Courser in English | INDONESIAN LANGUAGE AND LITERATURE EVALUATION |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 50 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Perkembangan kurikulum bahasa Indonesia SD, analisis kompetensi inti dan masing-masing KD, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia , pembuatan jejaring tematik, penjabaran KD bahasa Indonesia menjadi bahan ajar setiap kelas dan semester, ciri bahan ajar Bahasa dan Sastra Indonesia, analisis buku ajar Bahasa dan Sastra Indonesia.
Learning Outcomes1. Capaian Sikap: Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta mampu menunjukkan tanggung jawab dalam pengembangan kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar.
2. Capaian Pengetahuan: Mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia dalam bentuk pola berpikir dan cara-cara berkomunikasi secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam pemahaman dan keterampilan pengembangan dan penerapan ilmu/teknologi/seni dalam rangka pengembangan kemampuan dan sikap di bidang akademik/profesi yang dipelajari.
3. Capaian Keterampilan: Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil ide, pemikiran, dan argumennya secara bertanggung jawab kepada masyarakat mengenai pengembangan kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar.
ReferencesPermendikbud RI Nomor 024 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.
Suyitno, Mudzanatun, & Putri, A,D.S. 2017. Kajian Kurikulum Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Semarang: Univ. PGRI Semarang Press.
Buku Guru dan Buku SIswa SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Details ...
Perkembangan kurikulum bahasa Indonesia SD, analisis kompetensi inti dan masing-masing KD, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia , pembuatan jejaring tematik, penjabaran KD bahasa Indonesia menjadi bahan ajar setiap kelas dan semester, ciri bahan ajar Bahasa dan Sastra Indonesia, analisis buku ajar Bahasa dan Sastra Indonesia.
Learning Outcomes1. Capaian Sikap: Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta mampu menunjukkan tanggung jawab dalam pengembangan kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar.
2. Capaian Pengetahuan: Mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia dalam bentuk pola berpikir dan cara-cara berkomunikasi secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam pemahaman dan keterampilan pengembangan dan penerapan ilmu/teknologi/seni dalam rangka pengembangan kemampuan dan sikap di bidang akademik/profesi yang dipelajari.
3. Capaian Keterampilan: Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil ide, pemikiran, dan argumennya secara bertanggung jawab kepada masyarakat mengenai pengembangan kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar.
ReferencesPermendikbud RI Nomor 024 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.
Suyitno, Mudzanatun, & Putri, A,D.S. 2017. Kajian Kurikulum Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Semarang: Univ. PGRI Semarang Press.
Buku Guru dan Buku SIswa SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Details ...
Perkembangan kurikulum bahasa Indonesia SD, analisis kompetensi inti dan masing-masing KD, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia , pembuatan jejaring tematik, penjabaran KD bahasa Indonesia menjadi bahan ajar setiap kelas dan semester, ciri bahan ajar Bahasa dan Sastra Indonesia, analisis buku ajar Bahasa dan Sastra Indonesia.
Learning Outcomes1. Capaian Sikap: Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik serta mampu menunjukkan tanggung jawab dalam pengembangan kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar.
2. Capaian Pengetahuan: Mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia dalam bentuk pola berpikir dan cara-cara berkomunikasi secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam pemahaman dan keterampilan pengembangan dan penerapan ilmu/teknologi/seni dalam rangka pengembangan kemampuan dan sikap di bidang akademik/profesi yang dipelajari.
3. Capaian Keterampilan: Mahasiswa mampu mengkomunikasikan hasil ide, pemikiran, dan argumennya secara bertanggung jawab kepada masyarakat mengenai pengembangan kurikulum bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar.
ReferencesPermendikbud RI Nomor 024 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.
Suyitno, Mudzanatun, & Putri, A,D.S. 2017. Kajian Kurikulum Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Semarang: Univ. PGRI Semarang Press.
Buku Guru dan Buku SIswa SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Details ...
Perkembangan kurikulum bahasa Indonesia SD, analisis kompetensi inti dan masing-masing KD, analisis materi bahasa dan sastra bahasa Indonesia , pembuatan jejaring tematik, penjabaran KD bahasa Indonesia menjadi bahan ajar setiap kelas dan semester, ciri bahan ajar Bahasa dan Sastra Indonesia, analisis buku ajar Bahasa dan Sastra Indonesia
Learning OutcomesMahasiswa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia dalam bentuk pola berpikir dan cara-cara berkomunikasi secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam pemahaman dan keterampilan pengembangan dan penerapan ilmu/teknologi/seni dalam rangka pengembangan kemampuan san sikap di bidang akademik/profesi yang dipelajari
ReferencesIdi, Abdullah. 2011. Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ismawati, Esti. 2012. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Ombak.
Kemendikbud RI. 2013. Buku siswa SD
Kemendikbud RI. 2013. Buku Pegangan Guru
Mulyasa, E. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Sebuah Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugihastuti dan Rusiyah. 2015. Strategi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) Bahasa Indonesia di SD Kelas 4, 5, dan 6.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2004. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suyitno dan Mudzanatun. 2017. Kajian Kurikulum Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Yogyakarta: Magnum.
