Courser in English | ENGLISH |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 87 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Keterampilan Umum : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis
KeterampilanKhusus : Terampil berbahasa Inggris dalam konteks akademis
Learning OutcomesKeterampilan Umum : Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis
KeterampilanKhusus : Terampil berbahasa Inggris dalam konteks akademis
ReferencesAlexander, LG. Practice and Progress an Integrated Course for Pre-Intermediate Students. London. Longman Group Ltd.
Bohlke, D. Skillful Reading and Writing Student’s Book Foundation. Macmillan.
Oshima, Alice. 1999. Writing Academic English (Third Edition). New York: Longman.
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengalaman kepada para mahasiswa tentang ketrampilan berbahasa secara terpadu dengan memperhatikan kepentingan mahasiswa sebagai calon sarjana berbasis perguruan tinggi. Mata kuliah ini meliputi pola-pola kalimat dasar dan utama yang mutlak harus dikuasai dalam bahasa Inggris, gramatika lanjutan, bacaan-bacaan yang mendukung profesi, peristilahan-peristilahan bahasa Inggris yang banyak dipakai dalam profesi yang bersangkutan, serta percakapan sederhana yang dipakai sehari-hari, terutama yang menunjang profesi kesarjanaannya.
Learning Outcomesa. Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang tercakup dalam aspek –aspek ketrampilan Listening, Speaking, Reading, dan Writing secara terpadu dengan penekanan utama pada ketrampilan membaca dan memahami bacaan dengan cepat, dan ketrampilan berbicara sebagai aspek ketrampilan terpenting untuk mencapai tujuan mata kuliah Bahasa Inggris di lingkungan UPGRIS, khususnya untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dalam hubungannya dengan komunitas internasional dan sekaligus sebagai alat untuk memperoleh dan meningkatkan ilmu pengetahuan.
b. Mengantar mahasiswa kepada peningkatan kemampuan membaca istilah ilmiah/tulisan atau buku-buku yang ditulis dalam bahasa Inggris, khususnya yang berkaitan dengan bidang ilmunya
Referencesutama
1. Yan Haryanto, Endang Sulasbawiatini dan Johanna B.S. Pantow. 2007. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Inggris S-1 PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka – Depdiknas.
2. Slamet Riyanto.2007.How to say it. Yogyakarta: Pustaka pelajar
3. Rohana Abdullah. 2007. Bahan Ajar Cetak: Bahasa Inggris (S-1 PJJ PGSD). Jakarta: Depdiknas–Ditjen Ketenagaan.
4. Ramelan, 1999. English phonetics, Semarang: IKIP Semarang Press
pendukung
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New jersey.
Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence Patterns.Oxford University Press, London.
Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills. Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London.
Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of English. Longman Group Limited, England.
Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar. Oxford University Press, London.
Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American Book Company, New York.
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengalaman kepada para mahasiswa tentang ketrampilan berbahasa secara terpadu dengan memperhatikan kepentingan mahasiswa sebagai calon sarjana berbasis perguruan tinggi. Mata kuliah ini meliputi pola-pola kalimat dasar dan utama yang mutlak harus dikuasai dalam bahasa Inggris, gramatika lanjutan, bacaan-bacaan yang mendukung profesi, peristilahan-peristilahan bahasa Inggris yang banyak dipakai dalam profesi yang bersangkutan, serta percakapan sederhana yang dipakai sehari-hari, terutama yang menunjang profesi kesarjanaannya.
Learning Outcomesa. Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang tercakup dalam aspek –aspek ketrampilan Listening, Speaking, Reading, dan Writing secara terpadu dengan penekanan utama pada ketrampilan membaca dan memahami bacaan dengan cepat, dan ketrampilan berbicara sebagai aspek ketrampilan terpenting untuk mencapai tujuan mata kuliah Bahasa Inggris di lingkungan UPGRIS, khususnya untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dalam hubungannya dengan komunitas internasional dan sekaligus sebagai alat untuk memperoleh dan meningkatkan ilmu pengetahuan.
b. Mengantar mahasiswa kepada peningkatan kemampuan membaca istilah ilmiah/tulisan atau buku-buku yang ditulis dalam bahasa Inggris, khususnya yang berkaitan dengan bidang ilmunya
Referencesutama
1. Yan Haryanto, Endang Sulasbawiatini dan Johanna B.S. Pantow. 2007. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Inggris S-1 PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka – Depdiknas.
