Courser in English | GLOBAL PERSPECTIVE |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 48 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Dosen : 1. Muhajir S.Pd., M.Hum , 2. Singgih Adhi Prasetyo S.Sn.,M.Pd
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar dan implementasi perspektif global dari berbagai ilmu, pengertian perspektif global, terjadinya proses globalisasi, ciri-ciri globalisasi, dampak dan peran globalisasi, dan berbagai isu global. Perspektif Global sebagai mata kuliah memberikan sebuah wacana bagi mahasiswa untuk berpikir secara global dan bertindak secara lokal tentang berbagai isu yang berkaitan dengan ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, lingkungan, agama, dan aspek kehidupan lainnya.
Learning Outcomes
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
|
|
CPL -1 (S4) |
Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. |
|
CPL-2 (S5) |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. |
|
CPL-3 (S11) |
Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam. |
|
CPL-4 (KU1) |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
|
CPL-5 (KK1g) |
Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |
|
CPL -6 (KK1.h |
Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran |
|
CPL– 7 (KK1j) |
Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain |
|
|
|
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|
|
CPMK-1 |
Mahasiswa dapat memahami konsep dasar dan implementasi perspektif global dari berbagai ilmu
|
|
CPMK-2 |
Mahasiswa dapat memahami pengertian perspektif global, terjadinya proses globalisasi, ciri-ciri globalisasi, dampak dan peran globalisasi, dan berbagai isu global.
|
|
CPMK-3 |
Mahasiswa dapat berpikir secara global dan bertindak secara lokal tentang berbagai isu yang berkaitan dengan ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, lingkungan, agama, dan aspek kehidupan lainnya
|
|
…… |
…….. |
|
CPL CPMK Sub- CPMK |
|
|
Sub-CPMK 1 |
Mahasiswa mampu memahami Hakikat dan Konsep Dasar Perspektif Global >> 1) Makna perspektif global; 2) Manfaat memahami perspektif global; 3) Ciri-ciri globalisasi. |
|
Sub-CPMK 2 |
Mahasiswa mampu memahami Pentingnya Kesadaran dan Wawasan Perspektif Global >> 1) Pentingnya kesadaran dalam perspektif global; 2) Pentingnya wawasan dalam perspektif global. |
|
Sub-CPMK 3 |
Mahasiswa mampu memahami Keanekaragaman penduduk dunia >> 1) Ragam Ras; 2) Ragam Budaya; 3) Ragam Ekonomi; 4) Ragam Politik; 5) Ragam Agama. |
|
Sub-CPMK 4 |
Mahasiswa mampu memahami Interaksi global dan adanya proses saling mempengaruhi >> 1) Perspektif global dalam konteks geografi; 2) Perspektif global dalam konteks sejarah; 3) Perspektif global dalam konteks antropologi; 4) Perspektif global dalam konteks sosiologi; 5) Perspektif global dalam konteks ekonomi; 6) Perspektif global dalam konteks transportasi; 7) Perspektif global dalam konteks komunikasi; 8) Perspektif global dalam konteks kerja sama internasional. |
|
Sub-CPMK 5 |
Mahasiswa mampu memahami Kesenjangan antara negara maju, berkembang, dan terbelakang >> 1) Ciri negara maju, berkembang, dan terbelakang; 2) Faktor penyebab terjadinya kesenjangan; 3) Dampak adanya kesenjangan antar ketiganya. |
|
Sub-CPMK 6 |
Mahasiswa mampu memahami Dampak-dampak Globalisasi >> 1) Dampak positif; 2) Dampak negatif. |
|
Sub-CPMK 7 |
Mahasiswa mampu memahami Isu-isu Global Masa Kini >> 1) Penduduk dan keluarga berencana; 2) Pembangunan; 3) Hak asasi manusia; 4) Imigrasi, emigrasi, dan pengungsian; 5) Kepemilikan bersama secara global; 6) Lingkungan hidup dan sumber daya alam; 7) Bahan pangan; 8) Perdamaian dan keamanan; 9) Ilmu pengetahuan dan teknologi. |
