Courser in English | STATISTICS |
Program | Manajemen Pendidikan |
SKS | 3 SKS |
RPS | 34 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kema mpuan dalam menganalisis permasalahan statistik yang muncul dalam kegiata n pembelajaran disekolah ataupun dalam penelitian pendidikan. Sehingga diharap kan dapat menjadi dasar bagi mahasiswa sebagai uji statistik yang layak untuk dijadikan bahan uji dalam penelitian tesis.
Materi Pembelajaran:
Mata kuliah ini memuat pengertian statistika, pengumpulan dan penyajian data, ukuran pemusatan, penyebaran, persyaratan uji hipotesis, pengujian hipotesis, interpretasi hasil uji hipotesis, anava, regresi, anakova, analisis jalur, dan penarikan kesimpulan.
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah statistika, mahasiswa mampu:
CPMK 1 :
Mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitian, memposisikan dalam peta penelitian, dan menganalisis hasil sintesis teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan dalam pengembangan sistem pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang secara efektif, efisien, dan mandiri melalui pendekatan interdisiplin/ multi disiplin. ( P5, KU4, S9)
CPMK 2 :
Mengidentifikasi dan menganalisis bidang keilmuan yang menjadi objek penelitian pengembangan dan memposisikan ke dalam suatu skema penyelesaian masalah yang lebih menyeluruh dan bersifat interdisiplin dan multidisiplin sebagai bentuk implementasi pengelolaan pembelajaran pada tingkat pendidikan tinggi. ESD (P6, KK2)
CPMK 3 :
Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin serta mendokumentasikan data hasil penelitian dalam menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. (KU8, KK4)
References
A. Azwar Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
B. Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.
C. Kerlinger, F.N., 1998. Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
D. Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.
E. Muh. Prayito, Nizaruddin dan Andani. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match Dan Problem Posing Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Imajinaer volume 3 Noomor 3, ISSN 258-264
F. Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
G. Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
H. Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta
I. Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press
J. Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.
K. Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3 rd edition.
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kema mpuan dalam menganalisis permasalahan statistik yang muncul dalam kegiata n pembelajaran disekolah ataupun dalam penelitian pendidikan. Sehingga diharap kan dapat menjadi dasar bagi mahasiswa sebagai uji statistik yang layak untuk dijadikan bahan uji dalam penelitian tesis.
Materi Pembelajaran:
Mata kuliah ini memuat pengertian statistika, pengumpulan dan penyajian data, ukuran pemusatan, penyebaran, persyaratan uji hipotesis, pengujian hipotesis, interpretasi hasil uji hipotesis, anava, regresi, anakova, analisis jalur, dan penarikan kesimpulan.
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah statistika, mahasiswa mampu:
CPMK 1 :
Mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitian, memposisikan dalam peta penelitian, dan menganalisis hasil sintesis teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan dalam pengembangan sistem pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang secara efektif, efisien, dan mandiri melalui pendekatan interdisiplin/ multi disiplin. ( P5, KU4, S9)
CPMK 2 :
Mengidentifikasi dan menganalisis bidang keilmuan yang menjadi objek penelitian pengembangan dan memposisikan ke dalam suatu skema penyelesaian masalah yang lebih menyeluruh dan bersifat interdisiplin dan multidisiplin sebagai bentuk implementasi pengelolaan pembelajaran pada tingkat pendidikan tinggi. ESD (P6, KK2)
CPMK 3 :
Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin serta mendokumentasikan data hasil penelitian dalam menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. (KU8, KK4)
References
A. Azwar Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
B. Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.
C. Kerlinger, F.N., 1998. Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
D. Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.
E. Muh. Prayito, Nizaruddin dan Andani. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match Dan Problem Posing Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Imajinaer volume 3 Noomor 3, ISSN 258-264
F. Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
G. Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
H. Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta
I. Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press
J. Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.
K. Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3 rd edition.
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kema mpuan dalam menganalisis permasalahan statistik yang muncul dalam kegiata n pembelajaran disekolah ataupun dalam penelitian pendidikan. Sehingga diharap kan dapat menjadi dasar bagi mahasiswa sebagai uji statistik yang layak untuk dijadikan bahan uji dalam penelitian tesis.
