Courser in English | E-COMMERCE |
Program | Manajemen |
SKS | 3 SKS |
RPS | 27 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mengajarkan bagaimana melakukan bisnis online dan bagaimana mengelola masalah teknologi yang terkait dengan pembangunan situs web perdagangan elektronik. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana penerapan teknologi dapat melibatkan pemegang kartu, pedagang, penerbit, gateway pembayaran, dan pihak lain dalam transaksi elektronik. Disamping itu juga menyajikan konsep dan keterampilan untuk penggunaan strategis e-commerce dan teknologi informasi terkait dari tiga perspektif: bisnis ke konsumen (B2C), bisnis-ke-bisnis (B2B), dan intra-organisasi dan peran e-commerce dalam mengubah struktur seluruh industri, dan bagaimana pengaruhnya terhadap proses bisnis termasuk transaksi elektronik, rantai pasokan, pengambilan keputusan dan kinerja organisasi.
Learning Outcomes
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
||||||
Sikap (S) |
(S9) Mahasiswa mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
|||||
Pengetahuan (P) |
(P1) Mahasiswa mampu menguasai dengan benar konsep dan metode keilmuan yang menaungi substansi bidang Bisnis Digital meliputi perencanaan, penciptaan, pengembangan, pemodelan usaha, serta kreativitas dan inovasi. (P5) Mahasiswa mampu menguasai dengan benar konsep dan prinsip integrasi sistem informasi/ teknologi informasi ke dalam proses Bisnis Digital |
|||||
Keterampilan Umum (KU) |
(KU4) Mahasiswa mampu menganalisis keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah |
|||||
Keterampilan Khusus (KK) |
(KK2) Mahasiswa mampu menganalisa dan mendesain solusi strategis dan alternatif terkait dengan permasalahan di bidang Bisnis Digital |
|||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
||||||
CPMK-1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep e-business dan e-commerce |
|||||
CPMK-2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi dan kegunaan e-commerce |
|||||
CPMK-3 |
Mahasiswa mampu membandingkan proses bisnis dan model bisnis e-commerce |
|||||
CPMK-4 |
Mahasiswa mampu membuat strategi pemasaran digital untuk toko online di e-commerce |
|||||
CPMK-5 |
Mahasiswa membuat toko online di e-commerce marketplace |
|||||
CPMK-6 |
Mahasiswa mengoperasikan kegiatan perdagangan digital (e-commerce) |
Romindo, dkk. E-Commerce: Implementasi, Strategi dan Inovasinya, Kita Menulis, 2019
Details ...
Mata kuliah ini mengajarkan bagaimana melakukan bisnis online dan bagaimana mengelola masalah teknologi yang terkait dengan pembangunan situs web perdagangan elektronik. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana penerapan teknologi dapat melibatkan pemegang kartu, pedagang, penerbit, gateway pembayaran, dan pihak lain dalam transaksi elektronik. Disamping itu juga menyajikan konsep dan keterampilan untuk penggunaan strategis e-commerce dan teknologi informasi terkait dari tiga perspektif: bisnis ke konsumen (B2C), bisnis-ke-bisnis (B2B), dan intra-organisasi dan peran e-commerce dalam mengubah struktur seluruh industri, dan bagaimana pengaruhnya terhadap proses bisnis termasuk transaksi elektronik, rantai pasokan, pengambilan keputusan dan kinerja organisasi.
