e-commerce, Curriculum : 2018


Courser in EnglishE-COMMERCE
ProgramManajemen
SKS3 SKS
RPS27 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Matakuliah ini memberikan gambaran menyeluruh mengenai bisnis digital dan e-commerce, yang mencakup topik-topik seperti mendefinisikan konsep-konsep utama, alasan adopsi dan hambatan adopsi, mengelola bisnis digital, analisis pasar, model bisnis dan pendapatan, infrastruktur teknologi, kualitas layanan, faktor lingkungan makro, pertimbangan hukum dan etika, pendekatan strategis, manajemen rantai pasok, sistem informasi, pengadaan elektronik, pemasaran digital, akuisisi dan retensi pelanggan, serta penggunaan media digital yang efektif untuk pemasaran dan keterlibatan pelanggan. Kursus ini menawarkan wawasan dan strategi yang berharga bagi individu dan organisasi yang ingin sukses dalam lanskap bisnis digital, dengan fokus pada perusahaan rintisan online.

Learning Outcomes

Mahasiswa diharapkan mampu mendefinisikan konsep-konsep utama e-commerce, merangkum alasan dan hambatan adopsi, menganalisis dinamika pasar, mengevaluasi model bisnis, menilai infrastruktur teknologi, mengelola kualitas layanan, mempertimbangkan faktor lingkungan makro, menangani aspek hukum dan etika, dan menyusun strategi untuk kesuksesan bisnis digital. Selain itu juga mencakup manajemen rantai pasokan, sistem informasi, e-procurement, pemasaran digital, akuisisi pelanggan, retensi pelanggan, dan metode komunikasi.

References

Belew, S. B., & Elad, J. (2017). Starting An Online Business All-In-One For Dummies®, 5th Edition. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.,.

Chaffey, D. (2015). Digital Business And E-Commerce Management Strategy, Implementation And Practice Sixth Edition. Edinburgh Gate: Pearson Education Limited.

Roberts , M. L., & Zahay, D. (2013). Internet Marketing: Integrating Online And Offline Strategies, Third Edition. South-Western. : Cengage Learning.

Nugraha, AEP,  Wahyuhastuti, N. (2017). Start up digital business: sebagai solusi penggerak wirausaha muda. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis. Vol.2.No.1


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini memberikan gambaran menyeluruh mengenai bisnis digital dan e-commerce, yang mencakup topik-topik seperti mendefinisikan konsep-konsep utama, alasan adopsi dan hambatan adopsi, mengelola bisnis digital, analisis pasar, model bisnis dan pendapatan, infrastruktur teknologi, kualitas layanan, faktor lingkungan makro, pertimbangan hukum dan etika, pendekatan strategis, manajemen rantai pasok, sistem informasi, pengadaan elektronik, pemasaran digital, akuisisi dan retensi pelanggan, serta penggunaan media digital yang efektif untuk pemasaran dan keterlibatan pelanggan. Kursus ini menawarkan wawasan dan strategi yang berharga bagi individu dan organisasi yang ingin sukses dalam lanskap bisnis digital, dengan fokus pada perusahaan rintisan online.

Learning Outcomes

Mahasiswa diharapkan mampu mendefinisikan konsep-konsep utama e-commerce, merangkum alasan dan hambatan adopsi, menganalisis dinamika pasar, mengevaluasi model bisnis, menilai infrastruktur teknologi, mengelola kualitas layanan, mempertimbangkan faktor lingkungan makro, menangani aspek hukum dan etika, dan menyusun strategi untuk kesuksesan bisnis digital. Selain itu juga mencakup manajemen rantai pasokan, sistem informasi, e-procurement, pemasaran digital, akuisisi pelanggan, retensi pelanggan, dan metode komunikasi.

References

Belew, S. B., & Elad, J. (2017). Starting An Online Business All-In-One For Dummies®, 5th Edition. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.,.

Chaffey, D. (2015). Digital Business And E-Commerce Management Strategy, Implementation And Practice Sixth Edition. Edinburgh Gate: Pearson Education Limited.

Roberts , M. L., & Zahay, D. (2013). Internet Marketing: Integrating Online And Offline Strategies, Third Edition. South-Western. : Cengage Learning.