2. Slamet Riyanto.2007.How to say it. Yogyakarta: Pustaka pelajar
3. Rohana Abdullah. 2007. Bahan Ajar Cetak: Bahasa Inggris (S-1 PJJ PGSD). Jakarta: Depdiknas–Ditjen Ketenagaan.
4. Ramelan, 1999. English phonetics, Semarang: IKIP Semarang Press
pendukung
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New jersey.
Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence Patterns.Oxford University Press, London.
Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills. Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London.
Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of English. Longman Group Limited, England.
Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar. Oxford University Press, London.
Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American Book Company, New York.
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengalaman kepada para mahasiswa tentang ketrampilan berbahasa secara terpadu dengan memperhatikan kepentingan mahasiswa sebagai calon sarjana berbasis perguruan tinggi. Mata kuliah ini meliputi pola-pola kalimat dasar dan utama yang mutlak harus dikuasai dalam bahasa Inggris, gramatika lanjutan, bacaan-bacaan yang mendukung profesi, peristilahan-peristilahan bahasa Inggris yang banyak dipakai dalam profesi yang bersangkutan, serta percakapan sederhana yang dipakai sehari-hari, terutama yang menunjang profesi kesarjanaannya.
Learning Outcomesa. Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang tercakup dalam aspek –aspek ketrampilan Listening, Speaking, Reading, dan Writing secara terpadu dengan penekanan utama pada ketrampilan membaca dan memahami bacaan dengan cepat, dan ketrampilan berbicara sebagai aspek ketrampilan terpenting untuk mencapai tujuan mata kuliah Bahasa Inggris di lingkungan UPGRIS, khususnya untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dalam hubungannya dengan komunitas internasional dan sekaligus sebagai alat untuk memperoleh dan meningkatkan ilmu pengetahuan.
b. Mengantar mahasiswa kepada peningkatan kemampuan membaca istilah ilmiah/tulisan atau buku-buku yang ditulis dalam bahasa Inggris, khususnya yang berkaitan dengan bidang ilmunya
Referencesutama
1. Yan Haryanto, Endang Sulasbawiatini dan Johanna B.S. Pantow. 2007. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Inggris S-1 PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka – Depdiknas.
2. Slamet Riyanto.2007.How to say it. Yogyakarta: Pustaka pelajar
3. Rohana Abdullah. 2007. Bahan Ajar Cetak: Bahasa Inggris (S-1 PJJ PGSD). Jakarta: Depdiknas–Ditjen Ketenagaan.
4. Ramelan, 1999. English phonetics, Semarang: IKIP Semarang Press
pendukung
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New jersey.
Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence Patterns.Oxford University Press, London.
Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills. Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London.
Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of English. Longman Group Limited, England.
Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar. Oxford University Press, London.
Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American Book Company, New York.
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengalaman kepada para mahasiswa tentang ketrampilan berbahasa secara terpadu dengan memperhatikan kepentingan mahasiswa sebagai calon sarjana berbasis perguruan tinggi. Mata kuliah ini meliputi pola-pola kalimat dasar dan utama yang mutlak harus dikuasai dalam bahasa Inggris, gramatika lanjutan, bacaan-bacaan yang mendukung profesi, peristilahan-peristilahan bahasa Inggris yang banyak dipakai dalam profesi yang bersangkutan, serta percakapan sederhana yang dipakai sehari-hari, terutama yang menunjang profesi kesarjanaannya.
