Manajemen Pengembangan Kurikulum , Curriculum : 2016


Courser in EnglishCURRICULUM DEVELOPMENT MANAGEMENT
ProgramManajemen Pendidikan
SKS2 SKS
RPS44 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan bekal pendidik/guru, calon manajer pendidikan/kepala sekolah dengan: (1) Manajemen kurikulum dan pengembangannya, (2) Kurikulum dan landasan pendidikN, (3) Kurikulum filsafat anak dan masyarakat, (4) Kurikulum dan teori belajar, (5) Pengembangan kurikulum, (6) Organisasi kurikulum, (7) Isi dan urutan kurikulum, (8) Kurikulum berbasis kompetensi, (9) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Pengembangan Silabus, (10) Manajemen Kurikulum sekolah dan perguruan tinggi, dan (11) Pengembangan Kurikulum 2013

Learning Outcomes

  1. Sikap
  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 

  1. Penguasaan pengetahuan
  1. menguasai dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi dalam perencanaan strategik untuk memecahkan masalah dan isu-isu dalam manajemen pendidikan;
  2. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori organizational strategic readiness dalam mengelola dan melakukan tindakan pembinaan profesional melalui pendekatan multidisiplin;
  3. menguasai dan mengembangkan berbagai konsep dan teori kebijakan dalam manajemen pendidikan;
  4. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori pembiayaan pendidikan dalam manajemen pendidikan;
  5. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian sumber daya pendidikan dengan menerapkan berbagai alternatif strategi dan pendekatan mutidisiplin;
  6. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori otonomi penyelenggaraan pendidikan; dan
  7. menguasai dan mengembangkan konsep dan teori akuntabilitas, transparansi, responsibilitas, dan integritas dalam manajemen pendidikan.

 

  1. Keterampilan umum
  1. mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi;
  2. mampu mengembangkan validasi akademik dalam memecahkan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahlian dalam bidang manajemn pendidikan;
  3. mampu mengembangkan gagasan secara bertanggung jawab berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
  4. mampu mengidentifikasi dan mengembangkan bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitian dalam bidang manajemen pendidikan melalui pendekatan inter dan multi disiplin;
  5. mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan manajemen pendidikan berdasarkan kajian, analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
  6. mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
  7. mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
  8. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; dan
  9. mampu mengembangkan jejaring kerja dengan kolega, sejawt, di tingkat lokal, regional, nasional dan internasional.

 

  1. Keterampilan khusus
  1. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan perencanaan strategik, analisis kohort, analisis proyeksi dan analisis kebutuhan untuk semua jenjang pendidikan;
  2. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan konsep kepemimpinan dan perilaku organisasi, membuat struktur organisasi, memformulasi tim, mengelola stres, konflik, memotivasi, membangun komitmen dan etika organisasi, mewujudkan keadilan, mengambil keputusan serta membangun kinerja optimal untuk jenjang pendidikan;
  3. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan analisis kebijakan, telaah kritis, dan mensimulasikan proses kebijakan pendidikan dasar, menengah dan tinggi dengan mempertimbangkan aspek-aspek kebenaran keilmuan, psikologi, teknologi informasi dan komunikasi, serta hasil-hasil penelitian yang relevan;
  4. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan analisis pembiayaan pendidikan;
  5. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan kegiatan kepemimpinan dan supervisi pendidikan secara profesional;
  6. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan konsep otonomi pendidikan;
  7. mampu menganalisis, mengembangkan dan menerapkan evaluasi peraturan perundang-undangan dan memecahkan masalah dalam manajemen pendidikan;
  8. mampu mempengaruhi, memberikan motivasi, memberdayakan tim, mengkomunikasikan, mengelola konflik dan melakukan negosiasi dengan berbagai pihak (guru, masyarakat, perusahaan, pemerintah daerah dan pemerintah pusat) dalam penyelenggaraan sistem pendidikan yang efektif dan efisiesn; dan
  9. mampu memonitoring dan mengevaluasi penyelenggaraan pendidikan untuk melakukan perbaikan dan pengembangan pendidikan.