|
Sub-CPMK 8 |
Mahasiswa mampu memahami Model pembelajaran perspektif global di sekolah dasar >> 1) Hakikat pembelajaran perspektif global; 2) Penyusunan materi pembelajaran perspektif global; 3) Proses pembelajaran perspektif global. |
Utama |
|
1. Astrid S. Susanto Sunario. 1993 Globalisasi dan Komunikasi. Jakarta. Pustaka Sinar Harapan. 2. Nursid Sumaatmadja. Kuswaya Wihardit. 1999. Perspektif Global. UT 3. Umi Oktyari R. (1998). Perspektif Global. Jakarta: Departemen P&K Dirjen Dikti
|
|
Pendukung |
|
1. A.M.W. Pranarka. 1996 S ~a 58SI. Pemberdayaan dan Demokratisasi. Jakarta Centre for Stratgic And International Studies. Hal 261 - 267. 2. Budi Winarno. 2004. Globalisasi Wujud Imperialisme Baru. Yogyakarta. Tajidu Press. 3. Khor, Martin. 2003. Globalisasi Perangkap Negara-negara Selatan. Yogyakarta. Cindelaras Pustaka Rakyat Cerdas. 4. Koentjaraningrat. (2003). Pengantar Antropologi I. Jakarta: Rineka Cipta. 5. Mukminan dkk. (2002). Dasar-dasar IPS. Yogyakarta: FIS UNY.
|
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar dan implementasi perspektif global dari berbagai ilmu, pengertian perspektif global, terjadinya proses globalisasi, ciri-ciri globalisasi, dampak dan peran globalisasi, dan berbagai isu global. Perspektif Global sebagai mata kuliah memberikan sebuah wacana bagi mahasiswa untuk berpikir secara global dan bertindak secara lokal tentang berbagai isu yang berkaitan dengan ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, lingkungan, agama, dan aspek kehidupan lainnya.
Learning Outcomes
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
|
|
CPL -1 (S4) |
Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. |
|
CPL-2 (S5) |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. |
|
CPL-3 (S11) |
Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam. |
|
CPL-4 (KU1) |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
|
CPL-5 (KK1g) |
Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |
|
CPL -6 (KK1.h |
Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran |
|
CPL– 7 (KK1j) |
Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain |
|
|
|
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|
|
CPMK-1 |
Mahasiswa dapat memahami konsep dasar dan implementasi perspektif global dari berbagai ilmu
|
|
CPMK-2 |
Mahasiswa dapat memahami pengertian perspektif global, terjadinya proses globalisasi, ciri-ciri globalisasi, dampak dan peran globalisasi, dan berbagai isu global.
|
|
CPMK-3 |
Mahasiswa dapat berpikir secara global dan bertindak secara lokal tentang berbagai isu yang berkaitan dengan ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, lingkungan, agama, dan aspek kehidupan lainnya
|
|
…… |
…….. |
|
CPL CPMK Sub- CPMK |
|
|
Sub-CPMK 1 |
Mahasiswa mampu memahami Hakikat dan Konsep Dasar Perspektif Global >> 1) Makna perspektif global; 2) Manfaat memahami perspektif global; 3) Ciri-ciri globalisasi. |
|
Sub-CPMK 2 |
Mahasiswa mampu memahami Pentingnya Kesadaran dan Wawasan Perspektif Global >> 1) Pentingnya kesadaran dalam perspektif global; 2) Pentingnya wawasan dalam perspektif global. |
|
Sub-CPMK 3 |
Mahasiswa mampu memahami Keanekaragaman penduduk dunia >> 1) Ragam Ras; 2) Ragam Budaya; 3) Ragam Ekonomi; 4) Ragam Politik; 5) Ragam Agama. |
|
Sub-CPMK 4 |