Materi Pembelajaran:
Mata kuliah ini memuat pengertian statistika, pengumpulan dan penyajian data, ukuran pemusatan, penyebaran, persyaratan uji hipotesis, pengujian hipotesis, interpretasi hasil uji hipotesis, anava, regresi, anakova, analisis jalur, dan penarikan kesimpulan.
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah statistika, mahasiswa mampu:
CPMK 1 :
Mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitian, memposisikan dalam peta penelitian, dan menganalisis hasil sintesis teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan dalam pengembangan sistem pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang secara efektif, efisien, dan mandiri melalui pendekatan interdisiplin/ multi disiplin. ( P5, KU4, S9)
CPMK 2 :
Mengidentifikasi dan menganalisis bidang keilmuan yang menjadi objek penelitian pengembangan dan memposisikan ke dalam suatu skema penyelesaian masalah yang lebih menyeluruh dan bersifat interdisiplin dan multidisiplin sebagai bentuk implementasi pengelolaan pembelajaran pada tingkat pendidikan tinggi. ESD (P6, KK2)
CPMK 3 :
Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin serta mendokumentasikan data hasil penelitian dalam menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. (KU8, KK4)
References
A. Azwar Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
B. Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.
C. Kerlinger, F.N., 1998. Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
D. Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.
E. Muh. Prayito, Nizaruddin dan Andani. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match Dan Problem Posing Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Imajinaer volume 3 Noomor 3, ISSN 258-264
F. Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
G. Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
H. Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta
I. Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press
J. Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.
K. Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3 rd edition.
Details ...
Mata kuliah ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kema mpuan dalam menganalisis permasalahan statistik yang muncul dalam kegiata n pembelajaran disekolah ataupun dalam penelitian pendidikan. Sehingga diharap kan dapat menjadi dasar bagi mahasiswa sebagai uji statistik yang layak untuk dijadikan bahan uji dalam penelitian tesis.
Materi Pembelajaran:
Mata kuliah ini memuat pengertian statistika, pengumpulan dan penyajian data, ukuran pemusatan, penyebaran, persyaratan uji hipotesis, pengujian hipotesis, interpretasi hasil uji hipotesis, anava, regresi, anakova, analisis jalur, dan penarikan kesimpulan.
Learning OutcomesSetelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah statistika, mahasiswa mampu:
CPMK 1 :
Mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitian, memposisikan dalam peta penelitian, dan menganalisis hasil sintesis teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan dalam pengembangan sistem pendidikan pada berbagai jenis dan jenjang secara efektif, efisien, dan mandiri melalui pendekatan interdisiplin/ multi disiplin. ( P5, KU4, S9)
CPMK 2 :
Mengidentifikasi dan menganalisis bidang keilmuan yang menjadi objek penelitian pengembangan dan memposisikan ke dalam suatu skema penyelesaian masalah yang lebih menyeluruh dan bersifat interdisiplin dan multidisiplin sebagai bentuk implementasi pengelolaan pembelajaran pada tingkat pendidikan tinggi. ESD (P6, KK2)
CPMK 3 :
Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin serta mendokumentasikan data hasil penelitian dalam menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. (KU8, KK4)
References
A. Azwar Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
B. Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.
C. Kerlinger, F.N., 1998. Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
D. Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.
E. Muh. Prayito, Nizaruddin dan Andani. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match Dan Problem Posing Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Imajinaer volume 3 Noomor 3, ISSN 258-264
F. Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
G. Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
H. Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta
I. Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press
J. Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.
K. Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3 rd edition.
Details ...
Mata kuliah ini memuat pengertian statistika, pengumpulan dan penyajian data, ukuran pemusatan, penyebaran, persyaratan uji hipotesis, pengujian hipotesis, interpretasi hasil uji hipotesis, anava, regresi, anakova, analisis jalur, dan penarikan kesimpulan
Learning Outcomes
CPMK 1 |
Memahami, mengeskspolari, dan mengembangkan ruang lingkup perkuliahan; tentang Pengantar Statistik,Statistik Deskriptif (penyajian data, ukuran sentral dan ukuran penyebaran) |
CPMK 2 |
Memahami, mengeskspolari, dan mengembangkan ruang lingkup perkuliahan; tentang uji prasyarat |
CPMK 3 |
Memahami, mengeskspolari, dan mengembangkan ruang lingkup perkuliahan; tentang uji beda |
CPMK 4 |
Memahami, mengeskspolari, dan mengembangkan ruang lingkup perkuliahan; tentang uji Anava |
CPMK 5 |
Memahami, mengeskspolari, dan mengembangkan ruang lingkup perkuliahan; tentang Regresi dan Korelasi |
CPMK 6 |
Memahami, mengeskspolari, dan mengembangkan ruang lingkup perkuliahan; tentang Anakova, Analisis jalur, dan praktik SPSS |
- Azwar Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.
