Perspektif Global, Curriculum : 2015


Courser in EnglishGLOBAL PERSPECTIVE
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS48 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar dan implementasi perspektif global dari berbagai ilmu, pengertian perspektif global, terjadinya proses globalisasi, ciri-ciri globalisasi, dampak dan peran globalisasi, dan berbagai isu global. Perspektif Global sebagai mata kuliah memberikan sebuah wacana bagi mahasiswa untuk berpikir secara global dan bertindak secara lokal tentang berbagai isu yang berkaitan dengan ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, lingkungan, agama, dan aspek kehidupan lainnya

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat memahami konsep dasar dan implementasi perspektif global dari berbagai ilmu, pengertian perspektif global, terjadinya proses globalisasi, ciri-ciri globalisasi, dampak dan peran globalisasi, dan berbagai isu global. Mahasiswa dapat berpikir secara global dan bertindak secara lokal tentang berbagai isu yang berkaitan dengan ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, lingkungan, agama, dan aspek kehidupan lainnya.

References

1. Astrid S. Susanto Sunario. 1993 Globalisasi dan Komunikasi. Jakarta. Pustaka Sinar Harapan.
2. Nursid Sumaatmadja. Kuswaya Wihardit. 1999. Perspektif Global. UT
3. Umi Oktyari R. (1998). Perspektif Global. Jakarta: Departemen P&K Dirjen Dikti
4. A.M.W. Pranarka. 1996 S ~a 58SI. Pemberdayaan dan Demokratisasi. Jakarta Centre for Stratgic And International Studies. Hal 261 - 267.
5. Budi Winarno. 2004. Globalisasi Wujud Imperialisme Baru. Yogyakarta. Tajidu Press.
6. Khor, Martin. 2003. Globalisasi Perangkap Negara-negara Selatan. Yogyakarta. Cindelaras Pustaka Rakyat Cerdas.
7. Koentjaraningrat. (2003). Pengantar Antropologi I. Jakarta: Rineka Cipta.
8. Mukminan dkk. (2002). Dasar-dasar IPS. Yogyakarta: FIS UNY.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar dan implementasi perspektif global dari berbagai ilmu, pengertian perspektif global, terjadinya proses globalisasi, ciri-ciri globalisasi, dampak dan peran globalisasi, dan berbagai isu global. Perspektif Global sebagai mata kuliah memberikan sebuah wacana bagi mahasiswa untuk berpikir secara global dan bertindak secara lokal tentang berbagai isu yang berkaitan dengan ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, lingkungan, agama, dan aspek kehidupan lainnya

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat memahami konsep dasar dan implementasi perspektif global dari berbagai ilmu, pengertian perspektif global, terjadinya proses globalisasi, ciri-ciri globalisasi, dampak dan peran globalisasi, dan berbagai isu global. Mahasiswa dapat berpikir secara global dan bertindak secara lokal tentang berbagai isu yang berkaitan dengan ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, lingkungan, agama, dan aspek kehidupan lainnya

References

Daftar Literatur/Referensi

1. Astrid S. Susanto Sunario. 1993 Globalisasi dan Komunikasi. Jakarta. Pustaka Sinar Harapan.

2. Nursid Sumaatmadja. Kuswaya Wihardit. 1999. Perspektif Global. UT

3. Umi Oktyari R. (1998). Perspektif Global. Jakarta: Departemen P&K Dirjen Dikti
 
Literatur tambahan

1. A.M.W. Pranarka. 1996 S ~a 58SI. Pemberdayaan dan Demokratisasi. Jakarta Centre for Stratgic And International Studies. Hal 261 - 267.

