Courser in English | SCHOOL INTERNSHIP I |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 46 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
matakuliah ini berisi tentang pengenalan mahasiswa terhadap lingkungan sekolah
Learning Outcomesmahasiswa dapat mengetahui kondisi artefak sekolah
mahasiswa dapat mengetahui tentang budaya akademik
mahasiswa dapat mengetahui tentang pembelajaran KBM yang dilakukan oleh guru
mahasiswa dapat menyusun laporan magang 1
References-
Details ...
-
Learning OutcomesProgram magang I adalah suatu kegiatan belajar sambil melakukan (learning by doing) dalam rangka pembentukan pengetahuan, keterampilan, dan sikap calon guru. Program magang merupakan kegiatan yang memberikan pengalaman awal untuk membangun jati diri pendidik, memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi, memantapkan kemampuan awal mahasiswa calon guru. Magang merupakan kegiatan akademis dan praktis yang lebih memfokuskan pada bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah. Selain itu, keberadaan program magang ini diharapkan dapat mengembangkan kreativitas mahasiswa dalam bidang akademik dan profesi.
ReferencesTujuan penyusunan pedoman ini adalah sebagai berikut.
- Memberi acuan bagi LPTK dan sekolah mitra dalam melaksanakan kegiatan magang II Kependidikan.
- Memberi arah bagi dosen, guru pendamping dan mahasiswa agar sesuai dengan prosedur dan persyaratan minimal yang harus dipenuhi.
Details ...
mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang diperuntukkan untuk seluruh mahasiswa yang menempuh pendidikan di Universitas PGRI Semarang. mahasiswa harus melakukan observasi ke sekolah untuk lebih mengenal kondisi fisik sekolah, lingkungan sekolah dan sarana prasarananya.
mahasiswa mampu menguraikan kondisi fisik sekolah dan membuat sebuah laporan tentang sekolah
References-
Details ...
mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang diperuntukkan untuk seluruh mahasiswa yang menempuh pendidikan di Universitas PGRI Semarang. mahasiswa harus melakukan observasi ke sekolah untuk lebih mengenal kondisi fisik sekolah, lingkungan sekolah dan sarana prasarananya.
mahasiswa mampu menguraikan kondisi fisik sekolah dan membuat sebuah laporan tentang sekolah
References-
Details ...
Mata kuliah ini terdiri dari 2 tahap: magang di sekolah dan diskusi hasil magang di kampus dalam perkuliahan. Tujuan dari mata kuliah ini adalah Mahasiswa memiliki landasan jatidiri pendidik yang kuat dan kompetensi akademik kependidikan yang mantap. Kegiatan Magang meliputi pengamatan langsung kultur sekolah untuk membangun kompetensi dasar pedagogik, kepribadian, dan sosial;pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik; pengamatan langsung proses pembelajaran di kelas; dan refleksi hasil pengamatan proses pembelajaran melalui presentasi dan diskusi hasil pengamatan dalam perkuliahan di kelas.
Learning OutcomesMahasiswa dengan rasa tanggung jawab, jujur, demokratis dan percaya diri, mantap menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga dapat menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui pemecahan masalah secara individu maupun kelompok dan mampu menyampaikan gagasan-gagasan kritis dan inovatif berdasarkan etika akademik.
References-
Details ...
Mata kuliah ini terdiri dari 2 tahap: magang di sekolah dan diskusi hasil magang di kampus dalam perkuliahan. Tujuan dari mata kuliah ini adalah Mahasiswa memiliki landasan jatidiri pendidik yang kuat dan kompetensi akademik kependidikan yang mantap. Kegiatan Magang meliputi pengamatan langsung kultur sekolah untuk membangun kompetensi dasar pedagogik, kepribadian, dan sosial;pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik; pengamatan langsung proses pembelajaran di kelas; dan refleksi hasil pengamatan proses pembelajaran melalui presentasi dan diskusi hasil pengamatan dalam perkuliahan di kelas.
Learning OutcomesMahasiswa dengan rasa tanggung jawab, jujur, demokratis dan percaya diri, mantap menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga dapat menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui pemecahan masalah secara individu maupun kelompok dan mampu menyampaikan gagasan-gagasan kritis dan inovatif berdasarkan etika akademik.
References-
Details ...