Pendidikan Inklusi, Curriculum : 2015


Courser in EnglishINCLUSIVE EDUCATION
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS37 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi dan sekolah ramah anak, sejarah pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen dan evaluasi hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi, dan manajemen sekolah inklusi

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
  2. Mampu menjelaskan konsep dasar landasan pendidikan inklusi,
  3. Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
  4. Mampu menganalisis pendekatan pendidikan inklusi
  5. Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi,
  6. Mahasiswa mampu menganalisis langkah-langkah implementasi pendidikan inklusi di sekolah dan pelaksanaan pembelajaran di kelas inklusi
  7. Mahasiswa mampu menganalisis peran guru, orangtua dan stake holder di sekolah inklusi
  8. Menganalisis karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik maupun psikologis
  9. Mahasiswa mampu melakukan (observasi dan study kasus) pendidikan sd inklusi di sekolah
  10. Mahasiswa mampu melakukan (Observasi dan study kasus) Pendidikan SD Inklusi di sekolah

References

UTAMA:
 

  1. Buku Ajar Pendidikan Inklusi oleh Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd. dan Tim Teaching
  2. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
  4. Smith, J. David. 2012. Sekolah Inklusif: Konsep dan Penerapan Pembelajaran.  Bandung: Percetakan Nuansa.

PENDUKUNG:
 

  1. Agustyawati dan Solicha. 2009. Psikologi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta. 
  2. Dedy Kustawan. 2012. Pendidikan Inklusi dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luxima Metro Media.
  3. Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB). 2007. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi. Jakarta: Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB) Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Mandikdasmen) Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).
  4. Hildegum Olsen. 2003. Pendidikan Inklusi Suatu Strategi Manuju Pendidikan Untuk Semua (Materi Lokakarya)Mataram : Direktorat PSLB.
  5. J. David Smith. 2006. Inklusi, Sekolah Ramah untuk Semua. Bandung: Penerbit Nuansa.
  6. Jurnal dan artikel hasil penelitian tentang pendidikan inklusi
  7. Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media
  8. Permendiknas nomor 70/2009 tentang Pendidikan Inklusi bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa
  9. Stubbs. 2002. Pendidikan Inklusi Ketika Hanya Ada Sedikit Sumber (terjemahan). IDP Norway.
  10. Ashan,A & Elkin,J.(1994).Educating Children With Special needs. New York :Prentice Hall
  11. Baker,ET.(1994).Metaanalysis Evidence for non inclusive Educational practices.Desertasi.Temple University
  12. UNESCO. 1994. The Salamanca Statement and Framework for Action on Special Needs Education.
  13. UNESCO (1990). World Declaration on Education for All.
  14. UU nomor 4/1997 tentang Penyandang Cacat  dan Aksesibilitas


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi dan sekolah ramah anak, sejarah pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen dan evaluasi hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi, dan manajemen sekolah inklusi

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
  2. Mampu menjelaskan konsep dasar landasan pendidikan inklusi,
  3. Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
  4. Mampu menganalisis pendekatan pendidikan inklusi
  5. Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi,
  6. Mahasiswa mampu menganalisis langkah-langkah implementasi pendidikan inklusi di sekolah dan pelaksanaan pembelajaran di kelas inklusi
  7. Mahasiswa mampu menganalisis peran guru, orangtua dan stake holder di sekolah inklusi
  8. Menganalisis karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik maupun psikologis
  9. Mahasiswa mampu melakukan (observasi dan study kasus) pendidikan sd inklusi di sekolah
  10. Mahasiswa mampu melakukan (Observasi dan study kasus) Pendidikan SD Inklusi di sekolah

References

UTAMA:
 

  1. Buku Ajar Pendidikan Inklusi oleh Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd. dan Tim Teaching
  2. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
  4. Smith, J. David. 2012. Sekolah Inklusif: Konsep dan Penerapan Pembelajaran.  Bandung: Percetakan Nuansa.

