Courser in English | LESSON PLANNING |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 29 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Perencanaan Pembelajaran merupakan mata kuliah prodier bagi mahasiswa semester IV Prodi PBSI dengan bobot 2 sks. Topik bahasan dalam mata kuliah ini diawali dengan Pengkajian komponen pembelajaran : tujuan, bahan, metode, media, evaluasi, dan mampu menentukan isi komponen pembelajaran pada suatu KI dan KD dalam menyusun rencana pembelajaran berbasis HOTS dan TPACK, serta mampu menerapkan dan mengelola kelas serta mampu mengatasi masalah pembelajaran. Memahami komponen pembelajaran, mampu mengelola komponen pembelajaran menjadi RPP, mampu mengelola kelas dan mampu mengatasi masalah pembelajaran.
Learning Outcomes1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8) 2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9). 3. Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif (S11). 4. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1). 5. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2). 6. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU3). 7. Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia (P1). 8. Terampil berbahasa dan bersastra Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis (KK1).
ReferencesArends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar,Yogyakarta. Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali. Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta. . 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta. . 2013. Kurikulum 2013. BSNP, Jakarta. (http://www.docstoc.com/docs/1991556/4PANDUAN-PENGEMBANGANMATERI-PEMBELAJARAN_270208). Gafur, Abdul.1982.Desain Instruksional.Solo : Tiga Serangkai. Isjoni, et al. 2008. ICT Untuk Sekolah Unggul: Pengintegrasian Teknologi Informasi dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung. Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya. Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2004 (Panduan Belajar KBK). Bandung: Remaja Rosdakarya. Muslich, Masnur. 2009. KTSP: Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara. Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara. Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers. Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru. Algensindo.
Details ...
Mata kuliah Perencanaan Pembelajaran merupakan mata kuliah prodier bagi mahasiswa semester IV Prodi PBSI dengan bobot 2 sks. Topik bahasan dalam mata kuliah ini diawali dengan Pengkajian komponen pembelajaran : tujuan, bahan, metode, media, evaluasi, dan mampu menentukan isi komponen pembelajaran pada suatu KI dan KD dalam menyusun rencana pembelajaran berbasis HOTS dan TPACK, serta mampu menerapkan dan mengelola kelas serta mampu mengatasi masalah pembelajaran. Memahami komponen pembelajaran, mampu mengelola komponen pembelajaran menjadi RPP, mampu mengelola kelas dan mampu mengatasi masalah pembelajaran.
Learning Outcomes1. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8) 2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9). 3. Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif (S11). 4. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1). 5. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2). 6. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU3). 7. Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, dan penelitian bahasa dan sastra Indonesia (P1). 8. Terampil berbahasa dan bersastra Indonesia dalam konteks akademis, pekerjaan, dan keseharian, baik secara lisan maupun tulis (KK1).
ReferencesArends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar,Yogyakarta. Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali. Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta. . 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta. . 2013. Kurikulum 2013. BSNP, Jakarta. (http://www.docstoc.com/docs/1991556/4PANDUAN-PENGEMBANGANMATERI-PEMBELAJARAN_270208). Gafur, Abdul.1982.Desain Instruksional.Solo : Tiga Serangkai. Isjoni, et al. 2008. ICT Untuk Sekolah Unggul: Pengintegrasian Teknologi Informasi dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung. Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya. Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2004 (Panduan Belajar KBK). Bandung: Remaja Rosdakarya. Muslich, Masnur. 2009. KTSP: Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara. Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara. Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers. Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru. Algensindo.
Details ...
Mata kuliah Perencanaan Pembelajaran merupakan mata kuliah prodier bagi mahasiswa semester IV Prodi PBSI dengan bobot 2 sks. Topik bahasan dalam mata kuliah ini diawali dengan Pengkajian komponen pembelajaran : tujuan, bahan, metode, media, evaluasi, dan mampu menentukan isi komponen pembelajaran pada suatu KI dan KD dalam menyusun rencana pembelajaran, serta mampu menerapkan dan mengelola kelas serta mampu mengatasi masalah pembelajaran. Memahami komponen pembelajaran, mampu mengelola komponen pembelajaran menjadi RPP, mampu mengelola kelas dan mampu mengatasi masalah pembelajaran. |
|||
|
|
|
|
CPMK1 Menjelaskan pengertian dasar pembelajaran, perencanaan pembelajaran dengan menguasai konsep dasar teoretis, merancang, dan mengimplementasikan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9, KU1, P1, KK1).