Learning Outcomesa. Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang tercakup dalam aspek –aspek ketrampilan Listening, Speaking, Reading, dan Writing secara terpadu dengan penekanan utama pada ketrampilan membaca dan memahami bacaan dengan cepat, dan ketrampilan berbicara sebagai aspek ketrampilan terpenting untuk mencapai tujuan mata kuliah Bahasa Inggris di lingkungan UPGRIS, khususnya untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dalam hubungannya dengan komunitas internasional dan sekaligus sebagai alat untuk memperoleh dan meningkatkan ilmu pengetahuan.
b. Mengantar mahasiswa kepada peningkatan kemampuan membaca istilah ilmiah/tulisan atau buku-buku yang ditulis dalam bahasa Inggris, khususnya yang berkaitan dengan bidang ilmunya
Referencesutama
1. Yan Haryanto, Endang Sulasbawiatini dan Johanna B.S. Pantow. 2007. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Inggris S-1 PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka – Depdiknas.
2. Slamet Riyanto.2007.How to say it. Yogyakarta: Pustaka pelajar
3. Rohana Abdullah. 2007. Bahan Ajar Cetak: Bahasa Inggris (S-1 PJJ PGSD). Jakarta: Depdiknas–Ditjen Ketenagaan.
4. Ramelan, 1999. English phonetics, Semarang: IKIP Semarang Press
pendukung
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New jersey.
Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence Patterns.Oxford University Press, London.
Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills. Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London.
Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of English. Longman Group Limited, England.
Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar. Oxford University Press, London.
Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American Book Company, New York.
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengalaman kepada para mahasiswa tentang ketrampilan berbahasa secara terpadu dengan memperhatikan kepentingan mahasiswa sebagai calon sarjana berbasis perguruan tinggi. Mata kuliah ini meliputi pola-pola kalimat dasar dan utama yang mutlak harus dikuasai dalam bahasa Inggris, gramatika lanjutan, bacaan-bacaan yang mendukung profesi, peristilahan-peristilahan bahasa Inggris yang banyak dipakai dalam profesi yang bersangkutan, serta percakapan sederhana yang dipakai sehari-hari, terutama yang menunjang profesi kesarjanaannya.
Learning Outcomesa. Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang tercakup dalam aspek –aspek ketrampilan Listening, Speaking, Reading, dan Writing secara terpadu dengan penekanan utama pada ketrampilan membaca dan memahami bacaan dengan cepat, dan ketrampilan berbicara sebagai aspek ketrampilan terpenting untuk mencapai tujuan mata kuliah Bahasa Inggris di lingkungan UPGRIS, khususnya untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dalam hubungannya dengan komunitas internasional dan sekaligus sebagai alat untuk memperoleh dan meningkatkan ilmu pengetahuan.
b. Mengantar mahasiswa kepada peningkatan kemampuan membaca istilah ilmiah/tulisan atau buku-buku yang ditulis dalam bahasa Inggris, khususnya yang berkaitan dengan bidang ilmunya
Referencesutama
1. Yan Haryanto, Endang Sulasbawiatini dan Johanna B.S. Pantow. 2007. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Inggris S-1 PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka – Depdiknas.
2. Slamet Riyanto.2007.How to say it. Yogyakarta: Pustaka pelajar
3. Rohana Abdullah. 2007. Bahan Ajar Cetak: Bahasa Inggris (S-1 PJJ PGSD). Jakarta: Depdiknas–Ditjen Ketenagaan.
4. Ramelan, 1999. English phonetics, Semarang: IKIP Semarang Press
pendukung
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New jersey.
Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence Patterns.Oxford University Press, London.
Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills. Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London.
Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of English. Longman Group Limited, England.
Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar. Oxford University Press, London.
Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American Book Company, New York.
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengalaman kepada para mahasiswa tentang ketrampilan berbahasa secara terpadu dengan memperhatikan kepentingan mahasiswa sebagai calon sarjana berbasis perguruan tinggi. Mata kuliah ini meliputi pola-pola kalimat dasar dan utama yang mutlak harus dikuasai dalam bahasa Inggris, gramatika lanjutan, bacaan-bacaan yang mendukung profesi, peristilahan-peristilahan bahasa Inggris yang banyak dipakai dalam profesi yang bersangkutan, serta percakapan sederhana yang dipakai sehari-hari, terutama yang menunjang profesi kesarjanaannya.