References

Daftar Buku Wajib:

Lawton, Denis – Gordon, Peter – Ing, Maggie – Gibby, Bill – Pring, Richard – and Moore, Terry. 1978. Theory and Practice of Curriculum Studies. London, Henley and Boston: Routledge & Kegan Paul.

 

Abdullah, Ghufron – Ngasbun Egar - Soegeng Ysh., A.Y. –. 2019. Manajemen Pengembangan Kurikulum.Yogyakarta: CV MAHAT  Magna Raharja Tama..

 

 

Daftar Buku Bacaan:

Anon. 1953. Webster’s New Internasional Dictionary. Second Edition (unbridged). Springfield, Mass: G.C. Merrian Company.

_______________. Pembelajaran Altof di Sekolah. Paket Pelatihan ALFHE Decentralized Basic Education 2- USAID.

_______________.  2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Semarang: CV Duta Nusindo.

Apple, Michael W. 1979. Ideology and Curriculum. London: Routledge & Kegan Paul.

Arcaro, Jerme S. 2005. Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustak Pelajar.

Bakker, S.J., J.W.M. 1984. Filsafat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarra: YayasanKanisius.

Darmaningtyas. 2005. Pendidikan Rusak-Rusakan. Yoyakarta: PT LkiS Pelangi Aksara.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1983. Program Akta Mengajar V-B Komponen Dasar Kependidikan Buku II: Modul Pengembangan Kurikulum dan Sistem Instruksional. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Dewantara, Ki Hadjar. 1962. Karja 1 (Pendidikan). Yogyakarta: Percetakan Taman Siswa.

Drijarkara S.J., N. 1961. Pendidikan dan Peralihan Sosio-Budaya. Prasaran pada Seminar Majelis Luhur Ilmu Pengetahuan Indonesia (MLPI) di Bogor tanggal 26 s/d 28 Agustus 1961.

Drost, S.J., J. 2006. Dari KBK (Kurikulum Bertujuan Kompetensi) sampai MBS (Manajemen Berbasis Sekolah): Esai-esai Pendidikan. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

_______________. 1999. Proses Pembelajaran sebagai Proses Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widasarana Indonesia.

Gredler, Margaret E. Bell. 1991. Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: Rajawali Pers.

Hedwig, Rinda. 2007. Sistem Penjaminan Mutu di Perguruan Tinggi: Monitoring & Evaluasi Internal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.


Details ...
Course Descriptions

Mg

Ke

Kemampuan Akhir yang Diharapkan

Bahan Kajian

(Materi Ajar)

Bentuk Pembelajaran

Indikator Penilaian

Waktu

(menit)

Bobot Nilai

1

 

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep pengembangan kurikulum

  • Pengertian, dimensi, fungsi, peranan kurikulum, dan fungsi serta peranan pengembangan kurikulum

Ceramah dan Tanya Jawab

Perhatian, minat, dan pemahaman

100

10 %

2

 

Mahasiswa mampu menganalisis sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia

  • Sejarah Perkembangan Kurikulum di Indonesia

Ceramah dan Tanya Jawab

Perhatian, minat, dan pemahaman

100

10 %

3

 

Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat, isi, dan pengembangan kurikulum

  • Hakikat, isi, dan pendekatan pengembangan kurikulum.

Ceramah dan Tanya Jawab

Perhatian, minat, dan pemahaman

100

10 %

4

 

Mahasiswa mampu menganalisis landasan dan prinsip pengembangan kurikulum

  • Landasan dan Prinsip pengembangan kurikulum.

Diskusi dan Tanya Jawab

Ketepatan strategi

100

10 %

5

 

Mahasiwa mampu menganalisis komponen pengembangan kurikulum

  • Komponen pengembangan kurikulum.