Mahasiswa mampu memahami Interaksi global dan adanya proses saling mempengaruhi >> 1) Perspektif global dalam konteks geografi; 2) Perspektif global dalam konteks sejarah; 3) Perspektif global dalam konteks antropologi; 4) Perspektif global dalam konteks sosiologi; 5) Perspektif global dalam konteks ekonomi; 6) Perspektif global dalam konteks transportasi; 7) Perspektif global dalam konteks komunikasi; 8) Perspektif global dalam konteks kerja sama internasional. |
|
Sub-CPMK 5 |
Mahasiswa mampu memahami Kesenjangan antara negara maju, berkembang, dan terbelakang >> 1) Ciri negara maju, berkembang, dan terbelakang; 2) Faktor penyebab terjadinya kesenjangan; 3) Dampak adanya kesenjangan antar ketiganya. |
|
Sub-CPMK 6 |
Mahasiswa mampu memahami Dampak-dampak Globalisasi >> 1) Dampak positif; 2) Dampak negatif. |
|
Sub-CPMK 7 |
Mahasiswa mampu memahami Isu-isu Global Masa Kini >> 1) Penduduk dan keluarga berencana; 2) Pembangunan; 3) Hak asasi manusia; 4) Imigrasi, emigrasi, dan pengungsian; 5) Kepemilikan bersama secara global; 6) Lingkungan hidup dan sumber daya alam; 7) Bahan pangan; 8) Perdamaian dan keamanan; 9) Ilmu pengetahuan dan teknologi. |
|
Sub-CPMK 8 |
Mahasiswa mampu memahami Model pembelajaran perspektif global di sekolah dasar >> 1) Hakikat pembelajaran perspektif global; 2) Penyusunan materi pembelajaran perspektif global; 3) Proses pembelajaran perspektif global. |
Utama |
|
1. Astrid S. Susanto Sunario. 1993 Globalisasi dan Komunikasi. Jakarta. Pustaka Sinar Harapan. 2. Nursid Sumaatmadja. Kuswaya Wihardit. 1999. Perspektif Global. UT 3. Umi Oktyari R. (1998). Perspektif Global. Jakarta: Departemen P&K Dirjen Dikti
|
|
Pendukung |
|
1. A.M.W. Pranarka. 1996 S ~a 58SI. Pemberdayaan dan Demokratisasi. Jakarta Centre for Stratgic And International Studies. Hal 261 - 267. 2. Budi Winarno. 2004. Globalisasi Wujud Imperialisme Baru. Yogyakarta. Tajidu Press. 3. Khor, Martin. 2003. Globalisasi Perangkap Negara-negara Selatan. Yogyakarta. Cindelaras Pustaka Rakyat Cerdas. 4. Koentjaraningrat. (2003). Pengantar Antropologi I. Jakarta: Rineka Cipta. 5. Mukminan dkk. (2002). Dasar-dasar IPS. Yogyakarta: FIS UNY.
|
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar dan implementasi perspektif global dari berbagai ilmu, pengertian perspektif global, terjadinya proses globalisasi, ciri-ciri globalisasi, dampak dan peran globalisasi, dan berbagai isu global. Perspektif Global sebagai mata kuliah memberikan sebuah wacana bagi mahasiswa untuk berpikir secara global dan bertindak secara lokal tentang berbagai isu yang berkaitan dengan ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, lingkungan, agama, dan aspek kehidupan lainnya.
Learning Outcomes
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
|
|
CPL -1 (S4) |
Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. |
|
CPL-2 (S5) |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. |
|
CPL-3 (S11) |
Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam. |
|
CPL-4 (KU1) |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
|
CPL-5 (KK1g) |
Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |
|
CPL -6 (KK1.h |
Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran |
|
CPL– 7 (KK1j) |
Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain |
|
|
|
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|
|
CPMK-1 |
Mahasiswa dapat memahami konsep dasar dan implementasi perspektif global dari berbagai ilmu
|
|
CPMK-2 |
Mahasiswa dapat memahami pengertian perspektif global, terjadinya proses globalisasi, ciri-ciri globalisasi, dampak dan peran globalisasi, dan berbagai isu global.