Learning Outcomes
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
||||||
Sikap (S) |
(S9) Mahasiswa mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
|||||
Pengetahuan (P) |
(P1) Mahasiswa mampu menguasai dengan benar konsep dan metode keilmuan yang menaungi substansi bidang Bisnis Digital meliputi perencanaan, penciptaan, pengembangan, pemodelan usaha, serta kreativitas dan inovasi. (P5) Mahasiswa mampu menguasai dengan benar konsep dan prinsip integrasi sistem informasi/ teknologi informasi ke dalam proses Bisnis Digital |
|||||
Keterampilan Umum (KU) |
(KU4) Mahasiswa mampu menganalisis keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah |
|||||
Keterampilan Khusus (KK) |
(KK2) Mahasiswa mampu menganalisa dan mendesain solusi strategis dan alternatif terkait dengan permasalahan di bidang Bisnis Digital |
|||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
||||||
CPMK-1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep e-business dan e-commerce |
|||||
CPMK-2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi dan kegunaan e-commerce |
|||||
CPMK-3 |
Mahasiswa mampu membandingkan proses bisnis dan model bisnis e-commerce |
|||||
CPMK-4 |
Mahasiswa mampu membuat strategi pemasaran digital untuk toko online di e-commerce |
|||||
CPMK-5 |
Mahasiswa membuat toko online di e-commerce marketplace |
|||||
CPMK-6 |
Mahasiswa mengoperasikan kegiatan perdagangan digital (e-commerce) |
Romindo, dkk. E-Commerce: Implementasi, Strategi dan Inovasinya, Kita Menulis, 2019
Details ...
Mata kuliah ini mengajarkan bagaimana melakukan bisnis online dan bagaimana mengelola masalah teknologi yang terkait dengan pembangunan situs web perdagangan elektronik. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana penerapan teknologi dapat melibatkan pemegang kartu, pedagang, penerbit, gateway pembayaran, dan pihak lain dalam transaksi elektronik. Disamping itu juga menyajikan konsep dan keterampilan untuk penggunaan strategis e-commerce dan teknologi informasi terkait dari tiga perspektif: bisnis ke konsumen (B2C), bisnis-ke-bisnis (B2B), dan intra-organisasi dan peran e-commerce dalam mengubah struktur seluruh industri, dan bagaimana pengaruhnya terhadap proses bisnis termasuk transaksi elektronik, rantai pasokan, pengambilan keputusan dan kinerja organisasi.
Learning Outcomes
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
||||||
Sikap (S) |
(S9) Mahasiswa mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
|||||
Pengetahuan (P) |
(P1) Mahasiswa mampu menguasai dengan benar konsep dan metode keilmuan yang menaungi substansi bidang Bisnis Digital meliputi perencanaan, penciptaan, pengembangan, pemodelan usaha, serta kreativitas dan inovasi. (P5) Mahasiswa mampu menguasai dengan benar konsep dan prinsip integrasi sistem informasi/ teknologi informasi ke dalam proses Bisnis Digital |
|||||
Keterampilan Umum (KU) |
(KU4) Mahasiswa mampu menganalisis keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah |
|||||
Keterampilan Khusus (KK) |
(KK2) Mahasiswa mampu menganalisa dan mendesain solusi strategis dan alternatif terkait dengan permasalahan di bidang Bisnis Digital |
|||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
||||||
CPMK-1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep e-business dan e-commerce |
|||||
CPMK-2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi dan kegunaan e-commerce |
|||||
CPMK-3 |
Mahasiswa mampu membandingkan proses bisnis dan model bisnis e-commerce |
|||||
CPMK-4 |
Mahasiswa mampu membuat strategi pemasaran digital untuk toko online di e-commerce |
|||||
CPMK-5 |
Mahasiswa membuat toko online di e-commerce marketplace |
|||||
CPMK-6 |
Mahasiswa mengoperasikan kegiatan perdagangan digital (e-commerce) |
Romindo, dkk. E-Commerce: Implementasi, Strategi dan Inovasinya, Kita Menulis, 2019
Details ...
Mata kuliah ini mengajarkan bagaimana melakukan bisnis online dan bagaimana mengelola masalah teknologi yang terkait dengan pembangunan situs web perdagangan elektronik. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana penerapan teknologi dapat melibatkan pemegang kartu, pedagang, penerbit, gateway pembayaran, dan pihak lain dalam transaksi elektronik. Disamping itu juga menyajikan konsep dan keterampilan untuk penggunaan strategis e-commerce dan teknologi informasi terkait dari tiga perspektif: bisnis ke konsumen (B2C), bisnis-ke-bisnis (B2B), dan intra-organisasi dan peran e-commerce dalam mengubah struktur seluruh industri, dan bagaimana pengaruhnya terhadap proses bisnis termasuk transaksi elektronik, rantai pasokan, pengambilan keputusan dan kinerja organisasi.
