Courser in English | INDONESIAN LANGUAGE AND LITERATURE EVALUATION |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 50 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan matakuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji perkembangan kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia SD, analisis SKL,KI,KD dan ruang lingkup materi bahasa dan sastra SD, analisis buku siswa, pengembangan indikator, literasi SD, pengembangan bahan ajar, penerapan HOTS dalam wacana tematik dengan menerapkan pendekatan Whole Language yang menghasilkan produk mahasiswa, berupa hasil analisis buku siswa, mengembangkan indicator menjadi bahan ajar tematik bercirikan litearsi SD HOTS dengan penuh tanggungjawab dan mandiri.Luaran dari matakuliah ini adalah Bahan Ajar Tematik berbasis HOTS.Mata kuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan matakuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji perkembangan kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia SD, analisis SKL,KI,KD dan ruang lingkup materi bahasa dan sastra SD, analisis buku siswa, pengembangan indikator, literasi SD, pengembangan bahan ajar, penerapan HOTS dalam wacana tematik dengan menerapkan pendekatan Whole Language yang menghasilkan produk mahasiswa, berupa hasil analisis buku siswa, mengembangkan indicator menjadi bahan ajar tematik bercirikan litearsi SD HOTS dengan penuh tanggungjawab dan mandiri.Luaran dari matakuliah ini adalah Bahan Ajar Tematik berbasis HOTS.
Learning Outcomes
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
CPL Program Studi yang dibebankan pada MK |
|
Sikap (S) |
|
|
Pengetahuan (P) |
|
|
Ketrampilan Umum (KU) |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn) 2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. 3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. 4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi 5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di 5 bidang, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. 6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. 7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya. 8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan 9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
|
Ketrampilan Khusus (KK) |
|
|
CPMK |
||
Setelah menempuh mata kuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia, mahasiswa diharapkan mampu: |
||
CPMK1 |
Mengidentifikasi hakikat, komponen, kedudukan kurikulum dalam pendidikan, dan perkembangan kurikulum sekolah dasar di Indonesia serta menjelaskannya dengan penuh kesungguhan (S7, P2, P7, KU1, KK5, KK6). |
|
CPMK2 |
Mengemukakan perubahan empat standar dalam Kurikulum 2013; hakikat Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian; dan analisis Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar; serta memberikan contoh dengan penuh tanggung jawab (S9, P6, P7, KU3, KK5, KK8, KK6). |
|
CPMK3 |
Menganalisis Buku Guru dan Buku Siswa dan menemukan ruang lingkup materi bahasa Indonesia sekolah dasar secara cermat (S9, P5, P7, KU 1, KK6, KK7, KK8). |
|
CPMK4 |
Mengklasifikasikan materi bahasa Indonesia sekolah dasar berdasarkan ruang lingkupnya dan menyeleksinya dengan penuh tanggung jawab untuk pembelajaran sesuai tingkatan kelas (S7, P6, P7, KK5, KK6, KK7). |
|
|
CPMK5 |
Mengkritisi kesesuaian kompetensi dasar dan indikator yang dikembangkan dalam berbagai jenis teks wacana di dalam Buku Siswa dan memproyeksikannya sebagai bahan literasi bahasa Indonesia di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (S7, P7, P8, KU8, KK6, KK7). |
- Depdiknas. 2008. Pengembangan Buku Teks Pelajaran. Depdiknas: Jakarta.
- Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. 2016. Dinamika Kurikulum/Perubahan KI & KD. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI.
- Lestari. Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi (Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Padang: Akademia Permata.
- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud RI.
- ........ 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud RI.
- ........ 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud RI.
- ........ 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kemendikbud RI.
- Pemerintah Republik Indonesai. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
- Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor: 0041/P/BSNP/VIII/2016. Tentang Prosedur Operasi Standar Penyelenggaraan Penilaian Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru Pola “Inisiatif Masyarakat”.
- Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 24 tahun 2016 tentang Standar Isi Kurikulum 2013.
- Prastowo, A. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
- Subiyantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, Sebuah Pengantar. Semarang: UNNES Press.
Details ...
Perkembangan kurikulum bahasa Indonesia SD, analisis kompetensi inti dan masing-masing KD, analisis materi bahasa dan sastra bahasa Indonesia , pembuatan jejaring tematik, penjabaran KD bahasa Indonesia menjadi bahan ajar setiap kelas dan semester, ciri bahan ajar Bahasa dan Sastra Indonesia, analisis buku ajar Bahasa dan Sastra Indonesia
Learning OutcomesMahasiswa memiliki kemampuan menjabarkan materi kurikulum Bahasa Indonesia SD menjadi bahan ajar untuk pembelajaran bahasa Indonesia di SD
ReferencesIdi, Abdullah. 2011. Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ismawati, Esti. 2012. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Ombak.
