Courser in English | ENGLISH |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 87 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengalaman kepada para mahasiswa tentang ketrampilan berbahasa secara terpadu dengan memperhatikan kepentingan mahasiswa sebagai calon sarjana berbasis perguruan tinggi. Mata kuliah ini meliputi pola-pola kalimat dasar dan utama yang mutlak harus dikuasai dalam bahasa Inggris, gramatika lanjutan, bacaan-bacaan yang mendukung profesi, peristilahan-peristilahan bahasa Inggris yang banyak dipakai dalam profesi yang bersangkutan, serta percakapan sederhana yang dipakai sehari-hari, terutama yang menunjang profesi kesarjanaannya.
Learning Outcomesa. Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang tercakup dalam aspek –aspek ketrampilan Listening, Speaking, Reading, dan Writing secara terpadu dengan penekanan utama pada ketrampilan membaca dan memahami bacaan dengan cepat, dan ketrampilan berbicara sebagai aspek ketrampilan terpenting untuk mencapai tujuan mata kuliah Bahasa Inggris di lingkungan UPGRIS, khususnya untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dalam hubungannya dengan komunitas internasional dan sekaligus sebagai alat untuk memperoleh dan meningkatkan ilmu pengetahuan.
b. Mengantar mahasiswa kepada peningkatan kemampuan membaca istilah ilmiah/tulisan atau buku-buku yang ditulis dalam bahasa Inggris, khususnya yang berkaitan dengan bidang ilmunya
Referencesutama
1. Yan Haryanto, Endang Sulasbawiatini dan Johanna B.S. Pantow. 2007. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Inggris S-1 PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka – Depdiknas.
2. Slamet Riyanto.2007.How to say it. Yogyakarta: Pustaka pelajar
3. Rohana Abdullah. 2007. Bahan Ajar Cetak: Bahasa Inggris (S-1 PJJ PGSD). Jakarta: Depdiknas–Ditjen Ketenagaan.
4. Ramelan, 1999. English phonetics, Semarang: IKIP Semarang Press
pendukung
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New jersey.
Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence Patterns.Oxford University Press, London.
Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills. Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London.
Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of English. Longman Group Limited, England.
Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar. Oxford University Press, London.
Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American Book Company, New York.
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengalaman kepada para mahasiswa tentang ketrampilan berbahasa secara terpadu dengan memperhatikan kepentingan mahasiswa sebagai calon sarjana berbasis perguruan tinggi. Mata kuliah ini meliputi pola-pola kalimat dasar dan utama yang mutlak harus dikuasai dalam bahasa Inggris, gramatika lanjutan, bacaan-bacaan yang mendukung profesi, peristilahan-peristilahan bahasa Inggris yang banyak dipakai dalam profesi yang bersangkutan, serta percakapan sederhana yang dipakai sehari-hari, terutama yang menunjang profesi kesarjanaannya.
Learning Outcomesa. Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang tercakup dalam aspek –aspek ketrampilan Listening, Speaking, Reading, dan Writing secara terpadu dengan penekanan utama pada ketrampilan membaca dan memahami bacaan dengan cepat, dan ketrampilan berbicara sebagai aspek ketrampilan terpenting untuk mencapai tujuan mata kuliah Bahasa Inggris di lingkungan UPGRIS, khususnya untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dalam hubungannya dengan komunitas internasional dan sekaligus sebagai alat untuk memperoleh dan meningkatkan ilmu pengetahuan.
b. Mengantar mahasiswa kepada peningkatan kemampuan membaca istilah ilmiah/tulisan atau buku-buku yang ditulis dalam bahasa Inggris, khususnya yang berkaitan dengan bidang ilmunya
Referencesutama
1. Yan Haryanto, Endang Sulasbawiatini dan Johanna B.S. Pantow. 2007. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Inggris S-1 PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka – Depdiknas.
2. Slamet Riyanto.2007.How to say it. Yogyakarta: Pustaka pelajar
3. Rohana Abdullah. 2007. Bahan Ajar Cetak: Bahasa Inggris (S-1 PJJ PGSD). Jakarta: Depdiknas–Ditjen Ketenagaan.
4. Ramelan, 1999. English phonetics, Semarang: IKIP Semarang Press
pendukung
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New jersey.
Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence Patterns.Oxford University Press, London.
Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills. Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London.
Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of English. Longman Group Limited, England.
Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar. Oxford University Press, London.
Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American Book Company, New York.