Learning Outcomes
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
||||||
Sikap (S) |
(S9) Mahasiswa mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
|||||
Pengetahuan (P) |
(P1) Mahasiswa mampu menguasai dengan benar konsep dan metode keilmuan yang menaungi substansi bidang Bisnis Digital meliputi perencanaan, penciptaan, pengembangan, pemodelan usaha, serta kreativitas dan inovasi. (P5) Mahasiswa mampu menguasai dengan benar konsep dan prinsip integrasi sistem informasi/ teknologi informasi ke dalam proses Bisnis Digital |
|||||
Keterampilan Umum (KU) |
(KU4) Mahasiswa mampu menganalisis keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah |
|||||
Keterampilan Khusus (KK) |
(KK2) Mahasiswa mampu menganalisa dan mendesain solusi strategis dan alternatif terkait dengan permasalahan di bidang Bisnis Digital |
|||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
||||||
CPMK-1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep e-business dan e-commerce |
|||||
CPMK-2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi dan kegunaan e-commerce |
|||||
CPMK-3 |
Mahasiswa mampu membandingkan proses bisnis dan model bisnis e-commerce |
|||||
CPMK-4 |
Mahasiswa mampu membuat strategi pemasaran digital untuk toko online di e-commerce |
|||||
CPMK-5 |
Mahasiswa membuat toko online di e-commerce marketplace |
|||||
CPMK-6 |
Mahasiswa mengoperasikan kegiatan perdagangan digital (e-commerce) |
Romindo, dkk. E-Commerce: Implementasi, Strategi dan Inovasinya, Kita Menulis, 2019
Details ...
Mata kuliah ini mengajarkan bagaimana melakukan bisnis online dan bagaimana mengelola masalah teknologi yang terkait dengan pembangunan situs web perdagangan elektronik. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana penerapan teknologi dapat melibatkan pemegang kartu, pedagang, penerbit, gateway pembayaran, dan pihak lain dalam transaksi elektronik. Disamping itu juga menyajikan konsep dan keterampilan untuk penggunaan strategis e-commerce dan teknologi informasi terkait dari tiga perspektif: bisnis ke konsumen (B2C), bisnis-ke-bisnis (B2B), dan intra-organisasi dan peran e-commerce dalam mengubah struktur seluruh industri, dan bagaimana pengaruhnya terhadap proses bisnis termasuk transaksi elektronik, rantai pasokan, pengambilan keputusan dan kinerja organisasi.
Learning Outcomes
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
||||||
Sikap (S) |
(S9) Mahasiswa mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
|||||
Pengetahuan (P) |
(P1) Mahasiswa mampu menguasai dengan benar konsep dan metode keilmuan yang menaungi substansi bidang Bisnis Digital meliputi perencanaan, penciptaan, pengembangan, pemodelan usaha, serta kreativitas dan inovasi. (P5) Mahasiswa mampu menguasai dengan benar konsep dan prinsip integrasi sistem informasi/ teknologi informasi ke dalam proses Bisnis Digital |
|||||
Keterampilan Umum (KU) |
(KU4) Mahasiswa mampu menganalisis keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah |
|||||
Keterampilan Khusus (KK) |
(KK2) Mahasiswa mampu menganalisa dan mendesain solusi strategis dan alternatif terkait dengan permasalahan di bidang Bisnis Digital |
|||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
||||||
CPMK-1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep e-business dan e-commerce |
|||||
CPMK-2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi dan kegunaan e-commerce |
|||||
CPMK-3 |
Mahasiswa mampu membandingkan proses bisnis dan model bisnis e-commerce |
|||||
CPMK-4 |
Mahasiswa mampu membuat strategi pemasaran digital untuk toko online di e-commerce |
|||||
CPMK-5 |
Mahasiswa membuat toko online di e-commerce marketplace |
|||||
CPMK-6 |
Mahasiswa mengoperasikan kegiatan perdagangan digital (e-commerce) |
Romindo, dkk. E-Commerce: Implementasi, Strategi dan Inovasinya, Kita Menulis, 2019
Details ...
