Courser in English | GLOBAL PERSPECTIVE |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 48 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah Perspektif Global bertujuan memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang cara pandang dan cara berpikir terhadap masalah, kejadian atau kegiatan dari sudut kepentingan global (internasional) yang berkaitan dengan isu-isu dan masalah global dalam kepentingan nasional
Learning OutcomesSetelah Menyelesaikan Mata Kuliah Perspektif Global :
1. Mahasiswa mampu memahami hakikat dan konsep perspektif global
2. Mahasiswa memahami Dimensi, Manfaat, Tujuan, dan Masalah Perspektif Global
3. Mahaiswa Mampu Menjelaskan Perspektif Global Dilihat Dari Sudut Ilmu-Ilmu Sosial Dan Ilmu Lain Yang Terkait
4. Mahaiswa Mampu Menganalisis Isu-Isu Masalah Global Dalam Kaitanya Dengan Kepentingan Nasional
5. Mahaiswa Mampu Menganalisis Isu-Isu Masalah Global Dalam Kaitannya DenganPembelajaran IPS SD
References
- Astrid S. Susanto, Sunario. (1993). Globalisasi dan Komunikasi. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
- Firor, John (Otto Soemarwoto). (1990). Perubahan Atmosfer (Sebuah Tantangan Global). Jakarta: Penerbit Rosda Jayaputra.
- Garcia, RL. (1991). Teaching In A Pluralistic Society; Concepts, Models, Strategies. Harper Collins Publisher
- Ikatan Alumni IKIP Bandung. (1989). Mimbar Pendidikan Nomor IV Tahun IX: Dampak Globalisasi terhadap Pendidikan. Bandung: University Press IKIP Bandung.
- Makagiansar, M., Sudarmono P., Hamijoyo, S. (1989). Mimbar Pendidikan: Dampak Globalisasi. Jurnal Pendidikan No. 4 Tahun IX Desember 1990. Bandung: University Press IKlP Bandung: Bandung.
- Merryfield M.M, Jarchow E., Pichert S, (1997). Preparing Teacher to Teach Global Perspectives. A Handbook For Teacher Educator. California: Corwin Press Inc.
- Naisbit, J. (Drs. Budiyanto, Ed.). (1994). Global Paradox. Jakarta: Binarupa Aksara.
- Steiner, M. (Ed). (1996). Developing The Global Teacher: Theory and Practice in Initial Teacher Education. England: Trentham Books Limited.
- Susanto AB. (1997). Visi Global Para Pemimpin: Sinkretisme Peradaban. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
- Schultze, QJ. (Wahyuni, Terj.). (1991). Menangkan Anak-anak dari Pengaruh Media. Indonesia: Metanoia.
- Yaya, M (Ed.) (1998). Visi Global; Antisipasi Indonesia memasuki Abad ke21. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Details ...
Mata Kuliah Perspektif Global bertujuan memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang cara pandang dan cara berpikir terhadap masalah, kejadian atau kegiatan dari sudut kepentingan global (internasional) yang berkaitan dengan isu-isu dan masalah global dalam kepentingan nasional
Learning OutcomesSetelah Menyelesaikan Mata Kuliah Perspektif Global :
1. Mahasiswa mampu memahami hakikat dan konsep perspektif global
2. Mahasiswa memahami Dimensi, Manfaat, Tujuan, dan Masalah Perspektif Global
3. Mahaiswa Mampu Menjelaskan Perspektif Global Dilihat Dari Sudut Ilmu-Ilmu Sosial Dan Ilmu Lain Yang Terkait
4. Mahaiswa Mampu Menganalisis Isu-Isu Masalah Global Dalam Kaitanya Dengan Kepentingan Nasional
5. Mahaiswa Mampu Menganalisis Isu-Isu Masalah Global Dalam Kaitannya DenganPembelajaran IPS SD
References
- Astrid S. Susanto, Sunario. (1993). Globalisasi dan Komunikasi. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
- Firor, John (Otto Soemarwoto). (1990). Perubahan Atmosfer (Sebuah Tantangan Global). Jakarta: Penerbit Rosda Jayaputra.
- Garcia, RL. (1991). Teaching In A Pluralistic Society; Concepts, Models, Strategies. Harper Collins Publisher
- Ikatan Alumni IKIP Bandung. (1989). Mimbar Pendidikan Nomor IV Tahun IX: Dampak Globalisasi terhadap Pendidikan. Bandung: University Press IKIP Bandung.
- Makagiansar, M., Sudarmono P., Hamijoyo, S. (1989). Mimbar Pendidikan: Dampak Globalisasi. Jurnal Pendidikan No. 4 Tahun IX Desember 1990. Bandung: University Press IKlP Bandung: Bandung.
- Merryfield M.M, Jarchow E., Pichert S, (1997). Preparing Teacher to Teach Global Perspectives. A Handbook For Teacher Educator. California: Corwin Press Inc.
- Naisbit, J. (Drs. Budiyanto, Ed.). (1994). Global Paradox. Jakarta: Binarupa Aksara.
- Steiner, M. (Ed). (1996). Developing The Global Teacher: Theory and Practice in Initial Teacher Education. England: Trentham Books Limited.
- Susanto AB. (1997). Visi Global Para Pemimpin: Sinkretisme Peradaban. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
- Schultze, QJ. (Wahyuni, Terj.). (1991). Menangkan Anak-anak dari Pengaruh Media. Indonesia: Metanoia.
- Yaya, M (Ed.) (1998). Visi Global; Antisipasi Indonesia memasuki Abad ke21. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Details ...
