Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi Pendidikan, Curriculum : 2016


Courser in EnglishLEADERSHIP AND BEHAVIOR OF EDUCATIONAL ORGANISATION
ProgramManajemen Pendidikan
SKS3 SKS
RPS33 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini melakukan kajian tentang keefektifan pola perilaku organisasi dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan   pendidikan. Penekanan diberikan pada pengkajian perilaku dan nilai dasar serta moralitas individu dan kelompok dalam organisasi, berbagai teori dalam memotivasi dan meningkatkan efektivitas organisasi, fungsi, dan peranan organisasi serta strategi dan taktik dalam mengendalikan organisasi dan personil pendidikan, serta kepemimpinan

Learning Outcomes

 

Capaian Pembelajaran Program Studi:

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9).
  2. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin (KU.4).
  3. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas (KU.6).
  4. Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan (KK.2.c).
  5. Mampu memberikan layanan konsultasi manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah dalam bidang manajemen pendidikan (KK.5.b).
  6. Mengembangkan teori, konsep, dan prinsip perilaku organisasi untuk melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan (PP.2.c).

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :

  1. Mampu mengelola, mengembangkan, dan memelihara jaringan kerja pada satuan pendidikan formal dan non formal pada berbagai jenjang pendidikan.
  2. Mampu mengidentifikasi masalah-masalah strategis yang menjadi obyek penelitian, memposisikan ke dalam peta penelitian, dan melaksanakan penelitian manajemen pendidikan dengan pendekatan multi disipliner pada  lingkup nasional dan internasional
  3. Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pendidikan dengan menerapkan keahlian bidang manajemen pendidikan pada satuan pendidikan formal maupun non formal

 

 

References

  1. Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2013. Educational Administration. Penerjemah; Daryatno & Rianayati K.P. 2014. Adminstrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik. Yogyakarta:  Pustaka Pelajar.
  2. Lunenberg, F.C. & Ornstein, A.C. 201 Educational Administration (6th ed.). New York: Cengage Learning.
  3. Owens, R.G. 1995. Organizational Behavior in Education (5th ed.). Boston: Allyn and Bacon.
  4. Robbins, S.P. 198 Essentials of Organizational Behavior. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, Inc.
  5. ----------. 2006. Organizational Behavior. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, Inc.
  6. Robbins, S.P. & Judge, T.A. 2011. Organizational Behavior (14th). Harlow, England: Pearson Education Ltd.
  7. Yukl, G. 2006. Leadership in Organization (6th ed.). Upper Saddle River, N.J.: Prentice Hall.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini melakukan kajian tentang keefektifan pola perilaku organisasi dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan   pendidikan. Penekanan diberikan pada pengkajian perilaku dan nilai dasar serta moralitas individu dan kelompok dalam organisasi, berbagai teori dalam memotivasi dan meningkatkan efektivitas organisasi, fungsi, dan peranan organisasi serta strategi dan taktik dalam mengendalikan organisasi dan personil pendidikan, serta kepemimpinan

Learning Outcomes

 

Capaian Pembelajaran Program Studi:

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9).
  2. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin (KU.4).
  3. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas (KU.6).
  4. Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan (KK.2.c).
  5. Mampu memberikan layanan konsultasi manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah dalam bidang manajemen pendidikan (KK.5.b).
  6. Mengembangkan teori, konsep, dan prinsip perilaku organisasi untuk melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan (PP.2.c).

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :

  1. Mampu mengelola, mengembangkan, dan memelihara jaringan kerja pada satuan pendidikan formal dan non formal pada berbagai jenjang pendidikan.
  2. Mampu mengidentifikasi masalah-masalah strategis yang menjadi obyek penelitian, memposisikan ke dalam peta penelitian, dan melaksanakan penelitian manajemen pendidikan dengan pendekatan multi disipliner pada  lingkup nasional dan internasional
  3. Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pendidikan dengan menerapkan keahlian bidang manajemen pendidikan pada satuan pendidikan formal maupun non formal

 

 