Mata kuliah ini mengajarkan bagaimana melakukan bisnis online dan bagaimana mengelola masalah teknologi yang terkait dengan pembangunan situs web perdagangan elektronik. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana penerapan teknologi dapat melibatkan pemegang kartu, pedagang, penerbit, gateway pembayaran, dan pihak lain dalam transaksi elektronik. Disamping itu juga menyajikan konsep dan keterampilan untuk penggunaan strategis e-commerce dan teknologi informasi terkait dari tiga perspektif: bisnis ke konsumen (B2C), bisnis-ke-bisnis (B2B), dan intra-organisasi dan peran e-commerce dalam mengubah struktur seluruh industri, dan bagaimana pengaruhnya terhadap proses bisnis termasuk transaksi elektronik, rantai pasokan, pengambilan keputusan dan kinerja organisasi.
Learning Outcomes
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
||||||
Sikap (S) |
(S9) Mahasiswa mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
|||||
Pengetahuan (P) |
(P1) Mahasiswa mampu menguasai dengan benar konsep dan metode keilmuan yang menaungi substansi bidang Bisnis Digital meliputi perencanaan, penciptaan, pengembangan, pemodelan usaha, serta kreativitas dan inovasi. (P5) Mahasiswa mampu menguasai dengan benar konsep dan prinsip integrasi sistem informasi/ teknologi informasi ke dalam proses Bisnis Digital |
|||||
Keterampilan Umum (KU) |
(KU4) Mahasiswa mampu menganalisis keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah |
|||||
Keterampilan Khusus (KK) |
(KK2) Mahasiswa mampu menganalisa dan mendesain solusi strategis dan alternatif terkait dengan permasalahan di bidang Bisnis Digital |
|||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
||||||
CPMK-1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep e-business dan e-commerce |
|||||
CPMK-2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi dan kegunaan e-commerce |
|||||
CPMK-3 |
Mahasiswa mampu membandingkan proses bisnis dan model bisnis e-commerce |
|||||
CPMK-4 |
Mahasiswa mampu membuat strategi pemasaran digital untuk toko online di e-commerce |
|||||
CPMK-5 |
Mahasiswa membuat toko online di e-commerce marketplace |
|||||
CPMK-6 |
Mahasiswa mengoperasikan kegiatan perdagangan digital (e-commerce) |
Romindo, dkk. E-Commerce: Implementasi, Strategi dan Inovasinya, Kita Menulis, 2019
Details ...
Mata kuliah ini mengajarkan bagaimana melakukan bisnis online dan bagaimana mengelola masalah teknologi yang terkait dengan pembangunan situs web perdagangan elektronik. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana penerapan teknologi dapat melibatkan pemegang kartu, pedagang, penerbit, gateway pembayaran, dan pihak lain dalam transaksi elektronik. Disamping itu juga menyajikan konsep dan keterampilan untuk penggunaan strategis e-commerce dan teknologi informasi terkait dari tiga perspektif: bisnis ke konsumen (B2C), bisnis-ke-bisnis (B2B), dan intra-organisasi dan peran e-commerce dalam mengubah struktur seluruh industri, dan bagaimana pengaruhnya terhadap proses bisnis termasuk transaksi elektronik, rantai pasokan, pengambilan keputusan dan kinerja organisasi.
