Bahasa Inggris, Curriculum : 2018


Courser in EnglishENGLISH
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS2 SKS
RPS97 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Deskripsi Singkat Mata

Kuliah

Mata Kuliah Umum (MKU) Bahasa Inggris didesain menggunakan materi yang setara dengan General English untuk mahasiswa pada seluruh program studi di Universitas PGRI Semarang. Tujuan dari MKU Bahasa Inggris adalah supaya mahasiswa mampu menguasai materi umum dalam Bahasa Inggris yang pada akhirnya akan digunakan sebagai kemampuan dasar dalam penulisan artikel. Adapun materi di MKU Bahasa Inggris meliputi tenses dan jenis teks yang pada umumnya sering digunakan dalam penulisan artikel berbahasa Inggris.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran (CP)

 

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

 

Sikap (S)

 

S6: Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

S9: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

Pengetahuan (P)

 

PP6: Menguasai konsep teoritis ilmu kebahasaan (linguistics) dan aplikasinya dalam pembelajaran;

PP13: Menguasai keterampilan berbahasa Inggris (language skills) secara lisan dan tertulis

       

 

 

 

 

Keterampilan

Umum (KU)

KU2: Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pembelajaran bahasa Inggris, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

KU7: Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya;

KU8: Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;  

 

Keterampilan

Khusus (KK)

KK4: Merencanakan, menerapkan, mengelola, mengevaluasi pembelajaran, serta melakukan perbaikan metode dan proses belajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta pemangku kepentingan sesuai standar proses dan mutu;

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

CPMK-1

Memahami fungsi tenses yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK4, PP6, PP13)

CPMK-2

Menggunakan tenses secara tepat yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK 4, PP6, PP13).

CPMK-3

Memahami fungsi teks jenis tertentu yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK 4, PP6, PP13).

CPMK-4

Menggunakan fungsi teks jenis tertentu yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK 4, PP6, PP13).

References

Referensi

Utama

 

  1. Erliana, Santi dkk. 2014. Developing Sentences Into Paragraphs. Genius Media
  2. Mann, Malcolm, Knowles, TS. Destination B1. Grammar and Vocabulary With NAswer Key. McMillan
  3. Hartono, Kirana Galuh. 2016. Engish Grammar for Indonesian Students. Ciamis: Fatindo
  1. Penggunaan Simple Present Tense dan Contohnya | TEATU with Mr DIAZ - Kampung

Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=qw2Sl-aEEPQ

  1. Simple Future Tense: Fungsi, Rumus dan Contoh | TEATU with Mr Diaz - Kampung

Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=CUdzz0jzK-Y

  1. Cara Mudah Belajar Simple Past Tense | TEATU with Mr Diaz - Kampung Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=CApPEgntWag
  2. Fungsi dan Rumus Present Perfect Tense - Kampung Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=j8VuvXJOPcIs
  3. DESCRIPTIVE TEXT - Definisi, Struktur Teks, dan Contoh Teks Deskriptif bahasa Inggris https://www.youtube.com/watch?v=EDhWhFERO48
  4. Procedure Text | Belajar Bahasa Inggris https://www.youtube.com/watch?v=N8ej4bh1xHY 9. NF Juara Video-Bahasa Inggris-Recount and Past Simple-10 SMA https://www.youtube.com/watch?v=bVE-qB6uxA0
  1. Legally Blonde (sexual harassment) https://drive.google.com/file/d/1nv8Yr3VpUQYZNEw7ty1oTYiHZW5ziNaM/view?usp=s h aring
  2. V for Vendeta (corruption) https://drive.google.com/file/d/1c3kxDb39to_cI-LngQrQ8sRP3GT38-ap/view?usp=sharing
  3. Bridge to Terabita (bullying) https://drive.google.com/file/d/1tw4Zx0Kp1s-rpMEtFg8ImHcbwwgtKutt/view?usp=sharing
  4. Link tiga film dan subtitle https://drive.google.com/drive/folders/1Uz2dZrvZeRUn60rUypb8udT4PDHxAd8N?usp=sh aring
  5. Link Integrasi Hasil Penelitian dan PKM dalam Perkuliahan https://conference.upgris.ac.id/index.php/snhp/article/view/3485

Pemanfaatan MT Tools untuk Meningkatkan Kualitas Teks Terjemahan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Semarang

  1. Setyaji, Arso, dkk (2018). Analisis Kesalahan Gramatikal Pada Penulisan Deskriptif Text Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang.

 

 


Details ...
Course Descriptions

Deskripsi Singkat Mata

Kuliah

Mata Kuliah Umum (MKU) Bahasa Inggris didesain menggunakan materi yang setara dengan General English untuk mahasiswa pada seluruh program studi di Universitas PGRI Semarang. Tujuan dari MKU Bahasa Inggris adalah supaya mahasiswa mampu menguasai materi umum dalam Bahasa Inggris yang pada akhirnya akan digunakan sebagai kemampuan dasar dalam penulisan artikel. Adapun materi di MKU Bahasa Inggris meliputi tenses dan jenis teks yang pada umumnya sering digunakan dalam penulisan artikel berbahasa Inggris.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran (CP)

 

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

 

Sikap (S)

 

S6: Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

S9: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

Pengetahuan (P)

 

PP6: Menguasai konsep teoritis ilmu kebahasaan (linguistics) dan aplikasinya dalam pembelajaran;

PP13: Menguasai keterampilan berbahasa Inggris (language skills) secara lisan dan tertulis

       

 

 

 

 

Keterampilan

Umum (KU)

KU2: Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pembelajaran bahasa Inggris, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

KU7: Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya;

KU8: Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;  

 

Keterampilan

Khusus (KK)

KK4: Merencanakan, menerapkan, mengelola, mengevaluasi pembelajaran, serta melakukan perbaikan metode dan proses belajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta pemangku kepentingan sesuai standar proses dan mutu;

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

CPMK-1

Memahami fungsi tenses yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK4, PP6, PP13)

CPMK-2

Menggunakan tenses secara tepat yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK 4, PP6, PP13).

