Courser in English | SCIENTIFIC WRITING |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 3 SKS |
RPS | 27 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah di bidang bahasa yang diberikan kepada mahasiswa semester VI dengan bobot 3 sks. Di dalamnya akan diajarkan menulis secara ilmiah dengan tidak hanya mengedepankan keakuratan isi, tetapi juga etika kepenulisan sehingga menghasilkan karya ilmiah yang bebas plagiarisme. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan dibimbing menyusun sebuah karya ilmiah dengan sistematika yang tepat, dibimbing dalam menuliskan kutipan dengan benar, dan dibimbing dalam memaparkan sebuah fakta (pendidikan) bahasa dan sastra dalam masyarakat yang ditemui.
Learning Outcomes- menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang penulisan ilmiah secara mandiri;
- mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang penulisan ilmiah;
- mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran penulisan ilmiah;
- menguasai konsep teori pengembangan penulisan ilmiah.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.
Djuroto, Totok dan Bambang Suprijadi. 2009. Menulis Artikel & Karya Ilmiah. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi ke-4. Jakarta: Gramedia.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah di bidang bahasa yang diberikan kepada mahasiswa semester VI dengan bobot 3 sks. Di dalamnya akan diajarkan menulis secara ilmiah dengan tidak hanya mengedepankan keakuratan isi, tetapi juga etika kepenulisan sehingga menghasilkan karya ilmiah yang bebas plagiarisme. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan dibimbing menyusun sebuah karya ilmiah dengan sistematika yang tepat, dibimbing dalam menuliskan kutipan dengan benar, dan dibimbing dalam memaparkan sebuah fakta (pendidikan) bahasa dan sastra dalam masyarakat yang ditemui.
Learning Outcomes- menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang penulisan ilmiah secara mandiri;
- mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang penulisan ilmiah;
- mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran penulisan ilmiah;
- menguasai konsep teori pengembangan penulisan ilmiah.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.
Djuroto, Totok dan Bambang Suprijadi. 2009. Menulis Artikel & Karya Ilmiah. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi ke-4. Jakarta: Gramedia.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah di bidang bahasa yang diberikan kepada mahasiswa semester VI dengan bobot 3 sks. Di dalamnya akan diajarkan menulis secara ilmiah dengan tidak hanya mengedepankan keakuratan isi, tetapi juga etika kepenulisan sehingga menghasilkan karya ilmiah yang bebas plagiarisme. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan dibimbing menyusun sebuah karya ilmiah dengan sistematika yang tepat, dibimbing dalam menuliskan kutipan dengan benar, dan dibimbing dalam memaparkan sebuah fakta (pendidikan) bahasa dan sastra dalam masyarakat yang ditemui.
Learning Outcomes- menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang penulisan ilmiah secara mandiri;
- mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang penulisan ilmiah;
- mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran penulisan ilmiah;
- menguasai konsep teori pengembangan penulisan ilmiah.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.
Djuroto, Totok dan Bambang Suprijadi. 2009. Menulis Artikel & Karya Ilmiah. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi ke-4. Jakarta: Gramedia.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah di bidang bahasa yang diberikan kepada mahasiswa semester VI dengan bobot 3 sks. Di dalamnya akan diajarkan menulis secara ilmiah dengan tidak hanya mengedepankan keakuratan isi, tetapi juga etika kepenulisan sehingga menghasilkan karya ilmiah yang bebas plagiarisme. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan dibimbing menyusun sebuah karya ilmiah dengan sistematika yang tepat, dibimbing dalam menuliskan kutipan dengan benar, dan dibimbing dalam memaparkan sebuah fakta (pendidikan) bahasa dan sastra dalam masyarakat yang ditemui.
Learning Outcomes- menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang penulisan ilmiah secara mandiri;
- mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang penulisan ilmiah;
- mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran penulisan ilmiah;
- menguasai konsep teori pengembangan penulisan ilmiah.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.
Djuroto, Totok dan Bambang Suprijadi. 2009. Menulis Artikel & Karya Ilmiah. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi ke-4. Jakarta: Gramedia.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah keahlian bidang studi. Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang positif terhadap penulisan ilmiah.
Learning Outcomes- Menunjukkan sikap bertanggung jawab, berani dan percaya diri dalam mempraktikan keterampilan menulis ilmiah.
- Menunjukan kinarja mandiri, bermutu dan terukur dalam melakukan penulisan ilmiah.
- Menguasai konsep dasar, pendekatan, teori, teknik, dan perencanaan dalam pengembangan keterampilan menulis ilmiah.
- Mahasiswa mampu mempraktikan keterampilan menulis ilmiah.
Indriati, Etty. 2006. Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Jauhari, Heri. 2008. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.
Moeliono, Anton M. 1982. Struktur Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Poerwadarminta, W.J.S. 1967. Bahasa Indonesia Untuk Karang Mengarang. Yogyakarta: UP Indonesia.
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Ejaan Bahasa Indonesia.