Kemendikbud RI. 2013. Buku siswa SD
Kemendikbud RI. 2013. Buku Pegangan Guru
Mulyasa, E. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Sebuah Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugihastuti dan Rusiyah. 2015. Strategi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) Bahasa Indonesia di SD Kelas 4, 5, dan 6.
Details ...
Perkembangan kurikulum bahasa Indonesia SD, analisis kompetensi inti dan masing-masing KD, analisis materi bahasa dan sastra bahasa Indonesia , pembuatan jejaring tematik, penjabaran KD bahasa Indonesia menjadi bahan ajar setiap kelas dan semester, ciri bahan ajar Bahasa dan Sastra Indonesia, analisis buku ajar Bahasa dan Sastra Indonesia
Learning OutcomesMahasiswa memiliki kemampuan menjabarkan materi kurikulum Bahasa Indonesia SD menjadi bahan ajar untuk pembelajaran bahasa Indonesia di SD
ReferencesIdi, Abdullah. 2011. Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ismawati, Esti. 2012. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Ombak.
Kemendikbud RI. 2013. Buku siswa SD
Kemendikbud RI. 2013. Buku Pegangan Guru
Mulyasa, E. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Sebuah Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugihastuti dan Rusiyah. 2015. Strategi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) Bahasa Indonesia di SD Kelas 4, 5, dan 6.
Details ...
Mata kuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan matakuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji perkembangan kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia SD, analisis SKL,KI,KD dan ruang lingkup materi bahasa dan sastra SD, analisis buku siswa, pengembangan indikator, literasi SD, pengembangan bahan ajar, penerapan HOTS dalam wacana tematik dengan menerapkan pendekatan Whole Language yang menghasilkan produk mahasiswa, berupa hasil analisis buku siswa, mengembangkan indicator menjadi bahan ajar tematik bercirikan litearsi SD HOTS dengan penuh tanggungjawab dan mandiri.
Luaran dari matakuliah ini adalah Bahan Ajar Tematik berbasis HOTS.
Mata kuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan matakuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji perkembangan kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia SD, analisis SKL,KI,KD dan ruang lingkup materi bahasa dan sastra SD, analisis buku siswa, pengembangan indikator, literasi SD, pengembangan bahan ajar, penerapan HOTS dalam wacana tematik dengan menerapkan pendekatan Whole Language yang menghasilkan produk mahasiswa, berupa hasil analisis buku siswa, mengembangkan indicator menjadi bahan ajar tematik bercirikan litearsi SD HOTS dengan penuh tanggungjawab dan mandiri.
Luaran dari matakuliah ini adalah Bahan Ajar Tematik berbasis HOTS.
Learning Outcomes
CPL Program Studi yang dibebankan pada MK |
|
Sikap (S) |
|
Pengetahuan (P) |
|
Ketrampilan Umum (KU) |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn) 2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. 3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. 4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi 5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di 5 bidang, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. 6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. 7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya. 8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan 9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
Ketrampilan Khusus (KK) |
|
CPMK |
|
Setelah menempuh mata kuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia, mahasiswa diharapkan mampu: |
|
CPMK1 |
Mengidentifikasi hakikat, komponen, kedudukan kurikulum dalam pendidikan, dan perkembangan kurikulum sekolah dasar di Indonesia serta menjelaskannya dengan penuh kesungguhan (S7, P2, P7, KU1, KK5, KK6). |
CPMK2 |
Mengemukakan perubahan empat standar dalam Kurikulum 2013; hakikat Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian; dan analisis Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar; serta memberikan contoh dengan penuh tanggung jawab (S9, P6, P7, KU3, KK5, KK8, KK6). |
CPMK3 |
Menganalisis Buku Guru dan Buku Siswa dan menemukan ruang lingkup materi bahasa Indonesia sekolah dasar secara cermat (S9, P5, P7, KU 1, KK6, KK7, KK8). |
CPMK4 |
Mengklasifikasikan materi bahasa Indonesia sekolah dasar berdasarkan ruang lingkupnya dan menyeleksinya dengan penuh tanggung jawab untuk pembelajaran sesuai tingkatan kelas (S7, P6, P7, KK5, KK6, KK7). |
CPMK5 |
Mengkritisi kesesuaian kompetensi dasar dan indikator yang dikembangkan dalam berbagai jenis teks wacana di dalam Buku Siswa dan memproyeksikannya sebagai bahan literasi bahasa Indonesia di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (S7, P7, P8, KU8, KK6, KK7). |
CPMK6 |
Merancang dan menyusun bahan ajar bahasa Indonesia sekolah dasar dengan mengkonstruksinya sebagai bahan ajar tematik terpadu berbasis pendekatan HOTS dengan penuh kesungguhan (S7, S8, P6, P7, KU2, KK5, KK6, KK8).
|
Utama |
Suyitno, dkk. 2011. Kajian Kurikulum Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Semarang: UPGRIS Press. |
Pendukung |
|
Details ...