|
|
CPMK-3 |
Mahasiswa dapat berpikir secara global dan bertindak secara lokal tentang berbagai isu yang berkaitan dengan ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, lingkungan, agama, dan aspek kehidupan lainnya
|
|
…… |
…….. |
|
CPL CPMK Sub- CPMK |
|
|
Sub-CPMK 1 |
Mahasiswa mampu memahami Hakikat dan Konsep Dasar Perspektif Global >> 1) Makna perspektif global; 2) Manfaat memahami perspektif global; 3) Ciri-ciri globalisasi. |
|
Sub-CPMK 2 |
Mahasiswa mampu memahami Pentingnya Kesadaran dan Wawasan Perspektif Global >> 1) Pentingnya kesadaran dalam perspektif global; 2) Pentingnya wawasan dalam perspektif global. |
|
Sub-CPMK 3 |
Mahasiswa mampu memahami Keanekaragaman penduduk dunia >> 1) Ragam Ras; 2) Ragam Budaya; 3) Ragam Ekonomi; 4) Ragam Politik; 5) Ragam Agama. |
|
Sub-CPMK 4 |
Mahasiswa mampu memahami Interaksi global dan adanya proses saling mempengaruhi >> 1) Perspektif global dalam konteks geografi; 2) Perspektif global dalam konteks sejarah; 3) Perspektif global dalam konteks antropologi; 4) Perspektif global dalam konteks sosiologi; 5) Perspektif global dalam konteks ekonomi; 6) Perspektif global dalam konteks transportasi; 7) Perspektif global dalam konteks komunikasi; 8) Perspektif global dalam konteks kerja sama internasional. |
|
Sub-CPMK 5 |
Mahasiswa mampu memahami Kesenjangan antara negara maju, berkembang, dan terbelakang >> 1) Ciri negara maju, berkembang, dan terbelakang; 2) Faktor penyebab terjadinya kesenjangan; 3) Dampak adanya kesenjangan antar ketiganya. |
|
Sub-CPMK 6 |
Mahasiswa mampu memahami Dampak-dampak Globalisasi >> 1) Dampak positif; 2) Dampak negatif. |
|
Sub-CPMK 7 |
Mahasiswa mampu memahami Isu-isu Global Masa Kini >> 1) Penduduk dan keluarga berencana; 2) Pembangunan; 3) Hak asasi manusia; 4) Imigrasi, emigrasi, dan pengungsian; 5) Kepemilikan bersama secara global; 6) Lingkungan hidup dan sumber daya alam; 7) Bahan pangan; 8) Perdamaian dan keamanan; 9) Ilmu pengetahuan dan teknologi. |
|
Sub-CPMK 8 |
Mahasiswa mampu memahami Model pembelajaran perspektif global di sekolah dasar >> 1) Hakikat pembelajaran perspektif global; 2) Penyusunan materi pembelajaran perspektif global; 3) Proses pembelajaran perspektif global. |
Utama |
|
1. Astrid S. Susanto Sunario. 1993 Globalisasi dan Komunikasi. Jakarta. Pustaka Sinar Harapan. 2. Nursid Sumaatmadja. Kuswaya Wihardit. 1999. Perspektif Global. UT 3. Umi Oktyari R. (1998). Perspektif Global. Jakarta: Departemen P&K Dirjen Dikti
|
|
Pendukung |
|
1. A.M.W. Pranarka. 1996 S ~a 58SI. Pemberdayaan dan Demokratisasi. Jakarta Centre for Stratgic And International Studies. Hal 261 - 267. 2. Budi Winarno. 2004. Globalisasi Wujud Imperialisme Baru. Yogyakarta. Tajidu Press. 3. Khor, Martin. 2003. Globalisasi Perangkap Negara-negara Selatan. Yogyakarta. Cindelaras Pustaka Rakyat Cerdas. 4. Koentjaraningrat. (2003). Pengantar Antropologi I. Jakarta: Rineka Cipta. 5. Mukminan dkk. (2002). Dasar-dasar IPS. Yogyakarta: FIS UNY.
|
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar dan implementasi perspektif global dari berbagai ilmu, pengertian perspektif global, terjadinya proses globalisasi, ciri-ciri globalisasi, dampak dan peran globalisasi, dan berbagai isu global. Perspektif Global sebagai mata kuliah memberikan sebuah wacana bagi mahasiswa untuk berpikir secara global dan bertindak secara lokal tentang berbagai isu yang berkaitan dengan ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, lingkungan, agama, dan aspek kehidupan lainnya.