Mata Kuliah Perspektif Global bertujuan memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang cara pandang dan cara berpikir terhadap masalah, kejadian atau kegiatan dari sudut kepentingan global (internasional) yang berkaitan dengan isu-isu dan masalah global dalam kepentingan nasional
Learning OutcomesSetelah Menyelesaikan Mata Kuliah Perspektif Global :
1. Mahasiswa mampu memahami hakikat dan konsep perspektif global
2. Mahasiswa memahami Dimensi, Manfaat, Tujuan, dan Masalah Perspektif Global
3. Mahaiswa Mampu Menjelaskan Perspektif Global Dilihat Dari Sudut Ilmu-Ilmu Sosial Dan Ilmu Lain Yang Terkait
4. Mahaiswa Mampu Menganalisis Isu-Isu Masalah Global Dalam Kaitanya Dengan Kepentingan Nasional
5. Mahaiswa Mampu Menganalisis Isu-Isu Masalah Global Dalam Kaitannya DenganPembelajaran IPS SD
References
- Astrid S. Susanto, Sunario. (1993). Globalisasi dan Komunikasi. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
- Firor, John (Otto Soemarwoto). (1990). Perubahan Atmosfer (Sebuah Tantangan Global). Jakarta: Penerbit Rosda Jayaputra.
- Garcia, RL. (1991). Teaching In A Pluralistic Society; Concepts, Models, Strategies. Harper Collins Publisher
- Ikatan Alumni IKIP Bandung. (1989). Mimbar Pendidikan Nomor IV Tahun IX: Dampak Globalisasi terhadap Pendidikan. Bandung: University Press IKIP Bandung.
- Makagiansar, M., Sudarmono P., Hamijoyo, S. (1989). Mimbar Pendidikan: Dampak Globalisasi. Jurnal Pendidikan No. 4 Tahun IX Desember 1990. Bandung: University Press IKlP Bandung: Bandung.
- Merryfield M.M, Jarchow E., Pichert S, (1997). Preparing Teacher to Teach Global Perspectives. A Handbook For Teacher Educator. California: Corwin Press Inc.
- Naisbit, J. (Drs. Budiyanto, Ed.). (1994). Global Paradox. Jakarta: Binarupa Aksara.
- Steiner, M. (Ed). (1996). Developing The Global Teacher: Theory and Practice in Initial Teacher Education. England: Trentham Books Limited.
- Susanto AB. (1997). Visi Global Para Pemimpin: Sinkretisme Peradaban. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
- Schultze, QJ. (Wahyuni, Terj.). (1991). Menangkan Anak-anak dari Pengaruh Media. Indonesia: Metanoia.
- Yaya, M (Ed.) (1998). Visi Global; Antisipasi Indonesia memasuki Abad ke21. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Details ...
Mata Kuliah Perspektif Global bertujuan memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang cara pandang dan cara berpikir terhadap masalah, kejadian atau kegiatan dari sudut kepentingan global (internasional) yang berkaitan dengan isu-isu dan masalah global dalam kepentingan nasional
Learning OutcomesSetelah Menyelesaikan Mata Kuliah Perspektif Global :
1. Mahasiswa mampu memahami hakikat dan konsep perspektif global
2. Mahasiswa memahami Dimensi, Manfaat, Tujuan, dan Masalah Perspektif Global
3. Mahaiswa Mampu Menjelaskan Perspektif Global Dilihat Dari Sudut Ilmu-Ilmu Sosial Dan Ilmu Lain Yang Terkait
4. Mahaiswa Mampu Menganalisis Isu-Isu Masalah Global Dalam Kaitanya Dengan Kepentingan Nasional
5. Mahaiswa Mampu Menganalisis Isu-Isu Masalah Global Dalam Kaitannya DenganPembelajaran IPS SD
References
- Astrid S. Susanto, Sunario. (1993). Globalisasi dan Komunikasi. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
- Firor, John (Otto Soemarwoto). (1990). Perubahan Atmosfer (Sebuah Tantangan Global). Jakarta: Penerbit Rosda Jayaputra.
- Garcia, RL. (1991). Teaching In A Pluralistic Society; Concepts, Models, Strategies. Harper Collins Publisher
- Ikatan Alumni IKIP Bandung. (1989). Mimbar Pendidikan Nomor IV Tahun IX: Dampak Globalisasi terhadap Pendidikan. Bandung: University Press IKIP Bandung.
- Makagiansar, M., Sudarmono P., Hamijoyo, S. (1989). Mimbar Pendidikan: Dampak Globalisasi. Jurnal Pendidikan No. 4 Tahun IX Desember 1990. Bandung: University Press IKlP Bandung: Bandung.
- Merryfield M.M, Jarchow E., Pichert S, (1997). Preparing Teacher to Teach Global Perspectives. A Handbook For Teacher Educator. California: Corwin Press Inc.
- Naisbit, J. (Drs. Budiyanto, Ed.). (1994). Global Paradox. Jakarta: Binarupa Aksara.
- Steiner, M. (Ed). (1996). Developing The Global Teacher: Theory and Practice in Initial Teacher Education. England: Trentham Books Limited.
- Susanto AB. (1997). Visi Global Para Pemimpin: Sinkretisme Peradaban. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
- Schultze, QJ. (Wahyuni, Terj.). (1991). Menangkan Anak-anak dari Pengaruh Media. Indonesia: Metanoia.
- Yaya, M (Ed.) (1998). Visi Global; Antisipasi Indonesia memasuki Abad ke21. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Details ...