Mata kuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan matakuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji perkembangan kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia SD, analisis SKL,KI,KD dan ruang lingkup materi bahasa dan sastra SD, analisis buku siswa, pengembangan indikator, literasi SD, pengembangan bahan ajar, penerapan HOTS dalam wacana tematik dengan menerapkan pendekatan Whole Language yang menghasilkan produk mahasiswa, berupa hasil analisis buku siswa, mengembangkan indicator menjadi bahan ajar tematik bercirikan litearsi SD HOTS dengan penuh tanggungjawab dan mandiri.
Luaran dari matakuliah ini adalah Bahan Ajar Tematik berbasis HOTS.
Mata kuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan matakuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji perkembangan kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia SD, analisis SKL,KI,KD dan ruang lingkup materi bahasa dan sastra SD, analisis buku siswa, pengembangan indikator, literasi SD, pengembangan bahan ajar, penerapan HOTS dalam wacana tematik dengan menerapkan pendekatan Whole Language yang menghasilkan produk mahasiswa, berupa hasil analisis buku siswa, mengembangkan indicator menjadi bahan ajar tematik bercirikan litearsi SD HOTS dengan penuh tanggungjawab dan mandiri.
Luaran dari matakuliah ini adalah Bahan Ajar Tematik berbasis HOTS.
Learning Outcomes
CPL Program Studi yang dibebankan pada MK |
|
Sikap (S) |
|
Pengetahuan (P) |
|
Ketrampilan Umum (KU) |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn) 2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. 3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. 4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi 5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di 5 bidang, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. 6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. 7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya. 8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan 9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
Ketrampilan Khusus (KK) |
|
CPMK |
|
Setelah menempuh mata kuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia, mahasiswa diharapkan mampu: |
|
CPMK1 |
Mengidentifikasi hakikat, komponen, kedudukan kurikulum dalam pendidikan, dan perkembangan kurikulum sekolah dasar di Indonesia serta menjelaskannya dengan penuh kesungguhan (S7, P2, P7, KU1, KK5, KK6). |
CPMK2 |
Mengemukakan perubahan empat standar dalam Kurikulum 2013; hakikat Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian; dan analisis Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar; serta memberikan contoh dengan penuh tanggung jawab (S9, P6, P7, KU3, KK5, KK8, KK6). |
CPMK3 |
Menganalisis Buku Guru dan Buku Siswa dan menemukan ruang lingkup materi bahasa Indonesia sekolah dasar secara cermat (S9, P5, P7, KU 1, KK6, KK7, KK8). |
CPMK4 |
Mengklasifikasikan materi bahasa Indonesia sekolah dasar berdasarkan ruang lingkupnya dan menyeleksinya dengan penuh tanggung jawab untuk pembelajaran sesuai tingkatan kelas (S7, P6, P7, KK5, KK6, KK7). |
CPMK5 |
Mengkritisi kesesuaian kompetensi dasar dan indikator yang dikembangkan dalam berbagai jenis teks wacana di dalam Buku Siswa dan memproyeksikannya sebagai bahan literasi bahasa Indonesia di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (S7, P7, P8, KU8, KK6, KK7). |
CPMK6 |
Merancang dan menyusun bahan ajar bahasa Indonesia sekolah dasar dengan mengkonstruksinya sebagai bahan ajar tematik terpadu berbasis pendekatan HOTS dengan penuh kesungguhan (S7, S8, P6, P7, KU2, KK5, KK6, KK8).
|
Utama |
Suyitno, dkk. 2011. Kajian Kurikulum Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Semarang: UPGRIS Press. |
Pendukung |
|
Details ...
Mata kuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan matakuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji perkembangan kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia SD, analisis SKL,KI,KD dan ruang lingkup materi bahasa dan sastra SD, analisis buku siswa, pengembangan indikator, literasi SD, pengembangan bahan ajar, penerapan HOTS dalam wacana tematik dengan menerapkan pendekatan Whole Language yang menghasilkan produk mahasiswa, berupa hasil analisis buku siswa, mengembangkan indicator menjadi bahan ajar tematik bercirikan litearsi SD HOTS dengan penuh tanggungjawab dan mandiri.
Luaran dari matakuliah ini adalah Bahan Ajar Tematik berbasis HOTS.
Mata kuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan matakuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji perkembangan kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia SD, analisis SKL,KI,KD dan ruang lingkup materi bahasa dan sastra SD, analisis buku siswa, pengembangan indikator, literasi SD, pengembangan bahan ajar, penerapan HOTS dalam wacana tematik dengan menerapkan pendekatan Whole Language yang menghasilkan produk mahasiswa, berupa hasil analisis buku siswa, mengembangkan indicator menjadi bahan ajar tematik bercirikan litearsi SD HOTS dengan penuh tanggungjawab dan mandiri.
