Pendidikan Inklusi, Curriculum : 2015


Courser in EnglishINCLUSIVE EDUCATION
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS37 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi.Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi.

Learning Outcomes

  1. Mampu mengidentifikasi pengertian anak berkebutuhan khusus
  2. Mampu menjelaskan karakteristik anak berkebutuhan khusus berdasarkan jenisnya
  3. Mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan inklusi
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
  5. Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
  6. Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi
  7. Mahasiswa mampu menjelaskan asesmen hasil belajar pada setting kelas inklusi
  8. Mahasiswa mampu menganalisis implementasi pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di SD inklusi

References

  1. Buku Pendidikan Inklusi oleh Tim Pengampu
  2. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi.Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi.

Learning Outcomes

  1. Mampu mengidentifikasi pengertian anak berkebutuhan khusus
  2. Mampu menjelaskan karakteristik anak berkebutuhan khusus berdasarkan jenisnya
  3. Mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan inklusi
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
  5. Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
  6. Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi
  7. Mahasiswa mampu menjelaskan asesmen hasil belajar pada setting kelas inklusi
  8. Mahasiswa mampu menganalisis implementasi pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di SD inklusi

References

  1. Buku Pendidikan Inklusi oleh Tim Pengampu
  2. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi.Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi.

Learning Outcomes

  1. Mampu mengidentifikasi pengertian anak berkebutuhan khusus
  2. Mampu menjelaskan karakteristik anak berkebutuhan khusus berdasarkan jenisnya
  3. Mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan inklusi
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
  5. Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
  6. Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi
  7. Mahasiswa mampu menjelaskan asesmen hasil belajar pada setting kelas inklusi
  8. Mahasiswa mampu menganalisis implementasi pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di SD inklusi

References

  1. Buku Pendidikan Inklusi oleh Tim Pengampu
  2. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi.Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi.

Learning Outcomes

  1. Mampu mengidentifikasi pengertian anak berkebutuhan khusus
  2. Mampu menjelaskan karakteristik anak berkebutuhan khusus berdasarkan jenisnya
  3. Mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan inklusi
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
  5. Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
  6. Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi
  7. Mahasiswa mampu menjelaskan asesmen hasil belajar pada setting kelas inklusi
  8. Mahasiswa mampu menganalisis implementasi pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di SD inklusi

References

  1. Buku Pendidikan Inklusi oleh Tim Pengampu
  2. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi.Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi.

Learning Outcomes

  1. Mampu mengidentifikasi pengertian anak berkebutuhan khusus
  2. Mampu menjelaskan karakteristik anak berkebutuhan khusus berdasarkan jenisnya
  3. Mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan inklusi
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
  5. Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
  6. Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi
  7. Mahasiswa mampu menjelaskan asesmen hasil belajar pada setting kelas inklusi
  8. Mahasiswa mampu menganalisis implementasi pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di SD inklusi

References

  1. Buku Pendidikan Inklusi oleh Tim Pengampu
  2. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.


Details ...
Course Descriptions

CPL Mata kuliah Pendidikan Inklusi adalah matakuliah pilihan dengan bobot 2 sks dengan bentuk 2 sks teori dan praktik ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu  menganalisis serta menguasai tentang implementasi pendidikan inklusi dan sekolah ramah anak, sejarah pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, Peran guru kelas  dan orangtua dalam pendidikan inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi, dan manajemen sekolah inklusi. Luaran mata kuliah berupa hasil analisis implementasi Pendidikan inklusi di SD, analisis kesulitan belajar ABK di sekolah penyelenggara Pendidikan inklusi, rancangan strategi pembelajaran dan bantuan/pemberian layanan BK berdasarkan pemahaman akan kesulitan belajar ABK.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah Pendidikan Inklusi melalui pembelajaran mandiri maupun kolaboratif, mahasiswa diharapkan mampu:

