Courser in English | LESSON PLANNING |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 29 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Pengkajian tentang tujuan pembelajaran, penentuan bahan pengajaran, penentuan metode pembelajaran, pemilihan media pengajaran, penentuan alat penilaian dan penyusunan satuan pelajaran bahasa Indonesia untuk sekolah menengah, serta dapat mempraktikkan dan mengelola kelas.
Learning OutcomesSetelah perkuliahan, mahasiswa dapat membuat tujuan pembelajaran, menentukan bahan pengajaran, menentukan metode pembelajaran, menentukan media pengajaran, menentukan alat penilaian dan membuar RPP bahasa Indonesia untuk sekolah menengah, serta dapat mempraktikkan dan mengelola kelas.
ReferencesArends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.
________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.
________. 2013. Kurikulum 2013. BSNP, Jakarta.
(http://www.docstoc.com/docs/1991556/4PANDUAN-PENGEMBANGAN-MATERI-PEMBELAJARAN_270208).
Gafur, Abdul.1982.Desain Instruksional.Solo : Tiga Serangkai.
Isjoni, et al. 2008. ICT Untuk Sekolah Unggul: Pengintegrasian Teknologi Informasi dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2004 (Panduan Belajar KBK). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslich, Masnur. 2009. KTSP: Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai.1991.Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.
Tim Penyusun. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia : Balai Pustaka, Jakarta.t. Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.
Hamalik. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara
Details ...
Pengkajian tentang tujuan pembelajaran, penentuan bahan pengajaran, penentuan metode pembelajaran, pemilihan media pengajaran, penentuan alat penilaian dan penyusunan satuan pelajaran bahasa Indonesia untuk sekolah menengah, serta dapat mempraktikkan dan mengelola kelas.
Learning OutcomesSetelah perkuliahan, mahasiswa dapat membuat tujuan pembelajaran, menentukan bahan pengajaran, menentukan metode pembelajaran, menentukan media pengajaran, menentukan alat penilaian dan membuar RPP bahasa Indonesia untuk sekolah menengah, serta dapat mempraktikkan dan mengelola kelas.
ReferencesArends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.
________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.
________. 2013. Kurikulum 2013. BSNP, Jakarta.
(http://www.docstoc.com/docs/1991556/4PANDUAN-PENGEMBANGAN-MATERI-PEMBELAJARAN_270208).
Gafur, Abdul.1982.Desain Instruksional.Solo : Tiga Serangkai.
Isjoni, et al. 2008. ICT Untuk Sekolah Unggul: Pengintegrasian Teknologi Informasi dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2004 (Panduan Belajar KBK). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslich, Masnur. 2009. KTSP: Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai.1991.Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.
Tim Penyusun. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia : Balai Pustaka, Jakarta.t. Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.
Hamalik. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara
Details ...
Menelaah tujuan pembelajaran, penentuan bahan pengajaran, penentuan metode pembelajaran, pemilihan media pengajaran, penentuan alat penilaian dan penyusunan satuan pelajaran bahasa Indonesia untuk sekolah menengah, serta dapat mempraktikkan dan mengelola kelas.
Learning OutcomesSetelah perkuliahan, mahasiswa dapat membuat tujuan pembelajaran, menentukan bahan pengajaran, menentukan metode pembelajaran, menentukan media pengajaran, menentukan alat penilaian dan membuar RPP bahasa Indonesia untuk sekolah menengah, serta dapat mempraktikkan dan mengelola kelas.
ReferencesArends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.
________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.
________. 2013. Kurikulum 2013. BSNP, Jakarta.
(http://www.docstoc.com/docs/1991556/4PANDUAN-PENGEMBANGAN-MATERI-PEMBELAJARAN_270208).
Gafur, Abdul.1982.Desain Instruksional.Solo : Tiga Serangkai.
Isjoni, et al. 2008. ICT Untuk Sekolah Unggul: Pengintegrasian Teknologi Informasi dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2004 (Panduan Belajar KBK). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslich, Masnur. 2009. KTSP: Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai.1991.Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.
Tim Penyusun. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia : Balai Pustaka, Jakarta.t. Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.
Hamalik. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara
Details ...
Menelaah tujuan pembelajaran, penentuan bahan pengajaran, penentuan metode pembelajaran, pemilihan media pengajaran, penentuan alat penilaian dan penyusunan satuan pelajaran bahasa Indonesia untuk sekolah menengah, serta dapat mempraktikkan dan mengelola kelas.
Learning OutcomesSetelah perkuliahan, mahasiswa dapat membuat tujuan pembelajaran, menentukan bahan pengajaran, menentukan metode pembelajaran, menentukan media pengajaran, menentukan alat penilaian dan membuar RPP bahasa Indonesia untuk sekolah menengah, serta dapat mempraktikkan dan mengelola kelas.