Nugraha, AEP,  Wahyuhastuti, N. (2017). Start up digital business: sebagai solusi penggerak wirausaha muda. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis. Vol.2.No.1


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini memberikan gambaran menyeluruh mengenai bisnis digital dan e-commerce, yang mencakup topik-topik seperti mendefinisikan konsep-konsep utama, alasan adopsi dan hambatan adopsi, mengelola bisnis digital, analisis pasar, model bisnis dan pendapatan, infrastruktur teknologi, kualitas layanan, faktor lingkungan makro, pertimbangan hukum dan etika, pendekatan strategis, manajemen rantai pasok, sistem informasi, pengadaan elektronik, pemasaran digital, akuisisi dan retensi pelanggan, serta penggunaan media digital yang efektif untuk pemasaran dan keterlibatan pelanggan. Kursus ini menawarkan wawasan dan strategi yang berharga bagi individu dan organisasi yang ingin sukses dalam lanskap bisnis digital, dengan fokus pada perusahaan rintisan online.

Learning Outcomes

Mahasiswa diharapkan mampu mendefinisikan konsep-konsep utama e-commerce, merangkum alasan dan hambatan adopsi, menganalisis dinamika pasar, mengevaluasi model bisnis, menilai infrastruktur teknologi, mengelola kualitas layanan, mempertimbangkan faktor lingkungan makro, menangani aspek hukum dan etika, dan menyusun strategi untuk kesuksesan bisnis digital. Selain itu juga mencakup manajemen rantai pasokan, sistem informasi, e-procurement, pemasaran digital, akuisisi pelanggan, retensi pelanggan, dan metode komunikasi.

References

Belew, S. B., & Elad, J. (2017). Starting An Online Business All-In-One For Dummies®, 5th Edition. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.,.

Chaffey, D. (2015). Digital Business And E-Commerce Management Strategy, Implementation And Practice Sixth Edition. Edinburgh Gate: Pearson Education Limited.

Roberts , M. L., & Zahay, D. (2013). Internet Marketing: Integrating Online And Offline Strategies, Third Edition. South-Western. : Cengage Learning.

Nugraha, AEP,  Wahyuhastuti, N. (2017). Start up digital business: sebagai solusi penggerak wirausaha muda. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis. Vol.2.No.1


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa memahami mengenai konsep dan teori dasar yang melandasi berkembangnya ecommerce diindustri, mengerti komponen-komponen yang terdapat didalam sebuah sistem ecommerce, memperoleh gambaran mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membangun sebuah sistem e-commerce, dan dapat melakukan eksperimen kecil membangun sebuah prototipe sistem e-commerce sederhana

Learning Outcomes

Setelah mengikuti matakuliah ini diharapkan mahasiswa mampu: 1. Mahasiswa mengerti dan memahami definisi , manfaat dan perkembangan ECommerce 2. Mahasiswa mampu membedakan struktur dan klasifikasi model E-Commerce 3. Mahasiswa dapat memahami langkah perkembangan E-commerce dipandang dari perspektif bisnis. 4. Mahasiswa dapat membangun bisnis e-commece 5. Mahasiswa dapat memahami bisnis portal internet 6. Mahasiswa mampu membedakan revenue dan model bisnis umum e-commerce 7. Mahasiswa mampu memahami supply chain management dn distribusi produk ecommerce 8. Mahasiswa memahami konsep-konsep pemasaran didalam e-commece 9. Mahasiswa dapat membuat konsep webe-commece sesuai dengan alur bisnis yang diinginkan 10. Mahasiswa memahami aspek – aspek keamanan dan sistem pembayaran pada ecommece 11. Mahasiswa mampu memahami konsep internet marketing 12. Mahasiswa mampu membuat prototype E-commerce

References

1. Indrajid. Richardus Eko, E-Commerce : Kiat dan Stategi Bisnis Didunia Maya, ElexMedia Komputido,2001 2. Trban,Efraim, David King, Introduction to E-Commerce, Prentice Hall,2002Yogiyanto, Analisa dan Perancangan Sistem Informasi, Keempat, Andi Offset, 2004


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa memahami mengenai konsep dan teori dasar yang melandasi berkembangnya ecommerce diindustri, mengerti komponen-komponen yang terdapat didalam sebuah sistem ecommerce, memperoleh gambaran mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membangun sebuah sistem e-commerce, dan dapat melakukan eksperimen kecil membangun sebuah prototipe sistem e-commerce sederhana