PENDUKUNG:
 

  1. Agustyawati dan Solicha. 2009. Psikologi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta. 
  2. Dedy Kustawan. 2012. Pendidikan Inklusi dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luxima Metro Media.
  3. Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB). 2007. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi. Jakarta: Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB) Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Mandikdasmen) Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).
  4. Hildegum Olsen. 2003. Pendidikan Inklusi Suatu Strategi Manuju Pendidikan Untuk Semua (Materi Lokakarya)Mataram : Direktorat PSLB.
  5. J. David Smith. 2006. Inklusi, Sekolah Ramah untuk Semua. Bandung: Penerbit Nuansa.
  6. Jurnal dan artikel hasil penelitian tentang pendidikan inklusi
  7. Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media
  8. Permendiknas nomor 70/2009 tentang Pendidikan Inklusi bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa
  9. Stubbs. 2002. Pendidikan Inklusi Ketika Hanya Ada Sedikit Sumber (terjemahan). IDP Norway.
  10. Ashan,A & Elkin,J.(1994).Educating Children With Special needs. New York :Prentice Hall
  11. Baker,ET.(1994).Metaanalysis Evidence for non inclusive Educational practices.Desertasi.Temple University
  12. UNESCO. 1994. The Salamanca Statement and Framework for Action on Special Needs Education.
  13. UNESCO (1990). World Declaration on Education for All.
  14. UU nomor 4/1997 tentang Penyandang Cacat  dan Aksesibilitas


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi dan sekolah ramah anak, sejarah pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen dan evaluasi hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi, dan manajemen sekolah inklusi

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
  2. Mampu menjelaskan konsep dasar landasan pendidikan inklusi,
  3. Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
  4. Mampu menganalisis pendekatan pendidikan inklusi
  5. Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi,
  6. Mahasiswa mampu menganalisis langkah-langkah implementasi pendidikan inklusi di sekolah dan pelaksanaan pembelajaran di kelas inklusi
  7. Mahasiswa mampu menganalisis peran guru, orangtua dan stake holder di sekolah inklusi
  8. Menganalisis karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik maupun psikologis
  9. Mahasiswa mampu melakukan (observasi dan study kasus) pendidikan sd inklusi di sekolah
  10. Mahasiswa mampu melakukan (Observasi dan study kasus) Pendidikan SD Inklusi di sekolah

References

UTAMA:
 

  1. Buku Ajar Pendidikan Inklusi oleh Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd. dan Tim Teaching
  2. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
  4. Smith, J. David. 2012. Sekolah Inklusif: Konsep dan Penerapan Pembelajaran.  Bandung: Percetakan Nuansa.

PENDUKUNG:
 

  1. Agustyawati dan Solicha. 2009. Psikologi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta. 
  2. Dedy Kustawan. 2012. Pendidikan Inklusi dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luxima Metro Media.
  3. Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB). 2007. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi. Jakarta: Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB) Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Mandikdasmen) Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).
  4. Hildegum Olsen. 2003. Pendidikan Inklusi Suatu Strategi Manuju Pendidikan Untuk Semua (Materi Lokakarya)Mataram : Direktorat PSLB.
  5. J. David Smith. 2006. Inklusi, Sekolah Ramah untuk Semua. Bandung: Penerbit Nuansa.
  6. Jurnal dan artikel hasil penelitian tentang pendidikan inklusi
  7. Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media
  8. Permendiknas nomor 70/2009 tentang Pendidikan Inklusi bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa
  9. Stubbs. 2002. Pendidikan Inklusi Ketika Hanya Ada Sedikit Sumber (terjemahan). IDP Norway.
  10. Ashan,A & Elkin,J.(1994).Educating Children With Special needs. New York :Prentice Hall
  11. Baker,ET.(1994).Metaanalysis Evidence for non inclusive Educational practices.Desertasi.Temple University
  12. UNESCO. 1994. The Salamanca Statement and Framework for Action on Special Needs Education.
  13. UNESCO (1990). World Declaration on Education for All.
  14. UU nomor 4/1997 tentang Penyandang Cacat  dan Aksesibilitas


