Courser in English | LESSON PLANNING |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 29 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Pengkajian tentang SKL, KI, KD, Indikator pembelajaran, penentuan bahan pembelajaran, media pembelajaran, penilaian pembelajaran dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran bahasa Indonesia untuk sekolah menengah, serta dapat mempraktikkan dan mengelola kelas.
Learning Outcomes- Mahasiswa memperoleh pengetahuan tentang komponen-komponen pembelajaran (SKL, KI, KD, Indikator pembelajaran, penentuan bahan pembelajaran, media pembelajaran, penilaian pembelajaran)
- Mahasiswa mampu menyusun satuan pelajaran (RPP)
- Mahasiswa mampu menerapkan perencanaan pembelajaran secara praktis
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mengklasifikasi, masalah siswa serta dapat memberi alternatif pemecahan masalah
- Mahaiswa mampu menentukan jenis masalah individu dan kelompok serta dapat memberi solusi.
- Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
- Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.
- Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
- ________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.
- ________. 2014. Kurikulum 2013. BSNP, Jakarta.
- Gafur, Abdul.1982.Desain Instruksional.Solo : Tiga Serangkai.
- Isjoni, et al. 2008. ICT Untuk Sekolah Unggul: Pengintegrasian Teknologi Informasi dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.
- Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
- Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2004 (Panduan Belajar KBK). Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Muslich, Masnur. 2009. KTSP: Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
- Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
- Undang-Undang No. 23 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
- Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
- Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta.
- Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
- Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai.1991.Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.
- Tim Penyusun. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia : Balai Pustaka, Jakarta.
- Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.
- Hamalik. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara
Details ...
Pengkajian tentang SKL, KI, KD, Indikator pembelajaran, penentuan bahan pembelajaran, media pembelajaran, penilaian pembelajaran dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran bahasa Indonesia untuk sekolah menengah, serta dapat mempraktikkan dan mengelola kelas.
Learning Outcomes- Mahasiswa memperoleh pengetahuan tentang komponen-komponen pembelajaran (SKL, KI, KD, Indikator pembelajaran, penentuan bahan pembelajaran, media pembelajaran, penilaian pembelajaran)
- Mahasiswa mampu menyusun satuan pelajaran (RPP)
- Mahasiswa mampu menerapkan perencanaan pembelajaran secara praktis
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mengklasifikasi, masalah siswa serta dapat memberi alternatif pemecahan masalah
- Mahaiswa mampu menentukan jenis masalah individu dan kelompok serta dapat memberi solusi.
- Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
- Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.
- Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
- ________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.
- ________. 2014. Kurikulum 2013. BSNP, Jakarta.
- Gafur, Abdul.1982.Desain Instruksional.Solo : Tiga Serangkai.
- Isjoni, et al. 2008. ICT Untuk Sekolah Unggul: Pengintegrasian Teknologi Informasi dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.
- Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
- Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2004 (Panduan Belajar KBK). Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Muslich, Masnur. 2009. KTSP: Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
- Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
- Undang-Undang No. 23 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
- Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
- Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta.
- Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
- Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai.1991.Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.
- Tim Penyusun. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia : Balai Pustaka, Jakarta.
- Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.
- Hamalik. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara
Details ...
Pengkajian tentang SKL, KI, KD, Indikator pembelajaran, penentuan bahan pembelajaran, media pembelajaran, penilaian pembelajaran dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran bahasa Indonesia untuk sekolah menengah, serta dapat mempraktikkan dan mengelola kelas.
Learning Outcomes- Mahasiswa memperoleh pengetahuan tentang komponen-komponen pembelajaran (SKL, KI, KD, Indikator pembelajaran, penentuan bahan pembelajaran, media pembelajaran, penilaian pembelajaran)
- Mahasiswa mampu menyusun satuan pelajaran (RPP)
- Mahasiswa mampu menerapkan perencanaan pembelajaran secara praktis
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mengklasifikasi, masalah siswa serta dapat memberi alternatif pemecahan masalah
- Mahaiswa mampu menentukan jenis masalah individu dan kelompok serta dapat memberi solusi.
- Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
- Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.
- Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
- ________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.
