Courser in English | SCIENTIFIC WRITING |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 3 SKS |
RPS | 27 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah di bidang bahasa yang diberikan kepada mahasiswa semester VI dengan bobot 3 sks. Di dalamnya akan diajarkan menulis secara ilmiah dengan tidak hanya mengedepankan keakuratan isi, tetapi juga etika kepenulisan sehingga menghasilkan karya ilmiah yang bebas plagiarisme. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan dibimbing menyusun sebuah karya ilmiah dengan sistematika yang tepat, dibimbing dalam menuliskan kutipan dengan benar, dan dibimbing dalam memaparkan sebuah fakta bahasa dalam masyarakat yang ditemui.
Learning Outcomes- menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang penulisan ilmiah secara mandiri;
- mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang penulisan ilmiah;
- mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran penulisan ilmiah;
- menguasai konsep teori pengembangan penulisan ilmiah.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.
Djuroto, Totok dan Bambang Suprijadi. 2009. Menulis Artikel & Karya Ilmiah. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi ke-4. Jakarta: Gramedia.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah di bidang bahasa yang diberikan kepada mahasiswa semester VI dengan bobot 3 sks. Di dalamnya akan diajarkan menulis secara ilmiah dengan tidak hanya mengedepankan keakuratan isi, tetapi juga etika kepenulisan sehingga menghasilkan karya ilmiah yang bebas plagiarisme. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan dibimbing menyusun sebuah karya ilmiah dengan sistematika yang tepat, dibimbing dalam menuliskan kutipan dengan benar, dan dibimbing dalam memaparkan sebuah fakta bahasa dalam masyarakat yang ditemui.
Learning Outcomes- menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang penulisan ilmiah secara mandiri;
- mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang penulisan ilmiah;
- mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran penulisan ilmiah;
- menguasai konsep teori pengembangan penulisan ilmiah.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.
Djuroto, Totok dan Bambang Suprijadi. 2009. Menulis Artikel & Karya Ilmiah. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi ke-4. Jakarta: Gramedia.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah di bidang bahasa yang diberikan kepada mahasiswa semester VI dengan bobot 3 sks. Di dalamnya akan diajarkan menulis secara ilmiah dengan tidak hanya mengedepankan keakuratan isi, tetapi juga etika kepenulisan sehingga menghasilkan karya ilmiah yang bebas plagiarisme. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan dibimbing menyusun sebuah karya ilmiah dengan sistematika yang tepat, dibimbing dalam menuliskan kutipan dengan benar, dan dibimbing dalam memaparkan sebuah fakta bahasa dalam masyarakat yang ditemui.
Learning Outcomes- menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang penulisan ilmiah secara mandiri;
- mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang penulisan ilmiah;
- mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran penulisan ilmiah;
- menguasai konsep teori pengembangan penulisan ilmiah.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.
Djuroto, Totok dan Bambang Suprijadi. 2009. Menulis Artikel & Karya Ilmiah. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi ke-4. Jakarta: Gramedia.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah di bidang bahasa yang diberikan kepada mahasiswa semester VI dengan bobot 3 sks. Di dalamnya akan diajarkan menulis secara ilmiah dengan tidak hanya mengedepankan keakuratan isi, tetapi juga etika kepenulisan sehingga menghasilkan karya ilmiah yang bebas plagiarisme. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan dibimbing menyusun sebuah karya ilmiah dengan sistematika yang tepat, dibimbing dalam menuliskan kutipan dengan benar, dan dibimbing dalam memaparkan sebuah fakta bahasa dalam masyarakat yang ditemui.
Learning Outcomes- menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang penulisan ilmiah secara mandiri;
- mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang penulisan ilmiah;
- mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran penulisan ilmiah;
- menguasai konsep teori pengembangan penulisan ilmiah.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.
