Courser in English | LEADERSHIP AND BEHAVIOR OF EDUCATIONAL ORGANISATION |
Program | Manajemen Pendidikan |
SKS | 3 SKS |
RPS | 33 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Dosen : 1. Dr. Ngurah Ayu Nyoman M M.Pd
Mata kuliah ini melakukan kajian tentang keefektifan pola perilaku organisasi dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan pendidikan. Penekanan diberikan pada pengkajian perilaku dan nilai dasar serta moralitas individu dan kelompok dalam organisasi, berbagai teori dalam memotivasi dan meningkatkan efektivitas organisasi, fungsi, dan peranan organisasi serta strategi dan taktik dalam mengendalikan organisasi dan personil pendidikan, serta kepemimpinan pendidikan.
Learning OutcomesCapaian Pembelajaran Program Studi:
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin; Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas; Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan; Mampu memberikan layanan konsultasi manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah dalam bidang manajemen pendidikan; Mengembangkan teori, konsep, dan prinsip perilaku organisasi untuk melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :
Mampu menguasai sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terkait Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi sebagai upaya mengimplementasikannya dalam pengelolaan, pengembnagan dan pemeliharaan jaringan kerja pada satuan pendidikan formal dan non formal ; Mampu mengidentifikasi masalah-masalah strategis dan mampu menyelesaikannya dalam penelitian dengan pendekatan multi disipliner pada lingkup nasional dan internasional.
Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2013. Educational Administration. Penerjemah; Daryatno & Rianayati K.P. 2014. Adminstrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Lunenberg, F.C. & Ornstein, A.C. 201 Educational Administration (6th ed.). New York: Cengage Learning.
Owens, R.G. 1995. Organizational Behavior in Education (5th ed.). Boston: Allyn and Bacon. Robbins, S.P. 198 Essentials of Organizational Behavior. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, Inc. ----------. 2006. Organizational Behavior. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, Inc. Robbins, S.P. & Judge, T.A. 2011. Organizational Behavior (14th). Harlow, England: Pearson Education Ltd. Yukl, G. 2006. Leadership in Organization (6th ed.). Upper Saddle River, N.J.: Prentice Hall.
Details ...
Mata kuliah ini melakukan kajian tentang keefektifan pola perilaku organisasi dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan pendidikan. Penekanan diberikan pada pengkajian perilaku dan nilai dasar serta moralitas individu dan kelompok dalam organisasi, berbagai teori dalam memotivasi dan meningkatkan efektivitas organisasi, fungsi, dan peranan organisasi serta strategi dan taktik dalam mengendalikan organisasi dan personil pendidikan, serta kepemimpinan pendidikan.
Learning OutcomesCPMK1: Menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik; mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif; menganalisis hasil sintesis teori, nilai dan hasil riset yang mendukung dalam suatu skema penelitian pada pembelajaran manajemen pendidikan yang menyeluruh, bertanggungjawab, memperhatikan religi dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui berbagai media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
CPMK2: Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin yang bertanggungjawab dan mandiri sesuai bidang keahlian dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas pembelajaran sesuai bidang keahlian.
CPMK3: Menyusun dan mempresentasikan rancangan karya ilmiah dalam bidang kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan khususnya topik Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi pendidikan dengan semangat kejuangan , dan kewirausahaan.
References-
Details ...
Mata kuliah ini melakukan kajian tentang keefektifan pola perilaku organisasi dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan pendidikan. Penekanan diberikan pada pengkajian perilaku dan nilai dasar serta moralitas individu dan kelompok dalam organisasi, berbagai teori dalam memotivasi dan meningkatkan efektivitas organisasi, fungsi, dan peranan organisasi serta strategi dan taktik dalam mengendalikan organisasi dan personil pendidikan, serta kepemimpinan pendidikan.