Luaran dari matakuliah ini adalah Bahan Ajar Tematik berbasis HOTS.
Learning Outcomes
CPL Program Studi yang dibebankan pada MK |
|
Sikap (S) |
|
Pengetahuan (P) |
|
Ketrampilan Umum (KU) |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn) 2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. 3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. 4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi 5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di 5 bidang, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. 6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. 7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya. 8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan 9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
Ketrampilan Khusus (KK) |
|
CPMK |
|
Setelah menempuh mata kuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia, mahasiswa diharapkan mampu: |
|
CPMK1 |
Mengidentifikasi hakikat, komponen, kedudukan kurikulum dalam pendidikan, dan perkembangan kurikulum sekolah dasar di Indonesia serta menjelaskannya dengan penuh kesungguhan (S7, P2, P7, KU1, KK5, KK6). |
CPMK2 |
Mengemukakan perubahan empat standar dalam Kurikulum 2013; hakikat Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian; dan analisis Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar; serta memberikan contoh dengan penuh tanggung jawab (S9, P6, P7, KU3, KK5, KK8, KK6). |
CPMK3 |
Menganalisis Buku Guru dan Buku Siswa dan menemukan ruang lingkup materi bahasa Indonesia sekolah dasar secara cermat (S9, P5, P7, KU 1, KK6, KK7, KK8). |
CPMK4 |
Mengklasifikasikan materi bahasa Indonesia sekolah dasar berdasarkan ruang lingkupnya dan menyeleksinya dengan penuh tanggung jawab untuk pembelajaran sesuai tingkatan kelas (S7, P6, P7, KK5, KK6, KK7). |
CPMK5 |
Mengkritisi kesesuaian kompetensi dasar dan indikator yang dikembangkan dalam berbagai jenis teks wacana di dalam Buku Siswa dan memproyeksikannya sebagai bahan literasi bahasa Indonesia di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (S7, P7, P8, KU8, KK6, KK7). |
CPMK6 |
Merancang dan menyusun bahan ajar bahasa Indonesia sekolah dasar dengan mengkonstruksinya sebagai bahan ajar tematik terpadu berbasis pendekatan HOTS dengan penuh kesungguhan (S7, S8, P6, P7, KU2, KK5, KK6, KK8).
|
Utama |
Suyitno, dkk. 2011. Kajian Kurikulum Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Semarang: UPGRIS Press. |
Pendukung |
|
Details ...
Mata kuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan matakuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji perkembangan kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia SD, analisis SKL,KI,KD dan ruang lingkup materi bahasa dan sastra SD, analisis buku siswa, pengembangan indikator, literasi SD, pengembangan bahan ajar, penerapan HOTS dalam wacana tematik dengan menerapkan pendekatan Whole Language yang menghasilkan produk mahasiswa, berupa hasil analisis buku siswa, mengembangkan indicator menjadi bahan ajar tematik bercirikan litearsi SD HOTS dengan penuh tanggungjawab dan mandiri.
Luaran dari matakuliah ini adalah Bahan Ajar Tematik berbasis HOTS.
Mata kuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan matakuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji perkembangan kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia SD, analisis SKL,KI,KD dan ruang lingkup materi bahasa dan sastra SD, analisis buku siswa, pengembangan indikator, literasi SD, pengembangan bahan ajar, penerapan HOTS dalam wacana tematik dengan menerapkan pendekatan Whole Language yang menghasilkan produk mahasiswa, berupa hasil analisis buku siswa, mengembangkan indicator menjadi bahan ajar tematik bercirikan litearsi SD HOTS dengan penuh tanggungjawab dan mandiri.
Luaran dari matakuliah ini adalah Bahan Ajar Tematik berbasis HOTS.