Menguasai ideologi pendidikan inklusi, khususnya konsep dasar landasan pendidikan inklusi, model pendidikan inklusi, menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi,  pendekatan pendidikan inklusi,menganalisis implementasi pendidikan inklusi di SD dan metode yang berorientasi pada pendidik yang unggul dan berintegritas [S11, P2, KU5]

 

mengaplikasikan langkah-langkah implementasi pendidikan inklusi implementasi pendidikan inklusi di SD untuk mengatasi permasalahan pembelajaran dan mengembangkan potensi peserta didik/ABK secara optimal berdasar  teori belajar yang relevan sebagai bentuk kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, khususnya lingkungan pendidikan [S6, P2, KU4, KK2]

 

Menguasai dan menganalisis karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik maupun psikologis, menganalisis peran guru, orangtua dan stake holder di sekolah inklusi [S9, P3, KU2, KK5]

 

References

Buku Ajar Pendidikan Inklusi oleh Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd. dan Tim Teaching

  1. Agustyawati dan Solicha. 2009. Psikologi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta. 
  2. Ashan,A & Elkin,J.(1994).Educating Children With Special needs. New York :Prentice Hall
  3. Baker,ET.(1994).Metaanalysis Evidence for non inclusive Educational practices.Desertasi.Temple University
  4. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
  5. Dedy Kustawan. 2012. Pendidikan Inklusi dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luxima Metro Media.
  6. Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB). 2007. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi. Jakarta: Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB) Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Mandikdasmen) Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).
  7. Hildegum Olsen. 2003. Pendidikan Inklusi Suatu Strategi Manuju Pendidikan Untuk Semua (Materi Lokakarya)Mataram : Direktorat PSLB.
  8. J. David Smith. 2006. Inklusi, Sekolah Ramah untuk Semua. Bandung: Penerbit Nuansa.
  9. Jurnal dan artikel hasil penelitian tentang pendidikan inklusi
  10. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  11. Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media
  12. Permendiknas nomor 70/2009 tentang Pendidikan Inklusi bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa
  13. Smith, J. David. 2012. Sekolah Inklusif: Konsep dan Penerapan Pembelajaran.  Bandung: Percetakan Nuansa.
  14. Stubbs. 2002. Pendidikan Inklusi Ketika Hanya Ada Sedikit Sumber (terjemahan). IDP Norway.
  15. UNESCO (1990). World Declaration on Education for All.
  16. UNESCO. 1994. The Salamanca Statement and Framework for Action on Special Needs Education.
  17. UU nomor 4/1997 tentang Penyandang Cacat  dan Aksesibilitas
  18. Artikel Jurnal


Details ...
Course Descriptions

CPL Mata kuliah Pendidikan Inklusi adalah matakuliah pilihan dengan bobot 2 sks dengan bentuk 2 sks teori dan praktik ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu  menganalisis serta menguasai tentang implementasi pendidikan inklusi dan sekolah ramah anak, sejarah pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, Peran guru kelas  dan orangtua dalam pendidikan inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi, dan manajemen sekolah inklusi. Luaran mata kuliah berupa hasil analisis implementasi Pendidikan inklusi di SD, analisis kesulitan belajar ABK di sekolah penyelenggara Pendidikan inklusi, rancangan strategi pembelajaran dan bantuan/pemberian layanan BK berdasarkan pemahaman akan kesulitan belajar ABK.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah Pendidikan Inklusi melalui pembelajaran mandiri maupun kolaboratif, mahasiswa diharapkan mampu:

Menguasai ideologi pendidikan inklusi, khususnya konsep dasar landasan pendidikan inklusi, model pendidikan inklusi, menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi,  pendekatan pendidikan inklusi,menganalisis implementasi pendidikan inklusi di SD dan metode yang berorientasi pada pendidik yang unggul dan berintegritas [S11, P2, KU5]

 

mengaplikasikan langkah-langkah implementasi pendidikan inklusi implementasi pendidikan inklusi di SD untuk mengatasi permasalahan pembelajaran dan mengembangkan potensi peserta didik/ABK secara optimal berdasar  teori belajar yang relevan sebagai bentuk kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, khususnya lingkungan pendidikan [S6, P2, KU4, KK2]

