Courser in English | INCLUSIVE EDUCATION |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 37 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi dan sekolah ramah anak, sejarah pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen dan evaluasi hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi, dan manajemen sekolah inklusi
Learning Outcomes- Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
- Mampu menjelaskan konsep dasar landasan pendidikan inklusi,
- Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
- Mampu menganalisis pendekatan pendidikan inklusi
- Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi,
- Mahasiswa mampu menganalisis langkah-langkah implementasi pendidikan inklusi di sekolah dan pelaksanaan pembelajaran di kelas inklusi
- Mahasiswa mampu menganalisis peran guru, orangtua dan stake holder di sekolah inklusi
- Menganalisis karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik maupun psikologis
- Mahasiswa mampu melakukan (observasi dan study kasus) pendidikan sd inklusi di sekolah
- Mahasiswa mampu melakukan (Observasi dan study kasus) Pendidikan SD Inklusi di sekolah
UTAMA:
- Buku Ajar Pendidikan Inklusi oleh Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd. dan Tim Teaching
- Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
- Smith, J. David. 2012. Sekolah Inklusif: Konsep dan Penerapan Pembelajaran. Bandung: Percetakan Nuansa.
PENDUKUNG:
- Agustyawati dan Solicha. 2009. Psikologi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta.
- Dedy Kustawan. 2012. Pendidikan Inklusi dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luxima Metro Media.
- Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB). 2007. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi. Jakarta: Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB) Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Mandikdasmen) Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).
- Hildegum Olsen. 2003. Pendidikan Inklusi Suatu Strategi Manuju Pendidikan Untuk Semua (Materi Lokakarya)Mataram : Direktorat PSLB.
- J. David Smith. 2006. Inklusi, Sekolah Ramah untuk Semua. Bandung: Penerbit Nuansa.
- Jurnal dan artikel hasil penelitian tentang pendidikan inklusi
- Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media
- Permendiknas nomor 70/2009 tentang Pendidikan Inklusi bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa
- Stubbs. 2002. Pendidikan Inklusi Ketika Hanya Ada Sedikit Sumber (terjemahan). IDP Norway.
- Ashan,A & Elkin,J.(1994).Educating Children With Special needs. New York :Prentice Hall
- Baker,ET.(1994).Metaanalysis Evidence for non inclusive Educational practices.Desertasi.Temple University
- UNESCO. 1994. The Salamanca Statement and Framework for Action on Special Needs Education.
- UNESCO (1990). World Declaration on Education for All.
- UU nomor 4/1997 tentang Penyandang Cacat dan Aksesibilitas
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi dan sekolah ramah anak, sejarah pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen dan evaluasi hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi, dan manajemen sekolah inklusi
Learning Outcomes- Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
- Mampu menjelaskan konsep dasar landasan pendidikan inklusi,
- Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
- Mampu menganalisis pendekatan pendidikan inklusi
- Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi,
- Mahasiswa mampu menganalisis langkah-langkah implementasi pendidikan inklusi di sekolah dan pelaksanaan pembelajaran di kelas inklusi
- Mahasiswa mampu menganalisis peran guru, orangtua dan stake holder di sekolah inklusi
- Menganalisis karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik maupun psikologis
- Mahasiswa mampu melakukan (observasi dan study kasus) pendidikan sd inklusi di sekolah
- Mahasiswa mampu melakukan (Observasi dan study kasus) Pendidikan SD Inklusi di sekolah
UTAMA:
- Buku Ajar Pendidikan Inklusi oleh Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd. dan Tim Teaching
- Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
- Smith, J. David. 2012. Sekolah Inklusif: Konsep dan Penerapan Pembelajaran. Bandung: Percetakan Nuansa.
PENDUKUNG:
- Agustyawati dan Solicha. 2009. Psikologi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta.
- Dedy Kustawan. 2012. Pendidikan Inklusi dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luxima Metro Media.
- Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB). 2007. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi. Jakarta: Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB) Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Mandikdasmen) Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).
- Hildegum Olsen. 2003. Pendidikan Inklusi Suatu Strategi Manuju Pendidikan Untuk Semua (Materi Lokakarya)Mataram : Direktorat PSLB.
- J. David Smith. 2006. Inklusi, Sekolah Ramah untuk Semua. Bandung: Penerbit Nuansa.
- Jurnal dan artikel hasil penelitian tentang pendidikan inklusi
- Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media
- Permendiknas nomor 70/2009 tentang Pendidikan Inklusi bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa
- Stubbs. 2002. Pendidikan Inklusi Ketika Hanya Ada Sedikit Sumber (terjemahan). IDP Norway.
- Ashan,A & Elkin,J.(1994).Educating Children With Special needs. New York :Prentice Hall
- Baker,ET.(1994).Metaanalysis Evidence for non inclusive Educational practices.Desertasi.Temple University
- UNESCO. 1994. The Salamanca Statement and Framework for Action on Special Needs Education.
- UNESCO (1990). World Declaration on Education for All.
- UU nomor 4/1997 tentang Penyandang Cacat dan Aksesibilitas
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi dan sekolah ramah anak, sejarah pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen dan evaluasi hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi, dan manajemen sekolah inklusi
Learning Outcomes- Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
- Mampu menjelaskan konsep dasar landasan pendidikan inklusi,
- Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
- Mampu menganalisis pendekatan pendidikan inklusi
- Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi,
- Mahasiswa mampu menganalisis langkah-langkah implementasi pendidikan inklusi di sekolah dan pelaksanaan pembelajaran di kelas inklusi
- Mahasiswa mampu menganalisis peran guru, orangtua dan stake holder di sekolah inklusi
- Menganalisis karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik maupun psikologis
- Mahasiswa mampu melakukan (observasi dan study kasus) pendidikan sd inklusi di sekolah
- Mahasiswa mampu melakukan (Observasi dan study kasus) Pendidikan SD Inklusi di sekolah
UTAMA:
- Buku Ajar Pendidikan Inklusi oleh Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd. dan Tim Teaching
- Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
- Smith, J. David. 2012. Sekolah Inklusif: Konsep dan Penerapan Pembelajaran. Bandung: Percetakan Nuansa.
PENDUKUNG:
- Agustyawati dan Solicha. 2009. Psikologi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta.
- Dedy Kustawan. 2012. Pendidikan Inklusi dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luxima Metro Media.
- Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB). 2007. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi. Jakarta: Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB) Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Mandikdasmen) Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).
- Hildegum Olsen. 2003. Pendidikan Inklusi Suatu Strategi Manuju Pendidikan Untuk Semua (Materi Lokakarya)Mataram : Direktorat PSLB.
- J. David Smith. 2006. Inklusi, Sekolah Ramah untuk Semua. Bandung: Penerbit Nuansa.
- Jurnal dan artikel hasil penelitian tentang pendidikan inklusi
- Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media
- Permendiknas nomor 70/2009 tentang Pendidikan Inklusi bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa
- Stubbs. 2002. Pendidikan Inklusi Ketika Hanya Ada Sedikit Sumber (terjemahan). IDP Norway.
- Ashan,A & Elkin,J.(1994).Educating Children With Special needs. New York :Prentice Hall
- Baker,ET.(1994).Metaanalysis Evidence for non inclusive Educational practices.Desertasi.Temple University
- UNESCO. 1994. The Salamanca Statement and Framework for Action on Special Needs Education.
- UNESCO (1990). World Declaration on Education for All.