CPMK2 Membandingkan konsep pengelolaan kelas dan pembelajaran dengan menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan, pemikiran logis, kritis, sistematis, inovatif, HOTS, dan berbasis TPACK dengan menunjukkan kinerja yang penuh tanggung jawab (S9, KU1, KU2, KU3, P1, KK1).
CPMK3 Menemukan cara mengelola kelas dan pembelajaran yang efektif dengan menguasai konsep dasar teoretis, merancang, dan mengimplementasikan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia berbasis HOTS dan TPACK. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9, KU1, KU2, KU3, P1, KK1).
CPMK4 Menganalisis problematikan pembelajaran dengan menguasai konsep dasar teoretis, merancang, dan mengimplementasikan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9, KU1, P1, KK1).
CPMK5 Menentukan hal-hal yang berhubungan dengan pengelolaan kelas dan pembelajaran dengan menguasai konsep dasar teoretis, merancang, dan mengimplementasikan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9, KU1, P1, KK1).
CPMK 6 Mempraktikkkan perencanaan pembelajaran di kelas riil/virtual dan menerapkan pengelolaan kelas secara mandiri, komunikatif, dan bertanggung jawab serta menunjukkan keterampilan berbahasa secara profesional. (S8, S11, KU2, P1, KK1)
ReferencesArends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar,Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta. .
Depdikbud. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta. .
Depdikbud. 2013. Kurikulum 2013. BSNP, Jakarta. (http://www.docstoc.com/docs/1991556/4
PANDUAN-PENGEMBANGANMATERI-PEMBELAJARAN_270208).
Gafur, Abdul.1982.Desain Instruksional.Solo : Tiga Serangkai.
Isjoni, et al. 2008. ICT Untuk Sekolah Unggul: Pengintegrasian Teknologi Informasi dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2004 (Panduan Belajar KBK). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslich, Masnur. 2009. KTSP: Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara.
Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah
Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru. Algensindo.
Details ...
Mata kuliah Perencanaan Pembelajaran merupakan mata kuliah prodier bagi mahasiswa semester IV Prodi PBSI dengan bobot 2 sks. Topik bahasan dalam mata kuliah ini diawali dengan Pengkajian komponen pembelajaran : tujuan, bahan, metode, media, evaluasi, dan mampu menentukan isi komponen pembelajaran pada suatu KI dan KD dalam menyusun rencana pembelajaran, serta mampu menerapkan dan mengelola kelas serta mampu mengatasi masalah pembelajaran. Memahami komponen pembelajaran, mampu mengelola komponen pembelajaran menjadi RPP, mampu mengelola kelas dan mampu mengatasi masalah pembelajaran. |
|||
|
|
|
|
CPMK1 Menjelaskan pengertian dasar pembelajaran, perencanaan pembelajaran dengan menguasai konsep dasar teoretis, merancang, dan mengimplementasikan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9, KU1, P1, KK1).
CPMK2 Membandingkan konsep pengelolaan kelas dan pembelajaran dengan menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan, pemikiran logis, kritis, sistematis, inovatif, HOTS, dan berbasis TPACK dengan menunjukkan kinerja yang penuh tanggung jawab (S9, KU1, KU2, KU3, P1, KK1).
CPMK3 Menemukan cara mengelola kelas dan pembelajaran yang efektif dengan menguasai konsep dasar teoretis, merancang, dan mengimplementasikan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia berbasis HOTS dan TPACK. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9, KU1, KU2, KU3, P1, KK1).
CPMK4 Menganalisis problematikan pembelajaran dengan menguasai konsep dasar teoretis, merancang, dan mengimplementasikan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9, KU1, P1, KK1).
CPMK5 Menentukan hal-hal yang berhubungan dengan pengelolaan kelas dan pembelajaran dengan menguasai konsep dasar teoretis, merancang, dan mengimplementasikan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9, KU1, P1, KK1).
CPMK 6 Mempraktikkkan perencanaan pembelajaran di kelas riil/virtual dan menerapkan pengelolaan kelas secara mandiri, komunikatif, dan bertanggung jawab serta menunjukkan keterampilan berbahasa secara profesional. (S8, S11, KU2, P1, KK1)
ReferencesArends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar,Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta. .
