Statistika, Curriculum : 2016


Courser in EnglishSTATISTICS
ProgramManajemen Pendidikan
SKS3 SKS
RPS34 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

-

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...
Course Descriptions

-

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...
Course Descriptions

-

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...
Course Descriptions

-

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang statistika deskriptif: mean, modus, median, kuartil, desil, persentil, simpangan baku, dan variansi; statistika inferensial meliputi: uji rata-rata, uji proporsi, uji beda dua rata-rata, uji Z, uji t, uji F, analisis korelasi, analisis, regresi, analisis varians, analisis jalur.

Learning Outcomes

Sikap dan Tata Nilai

  1. Percaya akan keagungan Tuhan atas alam dan seisiny
  2. Berkarya dengan menjunjung tinggi norma dan etika.
  3. Bekerja dengan teliti, sungguh-sungguh, dan dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban bangsa.
  4. Menghargai keberagaman pandangan/pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  5. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Keterampilan Umum

  1. Mampu mengolah data dengan menggunakan statistika deskriptif baik manual maupun berbantuan program computer
  2. Mampu mengolah data dengan menggunakan statistika inferensial baik manual maupun berbantuan program computer
  3. Mampu menguji hipotesis
  4. Mampu menerapkan statistik dalam penelitian, atau dalam bidang lain.

Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai teori, dan konsep statistika deskriptif dan inferensial.
  2. Menguasai teknik dan prinsip pengujian hipotesis.
  3. Mengembangkan konsep, dan prinsip serta teknis implementasi statistik dalam penelitian manajemen pendidikan.

Keterampilan Khusus

  1. Mampu menerapkan teori, dan konsep statistika dalam penelitian pendidikan.
  2. Mampu melaksanakan pengujian hipotesis dengan menggunakan paket program seperti SPSS, Amos, dan Lissrell.

References

Daftar Pustaka:

Azwar Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.

Kerlinger, F.N., 1998.  Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.

Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito

Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta

Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologidan Pendidikan. Malang: UMM Press

Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara. 

Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang statistika deskriptif: mean, modus, median, kuartil, desil, persentil, simpangan baku, dan variansi; statistika inferensial meliputi: uji rata-rata, uji proporsi, uji beda dua rata-rata, uji Z, uji t, uji F, analisis korelasi, analisis, regresi, analisis varians, analisis jalur.

Learning Outcomes

Sikap dan Tata Nilai

  1. Percaya akan keagungan Tuhan atas alam dan seisiny
  2. Berkarya dengan menjunjung tinggi norma dan etika.
  3. Bekerja dengan teliti, sungguh-sungguh, dan dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban bangsa.
  4. Menghargai keberagaman pandangan/pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  5. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Keterampilan Umum

  1. Mampu mengolah data dengan menggunakan statistika deskriptif baik manual maupun berbantuan program computer
  2. Mampu mengolah data dengan menggunakan statistika inferensial baik manual maupun berbantuan program computer
  3. Mampu menguji hipotesis
  4. Mampu menerapkan statistik dalam penelitian, atau dalam bidang lain.

Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai teori, dan konsep statistika deskriptif dan inferensial.
  2. Menguasai teknik dan prinsip pengujian hipotesis.
  3. Mengembangkan konsep, dan prinsip serta teknis implementasi statistik dalam penelitian manajemen pendidikan.

Keterampilan Khusus

  1. Mampu menerapkan teori, dan konsep statistika dalam penelitian pendidikan.
  2. Mampu melaksanakan pengujian hipotesis dengan menggunakan paket program seperti SPSS, Amos, dan Lissrell.

References

Daftar Pustaka:

Azwar Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.

Kerlinger, F.N., 1998.  Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.

Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito

Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta

Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologidan Pendidikan. Malang: UMM Press

Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara. 

Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang statistika deskriptif: mean, modus, median, kuartil, desil, persentil, simpangan baku, dan variansi; statistika inferensial meliputi: uji rata-rata, uji proporsi, uji beda dua rata-rata, uji Z, uji t, uji F, analisis korelasi, analisis, regresi, analisis varians, analisis jalur.

Learning Outcomes

Sikap dan Tata Nilai

  1. Percaya akan keagungan Tuhan atas alam dan seisiny
  2. Berkarya dengan menjunjung tinggi norma dan etika.
  3. Bekerja dengan teliti, sungguh-sungguh, dan dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban bangsa.
  4. Menghargai keberagaman pandangan/pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  5. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Keterampilan Umum

  1. Mampu mengolah data dengan menggunakan statistika deskriptif baik manual maupun berbantuan program computer
  2. Mampu mengolah data dengan menggunakan statistika inferensial baik manual maupun berbantuan program computer
  3. Mampu menguji hipotesis
  4. Mampu menerapkan statistik dalam penelitian, atau dalam bidang lain.

Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai teori, dan konsep statistika deskriptif dan inferensial.
  2. Menguasai teknik dan prinsip pengujian hipotesis.
  3. Mengembangkan konsep, dan prinsip serta teknis implementasi statistik dalam penelitian manajemen pendidikan.

Keterampilan Khusus

  1. Mampu menerapkan teori, dan konsep statistika dalam penelitian pendidikan.
  2. Mampu melaksanakan pengujian hipotesis dengan menggunakan paket program seperti SPSS, Amos, dan Lissrell.

References

Daftar Pustaka:

Azwar Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.