Learning Outcomesa. Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang tercakup dalam aspek –aspek ketrampilan Listening, Speaking, Reading, dan Writing secara terpadu dengan penekanan utama pada ketrampilan membaca dan memahami bacaan dengan cepat, dan ketrampilan berbicara sebagai aspek ketrampilan terpenting untuk mencapai tujuan mata kuliah Bahasa Inggris di lingkungan UPGRIS, khususnya untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dalam hubungannya dengan komunitas internasional dan sekaligus sebagai alat untuk memperoleh dan meningkatkan ilmu pengetahuan.
b. Mengantar mahasiswa kepada peningkatan kemampuan membaca istilah ilmiah/tulisan atau buku-buku yang ditulis dalam bahasa Inggris, khususnya yang berkaitan dengan bidang ilmunya
Referencesutama
1. Yan Haryanto, Endang Sulasbawiatini dan Johanna B.S. Pantow. 2007. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Inggris S-1 PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka – Depdiknas.
2. Slamet Riyanto.2007.How to say it. Yogyakarta: Pustaka pelajar
3. Rohana Abdullah. 2007. Bahan Ajar Cetak: Bahasa Inggris (S-1 PJJ PGSD). Jakarta: Depdiknas–Ditjen Ketenagaan.
4. Ramelan, 1999. English phonetics, Semarang: IKIP Semarang Press
pendukung
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New jersey.
Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence Patterns.Oxford University Press, London.
Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills. Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London.
Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of English. Longman Group Limited, England.
Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar. Oxford University Press, London.
Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American Book Company, New York.
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengalaman kepada para mahasiswa tentang ketrampilan berbahasa secara terpadu dengan memperhatikan kepentingan mahasiswa sebagai calon sarjana berbasis perguruan tinggi. Mata kuliah ini meliputi pola-pola kalimat dasar dan utama yang mutlak harus dikuasai dalam bahasa Inggris, gramatika lanjutan, bacaan-bacaan yang mendukung profesi, peristilahan-peristilahan bahasa Inggris yang banyak dipakai dalam profesi yang bersangkutan, serta percakapan sederhana yang dipakai sehari-hari, terutama yang menunjang profesi kesarjanaannya.
Learning Outcomesa. Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang tercakup dalam aspek –aspek ketrampilan Listening, Speaking, Reading, dan Writing secara terpadu dengan penekanan utama pada ketrampilan membaca dan memahami bacaan dengan cepat, dan ketrampilan berbicara sebagai aspek ketrampilan terpenting untuk mencapai tujuan mata kuliah Bahasa Inggris di lingkungan UPGRIS, khususnya untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dalam hubungannya dengan komunitas internasional dan sekaligus sebagai alat untuk memperoleh dan meningkatkan ilmu pengetahuan.
b. Mengantar mahasiswa kepada peningkatan kemampuan membaca istilah ilmiah/tulisan atau buku-buku yang ditulis dalam bahasa Inggris, khususnya yang berkaitan dengan bidang ilmunya
Referencesutama
1. Yan Haryanto, Endang Sulasbawiatini dan Johanna B.S. Pantow. 2007. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Inggris S-1 PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka – Depdiknas.
2. Slamet Riyanto.2007.How to say it. Yogyakarta: Pustaka pelajar
3. Rohana Abdullah. 2007. Bahan Ajar Cetak: Bahasa Inggris (S-1 PJJ PGSD). Jakarta: Depdiknas–Ditjen Ketenagaan.
4. Ramelan, 1999. English phonetics, Semarang: IKIP Semarang Press
pendukung
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New jersey.
Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence Patterns.Oxford University Press, London.
Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills. Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London.
Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of English. Longman Group Limited, England.
Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar. Oxford University Press, London.
Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American Book Company, New York.
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengalaman kepada para mahasiswa tentang ketrampilan berbahasa secara terpadu dengan memperhatikan kepentingan mahasiswa sebagai calon sarjana berbasis perguruan tinggi. Mata kuliah ini meliputi pola-pola kalimat dasar dan utama yang mutlak harus dikuasai dalam bahasa Inggris, gramatika lanjutan, bacaan-bacaan yang mendukung profesi, peristilahan-peristilahan bahasa Inggris yang banyak dipakai dalam profesi yang bersangkutan, serta percakapan sederhana yang dipakai sehari-hari, terutama yang menunjang profesi kesarjanaannya.
