) Kurikulum dan landasan pendidikN, (3) Kurikulum filsafat anak dan masyarakat, (4) Kurikulum dan teori belajar, (5) Pengembangan kurikulum, (6) Organisasi kurikulum, (7) Isi dan urutan kurikulum, (8) Kurikulum berbasis kompetensi, (9) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Pengembangan Silabus, (10) Manajemen Kurikulum sekolah dan perguruan tinggi, dan (11) Pengembangan Kurikulum 2013

Learning Outcomes

  1. Sikap
  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 

  1. Penguasaan pengetahuan
  1. menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi dalam perencanaan strategik untuk memecahkan masalah dan isu-isu dalam manajemen pendidikan;
  2. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori organizational strategic readiness dalam mengelola dan melakukan tindakan pembinaan profesional melalui pendekatan multidisiplin;
  3. menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori kebijakan dalam manajemen pendidikan;
  4. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori pembiayaan pendidikan dalam manajemen pendidikan;
  5. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian sumber daya pendidikan dengan menerapkan berbagai alternatif strategi dan pendekatan mutidisiplin;
  6. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori otonomi penyelenggaraan pendidikan; dan
  7. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori akuntabilitas, transparansi, responsibilitas, dan integritas dalam manajemen pendidikan.

 

  1. Keterampilan umum
  1. mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi;
  2. mampu mengembangkan validasi akademik dalam memecahkan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahlian dalam bidang manajemn pendidikan;
  3. mampu mengembangkan gagasan secara bertanggung jawab berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
  4. mampu mengidentifikasi dan mengembangkan bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitian dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin;
  5. mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan manajemen pendidikan berdasarkan kajian, analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
  6. mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
  7. mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
  8. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; dan
  9. mampu mengembangkan jejaring kerja dengan kolega, sejawt, di tingkat lokal, regional, nasional dan internasional.

 

  1. Keterampilan khusus
  1. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan perencanaan strategik, analisis kohort, analisis proyeksi dan analisis kebutuhan untuk semua jenjang pendidikan;
  2. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan konsep kepemimpinan dan perilaku organisasi, membuat struktur organisasi, memformulasi tim, mengelola stres, konflik, memotivasi, membangun komitmen dan etika organisasi, mewujudkan keadilan, mengambil keputusan serta membangun kinerja optimal untuk jenjang pendidikan;
  3. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan analisis kebijakan, telaah kritis, dan mensimulasikan proses kebijakan pendidikan dasar, menengah dan tinggi dengan mempertimbangkan aspek-aspek kebenaran keilmuan, psikologi, teknologi informasi dan komunikasi, serta hasil-hasil penelitian yang relevan;
  4. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan analisis pembiayaan pendidikan;
  5. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan kegiatan kepemimpinan dan supervisi pendidikan secara profesional;
  6. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan konsep otonomi pendidikan;
  7. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan evaluasi peraturan perundang-undangan dan memecahkan masalah dalam manajemen pendidikan;
  8. mampu mempengaruhi, memberikan motivasi, memberdayakan tim, mengkomunikasikan, mengelola konflik dan melakukan negosiasi dengan berbagai pihak (guru, masyarakat, perusahaan, pemerintah daerah dan pemerintah pusat) dalam penyelenggaraan sistem pendidikan yang efektif dan efisiesn; dan
  9. mampu memonitoring dan mengevaluasi penyelenggaraan pendidikan untuk melakukan perbaikan dan pengembangan pendidikan.

References

Daftar Buku Wajib:

Lawton, Denis – Gordon, Peter – Ing, Maggie – Gibby, Bill – Pring, Richard – and Moore, Terry. 1978. Theory and Practice of Curriculum Studies. London, Henley and Boston: Routledge & Kegan Paul.

 

Abdullah, Ghufron – Ngasbun Egar - Soegeng Ysh., A.Y. –. 2019. Manajemen Pengembangan Kurikulum.Yogyakarta: CV MAHAT  Magna Raharja Tama..