ReferencesArends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.
________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.
________. 2013. Kurikulum 2013. BSNP, Jakarta.
(http://www.docstoc.com/docs/1991556/4PANDUAN-PENGEMBANGAN-MATERI-PEMBELAJARAN_270208).
Gafur, Abdul.1982.Desain Instruksional.Solo : Tiga Serangkai.
Isjoni, et al. 2008. ICT Untuk Sekolah Unggul: Pengintegrasian Teknologi Informasi dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2004 (Panduan Belajar KBK). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslich, Masnur. 2009. KTSP: Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai.1991.Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.
Tim Penyusun. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia : Balai Pustaka, Jakarta.t. Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.
Hamalik. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara
Details ...
Pengkajian tentang tujuan pembelajaran, penentuan bahan pengajaran, penentuan metode pembelajaran, pemilihan media pengajaran, penentuan alat penilaian dan penyusunan satuan pelajaran bahasa Indonesia untuk sekolah menengah, serta dapat mempraktikkan dan mengelola kelas.
Learning OutcomesSetelah perkuliahan, mahasiswa dapat membuat tujuan pembelajaran, menentukan bahan pengajaran, menentukan metode pembelajaran, menentukan media pengajaran, menentukan alat penilaian dan membuar RPP bahasa Indonesia untuk sekolah menengah, serta dapat mempraktikkan dan mengelola kelas.
ReferencesArends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.
________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.
________. 2013. Kurikulum 2013. BSNP, Jakarta.
(http://www.docstoc.com/docs/1991556/4PANDUAN-PENGEMBANGAN-MATERI-PEMBELAJARAN_270208).
Gafur, Abdul.1982.Desain Instruksional.Solo : Tiga Serangkai.
Isjoni, et al. 2008. ICT Untuk Sekolah Unggul: Pengintegrasian Teknologi Informasi dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2004 (Panduan Belajar KBK). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslich, Masnur. 2009. KTSP: Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai.1991.Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.
Tim Penyusun. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia : Balai Pustaka, Jakarta.t. Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.
Hamalik. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara
Details ...
Pengkajian tentang SKL, KI, KD, Indikator pembelajaran, penentuan bahan pembelajaran, media pembelajaran, penilaian pembelajaran dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran bahasa Indonesia untuk sekolah menengah, serta dapat mempraktikkan dan mengelola kelas.
Learning Outcomes- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam perencanaan pembelajaran secara mandiri
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
- Mampu mempraktikan interaksi belajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
- Mampu menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam perencanaan pemelajaran, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang interaktif
Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.
________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.
________. 2014. Kurikulum 2013. BSNP, Jakarta.
Gafur, Abdul.1982.Desain Instruksional.Solo : Tiga Serangkai.
Hamalik. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara
Isjoni, et al. 2008. ICT Untuk Sekolah Unggul: Pengintegrasian Teknologi Informasi dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2004 (Panduan Belajar KBK). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslich, Masnur. 2009. KTSP: Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Undang-Undang No. 44 tahun 2015 tentang SNPT
Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta.
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai.1991.Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.
Tim Penyusun. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia : Balai Pustaka, Jakarta.
Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.
Details ...
Pengkajian tentang SKL, KI, KD, Indikator pembelajaran, penentuan bahan pembelajaran, media pembelajaran, penilaian pembelajaran dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran bahasa Indonesia untuk sekolah menengah, serta dapat mempraktikkan dan mengelola kelas.
Learning Outcomes- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan khususnya dalam perencanaan pembelajaran secara mandiri
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
- Mampu mempraktikan interaksi belajar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
- Mampu menerapkan teori, konsep, pendekatan, dalam perencanaan pemelajaran, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang interaktif
Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Penerjemah : Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini S : Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi.19...Pengelolaan Kelas dan Siswa.Jakarta : Rajawali.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.
________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.
________. 2014. Kurikulum 2013. BSNP, Jakarta.
Gafur, Abdul.1982.Desain Instruksional.Solo : Tiga Serangkai.
Hamalik. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara
Isjoni, et al. 2008. ICT Untuk Sekolah Unggul: Pengintegrasian Teknologi Informasi dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Johnson, Elaine B. 2008. Contextual Teaching Learning. Menjadikan kegiatan belajar dan Mengajar Mengasikkan dan Bermakna. Bandung.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyasa. 2005. Implementasi Kurikulum 2004 (Panduan Belajar KBK). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslich, Masnur. 2009. KTSP: Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Undang-Undang No. 44 tahun 2015 tentang SNPT
Prawiradilaga, Dewi Salma dan Eveline Siregar. 2007. Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Smith, Mark K, dkk. 2009. Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Penerjemah Abdul Qodir Sholeh: Mirza Mandiri Pustaka, Jakarta.