CPMK-3

Memahami fungsi teks jenis tertentu yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK 4, PP6, PP13).

CPMK-4

Menggunakan fungsi teks jenis tertentu yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK 4, PP6, PP13).

References

Referensi

Utama

 

  1. Erliana, Santi dkk. 2014. Developing Sentences Into Paragraphs. Genius Media
  2. Mann, Malcolm, Knowles, TS. Destination B1. Grammar and Vocabulary With NAswer Key. McMillan
  3. Hartono, Kirana Galuh. 2016. Engish Grammar for Indonesian Students. Ciamis: Fatindo
  1. Penggunaan Simple Present Tense dan Contohnya | TEATU with Mr DIAZ - Kampung

Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=qw2Sl-aEEPQ

  1. Simple Future Tense: Fungsi, Rumus dan Contoh | TEATU with Mr Diaz - Kampung

Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=CUdzz0jzK-Y

  1. Cara Mudah Belajar Simple Past Tense | TEATU with Mr Diaz - Kampung Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=CApPEgntWag
  2. Fungsi dan Rumus Present Perfect Tense - Kampung Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=j8VuvXJOPcIs
  3. DESCRIPTIVE TEXT - Definisi, Struktur Teks, dan Contoh Teks Deskriptif bahasa Inggris https://www.youtube.com/watch?v=EDhWhFERO48
  4. Procedure Text | Belajar Bahasa Inggris https://www.youtube.com/watch?v=N8ej4bh1xHY 9. NF Juara Video-Bahasa Inggris-Recount and Past Simple-10 SMA https://www.youtube.com/watch?v=bVE-qB6uxA0
  1. Legally Blonde (sexual harassment) https://drive.google.com/file/d/1nv8Yr3VpUQYZNEw7ty1oTYiHZW5ziNaM/view?usp=s h aring
  2. V for Vendeta (corruption) https://drive.google.com/file/d/1c3kxDb39to_cI-LngQrQ8sRP3GT38-ap/view?usp=sharing
  3. Bridge to Terabita (bullying) https://drive.google.com/file/d/1tw4Zx0Kp1s-rpMEtFg8ImHcbwwgtKutt/view?usp=sharing
  4. Link tiga film dan subtitle https://drive.google.com/drive/folders/1Uz2dZrvZeRUn60rUypb8udT4PDHxAd8N?usp=sh aring
  5. Link Integrasi Hasil Penelitian dan PKM dalam Perkuliahan https://conference.upgris.ac.id/index.php/snhp/article/view/3485

Pemanfaatan MT Tools untuk Meningkatkan Kualitas Teks Terjemahan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Semarang

  1. Setyaji, Arso, dkk (2018). Analisis Kesalahan Gramatikal Pada Penulisan Deskriptif Text Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang.

 

 


Details ...
Course Descriptions

Deskripsi Singkat Mata

Kuliah

Mata Kuliah Umum (MKU) Bahasa Inggris didesain menggunakan materi yang setara dengan General English untuk mahasiswa pada seluruh program studi di Universitas PGRI Semarang. Tujuan dari MKU Bahasa Inggris adalah supaya mahasiswa mampu menguasai materi umum dalam Bahasa Inggris yang pada akhirnya akan digunakan sebagai kemampuan dasar dalam penulisan artikel. Adapun materi di MKU Bahasa Inggris meliputi tenses dan jenis teks yang pada umumnya sering digunakan dalam penulisan artikel berbahasa Inggris.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran (CP)

 

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

 

Sikap (S)

 

S6: Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

S9: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

Pengetahuan (P)

 

PP6: Menguasai konsep teoritis ilmu kebahasaan (linguistics) dan aplikasinya dalam pembelajaran;

PP13: Menguasai keterampilan berbahasa Inggris (language skills) secara lisan dan tertulis

       

 

 

 

 

Keterampilan

Umum (KU)

KU2: Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pembelajaran bahasa Inggris, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

KU7: Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya;

KU8: Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;  

 

Keterampilan

Khusus (KK)

KK4: Merencanakan, menerapkan, mengelola, mengevaluasi pembelajaran, serta melakukan perbaikan metode dan proses belajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta pemangku kepentingan sesuai standar proses dan mutu;

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

CPMK-1

Memahami fungsi tenses yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK4, PP6, PP13)

CPMK-2

Menggunakan tenses secara tepat yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK 4, PP6, PP13).

CPMK-3

Memahami fungsi teks jenis tertentu yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK 4, PP6, PP13).

CPMK-4

Menggunakan fungsi teks jenis tertentu yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK 4, PP6, PP13).

References

Referensi

Utama

 

  1. Erliana, Santi dkk. 2014. Developing Sentences Into Paragraphs. Genius Media
  2. Mann, Malcolm, Knowles, TS. Destination B1. Grammar and Vocabulary With NAswer Key. McMillan
  3. Hartono, Kirana Galuh. 2016. Engish Grammar for Indonesian Students. Ciamis: Fatindo
  1. Penggunaan Simple Present Tense dan Contohnya | TEATU with Mr DIAZ - Kampung

Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=qw2Sl-aEEPQ

  1. Simple Future Tense: Fungsi, Rumus dan Contoh | TEATU with Mr Diaz - Kampung

Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=CUdzz0jzK-Y

  1. Cara Mudah Belajar Simple Past Tense | TEATU with Mr Diaz - Kampung Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=CApPEgntWag
  2. Fungsi dan Rumus Present Perfect Tense - Kampung Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=j8VuvXJOPcIs
  3. DESCRIPTIVE TEXT - Definisi, Struktur Teks, dan Contoh Teks Deskriptif bahasa Inggris https://www.youtube.com/watch?v=EDhWhFERO48
  4. Procedure Text | Belajar Bahasa Inggris https://www.youtube.com/watch?v=N8ej4bh1xHY 9. NF Juara Video-Bahasa Inggris-Recount and Past Simple-10 SMA https://www.youtube.com/watch?v=bVE-qB6uxA0
  1. Legally Blonde (sexual harassment) https://drive.google.com/file/d/1nv8Yr3VpUQYZNEw7ty1oTYiHZW5ziNaM/view?usp=s h aring
  2. V for Vendeta (corruption) https://drive.google.com/file/d/1c3kxDb39to_cI-LngQrQ8sRP3GT38-ap/view?usp=sharing
  3. Bridge to Terabita (bullying) https://drive.google.com/file/d/1tw4Zx0Kp1s-rpMEtFg8ImHcbwwgtKutt/view?usp=sharing
  4. Link tiga film dan subtitle https://drive.google.com/drive/folders/1Uz2dZrvZeRUn60rUypb8udT4PDHxAd8N?usp=sh aring
  5. Link Integrasi Hasil Penelitian dan PKM dalam Perkuliahan https://conference.upgris.ac.id/index.php/snhp/article/view/3485

