Courser in English | SCHOOL INTERNSHIP I |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 46 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.
Learning Outcomes- Mampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris
- Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
- Mampu menganalisis keterkaitan sarana dan prasarana serta kendala dalam mencapai VMTS sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
- Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
- Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi
- Mampu menganalisis penanaman nilai-nilai karakter di sekolah dan kendala yang dihadapi
- Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya
- Mampu merefleksikan dan merancang gagasan rekomendasi untuk perbaikan berdasarkan hasil analisis dan sintesis
Tim Penyusun. 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang: LPP UPGRIS
Details ...
Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.
Learning Outcomes- Mampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris
- Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
- Mampu menganalisis keterkaitan sarana dan prasarana serta kendala dalam mencapai VMTS sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
- Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
- Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi
- Mampu menganalisis penanaman nilai-nilai karakter di sekolah dan kendala yang dihadapi
- Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya
- Mampu merefleksikan dan merancang gagasan rekomendasi untuk perbaikan berdasarkan hasil analisis dan sintesis
Tim Penyusun. 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang: LPP UPGRIS
Details ...
Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.
Learning Outcomes- Mampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris
- Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
- Mampu menganalisis keterkaitan sarana dan prasarana serta kendala dalam mencapai VMTS sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
- Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
- Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi
- Mampu menganalisis penanaman nilai-nilai karakter di sekolah dan kendala yang dihadapi
- Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya
- Mampu merefleksikan dan merancang gagasan rekomendasi untuk perbaikan berdasarkan hasil analisis dan sintesis
Tim Penyusun. 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang: LPP UPGRIS
Details ...
Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.
Learning Outcomes- Mampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris
- Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
- Mampu menganalisis keterkaitan sarana dan prasarana serta kendala dalam mencapai VMTS sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
- Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
- Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi
- Mampu menganalisis penanaman nilai-nilai karakter di sekolah dan kendala yang dihadapi
- Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya
- Mampu merefleksikan dan merancang gagasan rekomendasi untuk perbaikan berdasarkan hasil analisis dan sintesis
Tim Penyusun. 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang: LPP UPGRIS
Details ...
Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.
Learning Outcomes- Mampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris
- Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
- Mampu menganalisis keterkaitan sarana dan prasarana serta kendala dalam mencapai VMTS sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
- Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
- Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi
- Mampu menganalisis penanaman nilai-nilai karakter di sekolah dan kendala yang dihadapi
- Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya
- Mampu merefleksikan dan merancang gagasan rekomendasi untuk perbaikan berdasarkan hasil analisis dan sintesis
Tim Penyusun. 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang: LPP UPGRIS
Details ...
Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.
Learning Outcomes- Mampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris
- Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
- Mampu menganalisis keterkaitan sarana dan prasarana serta kendala dalam mencapai VMTS sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
- Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
- Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi
- Mampu menganalisis penanaman nilai-nilai karakter di sekolah dan kendala yang dihadapi
- Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya
- Mampu merefleksikan dan merancang gagasan rekomendasi untuk perbaikan berdasarkan hasil analisis dan sintesis
Tim Penyusun. 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang: LPP UPGRIS
Details ...
Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.
Learning Outcomes- Mampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris
- Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
- Mampu menganalisis keterkaitan sarana dan prasarana serta kendala dalam mencapai VMTS sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
- Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
- Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi
- Mampu menganalisis penanaman nilai-nilai karakter di sekolah dan kendala yang dihadapi
- Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya
- Mampu merefleksikan dan merancang gagasan rekomendasi untuk perbaikan berdasarkan hasil analisis dan sintesis
Tim Penyusun. 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang: LPP UPGRIS
Details ...
Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.
Learning Outcomes- Mampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris
- Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
- Mampu menganalisis keterkaitan sarana dan prasarana serta kendala dalam mencapai VMTS sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
- Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
- Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi
- Mampu menganalisis penanaman nilai-nilai karakter di sekolah dan kendala yang dihadapi
- Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya
- Mampu merefleksikan dan merancang gagasan rekomendasi untuk perbaikan berdasarkan hasil analisis dan sintesis
Tim Penyusun. 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang: LPP UPGRIS
Details ...
Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.
Learning Outcomes- Mampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris
- Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
- Mampu menganalisis keterkaitan sarana dan prasarana serta kendala dalam mencapai VMTS sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
- Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
- Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi
- Mampu menganalisis penanaman nilai-nilai karakter di sekolah dan kendala yang dihadapi
- Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya
- Mampu merefleksikan dan merancang gagasan rekomendasi untuk perbaikan berdasarkan hasil analisis dan sintesis
Tim Penyusun. 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang: LPP UPGRIS
Details ...
Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.
Learning Outcomes- Mampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris
- Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
- Mampu menganalisis keterkaitan sarana dan prasarana serta kendala dalam mencapai VMTS sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
- Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
- Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi
- Mampu menganalisis penanaman nilai-nilai karakter di sekolah dan kendala yang dihadapi
- Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya
- Mampu merefleksikan dan merancang gagasan rekomendasi untuk perbaikan berdasarkan hasil analisis dan sintesis
Tim Penyusun. 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang: LPP UPGRIS
Details ...
Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.
Learning Outcomes- Mampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris
- Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
- Mampu menganalisis keterkaitan sarana dan prasarana serta kendala dalam mencapai VMTS sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
- Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
- Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi
- Mampu menganalisis penanaman nilai-nilai karakter di sekolah dan kendala yang dihadapi
- Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studi literature dan mengelaborasikan hasilnya
- Mampu merefleksikan dan merancang gagasan rekomendasi untuk perbaikan berdasarkan hasil analisis dan sintesis
Tim Penyusun. 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang: LPP UPGRIS
Details ...
mata kuliah ini diharapkan mampu membangu landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan -kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokulikuler dan ekstrakulikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah
Learning Outcomes1. menguasai landasan filosofis, yuridis,sosiologis, kultur dan empiris pendidikan.
2. menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultur untuk kepentingan pembelajaran
3. memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal
4. menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi informatika dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian.
5 bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap relegius
6. bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan lingkungan
References1. telaah kurikulum media prees.
2.
Details ...