 

Menguasai dan menganalisis karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik maupun psikologis, menganalisis peran guru, orangtua dan stake holder di sekolah inklusi [S9, P3, KU2, KK5]

 

References

Buku Ajar Pendidikan Inklusi oleh Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd. dan Tim Teaching

  1. Agustyawati dan Solicha. 2009. Psikologi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta. 
  2. Ashan,A & Elkin,J.(1994).Educating Children With Special needs. New York :Prentice Hall
  3. Baker,ET.(1994).Metaanalysis Evidence for non inclusive Educational practices.Desertasi.Temple University
  4. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
  5. Dedy Kustawan. 2012. Pendidikan Inklusi dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luxima Metro Media.
  6. Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB). 2007. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi. Jakarta: Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB) Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Mandikdasmen) Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).
  7. Hildegum Olsen. 2003. Pendidikan Inklusi Suatu Strategi Manuju Pendidikan Untuk Semua (Materi Lokakarya)Mataram : Direktorat PSLB.
  8. J. David Smith. 2006. Inklusi, Sekolah Ramah untuk Semua. Bandung: Penerbit Nuansa.
  9. Jurnal dan artikel hasil penelitian tentang pendidikan inklusi
  10. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  11. Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media
  12. Permendiknas nomor 70/2009 tentang Pendidikan Inklusi bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa
  13. Smith, J. David. 2012. Sekolah Inklusif: Konsep dan Penerapan Pembelajaran.  Bandung: Percetakan Nuansa.
  14. Stubbs. 2002. Pendidikan Inklusi Ketika Hanya Ada Sedikit Sumber (terjemahan). IDP Norway.
  15. UNESCO (1990). World Declaration on Education for All.
  16. UNESCO. 1994. The Salamanca Statement and Framework for Action on Special Needs Education.
  17. UU nomor 4/1997 tentang Penyandang Cacat  dan Aksesibilitas
  18. Artikel Jurnal


Details ...
Course Descriptions

CPL Mata kuliah Pendidikan Inklusi adalah matakuliah pilihan dengan bobot 2 sks dengan bentuk 2 sks teori dan praktik ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu  menganalisis serta menguasai tentang implementasi pendidikan inklusi dan sekolah ramah anak, sejarah pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, Peran guru kelas  dan orangtua dalam pendidikan inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi, dan manajemen sekolah inklusi. Luaran mata kuliah berupa hasil analisis implementasi Pendidikan inklusi di SD, analisis kesulitan belajar ABK di sekolah penyelenggara Pendidikan inklusi, rancangan strategi pembelajaran dan bantuan/pemberian layanan BK berdasarkan pemahaman akan kesulitan belajar ABK.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah Pendidikan Inklusi melalui pembelajaran mandiri maupun kolaboratif, mahasiswa diharapkan mampu:

Menguasai ideologi pendidikan inklusi, khususnya konsep dasar landasan pendidikan inklusi, model pendidikan inklusi, menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi,  pendekatan pendidikan inklusi,menganalisis implementasi pendidikan inklusi di SD dan metode yang berorientasi pada pendidik yang unggul dan berintegritas [S11, P2, KU5]

 

mengaplikasikan langkah-langkah implementasi pendidikan inklusi implementasi pendidikan inklusi di SD untuk mengatasi permasalahan pembelajaran dan mengembangkan potensi peserta didik/ABK secara optimal berdasar  teori belajar yang relevan sebagai bentuk kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, khususnya lingkungan pendidikan [S6, P2, KU4, KK2]

 

Menguasai dan menganalisis karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik maupun psikologis, menganalisis peran guru, orangtua dan stake holder di sekolah inklusi [S9, P3, KU2, KK5]

 

References

Buku Ajar Pendidikan Inklusi oleh Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd. dan Tim Teaching