Learning OutcomesCPMK1: Menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik; mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif; menganalisis hasil sintesis teori, nilai dan hasil riset yang mendukung dalam suatu skema penelitian pada pembelajaran manajemen pendidikan yang menyeluruh, bertanggungjawab, memperhatikan religi dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui berbagai media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
CPMK2: Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin yang bertanggungjawab dan mandiri sesuai bidang keahlian dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas pembelajaran sesuai bidang keahlian.
CPMK3: Menyusun dan mempresentasikan rancangan karya ilmiah dalam bidang kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan khususnya topik Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi pendidikan dengan semangat kejuangan , dan kewirausahaan.
References-
Details ...
Mata kuliah ini melakukan kajian tentang keefektifan pola perilaku organisasi dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan pendidikan. Penekanan diberikan pada pengkajian perilaku dan nilai dasar serta moralitas individu dan kelompok dalam organisasi, berbagai teori dalam memotivasi dan meningkatkan efektivitas organisasi, fungsi, dan peranan organisasi serta strategi dan taktik dalam mengendalikan organisasi dan personil pendidikan, serta kepemimpinan pendidikan.
Learning OutcomesCPMK1: Menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik; mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif; menganalisis hasil sintesis teori, nilai dan hasil riset yang mendukung dalam suatu skema penelitian pada pembelajaran manajemen pendidikan yang menyeluruh, bertanggungjawab, memperhatikan religi dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui berbagai media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
CPMK2: Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin yang bertanggungjawab dan mandiri sesuai bidang keahlian dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas pembelajaran sesuai bidang keahlian.
CPMK3: Menyusun dan mempresentasikan rancangan karya ilmiah dalam bidang kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan khususnya topik Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi pendidikan dengan semangat kejuangan , dan kewirausahaan.
References-
Details ...
Mata kuliah ini melakukan kajian tentang keefektifan pola perilaku organisasi dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan pendidikan. Penekanan diberikan pada pengkajian perilaku dan nilai dasar serta moralitas individu dan kelompok dalam organisasi, berbagai teori dalam memotivasi dan meningkatkan efektivitas organisasi, fungsi, dan peranan organisasi serta strategi dan taktik dalam mengendalikan organisasi dan personil pendidikan, serta kepemimpinan pendidikan.
Learning OutcomesCPMK1: Menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik; mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif; menganalisis hasil sintesis teori, nilai dan hasil riset yang mendukung dalam suatu skema penelitian pada pembelajaran manajemen pendidikan yang menyeluruh, bertanggungjawab, memperhatikan religi dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui berbagai media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
CPMK2: Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin yang bertanggungjawab dan mandiri sesuai bidang keahlian dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas pembelajaran sesuai bidang keahlian.
CPMK3: Menyusun dan mempresentasikan rancangan karya ilmiah dalam bidang kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan khususnya topik Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi pendidikan dengan semangat kejuangan , dan kewirausahaan.
References-
Details ...
Mata kuliah ini melakukan kajian tentang keefektifan pola perilaku organisasi dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan pendidikan. Penekanan diberikan pada pengkajian perilaku dan nilai dasar serta moralitas individu dan kelompok dalam organisasi, berbagai teori dalam memotivasi dan meningkatkan efektivitas organisasi, fungsi, dan peranan organisasi serta strategi dan taktik dalam mengendalikan organisasi dan personil pendidikan, serta kepemimpinan pendidikan.
Learning OutcomesCPMK1: Menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik; mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif; menganalisis hasil sintesis teori, nilai dan hasil riset yang mendukung dalam suatu skema penelitian pada pembelajaran manajemen pendidikan yang menyeluruh, bertanggungjawab, memperhatikan religi dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui berbagai media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
CPMK2: Memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui pendekatan interdisiplin dan atau multidisiplin yang bertanggungjawab dan mandiri sesuai bidang keahlian dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas pembelajaran sesuai bidang keahlian.
CPMK3: Menyusun dan mempresentasikan rancangan karya ilmiah dalam bidang kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan khususnya topik Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi pendidikan dengan semangat kejuangan , dan kewirausahaan.