Mata Kuliah Perspektif Global bertujuan memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang cara pandang dan cara berpikir terhadap masalah, kejadian atau kegiatan dari sudut kepentingan global (internasional) yang berkaitan dengan isu-isu dan masalah global dalam kepentingan nasional
Learning OutcomesSetelah Menyelesaikan Mata Kuliah Perspektif Global :
1. Mahasiswa mampu memahami hakikat dan konsep perspektif global
2. Mahasiswa memahami Dimensi, Manfaat, Tujuan, dan Masalah Perspektif Global
3. Mahaiswa Mampu Menjelaskan Perspektif Global Dilihat Dari Sudut Ilmu-Ilmu Sosial Dan Ilmu Lain Yang Terkait
4. Mahaiswa Mampu Menganalisis Isu-Isu Masalah Global Dalam Kaitanya Dengan Kepentingan Nasional
5. Mahaiswa Mampu Menganalisis Isu-Isu Masalah Global Dalam Kaitannya DenganPembelajaran IPS SD
References
- Astrid S. Susanto, Sunario. (1993). Globalisasi dan Komunikasi. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
- Firor, John (Otto Soemarwoto). (1990). Perubahan Atmosfer (Sebuah Tantangan Global). Jakarta: Penerbit Rosda Jayaputra.
- Garcia, RL. (1991). Teaching In A Pluralistic Society; Concepts, Models, Strategies. Harper Collins Publisher
- Ikatan Alumni IKIP Bandung. (1989). Mimbar Pendidikan Nomor IV Tahun IX: Dampak Globalisasi terhadap Pendidikan. Bandung: University Press IKIP Bandung.
- Makagiansar, M., Sudarmono P., Hamijoyo, S. (1989). Mimbar Pendidikan: Dampak Globalisasi. Jurnal Pendidikan No. 4 Tahun IX Desember 1990. Bandung: University Press IKlP Bandung: Bandung.
- Merryfield M.M, Jarchow E., Pichert S, (1997). Preparing Teacher to Teach Global Perspectives. A Handbook For Teacher Educator. California: Corwin Press Inc.
- Naisbit, J. (Drs. Budiyanto, Ed.). (1994). Global Paradox. Jakarta: Binarupa Aksara.
- Steiner, M. (Ed). (1996). Developing The Global Teacher: Theory and Practice in Initial Teacher Education. England: Trentham Books Limited.
- Susanto AB. (1997). Visi Global Para Pemimpin: Sinkretisme Peradaban. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
- Schultze, QJ. (Wahyuni, Terj.). (1991). Menangkan Anak-anak dari Pengaruh Media. Indonesia: Metanoia.
- Yaya, M (Ed.) (1998). Visi Global; Antisipasi Indonesia memasuki Abad ke21. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar dan implementasi perspektif global dari berbagai ilmu, pengertian perspektif global, terjadinya proses globalisasi, ciri-ciri globalisasi, dampak dan peran globalisasi, dan berbagai isu global. Perspektif Global sebagai mata kuliah memberikan sebuah wacana bagi mahasiswa untuk berpikir secara global dan bertindak secara lokal tentang berbagai isu yang berkaitan dengan ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, lingkungan, agama, dan aspek kehidupan lainnya.
Learning Outcomescpmk
1 Mahasiswa dapat memahami konsep dasar dan implementasi perspektif global dari berbagai ilmu
2 Mahasiswa dapat memahami pengertian perspektif global, terjadinya proses globalisasi, ciri-ciri globalisasi, dampak dan peran globalisasi, dan berbagai isu global.
3 Mahasiswa dapat berpikir secara global dan bertindak secara lokal tentang berbagai isu yang berkaitan dengan ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, lingkungan, agama, dan aspek kehidupan lainnya
Sub cpmk
1 Mahasiswa mampu memahami Hakikat dan Konsep Dasar Perspektif Global >> 1) Makna perspektif global; 2) Manfaat memahami perspektif global; 3) Ciri-ciri globalisasi.
2 Mahasiswa mampu memahami Pentingnya Kesadaran dan Wawasan Perspektif Global >> 1) Pentingnya kesadaran dalam perspektif global; 2) Pentingnya wawasan dalam perspektif global.
3 Mahasiswa mampu memahami Keanekaragaman penduduk dunia >> 1) Ragam Ras; 2) Ragam Budaya; 3) Ragam Ekonomi; 4) Ragam Politik; 5) Ragam Agama.
4 Mahasiswa mampu memahami Interaksi global dan adanya proses saling mempengaruhi >> 1) Perspektif global dalam konteks geografi; 2) Perspektif global dalam konteks sejarah; 3) Perspektif global dalam konteks antropologi; 4) Perspektif global dalam konteks sosiologi; 5) Perspektif global dalam konteks ekonomi; 6) Perspektif global dalam konteks transportasi; 7) Perspektif global dalam konteks komunikasi; 8) Perspektif global dalam konteks kerja sama internasional.
5 Mahasiswa mampu memahami Kesenjangan antara negara maju, berkembang, dan terbelakang >> 1) Ciri negara maju, berkembang, dan terbelakang; 2) Faktor penyebab terjadinya kesenjangan; 3) Dampak adanya kesenjangan antar ketiganya.
6 Mahasiswa mampu memahami Dampak-dampak Globalisasi >> 1) Dampak positif; 2) Dampak negatif.
7 Mahasiswa mampu memahami Isu-isu Global Masa Kini >> 1) Penduduk dan keluarga berencana; 2) Pembangunan; 3) Hak asasi manusia; 4) Imigrasi, emigrasi, dan pengungsian; 5) Kepemilikan bersama secara global; 6) Lingkungan hidup dan sumber daya alam; 7) Bahan pangan; 8) Perdamaian dan keamanan; 9) Ilmu pengetahuan dan teknologi.