Learning Outcomes
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
|
|
CPL -1 (S4) |
Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. |
|
CPL-2 (S5) |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. |
|
CPL-3 (S11) |
Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam. |
|
CPL-4 (KU1) |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
|
CPL-5 (KK1g) |
Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |
|
CPL -6 (KK1.h |
Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran |
|
CPL– 7 (KK1j) |
Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain |
|
|
|
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|
|
CPMK-1 |
Mahasiswa dapat memahami konsep dasar dan implementasi perspektif global dari berbagai ilmu
|
|
CPMK-2 |
Mahasiswa dapat memahami pengertian perspektif global, terjadinya proses globalisasi, ciri-ciri globalisasi, dampak dan peran globalisasi, dan berbagai isu global.
|
|
CPMK-3 |
Mahasiswa dapat berpikir secara global dan bertindak secara lokal tentang berbagai isu yang berkaitan dengan ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, lingkungan, agama, dan aspek kehidupan lainnya
|
|
…… |
…….. |
|
CPL CPMK Sub- CPMK |
|
|
Sub-CPMK 1 |
Mahasiswa mampu memahami Hakikat dan Konsep Dasar Perspektif Global >> 1) Makna perspektif global; 2) Manfaat memahami perspektif global; 3) Ciri-ciri globalisasi. |
|
Sub-CPMK 2 |
Mahasiswa mampu memahami Pentingnya Kesadaran dan Wawasan Perspektif Global >> 1) Pentingnya kesadaran dalam perspektif global; 2) Pentingnya wawasan dalam perspektif global. |
|
Sub-CPMK 3 |
Mahasiswa mampu memahami Keanekaragaman penduduk dunia >> 1) Ragam Ras; 2) Ragam Budaya; 3) Ragam Ekonomi; 4) Ragam Politik; 5) Ragam Agama. |
|
Sub-CPMK 4 |
Mahasiswa mampu memahami Interaksi global dan adanya proses saling mempengaruhi >> 1) Perspektif global dalam konteks geografi; 2) Perspektif global dalam konteks sejarah; 3) Perspektif global dalam konteks antropologi; 4) Perspektif global dalam konteks sosiologi; 5) Perspektif global dalam konteks ekonomi; 6) Perspektif global dalam konteks transportasi; 7) Perspektif global dalam konteks komunikasi; 8) Perspektif global dalam konteks kerja sama internasional. |
|
Sub-CPMK 5 |
Mahasiswa mampu memahami Kesenjangan antara negara maju, berkembang, dan terbelakang >> 1) Ciri negara maju, berkembang, dan terbelakang; 2) Faktor penyebab terjadinya kesenjangan; 3) Dampak adanya kesenjangan antar ketiganya. |
|
Sub-CPMK 6 |
Mahasiswa mampu memahami Dampak-dampak Globalisasi >> 1) Dampak positif; 2) Dampak negatif. |
|
Sub-CPMK 7 |
Mahasiswa mampu memahami Isu-isu Global Masa Kini >> 1) Penduduk dan keluarga berencana; 2) Pembangunan; 3) Hak asasi manusia; 4) Imigrasi, emigrasi, dan pengungsian; 5) Kepemilikan bersama secara global; 6) Lingkungan hidup dan sumber daya alam; 7) Bahan pangan; 8) Perdamaian dan keamanan; 9) Ilmu pengetahuan dan teknologi. |
|
Sub-CPMK 8 |
Mahasiswa mampu memahami Model pembelajaran perspektif global di sekolah dasar >> 1) Hakikat pembelajaran perspektif global; 2) Penyusunan materi pembelajaran perspektif global; 3) Proses pembelajaran perspektif global. |
Utama |
|