References-
Details ...
Mata kuliah ini melakukan kajian tentang keefektifan pola perilaku organisasi dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan pendidikan. Penekanan diberikan pada pengkajian perilaku dan nilai dasar serta moralitas individu dan kelompok dalam organisasi, berbagai teori dalam memotivasi dan meningkatkan efektivitas organisasi, fungsi, dan peranan organisasi serta strategi dan taktik dalam mengendalikan organisasi dan personil pendidikan.
Learning Outcomes
CPMK1: Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi Pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional
CPMK2: Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika.
CPMK3: Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan.
CPMK4: Melaksanakan penelitian yang berkualitas dalam bidang kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan;
ReferencesHoy, W.K. & Miskel, C.G. 2013. Educational Administration. Penerjemah;
Daryatno & Rianayati K.P. 2014. Adminstrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik. Yogyakarta:
Lunenberg, F.C. & Ornstein, A.C. 201 Educational Administration (6th ed.). New York: Cengage Learning.
Owens, R.G. 1995. Organizational Behavior in Education (5th ed.). Boston: Allyn and Bacon.
Robbins, S.P. 198 Essentials of Organizational Behavior. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, Inc.
----------. 2006. Organizational Behavior. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, Inc.
Robbins, S.P. & Judge, T.A. 2011. Organizational Behavior (14th). Harlow, England: Pearson Education Ltd.
Yukl, G. 2006. Leadership in Organization (6th ed.). Upper Saddle River, N.J.: Prentice Hall.
Details ...
Mata kuliah ini melakukan kajian tentang keefektifan pola perilaku organisasi dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan pendidikan. Penekanan diberikan pada pengkajian perilaku dan nilai dasar serta moralitas individu dan kelompok dalam organisasi, berbagai teori dalam memotivasi dan meningkatkan efektivitas organisasi, fungsi, dan peranan organisasi serta strategi dan taktik dalam mengendalikan organisasi dan personil pendidikan.
Learning Outcomes
CPMK1: Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi Pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional
CPMK2: Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika.
CPMK3: Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan.
CPMK4: Melaksanakan penelitian yang berkualitas dalam bidang kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan;
ReferencesHoy, W.K. & Miskel, C.G. 2013. Educational Administration. Penerjemah;
Daryatno & Rianayati K.P. 2014. Adminstrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik. Yogyakarta:
Lunenberg, F.C. & Ornstein, A.C. 201 Educational Administration (6th ed.). New York: Cengage Learning.
Owens, R.G. 1995. Organizational Behavior in Education (5th ed.). Boston: Allyn and Bacon.
Robbins, S.P. 198 Essentials of Organizational Behavior. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, Inc.
----------. 2006. Organizational Behavior. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, Inc.
Robbins, S.P. & Judge, T.A. 2011. Organizational Behavior (14th). Harlow, England: Pearson Education Ltd.
Yukl, G. 2006. Leadership in Organization (6th ed.). Upper Saddle River, N.J.: Prentice Hall.
Details ...
Mata kuliah ini melakukan kajian tentang keefektifan pola perilaku organisasi dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan pendidikan. Penekanan diberikan pada pengkajian perilaku dan nilai dasar serta moralitas individu dan kelompok dalam organisasi, berbagai teori dalam memotivasi dan meningkatkan efektivitas organisasi, fungsi, dan peranan organisasi serta strategi dan taktik dalam mengendalikan organisasi dan personil pendidikan.
Learning Outcomes
CPMK1: Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi Pendidikan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual sistem pendidikan nasional
CPMK2: Mengembangkan pengetahuan konseptual dan praktis tentang model, strategi, dan atau metode yang inovatif dan unggul dalam kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik yang relevan dengan menjunjung tinggi agama, moral, dan etika.