8 Mahasiswa mampu memahami Model pembelajaran perspektif global di sekolah dasar >> 1) Hakikat pembelajaran perspektif global; 2) Penyusunan materi pembelajaran perspektif global; 3) Proses pembelajaran perspektif global.
Daftar Literatur/Referensi
1. Astrid S. Susanto Sunario. 1993 Globalisasi dan Komunikasi. Jakarta. Pustaka Sinar Harapan.
2. Nursid Sumaatmadja. Kuswaya Wihardit. 1999. Perspektif Global. UT
3. Umi Oktyari R. (1998). Perspektif Global. Jakarta: Departemen P&K Dirjen Dikti
Literatur tambahan
1. A.M.W. Pranarka. 1996 S ~a 58SI. Pemberdayaan dan Demokratisasi. Jakarta Centre for Stratgic And International Studies. Hal 261 - 267.
2. Budi Winarno. 2004. Globalisasi Wujud Imperialisme Baru. Yogyakarta. Tajidu Press.
3. Khor, Martin. 2003. Globalisasi Perangkap Negara-negara Selatan. Yogyakarta. Cindelaras Pustaka Rakyat Cerdas.
4. Koentjaraningrat. (2003). Pengantar Antropologi I. Jakarta: Rineka Cipta.
5. Mukminan dkk. (2002). Dasar-dasar IPS. Yogyakarta: FIS UNY.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar dan implementasi perspektif global dari berbagai ilmu, pengertian perspektif global, terjadinya proses globalisasi, ciri-ciri globalisasi, dampak dan peran globalisasi, dan berbagai isu global. Perspektif Global sebagai mata kuliah memberikan sebuah wacana bagi mahasiswa untuk berpikir secara global dan bertindak secara lokal tentang berbagai isu yang berkaitan dengan ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, lingkungan, agama, dan aspek kehidupan lainnya.
Learning Outcomescpmk
1 Mahasiswa dapat memahami konsep dasar dan implementasi perspektif global dari berbagai ilmu
2 Mahasiswa dapat memahami pengertian perspektif global, terjadinya proses globalisasi, ciri-ciri globalisasi, dampak dan peran globalisasi, dan berbagai isu global.
3 Mahasiswa dapat berpikir secara global dan bertindak secara lokal tentang berbagai isu yang berkaitan dengan ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, lingkungan, agama, dan aspek kehidupan lainnya
Sub cpmk
1 Mahasiswa mampu memahami Hakikat dan Konsep Dasar Perspektif Global >> 1) Makna perspektif global; 2) Manfaat memahami perspektif global; 3) Ciri-ciri globalisasi.
2 Mahasiswa mampu memahami Pentingnya Kesadaran dan Wawasan Perspektif Global >> 1) Pentingnya kesadaran dalam perspektif global; 2) Pentingnya wawasan dalam perspektif global.
3 Mahasiswa mampu memahami Keanekaragaman penduduk dunia >> 1) Ragam Ras; 2) Ragam Budaya; 3) Ragam Ekonomi; 4) Ragam Politik; 5) Ragam Agama.
4 Mahasiswa mampu memahami Interaksi global dan adanya proses saling mempengaruhi >> 1) Perspektif global dalam konteks geografi; 2) Perspektif global dalam konteks sejarah; 3) Perspektif global dalam konteks antropologi; 4) Perspektif global dalam konteks sosiologi; 5) Perspektif global dalam konteks ekonomi; 6) Perspektif global dalam konteks transportasi; 7) Perspektif global dalam konteks komunikasi; 8) Perspektif global dalam konteks kerja sama internasional.
5 Mahasiswa mampu memahami Kesenjangan antara negara maju, berkembang, dan terbelakang >> 1) Ciri negara maju, berkembang, dan terbelakang; 2) Faktor penyebab terjadinya kesenjangan; 3) Dampak adanya kesenjangan antar ketiganya.
6 Mahasiswa mampu memahami Dampak-dampak Globalisasi >> 1) Dampak positif; 2) Dampak negatif.
7 Mahasiswa mampu memahami Isu-isu Global Masa Kini >> 1) Penduduk dan keluarga berencana; 2) Pembangunan; 3) Hak asasi manusia; 4) Imigrasi, emigrasi, dan pengungsian; 5) Kepemilikan bersama secara global; 6) Lingkungan hidup dan sumber daya alam; 7) Bahan pangan; 8) Perdamaian dan keamanan; 9) Ilmu pengetahuan dan teknologi.
8 Mahasiswa mampu memahami Model pembelajaran perspektif global di sekolah dasar >> 1) Hakikat pembelajaran perspektif global; 2) Penyusunan materi pembelajaran perspektif global; 3) Proses pembelajaran perspektif global.
Daftar Literatur/Referensi
1. Astrid S. Susanto Sunario. 1993 Globalisasi dan Komunikasi. Jakarta. Pustaka Sinar Harapan.
2. Nursid Sumaatmadja. Kuswaya Wihardit. 1999. Perspektif Global. UT
3. Umi Oktyari R. (1998). Perspektif Global. Jakarta: Departemen P&K Dirjen Dikti
Literatur tambahan
1. A.M.W. Pranarka. 1996 S ~a 58SI. Pemberdayaan dan Demokratisasi. Jakarta Centre for Stratgic And International Studies. Hal 261 - 267.