References

  1. Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2013. Educational Administration. Penerjemah; Daryatno & Rianayati K.P. 2014. Adminstrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik. Yogyakarta:  Pustaka Pelajar.
  2. Lunenberg, F.C. & Ornstein, A.C. 201 Educational Administration (6th ed.). New York: Cengage Learning.
  3. Owens, R.G. 1995. Organizational Behavior in Education (5th ed.). Boston: Allyn and Bacon.
  4. Robbins, S.P. 198 Essentials of Organizational Behavior. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, Inc.
  5. ----------. 2006. Organizational Behavior. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, Inc.
  6. Robbins, S.P. & Judge, T.A. 2011. Organizational Behavior (14th). Harlow, England: Pearson Education Ltd.
  7. Yukl, G. 2006. Leadership in Organization (6th ed.). Upper Saddle River, N.J.: Prentice Hall.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini melakukan kajian tentang keefektifan pola perilaku organisasi dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan   pendidikan. Penekanan diberikan pada pengkajian perilaku dan nilai dasar serta moralitas individu dan kelompok dalam organisasi, berbagai teori dalam memotivasi dan meningkatkan efektivitas organisasi, fungsi, dan peranan organisasi serta strategi dan taktik dalam mengendalikan organisasi dan personil pendidikan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Program Studi:

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9).
  2. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin (KU.4).
  3. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas (KU.6).
  4. Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan (KK.2.c).
  5. Mampu memberikan layanan konsultasi manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah dalam bidang manajemen pendidikan (KK.5.b).
  6. Mengembangkan teori, konsep, dan prinsip perilaku organisasi untuk melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan (PP.2.c).

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :

  1. Mampu mengelola, mengembangkan, dan memelihara jaringan kerja pada satuan pendidikan formal dan non formal pada berbagai jenjang pendidikan.
  2. Mampu mengidentifikasi masalah-masalah strategis yang menjadi obyek penelitian, memposisikan ke dalam peta penelitian, dan melaksanakan penelitian manajemen pendidikan dengan pendekatan multi disipliner pada  lingkup nasional dan internasional
  3. Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pendidikan dengan menerapkan keahlian bidang manajemen pendidikan pada satuan pendidikan formal maupun non formal

 

References

  1. Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2013. Educational Administration. Penerjemah; Daryatno & Rianayati K.P. 2014. Adminstrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik. Yogyakarta:

 Pustaka Pelajar.

  1. Lunenberg, F.C. & Ornstein, A.C. 201 Educational Administration (6th ed.). New York: Cengage Learning.
  2. Owens, R.G. 1995. Organizational Behavior in Education (5th ed.). Boston: Allyn and Bacon.
  3. Robbins, S.P. 198 Essentials of Organizational Behavior. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, Inc.
  4. ----------. 2006. Organizational Behavior. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, Inc.
  5. Robbins, S.P. & Judge, T.A. 2011. Organizational Behavior (14th). Harlow, England: Pearson Education Ltd.
  6. Yukl, G. 2006. Leadership in Organization (6th ed.). Upper Saddle River, N.J.: Prentice Hall.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini melakukan kajian tentang keefektifan pola perilaku organisasi dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan   pendidikan. Penekanan diberikan pada pengkajian perilaku dan nilai dasar serta moralitas individu dan kelompok dalam organisasi, berbagai teori dalam memotivasi dan meningkatkan efektivitas organisasi, fungsi, dan peranan organisasi serta strategi dan taktik dalam mengendalikan organisasi dan personil pendidikan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Program Studi:

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9).
  2. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin (KU.4).
  3. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas (KU.6).
  4. Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan (KK.2.c).
  5. Mampu memberikan layanan konsultasi manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah dalam bidang manajemen pendidikan (KK.5.b).
  6. Mengembangkan teori, konsep, dan prinsip perilaku organisasi untuk melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan (PP.2.c).

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :

  1. Mampu mengelola, mengembangkan, dan memelihara jaringan kerja pada satuan pendidikan formal dan non formal pada berbagai jenjang pendidikan.
  2. Mampu mengidentifikasi masalah-masalah strategis yang menjadi obyek penelitian, memposisikan ke dalam peta penelitian, dan melaksanakan penelitian manajemen pendidikan dengan pendekatan multi disipliner pada  lingkup nasional dan internasional
  3. Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pendidikan dengan menerapkan keahlian bidang manajemen pendidikan pada satuan pendidikan formal maupun non formal

 

References

  1. Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2013. Educational Administration. Penerjemah; Daryatno & Rianayati K.P. 2014. Adminstrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik. Yogyakarta:

 Pustaka Pelajar.