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi dan sekolah ramah anak, sejarah pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen dan evaluasi hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi, dan manajemen sekolah inklusi

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
  2. Mampu menjelaskan konsep dasar landasan pendidikan inklusi,
  3. Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
  4. Mampu menganalisis pendekatan pendidikan inklusi
  5. Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi,
  6. Mahasiswa mampu menganalisis langkah-langkah implementasi pendidikan inklusi di sekolah dan pelaksanaan pembelajaran di kelas inklusi
  7. Mahasiswa mampu menganalisis peran guru, orangtua dan stake holder di sekolah inklusi
  8. Menganalisis karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik maupun psikologis
  9. Mahasiswa mampu melakukan (observasi dan study kasus) pendidikan sd inklusi di sekolah
  10. Mahasiswa mampu melakukan (Observasi dan study kasus) Pendidikan SD Inklusi di sekolah

References

UTAMA:
 

  1. Buku Ajar Pendidikan Inklusi oleh Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd. dan Tim Teaching
  2. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
  4. Smith, J. David. 2012. Sekolah Inklusif: Konsep dan Penerapan Pembelajaran.  Bandung: Percetakan Nuansa.

PENDUKUNG:
 

  1. Agustyawati dan Solicha. 2009. Psikologi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta. 
  2. Dedy Kustawan. 2012. Pendidikan Inklusi dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luxima Metro Media.
  3. Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB). 2007. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi. Jakarta: Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB) Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Mandikdasmen) Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).
  4. Hildegum Olsen. 2003. Pendidikan Inklusi Suatu Strategi Manuju Pendidikan Untuk Semua (Materi Lokakarya)Mataram : Direktorat PSLB.
  5. J. David Smith. 2006. Inklusi, Sekolah Ramah untuk Semua. Bandung: Penerbit Nuansa.
  6. Jurnal dan artikel hasil penelitian tentang pendidikan inklusi
  7. Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media
  8. Permendiknas nomor 70/2009 tentang Pendidikan Inklusi bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa
  9. Stubbs. 2002. Pendidikan Inklusi Ketika Hanya Ada Sedikit Sumber (terjemahan). IDP Norway.
  10. Ashan,A & Elkin,J.(1994).Educating Children With Special needs. New York :Prentice Hall
  11. Baker,ET.(1994).Metaanalysis Evidence for non inclusive Educational practices.Desertasi.Temple University
  12. UNESCO. 1994. The Salamanca Statement and Framework for Action on Special Needs Education.
  13. UNESCO (1990). World Declaration on Education for All.
  14. UU nomor 4/1997 tentang Penyandang Cacat  dan Aksesibilitas


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi dan sekolah ramah anak, sejarah pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen dan evaluasi hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi, dan manajemen sekolah inklusi

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
  2. Mampu menjelaskan konsep dasar landasan pendidikan inklusi,
  3. Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
  4. Mampu menganalisis pendekatan pendidikan inklusi
  5. Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi,
  6. Mahasiswa mampu menganalisis langkah-langkah implementasi pendidikan inklusi di sekolah dan pelaksanaan pembelajaran di kelas inklusi
  7. Mahasiswa mampu menganalisis peran guru, orangtua dan stake holder di sekolah inklusi
  8. Menganalisis karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik maupun psikologis
  9. Mahasiswa mampu melakukan (observasi dan study kasus) pendidikan sd inklusi di sekolah
  10. Mahasiswa mampu melakukan (Observasi dan study kasus) Pendidikan SD Inklusi di sekolah

References

UTAMA:
 

  1. Buku Ajar Pendidikan Inklusi oleh Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd. dan Tim Teaching
  2. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
  4. Smith, J. David. 2012. Sekolah Inklusif: Konsep dan Penerapan Pembelajaran.  Bandung: Percetakan Nuansa.

