Courser in English | INDONESIAN LANGUAGE AND LITERATURE EVALUATION |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 50 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Perkembangan kurikulum bahasa Indonesia SD, analisis kompetensi inti dan masing-masing KD, analisis materi bahasa dan sastra bahasa Indonesia , pembuatan jejaring tematik, penjabaran KD bahasa Indonesia menjadi bahan ajar setiap kelas dan semester, ciri bahan ajar Bahasa dan Sastra Indonesia, analisis buku ajar Bahasa dan Sastra Indonesia
Learning Outcomes-
References-
Details ...
Perkembangan kurikulum bahasa Indonesia SD, analisis kompetensi inti dan masing-masing KD, analisis materi bahasa dan sastra bahasa Indonesia , pembuatan jejaring tematik, penjabaran KD bahasa Indonesia menjadi bahan ajar setiap kelas dan semester, ciri bahan ajar Bahasa dan Sastra Indonesia, analisis buku ajar Bahasa dan Sastra Indonesia
Learning Outcomes-
References-
Details ...
Perkembangan kurikulum bahasa Indonesia SD, analisis kompetensi inti dan masing-masing KD, analisis materi bahasa dan sastra bahasa Indonesia , pembuatan jejaring tematik, penjabaran KD bahasa Indonesia menjadi bahan ajar setiap kelas dan semester, ciri bahan ajar Bahasa dan Sastra Indonesia, analisis buku ajar Bahasa dan Sastra Indonesia
Learning Outcomes-
References-
Details ...
Perkembangan kurikulum bahasa Indonesia SD, analisis kompetensi inti dan masing-masing KD, analisis materi bahasa dan sastra bahasa Indonesia , pembuatan jejaring tematik, penjabaran KD bahasa Indonesia menjadi bahan ajar setiap kelas dan semester, ciri bahan ajar Bahasa dan Sastra Indonesia, analisis buku ajar Bahasa dan Sastra Indonesia
Learning Outcomes-
References-
Details ...
Perkembangan kurikulum bahasa Indonesia SD, analisis kompetensi inti dan masing-masing KD, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia , pembuatan jejaring tematik, penjabaran KD bahasa Indonesia menjadi bahan ajar setiap kelas dan semester, ciri bahan ajar Bahasa dan Sastra Indonesia, analisis buku ajar Bahasa dan Sastra Indonesia.
Learning Outcomes1. Capaian Sikap: Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta mampu menunjukkan tanggung jawab dalam pengembangan kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar.
2. Capaian Pengetahuan: Mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia dalam bentuk pola berpikir dan cara-cara berkomunikasi secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam pemahaman dan keterampilan pengembangan dan penerapan ilmu/teknologi/seni dalam rangka pengembangan kemampuan dan sikap di bidang akademik/profesi yang dipelajari.
3. Capaian Keterampilan: Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil ide, pemikiran, dan argumennya secara bertanggung jawab kepada masyarakat mengenai pengembangan kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar.
ReferencesPermendikbud RI Nomor 024 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.
Suyitno, Mudzanatun, & Putri, A,D.S. 2017. Kajian Kurikulum Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Semarang: Univ. PGRI Semarang Press.
Buku Guru dan Buku SIswa SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Details ...
Perkembangan kurikulum bahasa Indonesia SD, analisis kompetensi inti dan masing-masing KD, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia , pembuatan jejaring tematik, penjabaran KD bahasa Indonesia menjadi bahan ajar setiap kelas dan semester, ciri bahan ajar Bahasa dan Sastra Indonesia, analisis buku ajar Bahasa dan Sastra Indonesia.
Learning Outcomes1. Capaian Sikap: Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta mampu menunjukkan tanggung jawab dalam pengembangan kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar.
2. Capaian Pengetahuan: Mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia dalam bentuk pola berpikir dan cara-cara berkomunikasi secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam pemahaman dan keterampilan pengembangan dan penerapan ilmu/teknologi/seni dalam rangka pengembangan kemampuan dan sikap di bidang akademik/profesi yang dipelajari.