  1. Agustyawati dan Solicha. 2009. Psikologi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta. 
  2. Ashan,A & Elkin,J.(1994).Educating Children With Special needs. New York :Prentice Hall
  3. Baker,ET.(1994).Metaanalysis Evidence for non inclusive Educational practices.Desertasi.Temple University
  4. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
  5. Dedy Kustawan. 2012. Pendidikan Inklusi dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luxima Metro Media.
  6. Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB). 2007. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi. Jakarta: Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB) Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Mandikdasmen) Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).
  7. Hildegum Olsen. 2003. Pendidikan Inklusi Suatu Strategi Manuju Pendidikan Untuk Semua (Materi Lokakarya)Mataram : Direktorat PSLB.
  8. J. David Smith. 2006. Inklusi, Sekolah Ramah untuk Semua. Bandung: Penerbit Nuansa.
  9. Jurnal dan artikel hasil penelitian tentang pendidikan inklusi
  10. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  11. Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media
  12. Permendiknas nomor 70/2009 tentang Pendidikan Inklusi bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa
  13. Smith, J. David. 2012. Sekolah Inklusif: Konsep dan Penerapan Pembelajaran.  Bandung: Percetakan Nuansa.
  14. Stubbs. 2002. Pendidikan Inklusi Ketika Hanya Ada Sedikit Sumber (terjemahan). IDP Norway.
  15. UNESCO (1990). World Declaration on Education for All.
  16. UNESCO. 1994. The Salamanca Statement and Framework for Action on Special Needs Education.
  17. UU nomor 4/1997 tentang Penyandang Cacat  dan Aksesibilitas
  18. Artikel Jurnal


Details ...
Course Descriptions

CPL Mata kuliah Pendidikan Inklusi adalah matakuliah pilihan dengan bobot 2 sks dengan bentuk 2 sks teori dan praktik ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu  menganalisis serta menguasai tentang implementasi pendidikan inklusi dan sekolah ramah anak, sejarah pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, Peran guru kelas  dan orangtua dalam pendidikan inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi, dan manajemen sekolah inklusi. Luaran mata kuliah berupa hasil analisis implementasi Pendidikan inklusi di SD, analisis kesulitan belajar ABK di sekolah penyelenggara Pendidikan inklusi, rancangan strategi pembelajaran dan bantuan/pemberian layanan BK berdasarkan pemahaman akan kesulitan belajar ABK.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah Pendidikan Inklusi melalui pembelajaran mandiri maupun kolaboratif, mahasiswa diharapkan mampu:

Menguasai ideologi pendidikan inklusi, khususnya konsep dasar landasan pendidikan inklusi, model pendidikan inklusi, menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi,  pendekatan pendidikan inklusi,menganalisis implementasi pendidikan inklusi di SD dan metode yang berorientasi pada pendidik yang unggul dan berintegritas [S11, P2, KU5]

 

mengaplikasikan langkah-langkah implementasi pendidikan inklusi implementasi pendidikan inklusi di SD untuk mengatasi permasalahan pembelajaran dan mengembangkan potensi peserta didik/ABK secara optimal berdasar  teori belajar yang relevan sebagai bentuk kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, khususnya lingkungan pendidikan [S6, P2, KU4, KK2]

 

Menguasai dan menganalisis karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik maupun psikologis, menganalisis peran guru, orangtua dan stake holder di sekolah inklusi [S9, P3, KU2, KK5]

 

References

Buku Ajar Pendidikan Inklusi oleh Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd. dan Tim Teaching