Learning Outcomes
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
||||||
Sikap (S) |
(S9) Mahasiswa mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
|||||
Pengetahuan (P) |
(P1) Mahasiswa mampu menguasai dengan benar konsep dan metode keilmuan yang menaungi substansi bidang Bisnis Digital meliputi perencanaan, penciptaan, pengembangan, pemodelan usaha, serta kreativitas dan inovasi. (P5) Mahasiswa mampu menguasai dengan benar konsep dan prinsip integrasi sistem informasi/ teknologi informasi ke dalam proses Bisnis Digital |
|||||
Keterampilan Umum (KU) |
(KU4) Mahasiswa mampu menganalisis keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah |
|||||
Keterampilan Khusus (KK) |
(KK2) Mahasiswa mampu menganalisa dan mendesain solusi strategis dan alternatif terkait dengan permasalahan di bidang Bisnis Digital |
|||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
||||||
CPMK-1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep e-business dan e-commerce |
|||||
CPMK-2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi dan kegunaan e-commerce |
|||||
CPMK-3 |
Mahasiswa mampu membandingkan proses bisnis dan model bisnis e-commerce |
|||||
CPMK-4 |
Mahasiswa mampu membuat strategi pemasaran digital untuk toko online di e-commerce |
|||||
CPMK-5 |
Mahasiswa membuat toko online di e-commerce marketplace |
|||||
CPMK-6 |
Mahasiswa mengoperasikan kegiatan perdagangan digital (e-commerce) |
Romindo, dkk. E-Commerce: Implementasi, Strategi dan Inovasinya, Kita Menulis, 2019
Details ...
Mata kuliah ini mengajarkan bagaimana melakukan bisnis online dan bagaimana mengelola masalah teknologi yang terkait dengan pembangunan situs web perdagangan elektronik. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana penerapan teknologi dapat melibatkan pemegang kartu, pedagang, penerbit, gateway pembayaran, dan pihak lain dalam transaksi elektronik. Disamping itu juga menyajikan konsep dan keterampilan untuk penggunaan strategis e-commerce dan teknologi informasi terkait dari tiga perspektif: bisnis ke konsumen (B2C), bisnis-ke-bisnis (B2B), dan intra-organisasi dan peran e-commerce dalam mengubah struktur seluruh industri, dan bagaimana pengaruhnya terhadap proses bisnis termasuk transaksi elektronik, rantai pasokan, pengambilan keputusan dan kinerja organisasi.
Learning Outcomes
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
||||||
Sikap (S) |
(S9) Mahasiswa mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
|||||
Pengetahuan (P) |
(P1) Mahasiswa mampu menguasai dengan benar konsep dan metode keilmuan yang menaungi substansi bidang Bisnis Digital meliputi perencanaan, penciptaan, pengembangan, pemodelan usaha, serta kreativitas dan inovasi. (P5) Mahasiswa mampu menguasai dengan benar konsep dan prinsip integrasi sistem informasi/ teknologi informasi ke dalam proses Bisnis Digital |
|||||
Keterampilan Umum (KU) |
(KU4) Mahasiswa mampu menganalisis keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah |
|||||
Keterampilan Khusus (KK) |
(KK2) Mahasiswa mampu menganalisa dan mendesain solusi strategis dan alternatif terkait dengan permasalahan di bidang Bisnis Digital |
|||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
||||||
CPMK-1 |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep e-business dan e-commerce |
|||||
CPMK-2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan fungsi dan kegunaan e-commerce |
|||||
CPMK-3 |
Mahasiswa mampu membandingkan proses bisnis dan model bisnis e-commerce |
|||||
CPMK-4 |
Mahasiswa mampu membuat strategi pemasaran digital untuk toko online di e-commerce |
|||||
CPMK-5 |
Mahasiswa membuat toko online di e-commerce marketplace |
|||||
CPMK-6 |
Mahasiswa mengoperasikan kegiatan perdagangan digital (e-commerce) |
Romindo, dkk. E-Commerce: Implementasi, Strategi dan Inovasinya, Kita Menulis, 2019
Details ...
Matakuliah ini memberikan gambaran menyeluruh mengenai bisnis digital dan e-commerce, yang mencakup topik-topik seperti mendefinisikan konsep-konsep utama, alasan adopsi dan hambatan adopsi, mengelola bisnis digital, analisis pasar, model bisnis dan pendapatan, infrastruktur teknologi, kualitas layanan, faktor lingkungan makro, pertimbangan hukum dan etika, pendekatan strategis, manajemen rantai pasok, sistem informasi, pengadaan elektronik, pemasaran digital, akuisisi dan retensi pelanggan, serta penggunaan media digital yang efektif untuk pemasaran dan keterlibatan pelanggan. Kursus ini menawarkan wawasan dan strategi yang berharga bagi individu dan organisasi yang ingin sukses dalam lanskap bisnis digital, dengan fokus pada perusahaan rintisan online.