3. Capaian Keterampilan: Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil ide, pemikiran, dan argumennya secara bertanggung jawab kepada masyarakat mengenai pengembangan kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar.
ReferencesPermendikbud RI Nomor 024 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.
Suyitno, Mudzanatun, & Putri, A,D.S. 2017. Kajian Kurikulum Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Semarang: Univ. PGRI Semarang Press.
Buku Guru dan Buku SIswa SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Details ...
Perkembangan kurikulum bahasa Indonesia SD, analisis kompetensi inti dan masing-masing KD, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia , pembuatan jejaring tematik, penjabaran KD bahasa Indonesia menjadi bahan ajar setiap kelas dan semester, ciri bahan ajar Bahasa dan Sastra Indonesia, analisis buku ajar Bahasa dan Sastra Indonesia.
Learning Outcomes1. Capaian Sikap: Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta mampu menunjukkan tanggung jawab dalam pengembangan kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar.
2. Capaian Pengetahuan: Mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia dalam bentuk pola berpikir dan cara-cara berkomunikasi secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam pemahaman dan keterampilan pengembangan dan penerapan ilmu/teknologi/seni dalam rangka pengembangan kemampuan dan sikap di bidang akademik/profesi yang dipelajari.
3. Capaian Keterampilan: Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil ide, pemikiran, dan argumennya secara bertanggung jawab kepada masyarakat mengenai pengembangan kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar.
ReferencesPermendikbud RI Nomor 024 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.
Suyitno, Mudzanatun, & Putri, A,D.S. 2017. Kajian Kurikulum Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Semarang: Univ. PGRI Semarang Press.
Buku Guru dan Buku SIswa SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Details ...
Perkembangan kurikulum bahasa Indonesia SD, analisis kompetensi inti dan masing-masing KD, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia , pembuatan jejaring tematik, penjabaran KD bahasa Indonesia menjadi bahan ajar setiap kelas dan semester, ciri bahan ajar Bahasa dan Sastra Indonesia, analisis buku ajar Bahasa dan Sastra Indonesia.
Learning Outcomes1. Capaian Sikap: Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta mampu menunjukkan tanggung jawab dalam pengembangan kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar.
2. Capaian Pengetahuan: Mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia dalam bentuk pola berpikir dan cara-cara berkomunikasi secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam pemahaman dan keterampilan pengembangan dan penerapan ilmu/teknologi/seni dalam rangka pengembangan kemampuan dan sikap di bidang akademik/profesi yang dipelajari.
3. Capaian Keterampilan: Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil ide, pemikiran, dan argumennya secara bertanggung jawab kepada masyarakat mengenai pengembangan kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar.
ReferencesPermendikbud RI Nomor 024 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.
Suyitno, Mudzanatun, & Putri, A,D.S. 2017. Kajian Kurikulum Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Semarang: Univ. PGRI Semarang Press.
Buku Guru dan Buku SIswa SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Details ...
Perkembangan kurikulum bahasa Indonesia SD, analisis kompetensi inti dan masing-masing KD, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia , pembuatan jejaring tematik, penjabaran KD bahasa Indonesia menjadi bahan ajar setiap kelas dan semester, ciri bahan ajar Bahasa dan Sastra Indonesia, analisis buku ajar Bahasa dan Sastra Indonesia.
Learning Outcomes1. Capaian Sikap: Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta mampu menunjukkan tanggung jawab dalam pengembangan kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar.
2. Capaian Pengetahuan: Mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia dalam bentuk pola berpikir dan cara-cara berkomunikasi secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam pemahaman dan keterampilan pengembangan dan penerapan ilmu/teknologi/seni dalam rangka pengembangan kemampuan dan sikap di bidang akademik/profesi yang dipelajari.
3. Capaian Keterampilan: Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil ide, pemikiran, dan argumennya secara bertanggung jawab kepada masyarakat mengenai pengembangan kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar.