2. Budi Winarno. 2004. Globalisasi Wujud Imperialisme Baru. Yogyakarta. Tajidu Press.
3. Khor, Martin. 2003. Globalisasi Perangkap Negara-negara Selatan. Yogyakarta. Cindelaras Pustaka Rakyat Cerdas.
4. Koentjaraningrat. (2003). Pengantar Antropologi I. Jakarta: Rineka Cipta.
5. Mukminan dkk. (2002). Dasar-dasar IPS. Yogyakarta: FIS UNY.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar dan implementasi perspektif global dari berbagai ilmu, pengertian perspektif global, terjadinya proses globalisasi, ciri-ciri globalisasi, dampak dan peran globalisasi, dan berbagai isu global. Perspektif Global sebagai mata kuliah memberikan sebuah wacana bagi mahasiswa untuk berpikir secara global dan bertindak secara lokal tentang berbagai isu yang berkaitan dengan ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, lingkungan, agama, dan aspek kehidupan lainnya.
Learning Outcomescpmk
1 Mahasiswa dapat memahami konsep dasar dan implementasi perspektif global dari berbagai ilmu
2 Mahasiswa dapat memahami pengertian perspektif global, terjadinya proses globalisasi, ciri-ciri globalisasi, dampak dan peran globalisasi, dan berbagai isu global.
3 Mahasiswa dapat berpikir secara global dan bertindak secara lokal tentang berbagai isu yang berkaitan dengan ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, lingkungan, agama, dan aspek kehidupan lainnya
Sub cpmk
1 Mahasiswa mampu memahami Hakikat dan Konsep Dasar Perspektif Global >> 1) Makna perspektif global; 2) Manfaat memahami perspektif global; 3) Ciri-ciri globalisasi.
2 Mahasiswa mampu memahami Pentingnya Kesadaran dan Wawasan Perspektif Global >> 1) Pentingnya kesadaran dalam perspektif global; 2) Pentingnya wawasan dalam perspektif global.
3 Mahasiswa mampu memahami Keanekaragaman penduduk dunia >> 1) Ragam Ras; 2) Ragam Budaya; 3) Ragam Ekonomi; 4) Ragam Politik; 5) Ragam Agama.
4 Mahasiswa mampu memahami Interaksi global dan adanya proses saling mempengaruhi >> 1) Perspektif global dalam konteks geografi; 2) Perspektif global dalam konteks sejarah; 3) Perspektif global dalam konteks antropologi; 4) Perspektif global dalam konteks sosiologi; 5) Perspektif global dalam konteks ekonomi; 6) Perspektif global dalam konteks transportasi; 7) Perspektif global dalam konteks komunikasi; 8) Perspektif global dalam konteks kerja sama internasional.
5 Mahasiswa mampu memahami Kesenjangan antara negara maju, berkembang, dan terbelakang >> 1) Ciri negara maju, berkembang, dan terbelakang; 2) Faktor penyebab terjadinya kesenjangan; 3) Dampak adanya kesenjangan antar ketiganya.
6 Mahasiswa mampu memahami Dampak-dampak Globalisasi >> 1) Dampak positif; 2) Dampak negatif.
7 Mahasiswa mampu memahami Isu-isu Global Masa Kini >> 1) Penduduk dan keluarga berencana; 2) Pembangunan; 3) Hak asasi manusia; 4) Imigrasi, emigrasi, dan pengungsian; 5) Kepemilikan bersama secara global; 6) Lingkungan hidup dan sumber daya alam; 7) Bahan pangan; 8) Perdamaian dan keamanan; 9) Ilmu pengetahuan dan teknologi.
8 Mahasiswa mampu memahami Model pembelajaran perspektif global di sekolah dasar >> 1) Hakikat pembelajaran perspektif global; 2) Penyusunan materi pembelajaran perspektif global; 3) Proses pembelajaran perspektif global.
Daftar Literatur/Referensi
1. Astrid S. Susanto Sunario. 1993 Globalisasi dan Komunikasi. Jakarta. Pustaka Sinar Harapan.
2. Nursid Sumaatmadja. Kuswaya Wihardit. 1999. Perspektif Global. UT
3. Umi Oktyari R. (1998). Perspektif Global. Jakarta: Departemen P&K Dirjen Dikti
Literatur tambahan
1. A.M.W. Pranarka. 1996 S ~a 58SI. Pemberdayaan dan Demokratisasi. Jakarta Centre for Stratgic And International Studies. Hal 261 - 267.
2. Budi Winarno. 2004. Globalisasi Wujud Imperialisme Baru. Yogyakarta. Tajidu Press.
3. Khor, Martin. 2003. Globalisasi Perangkap Negara-negara Selatan. Yogyakarta. Cindelaras Pustaka Rakyat Cerdas.
4. Koentjaraningrat. (2003). Pengantar Antropologi I. Jakarta: Rineka Cipta.
5. Mukminan dkk. (2002). Dasar-dasar IPS. Yogyakarta: FIS UNY.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar dan implementasi perspektif global dari berbagai ilmu, pengertian perspektif global, terjadinya proses globalisasi, ciri-ciri globalisasi, dampak dan peran globalisasi, dan berbagai isu global. Perspektif Global sebagai mata kuliah memberikan sebuah wacana bagi mahasiswa untuk berpikir secara global dan bertindak secara lokal tentang berbagai isu yang berkaitan dengan ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, lingkungan, agama, dan aspek kehidupan lainnya.
Learning Outcomescpmk
1 Mahasiswa dapat memahami konsep dasar dan implementasi perspektif global dari berbagai ilmu
2 Mahasiswa dapat memahami pengertian perspektif global, terjadinya proses globalisasi, ciri-ciri globalisasi, dampak dan peran globalisasi, dan berbagai isu global.