1. Astrid S. Susanto Sunario. 1993 Globalisasi dan Komunikasi. Jakarta. Pustaka Sinar Harapan. 2. Nursid Sumaatmadja. Kuswaya Wihardit. 1999. Perspektif Global. UT 3. Umi Oktyari R. (1998). Perspektif Global. Jakarta: Departemen P&K Dirjen Dikti
|
|
Pendukung |
|
1. A.M.W. Pranarka. 1996 S ~a 58SI. Pemberdayaan dan Demokratisasi. Jakarta Centre for Stratgic And International Studies. Hal 261 - 267. 2. Budi Winarno. 2004. Globalisasi Wujud Imperialisme Baru. Yogyakarta. Tajidu Press. 3. Khor, Martin. 2003. Globalisasi Perangkap Negara-negara Selatan. Yogyakarta. Cindelaras Pustaka Rakyat Cerdas. 4. Koentjaraningrat. (2003). Pengantar Antropologi I. Jakarta: Rineka Cipta. 5. Mukminan dkk. (2002). Dasar-dasar IPS. Yogyakarta: FIS UNY.
|
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar dan implementasi perspektif global dari berbagai ilmu, pengertian perspektif global, terjadinya proses globalisasi, ciri-ciri globalisasi, dampak dan peran globalisasi, dan berbagai isu global. Perspektif Global sebagai mata kuliah memberikan sebuah wacana bagi mahasiswa untuk berpikir secara global dan bertindak secara lokal tentang berbagai isu yang berkaitan dengan ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, lingkungan, agama, dan aspek kehidupan lainnya.
Learning Outcomes
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
|
|
CPL -1 (S4) |
Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. |
|
CPL-2 (S5) |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. |
|
CPL-3 (S11) |
Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam. |
|
CPL-4 (KU1) |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
|
CPL-5 (KK1g) |
Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |
|
CPL -6 (KK1.h |
Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran |
|
CPL– 7 (KK1j) |
Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain |
|
|
|
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|
|
CPMK-1 |
Mahasiswa dapat memahami konsep dasar dan implementasi perspektif global dari berbagai ilmu
|
|
CPMK-2 |
Mahasiswa dapat memahami pengertian perspektif global, terjadinya proses globalisasi, ciri-ciri globalisasi, dampak dan peran globalisasi, dan berbagai isu global.
|
|
CPMK-3 |
Mahasiswa dapat berpikir secara global dan bertindak secara lokal tentang berbagai isu yang berkaitan dengan ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, lingkungan, agama, dan aspek kehidupan lainnya
|
|
…… |
…….. |
|
CPL CPMK Sub- CPMK |
|
|
Sub-CPMK 1 |
Mahasiswa mampu memahami Hakikat dan Konsep Dasar Perspektif Global >> 1) Makna perspektif global; 2) Manfaat memahami perspektif global; 3) Ciri-ciri globalisasi. |
|
Sub-CPMK 2 |
Mahasiswa mampu memahami Pentingnya Kesadaran dan Wawasan Perspektif Global >> 1) Pentingnya kesadaran dalam perspektif global; 2) Pentingnya wawasan dalam perspektif global. |
|
Sub-CPMK 3 |
Mahasiswa mampu memahami Keanekaragaman penduduk dunia >> 1) Ragam Ras; 2) Ragam Budaya; 3) Ragam Ekonomi; 4) Ragam Politik; 5) Ragam Agama. |
|
Sub-CPMK 4 |
Mahasiswa mampu memahami Interaksi global dan adanya proses saling mempengaruhi >> 1) Perspektif global dalam konteks geografi; 2) Perspektif global dalam konteks sejarah; 3) Perspektif global dalam konteks antropologi; 4) Perspektif global dalam konteks sosiologi; 5) Perspektif global dalam konteks ekonomi; 6) Perspektif global dalam konteks transportasi; 7) Perspektif global dalam konteks komunikasi; 8) Perspektif global dalam konteks kerja sama internasional. |