Depdikbud. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta. .
Depdikbud. 2013. Kurikulum 2013. BSNP, Jakarta. (http://www.docstoc.com/docs/1991556/4
PANDUAN-PENGEMBANGANMATERI-PEMBELAJARAN_270208).
Gafur, Abdul.1982.Desain Instruksional.Solo : Tiga Serangkai.
Isjoni, et al. 2008. ICT Untuk Sekolah Unggul: Pengintegrasian Teknologi Informasi dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2004 (Panduan Belajar KBK). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslich, Masnur. 2009. KTSP: Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara.
Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah
Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru. Algensindo.
Details ...
Mata kuliah Perencanaan Pembelajaran merupakan mata kuliah prodier bagi mahasiswa semester IV Prodi PBSI dengan bobot 2 sks. Topik bahasan dalam mata kuliah ini diawali dengan Pengkajian komponen pembelajaran : tujuan, bahan, metode, media, evaluasi, dan mampu menentukan isi komponen pembelajaran pada suatu KI dan KD dalam menyusun rencana pembelajaran, serta mampu menerapkan dan mengelola kelas serta mampu mengatasi masalah pembelajaran. Memahami komponen pembelajaran, mampu mengelola komponen pembelajaran menjadi RPP, mampu mengelola kelas dan mampu mengatasi masalah pembelajaran. |
|||
|
|
|
|
CPMK1 Menjelaskan pengertian dasar pembelajaran, perencanaan pembelajaran dengan menguasai konsep dasar teoretis, merancang, dan mengimplementasikan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9, KU1, P1, KK1).
CPMK2 Membandingkan konsep pengelolaan kelas dan pembelajaran dengan menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan, pemikiran logis, kritis, sistematis, inovatif, HOTS, dan berbasis TPACK dengan menunjukkan kinerja yang penuh tanggung jawab (S9, KU1, KU2, KU3, P1, KK1).
CPMK3 Menemukan cara mengelola kelas dan pembelajaran yang efektif dengan menguasai konsep dasar teoretis, merancang, dan mengimplementasikan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia berbasis HOTS dan TPACK. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9, KU1, KU2, KU3, P1, KK1).
CPMK4 Menganalisis problematikan pembelajaran dengan menguasai konsep dasar teoretis, merancang, dan mengimplementasikan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9, KU1, P1, KK1).
CPMK5 Menentukan hal-hal yang berhubungan dengan pengelolaan kelas dan pembelajaran dengan menguasai konsep dasar teoretis, merancang, dan mengimplementasikan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9, KU1, P1, KK1).
CPMK 6 Mempraktikkkan perencanaan pembelajaran di kelas riil/virtual dan menerapkan pengelolaan kelas secara mandiri, komunikatif, dan bertanggung jawab serta menunjukkan keterampilan berbahasa secara profesional. (S8, S11, KU2, P1, KK1)
ReferencesArends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar,Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta. .
Depdikbud. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta. .
Depdikbud. 2013. Kurikulum 2013. BSNP, Jakarta. (http://www.docstoc.com/docs/1991556/4
PANDUAN-PENGEMBANGANMATERI-PEMBELAJARAN_270208).
Gafur, Abdul.1982.Desain Instruksional.Solo : Tiga Serangkai.
Isjoni, et al. 2008. ICT Untuk Sekolah Unggul: Pengintegrasian Teknologi Informasi dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2004 (Panduan Belajar KBK). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslich, Masnur. 2009. KTSP: Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara.
Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah
Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru. Algensindo.
Details ...
Pengkajian komponen pembelajaran : tujuan, bahan, metode, media, evaluasi, dan mampu menentukan isi komponen pembelajaran pada suatu KI dan KD dalam menyusun rencana pembelajaran, serta mampu menerapkan dan mengelola kelas.
Learning Outcomes1. Memiliki pengetahuan tentang komponen pembelajaran, mampu mengelola menjadi RPP, mampu mengelola kelas dan pembelajaran serta mampu mengatasi masalah di kelas. | ||||
2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pengelolaan pembelajaran secara mandiri | ||||
3. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang perencanaan pembelajaran sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur | ||||
4. Menguasai komponen pembelajaran secara mendalam dan mampu mengembangkan secara kreatif dan inovatif. |
Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.
