Statistika, Curriculum : 2016


Courser in EnglishSTATISTICS
ProgramManajemen Pendidikan
SKS3 SKS
RPS34 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

-

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Progdi:

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  2. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan kedalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan inter disiplin atau multi disiplin.
  3. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas.
  4. Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan.
  5. Mampu memberikan layanan konsultasi manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah dalam bidang manajemen pendidikan.
  6. Mengembangkan teori, konsep, dan prinsip perilaku organisasi untuk melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan

Capaian Pembelajaran MK: Mampumelaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multi disiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu pendidikan..

  1. Sikap :Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahlian secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
  2. Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pendidikan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
  3. Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan
  4. Pengetahuan: Mengembangkan teori, konsep, dan  pengambilan keputusan, manajemen peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan secara sistematis

References

Daftar Pustaka:

Azwar Saifuddin. 2010. MetodePenelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.

Kerlinger, F.N., 1998.  Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-AsasPenelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.

Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. AplikasiStatistikadalamPenelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito

Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta

Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologidan Pendidikan. Malang: UMM Press

Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. PengantarStatistika. Jakarta: BumiAksara. 

Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition

 


Details ...
Course Descriptions

-

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Progdi:

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  2. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan kedalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan inter disiplin atau multi disiplin.
  3. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas.
  4. Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan.
  5. Mampu memberikan layanan konsultasi manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah dalam bidang manajemen pendidikan.
  6. Mengembangkan teori, konsep, dan prinsip perilaku organisasi untuk melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan

Capaian Pembelajaran MK: Mampumelaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multi disiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu pendidikan..

  1. Sikap :Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahlian secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
  2. Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pendidikan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
  3. Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan
  4. Pengetahuan: Mengembangkan teori, konsep, dan  pengambilan keputusan, manajemen peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan secara sistematis

References

Daftar Pustaka:

Azwar Saifuddin. 2010. MetodePenelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.

Kerlinger, F.N., 1998.  Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-AsasPenelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.

Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. AplikasiStatistikadalamPenelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito

Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta

Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologidan Pendidikan. Malang: UMM Press

Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. PengantarStatistika. Jakarta: BumiAksara. 

Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition

 


Details ...
Course Descriptions

-

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Progdi:

  1. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  2. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan kedalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan inter disiplin atau multi disiplin.
  3. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas.
  4. Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan.
  5. Mampu memberikan layanan konsultasi manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah dalam bidang manajemen pendidikan.
  6. Mengembangkan teori, konsep, dan prinsip perilaku organisasi untuk melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan

Capaian Pembelajaran MK: Mampumelaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan dengan menggunakan pendekatan iterdisplin dan atau multi disiplin berdasarkan teori, konsep dan prinsip manajemen mutu pendidikan..

  1. Sikap :Menjunjung tinggi nilai kemanusian dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sesuai bidang keahlian secara mandiri serta berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan Pancasila
  2. Keterampilan Umum: Mampu mengidentifikasi dan dan mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah pendidikan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
  3. Keterampilan Khusus: Mampu mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan
  4. Pengetahuan: Mengembangkan teori, konsep, dan  pengambilan keputusan, manajemen peningkatan mutu pendidikan, kebijakan pendidikan untuk mengorganisasikan sumber daya pendidikan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan secara sistematis

References

Daftar Pustaka:

Azwar Saifuddin. 2010. MetodePenelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.

Kerlinger, F.N., 1998.  Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-AsasPenelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.

Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. AplikasiStatistikadalamPenelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito

Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta

Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologidan Pendidikan. Malang: UMM Press

Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. PengantarStatistika. Jakarta: BumiAksara. 

Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memuat pengertian statistika, pengumpulan dan penyajian data, ukuran pemusatan, penyebaran, persyaratan uji hipotesis,

                                         pengujian hipotesis, interpretasi hasil uji hipotesis, anava, regresi, anakova, analisis jalur, dan penarikan kesimpulan.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menjelaskan tentang data, penyajian data, berbagai analisis data dan melakukan uji hipotesis

References

  1. Azwar Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.
  3. Kerlinger, F.N., 1998.  Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
  4. Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.
  5. Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
  6. Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
  7. Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta
  8. Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologidan Pendidikan. Malang: UMM Press
  9. Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara. 
  10. Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memuat pengertian statistika, pengumpulan dan penyajian data, ukuran pemusatan, penyebaran, persyaratan uji hipotesis,

                                         pengujian hipotesis, interpretasi hasil uji hipotesis, anava, regresi, anakova, analisis jalur, dan penarikan kesimpulan.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menjelaskan tentang data, penyajian data, berbagai analisis data dan melakukan uji hipotesis

References

  1. Azwar Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.
  3. Kerlinger, F.N., 1998.  Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
  4. Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.
  5. Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
  6. Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
  7. Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta
  8. Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologidan Pendidikan. Malang: UMM Press
  9. Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara. 
  10. Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memuat pengertian statistika, pengumpulan dan penyajian data, ukuran pemusatan, penyebaran, persyaratan uji hipotesis, pengujian hipotesis, interpretasi hasil uji hipotesis, anava, regresi, anakova, analisis jalur, dan penarikan kesimpulan.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah Statistika Pendidikan ini mahasiswa akan dapat menjelaskan tentang data, berbagai analisis data dan melakukan uji hipotesis

References

  1. Azwar Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.
  3. Kerlinger, F.N., 1998.  Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
  4. Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.
  5. Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
  6. Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
  7. Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta
  8. Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press
  9. Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara. 
  10. Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memuat pengertian statistika, pengumpulan dan penyajian data, ukuran pemusatan, penyebaran, persyaratan uji hipotesis, pengujian hipotesis, interpretasi hasil uji hipotesis, anava, regresi, anakova, analisis jalur, dan penarikan kesimpulan.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah Statistika Pendidikan ini mahasiswa akan dapat menjelaskan tentang data, berbagai analisis data dan melakukan uji hipotesis

References

  1. Azwar Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.
  3. Kerlinger, F.N., 1998.  Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
  4. Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.
  5. Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
  6. Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
  7. Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta
  8. Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press
  9. Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara. 
  10. Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memuat pengertian statistika, pengumpulan dan penyajian data, ukuran pemusatan, penyebaran, persyaratan uji hipotesis, pengujian hipotesis, interpretasi hasil uji hipotesis, anava, regresi, anakova, analisis jalur, dan penarikan kesimpulan.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah Statistika Pendidikan ini mahasiswa akan dapat menjelaskan tentang data, berbagai analisis data dan melakukan uji hipotesis

References

  1. Azwar Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP-Press.
  3. Kerlinger, F.N., 1998.  Foundation of Behavioral Research, 3rd edition (Asas-Asas Penelitian Behavioral), Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
  4. Mood, A.M., Franklin A.G., & Duane C.B. 1985. Introduction to The Theory of Statistics. Singapore: Mc.Graw-Hill.
  5. Somantri, A., dan Sambas Ali M. 2006. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
  6. Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
  7. Supranto. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Rineka Cipta: Jakarta
  8. Tulus Winarsunu, 2009. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press
  9. Usaman, H., & Akbar, RPS., 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara. 
  10. Walpole R & Meyer. 1982. Introduction to Statistics 3rd edition.


Details ...
Course Descriptions

-

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...
Course Descriptions

-

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...
Course Descriptions

-

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...
Course Descriptions

-

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...