Learning Outcomes

Setelah mengikuti matakuliah ini diharapkan mahasiswa mampu: 1. Mahasiswa mengerti dan memahami definisi , manfaat dan perkembangan ECommerce 2. Mahasiswa mampu membedakan struktur dan klasifikasi model E-Commerce 3. Mahasiswa dapat memahami langkah perkembangan E-commerce dipandang dari perspektif bisnis. 4. Mahasiswa dapat membangun bisnis e-commece 5. Mahasiswa dapat memahami bisnis portal internet 6. Mahasiswa mampu membedakan revenue dan model bisnis umum e-commerce 7. Mahasiswa mampu memahami supply chain management dn distribusi produk ecommerce 8. Mahasiswa memahami konsep-konsep pemasaran didalam e-commece 9. Mahasiswa dapat membuat konsep webe-commece sesuai dengan alur bisnis yang diinginkan 10. Mahasiswa memahami aspek – aspek keamanan dan sistem pembayaran pada ecommece 11. Mahasiswa mampu memahami konsep internet marketing 12. Mahasiswa mampu membuat prototype E-commerce

References

1. Indrajid. Richardus Eko, E-Commerce : Kiat dan Stategi Bisnis Didunia Maya, ElexMedia Komputido,2001 2. Trban,Efraim, David King, Introduction to E-Commerce, Prentice Hall,2002Yogiyanto, Analisa dan Perancangan Sistem Informasi, Keempat, Andi Offset, 2004


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa memahami mengenai konsep dan teori dasar yang melandasi berkembangnya ecommerce diindustri, mengerti komponen-komponen yang terdapat didalam sebuah sistem ecommerce, memperoleh gambaran mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membangun sebuah sistem e-commerce, dan dapat melakukan eksperimen kecil membangun sebuah prototipe sistem e-commerce sederhana

Learning Outcomes

Setelah mengikuti matakuliah ini diharapkan mahasiswa mampu: 1. Mahasiswa mengerti dan memahami definisi , manfaat dan perkembangan ECommerce 2. Mahasiswa mampu membedakan struktur dan klasifikasi model E-Commerce 3. Mahasiswa dapat memahami langkah perkembangan E-commerce dipandang dari perspektif bisnis. 4. Mahasiswa dapat membangun bisnis e-commece 5. Mahasiswa dapat memahami bisnis portal internet 6. Mahasiswa mampu membedakan revenue dan model bisnis umum e-commerce 7. Mahasiswa mampu memahami supply chain management dn distribusi produk ecommerce 8. Mahasiswa memahami konsep-konsep pemasaran didalam e-commece 9. Mahasiswa dapat membuat konsep webe-commece sesuai dengan alur bisnis yang diinginkan 10. Mahasiswa memahami aspek – aspek keamanan dan sistem pembayaran pada ecommece 11. Mahasiswa mampu memahami konsep internet marketing 12. Mahasiswa mampu membuat prototype E-commerce

References

1. Indrajid. Richardus Eko, E-Commerce : Kiat dan Stategi Bisnis Didunia Maya, ElexMedia Komputido,2001 2. Trban,Efraim, David King, Introduction to E-Commerce, Prentice Hall,2002Yogiyanto, Analisa dan Perancangan Sistem Informasi, Keempat, Andi Offset, 2004


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa memahami mengenai konsep dan teori dasar yang melandasi berkembangnya ecommerce diindustri, mengerti komponen-komponen yang terdapat didalam sebuah sistem ecommerce, memperoleh gambaran mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membangun sebuah sistem e-commerce, dan dapat melakukan eksperimen kecil membangun sebuah prototipe sistem e-commerce sederhana

Learning Outcomes

Setelah mengikuti matakuliah ini diharapkan mahasiswa mampu: 1. Mahasiswa mengerti dan memahami definisi , manfaat dan perkembangan ECommerce 2. Mahasiswa mampu membedakan struktur dan klasifikasi model E-Commerce 3. Mahasiswa dapat memahami langkah perkembangan E-commerce dipandang dari perspektif bisnis. 4. Mahasiswa dapat membangun bisnis e-commece 5. Mahasiswa dapat memahami bisnis portal internet 6. Mahasiswa mampu membedakan revenue dan model bisnis umum e-commerce 7. Mahasiswa mampu memahami supply chain management dn distribusi produk ecommerce 8. Mahasiswa memahami konsep-konsep pemasaran didalam e-commece 9. Mahasiswa dapat membuat konsep webe-commece sesuai dengan alur bisnis yang diinginkan 10. Mahasiswa memahami aspek – aspek keamanan dan sistem pembayaran pada ecommece 11. Mahasiswa mampu memahami konsep internet marketing 12. Mahasiswa mampu membuat prototype E-commerce

References

1. Indrajid. Richardus Eko, E-Commerce : Kiat dan Stategi Bisnis Didunia Maya, ElexMedia Komputido,2001 2. Trban,Efraim, David King, Introduction to E-Commerce, Prentice Hall,2002Yogiyanto, Analisa dan Perancangan Sistem Informasi, Keempat, Andi Offset, 2004