CPMK3: Memetakan dan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, heutagogik, paragogik, dan cybergogik) pada kepemimpinan pendidikan, dan atau perencananaan dan pengembangan pendidikan serta merancang model tersebut pada berbagai jenis dan jenjang satuan pendidikan sebagai bentuk kontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan.
CPMK4: Melaksanakan penelitian yang berkualitas dalam bidang kepemimpinan pendidikan, perencanaan dan pengembangan pendidikan;
ReferencesHoy, W.K. & Miskel, C.G. 2013. Educational Administration. Penerjemah;
Daryatno & Rianayati K.P. 2014. Adminstrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik. Yogyakarta:
Lunenberg, F.C. & Ornstein, A.C. 201 Educational Administration (6th ed.). New York: Cengage Learning.
Owens, R.G. 1995. Organizational Behavior in Education (5th ed.). Boston: Allyn and Bacon.
Robbins, S.P. 198 Essentials of Organizational Behavior. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, Inc.
----------. 2006. Organizational Behavior. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, Inc.
Robbins, S.P. & Judge, T.A. 2011. Organizational Behavior (14th). Harlow, England: Pearson Education Ltd.
Yukl, G. 2006. Leadership in Organization (6th ed.). Upper Saddle River, N.J.: Prentice Hall.
Details ...
Mata kuliah ini melakukan kajian tentang keefektifan pola perilaku organisasi dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan pendidikan. Penekanan diberikan pada pengkajian perilaku dan nilai dasar serta moralitas individu dan kelompok dalam organisasi, berbagai teori dalam memotivasi dan meningkatkan efektivitas organisasi, fungsi, dan peranan organisasi serta strategi dan taktik dalam mengendalikan organisasi dan personil pendidikan, serta kepemimpinan
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Program Studi:
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9).
- Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin (KU.4).
- Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas (KU.6).
- Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan (KK.2.c).
- Mampu memberikan layanan konsultasi manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah dalam bidang manajemen pendidikan (KK.5.b).
- Mengembangkan teori, konsep, dan prinsip perilaku organisasi untuk melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan (PP.2.c).
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :
- Mampu mengelola, mengembangkan, dan memelihara jaringan kerja pada satuan pendidikan formal dan non formal pada berbagai jenjang pendidikan.
- Mampu mengidentifikasi masalah-masalah strategis yang menjadi obyek penelitian, memposisikan ke dalam peta penelitian, dan melaksanakan penelitian manajemen pendidikan dengan pendekatan multi disipliner pada lingkup nasional dan internasional
- Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pendidikan dengan menerapkan keahlian bidang manajemen pendidikan pada satuan pendidikan formal maupun non formal
References
- Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2013. Educational Administration. Penerjemah; Daryatno & Rianayati K.P. 2014. Adminstrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Lunenberg, F.C. & Ornstein, A.C. 201 Educational Administration (6th ed.). New York: Cengage Learning.
- Owens, R.G. 1995. Organizational Behavior in Education (5th ed.). Boston: Allyn and Bacon.
- Robbins, S.P. 198 Essentials of Organizational Behavior. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, Inc.
- ----------. 2006. Organizational Behavior. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, Inc.
- Robbins, S.P. & Judge, T.A. 2011. Organizational Behavior (14th). Harlow, England: Pearson Education Ltd.
- Yukl, G. 2006. Leadership in Organization (6th ed.). Upper Saddle River, N.J.: Prentice Hall.
Details ...
Mata kuliah ini melakukan kajian tentang keefektifan pola perilaku organisasi dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan pendidikan. Penekanan diberikan pada pengkajian perilaku dan nilai dasar serta moralitas individu dan kelompok dalam organisasi, berbagai teori dalam memotivasi dan meningkatkan efektivitas organisasi, fungsi, dan peranan organisasi serta strategi dan taktik dalam mengendalikan organisasi dan personil pendidikan, serta kepemimpinan
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Program Studi:
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9).
- Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin (KU.4).
- Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas (KU.6).
- Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan (KK.2.c).