Learning Outcomes
CPL Program Studi yang dibebankan pada MK |
|
Sikap (S) |
|
Pengetahuan (P) |
|
Ketrampilan Umum (KU) |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn) 2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. 3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. 4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi 5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di 5 bidang, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. 6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. 7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya. 8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan 9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
Ketrampilan Khusus (KK) |
|
CPMK |
|
Setelah menempuh mata kuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia, mahasiswa diharapkan mampu: |
|
CPMK1 |
Mengidentifikasi hakikat, komponen, kedudukan kurikulum dalam pendidikan, dan perkembangan kurikulum sekolah dasar di Indonesia serta menjelaskannya dengan penuh kesungguhan (S7, P2, P7, KU1, KK5, KK6). |
CPMK2 |
Mengemukakan perubahan empat standar dalam Kurikulum 2013; hakikat Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian; dan analisis Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar; serta memberikan contoh dengan penuh tanggung jawab (S9, P6, P7, KU3, KK5, KK8, KK6). |
CPMK3 |
Menganalisis Buku Guru dan Buku Siswa dan menemukan ruang lingkup materi bahasa Indonesia sekolah dasar secara cermat (S9, P5, P7, KU 1, KK6, KK7, KK8). |
CPMK4 |
Mengklasifikasikan materi bahasa Indonesia sekolah dasar berdasarkan ruang lingkupnya dan menyeleksinya dengan penuh tanggung jawab untuk pembelajaran sesuai tingkatan kelas (S7, P6, P7, KK5, KK6, KK7). |
CPMK5 |
Mengkritisi kesesuaian kompetensi dasar dan indikator yang dikembangkan dalam berbagai jenis teks wacana di dalam Buku Siswa dan memproyeksikannya sebagai bahan literasi bahasa Indonesia di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (S7, P7, P8, KU8, KK6, KK7). |
CPMK6 |
Merancang dan menyusun bahan ajar bahasa Indonesia sekolah dasar dengan mengkonstruksinya sebagai bahan ajar tematik terpadu berbasis pendekatan HOTS dengan penuh kesungguhan (S7, S8, P6, P7, KU2, KK5, KK6, KK8).
|
Utama |
Suyitno, dkk. 2011. Kajian Kurikulum Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Semarang: UPGRIS Press. |
Pendukung |
|
Details ...
Mata kuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan matakuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji perkembangan kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia SD, analisis SKL,KI,KD dan ruang lingkup materi bahasa dan sastra SD, analisis buku siswa, pengembangan indikator, literasi SD, pengembangan bahan ajar, penerapan HOTS dalam wacana tematik dengan menerapkan pendekatan Whole Language yang menghasilkan produk mahasiswa, berupa hasil analisis buku siswa, mengembangkan indicator menjadi bahan ajar tematik bercirikan litearsi SD HOTS dengan penuh tanggungjawab dan mandiri.
Luaran dari matakuliah ini adalah Bahan Ajar Tematik berbasis HOTS.
Mata kuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan matakuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji perkembangan kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia SD, analisis SKL,KI,KD dan ruang lingkup materi bahasa dan sastra SD, analisis buku siswa, pengembangan indikator, literasi SD, pengembangan bahan ajar, penerapan HOTS dalam wacana tematik dengan menerapkan pendekatan Whole Language yang menghasilkan produk mahasiswa, berupa hasil analisis buku siswa, mengembangkan indicator menjadi bahan ajar tematik bercirikan litearsi SD HOTS dengan penuh tanggungjawab dan mandiri.
Luaran dari matakuliah ini adalah Bahan Ajar Tematik berbasis HOTS.
Learning Outcomes
CPL Program Studi yang dibebankan pada MK |
|
Sikap (S) |
|
Pengetahuan (P) |
|
Ketrampilan Umum (KU) |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn) 2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. 3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. 4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi 5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di 5 bidang, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. 6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. 7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya. 8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan 9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
Ketrampilan Khusus (KK) |
|
CPMK |
|
Setelah menempuh mata kuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia, mahasiswa diharapkan mampu: |
|
CPMK1 |
Mengidentifikasi hakikat, komponen, kedudukan kurikulum dalam pendidikan, dan perkembangan kurikulum sekolah dasar di Indonesia serta menjelaskannya dengan penuh kesungguhan (S7, P2, P7, KU1, KK5, KK6). |
CPMK2 |
Mengemukakan perubahan empat standar dalam Kurikulum 2013; hakikat Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian; dan analisis Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar; serta memberikan contoh dengan penuh tanggung jawab (S9, P6, P7, KU3, KK5, KK8, KK6). |
CPMK3 |
Menganalisis Buku Guru dan Buku Siswa dan menemukan ruang lingkup materi bahasa Indonesia sekolah dasar secara cermat (S9, P5, P7, KU 1, KK6, KK7, KK8). |
CPMK4 |
Mengklasifikasikan materi bahasa Indonesia sekolah dasar berdasarkan ruang lingkupnya dan menyeleksinya dengan penuh tanggung jawab untuk pembelajaran sesuai tingkatan kelas (S7, P6, P7, KK5, KK6, KK7). |
CPMK5 |
Mengkritisi kesesuaian kompetensi dasar dan indikator yang dikembangkan dalam berbagai jenis teks wacana di dalam Buku Siswa dan memproyeksikannya sebagai bahan literasi bahasa Indonesia di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (S7, P7, P8, KU8, KK6, KK7). |
CPMK6 |
Merancang dan menyusun bahan ajar bahasa Indonesia sekolah dasar dengan mengkonstruksinya sebagai bahan ajar tematik terpadu berbasis pendekatan HOTS dengan penuh kesungguhan (S7, S8, P6, P7, KU2, KK5, KK6, KK8).
|
Utama |
Suyitno, dkk. 2011. Kajian Kurikulum Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Semarang: UPGRIS Press. |
Pendukung |
|
Details ...
