Pendidikan Inklusi, Curriculum : 2015


Courser in EnglishINCLUSIVE EDUCATION
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS37 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen kebutuhan siswa, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi.

Learning Outcomes

  1. Mampu mengidentifikasi pengertian anak berkebutuhan khusus
  2. Mampu menjelaskan karakteristik anak berkebutuhan khusus berdasarkan jenisnya
  3. Mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan inklusi
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
  5. mahasiswa Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
  6. Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi
  7. Mahasiswa mampu menjelaskan asesmen kebutuhan siswa pada setting kelas inklusi
  8. Mahasiswa mampu menganalisis implementasi pendidikan bagi anak berkebutuhan khususnya di SD inklusi

References

  1. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
  3. buku diktat perkuliahan oleh Eka Sari S., M.Pd dan Khusnul Fajriyah., M.Pd


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen kebutuhan siswa, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi.

Learning Outcomes

  1. Mampu mengidentifikasi pengertian anak berkebutuhan khusus
  2. Mampu menjelaskan karakteristik anak berkebutuhan khusus berdasarkan jenisnya
  3. Mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan inklusi
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
  5. mahasiswa Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
  6. Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi
  7. Mahasiswa mampu menjelaskan asesmen kebutuhan siswa pada setting kelas inklusi
  8. Mahasiswa mampu menganalisis implementasi pendidikan bagi anak berkebutuhan khususnya di SD inklusi

References

  1. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
  3. buku diktat perkuliahan oleh Eka Sari S., M.Pd dan Khusnul Fajriyah., M.Pd


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen kebutuhan siswa, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi.

Learning Outcomes

  1. Mampu mengidentifikasi pengertian anak berkebutuhan khusus
  2. Mampu menjelaskan karakteristik anak berkebutuhan khusus berdasarkan jenisnya
  3. Mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan inklusi
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
  5. mahasiswa Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
  6. Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi
  7. Mahasiswa mampu menjelaskan asesmen kebutuhan siswa pada setting kelas inklusi
  8. Mahasiswa mampu menganalisis implementasi pendidikan bagi anak berkebutuhan khususnya di SD inklusi

References

  1. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
  3. buku diktat perkuliahan oleh Eka Sari S., M.Pd dan Khusnul Fajriyah., M.Pd


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen kebutuhan siswa, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi.

Learning Outcomes

  1. Mampu mengidentifikasi pengertian anak berkebutuhan khusus
  2. Mampu menjelaskan karakteristik anak berkebutuhan khusus berdasarkan jenisnya
  3. Mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan inklusi
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
  5. mahasiswa Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
  6. Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi
  7. Mahasiswa mampu menjelaskan asesmen kebutuhan siswa pada setting kelas inklusi
  8. Mahasiswa mampu menganalisis implementasi pendidikan bagi anak berkebutuhan khususnya di SD inklusi

References

  1. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
  3. buku diktat perkuliahan oleh Eka Sari S., M.Pd dan Khusnul Fajriyah., M.Pd


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen kebutuhan siswa, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi.

Learning Outcomes

  1. Mampu mengidentifikasi pengertian anak berkebutuhan khusus
  2. Mampu menjelaskan karakteristik anak berkebutuhan khusus berdasarkan jenisnya
  3. Mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan inklusi
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
  5. mahasiswa Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
  6. Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi
  7. Mahasiswa mampu menjelaskan asesmen kebutuhan siswa pada setting kelas inklusi
  8. Mahasiswa mampu menganalisis implementasi pendidikan bagi anak berkebutuhan khususnya di SD inklusi

References

  1. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
  3. buku diktat perkuliahan oleh Eka Sari S., M.Pd dan Khusnul Fajriyah., M.Pd


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi.

Learning Outcomes

  1. Mampu mengidentifikasi pengertian anak berkebutuhan khusus
  2. Mampu menjelaskan karakteristik anak berkebutuhan khusus berdasarkan jenisnya
  3. Mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan inklusi
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
  5. mahasiswa Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
  6. Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi
  7. Mahasiswa mampu menjelaskan asesmen hasil belajar pada setting kelas inklusi
  8. Mahasiswa mampu menganalisis implementasi pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di SD inklusi

References

  1. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
  3. buku diktat perkuliahan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi.

Learning Outcomes

  1. Mampu mengidentifikasi pengertian anak berkebutuhan khusus
  2. Mampu menjelaskan karakteristik anak berkebutuhan khusus berdasarkan jenisnya
  3. Mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan inklusi
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
  5. mahasiswa Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
  6. Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi
  7. Mahasiswa mampu menjelaskan asesmen hasil belajar pada setting kelas inklusi
  8. Mahasiswa mampu menganalisis implementasi pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di SD inklusi

References

  1. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
  3. buku diktat perkuliahan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi.

Learning Outcomes

  1. Mampu mengidentifikasi pengertian anak berkebutuhan khusus
  2. Mampu menjelaskan karakteristik anak berkebutuhan khusus berdasarkan jenisnya
  3. Mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan inklusi
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
  5. mahasiswa Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
  6. Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi
  7. Mahasiswa mampu menjelaskan asesmen hasil belajar pada setting kelas inklusi
  8. Mahasiswa mampu menganalisis implementasi pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di SD inklusi

References

  1. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
  3. buku diktat perkuliahan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi.

Learning Outcomes

  1. Mampu mengidentifikasi pengertian anak berkebutuhan khusus
  2. Mampu menjelaskan karakteristik anak berkebutuhan khusus berdasarkan jenisnya
  3. Mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan inklusi
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
  5. mahasiswa Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
  6. Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi
  7. Mahasiswa mampu menjelaskan asesmen hasil belajar pada setting kelas inklusi
  8. Mahasiswa mampu menganalisis implementasi pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di SD inklusi

References

  1. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
  3. buku diktat perkuliahan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi.

Learning Outcomes

  1. Mampu mengidentifikasi pengertian anak berkebutuhan khusus
  2. Mampu menjelaskan karakteristik anak berkebutuhan khusus berdasarkan jenisnya
  3. Mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan inklusi
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
  5. mahasiswa Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
  6. Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi
  7. Mahasiswa mampu menjelaskan asesmen hasil belajar pada setting kelas inklusi
  8. Mahasiswa mampu menganalisis implementasi pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di SD inklusi

References

  1. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
  3. buku diktat perkuliahan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi.

Learning Outcomes

  1. Mampu mengidentifikasi pengertian anak berkebutuhan khusus
  2. Mampu menjelaskan karakteristik anak berkebutuhan khusus berdasarkan jenisnya
  3. Mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan inklusi
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
  5. mahasiswa Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
  6. Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi
  7. Mahasiswa mampu menjelaskan asesmen hasil belajar pada setting kelas inklusi
  8. Mahasiswa mampu menganalisis implementasi pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di SD inklusi

References

  1. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
  3. buku diktat perkuliahan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi.Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi.

Learning Outcomes

  1. Mampu mengidentifikasi pengertian anak berkebutuhan khusus
  2. Mampu menjelaskan karakteristik anak berkebutuhan khusus berdasarkan jenisnya
  3. Mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan inklusi
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
  5. Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
  6. Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi
  7. Mahasiswa mampu menjelaskan asesmen hasil belajar pada setting kelas inklusi
  8. Mahasiswa mampu menganalisis implementasi pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di SD inklusi

References

  1. Buku Pendidikan Inklusi oleh Tim Pengampu
  2. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.


Details ...