Djuroto, Totok dan Bambang Suprijadi. 2009. Menulis Artikel & Karya Ilmiah. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi ke-4. Jakarta: Gramedia.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah di bidang bahasa yang diberikan kepada mahasiswa semester VI dengan bobot 3 sks. Di dalamnya akan diajarkan menulis secara ilmiah dengan tidak hanya mengedepankan keakuratan isi, tetapi juga etika kepenulisan sehingga menghasilkan karya ilmiah yang bebas plagiarisme. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan dibimbing menyusun sebuah artikel ilmiah dengan sistematika yang tepat, dibimbing dalam menuliskan kutipan dengan benar, dan dibimbing dalam memaparkan sebuah fakta bahasa dalam masyarakat yang ditemui.
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang penulisan ilmiah secara mandiri;
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang penulisan ilmiah
- Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran penulisan ilmiah
- Menguasai konsep teori pengembangan penulisan ilmiah
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.
Djuroto, Totok dan Bambang Suprijadi. 2009. Menulis Artikel & Karya Ilmiah. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi ke-4. Jakarta: Gramedia.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah di bidang bahasa yang diberikan kepada mahasiswa semester VI dengan bobot 3 sks. Di dalamnya akan diajarkan menulis secara ilmiah dengan tidak hanya mengedepankan keakuratan isi, tetapi juga etika kepenulisan sehingga menghasilkan karya ilmiah yang bebas plagiarisme. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan dibimbing menyusun sebuah artikel ilmiah dengan sistematika yang tepat, dibimbing dalam menuliskan kutipan dengan benar, dan dibimbing dalam memaparkan sebuah fakta bahasa dalam masyarakat yang ditemui.
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang penulisan ilmiah secara mandiri;
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang penulisan ilmiah
- Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran penulisan ilmiah
- Menguasai konsep teori pengembangan penulisan ilmiah
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.
Djuroto, Totok dan Bambang Suprijadi. 2009. Menulis Artikel & Karya Ilmiah. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi ke-4. Jakarta: Gramedia.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah di bidang bahasa yang diberikan kepada mahasiswa semester VI dengan bobot 3 sks. Di dalamnya akan diajarkan menulis secara ilmiah dengan tidak hanya mengedepankan keakuratan isi, tetapi juga etika kepenulisan sehingga menghasilkan karya ilmiah yang bebas plagiarisme. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan dibimbing menyusun sebuah artikel ilmiah dengan sistematika yang tepat, dibimbing dalam menuliskan kutipan dengan benar, dan dibimbing dalam memaparkan sebuah fakta bahasa dalam masyarakat yang ditemui.
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang penulisan ilmiah secara mandiri;
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang penulisan ilmiah
- Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran penulisan ilmiah
- Menguasai konsep teori pengembangan penulisan ilmiah
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.
Djuroto, Totok dan Bambang Suprijadi. 2009. Menulis Artikel & Karya Ilmiah. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi ke-4. Jakarta: Gramedia.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah di bidang bahasa yang diberikan kepada mahasiswa semester VI dengan bobot 3 sks. Di dalamnya akan diajarkan menulis secara ilmiah dengan tidak hanya mengedepankan keakuratan isi, tetapi juga etika kepenulisan sehingga menghasilkan karya ilmiah yang bebas plagiarisme. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan dibimbing menyusun sebuah artikel ilmiah dengan sistematika yang tepat, dibimbing dalam menuliskan kutipan dengan benar, dan dibimbing dalam memaparkan sebuah fakta bahasa dalam masyarakat yang ditemui.
Learning Outcomes- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang penulisan ilmiah secara mandiri;
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang penulisan ilmiah
- Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran penulisan ilmiah
- Menguasai konsep teori pengembangan penulisan ilmiah
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.
