Courser in English | DEVELOPMENT OF SOCIAL SCIENCES BASIC CONCEPT |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 3 SKS |
RPS | 50 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Manusia sebagai makhluk sosial perlu memahami dan melaksanakan fungsi sosialnya. Mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosial Pengembangan konsep dasar IPS juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Pengembangan Konsep dasar IPS mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Pengembangan Konsep dasar IPS merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas-batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran bidang studi IPS di sekolah dasar
ReferencesPurnamasari, Iin., Qoriati Mushafanah. (2019). Pengembangan Konsep Dasar IPS: Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Depdiknas. Standar Isi pada Kurikulum 2013 Revisi 2017
Details ...
Manusia sebagai makhluk sosial perlu memahami dan melaksanakan fungsi sosialnya. Mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta untuk memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah/problema sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Di samping memecahkan masalah sosial Pengembangan konsep dasar IPS juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Pengembangan Konsep dasar IPS mensyaratkan mata kuliah Konsep Dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Pengembangan Konsep dasar IPS merupakan integrasi dari rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-imu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa Prodi PGSD. Materi IPS di sekolah lebih menitikberatkan materi sosiologi, ekonomi, geografi dan sejarah, walaupun demikian dalam batas-batas tertentu tetap mengkaitkan dengan ilmu yang lain.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran bidang studi IPS di sekolah dasar
ReferencesPurnamasari, Iin., Qoriati Mushafanah. (2019). Pengembangan Konsep Dasar IPS: Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
Depdiknas. Standar Isi pada Kurikulum 2013 Revisi 2017
Details ...
Mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi mahasiswa untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Untuk mencapai kompetensi tersebut, mahasiswa diwajibkan mengkaji hakekat pembelajaran IPS yang berupa fakta, konsep, dan generalisasi, yang bersumber dari ilmu-ilmu sosial seperti; sejarah, geografi, ekonomi, politik, antropologi dan sosiologi. Termasuk didalamnya mengkaji tentang pembelajaran IPS di SD seperti Kurikulum SD, perangkat pembelajaran, metode dan media pembelajaran.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
References-
Details ...
Mata kuliah Pengembangan Konsep Dasar IPS diharapkan menjadi wahana bagi mahasiswa untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep dasar IPS diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Untuk mencapai kompetensi tersebut, mahasiswa diwajibkan mengkaji hakekat pembelajaran IPS yang berupa fakta, konsep, dan generalisasi, yang bersumber dari ilmu-ilmu sosial seperti; sejarah, geografi, ekonomi, politik, antropologi dan sosiologi. Termasuk didalamnya mengkaji tentang pembelajaran IPS di SD seperti Kurikulum SD, perangkat pembelajaran, metode dan media pembelajaran.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar
References-
Details ...
Manusia sebagai makhluk sosial perlu memahami dan melaksanakan fungsi sosialnya. Mata kuliah pengembangan konsep dasar IPS diharapkan menjadi wahana dari peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep yang ada di mata kuliah KDIPS sebelumnya diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta didik dalam memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat di sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah atau problematika sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Disamping memecahkan masalah sosial, Pengembangan konsep dasar IPS juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Pengembangan konsep dasar IPS mensyaratkan mata kuliah Konsep dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Pengembangan konsep dasar IPS merupakan integrasi rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-ilmu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa prodi PGSD. Materi IPS disekolah lebih menitikberatkan materi Sosiologi, Geografi, Ekonomi, dan Sejarah. Walaupun demikian dalam batas-batas tertentu tetap mengaitkan dengan ilmu yang lain.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
References-
Details ...
Manusia sebagai makhluk sosial perlu memahami dan melaksanakan fungsi sosialnya. Mata kuliah pengembangan konsep dasar IPS diharapkan menjadi wahana dari peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep yang ada di mata kuliah KDIPS sebelumnya diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta didik dalam memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat di sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah atau problematika sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Disamping memecahkan masalah sosial, Pengembangan konsep dasar IPS juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Pengembangan konsep dasar IPS mensyaratkan mata kuliah Konsep dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Pengembangan konsep dasar IPS merupakan integrasi rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-ilmu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa prodi PGSD. Materi IPS disekolah lebih menitikberatkan materi Sosiologi, Geografi, Ekonomi, dan Sejarah. Walaupun demikian dalam batas-batas tertentu tetap mengaitkan dengan ilmu yang lain.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
References-
Details ...
Manusia sebagai makhluk sosial perlu memahami dan melaksanakan fungsi sosialnya. Mata kuliah pengembangan konsep dasar IPS diharapkan menjadi wahana dari peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep yang ada di mata kuliah KDIPS sebelumnya diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta didik dalam memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat di sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah atau problematika sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Disamping memecahkan masalah sosial, Pengembangan konsep dasar IPS juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Pengembangan konsep dasar IPS mensyaratkan mata kuliah Konsep dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Pengembangan konsep dasar IPS merupakan integrasi rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-ilmu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa prodi PGSD. Materi IPS disekolah lebih menitikberatkan materi Sosiologi, Geografi, Ekonomi, dan Sejarah. Walaupun demikian dalam batas-batas tertentu tetap mengaitkan dengan ilmu yang lain.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
References-
Details ...