|
Sub-CPMK 5 |
Mahasiswa mampu memahami Kesenjangan antara negara maju, berkembang, dan terbelakang >> 1) Ciri negara maju, berkembang, dan terbelakang; 2) Faktor penyebab terjadinya kesenjangan; 3) Dampak adanya kesenjangan antar ketiganya. |
|
Sub-CPMK 6 |
Mahasiswa mampu memahami Dampak-dampak Globalisasi >> 1) Dampak positif; 2) Dampak negatif. |
|
Sub-CPMK 7 |
Mahasiswa mampu memahami Isu-isu Global Masa Kini >> 1) Penduduk dan keluarga berencana; 2) Pembangunan; 3) Hak asasi manusia; 4) Imigrasi, emigrasi, dan pengungsian; 5) Kepemilikan bersama secara global; 6) Lingkungan hidup dan sumber daya alam; 7) Bahan pangan; 8) Perdamaian dan keamanan; 9) Ilmu pengetahuan dan teknologi. |
|
Sub-CPMK 8 |
Mahasiswa mampu memahami Model pembelajaran perspektif global di sekolah dasar >> 1) Hakikat pembelajaran perspektif global; 2) Penyusunan materi pembelajaran perspektif global; 3) Proses pembelajaran perspektif global. |
Utama |
|
1. Astrid S. Susanto Sunario. 1993 Globalisasi dan Komunikasi. Jakarta. Pustaka Sinar Harapan. 2. Nursid Sumaatmadja. Kuswaya Wihardit. 1999. Perspektif Global. UT 3. Umi Oktyari R. (1998). Perspektif Global. Jakarta: Departemen P&K Dirjen Dikti
|
|
Pendukung |
|
1. A.M.W. Pranarka. 1996 S ~a 58SI. Pemberdayaan dan Demokratisasi. Jakarta Centre for Stratgic And International Studies. Hal 261 - 267. 2. Budi Winarno. 2004. Globalisasi Wujud Imperialisme Baru. Yogyakarta. Tajidu Press. 3. Khor, Martin. 2003. Globalisasi Perangkap Negara-negara Selatan. Yogyakarta. Cindelaras Pustaka Rakyat Cerdas. 4. Koentjaraningrat. (2003). Pengantar Antropologi I. Jakarta: Rineka Cipta. 5. Mukminan dkk. (2002). Dasar-dasar IPS. Yogyakarta: FIS UNY.
|
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar dan implementasi perspektif global dari berbagai ilmu, pengertian perspektif global, terjadinya proses globalisasi, ciri-ciri globalisasi, dampak dan peran globalisasi, dan berbagai isu global. Perspektif Global sebagai mata kuliah memberikan sebuah wacana bagi mahasiswa untuk berpikir secara global dan bertindak secara lokal tentang berbagai isu yang berkaitan dengan ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, lingkungan, agama, dan aspek kehidupan lainnya.
Learning Outcomes
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
|
|
CPL -1 (S4) |
Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. |
|
CPL-2 (S5) |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. |
|
CPL-3 (S11) |
Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam. |
|
CPL-4 (KU1) |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
|
CPL-5 (KK1g) |
Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |
|
CPL -6 (KK1.h |
Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran |
|
CPL– 7 (KK1j) |
Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain |
|
|
|
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|
|
CPMK-1 |
Mahasiswa dapat memahami konsep dasar dan implementasi perspektif global dari berbagai ilmu
|
|
CPMK-2 |
Mahasiswa dapat memahami pengertian perspektif global, terjadinya proses globalisasi, ciri-ciri globalisasi, dampak dan peran globalisasi, dan berbagai isu global.