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rifai.1991.Media Pengajaran.Bandung : Sinar Baru.
Tim Penyusun. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia : Balai Pustaka, Jakarta.
Zaini, Hisyam, Bermany Muthe dan, Sekar Ayu Aryani.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Yogyakarta.
Details ...
Pengkajian tentang SKL, KI, KD, Indikator Pembelajaran, penentuan bahan pemebelajaran, media pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran bahasa Indonesia untuk sekolah menengah, serta dapat mempraktikkan dan mengelola kelas
Learning Outcomes1. mahasiswa memperoleh pengetahuan tentang komponen-komponen pembelajaran (SKL, KI, KD, Indikator pembelajaran, penentuan bahan pembelajaran, media pembelajaran, penilsisn pembelajaran)
2. Mahasiswa mampu menyusun satuan pelajaran (RPP)
3. mahasiswa mampu menerapkan rencana pembelajaran secara praktis
4. Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mengklasifikasi masalah siswa serta dapat memberi alternatif pemecahan masalah
5. Mahasiswa menentukan jenis masalah individu dan kelompok serta dapat memberi solusi
ReferencesArens, Richad I.2008. learning to Teach dan Belajar untuk Mengajar. penerjemahan: Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyani S. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi. 1990. Pengelolaan kelas dan Siswa. Jakarta: Rajawali.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas.2004. Kurikulum berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.
---------------2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.
Details ...
Pengkajian tentang SKL, KI, KD, Indikator Pembelajaran, penentuan bahan pemebelajaran, media pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran bahasa Indonesia untuk sekolah menengah, serta dapat mempraktikkan dan mengelola kelas
Learning Outcomes1. mahasiswa memperoleh pengetahuan tentang komponen-komponen pembelajaran (SKL, KI, KD, Indikator pembelajaran, penentuan bahan pembelajaran, media pembelajaran, penilsisn pembelajaran)
2. Mahasiswa mampu menyusun satuan pelajaran (RPP)
3. mahasiswa mampu menerapkan rencana pembelajaran secara praktis
4. Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mengklasifikasi masalah siswa serta dapat memberi alternatif pemecahan masalah
5. Mahasiswa menentukan jenis masalah individu dan kelompok serta dapat memberi solusi
ReferencesArens, Richad I.2008. learning to Teach dan Belajar untuk Mengajar. penerjemahan: Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyani S. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi. 1990. Pengelolaan kelas dan Siswa. Jakarta: Rajawali.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas.2004. Kurikulum berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.
---------------2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.
Details ...
Pengkajian tentang SKL, KI, KD, Indikator Pembelajaran, penentuan bahan pemebelajaran, media pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran bahasa Indonesia untuk sekolah menengah, serta dapat mempraktikkan dan mengelola kelas
Learning Outcomes1. mahasiswa memperoleh pengetahuan tentang komponen-komponen pembelajaran (SKL, KI, KD, Indikator pembelajaran, penentuan bahan pembelajaran, media pembelajaran, penilsisn pembelajaran)
2. Mahasiswa mampu menyusun satuan pelajaran (RPP)
3. mahasiswa mampu menerapkan rencana pembelajaran secara praktis
4. Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mengklasifikasi masalah siswa serta dapat memberi alternatif pemecahan masalah
5. Mahasiswa menentukan jenis masalah individu dan kelompok serta dapat memberi solusi
ReferencesArens, Richad I.2008. learning to Teach dan Belajar untuk Mengajar. penerjemahan: Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyani S. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi. 1990. Pengelolaan kelas dan Siswa. Jakarta: Rajawali.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas.2004. Kurikulum berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.
---------------2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.
Details ...
Pengkajian tentang SKL, KI, KD, Indikator Pembelajaran, penentuan bahan pemebelajaran, media pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran bahasa Indonesia untuk sekolah menengah, serta dapat mempraktikkan dan mengelola kelas
Learning Outcomes1. mahasiswa memperoleh pengetahuan tentang komponen-komponen pembelajaran (SKL, KI, KD, Indikator pembelajaran, penentuan bahan pembelajaran, media pembelajaran, penilsisn pembelajaran)
2. Mahasiswa mampu menyusun satuan pelajaran (RPP)
3. mahasiswa mampu menerapkan rencana pembelajaran secara praktis
4. Mahasiswa mampu mengidentifikasi, mengklasifikasi masalah siswa serta dapat memberi alternatif pemecahan masalah
5. Mahasiswa menentukan jenis masalah individu dan kelompok serta dapat memberi solusi
ReferencesArens, Richad I.2008. learning to Teach dan Belajar untuk Mengajar. penerjemahan: Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyani S. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi. 1990. Pengelolaan kelas dan Siswa. Jakarta: Rajawali.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas.2004. Kurikulum berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.
---------------2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.
Details ...