- Mampu memberikan layanan konsultasi manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah dalam bidang manajemen pendidikan (KK.5.b).
- Mengembangkan teori, konsep, dan prinsip perilaku organisasi untuk melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan (PP.2.c).
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :
- Mampu mengelola, mengembangkan, dan memelihara jaringan kerja pada satuan pendidikan formal dan non formal pada berbagai jenjang pendidikan.
- Mampu mengidentifikasi masalah-masalah strategis yang menjadi obyek penelitian, memposisikan ke dalam peta penelitian, dan melaksanakan penelitian manajemen pendidikan dengan pendekatan multi disipliner pada lingkup nasional dan internasional
- Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pendidikan dengan menerapkan keahlian bidang manajemen pendidikan pada satuan pendidikan formal maupun non formal
References
- Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2013. Educational Administration. Penerjemah; Daryatno & Rianayati K.P. 2014. Adminstrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Lunenberg, F.C. & Ornstein, A.C. 201 Educational Administration (6th ed.). New York: Cengage Learning.
- Owens, R.G. 1995. Organizational Behavior in Education (5th ed.). Boston: Allyn and Bacon.
- Robbins, S.P. 198 Essentials of Organizational Behavior. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, Inc.
- ----------. 2006. Organizational Behavior. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, Inc.
- Robbins, S.P. & Judge, T.A. 2011. Organizational Behavior (14th). Harlow, England: Pearson Education Ltd.
- Yukl, G. 2006. Leadership in Organization (6th ed.). Upper Saddle River, N.J.: Prentice Hall.
Details ...
Mata kuliah ini melakukan kajian tentang keefektifan pola perilaku organisasi dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan pendidikan. Penekanan diberikan pada pengkajian perilaku dan nilai dasar serta moralitas individu dan kelompok dalam organisasi, berbagai teori dalam memotivasi dan meningkatkan efektivitas organisasi, fungsi, dan peranan organisasi serta strategi dan taktik dalam mengendalikan organisasi dan personil pendidikan, serta kepemimpinan
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran Program Studi:
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9).
- Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin (KU.4).
- Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas (KU.6).
- Mampu melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan dalam rangka memecahkan masalah di satuan pendidikan (KK.2.c).
- Mampu memberikan layanan konsultasi manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah dalam bidang manajemen pendidikan (KK.5.b).
- Mengembangkan teori, konsep, dan prinsip perilaku organisasi untuk melaksanakan program dan kegiatan yang sudah direncanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan dan strategi secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pendidikan (PP.2.c).
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :
- Mampu mengelola, mengembangkan, dan memelihara jaringan kerja pada satuan pendidikan formal dan non formal pada berbagai jenjang pendidikan.
- Mampu mengidentifikasi masalah-masalah strategis yang menjadi obyek penelitian, memposisikan ke dalam peta penelitian, dan melaksanakan penelitian manajemen pendidikan dengan pendekatan multi disipliner pada lingkup nasional dan internasional
- Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pendidikan dengan menerapkan keahlian bidang manajemen pendidikan pada satuan pendidikan formal maupun non formal
References
- Hoy, W.K. & Miskel, C.G. 2013. Educational Administration. Penerjemah; Daryatno & Rianayati K.P. 2014. Adminstrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Lunenberg, F.C. & Ornstein, A.C. 201 Educational Administration (6th ed.). New York: Cengage Learning.
- Owens, R.G. 1995. Organizational Behavior in Education (5th ed.). Boston: Allyn and Bacon.
- Robbins, S.P. 198 Essentials of Organizational Behavior. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, Inc.
- ----------. 2006. Organizational Behavior. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, Inc.
- Robbins, S.P. & Judge, T.A. 2011. Organizational Behavior (14th). Harlow, England: Pearson Education Ltd.
- Yukl, G. 2006. Leadership in Organization (6th ed.). Upper Saddle River, N.J.: Prentice Hall.
Details ...