- UU nomor 4/1997 tentang Penyandang Cacat dan Aksesibilitas
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi dan sekolah ramah anak, sejarah pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen dan evaluasi hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi, dan manajemen sekolah inklusi
Learning Outcomes- Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
- Mampu menjelaskan konsep dasar landasan pendidikan inklusi,
- Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
- Mampu menganalisis pendekatan pendidikan inklusi
- Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi,
- Mahasiswa mampu menganalisis langkah-langkah implementasi pendidikan inklusi di sekolah dan pelaksanaan pembelajaran di kelas inklusi
- Mahasiswa mampu menganalisis peran guru, orangtua dan stake holder di sekolah inklusi
- Menganalisis karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik maupun psikologis
- Mahasiswa mampu melakukan (observasi dan study kasus) pendidikan sd inklusi di sekolah
- Mahasiswa mampu melakukan (Observasi dan study kasus) Pendidikan SD Inklusi di sekolah
UTAMA:
- Buku Ajar Pendidikan Inklusi oleh Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd. dan Tim Teaching
- Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
- Smith, J. David. 2012. Sekolah Inklusif: Konsep dan Penerapan Pembelajaran. Bandung: Percetakan Nuansa.
PENDUKUNG:
- Agustyawati dan Solicha. 2009. Psikologi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta.
- Dedy Kustawan. 2012. Pendidikan Inklusi dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luxima Metro Media.
- Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB). 2007. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi. Jakarta: Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB) Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Mandikdasmen) Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).
- Hildegum Olsen. 2003. Pendidikan Inklusi Suatu Strategi Manuju Pendidikan Untuk Semua (Materi Lokakarya)Mataram : Direktorat PSLB.
- J. David Smith. 2006. Inklusi, Sekolah Ramah untuk Semua. Bandung: Penerbit Nuansa.
- Jurnal dan artikel hasil penelitian tentang pendidikan inklusi
- Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media
- Permendiknas nomor 70/2009 tentang Pendidikan Inklusi bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa
- Stubbs. 2002. Pendidikan Inklusi Ketika Hanya Ada Sedikit Sumber (terjemahan). IDP Norway.
- Ashan,A & Elkin,J.(1994).Educating Children With Special needs. New York :Prentice Hall
- Baker,ET.(1994).Metaanalysis Evidence for non inclusive Educational practices.Desertasi.Temple University
- UNESCO. 1994. The Salamanca Statement and Framework for Action on Special Needs Education.
- UNESCO (1990). World Declaration on Education for All.
- UU nomor 4/1997 tentang Penyandang Cacat dan Aksesibilitas
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi dan sekolah ramah anak, sejarah pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen dan evaluasi hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi, dan manajemen sekolah inklusi
Learning Outcomes- Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
- Mampu menjelaskan konsep dasar landasan pendidikan inklusi,
- Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
- Mampu menganalisis pendekatan pendidikan inklusi
- Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi,
- Mahasiswa mampu menganalisis langkah-langkah implementasi pendidikan inklusi di sekolah dan pelaksanaan pembelajaran di kelas inklusi
- Mahasiswa mampu menganalisis peran guru, orangtua dan stake holder di sekolah inklusi
- Menganalisis karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik maupun psikologis
- Mahasiswa mampu melakukan (observasi dan study kasus) pendidikan sd inklusi di sekolah
- Mahasiswa mampu melakukan (Observasi dan study kasus) Pendidikan SD Inklusi di sekolah
UTAMA:
- Buku Ajar Pendidikan Inklusi oleh Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd. dan Tim Teaching
- Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
- Smith, J. David. 2012. Sekolah Inklusif: Konsep dan Penerapan Pembelajaran. Bandung: Percetakan Nuansa.
PENDUKUNG:
- Agustyawati dan Solicha. 2009. Psikologi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta.
- Dedy Kustawan. 2012. Pendidikan Inklusi dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luxima Metro Media.
- Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB). 2007. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi. Jakarta: Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB) Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Mandikdasmen) Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).
- Hildegum Olsen. 2003. Pendidikan Inklusi Suatu Strategi Manuju Pendidikan Untuk Semua (Materi Lokakarya)Mataram : Direktorat PSLB.
- J. David Smith. 2006. Inklusi, Sekolah Ramah untuk Semua. Bandung: Penerbit Nuansa.