Pemanfaatan MT Tools untuk Meningkatkan Kualitas Teks Terjemahan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Semarang

  1. Setyaji, Arso, dkk (2018). Analisis Kesalahan Gramatikal Pada Penulisan Deskriptif Text Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang.

 

 


Details ...
Course Descriptions

Deskripsi Singkat Mata

Kuliah

Mata Kuliah Umum (MKU) Bahasa Inggris didesain menggunakan materi yang setara dengan General English untuk mahasiswa pada seluruh program studi di Universitas PGRI Semarang. Tujuan dari MKU Bahasa Inggris adalah supaya mahasiswa mampu menguasai materi umum dalam Bahasa Inggris yang pada akhirnya akan digunakan sebagai kemampuan dasar dalam penulisan artikel. Adapun materi di MKU Bahasa Inggris meliputi tenses dan jenis teks yang pada umumnya sering digunakan dalam penulisan artikel berbahasa Inggris.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran (CP)

 

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

 

Sikap (S)

 

S6: Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

S9: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

Pengetahuan (P)

 

PP6: Menguasai konsep teoritis ilmu kebahasaan (linguistics) dan aplikasinya dalam pembelajaran;

PP13: Menguasai keterampilan berbahasa Inggris (language skills) secara lisan dan tertulis

       

 

 

 

 

Keterampilan

Umum (KU)

KU2: Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pembelajaran bahasa Inggris, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

KU7: Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya;

KU8: Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;  

 

Keterampilan

Khusus (KK)

KK4: Merencanakan, menerapkan, mengelola, mengevaluasi pembelajaran, serta melakukan perbaikan metode dan proses belajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta pemangku kepentingan sesuai standar proses dan mutu;

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

CPMK-1

Memahami fungsi tenses yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK4, PP6, PP13)

CPMK-2

Menggunakan tenses secara tepat yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK 4, PP6, PP13).

CPMK-3

Memahami fungsi teks jenis tertentu yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK 4, PP6, PP13).

CPMK-4

Menggunakan fungsi teks jenis tertentu yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK 4, PP6, PP13).

References

Referensi

Utama

 

  1. Erliana, Santi dkk. 2014. Developing Sentences Into Paragraphs. Genius Media
  2. Mann, Malcolm, Knowles, TS. Destination B1. Grammar and Vocabulary With NAswer Key. McMillan
  3. Hartono, Kirana Galuh. 2016. Engish Grammar for Indonesian Students. Ciamis: Fatindo
  1. Penggunaan Simple Present Tense dan Contohnya | TEATU with Mr DIAZ - Kampung

Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=qw2Sl-aEEPQ

  1. Simple Future Tense: Fungsi, Rumus dan Contoh | TEATU with Mr Diaz - Kampung

Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=CUdzz0jzK-Y

  1. Cara Mudah Belajar Simple Past Tense | TEATU with Mr Diaz - Kampung Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=CApPEgntWag
  2. Fungsi dan Rumus Present Perfect Tense - Kampung Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=j8VuvXJOPcIs
  3. DESCRIPTIVE TEXT - Definisi, Struktur Teks, dan Contoh Teks Deskriptif bahasa Inggris https://www.youtube.com/watch?v=EDhWhFERO48
  4. Procedure Text | Belajar Bahasa Inggris https://www.youtube.com/watch?v=N8ej4bh1xHY 9. NF Juara Video-Bahasa Inggris-Recount and Past Simple-10 SMA https://www.youtube.com/watch?v=bVE-qB6uxA0
  1. Legally Blonde (sexual harassment) https://drive.google.com/file/d/1nv8Yr3VpUQYZNEw7ty1oTYiHZW5ziNaM/view?usp=s h aring
  2. V for Vendeta (corruption) https://drive.google.com/file/d/1c3kxDb39to_cI-LngQrQ8sRP3GT38-ap/view?usp=sharing
  3. Bridge to Terabita (bullying) https://drive.google.com/file/d/1tw4Zx0Kp1s-rpMEtFg8ImHcbwwgtKutt/view?usp=sharing
  4. Link tiga film dan subtitle https://drive.google.com/drive/folders/1Uz2dZrvZeRUn60rUypb8udT4PDHxAd8N?usp=sh aring
  5. Link Integrasi Hasil Penelitian dan PKM dalam Perkuliahan https://conference.upgris.ac.id/index.php/snhp/article/view/3485

Pemanfaatan MT Tools untuk Meningkatkan Kualitas Teks Terjemahan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Semarang

  1. Setyaji, Arso, dkk (2018). Analisis Kesalahan Gramatikal Pada Penulisan Deskriptif Text Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang.