Diskusi dan Tanya Jawab

Perhatian, minat, dan pemahaman

100

10 %

6

 

Mahasiswa mampu menganalisis jenis, model, dan tipologi pengembangan kurikulum

  • Jenis, model, tipologi pengembangan kurikulum.

Diskusi dan Tanya Jawab

Ketepatan bentuk

100

10 %

7

 

Mahasiwa mampu menjawab soal UTS dengan benar

  • UTS

Ter Tertulis

Keteparan Jawaban

100

10 %

8

 

Mahasiswa mampu menganalisi desain, rekayasa, dan evaluasi kurikulum

  • Desain, rekayasa, dan rvaluasi kurikulum.

Diskusi dan Tanya Jawab

Tetepatan analisis

100

10 %

9

 

Mahasiswa mampu mendesan dan mengevaluasi kurikulum

  • Desain dan evaluasi kurikulum.

Diskusi dan Tanya Jawab

Ketepatan evaluasi

100

10 %

10

 

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dan komponen pembelajaran

  • Konsep dan komponen pembelajaran.

Diskusi dan Tanya Jawab

Ketepatan strategi

100

10 %

11

 

Mahasiswa mampu menganalisis prinsip, pendekatan, strategi, dan model pembelajaran

  • Prinsip, pendekatan, strategi, dan model pembelajaran.

Diskusi dan Tanya Jawab

Perhatian, minat, dan pemahaman

100

10 %

12

 

Mahasiswa mampu mengembangkan sistem pembelajaran

  • Praktik pengembangan sistem pembelajaran

Presentasi

Ketepatan analisis

100

10 %

13

 

Mahasiswa mampu mengkaji kurikulum 2013 dan Kurikulum PT

  • Kajian Kurikulum 2013 dan KKNI-SNPT

Presentasi

Ketepatan kajian

100

10 %

16

 

Mahasiswa mampu menjawab soal UAS dengan benar

  • Ujian Akhir Semester

Ter Tertulis

Keteparan Jawaban

100

10 %

 

 

  • Jumlah

 

 

1.400

100%

Learning Outcomes

-

References

Daftar Pustaka:

Hamid, Abdullah. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Hernawan, A.H. 2006. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Idi, Abdullah. 2013. Pengembangan Kurikulum: Teori & Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Soegeng Ysh., A.Y. 2012. Pengembangan Kurikulum. Semarang: Program Pascasarjana IKIP PGRI Semarang - IKIP PGRI Press.

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran Jurusan KTP FIP UPI. 2012. Kurikulum & Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.

 

 


Details ...
Course Descriptions

Mg

Ke

Kemampuan Akhir yang Diharapkan

Bahan Kajian

(Materi Ajar)

Bentuk Pembelajaran

Indikator Penilaian

Waktu

(menit)

Bobot Nilai

1

 

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep pengembangan kurikulum

  • Pengertian, dimensi, fungsi, peranan kurikulum, dan fungsi serta peranan pengembangan kurikulum

Ceramah dan Tanya Jawab

Perhatian, minat, dan pemahaman

100

10 %

2

 

Mahasiswa mampu menganalisis sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia

  • Sejarah Perkembangan Kurikulum di Indonesia

Ceramah dan Tanya Jawab

Perhatian, minat, dan pemahaman

100

10 %

3

 

Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat, isi, dan pengembangan kurikulum

  • Hakikat, isi, dan pendekatan pengembangan kurikulum.

Ceramah dan Tanya Jawab

Perhatian, minat, dan pemahaman

100

10 %

4

 

Mahasiswa mampu menganalisis landasan dan prinsip pengembangan kurikulum

  • Landasan dan Prinsip pengembangan kurikulum.

Diskusi dan Tanya Jawab

Ketepatan strategi

100

10 %

5

 

Mahasiwa mampu menganalisis komponen pengembangan kurikulum

  • Komponen pengembangan kurikulum.