Learning Outcomesa. Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang tercakup dalam aspek –aspek ketrampilan Listening, Speaking, Reading, dan Writing secara terpadu dengan penekanan utama pada ketrampilan membaca dan memahami bacaan dengan cepat, dan ketrampilan berbicara sebagai aspek ketrampilan terpenting untuk mencapai tujuan mata kuliah Bahasa Inggris di lingkungan UPGRIS, khususnya untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dalam hubungannya dengan komunitas internasional dan sekaligus sebagai alat untuk memperoleh dan meningkatkan ilmu pengetahuan.
b. Mengantar mahasiswa kepada peningkatan kemampuan membaca istilah ilmiah/tulisan atau buku-buku yang ditulis dalam bahasa Inggris, khususnya yang berkaitan dengan bidang ilmunya
Referencesutama
1. Yan Haryanto, Endang Sulasbawiatini dan Johanna B.S. Pantow. 2007. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Inggris S-1 PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka – Depdiknas.
2. Slamet Riyanto.2007.How to say it. Yogyakarta: Pustaka pelajar
3. Rohana Abdullah. 2007. Bahan Ajar Cetak: Bahasa Inggris (S-1 PJJ PGSD). Jakarta: Depdiknas–Ditjen Ketenagaan.
4. Ramelan, 1999. English phonetics, Semarang: IKIP Semarang Press
pendukung
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New jersey.
Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence Patterns.Oxford University Press, London.
Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills. Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London.
Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of English. Longman Group Limited, England.
Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar. Oxford University Press, London.
Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American Book Company, New York.
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengalaman kepada para mahasiswa tentang ketrampilan berbahasa secara terpadu dengan memperhatikan kepentingan mahasiswa sebagai calon sarjana berbasis perguruan tinggi. Mata kuliah ini meliputi pola-pola kalimat dasar dan utama yang mutlak harus dikuasai dalam bahasa Inggris, gramatika lanjutan, bacaan-bacaan yang mendukung profesi, peristilahan-peristilahan bahasa Inggris yang banyak dipakai dalam profesi yang bersangkutan, serta percakapan sederhana yang dipakai sehari-hari, terutama yang menunjang profesi kesarjanaannya.
Learning Outcomesa. Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang tercakup dalam aspek –aspek ketrampilan Listening, Speaking, Reading, dan Writing secara terpadu dengan penekanan utama pada ketrampilan membaca dan memahami bacaan dengan cepat, dan ketrampilan berbicara sebagai aspek ketrampilan terpenting untuk mencapai tujuan mata kuliah Bahasa Inggris di lingkungan UPGRIS, khususnya untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dalam hubungannya dengan komunitas internasional dan sekaligus sebagai alat untuk memperoleh dan meningkatkan ilmu pengetahuan.
b. Mengantar mahasiswa kepada peningkatan kemampuan membaca istilah ilmiah/tulisan atau buku-buku yang ditulis dalam bahasa Inggris, khususnya yang berkaitan dengan bidang ilmunya
Referencesutama
1. Yan Haryanto, Endang Sulasbawiatini dan Johanna B.S. Pantow. 2007. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Inggris S-1 PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka – Depdiknas.
2. Slamet Riyanto.2007.How to say it. Yogyakarta: Pustaka pelajar
3. Rohana Abdullah. 2007. Bahan Ajar Cetak: Bahasa Inggris (S-1 PJJ PGSD). Jakarta: Depdiknas–Ditjen Ketenagaan.
4. Ramelan, 1999. English phonetics, Semarang: IKIP Semarang Press
pendukung
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New jersey.
Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence Patterns.Oxford University Press, London.
Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills. Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London.
Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of English. Longman Group Limited, England.
Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar. Oxford University Press, London.
Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American Book Company, New York.