Learning OutcomesMahasiswa diharapkan mampu mendefinisikan konsep-konsep utama e-commerce, merangkum alasan dan hambatan adopsi, menganalisis dinamika pasar, mengevaluasi model bisnis, menilai infrastruktur teknologi, mengelola kualitas layanan, mempertimbangkan faktor lingkungan makro, menangani aspek hukum dan etika, dan menyusun strategi untuk kesuksesan bisnis digital. Selain itu juga mencakup manajemen rantai pasokan, sistem informasi, e-procurement, pemasaran digital, akuisisi pelanggan, retensi pelanggan, dan metode komunikasi.
ReferencesBelew, S. B., & Elad, J. (2017). Starting An Online Business All-In-One For Dummies®, 5th Edition. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.,.
Chaffey, D. (2015). Digital Business And E-Commerce Management Strategy, Implementation And Practice Sixth Edition. Edinburgh Gate: Pearson Education Limited.
Roberts , M. L., & Zahay, D. (2013). Internet Marketing: Integrating Online And Offline Strategies, Third Edition. South-Western. : Cengage Learning.
Nugraha, AEP, Wahyuhastuti, N. (2017). Start up digital business: sebagai solusi penggerak wirausaha muda. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis. Vol.2.No.1
Details ...
Matakuliah ini memberikan gambaran menyeluruh mengenai bisnis digital dan e-commerce, yang mencakup topik-topik seperti mendefinisikan konsep-konsep utama, alasan adopsi dan hambatan adopsi, mengelola bisnis digital, analisis pasar, model bisnis dan pendapatan, infrastruktur teknologi, kualitas layanan, faktor lingkungan makro, pertimbangan hukum dan etika, pendekatan strategis, manajemen rantai pasok, sistem informasi, pengadaan elektronik, pemasaran digital, akuisisi dan retensi pelanggan, serta penggunaan media digital yang efektif untuk pemasaran dan keterlibatan pelanggan. Kursus ini menawarkan wawasan dan strategi yang berharga bagi individu dan organisasi yang ingin sukses dalam lanskap bisnis digital, dengan fokus pada perusahaan rintisan online.
Learning OutcomesMahasiswa diharapkan mampu mendefinisikan konsep-konsep utama e-commerce, merangkum alasan dan hambatan adopsi, menganalisis dinamika pasar, mengevaluasi model bisnis, menilai infrastruktur teknologi, mengelola kualitas layanan, mempertimbangkan faktor lingkungan makro, menangani aspek hukum dan etika, dan menyusun strategi untuk kesuksesan bisnis digital. Selain itu juga mencakup manajemen rantai pasokan, sistem informasi, e-procurement, pemasaran digital, akuisisi pelanggan, retensi pelanggan, dan metode komunikasi.
ReferencesBelew, S. B., & Elad, J. (2017). Starting An Online Business All-In-One For Dummies®, 5th Edition. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.,.
Chaffey, D. (2015). Digital Business And E-Commerce Management Strategy, Implementation And Practice Sixth Edition. Edinburgh Gate: Pearson Education Limited.
Roberts , M. L., & Zahay, D. (2013). Internet Marketing: Integrating Online And Offline Strategies, Third Edition. South-Western. : Cengage Learning.
Nugraha, AEP, Wahyuhastuti, N. (2017). Start up digital business: sebagai solusi penggerak wirausaha muda. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis. Vol.2.No.1
Details ...
