Magang I, Curriculum : 2015


Courser in EnglishSCHOOL INTERNSHIP I
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS46 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.

Learning Outcomes

  1. Mampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris
  2. Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
  3. Mampu menganalisis keterkaitan sarana dan prasarana serta kendala dalam mencapai VMTS sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
  4. Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
  5. Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi
  6. Mampu menganalisis penanaman nilai-nilai karakter di sekolah dan kendala yang dihadapi
  7. Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya
  8. Mampu merefleksikan dan merancang gagasan rekomendasi untuk perbaikan berdasarkan hasil analisis dan sintesis

References

Tim Penyusun. 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang: LPP UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.

Learning Outcomes

  1. Mampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris
  2. Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
  3. Mampu menganalisis keterkaitan sarana dan prasarana serta kendala dalam mencapai VMTS sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
  4. Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
  5. Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi
  6. Mampu menganalisis penanaman nilai-nilai karakter di sekolah dan kendala yang dihadapi
  7. Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya
  8. Mampu merefleksikan dan merancang gagasan rekomendasi untuk perbaikan berdasarkan hasil analisis dan sintesis

References

Tim Penyusun. 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang: LPP UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.

Learning Outcomes

  1. Mampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris
  2. Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
  3. Mampu menganalisis keterkaitan sarana dan prasarana serta kendala dalam mencapai VMTS sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
  4. Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
  5. Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi
  6. Mampu menganalisis penanaman nilai-nilai karakter di sekolah dan kendala yang dihadapi
  7. Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya
  8. Mampu merefleksikan dan merancang gagasan rekomendasi untuk perbaikan berdasarkan hasil analisis dan sintesis

References

Tim Penyusun. 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang: LPP UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.

Learning Outcomes

  1. Mampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris
  2. Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
  3. Mampu menganalisis keterkaitan sarana dan prasarana serta kendala dalam mencapai VMTS sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
  4. Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
  5. Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi
  6. Mampu menganalisis penanaman nilai-nilai karakter di sekolah dan kendala yang dihadapi
  7. Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya
  8. Mampu merefleksikan dan merancang gagasan rekomendasi untuk perbaikan berdasarkan hasil analisis dan sintesis

References

Tim Penyusun. 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang: LPP UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.

Learning Outcomes

  1. Mampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris
  2. Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
  3. Mampu menganalisis keterkaitan sarana dan prasarana serta kendala dalam mencapai VMTS sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
  4. Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
  5. Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi
  6. Mampu menganalisis penanaman nilai-nilai karakter di sekolah dan kendala yang dihadapi
  7. Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya
  8. Mampu merefleksikan dan merancang gagasan rekomendasi untuk perbaikan berdasarkan hasil analisis dan sintesis

References

Tim Penyusun. 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang: LPP UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.

Learning Outcomes

  1. Mampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris
  2. Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
  3. Mampu menganalisis keterkaitan sarana dan prasarana serta kendala dalam mencapai VMTS sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
  4. Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
  5. Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi
  6. Mampu menganalisis penanaman nilai-nilai karakter di sekolah dan kendala yang dihadapi
  7. Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya
  8. Mampu merefleksikan dan merancang gagasan rekomendasi untuk perbaikan berdasarkan hasil analisis dan sintesis

References

Tim Penyusun. 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang: LPP UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.

Learning Outcomes

  1. Mampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris
  2. Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
  3. Mampu menganalisis keterkaitan sarana dan prasarana serta kendala dalam mencapai VMTS sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
  4. Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
  5. Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi
  6. Mampu menganalisis penanaman nilai-nilai karakter di sekolah dan kendala yang dihadapi
  7. Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya
  8. Mampu merefleksikan dan merancang gagasan rekomendasi untuk perbaikan berdasarkan hasil analisis dan sintesis

References

Tim Penyusun. 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang: LPP UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.

Learning Outcomes

  1. Mampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris
  2. Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
  3. Mampu menganalisis keterkaitan sarana dan prasarana serta kendala dalam mencapai VMTS sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
  4. Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
  5. Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi
  6. Mampu menganalisis penanaman nilai-nilai karakter di sekolah dan kendala yang dihadapi
  7. Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya
  8. Mampu merefleksikan dan merancang gagasan rekomendasi untuk perbaikan berdasarkan hasil analisis dan sintesis

References

Tim Penyusun. 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang: LPP UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.

Learning Outcomes

  1. Mampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris
  2. Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
  3. Mampu menganalisis keterkaitan sarana dan prasarana serta kendala dalam mencapai VMTS sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
  4. Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
  5. Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi
  6. Mampu menganalisis penanaman nilai-nilai karakter di sekolah dan kendala yang dihadapi
  7. Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya
  8. Mampu merefleksikan dan merancang gagasan rekomendasi untuk perbaikan berdasarkan hasil analisis dan sintesis

References

Tim Penyusun. 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang: LPP UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.

Learning Outcomes

  1. Mampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris
  2. Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
  3. Mampu menganalisis keterkaitan sarana dan prasarana serta kendala dalam mencapai VMTS sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
  4. Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
  5. Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi
  6. Mampu menganalisis penanaman nilai-nilai karakter di sekolah dan kendala yang dihadapi
  7. Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya
  8. Mampu merefleksikan dan merancang gagasan rekomendasi untuk perbaikan berdasarkan hasil analisis dan sintesis

References

Tim Penyusun. 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang: LPP UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.

Learning Outcomes

  1. Mampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris
  2. Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
  3. Mampu menganalisis keterkaitan sarana dan prasarana serta kendala dalam mencapai VMTS sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
  4. Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
  5. Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi
  6. Mampu menganalisis penanaman nilai-nilai karakter di sekolah dan kendala yang dihadapi
  7. Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya
  8. Mampu merefleksikan dan merancang gagasan rekomendasi untuk perbaikan berdasarkan hasil analisis dan sintesis

References

Tim Penyusun. 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang: LPP UPGRIS


Details ...
Course Descriptions

mata kuliah ini diharapkan mampu membangu  landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan -kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokulikuler dan ekstrakulikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah

Learning Outcomes

1. menguasai landasan filosofis, yuridis,sosiologis, kultur dan empiris pendidikan.

2. menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik  dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultur untuk kepentingan pembelajaran

3. memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal

4. menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi informatika dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian.

5 bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap relegius

6. bekerjasama dan memiliki   kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan 

7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan lingkungan

References

1. telaah kurikulum media prees.

2. 

 


Details ...