 

 

Daftar Buku Bacaan:

Anon. 1953. Webster’s New Internasional Dictionary. Second Edition (unbridged). Springfield, Mass: G.C. Merrian Company.

_______________. Pembelajaran Altof di Sekolah. Paket Pelatihan ALFHE Decentralized Basic Education 2- USAID.

_______________.  2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Semarang: CV Duta Nusindo.

Apple, Michael W. 1979. Ideology and Curriculum. London: Routledge & Kegan Paul.

Arcaro, Jerme S. 2005. Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustak Pelajar.

Bakker, S.J., J.W.M. 1984. Filsafat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarra: YayasanKanisius.

Darmaningtyas. 2005. Pendidikan Rusak-Rusakan. Yoyakarta: PT LkiS Pelangi Aksara.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1983. Program Akta Mengajar V-B Komponen Dasar Kependidikan Buku II: Modul Pengembangan Kurikulum dan Sistem Instruksional. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Dewantara, Ki Hadjar. 1962. Karja 1 (Pendidikan). Yogyakarta: Percetakan Taman Siswa.

Drijarkara S.J., N. 1961. Pendidikan dan Peralihan Sosio-Budaya. Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MLPI) di Bogor tanggal 26 s/d 28 Agustus 1961.

Drost, S.J., J. 2006. Dari KBK (Kurikulum Bertujuan Kompetensi) sampai MBS (Manajemen Berbasis Sekolah): Esai-esai Pendidikan. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

_______________. 1999. Proses Pembelajaran sebagai Proses Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widasarana Indonesia.

Gredler, Margaret E. Bell. 1991. Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: Rajawali Pers.

Hedwig, Rinda. 2007. Sistem Penjaminan Mutu di Perguruan Tinggi: Monitoring & Evaluasi Internal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan bekal pendidik/guru, calon manajer pendidikan/kepala sekolah dengan: (1) Manajemen kurikulum dan pengembangannya, (2) Kurikulum dan landasan pendidikN, (3) Kurikulum filsafat anak dan masyarakat, (4) Kurikulum dan teori belajar, (5) Pengembangan kurikulum, (6) Organisasi kurikulum, (7) Isi dan urutan kurikulum, (8) Kurikulum berbasis kompetensi, (9) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Pengembangan Silabus, (10) Manajemen Kurikulum sekolah dan perguruan tinggi, dan (11) Pengembangan Kurikulum 2013

Learning Outcomes

  1. Sikap
  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 

  1. Penguasaan pengetahuan
  1. menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi dalam perencanaan strategik untuk memecahkan masalah dan isu-isu dalam manajemen pendidikan;
  2. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori organizational strategic readiness dalam mengelola dan melakukan tindakan pembinaan profesional melalui pendekatan multidisiplin;
  3. menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori kebijakan dalam manajemen pendidikan;
  4. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori pembiayaan pendidikan dalam manajemen pendidikan;
  5. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian sumber daya pendidikan dengan menerapkan berbagai alternatif strategi dan pendekatan mutidisiplin;
  6. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori otonomi penyelenggaraan pendidikan; dan
  7. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori akuntabilitas, transparansi, responsibilitas, dan integritas dalam manajemen pendidikan.

 

  1. Keterampilan umum
  1. mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi;
  2. mampu mengembangkan validasi akademik dalam memecahkan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahlian dalam bidang manajemn pendidikan;
  3. mampu mengembangkan gagasan secara bertanggung jawab berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
  4. mampu mengidentifikasi dan mengembangkan bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitian dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin;
  5. mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan manajemen pendidikan berdasarkan kajian, analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
  6. mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
  7. mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
  8. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; dan
  9. mampu mengembangkan jejaring kerja dengan kolega, sejawt, di tingkat lokal, regional, nasional dan internasional.