- Kerlinger, F.N., 1998. Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
- Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.
- Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
- Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
- Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta
- Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press
- Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.
- Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition.
Details ...
Mata kuliah ini memuat pengertian statistika, pengumpulan dan penyajian data, ukuran pemusatan, penyebaran, persyaratan uji hipotesis, pengujian hipotesis, interpretasi hasil uji hipotesis, anava, regresi, anakova, analisis jalur, dan penarikan kesimpulan
Learning Outcomes
CPMK 1 |
Memahami, mengeskspolari, dan mengembangkan ruang lingkup perkuliahan; tentang Pengantar Statistik,Statistik Deskriptif (penyajian data, ukuran sentral dan ukuran penyebaran) |
CPMK 2 |
Memahami, mengeskspolari, dan mengembangkan ruang lingkup perkuliahan; tentang uji prasyarat |
CPMK 3 |
Memahami, mengeskspolari, dan mengembangkan ruang lingkup perkuliahan; tentang uji beda |
CPMK 4 |
Memahami, mengeskspolari, dan mengembangkan ruang lingkup perkuliahan; tentang uji Anava |
CPMK 5 |
Memahami, mengeskspolari, dan mengembangkan ruang lingkup perkuliahan; tentang Regresi dan Korelasi |
CPMK 6 |
Memahami, mengeskspolari, dan mengembangkan ruang lingkup perkuliahan; tentang Anakova, Analisis jalur, dan praktik SPSS |
- Azwar Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.
- Kerlinger, F.N., 1998. Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
- Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.
- Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
- Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
- Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta
- Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press
- Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.
- Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition.
Details ...
Mata kuliah ini memuat pengertian statistika, pengumpulan dan penyajian data, ukuran pemusatan, penyebaran, persyaratan uji hipotesis, pengujian hipotesis, interpretasi hasil uji hipotesis, anava, regresi, anakova, analisis jalur, dan penarikan kesimpulan
Learning Outcomes
CPMK 1 |
Memahami, mengeskspolari, dan mengembangkan ruang lingkup perkuliahan; tentang Pengantar Statistik,Statistik Deskriptif (penyajian data, ukuran sentral dan ukuran penyebaran) |
CPMK 2 |
Memahami, mengeskspolari, dan mengembangkan ruang lingkup perkuliahan; tentang uji prasyarat |
CPMK 3 |
Memahami, mengeskspolari, dan mengembangkan ruang lingkup perkuliahan; tentang uji beda |
CPMK 4 |
Memahami, mengeskspolari, dan mengembangkan ruang lingkup perkuliahan; tentang uji Anava |
CPMK 5 |
Memahami, mengeskspolari, dan mengembangkan ruang lingkup perkuliahan; tentang Regresi dan Korelasi |
CPMK 6 |
Memahami, mengeskspolari, dan mengembangkan ruang lingkup perkuliahan; tentang Anakova, Analisis jalur, dan praktik SPSS |
- Azwar Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.
- Kerlinger, F.N., 1998. Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
- Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.
- Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
- Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
- Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta
- Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press
- Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.
- Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition.
Details ...
-
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Progdi:
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan kedalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan inter disiplin atau multi disiplin.
- Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas.
- Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan.
- Mampu memberikan layanan konsultasi manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah dalam bidang manajemen pendidikan.
- Mengembangkan teori, konsep, dan prinsip perilaku organisasi untuk melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan
Capaian Pembelajaran MK: Mampumelaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multi disiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu pendidikan..
- Sikap :Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahlian secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
- Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pendidikan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
- Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan
- Pengetahuan: Mengembangkan teori, konsep, dan pengambilan keputusan, manajemen peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan secara sistematis
Daftar Pustaka:
Azwar Saifuddin. 2010. MetodePenelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.