  1. Agustyawati dan Solicha. 2009. Psikologi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta. 
  2. Ashan,A & Elkin,J.(1994).Educating Children With Special needs. New York :Prentice Hall
  3. Baker,ET.(1994).Metaanalysis Evidence for non inclusive Educational practices.Desertasi.Temple University
  4. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
  5. Dedy Kustawan. 2012. Pendidikan Inklusi dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luxima Metro Media.
  6. Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB). 2007. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi. Jakarta: Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB) Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Mandikdasmen) Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).
  7. Hildegum Olsen. 2003. Pendidikan Inklusi Suatu Strategi Manuju Pendidikan Untuk Semua (Materi Lokakarya)Mataram : Direktorat PSLB.
  8. J. David Smith. 2006. Inklusi, Sekolah Ramah untuk Semua. Bandung: Penerbit Nuansa.
  9. Jurnal dan artikel hasil penelitian tentang pendidikan inklusi
  10. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  11. Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media
  12. Permendiknas nomor 70/2009 tentang Pendidikan Inklusi bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa
  13. Smith, J. David. 2012. Sekolah Inklusif: Konsep dan Penerapan Pembelajaran.  Bandung: Percetakan Nuansa.
  14. Stubbs. 2002. Pendidikan Inklusi Ketika Hanya Ada Sedikit Sumber (terjemahan). IDP Norway.
  15. UNESCO (1990). World Declaration on Education for All.
  16. UNESCO. 1994. The Salamanca Statement and Framework for Action on Special Needs Education.
  17. UU nomor 4/1997 tentang Penyandang Cacat  dan Aksesibilitas
  18. Artikel Jurnal


Details ...
Course Descriptions

CPL Mata kuliah Pendidikan Inklusi adalah matakuliah pilihan dengan bobot 2 sks dengan bentuk 2 sks teori dan praktik ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu  menganalisis serta menguasai tentang implementasi pendidikan inklusi dan sekolah ramah anak, sejarah pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, Peran guru kelas  dan orangtua dalam pendidikan inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi, dan manajemen sekolah inklusi. Luaran mata kuliah berupa hasil analisis implementasi Pendidikan inklusi di SD, analisis kesulitan belajar ABK di sekolah penyelenggara Pendidikan inklusi, rancangan strategi pembelajaran dan bantuan/pemberian layanan BK berdasarkan pemahaman akan kesulitan belajar ABK.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah Pendidikan Inklusi melalui pembelajaran mandiri maupun kolaboratif, mahasiswa diharapkan mampu:

Menguasai ideologi pendidikan inklusi, khususnya konsep dasar landasan pendidikan inklusi, model pendidikan inklusi, menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi,  pendekatan pendidikan inklusi,menganalisis implementasi pendidikan inklusi di SD dan metode yang berorientasi pada pendidik yang unggul dan berintegritas [S11, P2, KU5]

 

mengaplikasikan langkah-langkah implementasi pendidikan inklusi implementasi pendidikan inklusi di SD untuk mengatasi permasalahan pembelajaran dan mengembangkan potensi peserta didik/ABK secara optimal berdasar  teori belajar yang relevan sebagai bentuk kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, khususnya lingkungan pendidikan [S6, P2, KU4, KK2]

 

Menguasai dan menganalisis karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik maupun psikologis, menganalisis peran guru, orangtua dan stake holder di sekolah inklusi [S9, P3, KU2, KK5]

 

References

Buku Ajar Pendidikan Inklusi oleh Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd. dan Tim Teaching

  1. Agustyawati dan Solicha. 2009. Psikologi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta. 
  2. Ashan,A & Elkin,J.(1994).Educating Children With Special needs. New York :Prentice Hall
  3. Baker,ET.(1994).Metaanalysis Evidence for non inclusive Educational practices.Desertasi.Temple University
  4. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
  5. Dedy Kustawan. 2012. Pendidikan Inklusi dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luxima Metro Media.
  6. Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB). 2007. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi. Jakarta: Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB) Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Mandikdasmen) Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).
  7. Hildegum Olsen. 2003. Pendidikan Inklusi Suatu Strategi Manuju Pendidikan Untuk Semua (Materi Lokakarya)Mataram : Direktorat PSLB.
  8. J. David Smith. 2006. Inklusi, Sekolah Ramah untuk Semua. Bandung: Penerbit Nuansa.
  9. Jurnal dan artikel hasil penelitian tentang pendidikan inklusi
  10. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  11. Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media
  12. Permendiknas nomor 70/2009 tentang Pendidikan Inklusi bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa
  13. Smith, J. David. 2012. Sekolah Inklusif: Konsep dan Penerapan Pembelajaran.  Bandung: Percetakan Nuansa.
  14. Stubbs. 2002. Pendidikan Inklusi Ketika Hanya Ada Sedikit Sumber (terjemahan). IDP Norway.
  15. UNESCO (1990). World Declaration on Education for All.
  16. UNESCO. 1994. The Salamanca Statement and Framework for Action on Special Needs Education.
  17. UU nomor 4/1997 tentang Penyandang Cacat  dan Aksesibilitas
  18. Artikel Jurnal