- Jurnal dan artikel hasil penelitian tentang pendidikan inklusi
- Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media
- Permendiknas nomor 70/2009 tentang Pendidikan Inklusi bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa
- Stubbs. 2002. Pendidikan Inklusi Ketika Hanya Ada Sedikit Sumber (terjemahan). IDP Norway.
- Ashan,A & Elkin,J.(1994).Educating Children With Special needs. New York :Prentice Hall
- Baker,ET.(1994).Metaanalysis Evidence for non inclusive Educational practices.Desertasi.Temple University
- UNESCO. 1994. The Salamanca Statement and Framework for Action on Special Needs Education.
- UNESCO (1990). World Declaration on Education for All.
- UU nomor 4/1997 tentang Penyandang Cacat dan Aksesibilitas
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi dan sekolah ramah anak, sejarah pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen dan evaluasi hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi, dan manajemen sekolah inklusi
Learning Outcomes- Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
- Mampu menjelaskan konsep dasar landasan pendidikan inklusi,
- Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
- Mampu menganalisis pendekatan pendidikan inklusi
- Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi,
- Mahasiswa mampu menganalisis langkah-langkah implementasi pendidikan inklusi di sekolah dan pelaksanaan pembelajaran di kelas inklusi
- Mahasiswa mampu menganalisis peran guru, orangtua dan stake holder di sekolah inklusi
- Menganalisis karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik maupun psikologis
- Mahasiswa mampu melakukan (observasi dan study kasus) pendidikan sd inklusi di sekolah
- Mahasiswa mampu melakukan (Observasi dan study kasus) Pendidikan SD Inklusi di sekolah
UTAMA:
- Buku Ajar Pendidikan Inklusi oleh Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd. dan Tim Teaching
- Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
- Smith, J. David. 2012. Sekolah Inklusif: Konsep dan Penerapan Pembelajaran. Bandung: Percetakan Nuansa.
PENDUKUNG:
- Agustyawati dan Solicha. 2009. Psikologi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta.
- Dedy Kustawan. 2012. Pendidikan Inklusi dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luxima Metro Media.
- Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB). 2007. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi. Jakarta: Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB) Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Mandikdasmen) Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).
- Hildegum Olsen. 2003. Pendidikan Inklusi Suatu Strategi Manuju Pendidikan Untuk Semua (Materi Lokakarya)Mataram : Direktorat PSLB.
- J. David Smith. 2006. Inklusi, Sekolah Ramah untuk Semua. Bandung: Penerbit Nuansa.
- Jurnal dan artikel hasil penelitian tentang pendidikan inklusi
- Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media
- Permendiknas nomor 70/2009 tentang Pendidikan Inklusi bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa
- Stubbs. 2002. Pendidikan Inklusi Ketika Hanya Ada Sedikit Sumber (terjemahan). IDP Norway.
- Ashan,A & Elkin,J.(1994).Educating Children With Special needs. New York :Prentice Hall
- Baker,ET.(1994).Metaanalysis Evidence for non inclusive Educational practices.Desertasi.Temple University
- UNESCO. 1994. The Salamanca Statement and Framework for Action on Special Needs Education.
- UNESCO (1990). World Declaration on Education for All.