2. Budi Winarno. 2004. Globalisasi Wujud Imperialisme Baru. Yogyakarta. Tajidu Press.

3. Khor, Martin. 2003. Globalisasi Perangkap Negara-negara Selatan. Yogyakarta. Cindelaras Pustaka Rakyat Cerdas.

4. Koentjaraningrat. (2003). Pengantar Antropologi I. Jakarta: Rineka Cipta. 

5. Mukminan dkk. (2002). Dasar-dasar IPS. Yogyakarta: FIS UNY.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar dan implementasi perspektif global dari berbagai ilmu, pengertian perspektif global, terjadinya proses globalisasi, ciri-ciri globalisasi, dampak dan peran globalisasi, dan berbagai isu global. Perspektif Global sebagai mata kuliah memberikan sebuah wacana bagi mahasiswa untuk berpikir secara global dan bertindak secara lokal tentang berbagai isu yang berkaitan dengan ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, lingkungan, agama, dan aspek kehidupan lainnya

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat memahami konsep dasar dan implementasi perspektif global dari berbagai ilmu, pengertian perspektif global, terjadinya proses globalisasi, ciri-ciri globalisasi, dampak dan peran globalisasi, dan berbagai isu global. Mahasiswa dapat berpikir secara global dan bertindak secara lokal tentang berbagai isu yang berkaitan dengan ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, lingkungan, agama, dan aspek kehidupan lainnya

References

Daftar Literatur/Referensi

1. Astrid S. Susanto Sunario. 1993 Globalisasi dan Komunikasi. Jakarta. Pustaka Sinar Harapan.

2. Nursid Sumaatmadja. Kuswaya Wihardit. 1999. Perspektif Global. UT

3. Umi Oktyari R. (1998). Perspektif Global. Jakarta: Departemen P&K Dirjen Dikti
 
Literatur tambahan

1. A.M.W. Pranarka. 1996 S ~a 58SI. Pemberdayaan dan Demokratisasi. Jakarta Centre for Stratgic And International Studies. Hal 261 - 267.

2. Budi Winarno. 2004. Globalisasi Wujud Imperialisme Baru. Yogyakarta. Tajidu Press.

3. Khor, Martin. 2003. Globalisasi Perangkap Negara-negara Selatan. Yogyakarta. Cindelaras Pustaka Rakyat Cerdas.

4. Koentjaraningrat. (2003). Pengantar Antropologi I. Jakarta: Rineka Cipta. 

5. Mukminan dkk. (2002). Dasar-dasar IPS. Yogyakarta: FIS UNY.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar dan implementasi perspektif global dari berbagai ilmu, pengertian perspektif global, terjadinya proses globalisasi, ciri-ciri globalisasi, dampak dan peran globalisasi, dan berbagai isu global. Perspektif Global sebagai mata kuliah memberikan sebuah wacana bagi mahasiswa untuk berpikir secara global dan bertindak secara lokal tentang berbagai isu yang berkaitan dengan ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, lingkungan, agama, dan aspek kehidupan lainnya

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat memahami konsep dasar dan implementasi perspektif global dari berbagai ilmu, pengertian perspektif global, terjadinya proses globalisasi, ciri-ciri globalisasi, dampak dan peran globalisasi, dan berbagai isu global. Mahasiswa dapat berpikir secara global dan bertindak secara lokal tentang berbagai isu yang berkaitan dengan ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, lingkungan, agama, dan aspek kehidupan lainnya

References

Daftar Literatur/Referensi

1. Astrid S. Susanto Sunario. 1993 Globalisasi dan Komunikasi. Jakarta. Pustaka Sinar Harapan.

2. Nursid Sumaatmadja. Kuswaya Wihardit. 1999. Perspektif Global. UT

3. Umi Oktyari R. (1998). Perspektif Global. Jakarta: Departemen P&K Dirjen Dikti
 
Literatur tambahan

1. A.M.W. Pranarka. 1996 S ~a 58SI. Pemberdayaan dan Demokratisasi. Jakarta Centre for Stratgic And International Studies. Hal 261 - 267.

2. Budi Winarno. 2004. Globalisasi Wujud Imperialisme Baru. Yogyakarta. Tajidu Press.

3. Khor, Martin. 2003. Globalisasi Perangkap Negara-negara Selatan. Yogyakarta. Cindelaras Pustaka Rakyat Cerdas.

4. Koentjaraningrat. (2003). Pengantar Antropologi I. Jakarta: Rineka Cipta. 

5. Mukminan dkk. (2002). Dasar-dasar IPS. Yogyakarta: FIS UNY.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar dan implementasi perspektif global dari berbagai ilmu, pengertian perspektif global, terjadinya proses globalisasi, ciri-ciri globalisasi, dampak dan peran globalisasi, dan berbagai isu global. Perspektif Global sebagai mata kuliah memberikan sebuah wacana bagi mahasiswa untuk berpikir secara global dan bertindak secara lokal tentang berbagai isu yang berkaitan dengan ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, lingkungan, agama, dan aspek kehidupan lainnya