3 Mahasiswa dapat berpikir secara global dan bertindak secara lokal tentang berbagai isu yang berkaitan dengan ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, lingkungan, agama, dan aspek kehidupan lainnya
Sub cpmk
1 Mahasiswa mampu memahami Hakikat dan Konsep Dasar Perspektif Global >> 1) Makna perspektif global; 2) Manfaat memahami perspektif global; 3) Ciri-ciri globalisasi.
2 Mahasiswa mampu memahami Pentingnya Kesadaran dan Wawasan Perspektif Global >> 1) Pentingnya kesadaran dalam perspektif global; 2) Pentingnya wawasan dalam perspektif global.
3 Mahasiswa mampu memahami Keanekaragaman penduduk dunia >> 1) Ragam Ras; 2) Ragam Budaya; 3) Ragam Ekonomi; 4) Ragam Politik; 5) Ragam Agama.
4 Mahasiswa mampu memahami Interaksi global dan adanya proses saling mempengaruhi >> 1) Perspektif global dalam konteks geografi; 2) Perspektif global dalam konteks sejarah; 3) Perspektif global dalam konteks antropologi; 4) Perspektif global dalam konteks sosiologi; 5) Perspektif global dalam konteks ekonomi; 6) Perspektif global dalam konteks transportasi; 7) Perspektif global dalam konteks komunikasi; 8) Perspektif global dalam konteks kerja sama internasional.
5 Mahasiswa mampu memahami Kesenjangan antara negara maju, berkembang, dan terbelakang >> 1) Ciri negara maju, berkembang, dan terbelakang; 2) Faktor penyebab terjadinya kesenjangan; 3) Dampak adanya kesenjangan antar ketiganya.
6 Mahasiswa mampu memahami Dampak-dampak Globalisasi >> 1) Dampak positif; 2) Dampak negatif.
7 Mahasiswa mampu memahami Isu-isu Global Masa Kini >> 1) Penduduk dan keluarga berencana; 2) Pembangunan; 3) Hak asasi manusia; 4) Imigrasi, emigrasi, dan pengungsian; 5) Kepemilikan bersama secara global; 6) Lingkungan hidup dan sumber daya alam; 7) Bahan pangan; 8) Perdamaian dan keamanan; 9) Ilmu pengetahuan dan teknologi.
8 Mahasiswa mampu memahami Model pembelajaran perspektif global di sekolah dasar >> 1) Hakikat pembelajaran perspektif global; 2) Penyusunan materi pembelajaran perspektif global; 3) Proses pembelajaran perspektif global.
Daftar Literatur/Referensi
1. Astrid S. Susanto Sunario. 1993 Globalisasi dan Komunikasi. Jakarta. Pustaka Sinar Harapan.
2. Nursid Sumaatmadja. Kuswaya Wihardit. 1999. Perspektif Global. UT
3. Umi Oktyari R. (1998). Perspektif Global. Jakarta: Departemen P&K Dirjen Dikti
Literatur tambahan
1. A.M.W. Pranarka. 1996 S ~a 58SI. Pemberdayaan dan Demokratisasi. Jakarta Centre for Stratgic And International Studies. Hal 261 - 267.
2. Budi Winarno. 2004. Globalisasi Wujud Imperialisme Baru. Yogyakarta. Tajidu Press.
3. Khor, Martin. 2003. Globalisasi Perangkap Negara-negara Selatan. Yogyakarta. Cindelaras Pustaka Rakyat Cerdas.
4. Koentjaraningrat. (2003). Pengantar Antropologi I. Jakarta: Rineka Cipta.
5. Mukminan dkk. (2002). Dasar-dasar IPS. Yogyakarta: FIS UNY.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar dan implementasi perspektif global dari berbagai ilmu, pengertian perspektif global, terjadinya proses globalisasi, ciri-ciri globalisasi, dampak dan peran globalisasi, dan berbagai isu global. Perspektif Global sebagai mata kuliah memberikan sebuah wacana bagi mahasiswa untuk berpikir secara global dan bertindak secara lokal tentang berbagai isu yang berkaitan dengan ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, lingkungan, agama, dan aspek kehidupan lainnya.
Learning Outcomescpmk
1 Mahasiswa dapat memahami konsep dasar dan implementasi perspektif global dari berbagai ilmu
2 Mahasiswa dapat memahami pengertian perspektif global, terjadinya proses globalisasi, ciri-ciri globalisasi, dampak dan peran globalisasi, dan berbagai isu global.
3 Mahasiswa dapat berpikir secara global dan bertindak secara lokal tentang berbagai isu yang berkaitan dengan ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, lingkungan, agama, dan aspek kehidupan lainnya
Sub cpmk
1 Mahasiswa mampu memahami Hakikat dan Konsep Dasar Perspektif Global >> 1) Makna perspektif global; 2) Manfaat memahami perspektif global; 3) Ciri-ciri globalisasi.
2 Mahasiswa mampu memahami Pentingnya Kesadaran dan Wawasan Perspektif Global >> 1) Pentingnya kesadaran dalam perspektif global; 2) Pentingnya wawasan dalam perspektif global.
3 Mahasiswa mampu memahami Keanekaragaman penduduk dunia >> 1) Ragam Ras; 2) Ragam Budaya; 3) Ragam Ekonomi; 4) Ragam Politik; 5) Ragam Agama.
4 Mahasiswa mampu memahami Interaksi global dan adanya proses saling mempengaruhi >> 1) Perspektif global dalam konteks geografi; 2) Perspektif global dalam konteks sejarah; 3) Perspektif global dalam konteks antropologi; 4) Perspektif global dalam konteks sosiologi; 5) Perspektif global dalam konteks ekonomi; 6) Perspektif global dalam konteks transportasi; 7) Perspektif global dalam konteks komunikasi; 8) Perspektif global dalam konteks kerja sama internasional.