Matakuliah ini memberikan gambaran menyeluruh mengenai bisnis digital dan e-commerce, yang mencakup topik-topik seperti mendefinisikan konsep-konsep utama, alasan adopsi dan hambatan adopsi, mengelola bisnis digital, analisis pasar, model bisnis dan pendapatan, infrastruktur teknologi, kualitas layanan, faktor lingkungan makro, pertimbangan hukum dan etika, pendekatan strategis, manajemen rantai pasok, sistem informasi, pengadaan elektronik, pemasaran digital, akuisisi dan retensi pelanggan, serta penggunaan media digital yang efektif untuk pemasaran dan keterlibatan pelanggan. Kursus ini menawarkan wawasan dan strategi yang berharga bagi individu dan organisasi yang ingin sukses dalam lanskap bisnis digital, dengan fokus pada perusahaan rintisan online.
Learning OutcomesMahasiswa diharapkan mampu mendefinisikan konsep-konsep utama e-commerce, merangkum alasan dan hambatan adopsi, menganalisis dinamika pasar, mengevaluasi model bisnis, menilai infrastruktur teknologi, mengelola kualitas layanan, mempertimbangkan faktor lingkungan makro, menangani aspek hukum dan etika, dan menyusun strategi untuk kesuksesan bisnis digital. Selain itu juga mencakup manajemen rantai pasokan, sistem informasi, e-procurement, pemasaran digital, akuisisi pelanggan, retensi pelanggan, dan metode komunikasi.
ReferencesBelew, S. B., & Elad, J. (2017). Starting An Online Business All-In-One For Dummies®, 5th Edition. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.,.
Chaffey, D. (2015). Digital Business And E-Commerce Management Strategy, Implementation And Practice Sixth Edition. Edinburgh Gate: Pearson Education Limited.
Roberts , M. L., & Zahay, D. (2013). Internet Marketing: Integrating Online And Offline Strategies, Third Edition. South-Western. : Cengage Learning.
Nugraha, AEP, Wahyuhastuti, N. (2017). Start up digital business: sebagai solusi penggerak wirausaha muda. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis. Vol.2.No.1
Details ...
Matakuliah ini memberikan gambaran menyeluruh mengenai bisnis digital dan e-commerce, yang mencakup topik-topik seperti mendefinisikan konsep-konsep utama, alasan adopsi dan hambatan adopsi, mengelola bisnis digital, analisis pasar, model bisnis dan pendapatan, infrastruktur teknologi, kualitas layanan, faktor lingkungan makro, pertimbangan hukum dan etika, pendekatan strategis, manajemen rantai pasok, sistem informasi, pengadaan elektronik, pemasaran digital, akuisisi dan retensi pelanggan, serta penggunaan media digital yang efektif untuk pemasaran dan keterlibatan pelanggan. Kursus ini menawarkan wawasan dan strategi yang berharga bagi individu dan organisasi yang ingin sukses dalam lanskap bisnis digital, dengan fokus pada perusahaan rintisan online.
Learning OutcomesMahasiswa diharapkan mampu mendefinisikan konsep-konsep utama e-commerce, merangkum alasan dan hambatan adopsi, menganalisis dinamika pasar, mengevaluasi model bisnis, menilai infrastruktur teknologi, mengelola kualitas layanan, mempertimbangkan faktor lingkungan makro, menangani aspek hukum dan etika, dan menyusun strategi untuk kesuksesan bisnis digital. Selain itu juga mencakup manajemen rantai pasokan, sistem informasi, e-procurement, pemasaran digital, akuisisi pelanggan, retensi pelanggan, dan metode komunikasi.
ReferencesBelew, S. B., & Elad, J. (2017). Starting An Online Business All-In-One For Dummies®, 5th Edition. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.,.
Chaffey, D. (2015). Digital Business And E-Commerce Management Strategy, Implementation And Practice Sixth Edition. Edinburgh Gate: Pearson Education Limited.
Roberts , M. L., & Zahay, D. (2013). Internet Marketing: Integrating Online And Offline Strategies, Third Edition. South-Western. : Cengage Learning.
Nugraha, AEP, Wahyuhastuti, N. (2017). Start up digital business: sebagai solusi penggerak wirausaha muda. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis. Vol.2.No.1
Details ...