Mata kuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan matakuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji perkembangan kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia SD, analisis SKL,KI,KD dan ruang lingkup materi bahasa dan sastra SD, analisis buku siswa, pengembangan indikator, literasi SD, pengembangan bahan ajar, penerapan HOTS dalam wacana tematik dengan menerapkan pendekatan Whole Language yang menghasilkan produk mahasiswa, berupa hasil analisis buku siswa, mengembangkan indicator menjadi bahan ajar tematik bercirikan litearsi SD HOTS dengan penuh tanggungjawab dan mandiri.
Luaran dari matakuliah ini adalah Bahan Ajar Tematik berbasis HOTS.
Mata kuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan matakuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji perkembangan kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia SD, analisis SKL,KI,KD dan ruang lingkup materi bahasa dan sastra SD, analisis buku siswa, pengembangan indikator, literasi SD, pengembangan bahan ajar, penerapan HOTS dalam wacana tematik dengan menerapkan pendekatan Whole Language yang menghasilkan produk mahasiswa, berupa hasil analisis buku siswa, mengembangkan indicator menjadi bahan ajar tematik bercirikan litearsi SD HOTS dengan penuh tanggungjawab dan mandiri.
Luaran dari matakuliah ini adalah Bahan Ajar Tematik berbasis HOTS.
Learning Outcomes
CPL Program Studi yang dibebankan pada MK |
|
Sikap (S) |
|
Pengetahuan (P) |
|
Ketrampilan Umum (KU) |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn) 2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. 3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. 4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi 5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di 5 bidang, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. 6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. 7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya. 8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan 9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
Ketrampilan Khusus (KK) |
|
CPMK |
|
Setelah menempuh mata kuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia, mahasiswa diharapkan mampu: |
|
CPMK1 |
Mengidentifikasi hakikat, komponen, kedudukan kurikulum dalam pendidikan, dan perkembangan kurikulum sekolah dasar di Indonesia serta menjelaskannya dengan penuh kesungguhan (S7, P2, P7, KU1, KK5, KK6). |
CPMK2 |
Mengemukakan perubahan empat standar dalam Kurikulum 2013; hakikat Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian; dan analisis Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar; serta memberikan contoh dengan penuh tanggung jawab (S9, P6, P7, KU3, KK5, KK8, KK6). |
CPMK3 |
Menganalisis Buku Guru dan Buku Siswa dan menemukan ruang lingkup materi bahasa Indonesia sekolah dasar secara cermat (S9, P5, P7, KU 1, KK6, KK7, KK8). |
CPMK4 |
Mengklasifikasikan materi bahasa Indonesia sekolah dasar berdasarkan ruang lingkupnya dan menyeleksinya dengan penuh tanggung jawab untuk pembelajaran sesuai tingkatan kelas (S7, P6, P7, KK5, KK6, KK7). |
CPMK5 |
Mengkritisi kesesuaian kompetensi dasar dan indikator yang dikembangkan dalam berbagai jenis teks wacana di dalam Buku Siswa dan memproyeksikannya sebagai bahan literasi bahasa Indonesia di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (S7, P7, P8, KU8, KK6, KK7). |
CPMK6 |
Merancang dan menyusun bahan ajar bahasa Indonesia sekolah dasar dengan mengkonstruksinya sebagai bahan ajar tematik terpadu berbasis pendekatan HOTS dengan penuh kesungguhan (S7, S8, P6, P7, KU2, KK5, KK6, KK8).
|
Utama |
Suyitno, dkk. 2011. Kajian Kurikulum Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Semarang: UPGRIS Press. |
Pendukung |
|
Details ...
Mata kuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan matakuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji perkembangan kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia SD, analisis SKL,KI,KD dan ruang lingkup materi bahasa dan sastra SD, analisis buku siswa, pengembangan indikator, literasi SD, pengembangan bahan ajar, penerapan HOTS dalam wacana tematik dengan menerapkan pendekatan Whole Language yang menghasilkan produk mahasiswa, berupa hasil analisis buku siswa, mengembangkan indicator menjadi bahan ajar tematik bercirikan litearsi SD HOTS dengan penuh tanggungjawab dan mandiri.
Luaran dari matakuliah ini adalah Bahan Ajar Tematik berbasis HOTS.
Mata kuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan matakuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji perkembangan kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia SD, analisis SKL,KI,KD dan ruang lingkup materi bahasa dan sastra SD, analisis buku siswa, pengembangan indikator, literasi SD, pengembangan bahan ajar, penerapan HOTS dalam wacana tematik dengan menerapkan pendekatan Whole Language yang menghasilkan produk mahasiswa, berupa hasil analisis buku siswa, mengembangkan indicator menjadi bahan ajar tematik bercirikan litearsi SD HOTS dengan penuh tanggungjawab dan mandiri.