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat memahami konsep dasar dan implementasi perspektif global dari berbagai ilmu, pengertian perspektif global, terjadinya proses globalisasi, ciri-ciri globalisasi, dampak dan peran globalisasi, dan berbagai isu global. Mahasiswa dapat berpikir secara global dan bertindak secara lokal tentang berbagai isu yang berkaitan dengan ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, lingkungan, agama, dan aspek kehidupan lainnya

References

Daftar Literatur/Referensi

1. Astrid S. Susanto Sunario. 1993 Globalisasi dan Komunikasi. Jakarta. Pustaka Sinar Harapan.

2. Nursid Sumaatmadja. Kuswaya Wihardit. 1999. Perspektif Global. UT

3. Umi Oktyari R. (1998). Perspektif Global. Jakarta: Departemen P&K Dirjen Dikti
 
Literatur tambahan

1. A.M.W. Pranarka. 1996 S ~a 58SI. Pemberdayaan dan Demokratisasi. Jakarta Centre for Stratgic And International Studies. Hal 261 - 267.

2. Budi Winarno. 2004. Globalisasi Wujud Imperialisme Baru. Yogyakarta. Tajidu Press.

3. Khor, Martin. 2003. Globalisasi Perangkap Negara-negara Selatan. Yogyakarta. Cindelaras Pustaka Rakyat Cerdas.

4. Koentjaraningrat. (2003). Pengantar Antropologi I. Jakarta: Rineka Cipta. 

5. Mukminan dkk. (2002). Dasar-dasar IPS. Yogyakarta: FIS UNY.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar dan implementasi perspektif global dari berbagai ilmu, pengertian perspektif global, terjadinya proses globalisasi, ciri-ciri globalisasi, dampak dan peran globalisasi, dan berbagai isu global. Perspektif Global sebagai mata kuliah memberikan sebuah wacana bagi mahasiswa untuk berpikir secara global dan bertindak secara lokal tentang berbagai isu yang berkaitan dengan ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, lingkungan, agama, dan aspek kehidupan lainnya

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat memahami konsep dasar dan implementasi perspektif global dari berbagai ilmu, pengertian perspektif global, terjadinya proses globalisasi, ciri-ciri globalisasi, dampak dan peran globalisasi, dan berbagai isu global. Mahasiswa dapat berpikir secara global dan bertindak secara lokal tentang berbagai isu yang berkaitan dengan ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, lingkungan, agama, dan aspek kehidupan lainnya

References

Daftar Literatur/Referensi

1. Astrid S. Susanto Sunario. 1993 Globalisasi dan Komunikasi. Jakarta. Pustaka Sinar Harapan.

2. Nursid Sumaatmadja. Kuswaya Wihardit. 1999. Perspektif Global. UT

3. Umi Oktyari R. (1998). Perspektif Global. Jakarta: Departemen P&K Dirjen Dikti
 
Literatur tambahan

1. A.M.W. Pranarka. 1996 S ~a 58SI. Pemberdayaan dan Demokratisasi. Jakarta Centre for Stratgic And International Studies. Hal 261 - 267.

2. Budi Winarno. 2004. Globalisasi Wujud Imperialisme Baru. Yogyakarta. Tajidu Press.

3. Khor, Martin. 2003. Globalisasi Perangkap Negara-negara Selatan. Yogyakarta. Cindelaras Pustaka Rakyat Cerdas.

4. Koentjaraningrat. (2003). Pengantar Antropologi I. Jakarta: Rineka Cipta. 

5. Mukminan dkk. (2002). Dasar-dasar IPS. Yogyakarta: FIS UNY.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Perspektif Global bertujuan memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang cara pandang dan cara berpikir terhadap masalah, kejadian atau kegiatan dari sudut kepentingan global (internasional) yang berkaitan dengan isu-isu dan masalah global dalam kepentingan nasional

Learning Outcomes

Setelah Menyelesaikan Mata Kuliah Perspektif Global : 