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengalaman kepada para mahasiswa tentang ketrampilan berbahasa secara terpadu dengan memperhatikan kepentingan mahasiswa sebagai calon sarjana berbasis perguruan tinggi. Mata kuliah ini meliputi pola-pola kalimat dasar dan utama yang mutlak harus dikuasai dalam bahasa Inggris, gramatika lanjutan, bacaan-bacaan yang mendukung profesi, peristilahan-peristilahan bahasa Inggris yang banyak dipakai dalam profesi yang bersangkutan, serta percakapan sederhana yang dipakai sehari-hari, terutama yang menunjang profesi kesarjanaannya.
Learning Outcomesa. Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang tercakup dalam aspek –aspek ketrampilan Listening, Speaking, Reading, dan Writing secara terpadu dengan penekanan utama pada ketrampilan membaca dan memahami bacaan dengan cepat, dan ketrampilan berbicara sebagai aspek ketrampilan terpenting untuk mencapai tujuan mata kuliah Bahasa Inggris di lingkungan UPGRIS, khususnya untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dalam hubungannya dengan komunitas internasional dan sekaligus sebagai alat untuk memperoleh dan meningkatkan ilmu pengetahuan.
b. Mengantar mahasiswa kepada peningkatan kemampuan membaca istilah ilmiah/tulisan atau buku-buku yang ditulis dalam bahasa Inggris, khususnya yang berkaitan dengan bidang ilmunya
Referencesutama
1. Yan Haryanto, Endang Sulasbawiatini dan Johanna B.S. Pantow. 2007. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Inggris S-1 PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka – Depdiknas.
2. Slamet Riyanto.2007.How to say it. Yogyakarta: Pustaka pelajar
3. Rohana Abdullah. 2007. Bahan Ajar Cetak: Bahasa Inggris (S-1 PJJ PGSD). Jakarta: Depdiknas–Ditjen Ketenagaan.
4. Ramelan, 1999. English phonetics, Semarang: IKIP Semarang Press
pendukung
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New jersey.
Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence Patterns.Oxford University Press, London.
Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills. Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London.
Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of English. Longman Group Limited, England.
Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar. Oxford University Press, London.
Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American Book Company, New York.
Details ...
Mata kuliah Bahasa Inggris merupakan mata kuliah wajib tempuh universiter (MKU), bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan menulis dan berkomunikasi secara ilmiah khususnya tentang biologi dan pendidikan biologi menggunakan bahasa Inggris. Ada empat kemampuan dasar bahasa Inggris yang dilatihkan yaitu reading, listening, speaking, dan writing dengan konteks psikologi.
Learning Outcomes1. Mampu mendengarkan dan menangkap makna pembicaraan dalam bahasa Inggris.
2. Mampu menyampaikan ide/gagasan dalam bahasa Inggris.
3. Mampu berbicara dengan bahasa Inggris.
4. Mampu membedakan kata benda, kata kerja, kata sifat, dan kata keterangan dalam bahasa Inggris.
5. Mampu menggunakan tata bahasa dasar dalam bahasa Inggris.
6. Mampu mengenal berbagai macam paragraf dalam bahasa Inggris.
7. Mampu menulis paragraf dalam bahasa Inggris dengan tata bahasa yang baik.
Alexander, LG. Practice and Progress an Integrated Course for Pre-Intermediate Students. London. Longman Group Ltd.
Bohlke, D. Skillful Reading and Writing Student’s Book Foundation. Macmillan.
Oshima, Alice. 1999. Writing Academic English (Third Edition). New York: Longman.
Details ...
Mata kuliah Bahasa Inggris merupakan mata kuliah wajib tempuh universiter (MKU), bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan menulis dan berkomunikasi secara ilmiah khususnya tentang biologi dan pendidikan biologi menggunakan bahasa Inggris. Ada empat kemampuan dasar bahasa Inggris yang dilatihkan yaitu reading, listening, speaking, dan writing dengan konteks psikologi.
Learning Outcomes1. Mampu mendengarkan dan menangkap makna pembicaraan dalam bahasa Inggris.
2. Mampu menyampaikan ide/gagasan dalam bahasa Inggris.
3. Mampu berbicara dengan bahasa Inggris.
4. Mampu membedakan kata benda, kata kerja, kata sifat, dan kata keterangan dalam bahasa Inggris.
5. Mampu menggunakan tata bahasa dasar dalam bahasa Inggris.
6. Mampu mengenal berbagai macam paragraf dalam bahasa Inggris.
7. Mampu menulis paragraf dalam bahasa Inggris dengan tata bahasa yang baik.
Alexander, LG. Practice and Progress an Integrated Course for Pre-Intermediate Students. London. Longman Group Ltd.
Bohlke, D. Skillful Reading and Writing Student’s Book Foundation. Macmillan.
Oshima, Alice. 1999. Writing Academic English (Third Edition). New York: Longman.
Details ...