 

  1. Keterampilan khusus
  1. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan perencanaan strategik, analisis kohort, analisis proyeksi dan analisis kebutuhan untuk semua jenjang pendidikan;
  2. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan konsep kepemimpinan dan perilaku organisasi, membuat struktur organisasi, memformulasi tim, mengelola stres, konflik, memotivasi, membangun komitmen dan etika organisasi, mewujudkan keadilan, mengambil keputusan serta membangun kinerja optimal untuk jenjang pendidikan;
  3. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan analisis kebijakan, telaah kritis, dan mensimulasikan proses kebijakan pendidikan dasar, menengah dan tinggi dengan mempertimbangkan aspek-aspek kebenaran keilmuan, psikologi, teknologi informasi dan komunikasi, serta hasil-hasil penelitian yang relevan;
  4. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan analisis pembiayaan pendidikan;
  5. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan kegiatan kepemimpinan dan supervisi pendidikan secara profesional;
  6. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan konsep otonomi pendidikan;
  7. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan evaluasi peraturan perundang-undangan dan memecahkan masalah dalam manajemen pendidikan;
  8. mampu mempengaruhi, memberikan motivasi, memberdayakan tim, mengkomunikasikan, mengelola konflik dan melakukan negosiasi dengan berbagai pihak (guru, masyarakat, perusahaan, pemerintah daerah dan pemerintah pusat) dalam penyelenggaraan sistem pendidikan yang efektif dan efisiesn; dan
  9. mampu memonitoring dan mengevaluasi penyelenggaraan pendidikan untuk melakukan perbaikan dan pengembangan pendidikan.

References

Daftar Buku Wajib:

Lawton, Denis – Gordon, Peter – Ing, Maggie – Gibby, Bill – Pring, Richard – and Moore, Terry. 1978. Theory and Practice of Curriculum Studies. London, Henley and Boston: Routledge & Kegan Paul.

 

Abdullah, Ghufron – Ngasbun Egar - Soegeng Ysh., A.Y. –. 2019. Manajemen Pengembangan Kurikulum.Yogyakarta: CV MAHAT  Magna Raharja Tama..

 

 

Daftar Buku Bacaan:

Anon. 1953. Webster’s New Internasional Dictionary. Second Edition (unbridged). Springfield, Mass: G.C. Merrian Company.

_______________. Pembelajaran Altof di Sekolah. Paket Pelatihan ALFHE Decentralized Basic Education 2- USAID.

_______________.  2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Semarang: CV Duta Nusindo.

Apple, Michael W. 1979. Ideology and Curriculum. London: Routledge & Kegan Paul.

Arcaro, Jerme S. 2005. Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustak Pelajar.

Bakker, S.J., J.W.M. 1984. Filsafat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarra: YayasanKanisius.

Darmaningtyas. 2005. Pendidikan Rusak-Rusakan. Yoyakarta: PT LkiS Pelangi Aksara.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1983. Program Akta Mengajar V-B Komponen Dasar Kependidikan Buku II: Modul Pengembangan Kurikulum dan Sistem Instruksional. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Dewantara, Ki Hadjar. 1962. Karja 1 (Pendidikan). Yogyakarta: Percetakan Taman Siswa.

Drijarkara S.J., N. 1961. Pendidikan dan Peralihan Sosio-Budaya. Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MLPI) di Bogor tanggal 26 s/d 28 Agustus 1961.

Drost, S.J., J. 2006. Dari KBK (Kurikulum Bertujuan Kompetensi) sampai MBS (Manajemen Berbasis Sekolah): Esai-esai Pendidikan. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

_______________. 1999. Proses Pembelajaran sebagai Proses Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widasarana Indonesia.

Gredler, Margaret E. Bell. 1991. Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: Rajawali Pers.

Hedwig, Rinda. 2007. Sistem Penjaminan Mutu di Perguruan Tinggi: Monitoring & Evaluasi Internal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.


Details ...