1. Mahasiswa mampu memahami hakikat dan konsep perspektif global

2. Mahasiswa memahami Dimensi, Manfaat, Tujuan, dan Masalah Perspektif Global

3. Mahaiswa Mampu Menjelaskan Perspektif Global Dilihat Dari Sudut Ilmu-Ilmu Sosial Dan Ilmu Lain Yang Terkait 

4. Mahaiswa Mampu Menganalisis Isu-Isu Masalah Global Dalam Kaitanya Dengan Kepentingan Nasional

5. Mahaiswa Mampu  Menganalisis Isu-Isu Masalah Global Dalam Kaitannya DenganPembelajaran IPS SD

 

 

References

  1. Astrid S. Susanto, Sunario. (1993). Globalisasi dan Komunikasi. Jakarta: Pustaka Sinar  Harapan.
  2. Firor, John (Otto Soemarwoto). (1990). Perubahan Atmosfer (Sebuah Tantangan Global). Jakarta: Penerbit Rosda Jayaputra.
  3. Garcia, RL. (1991). Teaching In A Pluralistic Society; Concepts, Models, Strategies. Harper Collins Publisher
  4. Ikatan Alumni IKIP Bandung. (1989). Mimbar Pendidikan Nomor IV Tahun IX: Dampak  Globalisasi terhadap Pendidikan. Bandung: University Press IKIP Bandung.
  5. Makagiansar, M., Sudarmono P., Hamijoyo, S. (1989). Mimbar Pendidikan: Dampak Globalisasi. Jurnal Pendidikan No. 4 Tahun IX Desember 1990. Bandung: University Press IKlP Bandung: Bandung.
  6. Merryfield M.M, Jarchow E., Pichert S, (1997). Preparing Teacher to Teach Global Perspectives. A Handbook For Teacher Educator. California: Corwin Press Inc.
  7. Naisbit, J. (Drs. Budiyanto, Ed.). (1994). Global Paradox. Jakarta: Binarupa Aksara.
  8. Steiner, M. (Ed). (1996). Developing The Global Teacher: Theory and Practice in Initial Teacher Education. England: Trentham Books Limited.
  9. Susanto AB. (1997). Visi Global Para Pemimpin: Sinkretisme Peradaban. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
  10. Schultze, QJ. (Wahyuni, Terj.). (1991). Menangkan Anak-anak dari Pengaruh Media. Indonesia: Metanoia.
  11. Yaya, M (Ed.) (1998). Visi Global; Antisipasi Indonesia memasuki Abad ke21. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Perspektif Global bertujuan memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang cara pandang dan cara berpikir terhadap masalah, kejadian atau kegiatan dari sudut kepentingan global (internasional) yang berkaitan dengan isu-isu dan masalah global dalam kepentingan nasional

Learning Outcomes

Setelah Menyelesaikan Mata Kuliah Perspektif Global : 

1. Mahasiswa mampu memahami hakikat dan konsep perspektif global

2. Mahasiswa memahami Dimensi, Manfaat, Tujuan, dan Masalah Perspektif Global

3. Mahaiswa Mampu Menjelaskan Perspektif Global Dilihat Dari Sudut Ilmu-Ilmu Sosial Dan Ilmu Lain Yang Terkait 

4. Mahaiswa Mampu Menganalisis Isu-Isu Masalah Global Dalam Kaitanya Dengan Kepentingan Nasional

5. Mahaiswa Mampu  Menganalisis Isu-Isu Masalah Global Dalam Kaitannya DenganPembelajaran IPS SD

 

 

