Menulis Ilmiah, Curriculum : 2015


Courser in EnglishSCIENTIFIC WRITING
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS3 SKS
RPS27 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah prodier dari Prodi PBSI yang diberikan kepada mahasiswa, baik dalam maupun luar Prodi PBSI, sebagai mata kuliah wajib dan sebagai bagian dari MKU. Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang prosedur penulisan ilmiah, termasuk pula mempelajari etika ilmiah (kaidah antiplagiarisme) dalam penulisan kutipan ilmiah dan daftar pustaka. Dengan bobot 3 SKS, guna memberikan pengalaman belajar bermakna, kuliah ini dikemas dalam bentuk discovery-learning dan project-based learning. Luaran dari mata kuliah ini adalah artikel ilmiah

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menelaah konsep dasar menulis dan kaidah dalam bahasa tulis secara komunikatif. (S8, S11, KU1, KU3, P1) CPMK2

Mahasiswa mampu menelaah dan menerapkan kaidah ejaan dan gramatika bahasa ilmiah. (S8, S9, S11, KU1, KU2, KU5, KK9, KU12, P1) CPMK3

Mahasiswa mampu menggunakan dan mengimplementasikan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), terkhusus untuk karya tulis (artikel) ilmiah. (S8, KU1, KU2, KU5, P1) CPMK4

Mahasiswa mampu menyusun kalimat dengan memperhatikan kaidah kalimat efektif. (S8, S11, KU1, KU2, KK12, KK15, P1) CPMK5

Mahasiswa mampu memproduksi karya tulis ilmiah dengan memperhatikan aturan penyusunan paragraf yang kohesif dan koheren. (S8, S11, KU1, KU2, KU3, KK12, KK15, P1) CPMK6

Mahasiswa mampu menerapkan kaidah antiplagiarisme dalam karya tulis ilmiah sesuai etika akademik dan konsep teoretis kebahasaan bahasa ilmiah. (S8, S11, KU1, KU2, KU5, P1) CPMK7

Mahasiswa mampu memproduksi karya tulis ilmiah secara etis sesuai etika akademik dan konsep teoretis kebahasaan bahasa ilmiah. (S8, S11, KU1, KU2, KU3, KK12, KK15, P1)

References

1. Moeliono, Anton M. dkk. 2017. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi IV. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

2. Mustakim, dkk. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Edisi IV. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

3. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

4. Creswell, J.W. 2003. Research Design: Qualitative, Quantitative, Mixed Methods Approaches. London: Sage Publication


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah prodier dari Prodi PBSI yang diberikan kepada mahasiswa, baik dalam maupun luar Prodi PBSI, sebagai mata kuliah wajib dan sebagai bagian dari MKU. Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang prosedur penulisan ilmiah, termasuk pula mempelajari etika ilmiah (kaidah antiplagiarisme) dalam penulisan kutipan ilmiah dan daftar pustaka. Dengan bobot 3 SKS, guna memberikan pengalaman belajar bermakna, kuliah ini dikemas dalam bentuk discovery-learning dan project-based learning. Luaran dari mata kuliah ini adalah artikel ilmiah

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menelaah konsep dasar menulis dan kaidah dalam bahasa tulis secara komunikatif. (S8, S11, KU1, KU3, P1) CPMK2

Mahasiswa mampu menelaah dan menerapkan kaidah ejaan dan gramatika bahasa ilmiah. (S8, S9, S11, KU1, KU2, KU5, KK9, KU12, P1) CPMK3

Mahasiswa mampu menggunakan dan mengimplementasikan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), terkhusus untuk karya tulis (artikel) ilmiah. (S8, KU1, KU2, KU5, P1) CPMK4

Mahasiswa mampu menyusun kalimat dengan memperhatikan kaidah kalimat efektif. (S8, S11, KU1, KU2, KK12, KK15, P1) CPMK5

Mahasiswa mampu memproduksi karya tulis ilmiah dengan memperhatikan aturan penyusunan paragraf yang kohesif dan koheren. (S8, S11, KU1, KU2, KU3, KK12, KK15, P1) CPMK6