Details ...
Course Descriptions

CPL Mata kuliah Pendidikan Inklusi adalah matakuliah pilihan dengan bobot 2 sks dengan bentuk 2 sks teori dan praktik ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu  menganalisis serta menguasai tentang implementasi pendidikan inklusi dan sekolah ramah anak, sejarah pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, Peran guru kelas  dan orangtua dalam pendidikan inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi, dan manajemen sekolah inklusi. Luaran mata kuliah berupa hasil analisis implementasi Pendidikan inklusi di SD, analisis kesulitan belajar ABK di sekolah penyelenggara Pendidikan inklusi, rancangan strategi pembelajaran dan bantuan/pemberian layanan BK berdasarkan pemahaman akan kesulitan belajar ABK.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah Pendidikan Inklusi melalui pembelajaran mandiri maupun kolaboratif, mahasiswa diharapkan mampu:

Menguasai ideologi pendidikan inklusi, khususnya konsep dasar landasan pendidikan inklusi, model pendidikan inklusi, menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi,  pendekatan pendidikan inklusi,menganalisis implementasi pendidikan inklusi di SD dan metode yang berorientasi pada pendidik yang unggul dan berintegritas [S11, P2, KU5]

 

mengaplikasikan langkah-langkah implementasi pendidikan inklusi implementasi pendidikan inklusi di SD untuk mengatasi permasalahan pembelajaran dan mengembangkan potensi peserta didik/ABK secara optimal berdasar  teori belajar yang relevan sebagai bentuk kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, khususnya lingkungan pendidikan [S6, P2, KU4, KK2]

 

Menguasai dan menganalisis karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik maupun psikologis, menganalisis peran guru, orangtua dan stake holder di sekolah inklusi [S9, P3, KU2, KK5]

 

References

Buku Ajar Pendidikan Inklusi oleh Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd. dan Tim Teaching

  1. Agustyawati dan Solicha. 2009. Psikologi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta. 
  2. Ashan,A & Elkin,J.(1994).Educating Children With Special needs. New York :Prentice Hall
  3. Baker,ET.(1994).Metaanalysis Evidence for non inclusive Educational practices.Desertasi.Temple University
  4. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
  5. Dedy Kustawan. 2012. Pendidikan Inklusi dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luxima Metro Media.
  6. Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB). 2007. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi. Jakarta: Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB) Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Mandikdasmen) Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).
  7. Hildegum Olsen. 2003. Pendidikan Inklusi Suatu Strategi Manuju Pendidikan Untuk Semua (Materi Lokakarya)Mataram : Direktorat PSLB.
  8. J. David Smith. 2006. Inklusi, Sekolah Ramah untuk Semua. Bandung: Penerbit Nuansa.
  9. Jurnal dan artikel hasil penelitian tentang pendidikan inklusi
  10. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  11. Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media
  12. Permendiknas nomor 70/2009 tentang Pendidikan Inklusi bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa
  13. Smith, J. David. 2012. Sekolah Inklusif: Konsep dan Penerapan Pembelajaran.  Bandung: Percetakan Nuansa.
  14. Stubbs. 2002. Pendidikan Inklusi Ketika Hanya Ada Sedikit Sumber (terjemahan). IDP Norway.
  15. UNESCO (1990). World Declaration on Education for All.
  16. UNESCO. 1994. The Salamanca Statement and Framework for Action on Special Needs Education.
  17. UU nomor 4/1997 tentang Penyandang Cacat  dan Aksesibilitas
  18. Artikel Jurnal