Diskusi dan Tanya Jawab

Perhatian, minat, dan pemahaman

100

10 %

6

 

Mahasiswa mampu menganalisis jenis, model, dan tipologi pengembangan kurikulum

  • Jenis, model, tipologi pengembangan kurikulum.

Diskusi dan Tanya Jawab

Ketepatan bentuk

100

10 %

7

 

Mahasiwa mampu menjawab soal UTS dengan benar

  • UTS

Ter Tertulis

Keteparan Jawaban

100

10 %

8

 

Mahasiswa mampu menganalisi desain, rekayasa, dan evaluasi kurikulum

  • Desain, rekayasa, dan rvaluasi kurikulum.

Diskusi dan Tanya Jawab

Tetepatan analisis

100

10 %

9

 

Mahasiswa mampu mendesan dan mengevaluasi kurikulum

  • Desain dan evaluasi kurikulum.

Diskusi dan Tanya Jawab

Ketepatan evaluasi

100

10 %

10

 

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dan komponen pembelajaran

  • Konsep dan komponen pembelajaran.

Diskusi dan Tanya Jawab

Ketepatan strategi

100

10 %

11

 

Mahasiswa mampu menganalisis prinsip, pendekatan, strategi, dan model pembelajaran

  • Prinsip, pendekatan, strategi, dan model pembelajaran.

Diskusi dan Tanya Jawab

Perhatian, minat, dan pemahaman

100

10 %

12

 

Mahasiswa mampu mengembangkan sistem pembelajaran

  • Praktik pengembangan sistem pembelajaran

Presentasi

Ketepatan analisis

100

10 %

13

 

Mahasiswa mampu mengkaji kurikulum 2013 dan Kurikulum PT

  • Kajian Kurikulum 2013 dan KKNI-SNPT

Presentasi

Ketepatan kajian

100

10 %

16

 

Mahasiswa mampu menjawab soal UAS dengan benar

  • Ujian Akhir Semester

Ter Tertulis

Keteparan Jawaban

100

10 %

 

 

  • Jumlah

 

 

1.400

100%

Learning Outcomes

-

References

Daftar Pustaka:

Hamid, Abdullah. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Hernawan, A.H. 2006. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Idi, Abdullah. 2013. Pengembangan Kurikulum: Teori & Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Soegeng Ysh., A.Y. 2012. Pengembangan Kurikulum. Semarang: Program Pascasarjana IKIP PGRI Semarang - IKIP PGRI Press.

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran Jurusan KTP FIP UPI. 2012. Kurikulum & Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.

 

 


Details ...
Course Descriptions

Mg

Ke

Kemampuan Akhir yang Diharapkan

Bahan Kajian

(Materi Ajar)

Bentuk Pembelajaran

Indikator Penilaian

Waktu

(menit)

Bobot Nilai

1

 

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep pengembangan kurikulum

  • Pengertian, dimensi, fungsi, peranan kurikulum, dan fungsi serta peranan pengembangan kurikulum

Ceramah dan Tanya Jawab

Perhatian, minat, dan pemahaman

100

10 %

2

 

Mahasiswa mampu menganalisis sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia

  • Sejarah Perkembangan Kurikulum di Indonesia

Ceramah dan Tanya Jawab

Perhatian, minat, dan pemahaman

100

10 %

3

 

Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat, isi, dan pengembangan kurikulum

  • Hakikat, isi, dan pendekatan pengembangan kurikulum.

Ceramah dan Tanya Jawab

Perhatian, minat, dan pemahaman

100

10 %

4

 

Mahasiswa mampu menganalisis landasan dan prinsip pengembangan kurikulum

  • Landasan dan Prinsip pengembangan kurikulum.

Diskusi dan Tanya Jawab

Ketepatan strategi

100

10 %

5

 

Mahasiwa mampu menganalisis komponen pengembangan kurikulum

  • Komponen pengembangan kurikulum.

Diskusi dan Tanya Jawab

Perhatian, minat, dan pemahaman

100

10 %

6

 

Mahasiswa mampu menganalisis jenis, model, dan tipologi pengembangan kurikulum

  • Jenis, model, tipologi pengembangan kurikulum.