Mahasiswa mampu menerapkan kaidah antiplagiarisme dalam karya tulis ilmiah sesuai etika akademik dan konsep teoretis kebahasaan bahasa ilmiah. (S8, S11, KU1, KU2, KU5, P1) CPMK7

Mahasiswa mampu memproduksi karya tulis ilmiah secara etis sesuai etika akademik dan konsep teoretis kebahasaan bahasa ilmiah. (S8, S11, KU1, KU2, KU3, KK12, KK15, P1)

References

1. Moeliono, Anton M. dkk. 2017. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi IV. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

2. Mustakim, dkk. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Edisi IV. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

3. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

4. Creswell, J.W. 2003. Research Design: Qualitative, Quantitative, Mixed Methods Approaches. London: Sage Publication


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah prodier dari Prodi PBSI yang diberikan kepada mahasiswa, baik dalam maupun luar Prodi PBSI, sebagai mata kuliah wajib dan sebagai bagian dari MKU. Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang prosedur penulisan ilmiah, termasuk pula mempelajari etika ilmiah (kaidah antiplagiarisme) dalam penulisan kutipan ilmiah dan daftar pustaka. Dengan bobot 3 SKS, guna memberikan pengalaman belajar bermakna, kuliah ini dikemas dalam bentuk discovery-learning dan project-based learning. Luaran dari mata kuliah ini adalah artikel ilmiah

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menelaah konsep dasar menulis dan kaidah dalam bahasa tulis secara komunikatif. (S8, S11, KU1, KU3, P1) CPMK2

Mahasiswa mampu menelaah dan menerapkan kaidah ejaan dan gramatika bahasa ilmiah. (S8, S9, S11, KU1, KU2, KU5, KK9, KU12, P1) CPMK3

Mahasiswa mampu menggunakan dan mengimplementasikan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), terkhusus untuk karya tulis (artikel) ilmiah. (S8, KU1, KU2, KU5, P1) CPMK4

Mahasiswa mampu menyusun kalimat dengan memperhatikan kaidah kalimat efektif. (S8, S11, KU1, KU2, KK12, KK15, P1) CPMK5

Mahasiswa mampu memproduksi karya tulis ilmiah dengan memperhatikan aturan penyusunan paragraf yang kohesif dan koheren. (S8, S11, KU1, KU2, KU3, KK12, KK15, P1) CPMK6

Mahasiswa mampu menerapkan kaidah antiplagiarisme dalam karya tulis ilmiah sesuai etika akademik dan konsep teoretis kebahasaan bahasa ilmiah. (S8, S11, KU1, KU2, KU5, P1) CPMK7

Mahasiswa mampu memproduksi karya tulis ilmiah secara etis sesuai etika akademik dan konsep teoretis kebahasaan bahasa ilmiah. (S8, S11, KU1, KU2, KU3, KK12, KK15, P1)

References

1. Moeliono, Anton M. dkk. 2017. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi IV. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

2. Mustakim, dkk. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Edisi IV. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

3. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

4. Creswell, J.W. 2003. Research Design: Qualitative, Quantitative, Mixed Methods Approaches. London: Sage Publication


Details ...
Course Descriptions

Menulis ilmiah merupakan mata kuliah wajib untuk mahasiwa PBSI semester VI

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menghasilkan tulisan ilmiah yang original

References

-


Details ...
Course Descriptions

Menulis ilmiah merupakan mata kuliah wajib untuk mahasiwa PBSI semester VI

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menghasilkan tulisan ilmiah yang original

References

-


Details ...
Course Descriptions

Menulis ilmiah merupakan mata kuliah wajib untuk mahasiwa PBSI semester VI

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menghasilkan tulisan ilmiah yang original

References

-


Details ...
Course Descriptions

Menulis ilmiah merupakan mata kuliah wajib untuk mahasiwa PBSI semester VI

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menghasilkan tulisan ilmiah yang original

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah di bidang bahasa yang diberikan kepada mahasiswa semester VI dengan bobot 3 sks. Di dalamnya akan diajarkan menulis secara ilmiah dengan tidak hanya mengedepankan keakuratan isi, tetapi juga etika kepenulisan sehingga menghasilkan karya ilmiah yang bebas plagiarisme. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan dibimbing menyusun sebuah karya ilmiah dengan sistematika yang tepat, dibimbing dalam menuliskan kutipan dengan benar, dan dibimbing dalam memaparkan sebuah fakta bahasa dalam masyarakat yang ditemui.