- UU nomor 4/1997 tentang Penyandang Cacat dan Aksesibilitas
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi dan sekolah ramah anak, sejarah pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen dan evaluasi hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi, dan manajemen sekolah inklusi
Learning Outcomes- Mahasiswa mampu menjelaskan ideologi pendidikan inklusi
- Mampu menjelaskan konsep dasar landasan pendidikan inklusi,
- Mampu menganalisis model pendidikan inklusi
- Mampu menganalisis pendekatan pendidikan inklusi
- Mahasiswa menunjukkan sikap yang mendukung implementasi pendidikan inklusi,
- Mahasiswa mampu menganalisis langkah-langkah implementasi pendidikan inklusi di sekolah dan pelaksanaan pembelajaran di kelas inklusi
- Mahasiswa mampu menganalisis peran guru, orangtua dan stake holder di sekolah inklusi
- Menganalisis karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik maupun psikologis
- Mahasiswa mampu melakukan (observasi dan study kasus) pendidikan sd inklusi di sekolah
- Mahasiswa mampu melakukan (Observasi dan study kasus) Pendidikan SD Inklusi di sekolah
UTAMA:
- Buku Ajar Pendidikan Inklusi oleh Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd. dan Tim Teaching
- Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
- Smith, J. David. 2012. Sekolah Inklusif: Konsep dan Penerapan Pembelajaran. Bandung: Percetakan Nuansa.
PENDUKUNG:
- Agustyawati dan Solicha. 2009. Psikologi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta.
- Dedy Kustawan. 2012. Pendidikan Inklusi dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luxima Metro Media.
- Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB). 2007. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi. Jakarta: Direktorat Pendidikan Sekolah Luar Biasa (PSLB) Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Mandikdasmen) Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).
- Hildegum Olsen. 2003. Pendidikan Inklusi Suatu Strategi Manuju Pendidikan Untuk Semua (Materi Lokakarya)Mataram : Direktorat PSLB.
- J. David Smith. 2006. Inklusi, Sekolah Ramah untuk Semua. Bandung: Penerbit Nuansa.
- Jurnal dan artikel hasil penelitian tentang pendidikan inklusi
- Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media
- Permendiknas nomor 70/2009 tentang Pendidikan Inklusi bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa
- Stubbs. 2002. Pendidikan Inklusi Ketika Hanya Ada Sedikit Sumber (terjemahan). IDP Norway.
- Ashan,A & Elkin,J.(1994).Educating Children With Special needs. New York :Prentice Hall
- Baker,ET.(1994).Metaanalysis Evidence for non inclusive Educational practices.Desertasi.Temple University
- UNESCO. 1994. The Salamanca Statement and Framework for Action on Special Needs Education.
- UNESCO (1990). World Declaration on Education for All.
- UU nomor 4/1997 tentang Penyandang Cacat dan Aksesibilitas
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang pengertian pendidikan inklusi dan sekolah ramah anak, sejarah pendidikan inklusi, landasan filosofis pendidikan inklusi, konsep anak berkebutuhan khusus, aksesibilitas kurikulum dan lingkungan belajar, strategi pembelajaran dalam setting kelas inklusi, prosedur asesmen dan evaluasi hasil belajar siswa dalam setting kelas inklusi, sistem pendukung pendidikan inklusi, dan manajemen sekolah inklusi
Learning Outcomes- Mahasiswa mampu memahami perkembangan peserta didik
- Mahasiswa mampu memformulasikan dasar-dasar dalam mendidik Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)
- Mahasiswa mampu menganalisis prosedur dan layanan pendidikan inklusi
- Mahasiswa mampu memformulasikan membangun kemitraan melalui upaya kolaborasi
- Mahasiswa mampu Memformulasikan asesmen kebutuhan siswa
- Mahasiswa mampu Memformulasikan merencanakan pengajaran dengan menganalisis ruang kelas dan kebutuhan siswa
- Mahasiswa mampu memformulasikan pembedaan pengajaran
- Mahasiswa mampu menganalisis strategi belajar mandiri
- Mahasiswa mampu memformulasikan Evaluasi hasil belajar
- Mahasiswa mampu menganalisis respon terhadap perilaku siswa
- Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan siswa dan pendidikan inklusi di sekolah
- Buku Ajar Pendidikan Inklusi oleh Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd. dan tim
- Marilyn Friend & William D. Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan prkatis untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Bandi Delphie. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
- Smith, J. David. 2012. Sekolah Inklusif: Konsep dan Penerapan Pembelajaran. Bandung: Percetakan Nuansa.
Details ...