Djuroto, Totok dan Bambang Suprijadi. 2009. Menulis Artikel & Karya Ilmiah. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi ke-4. Jakarta: Gramedia.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah di bidang bahasa yang diberikan kepada mahasiswa semester VI dengan bobot 3 sks. Di dalamnya akan diajarkan menulis secara ilmiah dengan tidak hanya mengedepankan keakuratan isi, tetapi juga etika kepenulisan sehingga menghasilkan karya ilmiah yang bebas plagiarisme. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan dibimbing menyusun sebuah artikel ilmiah dengan sistematika yang tepat, dibimbing dalam menuliskan kutipan dengan benar, dan dibimbing dalam memaparkan sebuah fakta bahasa dalam masyarakat yang ditemui.
Learning Outcomes- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang penulisan ilmiah secara mandiri;
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang penulisan ilmiah
- Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran penulisan ilmiah
- Menguasai konsep teori pengembangan penulisan ilmiah
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.
Djuroto, Totok dan Bambang Suprijadi. 2009. Menulis Artikel & Karya Ilmiah. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi ke-4. Jakarta: Gramedia.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah di bidang bahasa yang diberikan kepada mahasiswa semester VI dengan bobot 3 sks. Di dalamnya akan diajarkan menulis secara ilmiah dengan tidak hanya mengedepankan keakuratan isi, tetapi juga etika kepenulisan sehingga menghasilkan karya ilmiah yang bebas plagiarisme. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan dibimbing menyusun sebuah artikel ilmiah dengan sistematika yang tepat, dibimbing dalam menuliskan kutipan dengan benar, dan dibimbing dalam memaparkan sebuah fakta bahasa dalam masyarakat yang ditemui.
Learning Outcomes- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang penulisan ilmiah secara mandiri;
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang penulisan ilmiah
- Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran penulisan ilmiah
- Menguasai konsep teori pengembangan penulisan ilmiah
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.
Djuroto, Totok dan Bambang Suprijadi. 2009. Menulis Artikel & Karya Ilmiah. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi ke-4. Jakarta: Gramedia.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah di bidang bahasa yang diberikan kepada mahasiswa semester VI dengan bobot 3 sks. Di dalamnya akan diajarkan menulis secara ilmiah dengan tidak hanya mengedepankan keakuratan isi, tetapi juga etika kepenulisan sehingga menghasilkan karya ilmiah yang bebas plagiarisme. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan dibimbing menyusun sebuah karya ilmiah dengan sistematika yang tepat, dibimbing dalam menuliskan kutipan dengan benar, dan dibimbing dalam memaparkan sebuah fakta (pendidikan) bahasa dan sastra dalam masyarakat yang ditemui.
Learning Outcomes- menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang penulisan ilmiah secara mandiri;
- mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang penulisan ilmiah;
- mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran penulisan ilmiah;
- menguasai konsep teori pengembangan penulisan ilmiah.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.
Djuroto, Totok dan Bambang Suprijadi. 2009. Menulis Artikel & Karya Ilmiah. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi ke-4. Jakarta: Gramedia.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah di bidang bahasa yang diberikan kepada mahasiswa semester VI dengan bobot 3 sks. Di dalamnya akan diajarkan menulis secara ilmiah dengan tidak hanya mengedepankan keakuratan isi, tetapi juga etika kepenulisan sehingga menghasilkan karya ilmiah yang bebas plagiarisme. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan dibimbing menyusun sebuah karya ilmiah dengan sistematika yang tepat, dibimbing dalam menuliskan kutipan dengan benar, dan dibimbing dalam memaparkan sebuah fakta (pendidikan) bahasa dan sastra dalam masyarakat yang ditemui.
Learning Outcomes- menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang penulisan ilmiah secara mandiri;
- mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang penulisan ilmiah;
- mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan, serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran penulisan ilmiah;
- menguasai konsep teori pengembangan penulisan ilmiah.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.
Djuroto, Totok dan Bambang Suprijadi. 2009. Menulis Artikel & Karya Ilmiah. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi ke-4. Jakarta: Gramedia.
Details ...