________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.
________. 2006.Standar Isi. BSNP, Jakarta
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta.
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai.1991.Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.
Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.
Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.
________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.
________. 2006.Standar Isi. BSNP, Jakarta
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta.
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai.1991.Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.
Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.
Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.
________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.
________. 2006.Standar Isi. BSNP, Jakarta
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta.
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai.1991.Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.
Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.
Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.
________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.
________. 2006.Standar Isi. BSNP, Jakarta
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta.
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai.1991.Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.
Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.
Details ...
Pengkajian komponen pembelajaran : tujuan, bahan, metode, media, evaluasi, dan mampu menentukan isi komponen pembelajaran pada suatu KI dan KD dalam menyusun rencana pembelajaran, serta mampu menerapkan dan mengelola kelas.
Learning Outcomes1. Memiliki pengetahuan tentang komponen pembelajaran, mampu mengelola menjadi RPP, mampu mengelola kelas dan pembelajaran serta mampu mengatasi masalah di kelas. | ||||
2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pengelolaan pembelajaran secara mandiri | ||||
3. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang perencanaan pembelajaran sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur | ||||
4. Menguasai komponen pembelajaran secara mendalam dan mampu mengembangkan secara kreatif dan inovatif. |
Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.
________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.
________. 2006.Standar Isi. BSNP, Jakarta
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta.
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai.1991.Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.
Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.
Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.
________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.
________. 2006.Standar Isi. BSNP, Jakarta
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta.
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai.1991.Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.
Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.
Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.
________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.
________. 2006.Standar Isi. BSNP, Jakarta
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta.
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai.1991.Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.
Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.
Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.
________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.
________. 2006.Standar Isi. BSNP, Jakarta
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta.
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai.1991.Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.
Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.
Details ...
Pengkajian komponen pembelajaran : tujuan, bahan, metode, media, evaluasi, dan mampu menentukan isi komponen pembelajaran pada suatu KI dan KD dalam menyusun rencana pembelajaran, serta mampu menerapkan dan mengelola kelas.
Learning Outcomes1. Memiliki pengetahuan tentang komponen pembelajaran, mampu mengelola menjadi RPP, mampu mengelola kelas dan pembelajaran serta mampu mengatasi masalah di kelas. | ||||
2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pengelolaan pembelajaran secara mandiri | ||||
3. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang perencanaan pembelajaran sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur | ||||
4. Menguasai komponen pembelajaran secara mendalam dan mampu mengembangkan secara kreatif dan inovatif. |
Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.
________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.
________. 2006.Standar Isi. BSNP, Jakarta
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta.
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai.1991.Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.
Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.
Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.
________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.
________. 2006.Standar Isi. BSNP, Jakarta
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta.
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai.1991.Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.
Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.
Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.
________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.
________. 2006.Standar Isi. BSNP, Jakarta
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta.
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai.1991.Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.
Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.
Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.
________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.
________. 2006.Standar Isi. BSNP, Jakarta
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta.
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai.1991.Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.
Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.
Details ...
Pengkajian komponen pembelajaran : tujuan, bahan, metode, media, evaluasi, dan mampu menentukan isi komponen pembelajaran pada suatu KI dan KD dalam menyusun rencana pembelajaran, serta mampu menerapkan dan mengelola kelas.
Learning Outcomes1. Memiliki pengetahuan tentang komponen pembelajaran, mampu mengelola menjadi RPP, mampu mengelola kelas dan pembelajaran serta mampu mengatasi masalah di kelas. | ||||
2. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pengelolaan pembelajaran secara mandiri | ||||
3. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan tentang perencanaan pembelajaran sesuai dengan bidang keahliannya secara mandiri, berkualitas, dan terukur | ||||
4. Menguasai komponen pembelajaran secara mendalam dan mampu mengembangkan secara kreatif dan inovatif. |
Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.
________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.
________. 2006.Standar Isi. BSNP, Jakarta
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta.
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai.1991.Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.
Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.
Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.
________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.
________. 2006.Standar Isi. BSNP, Jakarta
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta.
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai.1991.Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.
Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.
Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.
________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.
________. 2006.Standar Isi. BSNP, Jakarta
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta.