Details ...
Perkembangan kurikulum bahasa Indonesia SD, analisis kompetensi inti dan masing-masing KD, analisis materi bahasa dan sastra bahasa Indonesia , pembuatan jejaring tematik, penjabaran KD bahasa Indonesia menjadi bahan ajar setiap kelas dan semester, ciri bahan ajar Bahasa dan Sastra Indonesia, analisis buku ajar Bahasa dan Sastra Indonesia
Learning OutcomesMahasiswa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia dalam bentuk pola berpikir dan cara-cara berkomunikasi secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam pemahaman dan keterampilan pengembangan dan penerapan ilmu/teknologi/seni dalam rangka pengembangan kemampuan san sikap di bidang akademik/profesi yang dipelajari
ReferencesIdi, Abdullah. 2011. Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ismawati, Esti. 2012. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Ombak.
Kemendikbud RI. 2013. Buku siswa SD
Kemendikbud RI. 2013. Buku Pegangan Guru
Mulyasa, E. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Sebuah Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugihastuti dan Rusiyah. 2015. Strategi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) Bahasa Indonesia di SD Kelas 4, 5, dan 6.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2004. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suyitno dan Mudzanatun. 2017. Kajian Kurikulum Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Yogyakarta: Magnum.
Details ...
Perkembangan kurikulum bahasa Indonesia SD, analisis kompetensi inti dan masing-masing KD, analisis materi bahasa dan sastra bahasa Indonesia , pembuatan jejaring tematik, penjabaran KD bahasa Indonesia menjadi bahan ajar setiap kelas dan semester, ciri bahan ajar Bahasa dan Sastra Indonesia, analisis buku ajar Bahasa dan Sastra Indonesia
Learning OutcomesMahasiswa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia dalam bentuk pola berpikir dan cara-cara berkomunikasi secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam pemahaman dan keterampilan pengembangan dan penerapan ilmu/teknologi/seni dalam rangka pengembangan kemampuan san sikap di bidang akademik/profesi yang dipelajari
ReferencesIdi, Abdullah. 2011. Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ismawati, Esti. 2012. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Ombak.
Kemendikbud RI. 2013. Buku siswa SD
Kemendikbud RI. 2013. Buku Pegangan Guru
Mulyasa, E. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Sebuah Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugihastuti dan Rusiyah. 2015. Strategi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) Bahasa Indonesia di SD Kelas 4, 5, dan 6.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2004. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suyitno dan Mudzanatun. 2017. Kajian Kurikulum Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Yogyakarta: Magnum.
Details ...
Perkembangan kurikulum bahasa Indonesia SD, analisis kompetensi inti dan masing-masing KD, analisis materi bahasa dan sastra bahasa Indonesia , pembuatan jejaring tematik, penjabaran KD bahasa Indonesia menjadi bahan ajar setiap kelas dan semester, ciri bahan ajar Bahasa dan Sastra Indonesia, analisis buku ajar Bahasa dan Sastra Indonesia
Learning OutcomesMahasiswa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia dalam bentuk pola berpikir dan cara-cara berkomunikasi secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam pemahaman dan keterampilan pengembangan dan penerapan ilmu/teknologi/seni dalam rangka pengembangan kemampuan san sikap di bidang akademik/profesi yang dipelajari
ReferencesIdi, Abdullah. 2011. Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ismawati, Esti. 2012. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Ombak.
Kemendikbud RI. 2013. Buku siswa SD
Kemendikbud RI. 2013. Buku Pegangan Guru
Mulyasa, E. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Sebuah Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugihastuti dan Rusiyah. 2015. Strategi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) Bahasa Indonesia di SD Kelas 4, 5, dan 6.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2004. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suyitno dan Mudzanatun. 2017. Kajian Kurikulum Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Yogyakarta: Magnum.
Details ...
Perkembangan kurikulum bahasa Indonesia SD, analisis kompetensi inti dan masing-masing KD, analisis materi bahasa dan sastra bahasa Indonesia , pembuatan jejaring tematik, penjabaran KD bahasa Indonesia menjadi bahan ajar setiap kelas dan semester, ciri bahan ajar Bahasa dan Sastra Indonesia, analisis buku ajar Bahasa dan Sastra Indonesia
Learning OutcomesMahasiswa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia dalam bentuk pola berpikir dan cara-cara berkomunikasi secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam pemahaman dan keterampilan pengembangan dan penerapan ilmu/teknologi/seni dalam rangka pengembangan kemampuan san sikap di bidang akademik/profesi yang dipelajari
ReferencesIdi, Abdullah. 2011. Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ismawati, Esti. 2012. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Ombak.
Kemendikbud RI. 2013. Buku siswa SD
Kemendikbud RI. 2013. Buku Pegangan Guru
Mulyasa, E. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Sebuah Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugihastuti dan Rusiyah. 2015. Strategi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) Bahasa Indonesia di SD Kelas 4, 5, dan 6.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2004. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suyitno dan Mudzanatun. 2017. Kajian Kurikulum Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Yogyakarta: Magnum.