Kerlinger, F.N., 1998.  Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.

Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito

Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta

Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologidan Pendidikan. Malang: UMM Press

Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara. 

Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang statistika deskriptif: mean, modus, median, kuartil, desil, persentil, simpangan baku, dan variansi; statistika inferensial meliputi: uji rata-rata, uji proporsi, uji beda dua rata-rata, uji Z, uji t, uji F, analisis korelasi, analisis, regresi, analisis varians, analisis jalur

Learning Outcomes

Sikap dan Tata Nilai

  1. Percaya akan keagungan Tuhan atas alam dan seisinya.
  2. Berkarya dengan menjunjung tinggi norma dan etika.
  3. Bekerja dengan teliti, sungguh-sungguh, dan dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban bangsa.
  4. Menghargai keberagaman pandangan/pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  5. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Keterampilan Umum

  1. Mampu mengolah data dengan menggunakan statistika deskriptif baik manual maupun berbantuan program computer
  2. Mampu mengolah data dengan menggunakan statistika inferensial baik manual maupun berbantuan program computer
  3. Mampu menguji hipotesis
  4. Mampu menerapkan statistik dalam penelitian, atau dalam bidang lain.

Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai teori, dan konsep statistika deskriptif dan inferensial.
  2. Menguasai teknik dan prinsip pengujian hipotesis.
  3. Mengembangkan konsep, dan prinsip serta teknis implementasi statistik dalam penelitian manajemen pendidikan.

Keterampilan Khusus

  1. Mampu menerapkan teori, dan konsep statistika dalam penelitian pendidikan.
  2. Mampu melaksanakan pengujian hipotesis dengan menggunakan paket program seperti SPSS, Amos, dan Lissrell.

References

Azwar Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.

Kerlinger, F.N., 1998.  Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.

Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito

Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta

Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologidan Pendidikan. Malang: UMM Press

Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara. 

Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang statistika deskriptif: mean, modus, median, kuartil, desil, persentil, simpangan baku, dan variansi; statistika inferensial meliputi: uji rata-rata, uji proporsi, uji beda dua rata-rata, uji Z, uji t, uji F, analisis korelasi, analisis, regresi, analisis varians, analisis jalur

Learning Outcomes

Sikap dan Tata Nilai

  1. Percaya akan keagungan Tuhan atas alam dan seisinya.
  2. Berkarya dengan menjunjung tinggi norma dan etika.
  3. Bekerja dengan teliti, sungguh-sungguh, dan dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban bangsa.
  4. Menghargai keberagaman pandangan/pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  5. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Keterampilan Umum

  1. Mampu mengolah data dengan menggunakan statistika deskriptif baik manual maupun berbantuan program computer
  2. Mampu mengolah data dengan menggunakan statistika inferensial baik manual maupun berbantuan program computer
  3. Mampu menguji hipotesis
  4. Mampu menerapkan statistik dalam penelitian, atau dalam bidang lain.

Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai teori, dan konsep statistika deskriptif dan inferensial.
  2. Menguasai teknik dan prinsip pengujian hipotesis.
  3. Mengembangkan konsep, dan prinsip serta teknis implementasi statistik dalam penelitian manajemen pendidikan.

Keterampilan Khusus

  1. Mampu menerapkan teori, dan konsep statistika dalam penelitian pendidikan.
  2. Mampu melaksanakan pengujian hipotesis dengan menggunakan paket program seperti SPSS, Amos, dan Lissrell.

References

Azwar Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.

Kerlinger, F.N., 1998.  Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.

Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito

Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta

Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologidan Pendidikan. Malang: UMM Press

Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara. 

Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang statistika deskriptif: mean, modus, median, kuartil, desil, persentil, simpangan baku, dan variansi; statistika inferensial meliputi: uji rata-rata, uji proporsi, uji beda dua rata-rata, uji Z, uji t, uji F, analisis korelasi, analisis, regresi, analisis varians, analisis jalur

Learning Outcomes

Sikap dan Tata Nilai

  1. Percaya akan keagungan Tuhan atas alam dan seisinya.
  2. Berkarya dengan menjunjung tinggi norma dan etika.
  3. Bekerja dengan teliti, sungguh-sungguh, dan dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban bangsa.
  4. Menghargai keberagaman pandangan/pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  5. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Keterampilan Umum

  1. Mampu mengolah data dengan menggunakan statistika deskriptif baik manual maupun berbantuan program computer
  2. Mampu mengolah data dengan menggunakan statistika inferensial baik manual maupun berbantuan program computer
  3. Mampu menguji hipotesis
  4. Mampu menerapkan statistik dalam penelitian, atau dalam bidang lain.

Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai teori, dan konsep statistika deskriptif dan inferensial.
  2. Menguasai teknik dan prinsip pengujian hipotesis.
  3. Mengembangkan konsep, dan prinsip serta teknis implementasi statistik dalam penelitian manajemen pendidikan.

Keterampilan Khusus

  1. Mampu menerapkan teori, dan konsep statistika dalam penelitian pendidikan.
  2. Mampu melaksanakan pengujian hipotesis dengan menggunakan paket program seperti SPSS, Amos, dan Lissrell.

References

Azwar Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.

Kerlinger, F.N., 1998.  Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.

Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito

Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta

Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologidan Pendidikan. Malang: UMM Press

Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara. 

Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition


Details ...