Manusia sebagai makhluk sosial perlu memahami dan melaksanakan fungsi sosialnya. Mata kuliah pengembangan konsep dasar IPS diharapkan menjadi wahana dari peserta didik untuk mempelajari kehidupan masyarakat disekitarnya dan selanjutnya menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Konsep-konsep yang ada di mata kuliah KDIPS sebelumnya diarahkan agar dapat diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Peserta mengamati dan mengalami dalam hidup bermasyarakat sehingga membantu peserta didik dalam memahami lebih mendalam kehidupan masyarakat di sekitarnya. IPS diperlukan untuk memecahkan masalah atau problematika sosial yang teridentifikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Disamping memecahkan masalah sosial, Pengembangan konsep dasar IPS juga dimaksudkan untuk mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Pengembangan konsep dasar IPS mensyaratkan mata kuliah Konsep dasar IPS, hal ini dimaksudkan peserta sudah memahami konsep dasar IPS secara umum. Pengembangan konsep dasar IPS merupakan integrasi rumpun sosial dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dari ilmu-ilmu sosial untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar bagi mahasiswa prodi PGSD. Materi IPS disekolah lebih menitikberatkan materi Sosiologi, Geografi, Ekonomi, dan Sejarah. Walaupun demikian dalam batas-batas tertentu tetap mengaitkan dengan ilmu yang lain.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
References-
Details ...
Mata kuliah ini merupakan bidang studi yang bahannya bersumber dari kehidupan manusia di masyarakat, yang aspek-aspeknya meliputi Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, psikologi sosial, wawasan gender, dan wawasan multikultural.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
References- Anderson, Lee. (1979). Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington : Indiana University Center for Sosial Studies.
- Banks, J. A. And Ambrose, A.C, Jr. (1990. Teaching Strategies for the Social Studies, 4th Ed. New York : Longman
- Giddens, Anthony. (1999) Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity Press
- Salim, Agus. (2002). Perubahan Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana
- Supardan, Dadang. (2008). Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
- Warma A. M. (2007(. Pendidikan IPS. Jakarta
- Widodo, Suwarno dan Iin Purnamasari. (2013). Konsep Dasar IPS: Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Press
Details ...
Mata kuliah ini merupakan bidang studi yang bahannya bersumber dari kehidupan manusia di masyarakat, yang aspek-aspeknya meliputi Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, psikologi sosial, wawasan gender, dan wawasan multikultural.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
References- Anderson, Lee. (1979). Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington : Indiana University Center for Sosial Studies.
- Banks, J. A. And Ambrose, A.C, Jr. (1990. Teaching Strategies for the Social Studies, 4th Ed. New York : Longman
- Giddens, Anthony. (1999) Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity Press
- Salim, Agus. (2002). Perubahan Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana
- Supardan, Dadang. (2008). Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
- Warma A. M. (2007(. Pendidikan IPS. Jakarta
- Widodo, Suwarno dan Iin Purnamasari. (2013). Konsep Dasar IPS: Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Press
Details ...
Mata kuliah ini merupakan bidang studi yang bahannya bersumber dari kehidupan manusia di masyarakat, yang aspek-aspeknya meliputi Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, psikologi sosial, wawasan gender, dan wawasan multikultural.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
References- Anderson, Lee. (1979). Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington : Indiana University Center for Sosial Studies.
- Banks, J. A. And Ambrose, A.C, Jr. (1990. Teaching Strategies for the Social Studies, 4th Ed. New York : Longman
- Giddens, Anthony. (1999) Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity Press
- Salim, Agus. (2002). Perubahan Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana
- Supardan, Dadang. (2008). Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
- Warma A. M. (2007(. Pendidikan IPS. Jakarta
- Widodo, Suwarno dan Iin Purnamasari. (2013). Konsep Dasar IPS: Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Press
Details ...
Mata kuliah ini merupakan bidang studi yang bahannya bersumber dari kehidupan manusia di masyarakat, yang aspek-aspeknya meliputi Sejarah, Geografi, Ekonomi, Politik, Sosiologi, Antropologi, psikologi sosial, wawasan gender, dan wawasan multikultural.
Learning OutcomesMenguasai dan mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
References- Anderson, Lee. (1979). Citizenship and Schooling in Global Age. Bloomington : Indiana University Center for Sosial Studies.
- Banks, J. A. And Ambrose, A.C, Jr. (1990. Teaching Strategies for the Social Studies, 4th Ed. New York : Longman
- Giddens, Anthony. (1999) Jalan Ketiga & Kritik-Kritiknya, Cambridge: Polity Press
- Salim, Agus. (2002). Perubahan Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana
- Supardan, Dadang. (2008). Pengantar Ilmu Sosial: Suatu Analisis Filsafati dengan Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara
- Warma A. M. (2007(. Pendidikan IPS. Jakarta
- Widodo, Suwarno dan Iin Purnamasari. (2013). Konsep Dasar IPS: Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: IKIP PGRI Press
Details ...