Diskusi dan Tanya Jawab

Ketepatan bentuk

100

10 %

7

 

Mahasiwa mampu menjawab soal UTS dengan benar

  • UTS

Ter Tertulis

Keteparan Jawaban

100

10 %

8

 

Mahasiswa mampu menganalisi desain, rekayasa, dan evaluasi kurikulum

  • Desain, rekayasa, dan rvaluasi kurikulum.

Diskusi dan Tanya Jawab

Tetepatan analisis

100

10 %

9

 

Mahasiswa mampu mendesan dan mengevaluasi kurikulum

  • Desain dan evaluasi kurikulum.

Diskusi dan Tanya Jawab

Ketepatan evaluasi

100

10 %

10

 

Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dan komponen pembelajaran

  • Konsep dan komponen pembelajaran.

Diskusi dan Tanya Jawab

Ketepatan strategi

100

10 %

11

 

Mahasiswa mampu menganalisis prinsip, pendekatan, strategi, dan model pembelajaran

  • Prinsip, pendekatan, strategi, dan model pembelajaran.

Diskusi dan Tanya Jawab

Perhatian, minat, dan pemahaman

100

10 %

12

 

Mahasiswa mampu mengembangkan sistem pembelajaran

  • Praktik pengembangan sistem pembelajaran

Presentasi

Ketepatan analisis

100

10 %

13

 

Mahasiswa mampu mengkaji kurikulum 2013 dan Kurikulum PT

  • Kajian Kurikulum 2013 dan KKNI-SNPT

Presentasi

Ketepatan kajian

100

10 %

16

 

Mahasiswa mampu menjawab soal UAS dengan benar

  • Ujian Akhir Semester

Ter Tertulis

Keteparan Jawaban

100

10 %

 

 

  • Jumlah

 

 

1.400

100%

Learning Outcomes

-

References

Daftar Pustaka:

Hamid, Abdullah. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Hernawan, A.H. 2006. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Idi, Abdullah. 2013. Pengembangan Kurikulum: Teori & Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Soegeng Ysh., A.Y. 2012. Pengembangan Kurikulum. Semarang: Program Pascasarjana IKIP PGRI Semarang - IKIP PGRI Press.

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran Jurusan KTP FIP UPI. 2012. Kurikulum & Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.

 

 


Details ...
Course Descriptions

Kajian mata kuliah ini  meliputi Pengertian, dimensi, fungsi, peranan kurikulum, dan fungsi serta peranan pengembangan kurikulum; Sejarah Perkembangan Kurikulum di Indonesia; Hakikat, isi, dan pendekatan pengembangan kurikulum; Landasan dan Prinsip pengembangan kurikulum; Komponen pengembangan kurikulum; Jenis, model, tipologi pengembangan kurikulum; Desain, rekayasa, dan rvaluasi kurikulum; Konsep dan komponen pembelajaran; Prinsip, pendekatan, strategi, dan model pembelajaran; Praktik pengembangan sistem pembelajaran; Kajian Kurikulum 2013 dan yang disempurnakan.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
  • Percaya akan keagungan Tuhan atas alam dan seisinya.
  • Berkarya dengan menjunjung tinggi norma dan etika.
  • Bekerja dengan teliti, sungguh-sungguh, dan dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban bangsa.
  • Menghargai keberagaman pandangan/pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  1. Keterampilan Umum
  • Mampu  merancang/ mendesain kurikulum.
  • Mampu merekonstruksi kurikulum.
  • Mampu mengembangkan kurikulum.
  • Mampu mendisain sistem pembelajaran berbasis IT.
  1. Penguasaan Pengetahuan
  • Menguasai teori, konsep, prinsip, dan model, serta disain kurikulum pendidikan dasar, dan menengah.
  • Mengembangkan kurikulum pendidikan dasar dan menengah.
  • Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pengembangan kurikulum pendidikan.
  1. Keterampilan Khusus
  • Mampu  merancang/ mendesain kurikulum tingkat satuan pendidikan.
  • Mampu merekonstruksi kurikulum tingkat satuan pendidikan.
  • Mampu mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan.
  • Mampu mendisain system pembelajaran berbasis IT pada satuan pendidikan.

