Courser in English | INCLUSIVE EDUCATION |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 37 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen kebutuhan siswa, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi.
Learning Outcomes- Mampu mengidentifikasi pengertian anak berkebutuhan khusus
- Mampu menjelaskan karakteristik anak berkebutuhan khusus berdasarkan jenisnya
- Mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan inklusi
- Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
- mahasiswa Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
- Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi
- Mahasiswa mampu menjelaskan asesmen kebutuhan siswa pada setting kelas inklusi
- Mahasiswa mampu menganalisis implementasi pendidikan bagi anak berkebutuhan khususnya di SD inklusi
- Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
- buku diktat perkuliahan oleh Eka Sari S., M.Pd dan Khusnul Fajriyah., M.Pd
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen kebutuhan siswa, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi.
Learning Outcomes- Mampu mengidentifikasi pengertian anak berkebutuhan khusus
- Mampu menjelaskan karakteristik anak berkebutuhan khusus berdasarkan jenisnya
- Mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan inklusi
- Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
- mahasiswa Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
- Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi
- Mahasiswa mampu menjelaskan asesmen kebutuhan siswa pada setting kelas inklusi
- Mahasiswa mampu menganalisis implementasi pendidikan bagi anak berkebutuhan khususnya di SD inklusi
- Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
- buku diktat perkuliahan oleh Eka Sari S., M.Pd dan Khusnul Fajriyah., M.Pd
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen kebutuhan siswa, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi.
Learning Outcomes- Mampu mengidentifikasi pengertian anak berkebutuhan khusus
- Mampu menjelaskan karakteristik anak berkebutuhan khusus berdasarkan jenisnya
- Mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan inklusi
- Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
- mahasiswa Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
- Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi
- Mahasiswa mampu menjelaskan asesmen kebutuhan siswa pada setting kelas inklusi
- Mahasiswa mampu menganalisis implementasi pendidikan bagi anak berkebutuhan khususnya di SD inklusi
- Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
- buku diktat perkuliahan oleh Eka Sari S., M.Pd dan Khusnul Fajriyah., M.Pd
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen kebutuhan siswa, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi.
Learning Outcomes- Mampu mengidentifikasi pengertian anak berkebutuhan khusus
- Mampu menjelaskan karakteristik anak berkebutuhan khusus berdasarkan jenisnya
- Mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan inklusi
- Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
- mahasiswa Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
- Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi
- Mahasiswa mampu menjelaskan asesmen kebutuhan siswa pada setting kelas inklusi
- Mahasiswa mampu menganalisis implementasi pendidikan bagi anak berkebutuhan khususnya di SD inklusi
- Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
- buku diktat perkuliahan oleh Eka Sari S., M.Pd dan Khusnul Fajriyah., M.Pd
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen kebutuhan siswa, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi.
Learning Outcomes- Mampu mengidentifikasi pengertian anak berkebutuhan khusus
- Mampu menjelaskan karakteristik anak berkebutuhan khusus berdasarkan jenisnya
- Mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan inklusi
- Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
- mahasiswa Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
- Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi
- Mahasiswa mampu menjelaskan asesmen kebutuhan siswa pada setting kelas inklusi
- Mahasiswa mampu menganalisis implementasi pendidikan bagi anak berkebutuhan khususnya di SD inklusi
- Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
- buku diktat perkuliahan oleh Eka Sari S., M.Pd dan Khusnul Fajriyah., M.Pd
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi.
Learning Outcomes- Mampu mengidentifikasi pengertian anak berkebutuhan khusus
- Mampu menjelaskan karakteristik anak berkebutuhan khusus berdasarkan jenisnya
- Mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan inklusi
- Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
- mahasiswa Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
- Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi
- Mahasiswa mampu menjelaskan asesmen hasil belajar pada setting kelas inklusi
- Mahasiswa mampu menganalisis implementasi pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di SD inklusi
- Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
- buku diktat perkuliahan
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi.
Learning Outcomes- Mampu mengidentifikasi pengertian anak berkebutuhan khusus
- Mampu menjelaskan karakteristik anak berkebutuhan khusus berdasarkan jenisnya
- Mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan inklusi
- Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
- mahasiswa Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
- Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi
- Mahasiswa mampu menjelaskan asesmen hasil belajar pada setting kelas inklusi
- Mahasiswa mampu menganalisis implementasi pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di SD inklusi
- Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
- buku diktat perkuliahan
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi.
Learning Outcomes- Mampu mengidentifikasi pengertian anak berkebutuhan khusus
- Mampu menjelaskan karakteristik anak berkebutuhan khusus berdasarkan jenisnya
- Mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan inklusi
- Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
- mahasiswa Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
- Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi
- Mahasiswa mampu menjelaskan asesmen hasil belajar pada setting kelas inklusi
- Mahasiswa mampu menganalisis implementasi pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di SD inklusi
- Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
- buku diktat perkuliahan
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi.
Learning Outcomes- Mampu mengidentifikasi pengertian anak berkebutuhan khusus
- Mampu menjelaskan karakteristik anak berkebutuhan khusus berdasarkan jenisnya
- Mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan inklusi
- Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
- mahasiswa Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
- Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi
- Mahasiswa mampu menjelaskan asesmen hasil belajar pada setting kelas inklusi
- Mahasiswa mampu menganalisis implementasi pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di SD inklusi
- Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
- buku diktat perkuliahan
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi.
Learning Outcomes- Mampu mengidentifikasi pengertian anak berkebutuhan khusus
- Mampu menjelaskan karakteristik anak berkebutuhan khusus berdasarkan jenisnya
- Mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan inklusi
- Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
- mahasiswa Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
- Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi
- Mahasiswa mampu menjelaskan asesmen hasil belajar pada setting kelas inklusi
- Mahasiswa mampu menganalisis implementasi pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di SD inklusi
- Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
- buku diktat perkuliahan
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi.
Learning Outcomes- Mampu mengidentifikasi pengertian anak berkebutuhan khusus
- Mampu menjelaskan karakteristik anak berkebutuhan khusus berdasarkan jenisnya
- Mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan inklusi
- Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
- mahasiswa Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
- Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi
- Mahasiswa mampu menjelaskan asesmen hasil belajar pada setting kelas inklusi
- Mahasiswa mampu menganalisis implementasi pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di SD inklusi
- Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
- buku diktat perkuliahan
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi.Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi.
Learning Outcomes- Mampu mengidentifikasi pengertian anak berkebutuhan khusus
- Mampu menjelaskan karakteristik anak berkebutuhan khusus berdasarkan jenisnya
- Mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan inklusi
- Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
- Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
- Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi
- Mahasiswa mampu menjelaskan asesmen hasil belajar pada setting kelas inklusi
- Mahasiswa mampu menganalisis implementasi pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di SD inklusi
- Buku Pendidikan Inklusi oleh Tim Pengampu
- Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
Details ...