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa memahami mengenai konsep dan teori dasar yang melandasi berkembangnya ecommerce diindustri, mengerti komponen-komponen yang terdapat didalam sebuah sistem ecommerce, memperoleh gambaran mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membangun sebuah sistem e-commerce, dan dapat melakukan eksperimen kecil membangun sebuah prototipe sistem e-commerce sederhana

Learning Outcomes

Setelah mengikuti matakuliah ini diharapkan mahasiswa mampu: 1. Mahasiswa mengerti dan memahami definisi , manfaat dan perkembangan ECommerce 2. Mahasiswa mampu membedakan struktur dan klasifikasi model E-Commerce 3. Mahasiswa dapat memahami langkah perkembangan E-commerce dipandang dari perspektif bisnis. 4. Mahasiswa dapat membangun bisnis e-commece 5. Mahasiswa dapat memahami bisnis portal internet 6. Mahasiswa mampu membedakan revenue dan model bisnis umum e-commerce 7. Mahasiswa mampu memahami supply chain management dn distribusi produk ecommerce 8. Mahasiswa memahami konsep-konsep pemasaran didalam e-commece 9. Mahasiswa dapat membuat konsep webe-commece sesuai dengan alur bisnis yang diinginkan 10. Mahasiswa memahami aspek – aspek keamanan dan sistem pembayaran pada ecommece 11. Mahasiswa mampu memahami konsep internet marketing 12. Mahasiswa mampu membuat prototype E-commerce

References

1. Indrajid. Richardus Eko, E-Commerce : Kiat dan Stategi Bisnis Didunia Maya, ElexMedia Komputido,2001 2. Trban,Efraim, David King, Introduction to E-Commerce, Prentice Hall,2002Yogiyanto, Analisa dan Perancangan Sistem Informasi, Keempat, Andi Offset, 2004


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa memahami mengenai konsep dan teori dasar yang melandasi berkembangnya ecommerce diindustri, mengerti komponen-komponen yang terdapat didalam sebuah sistem ecommerce, memperoleh gambaran mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membangun sebuah sistem e-commerce, dan dapat melakukan eksperimen kecil membangun sebuah prototipe sistem e-commerce sederhana

Learning Outcomes

Setelah mengikuti matakuliah ini diharapkan mahasiswa mampu: 1. Mahasiswa mengerti dan memahami definisi , manfaat dan perkembangan ECommerce 2. Mahasiswa mampu membedakan struktur dan klasifikasi model E-Commerce 3. Mahasiswa dapat memahami langkah perkembangan E-commerce dipandang dari perspektif bisnis. 4. Mahasiswa dapat membangun bisnis e-commece 5. Mahasiswa dapat memahami bisnis portal internet 6. Mahasiswa mampu membedakan revenue dan model bisnis umum e-commerce 7. Mahasiswa mampu memahami supply chain management dn distribusi produk ecommerce 8. Mahasiswa memahami konsep-konsep pemasaran didalam e-commece 9. Mahasiswa dapat membuat konsep webe-commece sesuai dengan alur bisnis yang diinginkan 10. Mahasiswa memahami aspek – aspek keamanan dan sistem pembayaran pada ecommece 11. Mahasiswa mampu memahami konsep internet marketing 12. Mahasiswa mampu membuat prototype E-commerce

References

1. Indrajid. Richardus Eko, E-Commerce : Kiat dan Stategi Bisnis Didunia Maya, ElexMedia Komputido,2001 2. Trban,Efraim, David King, Introduction to E-Commerce, Prentice Hall,2002Yogiyanto, Analisa dan Perancangan Sistem Informasi, Keempat, Andi Offset, 2004


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa memahami mengenai konsep dan teori dasar yang melandasi berkembangnya ecommerce diindustri, mengerti komponen-komponen yang terdapat didalam sebuah sistem ecommerce, memperoleh gambaran mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membangun sebuah sistem e-commerce, dan dapat melakukan eksperimen kecil membangun sebuah prototipe sistem e-commerce sederhana

Learning Outcomes

Setelah mengikuti matakuliah ini diharapkan mahasiswa mampu: 1. Mahasiswa mengerti dan memahami definisi , manfaat dan perkembangan ECommerce 2. Mahasiswa mampu membedakan struktur dan klasifikasi model E-Commerce 3. Mahasiswa dapat memahami langkah perkembangan E-commerce dipandang dari perspektif bisnis. 4. Mahasiswa dapat membangun bisnis e-commece 5. Mahasiswa dapat memahami bisnis portal internet 6. Mahasiswa mampu membedakan revenue dan model bisnis umum e-commerce 7. Mahasiswa mampu memahami supply chain management dn distribusi produk ecommerce 8. Mahasiswa memahami konsep-konsep pemasaran didalam e-commece 9. Mahasiswa dapat membuat konsep webe-commece sesuai dengan alur bisnis yang diinginkan 10. Mahasiswa memahami aspek – aspek keamanan dan sistem pembayaran pada ecommece 11. Mahasiswa mampu memahami konsep internet marketing 12. Mahasiswa mampu membuat prototype E-commerce