|
|
CPMK-3 |
Mahasiswa dapat berpikir secara global dan bertindak secara lokal tentang berbagai isu yang berkaitan dengan ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, lingkungan, agama, dan aspek kehidupan lainnya
|
|
…… |
…….. |
|
CPL CPMK Sub- CPMK |
|
|
Sub-CPMK 1 |
Mahasiswa mampu memahami Hakikat dan Konsep Dasar Perspektif Global >> 1) Makna perspektif global; 2) Manfaat memahami perspektif global; 3) Ciri-ciri globalisasi. |
|
Sub-CPMK 2 |
Mahasiswa mampu memahami Pentingnya Kesadaran dan Wawasan Perspektif Global >> 1) Pentingnya kesadaran dalam perspektif global; 2) Pentingnya wawasan dalam perspektif global. |
|
Sub-CPMK 3 |
Mahasiswa mampu memahami Keanekaragaman penduduk dunia >> 1) Ragam Ras; 2) Ragam Budaya; 3) Ragam Ekonomi; 4) Ragam Politik; 5) Ragam Agama. |
|
Sub-CPMK 4 |
Mahasiswa mampu memahami Interaksi global dan adanya proses saling mempengaruhi >> 1) Perspektif global dalam konteks geografi; 2) Perspektif global dalam konteks sejarah; 3) Perspektif global dalam konteks antropologi; 4) Perspektif global dalam konteks sosiologi; 5) Perspektif global dalam konteks ekonomi; 6) Perspektif global dalam konteks transportasi; 7) Perspektif global dalam konteks komunikasi; 8) Perspektif global dalam konteks kerja sama internasional. |
|
Sub-CPMK 5 |
Mahasiswa mampu memahami Kesenjangan antara negara maju, berkembang, dan terbelakang >> 1) Ciri negara maju, berkembang, dan terbelakang; 2) Faktor penyebab terjadinya kesenjangan; 3) Dampak adanya kesenjangan antar ketiganya. |
|
Sub-CPMK 6 |
Mahasiswa mampu memahami Dampak-dampak Globalisasi >> 1) Dampak positif; 2) Dampak negatif. |
|
Sub-CPMK 7 |
Mahasiswa mampu memahami Isu-isu Global Masa Kini >> 1) Penduduk dan keluarga berencana; 2) Pembangunan; 3) Hak asasi manusia; 4) Imigrasi, emigrasi, dan pengungsian; 5) Kepemilikan bersama secara global; 6) Lingkungan hidup dan sumber daya alam; 7) Bahan pangan; 8) Perdamaian dan keamanan; 9) Ilmu pengetahuan dan teknologi. |
|
Sub-CPMK 8 |
Mahasiswa mampu memahami Model pembelajaran perspektif global di sekolah dasar >> 1) Hakikat pembelajaran perspektif global; 2) Penyusunan materi pembelajaran perspektif global; 3) Proses pembelajaran perspektif global. |
Utama |
|
1. Astrid S. Susanto Sunario. 1993 Globalisasi dan Komunikasi. Jakarta. Pustaka Sinar Harapan. 2. Nursid Sumaatmadja. Kuswaya Wihardit. 1999. Perspektif Global. UT 3. Umi Oktyari R. (1998). Perspektif Global. Jakarta: Departemen P&K Dirjen Dikti
|
|
Pendukung |
|
1. A.M.W. Pranarka. 1996 S ~a 58SI. Pemberdayaan dan Demokratisasi. Jakarta Centre for Stratgic And International Studies. Hal 261 - 267. 2. Budi Winarno. 2004. Globalisasi Wujud Imperialisme Baru. Yogyakarta. Tajidu Press. 3. Khor, Martin. 2003. Globalisasi Perangkap Negara-negara Selatan. Yogyakarta. Cindelaras Pustaka Rakyat Cerdas. 4. Koentjaraningrat. (2003). Pengantar Antropologi I. Jakarta: Rineka Cipta. 5. Mukminan dkk. (2002). Dasar-dasar IPS. Yogyakarta: FIS UNY.
|
Details ...