PENDUKUNG:
 

  1. Agustyawati dan Solicha. 2009. Psikologi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta. 
  2. Dedy Kustawan. 2012. Pendidikan Inklusi dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luxima Metro Media.
  3. Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB). 2007. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi. Jakarta: Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB) Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Mandikdasmen) Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).
  4. Hildegum Olsen. 2003. Pendidikan Inklusi Suatu Strategi Manuju Pendidikan Untuk Semua (Materi Lokakarya)Mataram : Direktorat PSLB.
  5. J. David Smith. 2006. Inklusi, Sekolah Ramah untuk Semua. Bandung: Penerbit Nuansa.
  6. Jurnal dan artikel hasil penelitian tentang pendidikan inklusi
  7. Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media
  8. Permendiknas nomor 70/2009 tentang Pendidikan Inklusi bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa
  9. Stubbs. 2002. Pendidikan Inklusi Ketika Hanya Ada Sedikit Sumber (terjemahan). IDP Norway.
  10. Ashan,A & Elkin,J.(1994).Educating Children With Special needs. New York :Prentice Hall
  11. Baker,ET.(1994).Metaanalysis Evidence for non inclusive Educational practices.Desertasi.Temple University
  12. UNESCO. 1994. The Salamanca Statement and Framework for Action on Special Needs Education.
  13. UNESCO (1990). World Declaration on Education for All.
  14. UU nomor 4/1997 tentang Penyandang Cacat  dan Aksesibilitas


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi dan sekolah ramah anak, sejarah pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen dan evaluasi hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi, dan manajemen sekolah inklusi

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
  2. Mampu menjelaskan konsep dasar landasan pendidikan inklusi,
  3. Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
  4. Mampu menganalisis pendekatan pendidikan inklusi
  5. Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi,
  6. Mahasiswa mampu menganalisis langkah-langkah implementasi pendidikan inklusi di sekolah dan pelaksanaan pembelajaran di kelas inklusi
  7. Mahasiswa mampu menganalisis peran guru, orangtua dan stake holder di sekolah inklusi
  8. Menganalisis karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik maupun psikologis
  9. Mahasiswa mampu melakukan (observasi dan study kasus) pendidikan sd inklusi di sekolah
  10. Mahasiswa mampu melakukan (Observasi dan study kasus) Pendidikan SD Inklusi di sekolah

References

UTAMA:
 

  1. Buku Ajar Pendidikan Inklusi oleh Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd. dan Tim Teaching
  2. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
  4. Smith, J. David. 2012. Sekolah Inklusif: Konsep dan Penerapan Pembelajaran.  Bandung: Percetakan Nuansa.

PENDUKUNG:
 

  1. Agustyawati dan Solicha. 2009. Psikologi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta. 
  2. Dedy Kustawan. 2012. Pendidikan Inklusi dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luxima Metro Media.
  3. Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB). 2007. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi. Jakarta: Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB) Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Mandikdasmen) Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).
  4. Hildegum Olsen. 2003. Pendidikan Inklusi Suatu Strategi Manuju Pendidikan Untuk Semua (Materi Lokakarya)Mataram : Direktorat PSLB.
  5. J. David Smith. 2006. Inklusi, Sekolah Ramah untuk Semua. Bandung: Penerbit Nuansa.
  6. Jurnal dan artikel hasil penelitian tentang pendidikan inklusi
  7. Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media
  8. Permendiknas nomor 70/2009 tentang Pendidikan Inklusi bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa
  9. Stubbs. 2002. Pendidikan Inklusi Ketika Hanya Ada Sedikit Sumber (terjemahan). IDP Norway.
  10. Ashan,A & Elkin,J.(1994).Educating Children With Special needs. New York :Prentice Hall
  11. Baker,ET.(1994).Metaanalysis Evidence for non inclusive Educational practices.Desertasi.Temple University
  12. UNESCO. 1994. The Salamanca Statement and Framework for Action on Special Needs Education.
  13. UNESCO (1990). World Declaration on Education for All.
  14. UU nomor 4/1997 tentang Penyandang Cacat  dan Aksesibilitas