 

 


Details ...
Course Descriptions

Deskripsi Singkat Mata

Kuliah

Mata Kuliah Umum (MKU) Bahasa Inggris didesain menggunakan materi yang setara dengan General English untuk mahasiswa pada seluruh program studi di Universitas PGRI Semarang. Tujuan dari MKU Bahasa Inggris adalah supaya mahasiswa mampu menguasai materi umum dalam Bahasa Inggris yang pada akhirnya akan digunakan sebagai kemampuan dasar dalam penulisan artikel. Adapun materi di MKU Bahasa Inggris meliputi tenses dan jenis teks yang pada umumnya sering digunakan dalam penulisan artikel berbahasa Inggris.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran (CP)

 

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

 

Sikap (S)

 

S6: Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

S9: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

Pengetahuan (P)

 

PP6: Menguasai konsep teoritis ilmu kebahasaan (linguistics) dan aplikasinya dalam pembelajaran;

PP13: Menguasai keterampilan berbahasa Inggris (language skills) secara lisan dan tertulis

       

 

 

 

 

Keterampilan

Umum (KU)

KU2: Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pembelajaran bahasa Inggris, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

KU7: Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya;

KU8: Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;  

 

Keterampilan

Khusus (KK)

KK4: Merencanakan, menerapkan, mengelola, mengevaluasi pembelajaran, serta melakukan perbaikan metode dan proses belajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta pemangku kepentingan sesuai standar proses dan mutu;

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

CPMK-1

Memahami fungsi tenses yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK4, PP6, PP13)

CPMK-2

Menggunakan tenses secara tepat yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK 4, PP6, PP13).

CPMK-3

Memahami fungsi teks jenis tertentu yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK 4, PP6, PP13).

CPMK-4

Menggunakan fungsi teks jenis tertentu yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK 4, PP6, PP13).

References

Referensi

Utama

 

  1. Erliana, Santi dkk. 2014. Developing Sentences Into Paragraphs. Genius Media
  2. Mann, Malcolm, Knowles, TS. Destination B1. Grammar and Vocabulary With NAswer Key. McMillan
  3. Hartono, Kirana Galuh. 2016. Engish Grammar for Indonesian Students. Ciamis: Fatindo
  1. Penggunaan Simple Present Tense dan Contohnya | TEATU with Mr DIAZ - Kampung

Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=qw2Sl-aEEPQ

  1. Simple Future Tense: Fungsi, Rumus dan Contoh | TEATU with Mr Diaz - Kampung

Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=CUdzz0jzK-Y

  1. Cara Mudah Belajar Simple Past Tense | TEATU with Mr Diaz - Kampung Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=CApPEgntWag
  2. Fungsi dan Rumus Present Perfect Tense - Kampung Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=j8VuvXJOPcIs
  3. DESCRIPTIVE TEXT - Definisi, Struktur Teks, dan Contoh Teks Deskriptif bahasa Inggris https://www.youtube.com/watch?v=EDhWhFERO48
  4. Procedure Text | Belajar Bahasa Inggris https://www.youtube.com/watch?v=N8ej4bh1xHY 9. NF Juara Video-Bahasa Inggris-Recount and Past Simple-10 SMA https://www.youtube.com/watch?v=bVE-qB6uxA0
  1. Legally Blonde (sexual harassment) https://drive.google.com/file/d/1nv8Yr3VpUQYZNEw7ty1oTYiHZW5ziNaM/view?usp=s h aring
  2. V for Vendeta (corruption) https://drive.google.com/file/d/1c3kxDb39to_cI-LngQrQ8sRP3GT38-ap/view?usp=sharing
  3. Bridge to Terabita (bullying) https://drive.google.com/file/d/1tw4Zx0Kp1s-rpMEtFg8ImHcbwwgtKutt/view?usp=sharing
  4. Link tiga film dan subtitle https://drive.google.com/drive/folders/1Uz2dZrvZeRUn60rUypb8udT4PDHxAd8N?usp=sh aring
  5. Link Integrasi Hasil Penelitian dan PKM dalam Perkuliahan https://conference.upgris.ac.id/index.php/snhp/article/view/3485

Pemanfaatan MT Tools untuk Meningkatkan Kualitas Teks Terjemahan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Semarang

  1. Setyaji, Arso, dkk (2018). Analisis Kesalahan Gramatikal Pada Penulisan Deskriptif Text Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang.

 

 


Details ...
Course Descriptions

Deskripsi Singkat Mata

Kuliah

Mata Kuliah Umum (MKU) Bahasa Inggris didesain menggunakan materi yang setara dengan General English untuk mahasiswa pada seluruh program studi di Universitas PGRI Semarang. Tujuan dari MKU Bahasa Inggris adalah supaya mahasiswa mampu menguasai materi umum dalam Bahasa Inggris yang pada akhirnya akan digunakan sebagai kemampuan dasar dalam penulisan artikel. Adapun materi di MKU Bahasa Inggris meliputi tenses dan jenis teks yang pada umumnya sering digunakan dalam penulisan artikel berbahasa Inggris.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran (CP)

 

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

 

Sikap (S)

 

S6: Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

S9: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

Pengetahuan (P)

 

PP6: Menguasai konsep teoritis ilmu kebahasaan (linguistics) dan aplikasinya dalam pembelajaran;

PP13: Menguasai keterampilan berbahasa Inggris (language skills) secara lisan dan tertulis

       

 

 

 

 

Keterampilan

Umum (KU)

KU2: Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pembelajaran bahasa Inggris, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

KU7: Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya;

KU8: Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;  

 

Keterampilan

Khusus (KK)

KK4: Merencanakan, menerapkan, mengelola, mengevaluasi pembelajaran, serta melakukan perbaikan metode dan proses belajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta pemangku kepentingan sesuai standar proses dan mutu;

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

CPMK-1

Memahami fungsi tenses yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK4, PP6, PP13)

CPMK-2

Menggunakan tenses secara tepat yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK 4, PP6, PP13).

CPMK-3

Memahami fungsi teks jenis tertentu yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK 4, PP6, PP13).

CPMK-4

Menggunakan fungsi teks jenis tertentu yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK 4, PP6, PP13).