References

  1. Astrid S. Susanto, Sunario. (1993). Globalisasi dan Komunikasi. Jakarta: Pustaka Sinar  Harapan.
  2. Firor, John (Otto Soemarwoto). (1990). Perubahan Atmosfer (Sebuah Tantangan Global). Jakarta: Penerbit Rosda Jayaputra.
  3. Garcia, RL. (1991). Teaching In A Pluralistic Society; Concepts, Models, Strategies. Harper Collins Publisher
  4. Ikatan Alumni IKIP Bandung. (1989). Mimbar Pendidikan Nomor IV Tahun IX: Dampak  Globalisasi terhadap Pendidikan. Bandung: University Press IKIP Bandung.
  5. Makagiansar, M., Sudarmono P., Hamijoyo, S. (1989). Mimbar Pendidikan: Dampak Globalisasi. Jurnal Pendidikan No. 4 Tahun IX Desember 1990. Bandung: University Press IKlP Bandung: Bandung.
  6. Merryfield M.M, Jarchow E., Pichert S, (1997). Preparing Teacher to Teach Global Perspectives. A Handbook For Teacher Educator. California: Corwin Press Inc.
  7. Naisbit, J. (Drs. Budiyanto, Ed.). (1994). Global Paradox. Jakarta: Binarupa Aksara.
  8. Steiner, M. (Ed). (1996). Developing The Global Teacher: Theory and Practice in Initial Teacher Education. England: Trentham Books Limited.
  9. Susanto AB. (1997). Visi Global Para Pemimpin: Sinkretisme Peradaban. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
  10. Schultze, QJ. (Wahyuni, Terj.). (1991). Menangkan Anak-anak dari Pengaruh Media. Indonesia: Metanoia.
  11. Yaya, M (Ed.) (1998). Visi Global; Antisipasi Indonesia memasuki Abad ke21. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Perspektif Global bertujuan memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang cara pandang dan cara berpikir terhadap masalah, kejadian atau kegiatan dari sudut kepentingan global (internasional) yang berkaitan dengan isu-isu dan masalah global dalam kepentingan nasional

Learning Outcomes

Setelah Menyelesaikan Mata Kuliah Perspektif Global : 

1. Mahasiswa mampu memahami hakikat dan konsep perspektif global

2. Mahasiswa memahami Dimensi, Manfaat, Tujuan, dan Masalah Perspektif Global

3. Mahaiswa Mampu Menjelaskan Perspektif Global Dilihat Dari Sudut Ilmu-Ilmu Sosial Dan Ilmu Lain Yang Terkait 

4. Mahaiswa Mampu Menganalisis Isu-Isu Masalah Global Dalam Kaitanya Dengan Kepentingan Nasional

5. Mahaiswa Mampu  Menganalisis Isu-Isu Masalah Global Dalam Kaitannya DenganPembelajaran IPS SD

 

 

References

  1. Astrid S. Susanto, Sunario. (1993). Globalisasi dan Komunikasi. Jakarta: Pustaka Sinar  Harapan.
  2. Firor, John (Otto Soemarwoto). (1990). Perubahan Atmosfer (Sebuah Tantangan Global). Jakarta: Penerbit Rosda Jayaputra.
  3. Garcia, RL. (1991). Teaching In A Pluralistic Society; Concepts, Models, Strategies. Harper Collins Publisher
  4. Ikatan Alumni IKIP Bandung. (1989). Mimbar Pendidikan Nomor IV Tahun IX: Dampak  Globalisasi terhadap Pendidikan. Bandung: University Press IKIP Bandung.
  5. Makagiansar, M., Sudarmono P., Hamijoyo, S. (1989). Mimbar Pendidikan: Dampak Globalisasi. Jurnal Pendidikan No. 4 Tahun IX Desember 1990. Bandung: University Press IKlP Bandung: Bandung.
  6. Merryfield M.M, Jarchow E., Pichert S, (1997). Preparing Teacher to Teach Global Perspectives. A Handbook For Teacher Educator. California: Corwin Press Inc.
  7. Naisbit, J. (Drs. Budiyanto, Ed.). (1994). Global Paradox. Jakarta: Binarupa Aksara.
  8. Steiner, M. (Ed). (1996). Developing The Global Teacher: Theory and Practice in Initial Teacher Education. England: Trentham Books Limited.
  9. Susanto AB. (1997). Visi Global Para Pemimpin: Sinkretisme Peradaban. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
  10. Schultze, QJ. (Wahyuni, Terj.). (1991). Menangkan Anak-anak dari Pengaruh Media. Indonesia: Metanoia.
  11. Yaya, M (Ed.) (1998). Visi Global; Antisipasi Indonesia memasuki Abad ke21. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Perspektif Global bertujuan memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang cara pandang dan cara berpikir terhadap masalah, kejadian atau kegiatan dari sudut kepentingan global (internasional) yang berkaitan dengan isu-isu dan masalah global dalam kepentingan nasional