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengalaman kepada para mahasiswa tentang ketrampilan berbahasa secara terpadu dengan memperhatikan kepentingan mahasiswa sebagai calon sarjana berbasis perguruan tinggi. Mata kuliah ini meliputi pola-pola kalimat dasar dan utama yang mutlak harus dikuasai dalam bahasa Inggris, gramatika lanjutan, bacaan-bacaan yang mendukung profesi, peristilahan-peristilahan bahasa Inggris yang banyak dipakai dalam profesi yang bersangkutan, serta percakapan sederhana yang dipakai sehari-hari, terutama yang menunjang profesi kesarjanaannya.
Learning Outcomesa. Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang tercakup dalam aspek –aspek ketrampilan Listening, Speaking, Reading, dan Writing secara terpadu dengan penekanan utama pada ketrampilan membaca dan memahami bacaan dengan cepat, dan ketrampilan berbicara sebagai aspek ketrampilan terpenting untuk mencapai tujuan mata kuliah Bahasa Inggris di lingkungan UPGRIS, khususnya untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dalam hubungannya dengan komunitas internasional dan sekaligus sebagai alat untuk memperoleh dan meningkatkan ilmu pengetahuan.
b. Mengantar mahasiswa kepada peningkatan kemampuan membaca istilah ilmiah/tulisan atau buku-buku yang ditulis dalam bahasa Inggris, khususnya yang berkaitan dengan bidang ilmunya
Referencesutama
1. Yan Haryanto, Endang Sulasbawiatini dan Johanna B.S. Pantow. 2007. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Inggris S-1 PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka – Depdiknas.
2. Slamet Riyanto.2007.How to say it. Yogyakarta: Pustaka pelajar
3. Rohana Abdullah. 2007. Bahan Ajar Cetak: Bahasa Inggris (S-1 PJJ PGSD). Jakarta: Depdiknas–Ditjen Ketenagaan.
4. Ramelan, 1999. English phonetics, Semarang: IKIP Semarang Press
pendukung
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New jersey.
Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence Patterns.Oxford University Press, London.
Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills. Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London.
Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of English. Longman Group Limited, England.
Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar. Oxford University Press, London.
Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American Book Company, New York.
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengalaman kepada para mahasiswa tentang ketrampilan berbahasa secara terpadu dengan memperhatikan kepentingan mahasiswa sebagai calon sarjana berbasis perguruan tinggi. Mata kuliah ini meliputi pola-pola kalimat dasar dan utama yang mutlak harus dikuasai dalam bahasa Inggris, gramatika lanjutan, bacaan-bacaan yang mendukung profesi, peristilahan-peristilahan bahasa Inggris yang banyak dipakai dalam profesi yang bersangkutan, serta percakapan sederhana yang dipakai sehari-hari, terutama yang menunjang profesi kesarjanaannya.
Learning Outcomesa. Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang tercakup dalam aspek –aspek ketrampilan Listening, Speaking, Reading, dan Writing secara terpadu dengan penekanan utama pada ketrampilan membaca dan memahami bacaan dengan cepat, dan ketrampilan berbicara sebagai aspek ketrampilan terpenting untuk mencapai tujuan mata kuliah Bahasa Inggris di lingkungan UPGRIS, khususnya untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dalam hubungannya dengan komunitas internasional dan sekaligus sebagai alat untuk memperoleh dan meningkatkan ilmu pengetahuan.
b. Mengantar mahasiswa kepada peningkatan kemampuan membaca istilah ilmiah/tulisan atau buku-buku yang ditulis dalam bahasa Inggris, khususnya yang berkaitan dengan bidang ilmunya
Referencesutama
1. Yan Haryanto, Endang Sulasbawiatini dan Johanna B.S. Pantow. 2007. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Inggris S-1 PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka – Depdiknas.
2. Slamet Riyanto.2007.How to say it. Yogyakarta: Pustaka pelajar
3. Rohana Abdullah. 2007. Bahan Ajar Cetak: Bahasa Inggris (S-1 PJJ PGSD). Jakarta: Depdiknas–Ditjen Ketenagaan.
4. Ramelan, 1999. English phonetics, Semarang: IKIP Semarang Press
pendukung
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New jersey.
Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence Patterns.Oxford University Press, London.
Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills. Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London.
Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of English. Longman Group Limited, England.
Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar. Oxford University Press, London.
Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American Book Company, New York.
Details ...