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai.1991.Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.
Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.
Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.
________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.
________. 2006.Standar Isi. BSNP, Jakarta
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta.
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai.1991.Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.
Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.
Details ...
Pengkajian tentang tujuan pembelajaran, penentuan bahan pengajaran, penentuan metode pembelajaran, pemilihan media pengajaran, penentuan alat penilaian dan penyusunan satuan pelajaran bahasa Indonesia untuk sekolah menengah, serta dapat mempraktikkan dan mengelola kelas.
Learning OutcomesSetelah perkuliahan, mahasiswa dapat membuat tujuan pembelajaran, menentukan bahan pengajaran, menentukan metode pembelajaran, menentukan media pengajaran, menentukan alat penilaian dan membuar RPP bahasa Indonesia untuk sekolah menengah, serta dapat mempraktikkan dan mengelola kelas.
ReferencesArends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.
________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.
________. 2013. Kurikulum 2013. BSNP, Jakarta.
(http://www.docstoc.com/docs/1991556/4PANDUAN-PENGEMBANGAN-MATERI-PEMBELAJARAN_270208).
Gafur, Abdul.1982.Desain Instruksional.Solo : Tiga Serangkai.
Isjoni, et al. 2008. ICT Untuk Sekolah Unggul: Pengintegrasian Teknologi Informasi dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2004 (Panduan Belajar KBK). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslich, Masnur. 2009. KTSP: Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai.1991.Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.
Tim Penyusun. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia : Balai Pustaka, Jakarta.t. Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.
Hamalik. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara
Details ...
Pengkajian tentang tujuan pembelajaran, penentuan bahan pengajaran, penentuan metode pembelajaran, pemilihan media pengajaran, penentuan alat penilaian dan penyusunan satuan pelajaran bahasa Indonesia untuk sekolah menengah, serta dapat mempraktikkan dan mengelola kelas.
Learning OutcomesSetelah perkuliahan, mahasiswa dapat membuat tujuan pembelajaran, menentukan bahan pengajaran, menentukan metode pembelajaran, menentukan media pengajaran, menentukan alat penilaian dan membuar RPP bahasa Indonesia untuk sekolah menengah, serta dapat mempraktikkan dan mengelola kelas.
ReferencesArends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.
________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.
________. 2013. Kurikulum 2013. BSNP, Jakarta.
(http://www.docstoc.com/docs/1991556/4PANDUAN-PENGEMBANGAN-MATERI-PEMBELAJARAN_270208).
Gafur, Abdul.1982.Desain Instruksional.Solo : Tiga Serangkai.
Isjoni, et al. 2008. ICT Untuk Sekolah Unggul: Pengintegrasian Teknologi Informasi dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2004 (Panduan Belajar KBK). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslich, Masnur. 2009. KTSP: Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai.1991.Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.
Tim Penyusun. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia : Balai Pustaka, Jakarta.t. Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.
Hamalik. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara
Details ...
Pengkajian tentang tujuan pembelajaran, penentuan bahan pengajaran, penentuan metode pembelajaran, pemilihan media pengajaran, penentuan alat penilaian dan penyusunan satuan pelajaran bahasa Indonesia untuk sekolah menengah, serta dapat mempraktikkan dan mengelola kelas.
Learning OutcomesSetelah perkuliahan, mahasiswa dapat membuat tujuan pembelajaran, menentukan bahan pengajaran, menentukan metode pembelajaran, menentukan media pengajaran, menentukan alat penilaian dan membuar RPP bahasa Indonesia untuk sekolah menengah, serta dapat mempraktikkan dan mengelola kelas.
ReferencesArends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.
________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.
________. 2013. Kurikulum 2013. BSNP, Jakarta.
(http://www.docstoc.com/docs/1991556/4PANDUAN-PENGEMBANGAN-MATERI-PEMBELAJARAN_270208).
Gafur, Abdul.1982.Desain Instruksional.Solo : Tiga Serangkai.
Isjoni, et al. 2008. ICT Untuk Sekolah Unggul: Pengintegrasian Teknologi Informasi dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2004 (Panduan Belajar KBK). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslich, Masnur. 2009. KTSP: Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai.1991.Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.
Tim Penyusun. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia : Balai Pustaka, Jakarta.t. Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.
Hamalik. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara
Details ...