References

Hamid, Abdullah. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Hernawan, A.H. 2006. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Idi, Abdullah. 2013. Pengembangan Kurikulum: Teori & Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Soegeng Ysh., A.Y. 2012. Pengembangan Kurikulum. Semarang: Program Pascasarjana IKIP PGRI Semarang - IKIP PGRI Press.

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran Jurusan KTP FIP UPI. 2012. Kurikulum & Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.


Details ...
Course Descriptions

Kajian mata kuliah ini  meliputi Pengertian, dimensi, fungsi, peranan kurikulum, dan fungsi serta peranan pengembangan kurikulum; Sejarah Perkembangan Kurikulum di Indonesia; Hakikat, isi, dan pendekatan pengembangan kurikulum; Landasan dan Prinsip pengembangan kurikulum; Komponen pengembangan kurikulum; Jenis, model, tipologi pengembangan kurikulum; Desain, rekayasa, dan rvaluasi kurikulum; Konsep dan komponen pembelajaran; Prinsip, pendekatan, strategi, dan model pembelajaran; Praktik pengembangan sistem pembelajaran; Kajian Kurikulum 2013 dan yang disempurnakan.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
  • Percaya akan keagungan Tuhan atas alam dan seisinya.
  • Berkarya dengan menjunjung tinggi norma dan etika.
  • Bekerja dengan teliti, sungguh-sungguh, dan dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban bangsa.
  • Menghargai keberagaman pandangan/pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  1. Keterampilan Umum
  • Mampu  merancang/ mendesain kurikulum.
  • Mampu merekonstruksi kurikulum.
  • Mampu mengembangkan kurikulum.
  • Mampu mendisain sistem pembelajaran berbasis IT.
  1. Penguasaan Pengetahuan
  • Menguasai teori, konsep, prinsip, dan model, serta disain kurikulum pendidikan dasar, dan menengah.
  • Mengembangkan kurikulum pendidikan dasar dan menengah.
  • Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pengembangan kurikulum pendidikan.
  1. Keterampilan Khusus
  • Mampu  merancang/ mendesain kurikulum tingkat satuan pendidikan.
  • Mampu merekonstruksi kurikulum tingkat satuan pendidikan.
  • Mampu mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan.
  • Mampu mendisain system pembelajaran berbasis IT pada satuan pendidikan.

References

Hamid, Abdullah. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Hernawan, A.H. 2006. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Idi, Abdullah. 2013. Pengembangan Kurikulum: Teori & Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Soegeng Ysh., A.Y. 2012. Pengembangan Kurikulum. Semarang: Program Pascasarjana IKIP PGRI Semarang - IKIP PGRI Press.

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran Jurusan KTP FIP UPI. 2012. Kurikulum & Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.