Kerlinger, F.N., 1998. Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-AsasPenelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.
Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. AplikasiStatistikadalamPenelitian. Bandung: Pustaka Setia.
Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta
Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologidan Pendidikan. Malang: UMM Press
Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. PengantarStatistika. Jakarta: BumiAksara.
Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition
Details ...
-
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Progdi:
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan kedalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan inter disiplin atau multi disiplin.
- Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas.
- Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan.
- Mampu memberikan layanan konsultasi manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah dalam bidang manajemen pendidikan.
- Mengembangkan teori, konsep, dan prinsip perilaku organisasi untuk melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan
Capaian Pembelajaran MK: Mampumelaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multi disiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu pendidikan..
- Sikap :Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahlian secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
- Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pendidikan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
- Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan
- Pengetahuan: Mengembangkan teori, konsep, dan pengambilan keputusan, manajemen peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan secara sistematis
Daftar Pustaka:
Azwar Saifuddin. 2010. MetodePenelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.
Kerlinger, F.N., 1998. Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-AsasPenelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.
Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. AplikasiStatistikadalamPenelitian. Bandung: Pustaka Setia.
Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta
Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologidan Pendidikan. Malang: UMM Press
Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. PengantarStatistika. Jakarta: BumiAksara.
Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition
Details ...
-
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Progdi:
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan kedalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan inter disiplin atau multi disiplin.
- Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas.
- Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan.
- Mampu memberikan layanan konsultasi manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah dalam bidang manajemen pendidikan.
- Mengembangkan teori, konsep, dan prinsip perilaku organisasi untuk melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan
Capaian Pembelajaran MK: Mampumelaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multi disiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu pendidikan..
- Sikap :Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahlian secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
- Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pendidikan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
- Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan
- Pengetahuan: Mengembangkan teori, konsep, dan pengambilan keputusan, manajemen peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan secara sistematis
Daftar Pustaka:
Azwar Saifuddin. 2010. MetodePenelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.
Kerlinger, F.N., 1998. Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-AsasPenelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.
Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. AplikasiStatistikadalamPenelitian. Bandung: Pustaka Setia.
Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta
Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologidan Pendidikan. Malang: UMM Press
Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. PengantarStatistika. Jakarta: BumiAksara.
Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition
Details ...
-
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Progdi:
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan kedalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan inter disiplin atau multi disiplin.
- Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas.
- Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan.
- Mampu memberikan layanan konsultasi manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah dalam bidang manajemen pendidikan.
- Mengembangkan teori, konsep, dan prinsip perilaku organisasi untuk melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan
Capaian Pembelajaran MK: Mampumelaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multi disiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu pendidikan..
- Sikap :Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahlian secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
- Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pendidikan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
- Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan
- Pengetahuan: Mengembangkan teori, konsep, dan pengambilan keputusan, manajemen peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan secara sistematis
Daftar Pustaka:
Azwar Saifuddin. 2010. MetodePenelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.
Kerlinger, F.N., 1998. Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-AsasPenelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.
Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. AplikasiStatistikadalamPenelitian. Bandung: Pustaka Setia.
Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta
Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologidan Pendidikan. Malang: UMM Press
Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. PengantarStatistika. Jakarta: BumiAksara.
Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition
Details ...
-
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Progdi:
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan kedalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan inter disiplin atau multi disiplin.
- Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas.
- Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan.
- Mampu memberikan layanan konsultasi manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah dalam bidang manajemen pendidikan.
- Mengembangkan teori, konsep, dan prinsip perilaku organisasi untuk melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan
Capaian Pembelajaran MK: Mampumelaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multi disiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu pendidikan..
- Sikap :Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahlian secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
- Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pendidikan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
- Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan
- Pengetahuan: Mengembangkan teori, konsep, dan pengambilan keputusan, manajemen peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan secara sistematis
Daftar Pustaka:
Azwar Saifuddin. 2010. MetodePenelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.
Kerlinger, F.N., 1998. Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-AsasPenelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.
Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. AplikasiStatistikadalamPenelitian. Bandung: Pustaka Setia.
Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta
Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologidan Pendidikan. Malang: UMM Press
Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. PengantarStatistika. Jakarta: BumiAksara.
Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition
Details ...