Details ...
Perkembangan kurikulum bahasa Indonesia Sekolah Dasar, analisis kompetensi inti dan masing-masing Kompetensi Dasar, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia , pembuatan jejaring tematik, penjabaran Kompetensi Dasar bahasa Indonesia menjadi bahan ajar setiap kelas dan semester, ciri bahan ajar Bahasa dan Sastra Indonesia, analisis buku ajar Bahasa dan Sastra Indonesia.
Learning OutcomesMahasiswa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia dalam bentuk pola berpikir dan cara-cara berkomunikasi secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam pemahaman dan keterampilan pengembangan dan penerapan kajian kurikulum 2013 revisi 2017 di sekolah dasar dalam rangka pengembangan kemampuan dan sikap di bidang akademik/profesi yang dipelajari.
ReferencesKementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Dinamika Kurikulum Perubahan KI dan KD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. 2016. Panduan Teknis Pembelajaran dan Penilaian di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Andi Prastowo. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. 2013. Yogyakarta: DIVA Press.
Pannen, Paulina dan Purwanto. 2005. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: DIKTI Depdiknas
Kemdikbud. 2013. Pengembangan Kurikulum 2013. Paparan Mendikbud dalam Sosialisasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud
Details ...
Perkembangan kurikulum bahasa Indonesia Sekolah Dasar, analisis kompetensi inti dan masing-masing Kompetensi Dasar, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia , pembuatan jejaring tematik, penjabaran Kompetensi Dasar bahasa Indonesia menjadi bahan ajar setiap kelas dan semester, ciri bahan ajar Bahasa dan Sastra Indonesia, analisis buku ajar Bahasa dan Sastra Indonesia.
Learning OutcomesMahasiswa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia dalam bentuk pola berpikir dan cara-cara berkomunikasi secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam pemahaman dan keterampilan pengembangan dan penerapan kajian kurikulum 2013 revisi 2017 di sekolah dasar dalam rangka pengembangan kemampuan dan sikap di bidang akademik/profesi yang dipelajari.
ReferencesKementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Dinamika Kurikulum Perubahan KI dan KD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. 2016. Panduan Teknis Pembelajaran dan Penilaian di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Andi Prastowo. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. 2013. Yogyakarta: DIVA Press.
Pannen, Paulina dan Purwanto. 2005. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: DIKTI Depdiknas
Kemdikbud. 2013. Pengembangan Kurikulum 2013. Paparan Mendikbud dalam Sosialisasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud
Details ...
Perkembangan kurikulum bahasa Indonesia Sekolah Dasar, analisis kompetensi inti dan masing-masing Kompetensi Dasar, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia , pembuatan jejaring tematik, penjabaran Kompetensi Dasar bahasa Indonesia menjadi bahan ajar setiap kelas dan semester, ciri bahan ajar Bahasa dan Sastra Indonesia, analisis buku ajar Bahasa dan Sastra Indonesia.
Learning OutcomesMahasiswa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia dalam bentuk pola berpikir dan cara-cara berkomunikasi secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam pemahaman dan keterampilan pengembangan dan penerapan kajian kurikulum 2013 revisi 2017 di sekolah dasar dalam rangka pengembangan kemampuan dan sikap di bidang akademik/profesi yang dipelajari.
ReferencesKementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Dinamika Kurikulum Perubahan KI dan KD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. 2016. Panduan Teknis Pembelajaran dan Penilaian di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Andi Prastowo. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. 2013. Yogyakarta: DIVA Press.
Pannen, Paulina dan Purwanto. 2005. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: DIKTI Depdiknas
Kemdikbud. 2013. Pengembangan Kurikulum 2013. Paparan Mendikbud dalam Sosialisasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud
Details ...
Perkembangan kurikulum bahasa Indonesia Sekolah Dasar, analisis kompetensi inti dan masing-masing Kompetensi Dasar, analisis materi bahasa dan sastra Indonesia , pembuatan jejaring tematik, penjabaran Kompetensi Dasar bahasa Indonesia menjadi bahan ajar setiap kelas dan semester, ciri bahan ajar Bahasa dan Sastra Indonesia, analisis buku ajar Bahasa dan Sastra Indonesia.
Learning OutcomesMahasiswa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia dalam bentuk pola berpikir dan cara-cara berkomunikasi secara baik dan benar dalam ragam lisan dan tulisan, khususnya dalam pemahaman dan keterampilan pengembangan dan penerapan kajian kurikulum 2013 revisi 2017 di sekolah dasar dalam rangka pengembangan kemampuan dan sikap di bidang akademik/profesi yang dipelajari.
ReferencesKementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Dinamika Kurikulum Perubahan KI dan KD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. 2016. Panduan Teknis Pembelajaran dan Penilaian di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Andi Prastowo. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. 2013. Yogyakarta: DIVA Press.
Pannen, Paulina dan Purwanto. 2005. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: DIKTI Depdiknas
Kemdikbud. 2013. Pengembangan Kurikulum 2013. Paparan Mendikbud dalam Sosialisasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud
Details ...