Details ...
Course Descriptions

Kajian mata kuliah ini  meliputi Pengertian, dimensi, fungsi, peranan kurikulum, dan fungsi serta peranan pengembangan kurikulum; Sejarah Perkembangan Kurikulum di Indonesia; Hakikat, isi, dan pendekatan pengembangan kurikulum; Landasan dan Prinsip pengembangan kurikulum; Komponen pengembangan kurikulum; Jenis, model, tipologi pengembangan kurikulum; Desain, rekayasa, dan rvaluasi kurikulum; Konsep dan komponen pembelajaran; Prinsip, pendekatan, strategi, dan model pembelajaran; Praktik pengembangan sistem pembelajaran; Kajian Kurikulum 2013 dan yang disempurnakan.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
  • Percaya akan keagungan Tuhan atas alam dan seisinya.
  • Berkarya dengan menjunjung tinggi norma dan etika.
  • Bekerja dengan teliti, sungguh-sungguh, dan dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban bangsa.
  • Menghargai keberagaman pandangan/pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  1. Keterampilan Umum
  • Mampu  merancang/ mendesain kurikulum.
  • Mampu merekonstruksi kurikulum.
  • Mampu mengembangkan kurikulum.
  • Mampu mendisain sistem pembelajaran berbasis IT.
  1. Penguasaan Pengetahuan
  • Menguasai teori, konsep, prinsip, dan model, serta disain kurikulum pendidikan dasar, dan menengah.
  • Mengembangkan kurikulum pendidikan dasar dan menengah.
  • Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pengembangan kurikulum pendidikan.
  1. Keterampilan Khusus
  • Mampu  merancang/ mendesain kurikulum tingkat satuan pendidikan.
  • Mampu merekonstruksi kurikulum tingkat satuan pendidikan.
  • Mampu mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan.
  • Mampu mendisain system pembelajaran berbasis IT pada satuan pendidikan.

References

Hamid, Abdullah. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Hernawan, A.H. 2006. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Idi, Abdullah. 2013. Pengembangan Kurikulum: Teori & Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Soegeng Ysh., A.Y. 2012. Pengembangan Kurikulum. Semarang: Program Pascasarjana IKIP PGRI Semarang - IKIP PGRI Press.

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran Jurusan KTP FIP UPI. 2012. Kurikulum & Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang cara pengembangan kurikulum dan sistem pembelajaran yang berlaku di lembaga pendidikan menurut jenis dan jenjangnya. Topik yang dibahas meliputi hakikat pengembangan kurikulum, faktor-faktor yang menentukan rencana pengembangan kurikulum, model-model pengembangan kurikulum, model-model evaluasi kurikulum, dan desain kirikulum untuk masa yang akan datang. Topik yang dibahas dalam pengembangan pembelajaran adalah: hakikat pengembangan sistem pembelajaran, berbagai model pengembangan pembelajaran, langkah-langkah analisis pembelajaran, mengambangkan strategi pembelajaran, mengembangkan bahan pembelajaran, dan mendesain serta melaksanakan evaluasi formatif.

Learning Outcomes

Sikap dan Tata Nilai

  • Mempunyai kepekaan terhadap perubahan zaman sehingga membutuhan perubahan kurikulum dan system pembelajaran
  • Bersikap positif terhadap perubahan dan perkembangan kebutuhan pendidikan.
  • Disiplin dalam melaksanakan tugas
  • Bertanggung jawab terhadap berbagai permasalahan dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran

Keterampilan Umum

  • Dapat merencanakan perubahan/ pengembangan kurikulum dan system pembelajaran
  • Dapat melaksanakan perubahan/ pengembangan kurikulum dan system pembelajaran
  • Dapat mengendalikan perubahan/ pengembangan kurikulum dan system pembelajaran

Penguasaan Pengetahuan

  • Dapat menjelaskan konsep pengembangan kurikulum dan system pembelajaran
  • Dapat merumuskan model pengembangan kurikulum dan system pembelajaran.
  • Dapat mengimplementasikan hasil pengembangan kurikulum dan system pembelajaran.
  • Dapat menganalisis berbagai factor penentu perubahan kurikulum dan system pembelajaran.

Keterampilan Khusus

  • Dapat mendisain model pengembangan kurikulum yang sesuai dengan tuntutan zaman.
  • Dapat mendisain model pengembangan pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

References

Hamid, Abdullah. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Hernawan, A.H. 2006. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Idi, Abdullah. 2013. Pengembangan Kurikulum: Teori & Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Soegeng Ysh., A.Y. 2012. Pengembangan Kurikulum. Semarang: Program Pascasarjana IKIP PGRI Semarang - IKIP PGRI Press.

Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran Jurusan KTP FIP UPI. 2012. Kurikulum & Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.


Details ...