Learning Outcomes

Setelah Menyelesaikan Mata Kuliah Perspektif Global : 

1. Mahasiswa mampu memahami hakikat dan konsep perspektif global

2. Mahasiswa memahami Dimensi, Manfaat, Tujuan, dan Masalah Perspektif Global

3. Mahaiswa Mampu Menjelaskan Perspektif Global Dilihat Dari Sudut Ilmu-Ilmu Sosial Dan Ilmu Lain Yang Terkait 

4. Mahaiswa Mampu Menganalisis Isu-Isu Masalah Global Dalam Kaitanya Dengan Kepentingan Nasional

5. Mahaiswa Mampu  Menganalisis Isu-Isu Masalah Global Dalam Kaitannya DenganPembelajaran IPS SD

 

 

References

  1. Astrid S. Susanto, Sunario. (1993). Globalisasi dan Komunikasi. Jakarta: Pustaka Sinar  Harapan.
  2. Firor, John (Otto Soemarwoto). (1990). Perubahan Atmosfer (Sebuah Tantangan Global). Jakarta: Penerbit Rosda Jayaputra.
  3. Garcia, RL. (1991). Teaching In A Pluralistic Society; Concepts, Models, Strategies. Harper Collins Publisher
  4. Ikatan Alumni IKIP Bandung. (1989). Mimbar Pendidikan Nomor IV Tahun IX: Dampak  Globalisasi terhadap Pendidikan. Bandung: University Press IKIP Bandung.
  5. Makagiansar, M., Sudarmono P., Hamijoyo, S. (1989). Mimbar Pendidikan: Dampak Globalisasi. Jurnal Pendidikan No. 4 Tahun IX Desember 1990. Bandung: University Press IKlP Bandung: Bandung.
  6. Merryfield M.M, Jarchow E., Pichert S, (1997). Preparing Teacher to Teach Global Perspectives. A Handbook For Teacher Educator. California: Corwin Press Inc.
  7. Naisbit, J. (Drs. Budiyanto, Ed.). (1994). Global Paradox. Jakarta: Binarupa Aksara.
  8. Steiner, M. (Ed). (1996). Developing The Global Teacher: Theory and Practice in Initial Teacher Education. England: Trentham Books Limited.
  9. Susanto AB. (1997). Visi Global Para Pemimpin: Sinkretisme Peradaban. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
  10. Schultze, QJ. (Wahyuni, Terj.). (1991). Menangkan Anak-anak dari Pengaruh Media. Indonesia: Metanoia.
  11. Yaya, M (Ed.) (1998). Visi Global; Antisipasi Indonesia memasuki Abad ke21. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Perspektif Global bertujuan memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang cara pandang dan cara berpikir terhadap masalah, kejadian atau kegiatan dari sudut kepentingan global (internasional) yang berkaitan dengan isu-isu dan masalah global dalam kepentingan nasional

Learning Outcomes

Setelah Menyelesaikan Mata Kuliah Perspektif Global : 

1. Mahasiswa mampu memahami hakikat dan konsep perspektif global

2. Mahasiswa memahami Dimensi, Manfaat, Tujuan, dan Masalah Perspektif Global

3. Mahaiswa Mampu Menjelaskan Perspektif Global Dilihat Dari Sudut Ilmu-Ilmu Sosial Dan Ilmu Lain Yang Terkait 

4. Mahaiswa Mampu Menganalisis Isu-Isu Masalah Global Dalam Kaitanya Dengan Kepentingan Nasional

5. Mahaiswa Mampu  Menganalisis Isu-Isu Masalah Global Dalam Kaitannya DenganPembelajaran IPS SD

 

 