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi dan sekolah ramah anak, sejarah pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen dan evaluasi hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi, dan manajemen sekolah inklusi

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
  2. Mampu menjelaskan konsep dasar landasan pendidikan inklusi,
  3. Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
  4. Mampu menganalisis pendekatan pendidikan inklusi
  5. Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi,
  6. Mahasiswa mampu menganalisis langkah-langkah implementasi pendidikan inklusi di sekolah dan pelaksanaan pembelajaran di kelas inklusi
  7. Mahasiswa mampu menganalisis peran guru, orangtua dan stake holder di sekolah inklusi
  8. Menganalisis karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik maupun psikologis
  9. Mahasiswa mampu melakukan (observasi dan study kasus) pendidikan sd inklusi di sekolah
  10. Mahasiswa mampu melakukan (Observasi dan study kasus) Pendidikan SD Inklusi di sekolah

References

UTAMA:
 

  1. Buku Ajar Pendidikan Inklusi oleh Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd. dan Tim Teaching
  2. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
  4. Smith, J. David. 2012. Sekolah Inklusif: Konsep dan Penerapan Pembelajaran.  Bandung: Percetakan Nuansa.

PENDUKUNG:
 

  1. Agustyawati dan Solicha. 2009. Psikologi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta. 
  2. Dedy Kustawan. 2012. Pendidikan Inklusi dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luxima Metro Media.
  3. Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB). 2007. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi. Jakarta: Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB) Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Mandikdasmen) Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).
  4. Hildegum Olsen. 2003. Pendidikan Inklusi Suatu Strategi Manuju Pendidikan Untuk Semua (Materi Lokakarya)Mataram : Direktorat PSLB.
  5. J. David Smith. 2006. Inklusi, Sekolah Ramah untuk Semua. Bandung: Penerbit Nuansa.
  6. Jurnal dan artikel hasil penelitian tentang pendidikan inklusi
  7. Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media
  8. Permendiknas nomor 70/2009 tentang Pendidikan Inklusi bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa
  9. Stubbs. 2002. Pendidikan Inklusi Ketika Hanya Ada Sedikit Sumber (terjemahan). IDP Norway.
  10. Ashan,A & Elkin,J.(1994).Educating Children With Special needs. New York :Prentice Hall
  11. Baker,ET.(1994).Metaanalysis Evidence for non inclusive Educational practices.Desertasi.Temple University
  12. UNESCO. 1994. The Salamanca Statement and Framework for Action on Special Needs Education.
  13. UNESCO (1990). World Declaration on Education for All.
  14. UU nomor 4/1997 tentang Penyandang Cacat  dan Aksesibilitas


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi dan sekolah ramah anak, sejarah pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen dan evaluasi hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi, dan manajemen sekolah inklusi

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu memahami perkembangan peserta didik
  2. Mahasiswa mampu  memformulasikan dasar-dasar dalam mendidik Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)
  3. Mahasiswa mampu  menganalisis prosedur dan layanan pendidikan inklusi
  4. Mahasiswa mampu  memformulasikan membangun kemitraan melalui upaya kolaborasi
  5. Mahasiswa mampu  Memformulasikan asesmen kebutuhan siswa
  6. Mahasiswa mampu   Memformulasikan  merencanakan pengajaran dengan menganalisis ruang kelas dan kebutuhan siswa
  7. Mahasiswa mampu memformulasikan  pembedaan pengajaran
  8. Mahasiswa mampu  menganalisis strategi belajar mandiri
  9. Mahasiswa mampu memformulasikan Evaluasi hasil belajar
  10. Mahasiswa mampu  menganalisis  respon terhadap perilaku siswa
  11. Mahasiswa mampu  menganalisis permasalahan siswa dan pendidikan inklusi di sekolah

References

  1. Buku Ajar Pendidikan Inklusi oleh Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd. dan tim
  2. Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
  4. Smith, J. David. 2012. Sekolah Inklusif: Konsep dan Penerapan Pembelajaran.  Bandung: Percetakan Nuansa.


Details ...