Learning Outcomes

 

  1. menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang penulisan ilmiah secara mandiri;
  2. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang penulisan ilmiah;
  3. mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran penulisan ilmiah;
  4. menguasai konsep teori pengembangan penulisan ilmiah.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah di bidang bahasa yang diberikan kepada mahasiswa semester VI dengan bobot 3 sks. Di dalamnya akan diajarkan menulis secara ilmiah dengan tidak hanya mengedepankan keakuratan isi, tetapi juga etika kepenulisan sehingga menghasilkan karya ilmiah yang bebas plagiarisme. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan dibimbing menyusun sebuah karya ilmiah dengan sistematika yang tepat, dibimbing dalam menuliskan kutipan dengan benar, dan dibimbing dalam memaparkan sebuah fakta bahasa dalam masyarakat yang ditemui.

Learning Outcomes

 

  1. menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang penulisan ilmiah secara mandiri;
  2. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang penulisan ilmiah;
  3. mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran penulisan ilmiah;
  4. menguasai konsep teori pengembangan penulisan ilmiah.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah di bidang bahasa yang diberikan kepada mahasiswa semester VI dengan bobot 3 sks. Di dalamnya akan diajarkan menulis secara ilmiah dengan tidak hanya mengedepankan keakuratan isi, tetapi juga etika kepenulisan sehingga menghasilkan karya ilmiah yang bebas plagiarisme. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan dibimbing menyusun sebuah karya ilmiah dengan sistematika yang tepat, dibimbing dalam menuliskan kutipan dengan benar, dan dibimbing dalam memaparkan sebuah fakta bahasa dalam masyarakat yang ditemui.

Learning Outcomes

 

  1. menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang penulisan ilmiah secara mandiri;
  2. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang penulisan ilmiah;
  3. mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran penulisan ilmiah;
  4. menguasai konsep teori pengembangan penulisan ilmiah.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah di bidang bahasa yang diberikan kepada mahasiswa semester VI dengan bobot 3 sks. Di dalamnya akan diajarkan menulis secara ilmiah dengan tidak hanya mengedepankan keakuratan isi, tetapi juga etika kepenulisan sehingga menghasilkan karya ilmiah yang bebas plagiarisme. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan dibimbing menyusun sebuah karya ilmiah dengan sistematika yang tepat, dibimbing dalam menuliskan kutipan dengan benar, dan dibimbing dalam memaparkan sebuah fakta bahasa dalam masyarakat yang ditemui.

Learning Outcomes

 

  1. menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang penulisan ilmiah secara mandiri;
  2. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang penulisan ilmiah;
  3. mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran penulisan ilmiah;
  4. menguasai konsep teori pengembangan penulisan ilmiah.

References

-


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah di bidang bahasa yang diberikan kepada mahasiswa semester VI dengan bobot 3 sks. Di dalamnya akan diajarkan menulis secara ilmiah dengan tidak hanya mengedepankan keakuratan isi, tetapi juga etika kepenulisan sehingga menghasilkan karya ilmiah yang bebas plagiarisme. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan dibimbing menyusun sebuah karya ilmiah dengan sistematika yang tepat, dibimbing dalam menuliskan kutipan dengan benar, dan dibimbing dalam memaparkan sebuah fakta bahasa dalam masyarakat yang ditemui.

Learning Outcomes

 

  1. menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang penulisan ilmiah secara mandiri;
  2. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang penulisan ilmiah;
  3. mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran penulisan ilmiah;
  4. menguasai konsep teori pengembangan penulisan ilmiah.

References

-


Details ...