References

Referensi

Utama

 

  1. Erliana, Santi dkk. 2014. Developing Sentences Into Paragraphs. Genius Media
  2. Mann, Malcolm, Knowles, TS. Destination B1. Grammar and Vocabulary With NAswer Key. McMillan
  3. Hartono, Kirana Galuh. 2016. Engish Grammar for Indonesian Students. Ciamis: Fatindo
  1. Penggunaan Simple Present Tense dan Contohnya | TEATU with Mr DIAZ - Kampung

Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=qw2Sl-aEEPQ

  1. Simple Future Tense: Fungsi, Rumus dan Contoh | TEATU with Mr Diaz - Kampung

Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=CUdzz0jzK-Y

  1. Cara Mudah Belajar Simple Past Tense | TEATU with Mr Diaz - Kampung Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=CApPEgntWag
  2. Fungsi dan Rumus Present Perfect Tense - Kampung Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=j8VuvXJOPcIs
  3. DESCRIPTIVE TEXT - Definisi, Struktur Teks, dan Contoh Teks Deskriptif bahasa Inggris https://www.youtube.com/watch?v=EDhWhFERO48
  4. Procedure Text | Belajar Bahasa Inggris https://www.youtube.com/watch?v=N8ej4bh1xHY 9. NF Juara Video-Bahasa Inggris-Recount and Past Simple-10 SMA https://www.youtube.com/watch?v=bVE-qB6uxA0
  1. Legally Blonde (sexual harassment) https://drive.google.com/file/d/1nv8Yr3VpUQYZNEw7ty1oTYiHZW5ziNaM/view?usp=s h aring
  2. V for Vendeta (corruption) https://drive.google.com/file/d/1c3kxDb39to_cI-LngQrQ8sRP3GT38-ap/view?usp=sharing
  3. Bridge to Terabita (bullying) https://drive.google.com/file/d/1tw4Zx0Kp1s-rpMEtFg8ImHcbwwgtKutt/view?usp=sharing
  4. Link tiga film dan subtitle https://drive.google.com/drive/folders/1Uz2dZrvZeRUn60rUypb8udT4PDHxAd8N?usp=sh aring
  5. Link Integrasi Hasil Penelitian dan PKM dalam Perkuliahan https://conference.upgris.ac.id/index.php/snhp/article/view/3485

Pemanfaatan MT Tools untuk Meningkatkan Kualitas Teks Terjemahan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Semarang

  1. Setyaji, Arso, dkk (2018). Analisis Kesalahan Gramatikal Pada Penulisan Deskriptif Text Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang.

 

 


Details ...
Course Descriptions

Deskripsi Singkat Mata

Kuliah

Mata Kuliah Umum (MKU) Bahasa Inggris didesain menggunakan materi yang setara dengan General English untuk mahasiswa pada seluruh program studi di Universitas PGRI Semarang. Tujuan dari MKU Bahasa Inggris adalah supaya mahasiswa mampu menguasai materi umum dalam Bahasa Inggris yang pada akhirnya akan digunakan sebagai kemampuan dasar dalam penulisan artikel. Adapun materi di MKU Bahasa Inggris meliputi tenses dan jenis teks yang pada umumnya sering digunakan dalam penulisan artikel berbahasa Inggris.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran (CP)

 

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

 

Sikap (S)

 

S6: Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

S9: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

Pengetahuan (P)

 

PP6: Menguasai konsep teoritis ilmu kebahasaan (linguistics) dan aplikasinya dalam pembelajaran;

PP13: Menguasai keterampilan berbahasa Inggris (language skills) secara lisan dan tertulis

       

 

 

 

 

Keterampilan

Umum (KU)

KU2: Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pembelajaran bahasa Inggris, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

KU7: Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya;

KU8: Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;  

 

Keterampilan

Khusus (KK)

KK4: Merencanakan, menerapkan, mengelola, mengevaluasi pembelajaran, serta melakukan perbaikan metode dan proses belajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta pemangku kepentingan sesuai standar proses dan mutu;

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

CPMK-1

Memahami fungsi tenses yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK4, PP6, PP13)

CPMK-2

Menggunakan tenses secara tepat yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK 4, PP6, PP13).

CPMK-3

Memahami fungsi teks jenis tertentu yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK 4, PP6, PP13).

CPMK-4

Menggunakan fungsi teks jenis tertentu yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK 4, PP6, PP13).

References

Referensi

Utama

 

  1. Erliana, Santi dkk. 2014. Developing Sentences Into Paragraphs. Genius Media
  2. Mann, Malcolm, Knowles, TS. Destination B1. Grammar and Vocabulary With NAswer Key. McMillan
  3. Hartono, Kirana Galuh. 2016. Engish Grammar for Indonesian Students. Ciamis: Fatindo
  1. Penggunaan Simple Present Tense dan Contohnya | TEATU with Mr DIAZ - Kampung

Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=qw2Sl-aEEPQ

  1. Simple Future Tense: Fungsi, Rumus dan Contoh | TEATU with Mr Diaz - Kampung

Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=CUdzz0jzK-Y

  1. Cara Mudah Belajar Simple Past Tense | TEATU with Mr Diaz - Kampung Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=CApPEgntWag
  2. Fungsi dan Rumus Present Perfect Tense - Kampung Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=j8VuvXJOPcIs
  3. DESCRIPTIVE TEXT - Definisi, Struktur Teks, dan Contoh Teks Deskriptif bahasa Inggris https://www.youtube.com/watch?v=EDhWhFERO48
  4. Procedure Text | Belajar Bahasa Inggris https://www.youtube.com/watch?v=N8ej4bh1xHY 9. NF Juara Video-Bahasa Inggris-Recount and Past Simple-10 SMA https://www.youtube.com/watch?v=bVE-qB6uxA0
  1. Legally Blonde (sexual harassment) https://drive.google.com/file/d/1nv8Yr3VpUQYZNEw7ty1oTYiHZW5ziNaM/view?usp=s h aring
  2. V for Vendeta (corruption) https://drive.google.com/file/d/1c3kxDb39to_cI-LngQrQ8sRP3GT38-ap/view?usp=sharing
  3. Bridge to Terabita (bullying) https://drive.google.com/file/d/1tw4Zx0Kp1s-rpMEtFg8ImHcbwwgtKutt/view?usp=sharing
  4. Link tiga film dan subtitle https://drive.google.com/drive/folders/1Uz2dZrvZeRUn60rUypb8udT4PDHxAd8N?usp=sh aring
  5. Link Integrasi Hasil Penelitian dan PKM dalam Perkuliahan https://conference.upgris.ac.id/index.php/snhp/article/view/3485

Pemanfaatan MT Tools untuk Meningkatkan Kualitas Teks Terjemahan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Semarang

  1. Setyaji, Arso, dkk (2018). Analisis Kesalahan Gramatikal Pada Penulisan Deskriptif Text Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang.