Mata kuliah Bahasa Inggris merupakan mata kuliah wajib tempuh universiter (MKU), bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan menulis dan berkomunikasi secara ilmiah khususnya tentang biologi dan pendidikan biologi menggunakan bahasa Inggris. Ada empat kemampuan dasar bahasa Inggris yang dilatihkan yaitu reading, listening, speaking, dan writing dengan konteks psikologi.
Learning Outcomes1. Mampu mendengarkan dan menangkap makna pembicaraan dalam bahasa Inggris.
2. Mampu menyampaikan ide/gagasan dalam bahasa Inggris.
3. Mampu berbicara dengan bahasa Inggris.
4. Mampu membedakan kata benda, kata kerja, kata sifat, dan kata keterangan dalam bahasa Inggris.
5. Mampu menggunakan tata bahasa dasar dalam bahasa Inggris.
6. Mampu mengenal berbagai macam paragraf dalam bahasa Inggris.
7. Mampu menulis paragraf dalam bahasa Inggris dengan tata bahasa yang baik.
Alexander, LG. Practice and Progress an Integrated Course for Pre-Intermediate Students. London. Longman Group Ltd.
Bohlke, D. Skillful Reading and Writing Student’s Book Foundation. Macmillan.
Oshima, Alice. 1999. Writing Academic English (Third Edition). New York: Longman.
Details ...
Mata kuliah Bahasa Inggris merupakan mata kuliah wajib tempuh universiter (MKU), bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan menulis dan berkomunikasi secara ilmiah khususnya tentang biologi dan pendidikan biologi menggunakan bahasa Inggris. Ada empat kemampuan dasar bahasa Inggris yang dilatihkan yaitu reading, listening, speaking, dan writing dengan konteks psikologi.
Learning Outcomes1. Mampu mendengarkan dan menangkap makna pembicaraan dalam bahasa Inggris.
2. Mampu menyampaikan ide/gagasan dalam bahasa Inggris.
3. Mampu berbicara dengan bahasa Inggris.
4. Mampu membedakan kata benda, kata kerja, kata sifat, dan kata keterangan dalam bahasa Inggris.
5. Mampu menggunakan tata bahasa dasar dalam bahasa Inggris.
6. Mampu mengenal berbagai macam paragraf dalam bahasa Inggris.
7. Mampu menulis paragraf dalam bahasa Inggris dengan tata bahasa yang baik.
Alexander, LG. Practice and Progress an Integrated Course for Pre-Intermediate Students. London. Longman Group Ltd.
Bohlke, D. Skillful Reading and Writing Student’s Book Foundation. Macmillan.
Oshima, Alice. 1999. Writing Academic English (Third Edition). New York: Longman.
Details ...
Mata kuliah Bahasa Inggris merupakan mata kuliah wajib tempuh universiter (MKU), bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan menulis dan berkomunikasi secara ilmiah khususnya tentang biologi dan pendidikan biologi menggunakan bahasa Inggris. Ada empat kemampuan dasar bahasa Inggris yang dilatihkan yaitu reading, listening, speaking, dan writing dengan konteks psikologi.
Learning Outcomes1. Mampu mendengarkan dan menangkap makna pembicaraan dalam bahasa Inggris.
2. Mampu menyampaikan ide/gagasan dalam bahasa Inggris.
3. Mampu berbicara dengan bahasa Inggris.
4. Mampu membedakan kata benda, kata kerja, kata sifat, dan kata keterangan dalam bahasa Inggris.
5. Mampu menggunakan tata bahasa dasar dalam bahasa Inggris.
6. Mampu mengenal berbagai macam paragraf dalam bahasa Inggris.
7. Mampu menulis paragraf dalam bahasa Inggris dengan tata bahasa yang baik.
Alexander, LG. Practice and Progress an Integrated Course for Pre-Intermediate Students. London. Longman Group Ltd.
Bohlke, D. Skillful Reading and Writing Student’s Book Foundation. Macmillan.
Oshima, Alice. 1999. Writing Academic English (Third Edition). New York: Longman.
Details ...
Mata kuliah Bahasa Inggris merupakan mata kuliah wajib tempuh universiter (MKU), bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan menulis dan berkomunikasi secara ilmiah khususnya tentang biologi dan pendidikan biologi menggunakan bahasa Inggris. Ada empat kemampuan dasar bahasa Inggris yang dilatihkan yaitu reading, listening, speaking, dan writing dengan konteks psikologi.
Learning Outcomes1. Mampu mendengarkan dan menangkap makna pembicaraan dalam bahasa Inggris.