Luaran dari matakuliah ini adalah Bahan Ajar Tematik berbasis HOTS.
Learning Outcomes
CPL Program Studi yang dibebankan pada MK |
|
Sikap (S) |
|
Pengetahuan (P) |
|
Ketrampilan Umum (KU) |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn) 2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. 3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. 4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi 5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di 5 bidang, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. 6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. 7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya. 8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan 9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
Ketrampilan Khusus (KK) |
|
CPMK |
|
Setelah menempuh mata kuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia, mahasiswa diharapkan mampu: |
|
CPMK1 |
Mengidentifikasi hakikat, komponen, kedudukan kurikulum dalam pendidikan, dan perkembangan kurikulum sekolah dasar di Indonesia serta menjelaskannya dengan penuh kesungguhan (S7, P2, P7, KU1, KK5, KK6). |
CPMK2 |
Mengemukakan perubahan empat standar dalam Kurikulum 2013; hakikat Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian; dan analisis Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar; serta memberikan contoh dengan penuh tanggung jawab (S9, P6, P7, KU3, KK5, KK8, KK6). |
CPMK3 |
Menganalisis Buku Guru dan Buku Siswa dan menemukan ruang lingkup materi bahasa Indonesia sekolah dasar secara cermat (S9, P5, P7, KU 1, KK6, KK7, KK8). |
CPMK4 |
Mengklasifikasikan materi bahasa Indonesia sekolah dasar berdasarkan ruang lingkupnya dan menyeleksinya dengan penuh tanggung jawab untuk pembelajaran sesuai tingkatan kelas (S7, P6, P7, KK5, KK6, KK7). |
CPMK5 |
Mengkritisi kesesuaian kompetensi dasar dan indikator yang dikembangkan dalam berbagai jenis teks wacana di dalam Buku Siswa dan memproyeksikannya sebagai bahan literasi bahasa Indonesia di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (S7, P7, P8, KU8, KK6, KK7). |
CPMK6 |
Merancang dan menyusun bahan ajar bahasa Indonesia sekolah dasar dengan mengkonstruksinya sebagai bahan ajar tematik terpadu berbasis pendekatan HOTS dengan penuh kesungguhan (S7, S8, P6, P7, KU2, KK5, KK6, KK8).
|
Utama |
Suyitno, dkk. 2011. Kajian Kurikulum Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Semarang: UPGRIS Press. |
Pendukung |
|
Details ...
Mata kuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan matakuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji perkembangan kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia SD, analisis SKL,KI,KD dan ruang lingkup materi bahasa dan sastra SD, analisis buku siswa, pengembangan indikator, literasi SD, pengembangan bahan ajar, penerapan HOTS dalam wacana tematik dengan menerapkan pendekatan Whole Language yang menghasilkan produk mahasiswa, berupa hasil analisis buku siswa, mengembangkan indicator menjadi bahan ajar tematik bercirikan litearsi SD HOTS dengan penuh tanggungjawab dan mandiri.
Luaran dari matakuliah ini adalah Bahan Ajar Tematik berbasis HOTS.
Mata kuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan matakuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji perkembangan kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia SD, analisis SKL,KI,KD dan ruang lingkup materi bahasa dan sastra SD, analisis buku siswa, pengembangan indikator, literasi SD, pengembangan bahan ajar, penerapan HOTS dalam wacana tematik dengan menerapkan pendekatan Whole Language yang menghasilkan produk mahasiswa, berupa hasil analisis buku siswa, mengembangkan indicator menjadi bahan ajar tematik bercirikan litearsi SD HOTS dengan penuh tanggungjawab dan mandiri.
Luaran dari matakuliah ini adalah Bahan Ajar Tematik berbasis HOTS.
Learning Outcomes
CPL Program Studi yang dibebankan pada MK |
|
Sikap (S) |
|
Pengetahuan (P) |
|
Ketrampilan Umum (KU) |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn) 2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. 3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. 4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi 5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di 5 bidang, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. 6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. 7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya. 8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan 9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
Ketrampilan Khusus (KK) |
|
CPMK |
|
Setelah menempuh mata kuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia, mahasiswa diharapkan mampu: |
|
CPMK1 |
Mengidentifikasi hakikat, komponen, kedudukan kurikulum dalam pendidikan, dan perkembangan kurikulum sekolah dasar di Indonesia serta menjelaskannya dengan penuh kesungguhan (S7, P2, P7, KU1, KK5, KK6). |
CPMK2 |
Mengemukakan perubahan empat standar dalam Kurikulum 2013; hakikat Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian; dan analisis Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar; serta memberikan contoh dengan penuh tanggung jawab (S9, P6, P7, KU3, KK5, KK8, KK6). |
CPMK3 |
Menganalisis Buku Guru dan Buku Siswa dan menemukan ruang lingkup materi bahasa Indonesia sekolah dasar secara cermat (S9, P5, P7, KU 1, KK6, KK7, KK8). |
CPMK4 |
Mengklasifikasikan materi bahasa Indonesia sekolah dasar berdasarkan ruang lingkupnya dan menyeleksinya dengan penuh tanggung jawab untuk pembelajaran sesuai tingkatan kelas (S7, P6, P7, KK5, KK6, KK7). |
CPMK5 |
Mengkritisi kesesuaian kompetensi dasar dan indikator yang dikembangkan dalam berbagai jenis teks wacana di dalam Buku Siswa dan memproyeksikannya sebagai bahan literasi bahasa Indonesia di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (S7, P7, P8, KU8, KK6, KK7). |
CPMK6 |
Merancang dan menyusun bahan ajar bahasa Indonesia sekolah dasar dengan mengkonstruksinya sebagai bahan ajar tematik terpadu berbasis pendekatan HOTS dengan penuh kesungguhan (S7, S8, P6, P7, KU2, KK5, KK6, KK8).