References

1. Indrajid. Richardus Eko, E-Commerce : Kiat dan Stategi Bisnis Didunia Maya, ElexMedia Komputido,2001 2. Trban,Efraim, David King, Introduction to E-Commerce, Prentice Hall,2002Yogiyanto, Analisa dan Perancangan Sistem Informasi, Keempat, Andi Offset, 2004


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa memahami mengenai konsep dan teori dasar yang melandasi berkembangnya ecommerce diindustri, mengerti komponen-komponen yang terdapat didalam sebuah sistem ecommerce, memperoleh gambaran mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membangun sebuah sistem e-commerce, dan dapat melakukan eksperimen kecil membangun sebuah prototipe sistem e-commerce sederhana

Learning Outcomes

Setelah mengikuti matakuliah ini diharapkan mahasiswa mampu: 1. Mahasiswa mengerti dan memahami definisi , manfaat dan perkembangan ECommerce 2. Mahasiswa mampu membedakan struktur dan klasifikasi model E-Commerce 3. Mahasiswa dapat memahami langkah perkembangan E-commerce dipandang dari perspektif bisnis. 4. Mahasiswa dapat membangun bisnis e-commece 5. Mahasiswa dapat memahami bisnis portal internet 6. Mahasiswa mampu membedakan revenue dan model bisnis umum e-commerce 7. Mahasiswa mampu memahami supply chain management dn distribusi produk ecommerce 8. Mahasiswa memahami konsep-konsep pemasaran didalam e-commece 9. Mahasiswa dapat membuat konsep webe-commece sesuai dengan alur bisnis yang diinginkan 10. Mahasiswa memahami aspek – aspek keamanan dan sistem pembayaran pada ecommece 11. Mahasiswa mampu memahami konsep internet marketing 12. Mahasiswa mampu membuat prototype E-commerce

References

1. Indrajid. Richardus Eko, E-Commerce : Kiat dan Stategi Bisnis Didunia Maya, ElexMedia Komputido,2001 2. Trban,Efraim, David King, Introduction to E-Commerce, Prentice Hall,2002Yogiyanto, Analisa dan Perancangan Sistem Informasi, Keempat, Andi Offset, 2004


Details ...
Course Descriptions

Mahasiswa memahami mengenai konsep dan teori dasar yang melandasi berkembangnya ecommerce diindustri, mengerti komponen-komponen yang terdapat didalam sebuah sistem ecommerce, memperoleh gambaran mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membangun sebuah sistem e-commerce, dan dapat melakukan eksperimen kecil membangun sebuah prototipe sistem e-commerce sederhana

Learning Outcomes

Setelah mengikuti matakuliah ini diharapkan mahasiswa mampu: 1. Mahasiswa mengerti dan memahami definisi , manfaat dan perkembangan ECommerce 2. Mahasiswa mampu membedakan struktur dan klasifikasi model E-Commerce 3. Mahasiswa dapat memahami langkah perkembangan E-commerce dipandang dari perspektif bisnis. 4. Mahasiswa dapat membangun bisnis e-commece 5. Mahasiswa dapat memahami bisnis portal internet 6. Mahasiswa mampu membedakan revenue dan model bisnis umum e-commerce 7. Mahasiswa mampu memahami supply chain management dn distribusi produk ecommerce 8. Mahasiswa memahami konsep-konsep pemasaran didalam e-commece 9. Mahasiswa dapat membuat konsep webe-commece sesuai dengan alur bisnis yang diinginkan 10. Mahasiswa memahami aspek – aspek keamanan dan sistem pembayaran pada ecommece 11. Mahasiswa mampu memahami konsep internet marketing 12. Mahasiswa mampu membuat prototype E-commerce

References

1. Indrajid. Richardus Eko, E-Commerce : Kiat dan Stategi Bisnis Didunia Maya, ElexMedia Komputido,2001 2. Trban,Efraim, David King, Introduction to E-Commerce, Prentice Hall,2002Yogiyanto, Analisa dan Perancangan Sistem Informasi, Keempat, Andi Offset, 2004


Details ...