  1. Lunenberg, F.C. & Ornstein, A.C. 201 Educational Administration (6th ed.). New York: Cengage Learning.
  2. Owens, R.G. 1995. Organizational Behavior in Education (5th ed.). Boston: Allyn and Bacon.
  3. Robbins, S.P. 198 Essentials of Organizational Behavior. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, Inc.
  4. ----------. 2006. Organizational Behavior. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, Inc.
  5. Robbins, S.P. & Judge, T.A. 2011. Organizational Behavior (14th). Harlow, England: Pearson Education Ltd.
  6. Yukl, G. 2006. Leadership in Organization (6th ed.). Upper Saddle River, N.J.: Prentice Hall.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini melakukan kajian tentang keefektifan pola perilaku organisasi dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan   pendidikan. Penekanan diberikan pada pengkajian perilaku dan nilai dasar serta moralitas individu dan kelompok dalam organisasi, berbagai teori dalam memotivasi dan meningkatkan efektivitas organisasi, fungsi, dan peranan organisasi serta strategi dan taktik dalam mengendalikan organisasi dan personil pendidikan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Program Studi:

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9).
  2. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin (KU.4).
  3. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas (KU.6).
  4. Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan (KK.2.c).
  5. Mampu memberikan layanan konsultasi manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah dalam bidang manajemen pendidikan (KK.5.b).
  6. Mengembangkan teori, konsep, dan prinsip perilaku organisasi untuk melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan (PP.2.c).

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :

  1. Mampu mengelola, mengembangkan, dan memelihara jaringan kerja pada satuan pendidikan formal dan non formal pada berbagai jenjang pendidikan.
  2. Mampu mengidentifikasi masalah-masalah strategis yang menjadi obyek penelitian, memposisikan ke dalam peta penelitian, dan melaksanakan penelitian manajemen pendidikan dengan pendekatan multi disipliner pada  lingkup nasional dan internasional
  3. Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pendidikan dengan menerapkan keahlian bidang manajemen pendidikan pada satuan pendidikan formal maupun non formal

 

References

  1. Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2013. Educational Administration. Penerjemah; Daryatno & Rianayati K.P. 2014. Adminstrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik. Yogyakarta:

 Pustaka Pelajar.

  1. Lunenberg, F.C. & Ornstein, A.C. 201 Educational Administration (6th ed.). New York: Cengage Learning.
  2. Owens, R.G. 1995. Organizational Behavior in Education (5th ed.). Boston: Allyn and Bacon.
  3. Robbins, S.P. 198 Essentials of Organizational Behavior. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, Inc.
  4. ----------. 2006. Organizational Behavior. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, Inc.
  5. Robbins, S.P. & Judge, T.A. 2011. Organizational Behavior (14th). Harlow, England: Pearson Education Ltd.
  6. Yukl, G. 2006. Leadership in Organization (6th ed.). Upper Saddle River, N.J.: Prentice Hall.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini melakukan kajian tentang keefektifan pola perilaku organisasi dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan   pendidikan. Penekanan diberikan pada pengkajian perilaku dan nilai dasar serta moralitas individu dan kelompok dalam organisasi, berbagai teori dalam memotivasi dan meningkatkan efektivitas organisasi, fungsi, dan peranan organisasi serta strategi dan taktik dalam mengendalikan organisasi dan personil pendidikan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Program Studi:

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9).
  2. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin (KU.4).
  3. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas (KU.6).
  4. Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan (KK.2.c).
  5. Mampu memberikan layanan konsultasi manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah dalam bidang manajemen pendidikan (KK.5.b).
  6. Mengembangkan teori, konsep, dan prinsip perilaku organisasi untuk melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan (PP.2.c).

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :

  1. Mampu mengelola, mengembangkan, dan memelihara jaringan kerja pada satuan pendidikan formal dan non formal pada berbagai jenjang pendidikan.
  2. Mampu mengidentifikasi masalah-masalah strategis yang menjadi obyek penelitian, memposisikan ke dalam peta penelitian, dan melaksanakan penelitian manajemen pendidikan dengan pendekatan multi disipliner pada  lingkup nasional dan internasional
  3. Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pendidikan dengan menerapkan keahlian bidang manajemen pendidikan pada satuan pendidikan formal maupun non formal

 

References

  1. Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2013. Educational Administration. Penerjemah; Daryatno & Rianayati K.P. 2014. Adminstrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik. Yogyakarta:

 Pustaka Pelajar.