5 Mahasiswa mampu memahami Kesenjangan antara negara maju, berkembang, dan terbelakang >> 1) Ciri negara maju, berkembang, dan terbelakang; 2) Faktor penyebab terjadinya kesenjangan; 3) Dampak adanya kesenjangan antar ketiganya.
6 Mahasiswa mampu memahami Dampak-dampak Globalisasi >> 1) Dampak positif; 2) Dampak negatif.
7 Mahasiswa mampu memahami Isu-isu Global Masa Kini >> 1) Penduduk dan keluarga berencana; 2) Pembangunan; 3) Hak asasi manusia; 4) Imigrasi, emigrasi, dan pengungsian; 5) Kepemilikan bersama secara global; 6) Lingkungan hidup dan sumber daya alam; 7) Bahan pangan; 8) Perdamaian dan keamanan; 9) Ilmu pengetahuan dan teknologi.
8 Mahasiswa mampu memahami Model pembelajaran perspektif global di sekolah dasar >> 1) Hakikat pembelajaran perspektif global; 2) Penyusunan materi pembelajaran perspektif global; 3) Proses pembelajaran perspektif global.
Daftar Literatur/Referensi
1. Astrid S. Susanto Sunario. 1993 Globalisasi dan Komunikasi. Jakarta. Pustaka Sinar Harapan.
2. Nursid Sumaatmadja. Kuswaya Wihardit. 1999. Perspektif Global. UT
3. Umi Oktyari R. (1998). Perspektif Global. Jakarta: Departemen P&K Dirjen Dikti
Literatur tambahan
1. A.M.W. Pranarka. 1996 S ~a 58SI. Pemberdayaan dan Demokratisasi. Jakarta Centre for Stratgic And International Studies. Hal 261 - 267.
2. Budi Winarno. 2004. Globalisasi Wujud Imperialisme Baru. Yogyakarta. Tajidu Press.
3. Khor, Martin. 2003. Globalisasi Perangkap Negara-negara Selatan. Yogyakarta. Cindelaras Pustaka Rakyat Cerdas.
4. Koentjaraningrat. (2003). Pengantar Antropologi I. Jakarta: Rineka Cipta.
5. Mukminan dkk. (2002). Dasar-dasar IPS. Yogyakarta: FIS UNY.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar dan implementasi perspektif global dari berbagai ilmu, pengertian perspektif global, terjadinya proses globalisasi, ciri-ciri globalisasi, dampak dan peran globalisasi, dan berbagai isu global. Perspektif Global sebagai mata kuliah memberikan sebuah wacana bagi mahasiswa untuk berpikir secara global dan bertindak secara lokal tentang berbagai isu yang berkaitan dengan ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, lingkungan, agama, dan aspek kehidupan lainnya.
Learning Outcomescpmk
1 Mahasiswa dapat memahami konsep dasar dan implementasi perspektif global dari berbagai ilmu
2 Mahasiswa dapat memahami pengertian perspektif global, terjadinya proses globalisasi, ciri-ciri globalisasi, dampak dan peran globalisasi, dan berbagai isu global.
3 Mahasiswa dapat berpikir secara global dan bertindak secara lokal tentang berbagai isu yang berkaitan dengan ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, lingkungan, agama, dan aspek kehidupan lainnya
Sub cpmk
1 Mahasiswa mampu memahami Hakikat dan Konsep Dasar Perspektif Global >> 1) Makna perspektif global; 2) Manfaat memahami perspektif global; 3) Ciri-ciri globalisasi.
2 Mahasiswa mampu memahami Pentingnya Kesadaran dan Wawasan Perspektif Global >> 1) Pentingnya kesadaran dalam perspektif global; 2) Pentingnya wawasan dalam perspektif global.
3 Mahasiswa mampu memahami Keanekaragaman penduduk dunia >> 1) Ragam Ras; 2) Ragam Budaya; 3) Ragam Ekonomi; 4) Ragam Politik; 5) Ragam Agama.
4 Mahasiswa mampu memahami Interaksi global dan adanya proses saling mempengaruhi >> 1) Perspektif global dalam konteks geografi; 2) Perspektif global dalam konteks sejarah; 3) Perspektif global dalam konteks antropologi; 4) Perspektif global dalam konteks sosiologi; 5) Perspektif global dalam konteks ekonomi; 6) Perspektif global dalam konteks transportasi; 7) Perspektif global dalam konteks komunikasi; 8) Perspektif global dalam konteks kerja sama internasional.
5 Mahasiswa mampu memahami Kesenjangan antara negara maju, berkembang, dan terbelakang >> 1) Ciri negara maju, berkembang, dan terbelakang; 2) Faktor penyebab terjadinya kesenjangan; 3) Dampak adanya kesenjangan antar ketiganya.
6 Mahasiswa mampu memahami Dampak-dampak Globalisasi >> 1) Dampak positif; 2) Dampak negatif.
7 Mahasiswa mampu memahami Isu-isu Global Masa Kini >> 1) Penduduk dan keluarga berencana; 2) Pembangunan; 3) Hak asasi manusia; 4) Imigrasi, emigrasi, dan pengungsian; 5) Kepemilikan bersama secara global; 6) Lingkungan hidup dan sumber daya alam; 7) Bahan pangan; 8) Perdamaian dan keamanan; 9) Ilmu pengetahuan dan teknologi.
8 Mahasiswa mampu memahami Model pembelajaran perspektif global di sekolah dasar >> 1) Hakikat pembelajaran perspektif global; 2) Penyusunan materi pembelajaran perspektif global; 3) Proses pembelajaran perspektif global.