ReferencesPermendikbud RI Nomor 024 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.
Suyitno, Mudzanatun, & Putri, A,D.S. 2017. Kajian Kurikulum Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Semarang: Univ. PGRI Semarang Press.
Buku Guru dan Buku SIswa SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Details ...
Perkembangan kurikulum bahasa Indonesia SD, analisis kompetensi inti dan masing-masing KD, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia , pembuatan jejaring tematik, penjabaran KD bahasa Indonesia menjadi bahan ajar setiap kelas dan semester, ciri bahan ajar Bahasa dan Sastra Indonesia, analisis buku ajar Bahasa dan Sastra Indonesia.
Learning Outcomes1. Capaian Sikap: Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta mampu menunjukkan tanggung jawab dalam pengembangan kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar.
2. Capaian Pengetahuan: Mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia dalam bentuk pola berpikir dan cara-cara berkomunikasi secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam pemahaman dan keterampilan pengembangan dan penerapan ilmu/teknologi/seni dalam rangka pengembangan kemampuan dan sikap di bidang akademik/profesi yang dipelajari.
3. Capaian Keterampilan: Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil ide, pemikiran, dan argumennya secara bertanggung jawab kepada masyarakat mengenai pengembangan kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar.
ReferencesPermendikbud RI Nomor 024 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.
Suyitno, Mudzanatun, & Putri, A,D.S. 2017. Kajian Kurikulum Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Semarang: Univ. PGRI Semarang Press.
Buku Guru dan Buku SIswa SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Details ...
Perkembangan kurikulum bahasa Indonesia SD, analisis kompetensi inti dan masing-masing KD, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia , pembuatan jejaring tematik, penjabaran KD bahasa Indonesia menjadi bahan ajar setiap kelas dan semester, ciri bahan ajar Bahasa dan Sastra Indonesia, analisis buku ajar Bahasa dan Sastra Indonesia.
Learning Outcomes1. Capaian Sikap: Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta mampu menunjukkan tanggung jawab dalam pengembangan kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar.
2. Capaian Pengetahuan: Mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia dalam bentuk pola berpikir dan cara-cara berkomunikasi secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam pemahaman dan keterampilan pengembangan dan penerapan ilmu/teknologi/seni dalam rangka pengembangan kemampuan dan sikap di bidang akademik/profesi yang dipelajari.
3. Capaian Keterampilan: Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil ide, pemikiran, dan argumennya secara bertanggung jawab kepada masyarakat mengenai pengembangan kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar.
ReferencesPermendikbud RI Nomor 024 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.
Suyitno, Mudzanatun, & Putri, A,D.S. 2017. Kajian Kurikulum Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Semarang: Univ. PGRI Semarang Press.
Buku Guru dan Buku SIswa SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Details ...
Perkembangan kurikulum bahasa Indonesia SD, analisis kompetensi inti dan masing-masing KD, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia , pembuatan jejaring tematik, penjabaran KD bahasa Indonesia menjadi bahan ajar setiap kelas dan semester, ciri bahan ajar Bahasa dan Sastra Indonesia, analisis buku ajar Bahasa dan Sastra Indonesia.
Learning Outcomes1. Capaian Sikap: Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta mampu menunjukkan tanggung jawab dalam pengembangan kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar.
2. Capaian Pengetahuan: Mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia dalam bentuk pola berpikir dan cara-cara berkomunikasi secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam pemahaman dan keterampilan pengembangan dan penerapan ilmu/teknologi/seni dalam rangka pengembangan kemampuan dan sikap di bidang akademik/profesi yang dipelajari.
3. Capaian Keterampilan: Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil ide, pemikiran, dan argumennya secara bertanggung jawab kepada masyarakat mengenai pengembangan kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar.
ReferencesPermendikbud RI Nomor 024 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.
Suyitno, Mudzanatun, & Putri, A,D.S. 2017. Kajian Kurikulum Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Semarang: Univ. PGRI Semarang Press.
Buku Guru dan Buku SIswa SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Details ...