  1. Lunenberg, F.C. & Ornstein, A.C. 201 Educational Administration (6th ed.). New York: Cengage Learning.
  2. Owens, R.G. 1995. Organizational Behavior in Education (5th ed.). Boston: Allyn and Bacon.
  3. Robbins, S.P. 198 Essentials of Organizational Behavior. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, Inc.
  4. ----------. 2006. Organizational Behavior. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, Inc.
  5. Robbins, S.P. & Judge, T.A. 2011. Organizational Behavior (14th). Harlow, England: Pearson Education Ltd.
  6. Yukl, G. 2006. Leadership in Organization (6th ed.). Upper Saddle River, N.J.: Prentice Hall.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini melakukan kajian tentang keefektifan pola perilaku organisasi dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan   pendidikan. Penekanan diberikan pada pengkajian perilaku dan nilai dasar serta moralitas individu dan kelompok dalam organisasi, berbagai teori dalam memotivasi dan meningkatkan efektivitas organisasi, fungsi, dan peranan organisasi serta strategi dan taktik dalam mengendalikan organisasi dan personil pendidikan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Program Studi:

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9).
  2. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin (KU.4).
  3. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas (KU.6).
  4. Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan (KK.2.c).
  5. Mampu memberikan layanan konsultasi manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah dalam bidang manajemen pendidikan (KK.5.b).
  6. Mengembangkan teori, konsep, dan prinsip perilaku organisasi untuk melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan (PP.2.c).

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :

  1. Mampu mengelola, mengembangkan, dan memelihara jaringan kerja pada satuan pendidikan formal dan non formal pada berbagai jenjang pendidikan.
  2. Mampu mengidentifikasi masalah-masalah strategis yang menjadi obyek penelitian, memposisikan ke dalam peta penelitian, dan melaksanakan penelitian manajemen pendidikan dengan pendekatan multi disipliner pada  lingkup nasional dan internasional
  3. Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pendidikan dengan menerapkan keahlian bidang manajemen pendidikan pada satuan pendidikan formal maupun non formal

 

References

  1. Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2013. Educational Administration. Penerjemah; Daryatno & Rianayati K.P. 2014. Adminstrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik. Yogyakarta:

 Pustaka Pelajar.

  1. Lunenberg, F.C. & Ornstein, A.C. 201 Educational Administration (6th ed.). New York: Cengage Learning.
  2. Owens, R.G. 1995. Organizational Behavior in Education (5th ed.). Boston: Allyn and Bacon.
  3. Robbins, S.P. 198 Essentials of Organizational Behavior. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, Inc.
  4. ----------. 2006. Organizational Behavior. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, Inc.
  5. Robbins, S.P. & Judge, T.A. 2011. Organizational Behavior (14th). Harlow, England: Pearson Education Ltd.
  6. Yukl, G. 2006. Leadership in Organization (6th ed.). Upper Saddle River, N.J.: Prentice Hall.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini melakukan kajian tentang keefektifan pola perilaku organisasi dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan   pendidikan. Penekanan diberikan pada pengkajian perilaku dan nilai dasar serta moralitas individu dan kelompok dalam organisasi, berbagai teori dalam memotivasi dan meningkatkan efektivitas organisasi, fungsi, dan peranan organisasi serta strategi dan taktik dalam mengendalikan organisasi dan personil pendidikan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Program Studi:

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9).
  2. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin (KU.4).
  3. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas (KU.6).
  4. Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan (KK.2.c).
  5. Mampu memberikan layanan konsultasi manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah dalam bidang manajemen pendidikan (KK.5.b).
  6. Mengembangkan teori, konsep, dan prinsip perilaku organisasi untuk melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan (PP.2.c).