Keraf, Gorys. 1980. Tata Bahasa Indonesia. Flores: Nusa Indah.
Kridalaksana, Harimurti. 1975. Beberapa Ciri Bahasa Indonesia Standar. Pengajaran Bahasa dan Sastra. Th. I No. 1.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah keahlian bidang studi. Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang positif terhadap penulisan ilmiah.
Learning Outcomes- Menunjukkan sikap bertanggung jawab, berani dan percaya diri dalam mempraktikan keterampilan menulis ilmiah.
- Menunjukan kinarja mandiri, bermutu dan terukur dalam melakukan penulisan ilmiah.
- Menguasai konsep dasar, pendekatan, teori, teknik, dan perencanaan dalam pengembangan keterampilan menulis ilmiah.
- Mahasiswa mampu mempraktikan keterampilan menulis ilmiah.
Indriati, Etty. 2006. Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Jauhari, Heri. 2008. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.
Moeliono, Anton M. 1982. Struktur Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Poerwadarminta, W.J.S. 1967. Bahasa Indonesia Untuk Karang Mengarang. Yogyakarta: UP Indonesia.
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Ejaan Bahasa Indonesia.
Keraf, Gorys. 1980. Tata Bahasa Indonesia. Flores: Nusa Indah.
Kridalaksana, Harimurti. 1975. Beberapa Ciri Bahasa Indonesia Standar. Pengajaran Bahasa dan Sastra. Th. I No. 1.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah keahlian bidang studi. Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang positif terhadap penulisan ilmiah.
Learning Outcomes- Menunjukkan sikap bertanggung jawab, berani dan percaya diri dalam mempraktikan keterampilan menulis ilmiah.
- Menunjukan kinarja mandiri, bermutu dan terukur dalam melakukan penulisan ilmiah.
- Menguasai konsep dasar, pendekatan, teori, teknik, dan perencanaan dalam pengembangan keterampilan menulis ilmiah.
- Mahasiswa mampu mempraktikan keterampilan menulis ilmiah.
Indriati, Etty. 2006. Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Jauhari, Heri. 2008. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.
Moeliono, Anton M. 1982. Struktur Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Poerwadarminta, W.J.S. 1967. Bahasa Indonesia Untuk Karang Mengarang. Yogyakarta: UP Indonesia.
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Ejaan Bahasa Indonesia.
Keraf, Gorys. 1980. Tata Bahasa Indonesia. Flores: Nusa Indah.
Kridalaksana, Harimurti. 1975. Beberapa Ciri Bahasa Indonesia Standar. Pengajaran Bahasa dan Sastra. Th. I No. 1.
Details ...
Menulis Ilmiah merupakan salah satu mata kuliah Prodi PBSI yang diberikan pada mahasiswa semester VI sebagai mata kuliah wajib. Mata kuliah ini diberikan dengan tujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan menulis, khususnya dalam bidang ilmiah, tidak hanya dengan isi yang baik, tetapi juga bahasa yang sesuai dengan aturan bahasa Indonsa dan ditulis dengan etika ilmiah yang jujur.
Learning Outcomes1. Mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan pengetahuannya mengenai ejaan dan tata bahasa Indonesia yang telah diperoleh pada semester sebelumnya.
2. Mahasiswa dapat menulis dengan struktur tulisan ilmiah yang baik dan benar sesuai dengan aturan kebahasaan.
3. Mahasiswa dapat menulis dalam bidang ilmiah dengan isi yang baik, bahasa yang tepat, dan etika yang jujur tanpa plagiasi.
ReferencesChaer, Abdul. 2007. Ragam Bahasa Ilmiah. Rine Cipta: Jakarta.
Pusat Bahasa. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gramedia: Jakarta.
Pusat Bahasa. 2016. Ejaan Bahasa Indonesia. Balai Pustaka: Jakarta.
Details ...
Menulis Ilmiah merupakan salah satu mata kuliah Prodi PBSI yang diberikan pada mahasiswa semester VI sebagai mata kuliah wajib. Mata kuliah ini diberikan dengan tujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan menulis, khususnya dalam bidang ilmiah, tidak hanya dengan isi yang baik, tetapi juga bahasa yang sesuai dengan aturan bahasa Indonsa dan ditulis dengan etika ilmiah yang jujur.
Learning Outcomes1. Mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan pengetahuannya mengenai ejaan dan tata bahasa Indonesia yang telah diperoleh pada semester sebelumnya.
2. Mahasiswa dapat menulis dengan struktur tulisan ilmiah yang baik dan benar sesuai dengan aturan kebahasaan.
3. Mahasiswa dapat menulis dalam bidang ilmiah dengan isi yang baik, bahasa yang tepat, dan etika yang jujur tanpa plagiasi.
ReferencesChaer, Abdul. 2007. Ragam Bahasa Ilmiah. Rine Cipta: Jakarta.
Pusat Bahasa. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gramedia: Jakarta.
Pusat Bahasa. 2016. Ejaan Bahasa Indonesia. Balai Pustaka: Jakarta.
Details ...