 

 


Details ...
Course Descriptions

Deskripsi Singkat Mata

Kuliah

Mata Kuliah Umum (MKU) Bahasa Inggris didesain menggunakan materi yang setara dengan General English untuk mahasiswa pada seluruh program studi di Universitas PGRI Semarang. Tujuan dari MKU Bahasa Inggris adalah supaya mahasiswa mampu menguasai materi umum dalam Bahasa Inggris yang pada akhirnya akan digunakan sebagai kemampuan dasar dalam penulisan artikel. Adapun materi di MKU Bahasa Inggris meliputi tenses dan jenis teks yang pada umumnya sering digunakan dalam penulisan artikel berbahasa Inggris.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran (CP)

 

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

 

Sikap (S)

 

S6: Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

S9: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

Pengetahuan (P)

 

PP6: Menguasai konsep teoritis ilmu kebahasaan (linguistics) dan aplikasinya dalam pembelajaran;

PP13: Menguasai keterampilan berbahasa Inggris (language skills) secara lisan dan tertulis

       

 

 

 

 

Keterampilan

Umum (KU)

KU2: Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pembelajaran bahasa Inggris, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

KU7: Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya;

KU8: Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;  

 

Keterampilan

Khusus (KK)

KK4: Merencanakan, menerapkan, mengelola, mengevaluasi pembelajaran, serta melakukan perbaikan metode dan proses belajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta pemangku kepentingan sesuai standar proses dan mutu;

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

CPMK-1

Memahami fungsi tenses yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK4, PP6, PP13)

CPMK-2

Menggunakan tenses secara tepat yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK 4, PP6, PP13).

CPMK-3

Memahami fungsi teks jenis tertentu yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK 4, PP6, PP13).

CPMK-4

Menggunakan fungsi teks jenis tertentu yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK 4, PP6, PP13).

References

Referensi

Utama

 

  1. Erliana, Santi dkk. 2014. Developing Sentences Into Paragraphs. Genius Media
  2. Mann, Malcolm, Knowles, TS. Destination B1. Grammar and Vocabulary With NAswer Key. McMillan
  3. Hartono, Kirana Galuh. 2016. Engish Grammar for Indonesian Students. Ciamis: Fatindo
  1. Penggunaan Simple Present Tense dan Contohnya | TEATU with Mr DIAZ - Kampung

Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=qw2Sl-aEEPQ

  1. Simple Future Tense: Fungsi, Rumus dan Contoh | TEATU with Mr Diaz - Kampung

Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=CUdzz0jzK-Y

  1. Cara Mudah Belajar Simple Past Tense | TEATU with Mr Diaz - Kampung Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=CApPEgntWag
  2. Fungsi dan Rumus Present Perfect Tense - Kampung Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=j8VuvXJOPcIs
  3. DESCRIPTIVE TEXT - Definisi, Struktur Teks, dan Contoh Teks Deskriptif bahasa Inggris https://www.youtube.com/watch?v=EDhWhFERO48
  4. Procedure Text | Belajar Bahasa Inggris https://www.youtube.com/watch?v=N8ej4bh1xHY 9. NF Juara Video-Bahasa Inggris-Recount and Past Simple-10 SMA https://www.youtube.com/watch?v=bVE-qB6uxA0
  1. Legally Blonde (sexual harassment) https://drive.google.com/file/d/1nv8Yr3VpUQYZNEw7ty1oTYiHZW5ziNaM/view?usp=s h aring
  2. V for Vendeta (corruption) https://drive.google.com/file/d/1c3kxDb39to_cI-LngQrQ8sRP3GT38-ap/view?usp=sharing
  3. Bridge to Terabita (bullying) https://drive.google.com/file/d/1tw4Zx0Kp1s-rpMEtFg8ImHcbwwgtKutt/view?usp=sharing
  4. Link tiga film dan subtitle https://drive.google.com/drive/folders/1Uz2dZrvZeRUn60rUypb8udT4PDHxAd8N?usp=sh aring
  5. Link Integrasi Hasil Penelitian dan PKM dalam Perkuliahan https://conference.upgris.ac.id/index.php/snhp/article/view/3485

Pemanfaatan MT Tools untuk Meningkatkan Kualitas Teks Terjemahan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Semarang

  1. Setyaji, Arso, dkk (2018). Analisis Kesalahan Gramatikal Pada Penulisan Deskriptif Text Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang.

 

 


Details ...
Course Descriptions

Deskripsi Singkat Mata

Kuliah

Mata Kuliah Umum (MKU) Bahasa Inggris didesain menggunakan materi yang setara dengan General English untuk mahasiswa pada seluruh program studi di Universitas PGRI Semarang. Tujuan dari MKU Bahasa Inggris adalah supaya mahasiswa mampu menguasai materi umum dalam Bahasa Inggris yang pada akhirnya akan digunakan sebagai kemampuan dasar dalam penulisan artikel. Adapun materi di MKU Bahasa Inggris meliputi tenses dan jenis teks yang pada umumnya sering digunakan dalam penulisan artikel berbahasa Inggris.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran (CP)

 

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

 

Sikap (S)

 

S6: Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

S9: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

Pengetahuan (P)

 

PP6: Menguasai konsep teoritis ilmu kebahasaan (linguistics) dan aplikasinya dalam pembelajaran;

PP13: Menguasai keterampilan berbahasa Inggris (language skills) secara lisan dan tertulis

       

 

 

 

 

Keterampilan

Umum (KU)

KU2: Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pembelajaran bahasa Inggris, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

KU7: Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya;

KU8: Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;  

 

Keterampilan

Khusus (KK)

KK4: Merencanakan, menerapkan, mengelola, mengevaluasi pembelajaran, serta melakukan perbaikan metode dan proses belajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta pemangku kepentingan sesuai standar proses dan mutu;

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

CPMK-1

Memahami fungsi tenses yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK4, PP6, PP13)

CPMK-2

Menggunakan tenses secara tepat yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK 4, PP6, PP13).