Details ...
Course Descriptions

CPL Mata kuliah Pendidikan Inklusi adalah matakuliah pilihan dengan bobot 2 sks dengan bentuk 2 sks teori dan praktik ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu  menganalisis serta menguasai tentang implementasi pendidikan inklusi dan sekolah ramah anak, sejarah pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, Peran guru kelas  dan orangtua dalam pendidikan inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi, dan manajemen sekolah inklusi. Luaran mata kuliah berupa hasil analisis implementasi Pendidikan inklusi di SD, analisis kesulitan belajar ABK di sekolah penyelenggara Pendidikan inklusi, rancangan strategi pembelajaran dan bantuan/pemberian layanan BK berdasarkan pemahaman akan kesulitan belajar ABK.

Learning Outcomes

Setelah menempuh mata kuliah Pendidikan Inklusi melalui pembelajaran mandiri maupun kolaboratif, mahasiswa diharapkan mampu:

Menguasai ideologi pendidikan inklusi, khususnya konsep dasar landasan pendidikan inklusi, model pendidikan inklusi, menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi,  pendekatan pendidikan inklusi,menganalisis implementasi pendidikan inklusi di SD dan metode yang berorientasi pada pendidik yang unggul dan berintegritas [S11, P2, KU5]

 

mengaplikasikan langkah-langkah implementasi pendidikan inklusi implementasi pendidikan inklusi di SD untuk mengatasi permasalahan pembelajaran dan mengembangkan potensi peserta didik/ABK secara optimal berdasar  teori belajar yang relevan sebagai bentuk kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, khususnya lingkungan pendidikan [S6, P2, KU4, KK2]

 

Menguasai dan menganalisis karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik maupun psikologis, menganalisis peran guru, orangtua dan stake holder di sekolah inklusi [S9, P3, KU2, KK5]

 

References

Buku Ajar Pendidikan Inklusi oleh Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd. dan Tim Teaching

  1. Agustyawati dan Solicha. 2009. Psikologi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta. 
  2. Ashan,A & Elkin,J.(1994).Educating Children With Special needs. New York :Prentice Hall
  3. Baker,ET.(1994).Metaanalysis Evidence for non inclusive Educational practices.Desertasi.Temple University
  4. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
  5. Dedy Kustawan. 2012. Pendidikan Inklusi dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luxima Metro Media.
  6. Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB). 2007. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi. Jakarta: Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB) Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Mandikdasmen) Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).
  7. Hildegum Olsen. 2003. Pendidikan Inklusi Suatu Strategi Manuju Pendidikan Untuk Semua (Materi Lokakarya)Mataram : Direktorat PSLB.
  8. J. David Smith. 2006. Inklusi, Sekolah Ramah untuk Semua. Bandung: Penerbit Nuansa.
  9. Jurnal dan artikel hasil penelitian tentang pendidikan inklusi
  10. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  11. Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media
  12. Permendiknas nomor 70/2009 tentang Pendidikan Inklusi bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa
  13. Smith, J. David. 2012. Sekolah Inklusif: Konsep dan Penerapan Pembelajaran.  Bandung: Percetakan Nuansa.
  14. Stubbs. 2002. Pendidikan Inklusi Ketika Hanya Ada Sedikit Sumber (terjemahan). IDP Norway.
  15. UNESCO (1990). World Declaration on Education for All.
  16. UNESCO. 1994. The Salamanca Statement and Framework for Action on Special Needs Education.
  17. UU nomor 4/1997 tentang Penyandang Cacat  dan Aksesibilitas
  18. Artikel Jurnal


Details ...