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :

  1. Mampu mengelola, mengembangkan, dan memelihara jaringan kerja pada satuan pendidikan formal dan non formal pada berbagai jenjang pendidikan.
  2. Mampu mengidentifikasi masalah-masalah strategis yang menjadi obyek penelitian, memposisikan ke dalam peta penelitian, dan melaksanakan penelitian manajemen pendidikan dengan pendekatan multi disipliner pada  lingkup nasional dan internasional
  3. Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pendidikan dengan menerapkan keahlian bidang manajemen pendidikan pada satuan pendidikan formal maupun non formal

 

References

  1. Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2013. Educational Administration. Penerjemah; Daryatno & Rianayati K.P. 2014. Adminstrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik. Yogyakarta:

 Pustaka Pelajar.

  1. Lunenberg, F.C. & Ornstein, A.C. 201 Educational Administration (6th ed.). New York: Cengage Learning.
  2. Owens, R.G. 1995. Organizational Behavior in Education (5th ed.). Boston: Allyn and Bacon.
  3. Robbins, S.P. 198 Essentials of Organizational Behavior. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, Inc.
  4. ----------. 2006. Organizational Behavior. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, Inc.
  5. Robbins, S.P. & Judge, T.A. 2011. Organizational Behavior (14th). Harlow, England: Pearson Education Ltd.
  6. Yukl, G. 2006. Leadership in Organization (6th ed.). Upper Saddle River, N.J.: Prentice Hall.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini melakukan kajian tentang keefektifan pola perilaku organisasi dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan   pendidikan. Penekanan diberikan pada pengkajian perilaku dan nilai dasar serta moralitas individu dan kelompok dalam organisasi, berbagai teori dalam memotivasi dan meningkatkan efektivitas organisasi, fungsi, dan peranan organisasi serta strategi dan taktik dalam mengendalikan organisasi dan personil pendidikan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Program Studi:

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9).
  2. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin (KU.4).
  3. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas (KU.6).
  4. Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan (KK.2.c).
  5. Mampu memberikan layanan konsultasi manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah dalam bidang manajemen pendidikan (KK.5.b).
  6. Mengembangkan teori, konsep, dan prinsip perilaku organisasi untuk melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan (PP.2.c).

 

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :

  1. Mampu mengelola, mengembangkan, dan memelihara jaringan kerja pada satuan pendidikan formal dan non formal pada berbagai jenjang pendidikan.
  2. Mampu mengidentifikasi masalah-masalah strategis yang menjadi obyek penelitian, memposisikan ke dalam peta penelitian, dan melaksanakan penelitian manajemen pendidikan dengan pendekatan multi disipliner pada  lingkup nasional dan internasional
  3. Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pendidikan dengan menerapkan keahlian bidang manajemen pendidikan pada satuan pendidikan formal maupun non formal

 

References

  1. Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2013. Educational Administration. Penerjemah; Daryatno & Rianayati K.P. 2014. Adminstrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik. Yogyakarta:

 Pustaka Pelajar.

  1. Lunenberg, F.C. & Ornstein, A.C. 201 Educational Administration (6th ed.). New York: Cengage Learning.
  2. Owens, R.G. 1995. Organizational Behavior in Education (5th ed.). Boston: Allyn and Bacon.
  3. Robbins, S.P. 198 Essentials of Organizational Behavior. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, Inc.
  4. ----------. 2006. Organizational Behavior. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, Inc.
  5. Robbins, S.P. & Judge, T.A. 2011. Organizational Behavior (14th). Harlow, England: Pearson Education Ltd.
  6. Yukl, G. 2006. Leadership in Organization (6th ed.). Upper Saddle River, N.J.: Prentice Hall.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini melakukan kajian tentang keefektifan pola perilaku organisasi dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan   pendidikan. Penekanan diberikan pada pengkajian perilaku dan nilai dasar serta moralitas individu dan kelompok dalam organisasi, berbagai teori dalam memotivasi dan meningkatkan efektivitas organisasi, fungsi, dan peranan organisasi serta strategi dan taktik dalam mengendalikan organisasi dan personil pendidikan.