2. Mampu menyampaikan ide/gagasan dalam bahasa Inggris.
3. Mampu berbicara dengan bahasa Inggris.
4. Mampu membedakan kata benda, kata kerja, kata sifat, dan kata keterangan dalam bahasa Inggris.
5. Mampu menggunakan tata bahasa dasar dalam bahasa Inggris.
6. Mampu mengenal berbagai macam paragraf dalam bahasa Inggris.
7. Mampu menulis paragraf dalam bahasa Inggris dengan tata bahasa yang baik.
Alexander, LG. Practice and Progress an Integrated Course for Pre-Intermediate Students. London. Longman Group Ltd.
Bohlke, D. Skillful Reading and Writing Student’s Book Foundation. Macmillan.
Oshima, Alice. 1999. Writing Academic English (Third Edition). New York: Longman.
Details ...
Mata kuliah Bahasa Inggris merupakan mata kuliah wajib tempuh universiter (MKU), bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan menulis dan berkomunikasi secara ilmiah khususnya tentang biologi dan pendidikan biologi menggunakan bahasa Inggris. Ada empat kemampuan dasar bahasa Inggris yang dilatihkan yaitu reading, listening, speaking, dan writing dengan konteks psikologi.
Learning Outcomes1. Mampu mendengarkan dan menangkap makna pembicaraan dalam bahasa Inggris.
2. Mampu menyampaikan ide/gagasan dalam bahasa Inggris.
3. Mampu berbicara dengan bahasa Inggris.
4. Mampu membedakan kata benda, kata kerja, kata sifat, dan kata keterangan dalam bahasa Inggris.
5. Mampu menggunakan tata bahasa dasar dalam bahasa Inggris.
6. Mampu mengenal berbagai macam paragraf dalam bahasa Inggris.
7. Mampu menulis paragraf dalam bahasa Inggris dengan tata bahasa yang baik.
Alexander, LG. Practice and Progress an Integrated Course for Pre-Intermediate Students. London. Longman Group Ltd.
Bohlke, D. Skillful Reading and Writing Student’s Book Foundation. Macmillan.
Oshima, Alice. 1999. Writing Academic English (Third Edition). New York: Longman.
Details ...
Mata kuliah Bahasa Inggris merupakan mata kuliah wajib tempuh universiter (MKU), bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan menulis dan berkomunikasi secara ilmiah khususnya tentang biologi dan pendidikan biologi menggunakan bahasa Inggris. Ada empat kemampuan dasar bahasa Inggris yang dilatihkan yaitu reading, listening, speaking, dan writing dengan konteks psikologi.
Learning Outcomes1. Mampu mendengarkan dan menangkap makna pembicaraan dalam bahasa Inggris.
2. Mampu menyampaikan ide/gagasan dalam bahasa Inggris.
3. Mampu berbicara dengan bahasa Inggris.
4. Mampu membedakan kata benda, kata kerja, kata sifat, dan kata keterangan dalam bahasa Inggris.
5. Mampu menggunakan tata bahasa dasar dalam bahasa Inggris.
6. Mampu mengenal berbagai macam paragraf dalam bahasa Inggris.
7. Mampu menulis paragraf dalam bahasa Inggris dengan tata bahasa yang baik.
Alexander, LG. Practice and Progress an Integrated Course for Pre-Intermediate Students. London. Longman Group Ltd.
Bohlke, D. Skillful Reading and Writing Student’s Book Foundation. Macmillan.
Oshima, Alice. 1999. Writing Academic English (Third Edition). New York: Longman.
Details ...
Mata kuliah Bahasa Inggris merupakan mata kuliah wajib tempuh universiter (MKU), bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan menulis dan berkomunikasi secara ilmiah khususnya tentang biologi dan pendidikan biologi menggunakan bahasa Inggris. Ada empat kemampuan dasar bahasa Inggris yang dilatihkan yaitu reading, listening, speaking, dan writing dengan konteks psikologi.
Learning Outcomes1. Mampu mendengarkan dan menangkap makna pembicaraan dalam bahasa Inggris.
2. Mampu menyampaikan ide/gagasan dalam bahasa Inggris.
3. Mampu berbicara dengan bahasa Inggris.
4. Mampu membedakan kata benda, kata kerja, kata sifat, dan kata keterangan dalam bahasa Inggris.
5. Mampu menggunakan tata bahasa dasar dalam bahasa Inggris.
6. Mampu mengenal berbagai macam paragraf dalam bahasa Inggris.
7. Mampu menulis paragraf dalam bahasa Inggris dengan tata bahasa yang baik.
Alexander, LG. Practice and Progress an Integrated Course for Pre-Intermediate Students. London. Longman Group Ltd.
Bohlke, D. Skillful Reading and Writing Student’s Book Foundation. Macmillan.
Oshima, Alice. 1999. Writing Academic English (Third Edition). New York: Longman.
Details ...