|
Utama |
Suyitno, dkk. 2011. Kajian Kurikulum Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Semarang: UPGRIS Press. |
Pendukung |
|
Details ...
Mata kuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan matakuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji perkembangan kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia SD, analisis SKL,KI,KD dan ruang lingkup materi bahasa dan sastra SD, analisis buku siswa, pengembangan indikator, literasi SD, pengembangan bahan ajar, penerapan HOTS dalam wacana tematik dengan menerapkan pendekatan Whole Language yang menghasilkan produk mahasiswa, berupa hasil analisis buku siswa, mengembangkan indicator menjadi bahan ajar tematik bercirikan litearsi SD HOTS dengan penuh tanggungjawab dan mandiri.
Luaran dari matakuliah ini adalah Bahan Ajar Tematik berbasis HOTS.
Mata kuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan matakuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji perkembangan kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia SD, analisis SKL,KI,KD dan ruang lingkup materi bahasa dan sastra SD, analisis buku siswa, pengembangan indikator, literasi SD, pengembangan bahan ajar, penerapan HOTS dalam wacana tematik dengan menerapkan pendekatan Whole Language yang menghasilkan produk mahasiswa, berupa hasil analisis buku siswa, mengembangkan indicator menjadi bahan ajar tematik bercirikan litearsi SD HOTS dengan penuh tanggungjawab dan mandiri.
Luaran dari matakuliah ini adalah Bahan Ajar Tematik berbasis HOTS.
Learning Outcomes
CPL Program Studi yang dibebankan pada MK |
|
Sikap (S) |
|
Pengetahuan (P) |
|
Ketrampilan Umum (KU) |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn) 2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. 3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni. 4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi 5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di 5 bidang, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. 6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. 7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya. 8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan 9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
Ketrampilan Khusus (KK) |
|
CPMK |
|
Setelah menempuh mata kuliah Kajian Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia, mahasiswa diharapkan mampu: |
|
CPMK1 |
Mengidentifikasi hakikat, komponen, kedudukan kurikulum dalam pendidikan, dan perkembangan kurikulum sekolah dasar di Indonesia serta menjelaskannya dengan penuh kesungguhan (S7, P2, P7, KU1, KK5, KK6). |
CPMK2 |
Mengemukakan perubahan empat standar dalam Kurikulum 2013; hakikat Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian; dan analisis Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar; serta memberikan contoh dengan penuh tanggung jawab (S9, P6, P7, KU3, KK5, KK8, KK6). |
CPMK3 |
Menganalisis Buku Guru dan Buku Siswa dan menemukan ruang lingkup materi bahasa Indonesia sekolah dasar secara cermat (S9, P5, P7, KU 1, KK6, KK7, KK8). |
CPMK4 |
Mengklasifikasikan materi bahasa Indonesia sekolah dasar berdasarkan ruang lingkupnya dan menyeleksinya dengan penuh tanggung jawab untuk pembelajaran sesuai tingkatan kelas (S7, P6, P7, KK5, KK6, KK7). |
CPMK5 |
Mengkritisi kesesuaian kompetensi dasar dan indikator yang dikembangkan dalam berbagai jenis teks wacana di dalam Buku Siswa dan memproyeksikannya sebagai bahan literasi bahasa Indonesia di sekolah dasar dengan penuh tanggung jawab (S7, P7, P8, KU8, KK6, KK7). |
CPMK6 |
Merancang dan menyusun bahan ajar bahasa Indonesia sekolah dasar dengan mengkonstruksinya sebagai bahan ajar tematik terpadu berbasis pendekatan HOTS dengan penuh kesungguhan (S7, S8, P6, P7, KU2, KK5, KK6, KK8).
|
Utama |
Suyitno, dkk. 2011. Kajian Kurikulum Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Semarang: UPGRIS Press. |
Pendukung |
|
Details ...