Learning Outcomes

  1. Mampu mengelola, mengembangkan, dan memelihara jaringan kerja pada satuan pendidikan formal dan non formal pada berbagai jenjang pendidikan.
  2. Mampu mengidentifikasi masalah-masalah strategis yang menjadi obyek penelitian, memposisikan ke dalam peta penelitian, dan melaksanakan penelitian manajemen pendidikan dengan pendekatan multi disipliner pada  lingkup nasional dan internasional
  3. Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pendidikan dengan menerapkan keahlian bidang manajemen pendidikan pada satuan pendidikan formal maupun non formal

References

  1. Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2013. Administrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik. Penerjemah; Daryatno & Rianayati K.P. 2014. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Owens, R.G. 1995. Organizational Behavior in Education (5th ed.). Boston: Allyn and Bacon.
  3. Robbins, S.P. 2003. Perilaku Organisasi. Alih Bahasa: Benyamin Molan. 2006. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
  4. ----------. 2006. Organizational Behavior. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, Inc.
  5. Robbins, S.P. & Judge, T.A. 2011. Organizational Behavior (14th). Harlow, England: Pearson Education Ltd.
  6. Yukl, G. 2006. Leadership in Organization (6th ed.). Upper Saddle River, N.J.: Prentice Hall.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini melakukan kajian tentang keefektifan pola perilaku organisasi dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan   pendidikan. Penekanan diberikan pada pengkajian perilaku dan nilai dasar serta moralitas individu dan kelompok dalam organisasi, berbagai teori dalam memotivasi dan meningkatkan efektivitas organisasi, fungsi, dan peranan organisasi serta strategi dan taktik dalam mengendalikan organisasi dan personil pendidikan.

Learning Outcomes

  1. Mampu mengelola, mengembangkan, dan memelihara jaringan kerja pada satuan pendidikan formal dan non formal pada berbagai jenjang pendidikan.
  2. Mampu mengidentifikasi masalah-masalah strategis yang menjadi obyek penelitian, memposisikan ke dalam peta penelitian, dan melaksanakan penelitian manajemen pendidikan dengan pendekatan multi disipliner pada  lingkup nasional dan internasional
  3. Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pendidikan dengan menerapkan keahlian bidang manajemen pendidikan pada satuan pendidikan formal maupun non formal

References

  1. Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2013. Administrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik. Penerjemah; Daryatno & Rianayati K.P. 2014. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Owens, R.G. 1995. Organizational Behavior in Education (5th ed.). Boston: Allyn and Bacon.
  3. Robbins, S.P. 2003. Perilaku Organisasi. Alih Bahasa: Benyamin Molan. 2006. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
  4. ----------. 2006. Organizational Behavior. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, Inc.
  5. Robbins, S.P. & Judge, T.A. 2011. Organizational Behavior (14th). Harlow, England: Pearson Education Ltd.
  6. Yukl, G. 2006. Leadership in Organization (6th ed.). Upper Saddle River, N.J.: Prentice Hall.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini melakukan kajian tentang keefektifan pola perilaku organisasi dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan   pendidikan. Penekanan diberikan pada pengkajian perilaku dan nilai dasar serta moralitas individu dan kelompok dalam organisasi, berbagai teori dalam memotivasi dan meningkatkan efektivitas organisasi, fungsi, dan peranan organisasi serta strategi dan taktik dalam mengendalikan organisasi dan personil pendidikan.

Learning Outcomes

  1. Mampu mengelola, mengembangkan, dan memelihara jaringan kerja pada satuan pendidikan formal dan non formal pada berbagai jenjang pendidikan.
  2. Mampu mengidentifikasi masalah-masalah strategis yang menjadi obyek penelitian, memposisikan ke dalam peta penelitian, dan melaksanakan penelitian manajemen pendidikan dengan pendekatan multi disipliner pada  lingkup nasional dan internasional
  3. Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pendidikan dengan menerapkan keahlian bidang manajemen pendidikan pada satuan pendidikan formal maupun non formal

References

  1. Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2013. Administrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik. Penerjemah; Daryatno & Rianayati K.P. 2014. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Owens, R.G. 1995. Organizational Behavior in Education (5th ed.). Boston: Allyn and Bacon.
  3. Robbins, S.P. 2003. Perilaku Organisasi. Alih Bahasa: Benyamin Molan. 2006. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
  4. ----------. 2006. Organizational Behavior. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, Inc.
  5. Robbins, S.P. & Judge, T.A. 2011. Organizational Behavior (14th). Harlow, England: Pearson Education Ltd.
  6. Yukl, G. 2006. Leadership in Organization (6th ed.). Upper Saddle River, N.J.: Prentice Hall.


Details ...