Daftar Literatur/Referensi
1. Astrid S. Susanto Sunario. 1993 Globalisasi dan Komunikasi. Jakarta. Pustaka Sinar Harapan.
2. Nursid Sumaatmadja. Kuswaya Wihardit. 1999. Perspektif Global. UT
3. Umi Oktyari R. (1998). Perspektif Global. Jakarta: Departemen P&K Dirjen Dikti
Literatur tambahan
1. A.M.W. Pranarka. 1996 S ~a 58SI. Pemberdayaan dan Demokratisasi. Jakarta Centre for Stratgic And International Studies. Hal 261 - 267.
2. Budi Winarno. 2004. Globalisasi Wujud Imperialisme Baru. Yogyakarta. Tajidu Press.
3. Khor, Martin. 2003. Globalisasi Perangkap Negara-negara Selatan. Yogyakarta. Cindelaras Pustaka Rakyat Cerdas.
4. Koentjaraningrat. (2003). Pengantar Antropologi I. Jakarta: Rineka Cipta.
5. Mukminan dkk. (2002). Dasar-dasar IPS. Yogyakarta: FIS UNY.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar dan implementasi perspektif global dari berbagai ilmu, pengertian perspektif global, terjadinya proses globalisasi, ciri-ciri globalisasi, dampak dan peran globalisasi, dan berbagai isu global. Perspektif Global sebagai mata kuliah memberikan sebuah wacana bagi mahasiswa untuk berpikir secara global dan bertindak secara lokal tentang berbagai isu yang berkaitan dengan ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, lingkungan, agama, dan aspek kehidupan lainnya.
Learning Outcomescpmk
1 Mahasiswa dapat memahami konsep dasar dan implementasi perspektif global dari berbagai ilmu
2 Mahasiswa dapat memahami pengertian perspektif global, terjadinya proses globalisasi, ciri-ciri globalisasi, dampak dan peran globalisasi, dan berbagai isu global.
3 Mahasiswa dapat berpikir secara global dan bertindak secara lokal tentang berbagai isu yang berkaitan dengan ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, lingkungan, agama, dan aspek kehidupan lainnya
Sub cpmk
1 Mahasiswa mampu memahami Hakikat dan Konsep Dasar Perspektif Global >> 1) Makna perspektif global; 2) Manfaat memahami perspektif global; 3) Ciri-ciri globalisasi.
2 Mahasiswa mampu memahami Pentingnya Kesadaran dan Wawasan Perspektif Global >> 1) Pentingnya kesadaran dalam perspektif global; 2) Pentingnya wawasan dalam perspektif global.
3 Mahasiswa mampu memahami Keanekaragaman penduduk dunia >> 1) Ragam Ras; 2) Ragam Budaya; 3) Ragam Ekonomi; 4) Ragam Politik; 5) Ragam Agama.
4 Mahasiswa mampu memahami Interaksi global dan adanya proses saling mempengaruhi >> 1) Perspektif global dalam konteks geografi; 2) Perspektif global dalam konteks sejarah; 3) Perspektif global dalam konteks antropologi; 4) Perspektif global dalam konteks sosiologi; 5) Perspektif global dalam konteks ekonomi; 6) Perspektif global dalam konteks transportasi; 7) Perspektif global dalam konteks komunikasi; 8) Perspektif global dalam konteks kerja sama internasional.
5 Mahasiswa mampu memahami Kesenjangan antara negara maju, berkembang, dan terbelakang >> 1) Ciri negara maju, berkembang, dan terbelakang; 2) Faktor penyebab terjadinya kesenjangan; 3) Dampak adanya kesenjangan antar ketiganya.
6 Mahasiswa mampu memahami Dampak-dampak Globalisasi >> 1) Dampak positif; 2) Dampak negatif.
7 Mahasiswa mampu memahami Isu-isu Global Masa Kini >> 1) Penduduk dan keluarga berencana; 2) Pembangunan; 3) Hak asasi manusia; 4) Imigrasi, emigrasi, dan pengungsian; 5) Kepemilikan bersama secara global; 6) Lingkungan hidup dan sumber daya alam; 7) Bahan pangan; 8) Perdamaian dan keamanan; 9) Ilmu pengetahuan dan teknologi.
8 Mahasiswa mampu memahami Model pembelajaran perspektif global di sekolah dasar >> 1) Hakikat pembelajaran perspektif global; 2) Penyusunan materi pembelajaran perspektif global; 3) Proses pembelajaran perspektif global.
Daftar Literatur/Referensi
1. Astrid S. Susanto Sunario. 1993 Globalisasi dan Komunikasi. Jakarta. Pustaka Sinar Harapan.
2. Nursid Sumaatmadja. Kuswaya Wihardit. 1999. Perspektif Global. UT
3. Umi Oktyari R. (1998). Perspektif Global. Jakarta: Departemen P&K Dirjen Dikti
Literatur tambahan
1. A.M.W. Pranarka. 1996 S ~a 58SI. Pemberdayaan dan Demokratisasi. Jakarta Centre for Stratgic And International Studies. Hal 261 - 267.
2. Budi Winarno. 2004. Globalisasi Wujud Imperialisme Baru. Yogyakarta. Tajidu Press.
3. Khor, Martin. 2003. Globalisasi Perangkap Negara-negara Selatan. Yogyakarta. Cindelaras Pustaka Rakyat Cerdas.
4. Koentjaraningrat. (2003). Pengantar Antropologi I. Jakarta: Rineka Cipta.
5. Mukminan dkk. (2002). Dasar-dasar IPS. Yogyakarta: FIS UNY.
Details ...