References

  1. Astrid S. Susanto, Sunario. (1993). Globalisasi dan Komunikasi. Jakarta: Pustaka Sinar  Harapan.
  2. Firor, John (Otto Soemarwoto). (1990). Perubahan Atmosfer (Sebuah Tantangan Global). Jakarta: Penerbit Rosda Jayaputra.
  3. Garcia, RL. (1991). Teaching In A Pluralistic Society; Concepts, Models, Strategies. Harper Collins Publisher
  4. Ikatan Alumni IKIP Bandung. (1989). Mimbar Pendidikan Nomor IV Tahun IX: Dampak  Globalisasi terhadap Pendidikan. Bandung: University Press IKIP Bandung.
  5. Makagiansar, M., Sudarmono P., Hamijoyo, S. (1989). Mimbar Pendidikan: Dampak Globalisasi. Jurnal Pendidikan No. 4 Tahun IX Desember 1990. Bandung: University Press IKlP Bandung: Bandung.
  6. Merryfield M.M, Jarchow E., Pichert S, (1997). Preparing Teacher to Teach Global Perspectives. A Handbook For Teacher Educator. California: Corwin Press Inc.
  7. Naisbit, J. (Drs. Budiyanto, Ed.). (1994). Global Paradox. Jakarta: Binarupa Aksara.
  8. Steiner, M. (Ed). (1996). Developing The Global Teacher: Theory and Practice in Initial Teacher Education. England: Trentham Books Limited.
  9. Susanto AB. (1997). Visi Global Para Pemimpin: Sinkretisme Peradaban. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
  10. Schultze, QJ. (Wahyuni, Terj.). (1991). Menangkan Anak-anak dari Pengaruh Media. Indonesia: Metanoia.
  11. Yaya, M (Ed.) (1998). Visi Global; Antisipasi Indonesia memasuki Abad ke21. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah Perspektif Global bertujuan memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang cara pandang dan cara berpikir terhadap masalah, kejadian atau kegiatan dari sudut kepentingan global (internasional) yang berkaitan dengan isu-isu dan masalah global dalam kepentingan nasional

Learning Outcomes

Setelah Menyelesaikan Mata Kuliah Perspektif Global : 

1. Mahasiswa mampu memahami hakikat dan konsep perspektif global

2. Mahasiswa memahami Dimensi, Manfaat, Tujuan, dan Masalah Perspektif Global

3. Mahaiswa Mampu Menjelaskan Perspektif Global Dilihat Dari Sudut Ilmu-Ilmu Sosial Dan Ilmu Lain Yang Terkait 

4. Mahaiswa Mampu Menganalisis Isu-Isu Masalah Global Dalam Kaitanya Dengan Kepentingan Nasional

5. Mahaiswa Mampu  Menganalisis Isu-Isu Masalah Global Dalam Kaitannya DenganPembelajaran IPS SD

 

 

References

  1. Astrid S. Susanto, Sunario. (1993). Globalisasi dan Komunikasi. Jakarta: Pustaka Sinar  Harapan.
  2. Firor, John (Otto Soemarwoto). (1990). Perubahan Atmosfer (Sebuah Tantangan Global). Jakarta: Penerbit Rosda Jayaputra.
  3. Garcia, RL. (1991). Teaching In A Pluralistic Society; Concepts, Models, Strategies. Harper Collins Publisher
  4. Ikatan Alumni IKIP Bandung. (1989). Mimbar Pendidikan Nomor IV Tahun IX: Dampak  Globalisasi terhadap Pendidikan. Bandung: University Press IKIP Bandung.
  5. Makagiansar, M., Sudarmono P., Hamijoyo, S. (1989). Mimbar Pendidikan: Dampak Globalisasi. Jurnal Pendidikan No. 4 Tahun IX Desember 1990. Bandung: University Press IKlP Bandung: Bandung.
  6. Merryfield M.M, Jarchow E., Pichert S, (1997). Preparing Teacher to Teach Global Perspectives. A Handbook For Teacher Educator. California: Corwin Press Inc.
  7. Naisbit, J. (Drs. Budiyanto, Ed.). (1994). Global Paradox. Jakarta: Binarupa Aksara.
  8. Steiner, M. (Ed). (1996). Developing The Global Teacher: Theory and Practice in Initial Teacher Education. England: Trentham Books Limited.
  9. Susanto AB. (1997). Visi Global Para Pemimpin: Sinkretisme Peradaban. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
  10. Schultze, QJ. (Wahyuni, Terj.). (1991). Menangkan Anak-anak dari Pengaruh Media. Indonesia: Metanoia.
  11. Yaya, M (Ed.) (1998). Visi Global; Antisipasi Indonesia memasuki Abad ke21. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Details ...