CPMK-3

Memahami fungsi teks jenis tertentu yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK 4, PP6, PP13).

CPMK-4

Menggunakan fungsi teks jenis tertentu yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK 4, PP6, PP13).

References

Referensi

Utama

 

  1. Erliana, Santi dkk. 2014. Developing Sentences Into Paragraphs. Genius Media
  2. Mann, Malcolm, Knowles, TS. Destination B1. Grammar and Vocabulary With NAswer Key. McMillan
  3. Hartono, Kirana Galuh. 2016. Engish Grammar for Indonesian Students. Ciamis: Fatindo
  1. Penggunaan Simple Present Tense dan Contohnya | TEATU with Mr DIAZ - Kampung

Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=qw2Sl-aEEPQ

  1. Simple Future Tense: Fungsi, Rumus dan Contoh | TEATU with Mr Diaz - Kampung

Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=CUdzz0jzK-Y

  1. Cara Mudah Belajar Simple Past Tense | TEATU with Mr Diaz - Kampung Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=CApPEgntWag
  2. Fungsi dan Rumus Present Perfect Tense - Kampung Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=j8VuvXJOPcIs
  3. DESCRIPTIVE TEXT - Definisi, Struktur Teks, dan Contoh Teks Deskriptif bahasa Inggris https://www.youtube.com/watch?v=EDhWhFERO48
  4. Procedure Text | Belajar Bahasa Inggris https://www.youtube.com/watch?v=N8ej4bh1xHY 9. NF Juara Video-Bahasa Inggris-Recount and Past Simple-10 SMA https://www.youtube.com/watch?v=bVE-qB6uxA0
  1. Legally Blonde (sexual harassment) https://drive.google.com/file/d/1nv8Yr3VpUQYZNEw7ty1oTYiHZW5ziNaM/view?usp=s h aring
  2. V for Vendeta (corruption) https://drive.google.com/file/d/1c3kxDb39to_cI-LngQrQ8sRP3GT38-ap/view?usp=sharing
  3. Bridge to Terabita (bullying) https://drive.google.com/file/d/1tw4Zx0Kp1s-rpMEtFg8ImHcbwwgtKutt/view?usp=sharing
  4. Link tiga film dan subtitle https://drive.google.com/drive/folders/1Uz2dZrvZeRUn60rUypb8udT4PDHxAd8N?usp=sh aring
  5. Link Integrasi Hasil Penelitian dan PKM dalam Perkuliahan https://conference.upgris.ac.id/index.php/snhp/article/view/3485

Pemanfaatan MT Tools untuk Meningkatkan Kualitas Teks Terjemahan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Semarang

  1. Setyaji, Arso, dkk (2018). Analisis Kesalahan Gramatikal Pada Penulisan Deskriptif Text Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang.

 

 


Details ...
Course Descriptions

Deskripsi Singkat Mata

Kuliah

Mata Kuliah Umum (MKU) Bahasa Inggris didesain menggunakan materi yang setara dengan General English untuk mahasiswa pada seluruh program studi di Universitas PGRI Semarang. Tujuan dari MKU Bahasa Inggris adalah supaya mahasiswa mampu menguasai materi umum dalam Bahasa Inggris yang pada akhirnya akan digunakan sebagai kemampuan dasar dalam penulisan artikel. Adapun materi di MKU Bahasa Inggris meliputi tenses dan jenis teks yang pada umumnya sering digunakan dalam penulisan artikel berbahasa Inggris.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran (CP)

 

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

 

Sikap (S)

 

S6: Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

S9: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

Pengetahuan (P)

 

PP6: Menguasai konsep teoritis ilmu kebahasaan (linguistics) dan aplikasinya dalam pembelajaran;

PP13: Menguasai keterampilan berbahasa Inggris (language skills) secara lisan dan tertulis

       

 

 

 

 

Keterampilan

Umum (KU)

KU2: Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pembelajaran bahasa Inggris, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

KU7: Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya;

KU8: Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;  

 

Keterampilan

Khusus (KK)

KK4: Merencanakan, menerapkan, mengelola, mengevaluasi pembelajaran, serta melakukan perbaikan metode dan proses belajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta pemangku kepentingan sesuai standar proses dan mutu;

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

 

CPMK-1

Memahami fungsi tenses yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK4, PP6, PP13)

CPMK-2

Menggunakan tenses secara tepat yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK 4, PP6, PP13).

CPMK-3

Memahami fungsi teks jenis tertentu yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK 4, PP6, PP13).

CPMK-4

Menggunakan fungsi teks jenis tertentu yang digunakan di teks dan penulisan akademik dalam Bahasa Inggris (S6, S9, KU2, KU5, KU7, KU8, KK 4, PP6, PP13).

References

Referensi

Utama

 

  1. Erliana, Santi dkk. 2014. Developing Sentences Into Paragraphs. Genius Media
  2. Mann, Malcolm, Knowles, TS. Destination B1. Grammar and Vocabulary With NAswer Key. McMillan
  3. Hartono, Kirana Galuh. 2016. Engish Grammar for Indonesian Students. Ciamis: Fatindo
  1. Penggunaan Simple Present Tense dan Contohnya | TEATU with Mr DIAZ - Kampung

Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=qw2Sl-aEEPQ

  1. Simple Future Tense: Fungsi, Rumus dan Contoh | TEATU with Mr Diaz - Kampung

Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=CUdzz0jzK-Y

  1. Cara Mudah Belajar Simple Past Tense | TEATU with Mr Diaz - Kampung Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=CApPEgntWag
  2. Fungsi dan Rumus Present Perfect Tense - Kampung Inggris LC https://www.youtube.com/watch?v=j8VuvXJOPcIs
  3. DESCRIPTIVE TEXT - Definisi, Struktur Teks, dan Contoh Teks Deskriptif bahasa Inggris https://www.youtube.com/watch?v=EDhWhFERO48
  4. Procedure Text | Belajar Bahasa Inggris https://www.youtube.com/watch?v=N8ej4bh1xHY 9. NF Juara Video-Bahasa Inggris-Recount and Past Simple-10 SMA https://www.youtube.com/watch?v=bVE-qB6uxA0
  1. Legally Blonde (sexual harassment) https://drive.google.com/file/d/1nv8Yr3VpUQYZNEw7ty1oTYiHZW5ziNaM/view?usp=s h aring
  2. V for Vendeta (corruption) https://drive.google.com/file/d/1c3kxDb39to_cI-LngQrQ8sRP3GT38-ap/view?usp=sharing
  3. Bridge to Terabita (bullying) https://drive.google.com/file/d/1tw4Zx0Kp1s-rpMEtFg8ImHcbwwgtKutt/view?usp=sharing
  4. Link tiga film dan subtitle https://drive.google.com/drive/folders/1Uz2dZrvZeRUn60rUypb8udT4PDHxAd8N?usp=sh aring
  5. Link Integrasi Hasil Penelitian dan PKM dalam Perkuliahan https://conference.upgris.ac.id/index.php/snhp/article/view/3485

Pemanfaatan MT Tools untuk Meningkatkan Kualitas Teks Terjemahan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Semarang

  1. Setyaji, Arso, dkk (2018). Analisis Kesalahan Gramatikal Pada Penulisan Deskriptif Text Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang.

 

 


Details ...
Course Descriptions

This course provides sets of knowledge, trains a set of skills. This unit is an attempt to arouse students’ awareness toward scientific researches particularly those of educational researches related to language teaching, English language teaching particularly for Indonesian native speakers. The knowledge covers ontology, epistemology and axiology of the researches. The skills cover the search, the titling and the theorizing research problems and the choosing of the form and content of instruments with the discussion and the summarizing of data analysis. The set of attitudes cover rational, objective, and critical, skeptical (open), cooperative, and responsible related to the attitude to do the research (This course provides students with information on the nature and characteristics of research on English language classrooms. Materials cover types of studies commonly conducted to investigate phenomena in English language classrooms, their characteristics and steps in conducting each type of study. Students’ classroom activities include individual work, pair work, and group work. Evaluation on students’ achievement is based on classroom participation, home assignments, the mid-semester test, and the final test).

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) Upon the completion of this course, the students are expected

 CPMK1 to have a solid understanding of the importance of Research Design (S4, S8, KU1-2, KK3, PP6)

 CPMK2 to explicate the basic tenets of different approaches to Research in Language Learning (S4, S8, KU1-2, KK3, PP6)

 CPMK3 to employ the different approaches to study on Research (S4, P2, KU1, KK2)

 CPMK4 to understand the scopes of Research that will be beneficial in language learning, (S4, S8, KU1-2, KK3, PP6)

 CPMK5 to use and apply the method of Research (S4, S8, KU1-2, KK3, PP6)

 CPMK6 to implement quantitative and qualitative research design in English language education (S4, S8, KU1-2, KK3, PP6)

 

References

1. Nunan, David. 1992. Research Methods in Language Learning, Cambridge

University Press. Cambridge.

2. Cohen, Louis. Et al 2007. Research Methods in Education. Routledge, New York

3. Burns, Anne. 2010. Doing Action Research in Language Teaching. Routledge, New York

4. Gall, Meredith D.; Gall, Joyce P.; dan Borg, Walter R. 2003. Educational Research. Boston: Pearson Education, Iknc.

5. Best, John W . 1981. Research in Education. New York: Prentice-Hall Inc

6. Fraenkel Jack R; Wallen, Norman E; Hyun, Helen H. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hll

 


Details ...
Course Descriptions

This course provides sets of knowledge, trains a set of skills. This unit is an attempt to arouse students’ awareness toward scientific researches particularly those of educational researches related to language teaching, English language teaching particularly for Indonesian native speakers. The knowledge covers ontology, epistemology and axiology of the researches. The skills cover the search, the titling and the theorizing research problems and the choosing of the form and content of instruments with the discussion and the summarizing of data analysis. The set of attitudes cover rational, objective, and critical, skeptical (open), cooperative, and responsible related to the attitude to do the research (This course provides students with information on the nature and characteristics of research on English language classrooms. Materials cover types of studies commonly conducted to investigate phenomena in English language classrooms, their characteristics and steps in conducting each type of study. Students’ classroom activities include individual work, pair work, and group work. Evaluation on students’ achievement is based on classroom participation, home assignments, the mid-semester test, and the final test).

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) Upon the completion of this course, the students are expected

 CPMK1 to have a solid understanding of the importance of Research Design (S4, S8, KU1-2, KK3, PP6)

 CPMK2 to explicate the basic tenets of different approaches to Research in Language Learning (S4, S8, KU1-2, KK3, PP6)

 CPMK3 to employ the different approaches to study on Research (S4, P2, KU1, KK2)

 CPMK4 to understand the scopes of Research that will be beneficial in language learning, (S4, S8, KU1-2, KK3, PP6)

 CPMK5 to use and apply the method of Research (S4, S8, KU1-2, KK3, PP6)

 CPMK6 to implement quantitative and qualitative research design in English language education (S4, S8, KU1-2, KK3, PP6)

 

References

1. Nunan, David. 1992. Research Methods in Language Learning, Cambridge

University Press. Cambridge.

2. Cohen, Louis. Et al 2007. Research Methods in Education. Routledge, New York

3. Burns, Anne. 2010. Doing Action Research in Language Teaching. Routledge, New York

4. Gall, Meredith D.; Gall, Joyce P.; dan Borg, Walter R. 2003. Educational Research. Boston: Pearson Education, Iknc.

5. Best, John W . 1981. Research in Education. New York: Prentice-Hall Inc

6. Fraenkel Jack R; Wallen, Norman E; Hyun, Helen H. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hll

 


Details ...