- ________. 2014. Kurikulum 2013. BSNP, Jakarta.
- Gafur, Abdul.1982.Desain Instruksional.Solo : Tiga Serangkai.
- Isjoni, et al. 2008. ICT Untuk Sekolah Unggul: Pengintegrasian Teknologi Informasi dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.
- Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
- Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2004 (Panduan Belajar KBK). Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Muslich, Masnur. 2009. KTSP: Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
- Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
- Undang-Undang No. 23 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
- Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
- Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta.
- Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
- Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai.1991.Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.
- Tim Penyusun. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia : Balai Pustaka, Jakarta.
- Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.
- Hamalik. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara
Details ...
Pengkajian tentang SKL, KI, KD, Indikator pembelajaran, penentuan bahan pembelajaran, media pembelajaran, penilaian pembelajaran dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran bahasa Indonesia untuk sekolah menengah, serta dapat mempraktikkan dan mengelola kelas.
Learning Outcomes1. Mahasiswa memperoleh pengetahuan tentang komponen-komponen pembelajaran (SKL, KI, KD, Indikator pembelajaran, penentuan bahan pembelajaran, media pembelajaran, penilaian pembelajaran)
2. Mahasiswa mampu menyusun satuan pelajaran (RPP)
3. Mahasiswa mampu menerapkan perencanaan pembelajaran secara praktis
4. Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mengklasifikasi, masalah siswa serta dapat memberi alternatif pemecahan masalah
5. Mahaiswa mampu menentukan jenis masalah individu dan kelompok serta dapat memberi solusi.
Referencesa. Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
b. Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.
c. Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
d. Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.
e. ________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.
f. (http://www.docstoc.com/docs/1991556/4PANDUAN-PENGEMBANGAN-MATERI-PEMBELAJARAN_270208).
g. Gafur, Abdul.1982.Desain Instruksional.Solo : Tiga Serangkai.
h. Isjoni, et al. 2008. ICT Untuk Sekolah Unggul: Pengintegrasian Teknologi Informasi dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
i. Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.
j. Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
k. Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2004 (Panduan Belajar KBK). Bandung: Remaja Rosdakarya.
l. Muslich, Masnur. 2009. KTSP: Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
m. Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
n. Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
o. Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
p. Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta.
q. Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
r. Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai.1991.Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.
s. Tim Penyusun. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia : Balai Pustaka, Jakarta.
t. Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.
u. Hamalik. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara
Details ...
Pengkajian tentang SKL, KI, KD, Indikator pembelajaran, penentuan bahan pembelajaran, media pembelajaran, penilaian pembelajaran dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran bahasa Indonesia untuk sekolah menengah, serta dapat mempraktikkan dan mengelola kelas.
Learning Outcomes1. Mahasiswa memperoleh pengetahuan tentang komponen-komponen pembelajaran (SKL, KI, KD, Indikator pembelajaran, penentuan bahan pembelajaran, media pembelajaran, penilaian pembelajaran)
2. Mahasiswa mampu menyusun satuan pelajaran (RPP)
3. Mahasiswa mampu menerapkan perencanaan pembelajaran secara praktis
4. Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mengklasifikasi, masalah siswa serta dapat memberi alternatif pemecahan masalah
5. Mahaiswa mampu menentukan jenis masalah individu dan kelompok serta dapat memberi solusi.
Referencesa. Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
b. Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.
c. Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
d. Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.
e. ________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.
f. (http://www.docstoc.com/docs/1991556/4PANDUAN-PENGEMBANGAN-MATERI-PEMBELAJARAN_270208).
g. Gafur, Abdul.1982.Desain Instruksional.Solo : Tiga Serangkai.
h. Isjoni, et al. 2008. ICT Untuk Sekolah Unggul: Pengintegrasian Teknologi Informasi dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
i. Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.
j. Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
k. Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2004 (Panduan Belajar KBK). Bandung: Remaja Rosdakarya.
l. Muslich, Masnur. 2009. KTSP: Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
m. Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
n. Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
o. Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
p. Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta.
q. Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
r. Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai.1991.Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.
s. Tim Penyusun. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia : Balai Pustaka, Jakarta.
t. Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.
u. Hamalik. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara
Details ...